in

Pilihan Desain Rumah 2 Lantai Mungil Cantik, Simak Selengkapnya!

archdaily.com

Harga tanah yang semakin meninggi yang berada di wilayah perkotaan adalah sebuah permasalahan yang seringkali ditemukan untuk para anak muda, khususnya untuk yang baru berkeluarga serta belum memiliki rumah untuk ditinggali. Kantor biasanya berada di perkotaan serta membeli maupun dalam membangun rumah di wilayah pinggiran kota yang akan menyulitkan perjalanan ke lokasi tempat kerja.

Secara umum, desain dari rumah 2 lantai yang akan mengusung desain minimalis ada yang memiliki ukuran yang kecil hingga sedang, sehingga menghemat biaya kita saat membangun sebuah rumah dan memanfaatkan ruang vertikal.

Namun sebelum kita membahas pilihan desain rumah 2 lantai kita perlu untuk mengetahui perbedaan antara rumah 1 lantai serta rumah 2 lantai.

Ukuran pada rumah adalah salah satu faktor penting yang perlu kita pikirkan sebelum kita membeli hunian pribadi. Karenanya, ukuran dari rumah yang akan di bangun harus disesuaikan kembali dengan kebutuhan serta anggaran yang kita punya.

Selain itu pun, kita perlu melihat prospek pada bangunannya di masa depan. Apakah akan menguntungkan atau malah mengakibatkan kerugian. Seketika untuk menyimpulkan dari faktor-faktor penentu yang sudah di sebutkan di atas, kita dapat lihat dari keuntungan serta kelebihan sebuah rumah.

Tidak perlu khawatir, semuanya telah dirangkum dari ulasan perbandingan rumah satu lantai serta dua lantai di bawah ini.

 

Perbandingan Rumah Satu Lantai dan Dua Lantai. 

Rumah 1 Lantai

1. Lebih Mudah Dirancang

Apabila tidak mau pusing ketika memilih desain pada eksterior maupun interior dalam sebuah hunian, rumah 1 lantai ini dapat jadi sebuah pilihan tepat.

Rumah yang 1 lantai tidak mempunyai terlalu banyak ruang serta pada bagian yang perlu diperhatikan. Meskipun, anggaran pada rancangan rumah pun otomatis menjadi lebih sedikit dibanding dengan rumah yang memiliki 2 lantai.

 

2. Lebih Mudah Dirawat

Tidak hanya mudah untuk dirancang, rumah pada satu lantai ini juga perawatannya tidak begitu merepotkan.

Dasar logikanya, rumah pada 1 lantai ini lebih kecil sehingga pada tanggung jawab pemiliknya dalam menjaga kelestarian rumah tidak berat.

Sehingga, rumah ini lebih cocok untuk pada keluarga kecil, mulai dari 1 hingga 2 orang dewasa serta 1 anak.

 

3. Mobilitas Aman

Bagi mereka yang tinggal bersama dengan anak-anak maupun lansia, rumah yang 1 lantai menawarkan keamanan akan mobilitas.

Mereka tidak perlu menggunakan dengan tangga maupun ruang-ruang tinggi yang bisa membahayakan pada keselamatannya. Risiko dari kecelakaan dalam rumah yang menjadi semakin kecil serta mobilitas lebih tinggi.

 

4. Lebih Mudah Evakuasi

Keamanan yang tentunya menjadi sebuah pertimbangan yang perlu diprioritaskan saat membeli sebuah rumah.

Faktor tersebut bisa ditemukan dalam rumah satu lantai. Ketika terjadi bencana alam, kita hanya perlu mengevaluasi pada lantai satu saja.

Waktu dari evakuasi yang juga tentunya jauh lebih singkat yang dibandingkan dengan rumah yang 2 lantai.

 

5. Tidak Ada Ruang Privasi

Dibalik dari beberapa kelebihan rumah 1 lantai yang sudah disebutkan di atas, hunian ini pun juga memiliki kekurangan. Salah satunya dari kelemahannya yaitu kurangnya ruang privasi yang ada di dalam rumah.

Karena dalam bangunannya yang sempit, kita harus rela berbagi dari segala aktivitas dengan pada penghuni rumah lainnya.

 

Rumah 2 Lantai

1. Pilihan Desain Lebih Banyak

Apabila anda senang dengan mendekorasi sebuah rumah, dan ingin memiliki lebih dari satu desain. Kalau begitu, pilih rumah yang memiliki dua lantai.

Dengan bentuk ukurannya yang besar, kita dapat lebih bebas saat memilih desain rumah dua lantai. Rumah bisa bebas didekor tanpa perlu khawatir membuatnya akan terlihat sumpek maupun terasa berantakan.

 

2. Ruang Privasi Cukup

Keluarga besar akan lebih cocok tinggal dari rumah 2 lantai yang dibandingkan rumah satu lantai. Setiap dari anggota keluarga akan memiliki ruangan pribadinya secara masing-masing serta tidak perlu berbagi dari penghuni lainnya.

Sehingga, kita dapat melakukan berbagai macam aktivitas di dalam rumah dengan bebas tanpa perlu khawatir diganggu oleh orang lain.

 

3. Kurang Aman

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, rumah 2 lantai ini memiliki risiko dari kecelakaan yang jauh lebih tinggi.

Rumah ini ternilai tidak bersahabat untuk lansia, anak-anak, serta para penyandang disabilitas.

Maka dari itu, sebelum kita tinggal di rumah yang 2 lantai, kita perlu mengetahui prosedur pada keamanan rumah supaya hunian akan terasa lebih nyaman serta aman.

 

4. Lebih Mahal

Dengan membangun rumah 2 lantai yang tentunya membutuhkan beberapa lebih banyak material dibandingkan dengan rumah 1 lantai. Selain itu pun biaya pada perawatan dan juga beberapa perlengkapannya akan lebih mahal.

Bayangkan saja, segala anggaran dari rumah yang perlu kita bayar yang harus dikali dua karena dari bangunannya yang terlihat lebih besar. Hal ini mengenai pada pemakaian listrik, air, perawatan, dan juga kebersihan dalam seisi rumah.

 

8 Denah Rumah 2 Lantai Mungil. 

Sebelum kita membangun, desain serta dalam memaksimalkan area yang sempit dalam rumah kita dengan menggunakan denah rumah pada 2 lantai mungil ini.

Harga tanah serta harga dari beberapa properti yang kian melambung membuat banyak orang merasa kesulitan dalam mendapatkan lahan yang besar untuk hunian mereka.

Namun tidak perlu salah kaprah, justru semakin banyak juga orang yang mulai meminati dari rumah mungil serta kecil ini. Selain itu karena dari harganya yang murah, dan juga perawatannya yang semakin lebih mudah.

Meski memiliki ukuran yang kecil, kamu akan tetap bisa memaksimalkan pada area tersebut serta membuat rumah yang akan terasa lebih nyaman serta lapang.

 

1. Dengan 3 Kamar Tidur

idntimes.com
idntimes.com

Apabila anda yang akan tinggal di rumah mungil ini dengan jumlah anggota keluarga yang cukup banyak, denah ini akan dapat sebuah solusi bagi untuk anda.

Bentuk pada denah ini dilengkapi dengan 3 kamar tidur serta lantai 2 yang sehingga akan terasa lebih nyaman serta karena tidak akan terganggu dari kegiatan yang ada di lantai 1.

Selain itu juga, terdapat 3 kamar mandi ada pada rumah yang mengakibatkan kita yang tidak perlu untuk berebutan masuk kedalam kamar mandi dengan anggota keluarga yang lain.

Pada area di dalam rumah ini juga cukup luas serta pastinya akan nyaman juga untuk ditinggali.

30 Desain Rumah 2 Lantai Masa Kini

tombol beli buku2. Kecil Tapi Fungsional

idntimes.com

Untuk denah yang satu ini memiliki ukuran yang cenderung kecil dibandingkan dari denah yang lainnya. Namun, untuk denah yang satu ini akan tetap terasa luas serta fungsional.

Karena desain rumah yang satu ini dilengkapi dengan 2 kamar tidur yang memiliki ukuran luas pada lantai 2.

Kemudian terdapat pula ruangan yang berkonsep open plan pada lantai 1 yang berisi dengan ruang keluarga, ruang makan, dan dapur.

Selain itu pun juga terdapat halaman belakang yang dapat dimanfaatkan menjadi sebuah ruang jemur maupun ruang untuk bercocok tanam.

18 Desain Rumah Modern 2 Lantai Dari T80 Hingga T250

tombol beli buku3. Terdapat Kantor Pribadi

idntimes.com

Tidak ada salahnya apabila kamar anak memiliki ukurannya yang sama besar dengan kamar utama. Karena pada hal tersebut dapat membuat anak yang lebih leluasa untuk bisa bermain serta beraktivitas pada kamar.

Selain itu juga, pada denah ini juga dilengkapi dengan ruangan kantor pribadi yang dapat menambah fokus dalam bekerja di rumah. Terdapat tempat khusus untuk mencuci serta untuk mengeringkan pakaian.

Belajar Mandiri Membuat Struktur Rumah 2 Lantai dengan SAP 2000

tombol beli buku4. Desain Modern

casaindonesia.com

Untuk desain yang satu ini cocok untuk kita yang memiliki area tanah yang berbentuk memanjang.

Denah ini akan dapat terlihat modern karena pada bentuknya yang sederhana serta minimalis. Selain itu juga, denah ini juga dilengkapi dengan garasi yang dapat membuat kendaraan akan menjadi lebih aman.

Desain Fasade dan Denah Rumah 1 & 2 Lantai

tombol beli buku5. Rumah Tumbuh

casaindonesia.com

Denah yang satu ini akan cocok untuk kita yang memiliki keluarga besar tanpa perlu harus berpindah ke rumah yang memiliki ruang lebih luas.

Karena dalam denah ini mempunyai banyak ruangan kosong yang dapat diubah menjadi kamar anak maupun kamar tamu.

Selain itu pun juga, denah ini dilengkapi dengan taman serta kolam ikan yang bisa mengakibatkan rumah yang akan terasa lebih asri.

 

6. Dengan Kolam Renang

arsitekindonesia.id

Desain rumah yang satu ini dilengkapi dengan 4 kamar tidur yang membuatnya sangat cocok untuk para keluarga besar.

Karena didalamnya terdapat 4 kamar tidur, dapur pada rumah yang terbuka serta diletakkan di luar rumah.

Kita juga dapat menambahkan pada kolam renang rumah karena area yang ada halaman belakang juga cukup luas.

 

7. Terdapat Balkon

styleandhairstyle.com

Terdapat sebuah balkon yang memiliki ukuran yang besar yang terletak di lantai 2 rumah yang dapat digunakan sebagai sebuah area beraktivitas.

Di Balkon tersebut juga dibuat untuk bisa menutupi carport yang bisa membuat kendaraan akan lebih aman serta terjaga dari serangan cuaca yang ekstrem.

Pada denah ini juga akan dilengkapi dengan 3 kamar tidur, sehingga akan membuatnya cocok digunakan dalam keluarga besar.

 

8. Mungil dan Minimalis

homendecor.info

Jangan sampai salah mengira, meskipun memiliki ruang yang mungil ternyata desain rumah yang satu ini dapat muat banyak hal.

Ada 2 kamar tidur di lantai 2 nya dan juga dapur yang ada berada di dalam ruangannya. Berita baiknya rumah ini akan sangat cocok bagi untuk kita yang baru saja berkeluarga.

 

Ide Eksterior Rumah 2 Lantai yang Menawan

Berikut merupakan beberapa ide untuk bagian eksterior dari sebuah rumah 2 lantai yang bisa dipilih, simak dibawah ini!

 

  1. Rumah 2 Lantai Dari Batako Beton
humble-homes.com

Untuk rumah yang satu ini bisa memanfaatkan dari material rumah murah yang berupa batako beton dengan lantai beton tanpa menggunakan keramik untuk bertujuan mengurangi dari biaya pembangunannya. Bagian Dari interior serta eksteriornya tidak perlu dilapisi cat, hanya untuk menampakan pada permukaan serta material beton, dan juga masih akan nampak cantik.

 

  1. Minimalis Beratap Rata
loversiq.com

Dari bentuk desain yang ini akan mengambil dari konsep minimalis terbuka, yang mana dalam bagian depan rumahnya yang memanfaatkan sebuah dinding sebagai sebuah pintu serta jendela. Desain pada rumah 2 lantai ini tidak akan mengaplikasikan pada atap yang curam, akan tetapi dengan atap rata. Dari sisi estetis, desain dari rumah 2 lantai minimalis ini akan tampak cantik meskipun memiliki ukuran yang kecil.

 

  1. Rumah 2 Lantai yang Super Slim Tapi Panjang

 

dezeen.com

Rumah yang super slim ini adalah sebuah karya dari seorang arsitek Jepang yang bernama Kouichi Kimura. Memiliki lebar hanya berukuran 2,7 meter, desain dari rumah 2 lantai ini memiliki panjang hingga 27 meter. Meskipun terlihat sempit, kebutuhan ruang yang ada di rumah ini dapat tercukupi berkat dari ruang vertikal serta memanfaatkan panjang tanah yang ada.

 

  1. Kombinasi Elemen Kaca dan Kayu
homedsgn.com

Dengan mengaplikasikan sebuah konsep natural, desain dari rumah 2 lantai mungil ini memiliki bentuk desain interior minimalis yang memanfaatkan dari elemen kayu serta kaca. Jarak dari permukaan lantai kepada langit-langit rumah yang cukup tinggi sehingga pada rumah yang tampak besar dari dalam.

 

  1. Rumah 2 Lantai Mungil Minimalis
pinterest.com

Konsep rumah bergaya minimalis modern yang memiliki ukuran kecil ini akan terasa cocok dihuni oleh para keluarga baru yang memiliki 2 anak. Walaupun hanya dengan ukurannya kecil, dengan nuansa yang mewah serta elegan, asri yang timbul dari lingkungan pekarangan serta taman rumah yang terasa hijau.

 

  1. Tampil Unik dengan Bentuk Minimalis Persegi Panjang

Rumah dengan 2 lantai yang memiliki bentuk unik ini sebetulnya memiliki 3 lantai. Namun, lantai dasarnya dijadikan sebuah sebagai garasi. Di lingkungan perkotaan yang amat padat ini, lahan untuk memarkirkan mobil dapat dengan membangun garasi yang seperti ini.

 

  1. Rumah Perkotaan Rasa Cottage
archdaily.com

Kesan pertama dari desain rumah 2 lantai ini yaitu dari rumah yang memiliki bentuk yang seperti cottage di pinggir pantai. Dengan memanfaat kaca untuk sisi bagian depan rumah, dengan cahaya yang datang di siang hari bisa tercukupi. Teras depan rumah yang bisa dijadikan daerah tempat bersantai apabila dengan lahan parkir.

 

  1. Klasik dan Elegan dengan Eksterior Berwarna Putih
architecturaldesigns.com

Desain dari rumah minimalis 2 lantai yang berukuran kecil bukan berarti tidak dapat terlihat baik. Rumah 2 lantai berukuran kecil ini bisa berhasil membuktikannya. Lukian warna cat luar rumah yang sejuk dengan warna putih pada bagian dinding eksterior dengan bentuk desain bangunan yang minimalis klasik bisa membuat rumah ini akan terlihat semakin menarik.

 

  1. Rumah 2 Lantai Berbentuk Kubus Flat Top
pinterest.com

Untuk rumah yang satu ini akan berbentuk seperti sebuah kubus dengan bentuk atap yang datar. Dengan konsep seperti ini bisa mendapatkan bentuk ruangan yang lebih luas sehingga dapat menyisakan tanah untuk teras bagian belakang rumah.

 

  1. Makin Luas dengan Ekstra Rooftop
houseplans.com

Desain yang satu ini memanfaatkan pada bagian atapnya yang untuk rooftop yang diakses dari tangga pada bagian sisi luar bagian beranda lantai 2. Ekstra untuk bagian ruang atap dapat difungsikan sebagai tempat bersantai maupun untuk menjemur pakaian.

 

  1. Tampil Outstanding dengan Elemen Kayu
modernhousemagz.com

Elemen pada kayu umumnya akan jarang digunakan untuk material bagian rumah. Kita dapat membangun pada rumah minimalis 2 lantai ini yang menarik dengan menggunakan elemen kayu. Kemudian aplikasikan dengan menggunakan warna-warna yang netral, seperti warna putih, krem sehingga nuansa  akan naturalnya tidak akan hilang.

 

  1. Futuristik dan Modern
bloombety.com

Hal yang menarik dari sebuah desain rumah minimalis ini yaitu pada kesederhanaan desain yang menghasilkan kesan yang futuristik serta modern seperti desain rumah 2 lantai ini. Elemen kaca di depan lantai 2 akan menciptakan nuansa modern yang akan terlihat mewah.

 

  1. Rumah Mungil Kodasema
dezeen.com

Desain rumah 2 lantai ini diciptakan oleh seorang firma arsitektur Kodasema. Terlihat seluas 25 m², bentuk rumah ini terdapat ruangan yang memiliki fungsi seperti layaknya rumah biasa seperti ruang tamu, dapur, kamar mandi, dan juga tempat tidur. Untuk bagian lantai 1 ini, sebuah ruang tamu yang bisa terhubung langsung dengan dapur serta kamar mandi, di lantai 2 nya terdapat satu tempat tidur yang dapat dihuni sebanyak 2 orang.

 

  1. Back To The Nature
alexscottporter.com

Rumah ini yang satu ini dirancang oleh Alex Scott Porter untuk ayahnya yang seorang pensiunan profesor di Columbia University. Desain dari rumah 2 lantai ini menggunakan dari tenaga surya untuk sumber listrik yang mana terdapat sebuah baterai penyimpanan daya yang bisa berfungsi setidaknya satu minggu untuk bisa memenuhi kebutuhan listrik. Untuk bagian dari interior dalam rumah 2 lantai ini mengarah dari konsep minimalis yang mana dari dinding sengaja tidak dicat, dan menggunakan warna material dari kayu.

alexscottporter.com

Pada bagian lantai satunya, terdapat sebuah ruang keluarga yang menyatu dengan bagian dapur. Untuk aneka furniture, seperti kursi, meja, hingga pada kitchen set pun dibuat dari material kayu sehingga memiliki konsep “Back To The Nature”.

Terdapat beranda kecil di bagian belakang rumah yang menghadap lautan secara langsung. Terdapat balkon di bagian lantai dua, yang mana akan terdapat kamar tidur yang bisa langsung melihat ke bagian ruang keluarga di lantai 1 nya.

 

  1. Desain Rumah 2 Lantai Seperti Kabin Liburan
dezeen.com

Dengan memiliki bentuk desain yang menyerupai sebuah kabin, rumah pada 2 lantai ini juga akan tampak unik di bagian perkotaan. Dengan memanfaatkan beberapa material kayu yang kemudian dilapisi cat warna merah di bagian dinding luar, pada interiornya sendiri akan mengekspos warna bagian material kayu, sehingga akan sangat cocok pada bagian tempat beristirahat yang akan terasa seperti liburan.



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rafi