in

Inilah Perbedaan Jacuzzi dan Hot Tub Serta Manfaatnya

unsplash.com

Pengertian Jacuzzi

Perbedaan Jacuzzi dan Hot Tub
unsplash.com

Perbedaan Jacuzzi dan Hot Tub

Jacuzzi adalah sebuah kolam besar yang menggunakan sistem jet bawah air untuk memijat tubuh.

Suasana hangat dan nyaman berendam di dalam kolam yang bergerak seolah memijat di setiap bagian tubuh yang terendam di dalamnya. Jacuzzi dapat ditemukan di hotel maupun tempat spa. Karena harganya yang cukup mahal membuat kolam ini hanya dimiliki oleh orang-orang tertentu saja.

Kolam Jacuzzi mempunyai ukuran yang beragam, yaitu mulai dari untuk satu orang hingga berukuran besar yang dapat menampung empat orang sekaligus. Selain itu, Jacuzzi juga mempunyai fitur yang sangat bervariatif. Semakin mahal harga kolam tersebut, maka fitur yang ditawarkan juga akan semakin melimpah.

Pada kolam Jacuzzi, ada penambahan air yang menyembur dan menghasilkan gelembung-gelembung. Sehingga suasana menjadi lebih merelaksasi pikiran.

Penggunaan kolam Jacuzzi bisa kapan saja, baik pada musim penghujan maupun musim kemarau. Untuk rumah dengan lahan yang terbatas, kola mini sangat cocok diterapkan. Sehingga meskipun sempit, area ini bisa menjadi tempat yang nyaman untuk berelaksasi.

[algolia_carousel]

Pengertian Hot Tub

Perbedaan Jacuzzi dan Hot Tub
unsplash.com

Hot Tub awalanya adalah bak mandi kayu yang berbentuk tong dan diisi oleh air panas, seiring berkembangnya teknologi, produsen hot tub mulai mengembangkan bak mandi dengan bahan kaca fiber atau sering disebut termoplastik, karena lebih murah.

Bak mandi ini biasanya ditanam dalam tanah dan disebut dengan spa.. Kebanyakan orang-orang barat menggunakan hot tub untuk menghangatkan diri saat musim dingin.

Material kayu pada bak mandi akan menjaga temperatur air panas, sehingga akan tetap hangat ketika berendam di dalam bak mandi air panas.

Hot tub kemudian menjadi salah satu tren bersosialisasi, karena bisa digunakan untuk berendam santai sambil mengobrol bersama teman. Satu hot tub biasanya dapat diisi 4-11 orang dewasa, tergantung ukuran hot tub tersebut.

 

Perbedaan Jacuzzi dan Hot Tub

Perbedaan Jacuzzi dan Hot Tub
unsplash.com

Jacuzzi

  • Sebuah merek terkenal yang memproduksi hot tub maupun whirpool
  • Pertama kali memproduksi kolam berendam pada tahun 1968
  • Pada penemuan awal, hot tub menggunakan pemanas berbahan kayu tanpa adanya penyaringan. Sehingga air yang keluar berwarna keruh

Hot Tub

  • Jenis kolam berendam yang awalnya terbuat dari kayu
  • Popular pertama kali tahun 1960-an
  • Terdiri dari berbagai jenis kolam, yang terkenal yaitu kolam berendam dengan mesin jet serta lengkap dengan penyaringnya

Manfaat dan Fungsi Kolam Jacuzzi

Manfaat dan Fungsi dari kolam Jacuzzi antara lain sebagai berikut :

1. Menghilangkan stress

Berendam di kolam hangat seperti di dalam Jacuzzi akan memberikan efek hydrotherapy. Efek ini dapat memberikan sensasi yang membuat pikiran akan terasa rileks. Sehingga stress akan berkurang.

2. Mengurangi nyeri otot dan pegal-pegal

Nyeri otot maupun pegal-pegal biasanya disebabkan karena dua hal, yaitu aktivitas fisik yang berlebih dan juga stres. Salah satu cara terbaik untuk meredakan nyeri otot menurut para ahli adalah dengan terapi panas dingin dan diselesaikan dengan berendam di dalam Jacuzzi.

Dimulai dengan mengoleskan kompres dingin ke area yang sakit dan membiarkan selama 20 menit. Ini akan membantu meredakan rasa nyeri dan membantu mengurangi peradangan serta pembengkakan.

Dengan berendam di dalam jacuzzi akan membantu melemaskan otot yang tegang dan menghilangkan perasaan pegal yang mengganggu.

3. Melancarkan peredaran darah

Berendam di dalam Jacuzzi dapat membantu mengendurkan otot yang kaku. Secara tidak langsung, hal ini dapat membantu peredaran darah agar lancar. Berendam dalam waktu selama setengah jam setiap harinya akan membantu melancarkan peredaran darah di dalam tubuh.

4. Memperbaiki kualitas tidur

Karena adanya efek hydrotherapy yang dihasilkan dari berendam di dalam Jacuzzi maka tingkat stress juga berkurang. Apabila kadar hormone kortisol penyebab stress berkurang, kualitas tidur pun menjadi lebih baik. tidur di malam hari akan merasa lebih nyenyak dan bangun tidur akan lebih segar.

5. Meringankan nyeri tulang dan sendi

Berendam di dalam Jacuzzi dengan menggunakan air hangat dapat membantu mengurangi beban yang muncul pada persendian. Sendi yang rileks secara otomatis akan membuat rasa nyeri pada persendian menjadi berkurang sekaligus juga membantu meringankan rasa nyeri pada tulang.

6. Menjaga kesehatan jantung dan mengontrol tekanan darah

Peredaran darah yang lancar secara otomatis akan membuat tekanan darah menjadi menjadi lebih stabil dan kesehatan jantung akan terjaga dengan baik.

7. Menurunkan rasa cemas

Dengan berendam minimal 30 menit dapat menurunkan rasa cemas yang kita miliki. Hal ini sangat baik dilakukan apabila sedang menghadapi banyak masalah.

8. Memberikan sensasi pijatan

Secara umum bagian dasar Jacuzzi bathtub akan dilengkapi dengan aerator yang mempunyai fungsi memberikan sensasi pijatan di telapak kaki. Sensasi pijatan ini yang akhirnya mampu membuat tubuh menjadi lebih rileks serta terhindari dari kondisi stress.

9. Membersihkan kulit

Air bersuhu tinggi dipercaya mampu membuka pori-pori kulit. Sehingga, kotoran yang menempel juga akan terangkat dan permukaan kulit menjadi bersih. Jacuzzi merupakan alternatif yang patut dicoba, terutama apabila tinggal di kota besar yang rawan polusi.

10. Menghindari penuaan dini

Terkadang di tengah tingginya tuntutan pekerjaan serta padatnya aktivitas sehari-hari membuat pikiran menjadi penat, ada kemungkinan stress semakin meningkat yang nantinya dapat memicu garis kerutan sebagai tanda penuaan dini. Maka, berendam sejenak dalam Jacuzzi dapat membantu lebih rileks dan santai.

Perbedaan Jacuzzi dan Hot Tub

Manfaat dan Fungsi Hot Tub

Manfaat dari hot tub antara lain sebagai berikut :

1. Meningkatkan sistem kardiovaskular

Air yang dipanaskan akan meningkatkan curah jantung, karena aliran darah bergeser ke pembuluh darah utama. Berendam air hangat menurut para peneliti mempunyai banyak manfaat bagi sistem kardiovaskular, sehingga hot tub mempunyai signifikan klinis sebagai alternatif untuk latihan olahraga.

2. Membantu persendian yang kaku

Berendam dalam air hangat dapat mengendurkan persendian yang kaku dan otot sakit. Panas dari air juga memperluas pembuluh darah dimana memungkinkan darah, oksigen dan nutrisi memperbaiki jaringan yang rusak.

Peningkatan sirkulasi ini yang akan membuat persendian dan otot menjadi lebih baik dengan proses yang cepat.

3. Meningkatkan kualitas tidur

Berendam di dalam hot tub selama satu atau dua jam sebelum tidur dapat memperbaiki tidur yang berkualitas. Para peneliti menemukan, selain meningkatkan kualitas tidur berendam air hangat menjelang tidur juga dapat membuat seseorang rata-rata tertidur 10 menit lebih cepat.

[algolia_carousel page=2]

4. Meningkatkan metabolisme

Selain dengan olahraga dan mengonsumsi makanan sehat, berendam dalam air hangat dapat membantu memperbaiki kesehatan. Berendam air hangat juga membantu mengurangi peradangan kronis tingkat rendah pada sekelompok orang yang mempunyai kelebihan berat badan.

Selain itu dapat mengurangi kadar gula darah puasa atau fasting blood sugar (FBS) dan insulin. Sehingga air panas dapat memicu respons inflasi akut yang bermanfaat meningkatkan produksi oksida nitrat-zat dengan membantu aliran darah serta membawa glukosa ke seluruh tubuh.

5. Menurunkan tekanan darah dan mengurangi stress

Berendam air panas dapat mengurangi stress serta menurunkan tekanan darah. Hal ini dilakukan saat mengalami hari buruk atau stress yang dapat meningkatkan tekanan darah untuk sementara.

Tekanan darah sistolik rata-rata akan menurun 11,596 mmHg dan tekanan darah diastolic menurun 25,826 mmHg setelah berendam.

Tekanan darah sistolik merupakan tekanan saat jantung memompa darah ke seluruh tubuh, sedangkan tekanan darah diastolik merupakan tekanan saat jantung dalam kedaan rileks serta mengisi ulang bilik-biliknya dengan darah.

Daftar Harga Kolam Jacuzzi

Perbedaan Jacuzzi dan Hot Tub
unsplash.com

Karena banyaknya manfaat yang diberikan oleh aktivitas berendam di Jacuzzi, tidak ada salahnya apabila ingin mempunyai sebuah Jacuzzi di dalam rumah. Berikut ini daftar harga kolam Jacuzzi terbaru 2021 :

  1. VR Bathtub Long Jordan dan Whirpool Jacuzzi Rp. 5.985.000
  2. Bathtub Brazilia Jacuzzi Rp. 7.500.000
  3. Bathtub Standing type Giovanca dan mesin Jacuzzi Rp. 9.400.000
  4. Bathtub Spa Jacuzzi Marble Annize Rp. 17.273.000
  5. VR Bathtub Standing Oshin Whirpool Jacuzzi Rp. 23.970.000
  6. American Standard Bathtub Spa Acacia Rp. 81.000.000

Perbedaan Jacuzzi dan Hot Tub

Keuntungan Mempunyai Jacuzzi di Rumah

Keuntungan mempunyai jacuzzi di rumah sebagai berikut :

1. Dapat dipindah-pindah

Pemilik rumah biasanya akan bingung menentukan Jacuzzi dan hot tub jenis apa yang cocok untuk mereka. Apakah akan ditempatkan di dalam ruangan atau di luar ruangan bahkan biasanya ingin memiliki dua-duanya. Dengan memiliki Jacuzzi dan hot tub portable maka tidak perlu bingung untuk menempatkan dimana.

Apabila ingin menikmati waktu sendiri atau cuaca di luar sedang turun hujan maka dapat berendam di dalam rumah. Selain itu, juga dapat berendam sambil berjemur dan merasakan udara segar, maka dapat memindahkan Jacuzzi ataupun hot tub ke halaman rumah.

Karena portable dapat mengatur posisi untuk mendapatkan spot terbaik dalam menikmati pemandangan yang indah. Hal ini juga dapat dikempiskan setelah menggunakan dan disimpan pada kantongnya. Jadi tetap membuat ruangan dan halaman rumah menjadi tetap rapi.

2. Harga yang terjangkau

Harga Jacuzzi dan hot tub mempunyai harga yang beragam, tergantung dengan kapasitas dan spesifikasinya. Semakin besar kapasitas maka semakin mahal.

Mempunyai Jacuzzi portable memang menguntungkan dibandingkan dengan membuat Jacuzzi permanen sendiri atau menginap di villa maupun hotel bintang lima.

Hal ini juga bisa menjadi sebuah investasi karena dapat berendam kapan pun tanpa perlu mengeluarkan biaya sewa hotel atau biaya perawatan.

3. Berbagai pilihan ukuran dan model

Bentuk dari Jacuzzi dan hot tub ini mempunyai beragam ukuran sesuai dengan kapasitas orang di dalam tersebut. Bentuknya pun beragam mulai dari bulat, persegi dan persegi panjang

Untuk keluarga kecil biasanya menggunakan yang berukuran 72 inci untuk kapasitas 2-4 orang. Apabila ingin mengajak teman-teman berendam maka dapat memilih ukuran 84 inc dengan kapasitas 4-6 orang.

4. Mudah dipasang dan didekorasi

Pemasangan Jacuzzi portable ini tidak memerlukan tenaga profesional maupun tukang. Hanya perlu mengikuti instruksi yang tertera pada produk Jacuzzi portable yang dibeli.

Selain itu, apabila bentuk Jacuzzi masih membosankan dapat mendekorasi Jacuzzi tersebut.

Pemilik juga dapat membuat instalasi deck kayu, deck ini bisa menjadi tempat untuk menyimpan makanan dan minuman. Agar lebih teduh, dapat menempatkan Jacuzzi portable di bawah kanopi yang sudah dihias terlebih dahulu. Atau untuk mempermanis dapat melapisi Jacuzzi dengan sarung bermotif dan menambahkan bantalan lucu untuk bersandar.

5. Sebagai relaksasi dan rekreasi

Berendam di Jacuzzi merupakan waktu di mana dapat berelaksasi dan melepaskan dari stress. Teknologi yang ada di Jacuzzi memberikan sensasi pijatan yang dapat membantu menghilangkan pegal-pegal di punggung, kaki, tangan dan leher serta dapat mengatur temperatur optimumnya sesuai keinginan

Selain itu, manfaat lain dari berendam di dalam Jacuzzi yaitu dapat memperlancar peredaran darah, tidur menjadi lebih lelap serta membantu penyembuhan penyakit arthritis. Menggunakan aromaterapi mempunyai banyak manfaat untuk semakin rileks dan santai, aromaterapi bisa ditempatkan di atas deck yang dibuat

6. Tempat menghabiskan waktu bersama orang terdekat

Keuntungan mempunyai Jacuzzi portable di rumah yaitu dapat sewaktu-waktu menggunakannya sebagai sarana rekreasi di rumah. Selain digunakan untuk seorang diri juga dapat digunakan bersama anggota keluarga yang lain maupun menghabiskan waktu bersama teman-teman

7. Tahan lama dan mudah dirawat

Selain ergonomis, Jacuzzi juga berasal dari material yang kuat dan solid. Bantalan dindingnya mampu menahan beban orang yang bersandar.

Jadi, tidak perlu khawatir Jacuzzi ini cepat rusak ataupun jebol. Jacuzzi portable juga dilengkapi dengan sistem filtrasi dan sistem sirkulasi air, sehingga air di dalam Jacuzzi selalu bersih dan tidak masuk ke dalam mesin.

Untuk membantu menjernihkan airnya, dapat menggunakan free chemical floater yang sudah tersedia saat membeli produk Jacuzzi portable tersebut. Tidak ada perawatan khusus, cukup dibersihkan setiap kali selesai dipakai. Untuk keamanan, sebaiknya menempatkan Jacuzzi portable pada bagian permukaan yang datar dan kokoh.

Cara Mengaplikasikan Jacuzzi

Ada beberapa langkah untuk melakukan pemasangan bak berendam relaksasi, antara lain sebagai berikut :

1. Area pemasangan harus rata

Bak relaksasi dapat bekerja maksimal apabila diletakkan di area dengan permukaan yang rata. Hal tersebut disebabkan prinsip semburan air pada bak menggunakan pompa jet. Air dalam bak juga diharuskan tetap rata, maka apabila di rumah belum mempunyai lantai atau permukaan peletakan yang rata sebaiknya meratakan area tersebut terlebih dahulu

2. Ruangan yang mampu menampung dimensi bak relaksasi

Tidak seperti bathtub yang cenderung lebih kecil, semua Jacuzzi mempunyai dimensi yang akan memakan area ruangan. Pastikan area peletakannya cukup untuk menampung bak relaksasi tersebut

3. Pastikan area peletakan kuat menahan beban yang ada

Produk ini mempunyai berat yang cukup besar. Oleh karena itu, area peletakan dapat dipastikan mampu menampung serta menahan beban yang akan diberikan olehnya. Apalagi nantinya akan terisi oleh air dan penggunanya, maka Jacuzzi akan semakin berat.

Kekuatan lantai dan rangka yang kokoh perlu untuk kita ketahui. Ada baiknya melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan ahli atau pihak yang menjual produk ini sebelum membeli dan meletakkan di dalam rumah

4. Mempersiapkan jalur air, drainase dan listrik

Hamper sama dengan bathtub, baik ini membutuhkan pasokan air dan perlu jalur untuk membuang air setelah pemakaian. Maka, perlu untuk mempersiapkan akses untuk jalur air dan drainasenya.

Selain itu, Jacuzzi juga membutuhkan aliran listrik untuk membuat pompa jetnya berjalan dengan baik. jadi, akses listrik juga penting untuk menjadi pertimbangan. Agar lebih terkalkulasi dengan baik pembuatan air, drainase dan listrik perlu untuk ditanyakan pada pihak yang menjual barang ini

5. Pemasangan dan percobaan

Dengan dilakukannya pemasangan maka bak relaksasi akan terpasang dengan rapat dan tidak dapat digerakkan atau digoyahkan sama sekali.

Perbedaan Jacuzzi dan Hot Tub

Nah, itulah penjelasan tentang pengertian dan perbedaan Jacuzzi dan Hot Tub serta manfaatnya. Jika Grameds masih membutuhkan referensi untuk memahami tentang Jacuzzi dan Hot Tub, maka kamu bisa mengunjungi koleksi buku Gramedia di http://gramedia.com. Sebab, sebagai #SahabatTanpaBatas, kami akan selalu meberikan informasi terbaru dan terlengkap.

Penulis: Rosyda

BACA JUGA:

  1. Inspirasi Desain Kamar Mandi Kecil
  2. Desain Kamar Mandi WC Jongkok
  3. Desain Kamar Mandi Minimalis Kloset Duduk
  4. Inspirasi Desain Mini Bar Dapur Minimalis
  5. 20 Rekomendasi Desain Kolam Ikan Kecil Depan Rumah Minimalis
  6. Ide Desain Rumah Jepang Minimalis dan Konsepnya
  7. Buku Desain Rumah Kreatif & Minimalis Best Seller

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda