in

20 Rekomendasi Desain Kolam Ikan Kecil Depan Rumah Minimalis

unsplash.com

Kolam Ikan Depan Rumah Kecil Minimalis – Kolam ikan selalu identik dengan lahan yang luas dan besar. Mengingat kebanyakan rumah di kota besar berukuran sedang, banyak orang enggan memiliki kolam ikan di halaman rumahnya. Selain karena luas lahan yang tidak terlalu besar, mengurus kolam ikan juga dianggap sebagai hal yang merepotkan. Padahal percaya atau tidak, memiliki kolam ikan, melihat para ikan berenang, dan mendengar suara kecipak air menjadi salah satu cara yang baik untuk melepas penat setelah seharian beraktivitas di kota besar.

Selain itu, anggapan kolam ikan harus memiliki lahan yang besar juga sebenarnya tidak sepenuhnya benar. Memiliki lahan luas memang membuat kita lebih leluasa, namun kamu yang punya rumah kecil dengan lahan minimalis juga sebenarnya bisa banget lho membuat kolam ikan depan rumah kecil minimalis. Selain tidak membutuhkan banyak ruang, keberadaan kolam ikan di depan rumah juga membuat penampilan rumah kamu juga memiliki banyak keuntungan tidak terduga lho! Keuntungan seperti apa?

4 Keuntungan Memiliki Kolam Ikan Depan Rumah Kecil Minimalis

Kolam Ikan Depan Rumah Kecil Minimalis
unsplash.com

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, memiliki kolam ikan di depan rumah sebenarnya sangat menyenangkan. Kamu mungkin perlu membersihkan kolam ikannya sesekali, dan memberi makan ikan-ikan peliharaan kamu setiap hari. Meski sedikit repot, tidak banyak orang yang menyadari jika memiliki kolam ikan depan rumah kecil minimalis sebenarnya memiliki beberapa keuntungan. Keuntungan apa saja?

1. Meredakan stress akibat aktivitas yang padat

Tinggal di kota besar menuntut kita untuk selalu sibuk. Bangun pagi, terjebak kemacetan, bekerja atau sekolah, pulang saat matahari hampir tenggelam, kembali terjebak kemacetan, lalu pulang ke rumah saat hari sudah gelap. Kesibukan yang padat ini, kadang membuat kita merasa sangat stress. Untuk meredakannya, banyak orang memutuskan pergi berlibur ke luar kota, padahal liburan ke luar kota itu butuh budget yang besar banget lho! Buat kamu yang tidak memiliki budget besar, dan waktu terbatas, ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk healing meski hanya di rumah aja. Salah satu caranya adalah dengan melihat kolam ikan. Serius deh, melihat ikan-ikan berenang, ditambah suara kecipak ikan bisa membuat stress kita berkurang seketika.

2. Memberikan perasaan tenang di hati

Alam selalu sukses memberikan perasaan damai. Karena kamu tidak selalu bisa berkunjung ke tempat wisata bernuansa alam, kenapa kamu tidak menciptakan sedikit nuansa alam di rumahmu sendiri? Kamu bisa memanfaatkan lahan di halaman depan menjadi taman, dan agar tamannya semakin indah, kamu bisa membuat kolam ikan. Melihat tanaman hijau, plus suara gemercik air yang berasal dari kolam ikan akan memberikan perasaan tenang di hati kita.

3. Membuat penampilan rumah kita jadi semakin indah

Tidak dipungkiri, selain memberikan manfaat psikologis, keberadaan kolam ikan juga akan mempercantik rumah kita. Apalagi saat ini sudah banyak sekali desain kolam ikan depan rumah kecil minimalis di internet. Kamu bisa memilih salah satu desain yang ada, lalu membuatnya di rumah. Kolam akan semakin indah dengan ikan hias berwarna-warni, dan jangan lupa tambahkan beberapa tanaman di sekitar kolam kecilmu itu. Dijamin rumah yang tadinya terlihat begitu membosankan, akan terlihat jadi lebih estetik.

4. Memperkenalkan anak-anak kepada alam dan hewan

Memperkenalkan anak-anak dengan alam dan para hewan menjadi salah satu hal yang harus dilakukan sejak kecil. Dengan begitu, anak-anak akan belajar untuk menghargai dan menjaga alam. Salah satu cara yang paling mudah untuk melakukannya adalah dengan membuat mereka sering berinteraksi dengan alam, termasuk hewan-hewannya. Kalau kamu memiliki kolam ikan kecil, hal itu lebih bagus lagi. Anak-anak bisa berinteraksi dengan ikan-ikan hias yang tinggal di kolam, mulai dari bermain air hingga memberi makan ikan akan menjadi kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan bersama anak-anak.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membuat Kolam Ikan Depan Rumah Kecil Minimalis

Meski niatnya hanya ingin membuat kolam ikan berukuran kecil, bukan berarti pekerjaan ini bisa dilakukan asal-asalan ya! Supaya hasilnya maksimal, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan lebih dulu. Apa aja?

1. Memilih desain yang sesuai

Sebelum mulai membuat kolam ikan, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan desain kolam ikan yang kamu inginkan. Masalah desain ini sebenarnya bukanlah hal yang sulit untuk diselesaikan. Pasalnya, ada banyak desain kolam ikan yang bagus yang bisa kamu temukan, baik itu dari majalah atau internet. Namun desain bagus saja tidak cukup. Kamu juga harus memastikan desain kolam ikan yang kamu pilih sesuai dengan luas lahan yang ada. Bukan hanya itu, kamu juga harus memastikan bahwa bentuk kolam ikan yang akan kamu buat serasi dengan rumah kamu. Terakhir, sesuaikan desain kolam dengan jenis ikan yang kamu akan pelihara nantinya.

2. Ukuran kolam ikan

Selain desain, kamu juga wajib membuat kolam ikan yang ukurannya sesuai dengan lahan yang ada. Jika rumah kamu punya lahan luas, membuat kolam ikan berukuran besar memang tidak masalah. Tapi kalau yang kamu punya adalah lahan minimalis, kamu harus ekstra hati-hati dalam membuat kolam ikannya. Jangan sampai karena terlalu bernafsu membuat kolam ikan yang besar hingga mengganggu jalur aktivitas kamu. Selain itu, ukuran kolam ikan yang tidak tepat juga hanya akan membuat rumah kamu terlihat aneh. Kamu tidak mau itu terjadi kan?

3. Lokasi untuk membuat kolam ikan

Hal selanjutnya yang harus kamu perhatikan sebelum membuat kolam ikan adalah, lokasinya. Pilih lokasi yang paling sesuai denganmu. Kalau rumah kamu hanya memiliki lahan yang tidak terlalu besar, kamu bisa membuat kolam ikan di salah satu pojok halaman. Di mana pun itu, sebaiknya kolam ikan dibuat tidak terlalu jauh dari rumah kamu. Salah satu alasannya adalah untuk mempermudah kamu dalam memberi makan ikan-ikan tersebut. Oh ya, sebaiknya hindari membuat kolam ikan tepat di bawah pohon besar karena nantinya daun yang kering akan mengotori kolam ikan kesayangan kamu.

4. Bahan yang digunakan untuk membuat kolam ikan

Desain, ukuran, dan lokasi sudah aman. Sekarang giliran kamu menentukan bahan yang digunakan untuk membuat kolam ikan. Meski ukuran kolam ikan mungkin tidak terlalu besar, kamu tetap tidak boleh sembarangan dalam memilih bahan yang akan digunakan. Pilih bahan yang kuat, dan anti bocor agar kelak tidak cepat rusak dan merepotkan kamu. Kalau kamu memiliki pengalaman dalam membuat kolam ikan, hal ini mungkin bukan masalah karena toh kamu tahu bahan apa yang kamu butuhkan untuk membuat sebuah kolam ikan yang sempurna. Jika tidak, ada baiknya untuk menyewa tukang yang sudah berpengalaman. Keluar uang sedikit tidak masalah, asalkan hasilnya bagus.

5. Filter air yang akan digunakan

Filter air sangat penting fungsinya bagi sebuah kolam ikan. Keberadaan filter air akan membuat kolam ikan kesayangan kamu tetap bersih sepanjang waktu. Jadi pastikan kamu memilih filter yang sesuai dengan karakteristik kolam ikan yang akan kamu buat. Lagi-lagi untuk urusan filter satu ini, kamu sebaiknya berkonsultasi dengan ahlinya terlebih dahulu sebelum membeli. Jelaskan desain, ukuran, dan lokasi tempat kamu akan membuat kolam ikan. Tukang yang mengerti pasti bisa membantu kamu dalam memilih filter yang tepat untuk kolam ikan kamu.

6. Pilih dekorasi yang tidak berlebihan

Tidak dipungkiri, dekorasi seperti batuan memang bisa membuat penampilan kolam ikan kamu terlihat semakin menarik. Namun pastikan juga dekorasi ini tidak akan merepotkan kamu saat membersihkannya kolam nantinya. Jadi daripada kamu kerepotan, lebih baik pilih dekorasi yang cantik namun juga simpel sehingga mudah dibersihkan ketika kolam ikan kotor.

7. Perawatan kolam

Banyak orang hanya senang membuat atau melihat kolam ikannya, namun malas ketika disuruh membersihkan. Padahal, sama seperti kandang pada hewan darat, kolam yang merupakan rumah bagi para ikan juga perlu dibersihkan sesekali ketika kotor. Pasalnya, kolam yang kotor bukan cuma membuat kolam ikan kamu tampak jelek dan kumuh, tetapi juga mengganggu para ikan yang tinggal di dalamnya. Kamu tidak mau kan, ikan-ikan kesayangan kamu mati tiba-tiba? Jika iya, kamu harus rajin membersihkan kolam ikan. Bukan hanya kolamnya, dekorasi yang ada di kolam juga harus diperhatikan agar kolam terlihat menarik.

8. Saluran pembuangan

Jangan cuma memperhatikan desain atau dekorasinya, kamu juga harus memperhatikan hal-hal kecil seperti saluran pembuangan. Kenapa saluran pembuangan itu penting karena erat kaitannya dengan proses perawatan. Ketika membersihkan kolam, kamu tentu perlu mengganti air kolam yang keruh dengan air yang baru. Saluran pembuangan dibuat agar proses pembuangan air bisa dilakukan dengan mudah.

9. Jenis ikan yang kamu pelihara

Kolam ikan sudah beres, sekarang giliran kamu memilih jenis ikan yang akan dipelihara. Kebanyakan orang biasanya memilih untuk memelihara ikan hias. Kamu bisa memilih ikan hias air tawar atau air asin. Selain ikan hias, kamu juga bisa menggunakan kolam untuk berternak ikan. Namun khusus untuk yang satu ini, kamu harus lebih dulu menyesuaikannya dengan desain kolam.

10. Fasilitas penunjang untuk kolam

Bukan hanya manusia yang senang diberi beragam fasilitas, para ikan ternyata juga sama lho! Meski fasilitas bukan hal yang sangat penting, namun adanya fasilitas seperti tanaman air tawar, dan tempat bermain untuk ikan akan sangat baik. Keberadaan tanaman air tawar misalnya, membantu membersihkan kolam secara alami. Keberadaan tanaman ini sangat berguna, terutama kalau kamu adalah orang yang sibuk sehingga tidak bisa sering-sering meluangkan waktu untuk membersihkan kolam. Tanaman air tawar akan menyaring kotoran di air dan membuat kolam ikan jadi lebih bersih. Meski begitu, tetap saja kamu harus membersihkan kolam ikan untuk sesekali agar kolam terlihat baik, dan ikan-ikan bisa hidup dengan nyaman.

Tips Merawat Kolam Ikan Depan Rumah Kecil Minimalis

Kolam Ikan Depan Rumah Kecil Minimalis
pexels.com

Setelah kolam ikan jadi dan terisi, bukan berarti kamu bisa lepas tangan begitu saja. Kolam ikan juga perlu dirawat agar ikan-ikan yang hidup di dalamnya bisa tetap sehat. Dan yang namanya merawat, tidak melulu soal membersihkan kolam saja. Berikut beberapa tips merawat kolam ikan depan rumah kecil minimalis yang perlu kamu ketahui!

1. Jaga agar populasi ikan tetap seimbang

Kolam yang diisi oleh banyak jenis ikan memang bagus, apalagi kalau ikan yang dipelihara memiliki warna yang beragam. Tapi tentu saja, jumlah ikan juga harus disesuaikan dengan ukuran kolamnya. Jangan sampai ikan yang kamu pelihara jumlahnya terlalu banyak. Hal ini tidak baik untuk kesehatan ikan, bukannya bagus, populasi ikan yang berlebihan beresiko membuat ikan mati.

2. Hindari memberi makan ikan berlebihan

Ikan memang membutuhkan makan, tetapi bukan berarti kamu bisa memberikan mereka makan secara berlebihan. Sebaiknya berikan ikan makan sehari satu kali, dan jangan berikan ikan makan terlalu banyak. Pasalnya, makanan ikan yang tidak termakan akan busuk. Jika makanan yang busuk hanya satu dua sih mungkin tidak masalah, tetapi jika terlalu banyak, hal itu lama-lama akan mempengaruhi kualitas air di kolam. Air kolam bisa kotor, berbau, tidak enak dipandang, dan jelas-jelas tidak sehat untuk ikan.

3. Juga hindari menempatkan terlalu banyak tanaman

Tanaman memang membuat penampilan kolam ikan kamu jadi lebih menarik. Tetapi menempatkan terlalu banyak tanaman di sekitar kolam ikan juga tidak baik. Salah satu alasannya karena tanaman akan membuat ikan kesulitan mendapatkan oksigen. Kamu perlu tahu bahwa pada malam hari, tanaman di sekitar kolam ikan akan mengeluarkan karbondioksida dan menyerap oksigen. Terlalu banyak tanaman di sekitar kolam akan membuat jatah oksigen untuk ikan diambil oleh tanaman. Akibatnya, ikan akan kesulitan mendapatkan oksigen dan mati jika dibiarkan terlalu lama.

4. Jangan lupa untuk menjaga agar suhu air tidak terlalu panas

Bukan cuma soal kebersihan, suhu air juga tidak boleh luput dari perhatian kita. Saat puncak musim panas, suhu air juga akan ikut meningkat, dan ini membuat para ikan tersiksa. Ini karena ketika suhu air di kolam meningkat, para ikan akan kesulitan mendapatkan pasokan oksigen. Untuk menyiasatinya, kamu bisa menanam beberapa tanaman air di sekitar kolam. Tanaman air membantu melindungi air dan ikan dari sengatan matahari langsung. Alhasil, suhu aIr di kolam akan sedikit lebih sejuk dan aman untuk kawanan ikan.

5. Bersihkan kolam secara rutin

Kamu mungkin sudah memasang tanaman air dan filter. Tetapi tidak berarti kamu bisa abai dengan kebersihan kolam ikan di halaman rumah. Bagaimanapun, kolam ikan yang bersih bukan hanya baik untuk kesehatan ikan, tapi juga enak untuk dilihat. Bayangkan jika kolam ikan depan rumahmu kotor dan penuh sampah. Sudah tidak enak dilihat, aromanya tidak sedap, dan ikan-ikan juga akan sengsara tinggal di sana. Jadilah orang yang bertanggung jawab, sekali kamu memutuskan untuk memelihara mereka, maka kamu juga harus memperhatikan mereka mulai dari soal makanan, sampai kebersihannya. Jadi mulai sekarang, jangan malas lagi untuk membersihkan kolam ikan ya!

20 Desain Kolam Ikan Depan Rumah Kecil Minimalis

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, desain kolam ikan itu penting. Bukan hanya dari segi estetika, tapi juga desain kolam sangat berpengaruh bagi ikan-ikan yang tinggal di dalamnya. Kamu yang memiliki rencana untuk membuat kolam ikan, tapi masih bingung dengan desainnya, berikut 20 desain kolam ikan depan rumah kecil minimalis yang bisa kamu jadikan referensi!

Kolam Ikan Depan Rumah Kecil Minimalis
pinterest.com
Kolam Ikan Depan Rumah Kecil Minimalis
trendir.com
Kolam Ikan Depan Rumah Kecil Minimalis
trendir.com
Kolam Ikan Depan Rumah Kecil Minimalis
boomerangazart.com
Kolam Ikan Depan Rumah Kecil Minimalis
pinterest.com
Kolam Ikan Depan Rumah Kecil Minimalis
pinterest.com
pinterest.com
pinterest.com
pinterest.com
pinterest.com
pinterest.com
pinterest.com
pinterest.com
pinterest.com
pinterest.com
pinterest.com
pinterest.com
pinterest.com
pinterest.com
pinterest.com

Nah itu tadi, 20 desain kolam ikan depan rumah kecil minimalis yang bisa kamu jadikan referensi dalam membuat kolam ikan di rumahmu sendiri. Jangan lupa untuk merawat kolamnya ya!

Buat para Grameds yang mau mempelajari semua hal tentang perawatan kolam ikan dan sebagainya, kamu bisa banget mengunjungi www.gramedia.com. Di sini, kamu bisa mendapatkan berbagai buku seputar cara merawat kolam ikan dan ilmu pengetahuan lainnya. Sebagai #SahabatTanpaBatas, kami selalu berusaha untuk menyediakan informasi terbaik dan terbaru untuk kamu.

Penulis: Siti Marliah

BACA JUGA:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda