in

Kitchen Set Minimalis serta Rekomendasi Material Terbaik

Pexels.com

Kitchen Set Minimalis – Ruang dapur tak akan terlihat hidup jika tidak memiliki kitchen set di dalamnya. Dapur dan juga kitchen set adalah satu kesatuan yang saling melengkapi. Saat ini sudah banyak juga para penjual yang menawarkan kitchen set dengan harga cukup bervariatif.

Bahkan kitchen set minimalis juga tampaknya semakin banyak diminati. Selain hemat ruang ternyata kondisi ruang yang terbatas juga kerap menjadi alasan pembelian kitchen set jenis tersebut.

Menariknya adanya kitchen set juga memberikan banyak manfaat kepada pemiliknya lho. Untuk kegunaan kitchen set ini akan dibahas lebih lanjut pada poin lain. Perlu diketahui jika artikel ini akan membahas seputar kitchen set minimalis.

Tentunya bagi Anda yang memiliki ukuran dapur minimalis, informasi tentang kitchen set minimalis ini begitu penting. Mulai dari pengertian, ciri, bahan hingga contoh dari desain kitchen set minimalis juga akan dijelaskan lebih lanjut pada artikel ini.

Pengertian Kitchen Set Minimalis

Kitchen Set Minimalis
Pinterest

Bicara tentang kitchen set ternyata tidak lengkap jika tidak menjelaskan pengertian dari kitchen set itu sendiri. Banyak orang hanya mendengar namanya namun tak tahu pengertian sebenarnya.

[algolia_carousel]

Jika dilihat dari pengertian kitchen set adalah sebuah istilah untuk bentuk dapur modern yang terbilang multifungsi. Secara umum kitchen set adalah tempat untuk menyimpan berbagai macam peralatan dapur.

Dimana kitchen set sendiri kebanyakan akan berbentuk seperti kabinet. Selain bisa menyimpan semua perlengkapan dapur. Adanya kitchen set juga akan membuat dapur lebih terlihat rapi dan bersih. Tak heran jika banyak orang mulai menggunakan kitchen set sebagai salah satu benda wajib dalam ruangan dapur.

Kitchen set sendiri biasanya disesuaikan dengan ukuran luas ruangan dapur. Tak hanya bisa membelinya pada toko mebel atau perlengkapan furniture rumah. Namun Anda juga bisa memesan sesuai dengan keinginan.

Tentunya ukuran dari luas dapur juga perlu Anda ketahui dahulu agar mempermudah proses pengerjaan kitchen set. Jadi jika Anda menginginkan kitchen set sesuai selera. Maka memesan kitchen set kepada ahlinya adalah pilihan terbaik.

Ciri-Ciri Kitchen Set Kualitas Terbaik

Saat ini memang sudah banyak sekali kitchen set yang mudah dibeli di pasaran. Namun sebelum membeli kitchen set, Anda juga perlu tahu beberapa ciri dari kitchen set kualitas terbaik. Sebab meski mudah ditemukan, mungkin saja ada beberapa yang kualitasnya kurang memuaskan.

Maka dari itu Anda juga perlu memahami bagaimana ciri dari kitchen set tersebut. Jika mungkin Anda belum tahu beberapa ciri kitchen set kualitas terbaik. Maka penjelasan yang ada di bawah ini bisa membantu Anda.

1. Dimensi

Pertama ada dimensi, dimana dimensi ini meliputi berbagai macam aspek. Mulai dari lebar, tinggi dan hal-hal detail lainnya. Setiap kitchen set berkualitas diharapkan sesuai dengan kebutuhan.

Maksudnya adalah sesuai dengan ukuran ruangan dan ukuran perabot yang akan disimpan. Lalu setiap ruangan kitchen set juga harusnya bisa berfungsi dengan baik. Akan lebih mudah bagi Anda untuk mendapatkan kualitas terbaik dari kitchen set jika menggunakan sistem pemesanan.

2. Material

Material dari kitchen set sendiri sebenarnya sudah banyak. Untuk material selalu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Keluar dari itu semua yang paling penting adalah material yang digunakan memiliki sifat kokoh, tahan panas, tahan air, mudah untuk dilakukan pembersihan. Selain itu material dari kitchen set juga harusnya tak mudah bau dan terlihat tetap indah.

3. Model

Untuk model sebenarnya sudah banyak sekali yang bisa dijadikan pilihan. Untuk kualitas model sendiri lebih rasa suka para pengguna. Tentunya model kitchen set yang baik harus didukung oleh material dan dimensi yang sesuai.

Material Kitchen Set Minimalis

Seperti yang dijelaskan sebelumnya jika kitchen set selalu dibuat dengan berbagai macam bahan. Setiap bahan atau material yang digunakan untuk membuat kitchen set selalu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Selain itu Anda juga harus tahu jika setiap perbedaan bahan atau material dalam pembuatan kitchen set selalu memiliki harga yang berbeda. Sehingga ketika Anda ingin membeli kitchen set, selain memperhatikan model dan ukuran.

Memperhatikan bahan material yang digunakan untuk membuat kitchen set adalah pilihan yang bisa digunakan. Lantas apa saja sih sebenarnya beberapa bahan material yang digunakan untuk membuat kitchen set.

1. Multiplek

Kitchen Set Minimalis
Akt-wood.com

Salah satu material yang kerap digunakan untuk membuat kitchen set adalah multiplek. Material multiplek juga kerap disebut dengan plywood. Dimana multiplek adalah salah satu material kayu olahan dengan karakteristik kekuatan luar biasa.

Material kitchen set ini terbuat dari beberapa kulit kayu berlapis. Untuk membentuk satu multiplek juga diperlukan sistem pressing. Tentunya material multiplek juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut adalah penjelasan kelebihan dan kekurangan dari material multiplek.

Kelebihan

Salah satu kelebihan yang diberikan oleh material multiplek adalah ketahanan yang begitu kuat. Hal ini disebabkan oleh tekstur dari multiplek yang begitu rapat. Menariknya material multiplek juga tahan terhadap serangan air.

Sehingga material multiplek sangat cocok jika digunakan untuk kondisi dapur basah. Selain itu material multiplek juga terdiri dari banyak serat. Serat dari multiplek ini berfokus pada ketahanan sisi luar dari pada sisi dalam.

Adanya kondisi ini memungkinkan ketahanan multiplek terhadap pemuaian sekaligus tidak mudah untuk ditekuk. Jika material multiplek dirawat dengan baik. Maka ketahanan yang diberikan bisa sampai usia 10 tahun lamanya.

Tak heran jika material multiplek menjadi salah satu rekomendasi material yang cukup baik untuk pembuatan kitchen set.

Kekurangan

Kekurangan dari material multiplek adalah pada harga yang diberikan. Hal ini karena material multiplek memiliki kondisi ketahanan yang luar biasa. Maka dari itu tak heran jika harga dari multiplek juga terbilang cukup tinggi.

Meski memiliki harga yang tinggi, namun semua itu bisa terbayarkan dengan berbagai macam kelebihan material multiplek.

2. Blackboard

Kitchen Set Minimalis
Smmad.com.br

Berikutnya adalah material blackboard. Dimana material ini juga kerap digunakan dalam pembuatan kitchen set. Sebenarnya material blackboard hampir sama dengan multiplek. Jika penyusunan bahan multiplek dilakukan secara vertikal.

[algolia_carousel page=2]

Maka untuk penyusunan bahan baku blackboard dilakukan secara horizontal. Salah satu bahan yang digunakan untuk membuat blackboard adalah sengon laut. Dimana kayu sengon laut memang memiliki ketahanan yang cukup baik dari serangan air.

Sama seperti material multiplek, blackboard juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Penjelasan yang ada di bawah ini merupakan kelebihan dan kekurangan dari blackboard.

Kelebihan

Salah satu kelebihan yang diberikan oleh blackboard untuk pembuatan kitchen set adalah kekuatannya terhadap serangan air. Lalu untuk harga yang diberikan biasanya juga lebih terjangkau dibandingkan dengan harga material multiplek.

Blackboard adalah bahan material paling cocok bagi Anda yang memiliki dana sedikit terbatas. Namun harga tersebut tetap tidak akan mengecewakan kualitas yang diberikan.

Kekurangan

Kekurangan dari material blockboard adalah sisi ketahanan. Dimana jika dibandingkan dengan material multiplex masih terbilang berada di bawahnya.

3. MDF

Kitchen Set Minimalis
Italymag.com

Berikutnya ada material MDF atau kerap juga disebut dengan Medium Density Fiberboard. Pembuatan material MDF ini adalah dengan proses pressing tingkat tinggi terhadap kumpulan serbuk kayu.

MDF sendiri sampai saat ini sudah banyak digunakan untuk pembuatan berbagai macam jenis furniture, salah satunya adalah furniture kitchen set. Seperti material pada umumnya, material MDF juga memiliki kelebihan dan kekurangannya. Berikut ini adalah penjelasan tentang kelebihan dan kekurangan dari material MDF.

Kelebihan

Dibandingkan material pada point sebelumnya, harga yang ditawarkan oleh material MDF jauh lebih murah. Selain itu material MDF juga memiliki kondisi permukaan yang lebih halus dibandingkan material multiplek.

MDF adalah salah satu material furniture kitchen set yang memiliki sifat fleksibel. Bahkan MDF juga begitu mudah untuk ditekuk.

Kekurangan

Kekurangan yang dimiliki oleh material MDF adalah tidak tahan serangan air. Sehingga sangat tidak disarankan jika Anda ingin menempatkan furniture kitchen set di area dapur basah.

Namun kitchen set dengan material MDF lebih cocok untuk dapur dengan kondisi kering.

4. HPL

Kitchen Set Minimalis
Innercityflooring.com

HPL atau High Pressure Laminate juga kerap dijadikan salah satu bahan pembuatan furniture seperti kitchen set. Secara sederhananya HPL adalah sebuah lapisan paling luar dari sebuah furniture.

HPL sendiri adalah sebuah material kitchen set yang terbuat dari resin dan juga decorative paper. Dimana HPL juga memiliki corak yang begitu cantik. Tak heran jika sebuah kitchen set terbuat dari bahan HPL selalu terlihat penuh estetika.

HPL juga memiliki kelebihan dan kekurangan di dalamnya. Penjelasan tentang kelebihan dan kekurangan dari material HPL adalah sebagai berikut ini.

Kelebihan

Mulai dari corak yang begitu beragam akan mempermudah Anda dalam memilih sesuai dengan selera. Selain itu HPL juga salah satu jenis material yang mudah diaplikasikan ke berbagai macam bentuk furniture.

Selanjutnya lapisan dari material HPL selain mudah dibersihkan ternyata juga begitu ramah lingkungan. Terakhir adalah harga yang ditawarkan oleh material HPL sendiri terbilang begitu terjangkau.

Kekurangan

Kekurangan dari material HPL adalah ketika kesan estetika yang diberikan dibandingkan dengan beberapa jenis finishing lain masih jauh di bawahnya.

5. Decosheet

Kitchen Set Minimalis
Tradekorea.com

Decosheet juga kerap disebut dengan material tacon atau tacosheet. Dimana bentuk dari material decosheet adalah lembaran. Material pembuatan decosheet sendiri terbuat dari bahan baku plastik dan untuk ukurannya lebih tipis dibandingkan dengan material HPL.

Selain itu untuk sifat fleksibel juga dimiliki oleh material decosheet. Material decosheet pada kitchen set lebih cocok untuk dapur dengan kondisi kering. Berikut ini adalah ulasan tentang kelebihan dan kekurangan dari material decosheet.

Kelebihan

Kelebihan dari material decosheet sendiri adalah mudah dibentuk sesuai dengan kondisi lengkupan ruang dapur. Selan material decosheet juga tidak mudah mengelupas.

Kekurangan

Seperti yang dijelaskan sebelumnya jika material decosheet sendiri memiliki kondisi tipis. Maka dari itu jika tidak diterapkan dengan benar, kemungkinan besar kondisi mengelupas juga akan ditemukan pada material decosheet.

Perlu diketahui juga jika material decosheet tidak tahan terhadap serangan panas maupun minyak.

6. Cat Duco

Kitchen Set Minimalis
Genesispropainting.com

Ingin tampilan dapur lebih elegant maka tak ada salahnya menggunakan kitchen set dari material cat duco. Kesan elegant akan ditampilkan oleh material cat duco lewat pilihan corak yang begitu beragam.

Proses pembuatan material cat duco terbilang membutuhkan waktu yang cukup lama. Hal ini dikarenakan material cat duco mengedepankan kualitas ketahanan. Dibawah ini adalah ulasan tentang kelebihan dan kekurangan dari material cat duco.

Kelebihan

Salah satu kelebihan dari material cat duco adalah dijual dengan dua tipe. Tipe pertama adalah glossy yang bisa memberikan kesan mengkilap. Lalu untuk tipe yang kedua adalah doff atau semi gloss yang tidak akan menimbulkan kesan mengkilap.

Hingga saat ini inovasi terbaru dari cat duco sendiri adalah tipe marmer, motif batu atau pilihan lainnya.

Kekurangan

Kekurangan dari material cat duco adalah terletak pada harga yang diberikan. Dimana harga yang ditawarkan sangat tinggi. Tentunya membutuhkan dana lebih untuk membeli material ini.

Namun dari harga yang terbilang cukup tinggi tersebut, Anda bisa mendapatkan kondisi kitchen set yang terlihat penuh estetika sekaligus tahan lama.

Nah dari beberapa material kitchen set di atas sudah dijelaskan kelebihan dan kekurangannya yang diberikan. Dengan begini Anda bisa lebih mudah memilih material pembuatan kitchen set.

Contoh Desain Kitchen Set Minimalis

Rasanya tak lengkap jika membahas kitchen set tanpa memberikan beberapa contoh desain. Penjelasan dibawah ini bisa menjadi rekomendasi dari desain pilihan kitchen set yang akan Anda beli.

1. Desain Kitchen Set Letter L

Kitchen Set Minimalis
pinterest/temonggo.com

Memiliki ruangan dapur dengan ukuran minimalis bukan berarti tidak bisa di dekorasi. Pasalnya saat ini sudah banyak sekali kitchen set dengan ukuran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Seperti gambar di atas yang memanfaatkan lekukan ruang dapur. Lekukan berbentuk L tersebut terlihat lebih rapi. Perpaduan warna putih dan ornamen lain begitu menyatu. Tak ada salahnya jika Anda ingin menerap beberapa dekorasi tambahan lain seperti ornamen bata dengan warna putih.

Tambahkan sentuhan alami dengan beberapa tumbuhan yang diletakkan pada rak atas. Dengan begitu kesan modern dan alami bisa lebih menyatu.

2. Kitchen Set Simple

Kitchen Set Minimalis
pinterest/gavinfurniture.com

Bagi Anda yang suka dengan tema sederhana bisa juga lho merealisasikan pada furnitur kitchen set. Seperti gambar di atas, Anda bisa menggunakan bahan kayu seirama. Kitchen set ini dibagi menjadi dua bagian yaitu bagian atas dan bagian bawah.

Dimana setiap bagian akan kembali dibagi menjadi beberapa ruang. Menariknya untuk menghemat ruang peletakan wastafel akan digabungkan dengan kitchen set bagian bawah. Pemanfaatan lain juga ditunjukkan pada bagian kitchen set.

Bisa Anda lihat jika kitchen set bagian bawah dapat digunakan sebagai meta serba guna. Pemilihan warna kitchen set dengan keramik dinding terlihat begitu sempurna.

3. Kitchen set meja bar

Kitchen Set Minimalis
pinterest/art home Kediri

Meski memiliki ruang dengan ukuran terbatas, Anda juga bisa menerapkan tema bar pada ruangan dapur. Kalian bisa membuat sebuah kitchen set yang menyatu dengan meja bar.

Perpaduan warna kayu dan marmer terlihat begitu selaras. Anda bisa menempatkan beberapa tempat duduk tepat di depan meja bar yang ada pada ruang dapur.

Dengan membaca beberapa penjelasan di atas tentunya Anda juga akan terbantu jika ingin memiliki kitchen set. Nah agar Anda juga semakin paham lagi. Maka tak ada salahnya membaca buku yang berjudul ”Seri Gambar Ruang 3D – 15 Desain Kitchen Set Elegan”ciptaan Imelda Akmal Architecture Writer Studio.

Buku ini dirilis pada tahun 2013 dan diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama. Total halaman dari buku dengan judul “Imelda Akmal Architecture Writer Studio” adalah 84 lembar. Dapatkan buku “Imelda Akmal Architecture Writer Studio” hanya di toko buku Gramedia terdekat atau melalui website resmi Gramedia.com.

BACA JUGA:

  1. Rekomendasi Desain Kitchen Set Modern untuk Dapur Rumah Anda
  2. Desain Kamar Mandi Minimalis Kloset Duduk
  3. 15+ Contoh Desain Kolam Ikan Minimalis
  4. Inspirasi Konsep Desain Warung Kecil Depan Rumah
  5. Desain Kolam Koi Minimalis 
  6. Mengenal Fasad Rumah dan Contoh Fasad Rumah Minimalis
  7. Ide Desain Rumah Jepang Minimalis dan Konsepnya
  8. Minimalism: Gaya Hidup Minimalis yang Lekat dengan Anak Muda

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda