in

Tips dan Inspirasi Desain Rumah Sederhana tapi Mewah

Rumah sederhana tapi mewah – Memiliki rumah pribadi tentu saja menjadi impian setiap orang. Ketika ingin memiliki rumah, Grameds tentunya ingin mendesain rumah yang sesuai dengan karakter, kenyamanan, mimpi dan keinginan Grameds. Biasanya, penentuan desain rumah juga ikut dipengaruhi oleh faktor trend. Saat ini, trend desain rumah yang cukup populer adalah rumah minimalis akan tetapi masih terlihat mewah dan memiliki kesan sederhana.

Desain rumah sederhana tapi mewah mungkin cukup sulit untuk dibayangkan, namun nyatanya untuk memiliki rumah impian dengan desain semacam ini tidaklah sulit. Grameds cukup memadukan warna cat dan memilih aksesoris atau furniture rumah dengan baik, sehingga setiap elemen yang ada di dalam rumah dapat menyatu dengan desain yang diusung dalam rumah Grameds.

Contohnya, Grameds bisa memilih warna cat putih untuk menampilkan kesan sederhana, sedangkan kesan mewah bisa Grameds tambahkan dengan memiliki furnitur atau pajangan dengan akses gold. Simak tips lainnya dan inspirasi desain rumah sederhana tapi mewah lebih lanjut dalam artikel satu ini.

Tips Desain Rumah Sederhana tapi Mewah

Pixabay

Rumah mewah biasanya identik dengan banyak ornamen atau rumah dengan ukuran besar, mungkin seperti rumah tipe eropa yang memiliki banyak gypsum ornamen dan bahkan beberapa patung besar yang terpajang di depannya.

Akan tetapi, rumah mewah tidak melulu harus heboh. Grameds bisa memiliki rumah mewah akan tetapi tetap sederhana, tanpa terkesan berlebihan atau heboh. Dengan desain rumah sederhana tapi mewah, rumah pun akan tampak lebih minimalis dan modern. Ada beberapa tips yang bisa Grameds ikuti apabila ingin memiliki desain rumah sederhana tapi mewah. Simak tipsnya berikut ini!

 

1. Memilih menggunakan warna netral

Tips pertama apabila Grameds ingin membuat desain rumah sederhana tapi mewah adalah dengan memilih cat dengan warna netral dan elegan seperti hitam, putih, abu-abu, coklat, krem atau abu-abu tua.

Warna-warna tersebut akan membuat rumah terlihat lebih bersih, sederhana minimalis akan tetapi memiliki kesan mewah. Grameds juga bisa menyertakan elemen lain di dalam rumah seperti platinum, baja atau aksen warna emas pada beberapa material yang penting atau pada detail sudut rumah.

Cek di Balik Pena : Baby Chaesara

Contoh penambahan warna emas bisa dipilih di kusen pintu atau lampu. Apabila meletakannya pada lampu, maka Grameds akan membuat warna tersebut seolah sebagai center dari ruangan.

Kemudian, untuk menambahkan kesan mewah dan tidak membosankan, Grameds bisa memasang wall molding pada salah satu bagian dinding saja. Dengan menggunakan moulding, maka ruangan akan terlihat lebih berkelas, walaupun tidak mengeluarkan banyak biaya.

Sentuhan sederhana lain bisa Grameds tambahkan dengan memilih furniture dengan akses kayu. Contohnya meja dan kursi dengan warna kayu netral atau wood yang sedikit cerah senada dengan warna tembok yang dicat terang dengan warna netral.

2. Memberi hiasan pada dinding

Punya banyak dinding kosong di setiap ruangan? Grameds bisa memanfaatkan dinding kosong tersebut dengan memberikan hiasan tambahan, seperti foto keluarga yang di pigura atau hiasan dinding berupa lukisan dan lainnya atau dekorasi dinding.

Dekorasi dinding merupakan tips dekorasi rumah yang sederhana, akan tetapi akan membuat rumah memiliki kesan mewah tanpa ribet dan praktis untuk dicoba. Aksesori dinding akan membuat dinding kosong menjadi lebih indah dan menambahkan karakter pada suatu ruangan.

Pilihlah dekorasi dinding yang sesuai dengan karakter Grameds atau tema rumah Grameds. Sesuaikan pula dengan kreativitas dan gaya Grameds. Selain hiasan dinding, Grameds juga bisa membuat ruangan yang mulanya sempit, terlihat lebih luas. Caranya adalah dengan menambahkan aksesoris dinding berupa cermin besar.

Cermin besar dapat memantulkan cahaya ke belakang, sehingga akan menciptakan kesan ruangan yang lebih luas. Tips lain untuk membuat desain rumah tampak mewah dan sederhana adalah tidak memilih terlalu banyak karya seni untuk dipajang di dinding.

Grameds bisa memilih satu atau dua karya seni dari seniman favorit. Kedua lukisan tersebut bisa menjadi alternatif untuk lebih menonjolkan sisi mewah. Ada hal penting yang perlu menjadi perhatian sebelum memilih karya seni untuk dipajang di dinding, pastikan bahwa ukuran serta skala karya tersebut sesuai dengan dinding yang ingin didekorasi ya!

3. Meletakan karpet besar

Meletakan karpet besar akan membuat ruangan memiliki kesan mewah, karena karpet dengan desain tertentu dapat memberikan warna serta pola pada lantai yang polos. Grameds bisa memilih karpet sesuai dengan kebutuhan dan menyesuaikan dengan kemampuan budget serta perawatannya.

Beberapa rekomendasi karpet yang bisa dipilih adalah karpet imitasi bulu dengan harga terjangkau dan membuat ruangan menjadi lebih hangat, elegan, nyaman dan tentu saja bergaya. Namun sayangnya banyak karpet imitasi bulu yang bulunya mudah rontok dan tidak memiliki anti slip pada bagian bawah, sehingga Grameds perlu lebih teliti dalam memilih.

Lalu, jenis karpet selanjutnya yang akan menambahkan kesan mewah adalah karpet sintetis seperti akrilik, polipropilen atau polyester. Jika Grameds ingin mengikuti tips satu ini, Grameds perlu memperhatikan furniture dengan gaya seperti apa yang akan diletakan di atas karpet tersebut.

Karena penempatan furnitur secara sembarangan, justru dapat merusak karpet. Sehingga, Grameds harus memastikan bahwa karpet tersebut mampu menahan tekanan benda tertentu sebelum membelinya.

4. Memilih lampu dengan tepat

Pemilihan warna lampu tidak bisa disepelekan apabila Grameds ingin memiliki hunian yang nyaman. Pasalnya, warna lampu akan sangat mempengaruhi suasana rumah. Warna lampu dapat membuat ruangan menjadi terasa lebih dingin atau sebaliknya.

Warna lampu kuning atau warna kalem lainnya dapat membuat suasana ruangan menjadi lebih hangat. Sedangkan warna lampu neon akan memberi kesan lebih dingin pada ruangan tersebut.

Pemilihan lampu yang tepat tidak hanya mempertimbangkan warnanya saja, akan tetapi juga ukuran, watt, tipe dan lainnya. Contohnya apabila Grameds memilih lampu gantung, maka lampu tipe ini lebih cocok digunakan di area ruang tamu, sementara lampu sorot lebih cocok digunakan di area dapur dan lampu meja cocok digunakan untuk ruang kerja atau kamar tidur.

Lampu tidak hanya dapat menerangi ruangan saja, akan tetapi juga dapat menyoroti furnitur khusus yang ada pada sebuah ruangan yang ingin Grameds tonjolkan.

5. Meletakan tanaman atau bunga

Apakah Grameds memiliki sudut ruangan yang kosong? Sudut tersebut bisa Grameds ‘hidupkan’ dengan cara memberinya tanaman hijau atau bunga. Akan tetapi, apabila ingin ruangan terlihat lebih nyaman dan estetik, Grameds harus memilih tanaman dengan ukuran besar.

Selain itu, Grameds juga perlu mengatur tempat tanaman dengan baik, sehingga akan tampak proporsional dan memberikan efek yang Grameds inginkan. Dengan memberikan tanaman hijau, rumah akan tampak lebih menarik dan  nyaman sehingga akan menciptakan suasana ruangan lebih positif serta sejuk.

Apabila ingin menambahkan aksen warna, Grameds juga bisa memilih meletakan bunga dibandingkan tanaman. Bunga akan membuat mood di suatu ruangan lebih baik. Tentu saja, bunga ini tidak harus bunga yang ditanam dalam pot, Grameds bisa merangkai bunga atau membeli buket bunga untuk menambahkan kesan mewah pada ruangan.

Inspirasi Desain Rumah Sederhana tapi Mewah

Desain rumah sederhana atau minimalis biasanya cocok bagi pemilik tanah yang ingin membangun sebuah rumah, akan tetapi luas tanah tidak terlalu lebar. Beberapa mungkin ingin memiliki rumah dengan kesan mewah tanpa berlebihan.

Saat ini, rumah sederhana tapi mewah sudah cukup menjamur, sehingga mendesain rumah tipe ini tak lagi sulit. Grameds hanya perlu memiliki konsep yang baik sesuai dengan keinginan dan karakter Grameds. Berikut beberapa inspirasi desain rumah sederhana tapi mewah untuk Grameds.

1. Sederhana, Minimalis, Modern

Sumber: Yahoo Berita

Desain rumah sederhana tapi mewah yang pertama adalah rumah dengan detail dan memiliki garis-garis sederhana, namun tidak biasa. Rumah sederhana tapi mewah satu ini hanya menggunakan cat warna putih, akan tetapi memiliki elemen eksterior lain yang akan mendukung kesan kemewahan pada desain rumah ini.

Untuk menambahkan kesan mewah, rumah ini menambahkan elemen reflektif logam yang digunakan sebagai partisi penghalang pandang di lantai dua. Sementara itu, elemen kayu turut digunakan di bagian depan sebagai pintu, begitu pula dengan pemilihan jendela yang cukup besar yang sering kali dapat ditemui pada desain-desain rumah mewah.

Sebagai aksen centernya, ditambahkan lampu taman sebagai tambahan pencahayaan dan permainan cahaya yang terlihat mewah dan hangat di malam hari. Meskipun memiliki fasad cukup sederhana, akan tetapi rumah ini justru terlihat elegan dan mewah.

2. Memberikan ilusi langit-langit yang tinggi

Sumber: Yahoo Berita

Apakah Grameds tahu apa bedanya rumah sederhana dengan rumah sederhana tapi mewah? Biasanya rumah mewah memiliki langit-langit yang tinggi, sebab langit-langit yang tinggi akan memberikan kesan lapang pada suatu ruangan.

Oleh karena itu, Grameds bisa memberikan ilusi langit lebih tinggi pada ruangan. Caranya adalah dengan memangkas plafon hingga pada bagian rangka atapnya, sehingga akan membuat ruangan menjadi lebih minimalis sederhana, namun mewah dan yang paling penting akan membuat ruangan menjadi terlihat lebih lega dan bernilai.

Apabila menggunakan konsep semacam ini, maka Grameds harus memastikan bahwa Grameds memiliki sistem ventilasi udara yang cukup baik. Sebab, langit-langit tinggi hanya memastikan udara menjadi sejuk dan bukan terasa lebih segar.

3. Meninggalkan perabotan yang telah usang

Sumber: Yahoo Berita

Perlu dicatat, bahwa rumah sederhana tak melulu rumah jadul yang terlihat atau memiliki kesan murahan. Guna memberi kesan kekinian, trendy dan mewah, Grameds bisa menggunakan perabotan hingga furniture rumah yang lebih modern.

Perabotan usang tidak selalu menciptakan kesan vintage atau klasik pada rumah. Grameds harus bisa melihat kondisi dari perabotan tersebut, perabotan yang usang dan bahkan rusak dan tidak terawat justru akan merusak konsep rumah sederhana tapi mewah yang menjadi impian hunian Grameds selama ini.

Jika Grameds masih menyimpan perabotan yang telah usang dan rusak, maka akan membuat konsep rumah menjadi rusak atau gagal. Di bagian dapur, Grameds bisa menggunakan desain minimalis dengan tarian garis yang modern dan bersih. Grameds juga bisa menentukan desain dengan ukuran jendela minimalis untuk menyelaraskan konsep hunian.

Jangan lupa untuk menggunakan latar warna netral seperti putih atau abu-abu, sehingga ruangan akan tampak bersih dan luas.

4. Fasad rumah sederhana dan simple dengan jendela besar

Sumber: Orami.co.id

Biasanya, rumah sederhana atau minimalis cenderung memiliki fasad yang sederhana. Tidak banyak lekukan, tidak banyak detail dan tidak banyak hiasan di bagian depannya. Meskipun begitu, rumah sederhana bisa tampak lebih mewah apabila memilih warna, dekorasi dan tentunya tambahan jendela besar untuk menambahkan kesan mewah.

Beberapa dekorasi yang bisa mempercantik rumah adalah tanaman hijau yang tidak membutuhkan banyak perawatan. Grameds juga bisa menambahkan beberapa lampu sorot agar tanaman Grameds tampak terang dan menampilkan kesan mewah ketika di malam hari.

Rumah semacam ini, banyak disukai oleh anak muda, sebab memiliki desain yang cukup compact dan tidak ribet.

6. Rumah dengan alur ruangan dan tatanan yang rapi

Sumber: Dekoruma

Apabila Grameds menginginkan desain rumah sederhana dan mewah, Grameds harus memprioritaskan desain ruangan dengan flow atau alur yang baik. Caranya ialah dengan menata ruangan lebih teratur antara furniture satu dengan yang lainnya.

Dengan menata ruangan, maka ruangan tersebut akan memiliki nuansa dominasi geometris. Beberapa tips yang bisa Grameds ikuti adalah dengan memilih sofa dengan bentuk kotak, sofa atau kursi lain dengan garis yang tegas, memilih jendela  besar dengan bentuk dan karpet yang memiliki motif geometris.

Penataan ruangan semacam ini akan membuat ruangan tampak lebih harmonis. Selain menata ruang, rumah sederhana juga harus rutin dibersihkan. Sehingga keindahan ruangan yang telah ditata sebelumnya akan tetap bertahan.

Selain itu, dengan menciptakan kebiasaan menata furniture, barang dan ruangan dengan rapi akan membuat rumah tampak sederhana, cantik dan tentunya nyaman.

Keuntungan Rumah Sederhana tapi Mewah

Mengapa ada beberapa orang yang memilih untuk memiliki rumah dengan desain sederhana tapi mewah? Hal ini tentu karena ada beberapa keuntungan yang dapat diperoleh para pemilik rumah. Berikut ulasannya.

1. Mengasah kreativitas mendekorasi rumah dan ruangan

Saat ini rumah sederhana tapi mewah sangat diminati. Hal ini karena rumah sederhana tidak membutuhkan ruangan yang luas dan cocok bagi pemilik rumah yang tidak memiliki tanah cukup luas.

Karena ukuran ruangannya yang cukup kecil itu pula, hiasan yang diberikan pun juga harus simpel, sehingga ruangan tidak akan terkesan sempit dan sumpek. Umumnya, dekorasi khas dari rumah sederhana atau minimalis lebih mudah didapatkan sekarang.

Grameds bisa memiliki hiasan dengan tema klasik atau vintage yang sangat cocok dengan desain rumah sederhana tapi mewah. Rumah minimalis akan menantang pemilik rumah untuk kreatif dalam menata ruangannya, sehingga rumah menjadi lebih nyaman.

2. Tidak perlu banyak waktu untuk merawat

Keuntungan lainnya adalah hemat waktu untuk proses perawatannya. Tentu saja setiap desain rumah membutuhkan maintenance yang baik, sehingga tidak ada bagian yang rusak.

Rumah sederhana umumnya akan lebih mudah dirawat karena memiliki ukuran yang tidak terlalu besar.

3. Memiliki suasana yang nyaman

Rumah minimalis yang sederhana dan mewah umumnya memiliki suasana yang nyaman. Rumah-rumah sederhana biasanya memiliki kesan rapi, bersih dan jauh dari kata seram. Sebab, rumah sederhana memiliki warna cat terang dengan lampu terang pula.

Itulah beberapa rekomendasi desain rumah sederhana tapi mewah dan beberapa tips untuk membuat rumah menjadi sederhana dan mewah. Grameds bisa mendapatkan inspirasi lain tentang rumah atau interior dengan membaca buku tentang desain rumah yang ada di gramedia.com.

Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas, menyediakan berbagai macam buku berkualitas dan original untuk Grameds. Membaca banyak buku dan artikel tidak akan pernah merugikan kalian, karena Grameds akan mendapatkan informasi dan pengetahuan #LebihDenganMembaca.

Penulis: Khansa

Rujukan:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Albert

Mungkin banyak orang tidak suka dengan dunia interior, tapi tidak dengan saya. Ketertarikan dengan dunia interior membuat saya sangat senang melihat perkembangannya. Terlebih, saya juga senang menulis, sehingga tema tentang interior saya tuangkan ke dalam tulisan.