in

Denah Rumah Minimalis 3 Kamar Ukuran 7×9 dan 7×12

unsplash.com

Denah Rumah Minimalis 3 Kamar – Selama beberapa tahun terakhir ini, desain rumah minimalis memang tengah populer. Banyak pemilik rumah mulai merombak rumahnya untuk mendesain rumahnya menjadi lebih minimalis. Desain rumah minimalis mendapatkan banyak sorotan, karena mampu menampilkan desain rumah yang sederhan serta elegan.

Apabila Grameds tertarik untuk memiliki hunian dengan desain minimalis, atau ingin mulai merombak rumah dengan desain minimalis, maka berikut adalah penjelasan mengenai desain rumah minimalis serta contoh desain rumah minimalis dengan 3 kamar.

Contoh-Contoh Denah Rumah Minimalis dengan 3 Kamar

Setelah mengenal mengenai desain rumah minimalis, Grameds dapat menerapkan desain minimalis yang sesuai dengan karakteristik serta tentu saja fungsional serta nyaman untuk ditinggali. Sebagai inspirasi, berikut adalah beberapa contoh dari desain rumah minimalis dengan 3 kamar.

Kumpulan Denah Rumah Minimalis 3 Kamar Ukuran 7 x 9

Rumah Minimalis 3 Kamar
sumber: kreasirumah.net
Rumah Minimalis 3 Kamar
sumber: denahose.blogspot.com

Rumah Minimalis 3 Kamar

Rumah Minimalis 3 Kamar
sumber: deagamdesign.com

 

Rumah Minimalis 3 Kamar
sumber: denahose.blogspot.com

 

Kumpulan Rumah Minimalis 3 Kamar Ukuran 7×12

 

www.youtube.com/ DESAINRUMAHMINIMALIS
denah rumah minimalis 3 kamar ukuran 7x 12
homeshabby.com

 

denah rumah minimalis 3 kamar ukuran 7x 12
homeshabby.com

Ketika memiliki lahan yang cukup kecil, seperti pada gambar di atas yaitu 7 x 12, maka rumah dengan desain minimalis sangatlah cocok dibangun di atas lahan tersebut. Dengan memaksimalkan luas tanah dengan penataan ruang yang memaksimalkan fungsi dengan sedikit penyekat, maka rumah minimalis pada lahan tersebut dapat terasa lebih lega.

Contohnya seperti memaksimalkan luas tanah 7 x 12 tersebut dengan membangun tiga kamar tidur, satu kamar mandi, teras, ruang tamu, ruang keluarga serta dapur. Karena lahan kecil, maka dapur serta ruang keluarga pun dibangun tanpa penyekat, untuk memisahkan antar dua ruangan tersebut, dapat menggunakan furnitur berupa lemari. Penggunaan kaca jendela pun terlihat banyak digunakan pada contoh desain rumah diatas, agar cahaya alami dapat masuk dengan mudah untuk mengurangi penggunaan listrik.

Desain rumah minimalis di atas, akan cocok untuk Grameds yang berencana memiliki rumah minimalis tetapi ingin membangun tiga kamar. Apabila, ingin memisahkan ruang komunal dengan pribadi, maka kamar dapat dibangun di lantai dua.

Denah Rumah Minimalis 3 Kamar 9×12

www.youtube.com/ DesainRumah36

Apabila tidak puas hanya dengan tiga kamar tidur saja, rumah minimalis juga bisa menghadirkan mushola atau tempat ibadah. Bukan hal yang mustahil untuk membangun sebuah tempat ibadah dengan lahan terbatas seperti contoh di atas.

Contoh desain rumah minimalis di atas, merupakan desain rumah yang dapat diterapkan pada lahan 9 x 12 M. Pada lahan tersebut, pemilik rumah dapat memanfaatkan space yang ada dengan mendesain setiap ruangan sefungsional mungkin. Salah satunya adalah dengan membangun setiap ruangan agar tidak terlalu besar dari ruang lainnya. Sehingga ruangan satu dengan lainnya pun masih bisa digunakan untuk kebutuhan lain.

Sebagai rumah dengan desain minimalis, pada ruang serta ruang makan serta keluarga tidak ada penyekatnya. Akan tetapi, apabila merasa kurang private, maka ruangan tersebut dapat dipisahkan dengan menempatkan furnitur.

Pada contoh desain rumah minimalis di atas, tidak lupa dihadirkan pul sebuah taman mini di belakang rumah yang berdekatan dengan dapur dan mesin cuci. Sehingga, taman mini tersebut tidak hanya berfungsi sebagai taman saja, akan tetapi juga dapat digunakan untuk space atau tempat menjemur pakaian.

Denah Rumah Minimalis 3 Kamar 7 x 9

www.youtube.com/GudangDesign

Rumah dengan desain minimalis juga dapat didesain dengan dua tingkat. Karena memiliki lahan yang kecil, untuk menambah ruangan pemilik rumah dapat membangun lantai dua. Seperti pada contoh di atas, ruang tamu, ruang keluarga dan dapur berada di bawah.

Sedangkan lantai dua dipakai untuk dua kamar tidur anak, dan kamar utama berada di lantai satu. Selain itu, rooftop pada desain rumah minimalis pun dapat dibangun dan dimanfaatkan sebagai jemuran baju.

Karena terbuka, maka jemuran pun akan lebih cepat kering. Rooftop juga dapat dimanfaatkan untuk ruangan lainnya selain sebagai jemuran baju. Seperti arena bermain dengan kursi ayunan atau lainnya.

Denah Rumah minimalis dengan carport yang lebar 6 x 10

www.youtube.com/MantriKopi

Selain memiliki jumlah kamar yang cukup, rumah dengan desain minimalis pun dapat memiliki carport yang lebar untuk parkir mobil atau motor pemilik rumah. Dengan menggunakan desain rumah minimalis di atas, maka Grameds dapat memiliki sebuah rumah dengan carport yang cukup besar.

Selain itu, sebagai rumah minimalis, denah rumah di atas minim sekat agar membuat ruangan tampak lebih lapang dan luas. Ruang keluarga dengan space yang cukup besar, dapat digunakan pula sebagai ruang tamu dengan sedikit menambahkan dekorasi sofa, serta penyekat.

Penyekat ruangan yang dapat digunakan dapat berupa lemari, maupun dekorasi lainnya. Apabila ingin terlihat lebih santai, maka pada ruang keluarga cukup diberikan karpet. Karena bersebelahan langsung dengan dapur, ruang keluarga dapat dijadikan pula sebagai ruang makan tanpa kursi makan, cukup dengan lesehan.

Lalu, pintu carport yang berada di dekat dapur dapat mempermudah akses keluar masuk rumah. Apabila tidak ingin carport terlalu besar, maka space untuk carport tersebut dapat digunakan sebagai taman, sekaligus ruang makan dengan nuansa lebih alami dan segar. Ditambahkan dengan kolam kecil, maka suasana rumah pun akan terasa lebih nyaman.

Denah Rumah Minimalis 3 Kamar 10 x 24

www.youtube.com/DesainRumah36

Contoh desain rumah minimalis dengan tiga kamar terakhir adalah rumah yang luas dan lega, meskipun mengusung tema minimalis. Minimnya penyekat antar satu ruangan dengan ruangan lainnya, membuat rumah tersebut terasa lebih luas.

Selain itu, desain rumah di atas juga dilengkapi dengan carport besar sekaligus taman kecil di belakang yang dapat dimanfaatkan untuk menjemur pakaian. Pada setiap sisi dinding, dilengkapi pula dengan kaca jendela besar, agar udara segar dapat masuk dengan mudah dan cahaya alami membuat rumah tampak lebih bersih.

Dapur yang luas, dengan pintu kaca yang lebar akan membuat ruangan terlihat lebih bersih dan luas. Nuansa ruangan dapur akan menjadi lebih baik ketika ada banyak cahaya yang masuk. Sehingga rumah akan terasa lebih nyaman.

Tentang Arsitektur Rumah Desain Minimalis

Desain Rumah Minimalis 3 Kamar
pinterest.com

Arsitektur dengan gaya minimalis merupakan salah satu tipe dari arsitektu dengan elemen desain yang memiliki dasar less is more. Artinya, desain rumah minimalis menerapkan konsep simplicity yang diwujudkan melalui bentuk-bentuk geometris yang dasar serta simpel tanpa penggunaan elemen dekorasi tambahan, penggunaan material yang sederhana serta adanya repetisi pada struktur bangunan yang lebih teratur tanpa menghilangkan kualitas esensial dari desain rumah minimalis tersebut.

Desain interior pada rumah minimalis lebih mengutamakan fungsi interior, sehingga desain interior pada rumah minimalis cenderung minim elemen dekorasi. Contohnya, seperti penggunaan kaca besar pada rumah agar cahaya alami lebih mudah masuk.

Gaya rumah minimalis sendiri sebenarnya mulai populer pada akhir tahun 1980-an di London serta New York. arsitektur dengan rumah minimalis hadir sebagai bentuk respon dari desain arsitektur sebelumnya yang dianggap lebih rumit.

Sehingga, desain rumah minimalis pun hadir. Seorang arsitek bernama Ludwid Mies van der Rohe dan Le Corbusier memiliki peran besar dalam arsitektur rumah minimalis. Ide awalnya sendiri, diketahui berasal dari budaya Zen yang hadir di Jepang. Budaya Zen di Jepang, identik tentang kesederhaan dan estetika. Dengan terinspirasi dari budaya Zen, maka desain rumah minimalis pun hadir.

Karakteristik Rumah dengan Desain Minimalis

Sebelum mengetahui contoh-contoh dari desain rumah minimalis 3 kamar, ada baiknya Grameds yang ingin merubah rumah dengan sentuhan desain minimalis, berikut adalah karakteristik pada rumah desain minimalis yang perlu diketahui.

1. Terdapat kesederhanaan pada tata ruang

Desain Rumah Minimalis 3 Kamar
pinterest.com

Pada rumah dengan desain minimalis, umumnya terdapat kesederhanaan pada tata ruang rumah tersebut. Tidak hanya sederhana, tata ruang pada rumah minimalis pun lebih polos serta efisien dengan pembangunan ruang bertingkat.

Denah rumah sederhana dengan keleluasaan pandangan merupakan ciri khas dari desain rumah minimalis.

2. Gaya arsitektur bangunan yang berbentuk geometris

Desain rumah minimalis, dibuat dengan gaya arsitektur bangunan dengan bentuk geometris yang tegas serta terlihat jelas secara fisik. Contohnya ketika sebuah bangunan memiliki desain rumah minimalis dengan bentuk kubus, maka bentuk geometris kubus tersebut terlihat jelas pada bangunan tersebut.

Karena memiliki bentuk geometris yang jelas, maka bentuk atap maupun bentuk lain pada bangunan rumah umumnya tidak berbeda. Apabila desain rumah tersebut kubus, maka atapnya pun hanya datar saja dan tidak berbentuk segitiga, tidak ada pula tambahan dekorasi maupun lekukan lainnya yang tidak diperlukan.

3. Adanya pengoptimalan dalam fungsi jendela kaca

Desain Rumah Minimalis 3 Kamar
unsplash.com

Rumah minimalis, memiliki karakteris pada penggunaan kacanya. Umumnya, desain rumah minimalis akan menggunakan kaca jendela yang memiliki ukuran besar serta lebar.

Bukan tanpa sebab, penggunaan kaca jendela yang besar tersebut, bertujuan agar udara serta sinar matahari dapat masuk dengan mudah ke dalam rumah. Sehingga, tingkat kelembapan pada rumah pun akan selalu terjaga. Selain itu, jendela kaca yang besar dapat memberikan pencahayaan alami yang memberikan penekanan sekaligus nilai estetika pada rumah.

4. Warna dinding yang lembut serta bersih

Desain Rumah Minimalis 3 Kamar
pinterest.com

Rumah dengan desain minimalis, biasanya menggunakan warna cat yang didominasi oleh warna putih atau abu-abu. Kedua warna cat dinding tersebut, terlihat netral, bersih serta lembut. Sehingga, warna-warna tersebut tepat untuk membuat kesan desain rumah minimalis tampak lebih kuat dan memiliki nuansa yang modern serta elegan.

5. Memberikan detail-detail pada eksterior rumah yang sederhana tanpa adanya dekorasi

Desain Rumah Minimalis 3 Kamar
pinterest.com

Selain menggunakan warna cat yang lembut, seperti warna putih bersih, beberapa desain rumah minimalis pun memberikan detail pada eksterior rumah minimalisnya. Pada pemilihan detail eksterior rumah minimalis, dipilih bentuk yang sederhan tanpa tambahan dekorasi apapun, contohnya seperti penggunaan garis-garis tegas pada facade rumah minimalis.

6. Ruangan lebih terbuka tanpa adanya pembatas ruangan

Desain Rumah Minimalis 3 Kamar
pinterest.com

Rumah dengan desain minimalis umumnya tidak memiliki banyak pembatas atau sekat di dalam rumah. Hal ini dikarenakan desain rumah minimalis mengusung konsep yang mengutamakan efisensi ruang. Sehingga, sekat, pembatas serta pilar hanya akan dibuat apabila benar-benar dibutuhkan. Apabila tidak maka, pembatas maupun sekat akan membuat ruangan rumah justru tampak sempit.

Ruang-ruang komunal seperti dapur, ruang makan dan keluarga umumnya akan berada di satu lantai, yang hanya dipisahkan dengan beberapa furnitur. Sedangkan apabila memiliki dua lantai, maka kamar tidur dan kamar pribadi pun berada di lantai dua. Apabila tidak, kamar tidur serta kamar mandi akan tetap memiliki ruangan tersendiri.

7. Menggunakan furnitur rumah yang minimalis

pinterest.com

Agar sesuai dengan desain rumah yang minimalis, maka rumah desain minimalis pun akan memilih furnitur yang minimalis pula. Biasanya pada ruangan keluarga rumah minimalis, hanya akan tersedia perabot esensial saja, seperti meja maka, rak serta sofa.

Selain itu, bentuk dari perabotan pada rumah minimalis pun tidak memiliki ukuran terlalu besar. Sehingga, furnitur pada rumah minimalis akan menonjolkan sisi fungsinya dan tidak banyak mengambil space rumah.

8. Ruangan lebih bersih, terbuka serta terang

pinterest.com

Karena minim penggunaan furnitur serta sekat, interior pada rumah minimalis akan terlihat lebih lapang. Oleh sebab itu, konsep minimalis akan cocok untuk menyiasati lahan yang kecil, tetapi ingin rumah yang lebih lega.

Dengan menerapkan desain minimalis, ditambah dengan kaca besar yang membuat cahaya natural masuk ke dalam rumah, maka rumah yang kecil pun akan terlihat bersih, terang serta terbuka. Sehingga, rumah tersebut akan lebih nyaman serta hangat untuk beragam aktivitas keluarga.

9. Terdapat taman minimalis

pinterest.com

Karakteristik rumah dengan desain minimalis adalah adanya taman minimalis. Meskipun tidak terlalu luas, akan tetap keberadaan taman ini akan membuat desain rumah semakin cantik sekaligus berfungsi sebagai penyegar rumah. Biasanya pada rumah minimalis, taman akan berada di teras depan dengan rumput gajah mini serta beberapa bunga kecil. Akan tetapi, karena luas taman yang kecil, maka desain taman sebaiknya menghindari bunga-bunga atau daun besar untuk menghindari kesan ramai.

10. Menggunakan material bangunan yang sederhana

pinterest.com

Arsitektur rumah dengan desain minimalis selalu menggunakan material-material bangunan yang mudah ditemukan serta sederhana. Pada umumnya, material yang digunakan adalah batu bata untuk dindingnya serta kayu maupun keramik sebagai bahan untuk lantai rumah.

Beberapa rumah dengan desain minimalis pun ada yang menggunakan bahan lain, seperti beton, kaca serta baja. Material rumah dengan desain minimalis dipilih, karena tidak rumit serta mampu memberikan daya tarik tersendiri. Di sisi lain, material-material tersebut dipilh karena mampu menonjolkan sifat dari material bangunan tersebut.

Ketika ingin membangun rumah dengan desain minimalis, maka ada beberapa hal yang perlu dipertimbangan seperti lingkungan serta biaya operasional untuk setiap bulannya. Agar tetap hemat ketika membangun atau merombak rumah agar menjadi minimalis, maka Grameds perlu memikirkan keseluruhan pembangunan rumahnya.

Apabila kesulitan mencari inspirasi mengenai desain rumah minimalis, Grameds dapat membaca buku “28 Ide Desain Rumah Minimalis Hemat Biaya dan Energi” yang menyajikan ide-ide desain rumah minimalis. Apabila ingin membaca buku ini, Grameds dapat membeli bukunya di Gramedia.com.

Ketika ingin membangun rumah dengan desain minimalis, maka ada beberapa hal yang perlu dipertimbangan seperti lingkungan serta biaya operasional untuk setiap bulannya. Agar tetap hemat ketika membangun atau merombak rumah agar menjadi minimalis, maka Grameds perlu memikirkan keseluruhan pembangunan rumahnya.

Apabila kesulitan mencari inspirasi mengenai desain rumah minimalis, Grameds dapat membaca buku “28 Ide Desain Rumah Minimalis Hemat Biaya dan Energi” yang menyajikan ide-ide desain rumah minimalis. Apabila ingin membaca buku ini, Grameds dapat membeli bukunya di Gramedia.com.

 

Itulah penjelasan mengenai desain rumah minimalis yang kini banyak digandrungi oleh banyak pemilik rumah, serta contoh-contoh denah dari desain rumah minimalis yang dapat dijadikan inspirasi ketika ingin membuat rumah dengan desain minimalis.

Apabila ingin mencari lebih lanjut mengenai contoh-contoh desain rumah minimalis dengan tiga kamar, maka Grameds dapat membeli buku dengan topik serupa yang tersedia di Gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia selalu menyediakan beragam buku berkualitas dan original. Jadi, tunggu apa lagi? Segera miliki bukunya sekarang juga sebelum kehabisan!

BACA JUGA:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda