in

Ragam Peluang Usaha Rumahan di Desa yang Menguntungkan

Sumber: Pexels

Peluang usaha rumahan di desa – Pada dasarnya setiap orang ingin maju dan berkembang. Meskipun itu di perdesaan tidak menghalangi kita untuk membuka dan menciptakan peluang bisnis yang sukses. Dengan begitu, penghasilan juga akan bertambah, sehingga kehidupan menjadi lebih sejahtera.

Selain itu, pusat perekonomian di desa juga sebenarnya berpotensi besar sebagai ekosistem bisnis yang beragam Dengan kata lain, tidak kalah dengan di kota-kota besar, perdesaan juga mampu menciptakan suatu pusat bisnis.

Dengan desa menjadi pusat bisnis, maka bisa berkerja sama dengan para pembuka usaha yang ada di kota. Biasanya kerja sama yang dilakukan menggunakan sistem jual beli antara dua pihak dengan jumlah besar dan pembelian yang berulang, sehingga dapat dijadikan sebagai suplier untuk suatu usaha yang besar.

12 Peluang Usaha Rumahan di Desa

Grameds, kalau kamu punya bakat dan keinginan untuk mempunyai usaha yang besar di pedesaan, kamu wajib mencoba 12 macam ide usaha yang menguntungkan, di antaranya:

1. Pertamini atau Pom Bensin Mini

peluang usaha rumahan di desa
Sumber: berdesa.com

Di perdesaan biasanya terdapat daerah yang sangat jauh dari pom bensi pertamina, sehingga untuk mengisi bahan bakar akan kesulitan. Oleh sebab itu, jika kamu ingin membangun usaha di perdesaan, maka bisa membuat pertamini. Pertamini adalah pom bensin pinggir jalan yang ada di dekat lingkungan masyarakat. Dengan adanya pertamini, maka penduduk desa tidak kesulitan dalam memenuhi kebutuhan bahan bakar motor atau mobil.

Terlebih lagi, modal yang dibutuhkan untuk membuat pertamini ini tidak harus sama dengan pertamina yang sesungguhnya. Dengan kata lain, biaya untuk membuat pom bensin di pinggir jalan biayanya sangat murah karena hanya bermodalkan botol plastik bekas dan rak kayu saja. Dengan dua bahan itu, kamu sudah bisa memiliki pom bensin eceran di perdesaan tempat kamu tinggal.

2. Toko Sembako atau Kelontong

peluang usaha rumahan di desa
Sumber: money.kompas.com

Jenis usaha di perdesaan berikutnya adalah membuka toko sembako atau toko kelontong. Ketika mendengar kata toko sembako atau toko kelontong, hampir semua orang mengetahui peluang usaha apa yang dimaksud. Toko sembako yang dibuka di perdesaan bisa saja laris karena penduduk desa akan lebih mudah dalam berbelanja untuk kebutuhan sehari-hari.

Hal ini dikarenakan, biasanya toko sembako atau toko kelontong ini lebih sering menjual bahan-bahan sembako dan juga beberapa bahan rumah tangga lainnya, seperti deterjen, sabun cuci piring, dan sebagainya.

Jika tertarik untuk membuka peluang usaha ini, maka bisa dimulai dari rumah dulu. Dengan begitu, maka tidak perlu membayar biaya sewa ruko, sehingga bisa menjadi lebih hemat dan keuntungan bisa menjadi lebih besar. Selain itu, untuk membangun toko sembako ini dibutuhkan kendaraan motor agar dapat membeli barang-barang toko yang sudah habis dengan mudah. Biasanya, barang-barang toko dibeli di agen-agen besar yang harganya cenderung murah.

Pada usaha ini bisa dikatakan sebagai usaha yang menguntungkan jika produk yang Anda jual komplit, sehingga banyak tetangga dari samping kiri dan kanan rumah ataupun yang mungkin jauh dari rumah ingin berbelanja ke toko sembako yang sudah dibuat. Namun, untuk melakukan itu semua tidak bisa langsung jadi begitu saja, sehingga harus bersabar dan tidak mudah putus asa.

3. Warung Makan

peluang usaha rumahan di desa
Sumber: Kompas.com

Selain toko sembako, kamu bisa juga membuka peluang usaha rumahan di desa yang bisa dibilang cukup menguntungkan dan peluang usaha itu adalah membuka warung makan. Hal ini bukan tanpa alasan, karena setiap orang pasti membutuhkan makan, sehingga peluang usaha ini tidak pernah ada matinya.

Makanan yang dapat dihidangkan dijual oleh warung makan di perdesaan, seperti sayur-sayuran, lauk pauk, dan sebagainya. Dibukanya warung makan di perdesaan juga dilandasi akan adanya beberapa orang atau keluarga yang sudah sibuk dengan aktivitas sehari-hari dan tidak sempat memasak harian. Oleh karena itu, mereka akan mencari warung makan untuk memenuhi kebutuhan pangannya.

Untuk membuka usaha ini, sebenarnya ada beberapa barang yang harus Anda siapkan, seperti, etalase kaca, peralatan memasak dan penyajian (piring, sendok, plastik, dan kertas minyak untuk bungkus, dan lain-lain. Selain itu, Anda dapat memulai usaha ini dari modal kecil untuk membuat makanan-makanan yang sederhana dan mudah saja.

4. Peternakan Ayam

peluang usaha rumahan di desa
Sumber: money.kompas.com

Membangun peternakan ayam merupakan salah satu jenis peluang usaha rumahan di desa yang bisa dibilang cukup menguntungkan. Akan tetapi, untuk membangun dan mengembangkan usaha yang satu ini harus penuh keuletan, grameds. Dengan begitu akan tidak akan muncul rasa putus asa.

Bagi pemula, membangun peternakan ayam bisa kamu jalankan mulai dari modal yang kecil sampai modal yang besar. ada tiga jenis ayam yang dapat kamu ternak seperti ayam kampung, petelur dan ayam negeri. Namun Anda bisa memilih ternak ayam kampung karena cukup menjanjikan dan banyak diminati oleh banyak pembeli.

Sebelum Anda membuka bisnis ini, ada baiknya mempersiapkan hal-hal yang perlu dipersiapkan agar bisnis peternakan ayam dapat berjalan dengan lancar, di antaranya:

  1. Menyiapkan kandang ayam yang baik dan benar
  2. Memberikan pakan secara rutin
  3. Membuat strategi untuk merawat ayam
  4. Membuat konsep dan manajemen perawatan yang matang agar mereka terawat.

5. Budidaya Lele

peluang usaha rumahan di desa
Sumber: cermati.com

Ikan lele merupakan jenis ikan yang paling banyak dicari untuk usaha, mulai dari usaha rumah makan sampai usaha ternak. Oleh sebab itu, bisnis ini bisa dibilang cukup menjanjikan. Akan tetapi, untuk membangun bisnis ini sangatlah tidak mudah karena Anda mempersiapkan beberapa hal, mulai dari kolam khusus untuk merawat ikan lele, bibit lele, dan beri pakan secara teratur.

Untuk kolam ikan lele masing-masing harus dipisahkan berdasarkan usia lele. Hal ini perlu dilakukan agar lele tidak menyantap lele lainnya yang lebih besar, sehingga mendapatkan hasil panen yang memuaskan.

6. Ternak Kambing

peluang usaha rumahan di desa
Sumber: money.kompas.com

Di perdesaan umumnya banyak sekali rerumputan, sehingga sangat cocok untuk membangun bisnis ternak kambing. Bisnis ternak kambing merupakan salah satu peluang usaha rumahan di desa yang sangat pas, mengapa begitu? Karena selain banyak rerumputan, udara di perdesaan masih asri.

Untuk memulai usaha seperti ini, Anda harus mengeluarkan modal yang lumayan besar. Modal tersebut digunakan untuk membuat kandang sekaligus membeli anak kambing. Adapun modal yang dibutuhkan berkisar 10 juta rupiah.

Namun, jika anda membeli kambing pada saat momen tertentu misalnya seperti idul adha, maka akan mendapatkan harga yang tidak terlalu mahal, sehingga modal yang anda keluarkan tidak terlalu besar.

7. Bengkel Motor

peluang usaha rumahan di desa
Sumber: otomotif.kompas.com

Meskipun di perdesaan, tetapi kendaraan motor tetap masih sering digunakan untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Jadi, membuka bengkel motor adalah peluang usaha rumahan di desa yang bisa dibilang cukup tepat. Pasalnya, di desa banyak sekali penduduk yang memakai sepeda motor untuk keperluan sehari-hari, tetapi kesulitan untuk menemui bengkel di daerah sekitar desa.

Jika anda ingin membuka usaha bengkel motor ini, sebaiknya memiliki kemampuan melakukan servis motor terlebih dahulu agar motor yang diperbaiki tidak tambah rusak. Selain itu, dengan membagun bengkel motor, maka kamu dapat membantu penduduk sekitar serta bengkel Anda akan dicari oleh banyak orang. Dengan begitu, penghasilan pun akan bertambah.

Pada umumnya, anak SMK lulusan teknik, sudah bergelut dalam bidang ini semasa sekolah sehingga kemampuannya tidak perlu diragukan lagi. Supaya bengkel motor semakin lengkap, sebaiknya Anda juga perlu menjual beberapa aksesoris motor.

8. Warung Kopi

peluang usaha rumahan di desa
Sumber: berdesa.com

Membuka warung kopi bisa dibilang sebagai peluang usaha rumahan di desa yang cukup menjanjikan karena di warung kopi akan ada banyak orang yang nongkrong kemudian memesan minuman atau makanan. Oleh sebab itu, peluang usaha yang satu ini cukup menjadi usaha yang potensial di desa.

Untuk membuka usaha ini, hal yang perlu Anda perhatikan, seperti memilih tempat yang strategis agar orang lain melihat usaha yang anda buka. Lalu, Anda perlu menyiapkan bahan dan peralatan untuk membuat kopi yang nikmat agar customer merasakan kualitas dari warung kopi Anda. Alangkah baiknya buatlah warung kopi yang unik agar semakin banyak pengunjung yang datang.

9. Penjahit

peluang usaha rumahan di desa
Sumber: infopublik.id

Menjahit merupakan salah satu keahlian yang diperlukan di desa. Maka dari itu, ketika hidup di perdesaan sangat cocok sekali untuk membuka jasa jahit dengan kemampuan menjahit yang sudah dimiliki. Lalu jika anda ingin memperbesar usaha yang satu ini, sebaiknya dilakukan dengan cara membuat desain pakaian yang lucu-lucu dan bagus-bagus. Dengan begitu, setelan pakaian yang sudah jadi bisa dijual kepada tetangga atau secara online.

10. Menjual Meja Kursi dan Peralatan Rumah

peluang usaha rumahan di desa
Sumber: tribunnews.com

Peluang usaha di perdesaan selanjutnya adalah menjual meja, kursi, dan peralatan rumah lainnya. Bisnis yang satu ini bisa dibilang jarang yang membuatnya, sehingga bisnis ini sangat menjanjikan. Namun, untuk membangun bisnis ini dibutuhkan kemampuan untuk membuat meja, kursi, dan peralatan rumah serta harus mampu memilih bahan produksi yang tepat.

Dengan pemilihan bahan yang tepat, maka bisa menghasilkan produk yang berkualitas dengan harga yang terjangkau. Dengan begitu, akan ada banyak pelanggan yang tertarik untuk memesan meja, kursi, dan peralatan rumah tersebut. Untuk memperbesar usaha ini, maka Anda harus membuat promosi, baik itu dengan diskon harga, atau seperti give, beli satu gratis satu untuk barang-barang yang ukurannya kecil, dan sebagainya.

11. Usaha Pengrajin Kayu dan Jasa Pembuatan Mebel

peluang usaha rumahan di desa
Sumber: money.kompas.com

Pengrajin kayu dan jasa pembuatan mebel adalah salah satu usaha yang menguntungkan di desa karena mabel banyak diminati oleh banyak pembeli, baik yang dari desa atau dari luar desa. Dalam jasa pembuatan mebel ini, Anda dapat membuat mebel sesuai dengan pesanan dari pembeli.

Selain itu, bahan-bahannya yang dipilih harus berkualitas baik, seperti kayu yang tepat, pernis yang bagus, dan sebagainya. Modal yang dibutuhkan untuk menjadi pengrajin kayu bisa dibilang tidak sedikit.

12. Jual Sayur

peluang usaha rumahan di desa
Sumber: berdesa.com

Berjualan sayur adalah produk yang dibutuhkan semua orang. Anda bisa menjadikan usaha ini sebagai usaha di desa. Terlebih lagi, bahan-bahannya mudah didapatkan, sehingga berjualan sayur juga tidak merugikan. Usaha ini dapat dimulai dengan cara menjual keliling pakai gerobak atau berjualan di depan rumah, tergantung bagaimana cara Anda ingin mendapatkan pembeli.

Grameds.ada baiknya sebelum kamu membuka usaha, sebaiknya mempelajari konsep serta strategi dalam membuka suatu usaha yang kamu minati terlebih dahulu. Dengan membaca pilihan buku rekomendasi terbaik dari gramedia untuk kamu, maka pengetahuan dalam membangun usaha akan bertambah.

Rekomendasi Buku Membuka Peluang Usaha

Manajemen Usaha Kecil dan Menengah

https://www.gramedia.com/products/manajemen-usaha-kecil-dan-menengah?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/manajemen-usaha-kecil-dan-menengah?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Sebelum kamu mulai usaha, kamu bisa belajar bagaimana membangun bisnis yang sukses. Untuk pemula dan menjadi seorang pengusaha yang sukses bisa mengetahui caranya lewat buku “Manajemen Usaha Kecil Dan Menengah”. Dengan buku ini, kamu bisa mempelajari lebih luas mengenai konsep dan strategi pemasaran.

Teknik Cepat Membuat Busana: Aneka Blus & Tunik Dengan Aksen

https://www.gramedia.com/products/teknik-cepat-membuat-busana-aneka-blus-tunik-dengan-aksen?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/teknik-cepat-membuat-busana-aneka-blus-tunik-dengan-aksen?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Jika kamu ingin menyalurkan hobi dalam membuat suatu busana yang modis dan stylish, kamu dapat mempelajari tekniknya melalui buku “Teknik Cepat Membuat Busana: Aneka Blus & Tunik Dengan Aksen“ yang ditulis oleh Siti Sabariah Lubis. Buku ini berisi tentang sebuah sistem pembuatan busana yang cepat, praktis, dengan hasil akhir yang nyaman untuk dikenakan. Setiap buku dalam seri ini memuat pola dasar dan pecah pola, serta pengembangan model, yang memungkinkan pemula maupun yang sudah ahli bisa menerapkan isinya dengan mudah.

Bio Flock Revolution: Budi Daya Lele Sistem Kolam Terpal

Bio Flock Revolution: Budi Daya Lele Sistem Kolam Terpalhttps://www.gramedia.com/products/bio-flock-revolution-budi-daya-lele-sistem-kolam-terpal?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Buat kamu yang ingin mulai usaha dengan bisnis budi daya ikan lele, maka dapat mempelajarinya lebih dalam melalui buku “Bio Flock Revolution: Budi Daya Lele Sistem Kolam Terpal” yang ditulis oleh Cepy Sumarna. Buku ini mengupas secara mendalam budi daya lele sistem BioMaxi yang bisa dianggap sebagai langkah revolusioner dalam dunia perikanan darat. Sejatinya, budi daya lele modern dengan sistem BioMaxi ini menggabungkan sistem bioflok dengan probiotik MaxiGrow. Terbukti cara ini mampu membangkitkan kembali geliat pembudi daya Lele dengan mengedepankan efisiensi usaha.

Inspirasi Sepatu dan Sendal Rajut

https://www.gramedia.com/products/inspirasi-sepatu-dan-sendal-rajut?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/inspirasi-sepatu-dan-sendal-rajut?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Usaha rajut saat ini sangat menjadi inspirasi para bisnis pemula, kamu dapat mempelajari bisnis tersebut dengan mencari tahu melalui buku atau internet. Buku rekomendasi tentang sepatu dan sandal rajut adalah Inspirasi Sepatu Dan Sendal Rajut yang ditulis oleh : Arniria Kusuma. Buku ini mengupas tuntas teknik membuat sepatu dan sendak dengan desain yang unik, mulai dari wedges,boots, high heels, flat shoes, dan stiletto. Gaya sepatu bernuansa romantic shabby chic ala-princess pun tampil anggun di buku ini.

Panduan Lengkap dan Praktis Budidaya Hewan yang Paling Menguntungkan

https://www.gramedia.com/products/panduan-lengkap-dan-praktis-budidaya-hewan-yang-paling-menguntungkan?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/panduan-lengkap-dan-praktis-budidaya-hewan-yang-paling-menguntungkan?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Nah, sobat grameds. rekomendasi buku usaha selanjutnya adalah “Panduan Lengkap Dan Praktis Budidaya Hewan Yang Paling Menguntungkan” yang ditulis oleh Nur Widhi Hastuti. buku ini cocok sekali untuk kamu yang ingin membuka usaha ternak. Selain itu, kamu juga tahu hewan ternak mana sajakah yang dapat menguntungkan.

Membuat Sendiri Masker Kain- 22 Kreasi Masker Kain Unik dan Cantik

https://www.gramedia.com/products/membuat-sendiri-masker-kain-22-kreasi-masker-kain-unik-dan-cantik?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/membuat-sendiri-masker-kain-22-kreasi-masker-kain-unik-dan-cantik?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Rekomendasi buku yang terakhir ini cocok banget buat kamu yang ingin buka usaha di era pandemi covid-19. Apalagi kalau kamu suka berkreasi dengan kerajinan tangan, maka bisa membuat masker kain dengan aneka gambar yang bisa kamu buat sendiri. Untuk mempelajarinya, bisa dengan membaca buku Membuat Sendiri Masker Kain- 22 kreasi masker kain Unik dan Cantik.

Buku ini membahas mengenai ide kreasi masker yang terbuat dari aneka bahan kain, seperti kaos, denim, katun, brokat, serta dibuat dengan berbagai teknik seperti dengan jahit, tanpa jahit, decoupage, dan banyak lagi.

Nah, sobat grameds, itu dia beberapa tips dan rekomendasi buku terbaik yang bisa kamu baca sebelum memulai usaha ya.

Jadi, kira-kira usaha apa yang akan diminati sobat grameds? Kalau kamu masih bingung, kamu dapat mempelajari lebih lanjut melalui internet atau dengan membaca buku yang bisa kamu dapatkan melalui website Gramedia.com dan kamu bisa temukan berbagai macam pilihan buku peluang usaha untuk membantu kamu menentukan pilihan.dalam usaha yang akan kamu ciptakan.

Gramedia sebagai #sahabattanpabatas kami selalu ingin kamu berkembang dan selalu berkarya. seperti gramedia yang selalu memberikan inspirasi #LebihDenganMembaca serta informasi untuk kamu yang bisa diperoleh setiap harinya melalui blog Gramedia.com.

Penulis: NtyLiani.

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by M. Hardi