in

Daftar Warna Earth Tone dan Inspirasi Hunian Dengan Warna Bumi

Mungkin saja kamu pernah mendengar yang namanya earth tone atau warna bumi, tapi tidak tahu apa saja yang termasuk warna earth tone? Sesuai dengan namanya, warna earth tone itu adalah warna yang berasal dari macam-macam elemen yang ada di bumi, seperti pohon, batu, laut, dan juga tanah. Misalnya saja warna abu-abu diambil dari warna bebatuan, warna hijau diambil dari warna pohon yang ada di hutan, dan warna biru diambil dari warna lautan.

Umumnya, warna earth tone ini kerap dikombinasikan dengan sesama warna earth tone lainnya dan menghasilkan kesan yang simpel dan santai. Selain itu, earth tone sekarang ini sedang menjadi salah satu warna yang ngetren di masyarakat. Nah, apakah kamu penasaran, apa saja sih yang termasuk ke dalam warna earth tone? Yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Daftar Warna Earth Tone

Berikut ini adalah daftar warna earth tone yang perlu kamu pahami, diantaranya yaitu:

1. Tan Palette Color

Warna tan adalah salah satu varian warna yang termasuk ke dalam warna coklat. Sesuai dengan namanya, warna yang satu ini adalah warna yang hampir menyerupai warna beige dan juga turunannya, tapi cenderung lebih gelap saja. Warna-warna ini tercipta dari warna permukaan tanah, pasir, batang dari tumbuh-tumbuhan, dan juga kayu. Tan adalah salah satu warna yang sangat cocok untuk digunakan pada desain interior ruang tamu, kamar tidur, dan juga ruang keluarga.

99% Menguasai Tes Buta Warna

2. Yellow Color Palette

Warna kuning atau kuning tua biasanya bisa kita temukan di dalam tumpukan mineral besi yang sudah terbentuk. Dimana warna kuning tua ini terbentuk secara alami karena adanya zat besi yang sudah teroksidasi. Selain itu, warna yang satu ini juga mudah sekali menempel dan tidak mudah luntur.

3. Grey Blue-ish Color Palette

Warna selanjutnya adalah warna abu-abu biru yang merupakan salah satu warna dengan cool-undertone yang mana biasanya diambil dari warna bebatuan. Ada pula warna-warna batuan yang mempunyai sentuhan warna biru seperti benitoite, glaucophane, dan juga celestine. Sementara itu, warna abu-abu yang kebiruan ini sangat cocok untuk diaplikasikan ke berbagai jenis ruangan seperti kamar tidur, ruang keluarga, dan juga ruangan lainnya.

4. Terracotta Color Palette

Warna terracotta ini belum lama ini pernah menjadi tren dan hingga sekarang masih sering digunakan oleh banyak orang. Dimana warna yang satu ini mempunyai warm undertone dengan warna yang agak sedikit oranye dan sedikit merah di dalamnya. Selain itu, warna ini juga terinspirasi dari warna tanah liat. Warna ini sangat cocok untuk diaplikasikan di ruangan keluarga bila kamu menginginkan tipe ruangan dengan suasana yang cerah dan hangat.

5. Forest Green Color Palette

Warna earth tone selanjutnya adalah warna hijau. Earth tone yang satu ini diambil dari warna-warna yang ada di hutan. Dimana warna hijau mempunyai varian warna yang berbeda-beda, mulai dari warna yang gelap hingga warna yang cerah.

6. Sage Green Color Palette

Berbeda dengan warna hijau di atas, warna yang satu ini diambil dari salah satu jenis herbal yang daunnya berwarna hijau keabuan. Salah satu jenis tanaman herbal ini seringkali ditemukan di masakan Eropa Selatan dan juga Mediterania. Warna sage green ini sangat cocok untuk diaplikasikan di ruangan keluarga, dapur, dan juga kamar tidur.

7. Taupe Color Palette

Mungkin, warna yang satu ini tergolong cukup mirip dengan warna coklat. Akan tetapi bedanya yaitu warna coklat ini memiliki sedikit sentuhan warna abu-abu. Warna coklat keabuan ini akan memberikan kesan yang tenang dan santai. Sangat cocok untuk digunakan sebagai warna ruangan keluarga dan juga kamar tidur.

8. Purple Color Palette

Warna earth tone yang mencakup warna-warna ungu biasanya terinspirasi dari warna tumbuhan sejenis Purple Shamrock atau yang dikenal dengan nama berlian Sakura. Dimana warna yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang ingin tampil dengan outfit cerah namun tetap terlihat elegan.

9. Burnt Sienna

Warna sienna merupakan warna coklat kemerahan yang berasal dari pigmen tanah yang mengandung besi oksida dan juga mineral mangan. Saat dipanaskan, warna sienna ini akan semakin menggelap. Jadi, akan menciptakan efek terbakar. Waran inilah yang kemudian disebut dengan warna burnt sienna. Dimana warna ini juga termasuk ke dalam warna tanah liat dan juga terracotta. Warna burnt sienna ini sangat cocok untuk dikombinasikan dengan warna coklat, hijau, dan juga krem yang tidak terasa berat secara visual. Selain bisa dijadikan sebagai warna untuk ruangan kerja, warna ini juga sangat cocok untuk diaplikasikan di ruangan makan.

Dc - Kreatif Mengenal Warna

Rekomendasi Warna Earth Tone Untuk Hunian

Seperti yang kita ketahui bahwa warna earth tone menjadi sangat tren dan diminati oleh banyak kalangan karena sifatnya yang hangat dan netral. Selain itu, pilihan warna yang tersedia juga beragam, karena alam mempunyai spektrum warna yang sangat luas. Kehadiran warna ini menjadi inspirasi dalam menata tempat tinggal yang modern agar menciptakan kesan hangat, nyaman, dan juga santai.

Alam tidak hentinya memberikan kejutan kepada manusia. Tampilannya yang sangat indah, saling menyatu, menenangkan, dan juga penuh dengan warna. Kita bisa menemukan berbagai warna alam seperti yang sudah kita bahas sebelumnya. Dimana warna-warna tersebut berasal dari alam yang ada di sekitar kita.

Gabungan dari warna-warna earth tone bisa menciptakan suasana yang aman, hangat, ramah, dan juga kuat. Dengan perpaduan yang tepat, maka warna earth tone akan membuat desain interior hunian terkesan lebih nyaman dan memanjakan mata. Berikut ini adalah beberapa warna earth tone yang cocok untuk hunian.

1. Tan

Tan merupakan salah satu warna yang termasuk ke dalam warna coklat. Dimana warna yang satu ini seringkali disamakan dengan warna beige, padahal pada kenyataannya warna tan ini cenderung lebih coklat. Di alam, tan seringkali kita temukan pada pasir, tanah, dan juga batang pohon atau tumbuhan. Warna yang satu ini sangat cocok untuk diaplikasikan ke dalam ruang tamu, ruang keluarga, home office, dan juga kamar tidur.

Berbagai warna tan yang ada di dalam satu ruangan akan memberikan kesan kedalaman warna seperti gambar di atas. Sofa besar, dinding, dan juga gorden mempunyai warna tan dengan variasi kecerahan yang berbeda-beda. Sofa dengan warna abu-abu hangat juga sangat pas untuk konsep ruangan tersebut. Ditambah lagi, sarung bantal yang berwarna teal terlihat sangat kontras namun tidak mengganggu tampilan dari ruangan itu sendiri.

Selain itu, ruang tidur di atas juga bisa menjadi inspirasi untuk kamu yang ingin menggunakan konsep ruangan dengan warna tan. Tembok dengan warna tan pucat menyatu dengan pintu dan juga jendela yang berwarna putih. Selain itu, yang tidak kalah menarik adalah lemari dan juga sofa yang berwarna hijau abu, dimana hal itu membuat ruangan menjadi semakin terpancar. Kemudian cermin yang berwarna tan namun lebih gelap, karpet, dan juga pajangan dinding dengan warna senada membuat kamar ini semakin terlihat lembut dan nyaman. Tambahan warna hijau dan juga ungu dari vas bunga semakin menambah kesegaran suasana kamar, terutama ketika pagi hari. Warna tan ini biasanya sangat cocok untuk dikombinasikan dengan warna abu-abu hangat, hijau, oranye, ungu, kuning, biru, dan juga blue gray.

2. Terracotta

Beberapa waktu belakangan, terracotta banyak digunakan sebagai warna favorit produk dekorasi dan juga cat rumah. Warnanya sendiri termasuk ke dalam variasi warna perunggu dengan sifat coklat yang sedikit agak oranye dan sedikit merah. Pigmen dari terracotta ini biasanya ditemukan pada tanah liat.

Kamar tidur dengan warna dinding terracotta ini terlihat semakin unik dengan adanya lampu tidur dengan warna yang senada. Hiasan dinding yang minimal juga tidak akan membuat ruangan ini terasa sesak. Kemudian selimut yang berwarna coklat akan memberi kedalaman yang selaras dengan warna temboknya. Lalu karpet krem juga akan memberikan tekstur ruangan ini terkesan bebas dari kesan polos, terlebih lagi coraknya yang berwarna-warni seperti batu permata. Warnanya yang hangat akan memberikan kesan lembut di pagi hari dan mengantarkan pemiliknya ke mimpi yang indah.

Apakah kamu akan mengira bahwa gambar di atas adalah ruangan dapur? Dapur ini terlihat lebih modern dan kekinian karena pilihan catnya yang konsisten. Dari mulai tembok, pintu, rak, dan juga countertop, hingga beberapa kabinet terlihat sangat seragam. Selain itu, yang membuatnya semakin menarik adalah adanya corak dan juga tekstur dari tanaman dan juga potnya. Warna hijau tampil sangat kontras dengan porsi yang seimbang. Lantai serta plafon yang berwarna abu-abu juga membuat kesan alaminya semakin kuat.

Apabila kamu ingin menggunakan warna yang satu ini sebagai pilihan untuk dekorasi selanjutnya, maka pertimbangkan untuk menggunakan keramik, cat, tegel, ataupun kain. Warna terracotta ini akan menghasilkan kesan yang berani, modern, elegan, dan juga menenangkan. Selain itu, warna ini juga sangat serasi dengan kelompok warna putih, hijau, krem, biru, merah muda, coklat, abu-abu, dan mustard.

3. Yellow Ocher

Yellow ocher atau yang bisa juga disebut kuning tua merupakan warna earth tone yang terinspirasi dari tumpukan mineral besi yang sudah terbentuk. Oker ini merupakan pewarna alami yang berasal dari tanah liat yang berpigmen hematit atau mineral yang berwarna kemerahan dengan kandungan zat besi yang sudah teroksidasi. Untuk sifatnya sendiri mudah menempel di permukaan apa saja dan tidak mudah luntur. Biasanya, oker akan menghasilkan warna kemerahan dan kuning.

Ruangan diatas bernama Ochre Room, yang mana ruangan tersebut sangat jelas memiliki cat kuning tua. Oker dikombinasikan dengan perabotan yang berwarna putih, coklat, dan juga merah yang membuatnya semakin terlihat elegan dan klasik.

Dapur yang satu ini menampilan kesan yang sangat hangat karena dipadukan dengan warna kuning tua. Selain itu rak dapur, jendela, dan juga tempatnya diwarnai dengan kuning tua separuh ke atas. Kemudian kabinet dengan warna abu-abu, sementara lantai berwarna tone charcoal, berhasil menjadikan dapur semakin tampak harmonis. Ruangan ini merepresentasikan pilihan warna Pantone 2021 yakni kuning dan juga abu-abu. Akan tetapi, warna kuning ini lebih spesial karena warnanya yang berasal dari pigmen yang paling tua sejak zaman nenek moyang. Untuk sifatnya sendiri netral dan memberi nuansa earthy. Warna yellow ocher ini sangat cocok untuk dipadukan dengan warna abu-abu, ungu, blush pink, biru dongker, magenta, teal, dan juga burgundy.

4. Gray-Blue

Gray-blue merupakan warna biru dengan undertone abu-abu yang terinspirasi dari warna batuan. Batu yang memiliki corak biru dan abu-abu misalnya benitoite, celestine, dan lain sebagainya. Tampilannya cenderung lebih dingin dibandingkan dengan warna earth tone lain. Warna ini sangat cocok untuk diaplikasikan ke berbagai jenis ruangan.

Kamar tidur dengan gaya vintage ini terlihat sangat nyaman dan menenangkan. Tembok dengan cat warna gray-blue ini menandakan bahwa pemiliknya ingin menjaga tampilan kamar agar terlihat tetap kalem dan minimalis. Sementara itu, cat plafon dan jendela, warna bedcover, sarung bantal, sampai coffee table seragam dengan warna putih karena memang gray-blue ini sangat serasi bila dikombinasikan dengan warna putih.

Konsep dari ruangan laundry ini juga mengusung konsep kamar tidur di atas. Dimana kabinet yang ada di cat dengan warna gray-blue kemudian dikombinasikan dengan countertop berwarna putih. Kemudian dinding dari keramik marmer membuat tampilannya semakin apik dan elegan. Tentunya, konsep di atas sangat menarik untuk ide proyek kabinet kamu.

Hampir semua warna bisa dikombinasikan dengan warna gray-blue ini. Mulai dari hijau hangat, ungu, pink, merah, abu-abu, biru, dan juga oranye juga bisa dikombinasikan dengan warna ini. Kamu juga bisa menerapkan gray-blue di ruangan mana saja, termasuk juga kamar tidur anak.



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Lely Azizah