in

7 Rekomendasi Warna Cat Rumah Bagian dalam yang Cerah

unsplash.com

Warna Cat Rumah Bagian Dalam yang Cerah Beserta Gambar – Siapa sih yang tak ingin rumahnya terlihat cantik dan memberikan kesan tersendiri bagi penghuninya? Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mewujudkannya. Salah satunya caranya yaitu dengan memilih warna cat rumah bagian dalam yang cerah. Hal ini juga dapat menjadi cara berinvestasi dalam jual beli properti, ketika kita hendak menjadikannya sebagai ladang bisnis.

Kenapa Sih Harus Warna Cat Rumah Bagian Dalam yang Cerah?

Bagi banyak orang, warna cat bagian dalam yang cerah sangat diminati karena melambangkan kebahagiaan dan simbol keberuntungan penghuninya. Oleh sebab itu, tidak heran jika kita sering menjumpai banyak sekali rumah, baik rumah sederhana maupun yang mewah, dengan warna cat rumah bagian dalam yang cerah, apalagi di kota-kota besar.

Warna cat rumah adalah salah satu pertimbangan penting dalam mendesain rumah agar nyaman baik untuk dihuni maupun dipandang dengan kedua mata. Selain itu, warna cat rumah bagian dalam benar-benar wajib diperhatikan supaya konsep rumah bisa terwujud dengan baik dan apik. Terlebih, desain maupun konsep rumah yang kita miliki akan mencerminkan karakter penghuninya sebagai sang pemilik rumah.

Warna cat rumah bisa menciptakan kesan yang lebih hidup pada sebuah ruangan. Warna cat rumah juga bisa membuat ruangan terlihat lebih tegas. Sebagai contoh, warna-warna gelap cenderung akan membuat ruangan terkesan lebih sempit. Sementara warna-warna yang terang dan cerah akan membuat ruangan terasa lebih luas.

Selain berpengaruh pada tampilan di ruangan rumah, warna cat rumah juga berpengaruh besar pada mood penghuninya. Perlu Grameds ketahui, memilih warna cat dinding rumah adalah faktor penting karena berpengaruh terhadap mood para penghuninya.

Warna cat bagian dalam rumah yang bernuansa cerah mulai kembali menjadi favorit. Ada fakta unik terkait warna cat rumah yang cerah. Menurut Gayuh Wicaksono, seorang dari Founder Eltakis Creative Idea, warna cat rumah yang cerah dapat membangun suasana hati menjadi lebih ceria. Warna-warna seperti misalnya kuning, putih, dan oranye bisa membuat penghuni merasa hangat dan bersemangat dalam beraktivitas di rumah.

Bukan hanya itu, warna-warna cerah tersebut juga bisa meredam suhu ruangan, sehingga nuansa rumah terkesan lebih dingin dan lebih santai. Karena popularitasnya, warna cat rumah bagian dalam yang cerah juga harus dipilih dengan hati-hati. Jangan hanya karena berpikiran yang penting memakai warna cat rumah bagian dalam yang cerah, lantas kita memilih sembarang warna cat rumah bagian dalam yang cerah tanpa memikirkan kombinasi warnanya.

Dalam memilih warna cat rumah bagian dalam yang cerah, kita harus pintar bermain kombinasi warna. Kita bisa memadukan warna cat rumah bagian dalam yang cerah dengan warna cat yang gelap sebagai variasi. Hal ini akan membuat rumah kita tampak lebih cantik dan memiliki kesan bagi penghuninya.

Warna Cerah Tren di Tahun 2022?

Pada saat menjelang akhir tahun 2021, mulai banyak bermunculan prediksi tren di tahun 2022, termasuk dalam hal desain interior maupun dekorasi rumah. Berdasarkan informasi dari arsitek Mande Austriono sekaligus Managing Director & Founder DFORM Study, warna-warna yang segar dan lembut seperti akan lebih banyak dipilih untuk berbagai kebutuhan rumah maupun dekorasi pada tahun 2022.

Mande menyebutkan hal tersebut sebagai dampak tren bekerja dari rumah yang membuat pemilik rumah semakin memikirkan kenyamanan dan ketenangan dalam ruangan. Sebelum adanya pandemi, mungkin banyak orang kurang memperhatikan dekorasi rumahnya karena lebih sering beraktivitas di kantor maupun bepergian daripada berada di rumah sendiri.

Akan tetapi, sepanjang pandemi melanda, karena harus lebih banyak berada di rumah jadi lebih memperhatikan keadaan di rumahnya. Apalagi, semenjak pandemi tahun 2020 sampai sekarang, working from home atau WFH terpaksa menjadi pilihan demi keselamatan bersama.

Warna-warna yang segar dan cerah dapat membantu para penghuni rumah untuk semakin maksimal dalam beraktivitas sehingga bisa menimbulkan ide-ide kreatif dan semakin produktif. Di masa pandemi ini self-healing menjadi salah satu metode untuk memelihara keselarasan lahir dan batin, memperkuat resiliensi dalam ketidakpastian, dan menjaga semangat hidup yang sehat dan baik. Bukan hanya kesadaran dari dalam saja, faktor luar yang mengelilingi kita juga bisa turut membantu dalam penyembuhan diri, salah satunya pemilihan cat warna rumah bagian dalam.

Rekomendasi Warna Cat Rumah bagian dalam yang Cerah Beserta Gambar

1. Warna Cat Kuning

Warna Cat Rumah Bagian Dalam yang Cerah Beserta Gambar
Kode warna:#FFFF00 RGB 255 (pinterest.com)

Rumah dengan nuansa warna kuning memang bakal terlihat mencolok. Akan tetapi, warna kuning ini sudah menjadi warna yang tren di tahun 2021. Warna ini dipercaya dapat membawa kesan tenang sekaligus ceria bagi penghuninya. Bukan hanya itu, bagi sebagian orang, warna cat kuning pada rumah juga bisa meningkatkan konsentrasi dalam belajar maupun bekerja.

Memang, bagi sebagian orang warna cat rumah kuning cenderung dihindari karena terkesan silau dan kurang menarik. Tetapi, ada baiknya kita cobalah mendekorasi bagian dalam rumah dengan warna cat rumah kuning.

Apabila warna cat rumah kuning ini terkena cahaya, ruangan seolah-olah terlihat membesar dan cerah. Jika pada dinding dicat warna kuning ini, tidak ada salahnya melengkapinya dengan dekorasi dan furniture warna-warna lain yang masih senada dengan warna ini, misalnya meja tamu warna berwarna coklat tua atau berbagai tumbuhan hijau, seperti tanaman monstera.

Tidak dimungkiri, warna kuning mempunyai karakter yang ceria dan cerah. Warna cat rumah ini ini dipercaya bisa meningkatkan semangat bagi penghuninya untuk berpikir jernih sehingga warna cat rumah kuning ini sangat cocok untuk diaplikasikan di ruang kerja dan ruang makan kita.

Kita juga bisa mengkombinasikan warna cat rumah kuning yang ceria dan elegan ini dengan warna merah hati atau coklat tua. Sebagai contohnya, meja makan. Jangan lupa, pilih juga furniture yang multifungsi dan space-saving agar ruangan di rumah kita tak terasa sempit, terutama untuk rumah yang mungil.

2. Warna Cat Putih

Warna Cat Rumah Bagian Dalam yang Cerah Beserta Gambar
Kode Warna: #FFFFFF RGB 255 (mustikaland.com)

Rona yang paling umum dan banyak disukai oleh sebagian besar masyarakat merupakan warna putih. Putih banyak disukai dikarenakan mempunyai kesan yang bersih dan cerah. Bukan hanya itu saja, putih adalah corak yang cocok dengan material hunian apa pun. Sehingga, warna putih ini adalah ragam yang netral dan bagus dikombinasikan dengan warna lain.

Perlu Grameds ketahui terlebih dulu bahwasanya warna putih adalah rona yang cerah dan terang. Oleh karena itu, butuh perawatan yang ekstra karena putih punya karakter yang terbilang mudah kotor. Apa penyebabnya? Penyebabnya tentu saja beragam, bisa terkena lumpur, tanah, atau tertimpa kotoran lainnya.

Pada bagian bawah saat menggunakan cat ini, sangat disarankan untuk menambahkan cat lain yang lebih gelap. Bukan hanya digunakan sebagai tampilan hunian yang lebih indah, warna cat rumah bagian dalam yang cerah dan elegan ini juga dapat digunakan untuk mencegah tembok bawah yang kotor.

Warna cat rumah bagian dalam warna putih masih menjadi favorit dan tentu masih banyak dipakai. Kelebihan dari warna cat putih yaitu mampu membuat kesan yang bersih, rapi, dan tiap ruangan terlihat luas.

Selain itu, apabila sewaktu-waktu bosan, kita bisa mengombinasikan cat warna putih ini dengan warna lain. Hal ini dikarenakan, warna putih adalah warna netral sehingga akan tetap menarik jika dipadukan dengan warna yang lain.

3. Warna Cat Orange

Warna Cat Rumah Bagian Dalam yang Cerah Beserta Gambar
Kode Warna: #FF7F00 RGB 255 (pinterest.com)

Warna cat rumah bagian dalam dengan nuansa orange akan menimbulkan kesan akrab bagi penghuninya. Umumnya, warna oranye digunakan untuk ruangan yang lebih kecil, sebagai contoh kamar. Namun, kini banyak juga, orang yang berani menggunakan warna orange sebagai warna cat rumah bagian dalam.

Jika kita kurang menyukai warna cat rumah warna merah, kita bisa memilih warna orange sebagai warna alternatif. Selain menampilkan kesan yang penuh dengan keakraban dan keceriaan, warna cat rumah orange juga dapat membangkitkan rasa semangat dan optimisme bagi penghuni ruangan ini.

Warna cat rumah ini cocok diaplikasikan di ruang tamu atau di ruang makan. Kita bisa mengombinasikan dua warna atau tiga jenis warna sekaligus. Sebagai contoh saja, memanfaatkan warna orange, putih, dan abu-abu ditambah paduan cahaya lampu yang tepat.

Ketiga warna cat rumah tersebut akan bisa menghadirkan kesan yang elegan dan minimalis sehingga bisa menghadirkan tampilan rumah yang lebih modern, cerah, dan tidak membosankan. Bahkan, berkat perpaduan warna cat rumah yang cocok, kita juga dapat menjadikan rumah sebagai investasi apabila suatu saat ingin menjual rumah.

Warna orange yang termasuk pada jenis warna cat rumah bagian dalam yang akan memberikan kesan ceria pada rumah. Kita bisa melengkapi ruang tamu dengan sofa bed beserta bantal dekorasi yang lucu untuk menambah kesan yang menarik.

4. Warna Cat Biru

Warna Cat Rumah Bagian Dalam yang Cerah Beserta Gambar
Kode Warna: #0000FF RGB 0 (xichangshan.com)

Konon, rumah dengan nuansa biru bisa memberikan ketenangan bagi penghuninya. Maka, warna cat rumah bagian dalam dengan pilihan biru dapat menjadi opsi terbaik untuk Grameds yang suka akan nuansa santai dalam menjalani aktivitas sehari-hari di dalam rumah. Apalagi, menurut kepercayaan Feng Shui, warna biru adalah bagian dari elemen air yang diyakini bisa meningkatkan kedamaian hati.

Tidak dimungkiri, warna biru sangat identik dengan hal-hal yang berbau alami. Sebagai contohnya: laut, pantai, langit, dan juga kebun yang berwarna biru. Warna cat rumah bernuansa biru akan membuat rumah kita lebih fresh karena mampu menampilkan kesan yang sejuk dan damai.

Warna cat rumah ini sangat cocok untuk diaplikasikan di kamar tidur atau ruang keluarga. Dengan pemilihan warna cat rumah ini, kita juga akan mendapatkan perasaan dan hati yang tentram, nyaman, serta lebih hidup. Kesejukan dan kesegaran yang dimiliki oleh warna biru dirasakan memberikan pengaruh yang besar bagi mood penghuninya.

Kita juga bisa mengombinasikan warna cat rumah biru ini pada dinding dengan dengan trim kuning pastel yang lembut untuk membuat tampilan yang terlihat hangat, lengkapi juga dengan furniture dan daun pintu berwarna merah cayenne. Rumah dengan tema modern minimalis bisa menggunakan warna biru yang dikombinasikan dengan warna merah, kuning pastel, dan turquoise dengan aksen trim warna putih.

Sementara itu, kombinasi warna cat dinding biru telur asin dengan aksen trim warna putih untuk bagian interior rumah memberikan kesan yang lembut dan menenangkan. Guna mendapatkan kesan yang cerah, berkelas, dan elegan, kita dapat menggunakan warna biru dongker yang dikombinasikan dengan perabot warna cokelat emas pada aksen meja atau kursi makan. Tertarik? Coba saja ya!

5. Warna Cat Merah

Warna Cat Rumah Bagian Dalam yang Cerah Beserta Gambar
Kode Warna: #FF0000 RGB 255 (pinterest.com)

Warna merah identik dengan warna yang memiliki kesan keberanian, gagah, dan selalu bersemangat. Dengan menggunakan cat rumah bagian dalam berwarna merah, penghuni bisa terdorong untuk terus bergairah dalam beraktivitas sehari-hari dan terus produktif.

Berani dan hangat, itulah beberapa kesan yang melambangkan warna merah. Selain terlihat tegas, penggunaan warna cat rumah bagian dalam bernuansa merah pada sebuah ruangan bisa memberikan kesan warm dan menjadikan suasananya lebih hidup. Warna cat rumah merah ini sangat cocok diaplikasikan pada ruang tamu atau dapur.

Warna ini memancarkan aura yang penuh dengan energi. Saat memakai warna cat rumah ini, sebaiknya kita meletakkan beberapa furniture warna putih seperti meja kerja di dekat warna cat rumah ini supaya terlihat kontras.

Kita juga bisa memilih untuk menggunakan warna merah maroon. Menerapkan warna yang senada seperti warna cat rumah pada furniture juga tidak menjadi masalah. Contohnya, memilih sofa warna merah untuk ruang tamu rumah.

Nuansa yang akan muncul pada saat kita menggunakan kombinasi warna-warna tersebut yaitu kesan yang lebih modern, cerah, dan colorful. Warna cat rumah ini juga bisa menjadi elemen halus apabila dipadukan dengan warna lain pada dekorasi, seperti menambahkan karpet di lantai.

Namun bagi sebagian orang, warna merah dianggap sebagai warna yang terlalu cerah dan berani. Ini menjadi sebab cukup banyak yang menghindari untuk menggunakan warna cat rumah yang satu ini. Ada satu aturan yang perlu kita perhatikan jika ingin memakai warna merah sebagai warna cat rumah bagian dalam, yaitu menghindari menggunakannya sebagai warna dominan karena warna merah bisa mengundang stres dan rumah juga bisa terasa lebih panas.

6. Warna Cat Abu Kombinasi

Warna Cat Rumah Bagian Dalam yang Cerah Beserta Gambar
Kode Warna: #808080 RGB 128 (rumah123.com)

Warna abu-abu merupakan warna yang cukup populer sebagai salah satu pilihan corak hunian di era modern ini. Hal ini dikarenakan abu-abu adalah warna yang memberikan kesan cerah dan minimalis sekaligus elegan pada hunian. Abu-abu juga termasuk warna yang bersifat netral, sehingga gampang untuk dipadukan dengan berbagai ragam corak lainnya untuk hunian.

Jika Grameds ingin menggunakan warna cat rumah bagian dalam abu-abu, jangan lupa untuk memadukannya dengan warna lain seperti putih ataupun hitam. Sehingga, kesan hunian ini tak monoton dan semakin hidup.

Warna cat abu dengan kombinasi merah dapat menjadi pilihan untuk Grameds yang ingin terlihat elegan dan santai tapi juga mengundang kecerahan. Akan tetapi, ada baiknya warna cat abu lebih dominan dibandingkan merah. Hal ini dimaksudkan supaya nuansa tenang tetap bisa terjaga.

7. Warna Cat Hijau

Warna Cat Rumah Bagian Dalam yang Cerah Beserta Gambar
Kode Warna: #00FF00 RGB 0 (mycolortopia.com)

Warna hijau merupakan warna yang sangat identik dengan pepohonan atau dedaunan. Warna ini bisa menonjolkan kesan yang segar dan harmoni sehingga warna cat rumah bagian dalam ini sangat tepat untuk diaplikasikan pada ruang yang menjadi tempat berkumpul seperti ruang makan ataupun ruang keluarga. Bahkan, cocok juga diaplikasikan untuk kamar tidur anak-anak.

Kita juga dapat memilih warna cat rumah warna hijau pastel, karena disebut-sebut sebagai warna yang menentramkan dan terasa homey. Warna cat rumah hijau membuat suasana di rumah lebih hidup dan memberikan kesan semangat pada pemiliknya. Kombinasikan cat dinding berwarna hijau dengan hiasan dinding yang berwarna terang seperti cokelat muda, orange muda, ataupun krem.

Warna cat rumah hijau yang identik dengan kesan tenang ini bisa tampil lebih berani apabila dihasilkan dari pola yang kuat. Warna ini juga bisa diaplikasikan di ruangan yang kita anggap terasa sempit. Warna cat rumah hijau lemon adalah warna cerah yang akan membuat hati penghuninya lebih tenang. Dengan melihat warna cat rumah yang cerah seperti ini, kita akan semakin bisa berkreasi dan produktif, entah dengan menambahkan bingkai foto pada dinding ataupun vas dengan bunga yang warna warni.

Rekomendasi Buku Tentang Warna Cat Rumah bagian dalam yang Cerah

Ada beberapa buku bacaan yang bisa Grameds baca tentang warna cat rumah bagian dalam yang cerah, berikut diantaranya yaitu:

1. Pintar Desain Arsitektur Ide Warna Rumah Gaya (2016) karya Anditya

Buku ini akan memberikan pemahaman dan pedoman yang lengkap kepada pembaca agar memahami prinsip warna dan bagaimana menerapkannya secara tepat untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

2. Home Ideas Kreasi Warna Interior Rumah Tinggal 1400 Desain Kombinasi Warna (2019) karya Dmaximus Arch

Buku ini menghadirkan inspirasi bagi kita untuk mengkombinasikan warna ruang-ruang dalam rumah. Lebih dari 1.400 kombinasi warna interior yang bisa kita buat dan coba.

3. Inspirasi Desain Pengembangan Rumah Tipe 21, 36, 45, 1 Lantai, dan Interior (2021) karya Adnan Tojoeng

Buku yang menawarkan pembacanya untuk mengembangkan desain rumah dan interior dengan ciamik.

Demikian artikel tentang warna cat rumah bagian dalam yang cerah beserta gambar, semoga bermanfaat ya Grameds!

BACA JUGA:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda