in

22 Arti Mimpi Melihat Orang Meninggal Menurut Primbon dan Lainnya!

Sumber: Pixabay

Mimpi melihat orang meninggal – Mimpi merupakan pengalaman alam bawah sadar yang melibatkan indera dalam tidur. Banyak yang percaya bahwa mimpi adalah sebuah pertanda akan terjadi sesuatu di kehidupan nyata. Oleh karena itu, tafsir mimpi seringkali dijadikan sebagai acuan oleh banyak orang. Namun, apakah kamu pernah mimpi melihat orang meninggal?

Memimpikan hal tersebut mungkin saja akan sangat menakutkan ya. Banyak orang yang beranggapan bahwa mimpi melihat orang meninggal adalah pertanda buruk.

Memimpikan orang yang sudah meninggal melibatkan rahasia dan juga perasaan paling intim dari pikiran manusia. Ini bukan mimpi yang mudah dan untuk sebagian orang, mimpi tersebut dengan cepat akan menjadi mimpi buruk. Perasaan ketika berada disamping orang yang telah meninggal dunia akan membuat kita ketakutan. Terlebih bila itu adalah anggota keluarga, bayi, ataupun orang meninggal yang berbicara kepada kita.

Akan tetapi, penglihatan seperti mimpi dengan orang yang sudah meninggal dunia mempunyai penjelasan yang jelas dalam hidup. Walaupun itu menghubungkan semua perasaan, dan bisa juga memberikan pertanda yang tepat untuk membuat keputusan selanjutnya. Namun, ini merupakan mimpi yang memerlukan detail terkecil untuk menemukan makna atau arti yang sebenarnya.

Jelas bila kamu mengenal orang yang sudah meninggal tersebut, tujuan dari gagasan ini menjadi lebih bernilai estetik untuk kita. Apakah betul begitu? Ternyata ada beberapa tafsir mimpi bertemu orang meninggal. Yuk ikuti pembahasan berikut.

Arti Mimpi Melihat Orang Meninggal

mimpi melihat orang meninggal
Sumber: Pixabay

Berikut ini adalah beberapa tafsir mimpi melihat orang meninggal, yuk kita lihat daftarnya di bawah ini:

1. Harus Lebih Memperhatikan Diri Sendiri

Jika kamu memimpikan diri sendiri meninggal dunia, maka hal itu memiliki tafsirnya sendiri. Salah satunya adalah sebuah peringatan untuk lebih memperhatikan diri sendiri. Kamu harus mengakhiri kebiasaan buruk dan mulai melakukan kebiasaan sehat yang baik untuk tubuh.

2. Khawatir Terhadap Keselamatan Bayi

Ada pula mimpi mengenai bayi meninggal dunia. Jenis mimpi yang satu ini merupakan mimpi yang biasa terjadi pada ibu-ibu baru. Ibu baru biasanya akan memiliki kekhawatiran sendiri akan keselamatan bayi mereka sendiri. Sehingga mimpi tersebut menjadi ungkapan kekhawatiran orang tua, khususnya ibu.

3. Harus Siap untuk Ditinggal Anak

Saat anak mulai tumbuh dewasa, maka banyak orang tua yang memimpikan anaknya meninggal dunia. Hal ini adalah salah satu pertanda bahwa orang tua juga harus siap untuk kehilangan anak mereka yang sudah bisa hidup mandiri sebagai orang dewasa.

4. Takut Kehilangan Orang Tua

Apabila orang tua kamu masih ada, namun kamu memimpikan mereka meninggal dunia, maka bisa jadi ini adalah salah satu bentuk kekhawatiran kamu kehilangan mereka di masa mendatang. Terlebih bila orang tua kamu sudah memasuki usia lanjut. Apabila orang tua kamu ternyata sudah meninggal, maka memimpikan mereka itu tandanya ada kesempatan untuk mengucapkan selamat tinggal.

5. Harus Meluangkan Waktu Untuk Keluarga

Bermimpi tentang adik atau kakak meninggal dapat menjadi pertanda bahwa kamu terlalu sibuk dan tidak memiliki waktu untuk mereka. Oleh karena itu, mimpi tersebut juga menjadi pertanda bahwa kamu meluangkan waktu untuk keluarga.

6. Kurang Kompeten Dibandingkan Pasangan

Beberapa buku yang membahas tentang tafsiran mimpi beranggapan bahwa melihat plot mengenai orang meninggal berarti si pemimpi sangat tidak puas dengan diri mereka sendiri. Mereka merasa bersalah dan menyesal akan sesuatu yang terjadi di masa lalu yang tidak bisa diubah dan diperbaiki.

Mimpi mengenai pasangan yang meninggal dunia misalnya dapat menjadi pertanda bahwa kamu menyadari secara kualitas berada di bawah pasangan. Akan tetapi, hal itu bukan saatnya untuk rendah diri. Justru sebaliknya, ini adalah saatnya untuk bangkit dan berusaha untuk meningkatkan kapasitas.

7. Ada Orang yang Membawa Pengaruh Buruk

Memimpikan orang yang sudah meninggal dunia adalah sebuah peringatan bahwa kamu sudah terpengaruh oleh orang yang salah. Hal itu juga berarti kondisi yang sedang kamu hadapi harus segera diselesaikan dan segera move on.

tafsir mimpi umar khayyam - mimpi melihat orang meninggal

https://www.gramedia.com/products/tafsir-mimpi-umar-khayyam?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

8. Menjadi Suatu Pertanda

Ketika bermimpi menemukan orang meninggal dunia, penting untuk kamu melihat situasi sekitar. Mungkin saja ada alasan spiritual untuk melihat orang meninggal di dalam sebuah mimpi. Pertama yaitu bahwa terkadang, orang meninggal sebelum waktunya dan mereka tidak bisa memenuhi beberapa keinginan mereka.

Oleh sebab itu, mereka menghubungi orang untuk meminta bantuan. Dalam kasus yang jarang terjadi, orang yang meninggal tersebut ingin membalas dendam dan oleh karena itu mereka menemui kita di dalam mimpi.

9. Ada Rasa Bersalah

Kebanyakan mimpi tentang orang meninggal tidak disadari dalam pikiran. Dikatakan bahwa mimpi melihat orang meninggal merupakan manifestasi atau perasaan pribadi kita yang sedih, bersalah, atau bertobat.

Kadang kala, di dalam kasus kematian yang tidak wajar, kematian sebelum waktunya, atau kasus dimana ritus terakhir mereka belum dilakukan sesuai dengan ritual, maka melihat orang meninggal bisa menunjukkan tanda bahwa mereka sedang mencari penutupan.

10. Ingin Menghubungi Kita

Mimpi tentang orang meninggal dunia tidak perlu kamu khawatirkan berlebihan. Apabila orang tersebut dekat dengan kamu, maka wajar jika kamu kadang mengingatnya dan terbawa ke dalam mimpi. Akan tetapi, dalam kasus mimpi yang memiliki makna mendalam, kita akan melihat mimpi yang sama lebih dari satu kali. Dimana hal itu menunjukkan bahwa orang tersebut berusaha untuk menghubungimu.

11. Orang Tersebut Akan Sukses

Apabila kamu melihat orang meninggal di dalam mimpi, maka tidak perlu mengkhawatirkannya. Mimpi tersebut adalah contoh klasik dari sebuah kasus yang harus diartikan secara terbalik. Orang yang kita lihat meninggal akan menjadi orang sukses. Selain itu, kesejahteraannya bisa dihubungkan dengan kamu juga.

12. Ada Masalah yang Akan Dihadapi

Apabila kamu bermimpi ada banyak orang mati yang mengelilingimu, maka ini bisa berarti kamu akan menghadapi beberapa masalah dan kesulitan. Misalnya, orang-orang yang ada di sekitar kamu tidak menyukaimu dan lainnya.

13. Sinyal Positif yang Menandakan Kesuksesan

Apabila mimpi melihat orang meninggal memberi berkat, maka ini pertanda sinyal positif. Mengapa? Karena hal itu menunjukkan bahwa kesuksesan sudah semakin dekat dan kamu akan mencapai apa yang sudah lama diidamkan.

Selain itu, bisa juga sebagai pertanda adanya persetujuan bila berkat dari orang yang meninggal tersebut berasal dari orang yang kamu sayang dan sangat dekat. Meskipun mereka tidak hadir secara nyata, tapi mereka tetap ingin melihat kamu dalam posisi yang lebih baik.

Dalam mimpi ini, “berkat” bahkan bisa diartikan sebagai penerimaan kamu dalam lingkungan profesional, sosial, atau pribadi. Keberuntungan kamu menguntungkan, dimana hal itu merupakan jenis mimpi yang positif karena kamu telah dianugerahi iman yang suci.

14. Peringatan Untuk Berhati-hati

Bermimpi melihat orang meninggal yang berbicara dengan kamu merupakan salah satu tanda peringatan sebelumnya. Dimana ini memperingatkan kamu terhadap beberapa kondisi yang mungkin saja akan datang. Selain itu, mimpi tersebut juga bisa menunjukkan kamu dikelilingi oleh kekuatan negatif dalam hidup dan kamu harus keluar dari kondisi dalam hidup ini. Mimpi tersebut juga bisa melambangkan kerugian materialistik.

Arti Mimpi Melihat Orang Meninggal Menurut Primbon

https://www.gramedia.com/products/kitab-primbon-jawa-serbaguna-tetap-relevan-sepanjang-masa?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Tafsir mimpi pastinya tidak lepas dari konteks spiritual. Menurut konteks ini, arti mimpi bertemu orang meninggal dunia bisa ditafsirkan secara berbeda-beda. Tak hanya itu saja, ada juga yang menjelaskan bahwa ada beberapa alasan psikologis yang bisa menjelaskan makna dari mimpi bertemu dengan orang yang sudah meninggal dunia dalam berbagai bentuk ataupun simbol.

Beberapa orang berpendapat bahwa mimpi adalah 30 persen bersifat psikologis dan 70 persen lainnya bersifat spiritual. Seringkali, banyak dari kita yang mungkin jarang meluangkan waktunya untuk orang-orang tersayang, sehingga saat mereka sudah meninggal dunia, maka muncul rasa bersalah di alam bawah sadar yang secara tidak langsung mengikuti dan rasa bersalah tersebut berubah menjadi sebuah mimpi. Pendapat yang satu ini adalah alasan sebagian besar orang mimpi bertemu orang meninggal menurut sisi psikologis.

Sedangkan untuk konteks spiritual dari penafsiran mimpi menjelaskan bahwa terdapat dua alasan yang banyak dipercayai oleh banyak orang. Pertama yaitu setelah kematian seseorang, maka roh dari orang tersebut akan mencoba kembali berhubungan dengan makhluk yang masih hidup dan mencoba berkomunikasi dengan tubuh.

Kemudian, landasan yang kedua adalah jiwa yang meninggal dunia bersekongkol untuk membalas dendam melalui bentuk apapun, lalu mereka mengunjungi orang-orang tersebut melalui mimpi. Sebagian besar kasus dari mimpi bertemu orang meninggal biasanya adalah roh baik yang sedang berkunjung untuk melihat orang-orang yang mereka cintai. Lalu, roh tersebut berusaha untuk berkomunikasi mengenai perbuatan mereka yang belum sempat diselesaikan saat mereka masih hidup.

Selain itu, banyak orang yang percaya bahwa roh-roh yang kerap berkunjung ke dalam mimpi seseorang biasanya adalah orang yang sebelumnya meninggal dunia dengan keadaan yang tidak wajar atau karena mengalami kematian mendadak. Oleh karena itu, keinginan mereka tidak terpenuhi dan mereka sudah tidak mempunyai kesempatan untuk memenuhi hal tersebut karena sudah meninggal.

Para ahli spiritual meyakini bahwa saat mimpi mengenai orang yang sudah meninggal dunia dan cara meninggal dari orang tersebut tergolong tidak wajar, maka diperlukan adanya ritual yang sesuai dengan kebudayaan dan tradisi supaya bisa menenangkan jiwa orang yang sudah meninggal dunia itu.

Setelah menjalankan ritual tersebut, maka jiwa-jiwa yang sudah meninggal dunia akan menemukan tempat beristirahat yang damai. Ritual dasar yang dimaksud di sini adalah ritual yang bisa memuaskan para leluhur yang sudah meninggal dunia. Di dalam masyarakat Jawa misalnya, akan diadakan beberapa pengajian setiap peringatan ke berapa hari untuk mendoakan orang-orang yang sudah meninggal dunia.

Untuk kamu yang berasal dari Jawa, pastinya sudah tidak asing lagi ya dengan Primbon Jawa. Primbon adalah sebuah kitab warisan leluhur Jawa yang mempunyai orientasi pada relasi antara kehidupan manusia dan alam semesta. Di dalam kitab Primbon, dijelaskan mengenai tafsir atau arti mimpi saat seseorang bermimpi bertemu dengan orang yang sudah meninggal dunia, diantaranya yaitu:

1. Pertanda Baik

Bermimpi mengenai orang yang sudah meninggal dunia menurut Primbon Jawa adalah sebuah tanda baik. Sebab, hal ini menjadi pertanda bahwa akan datang sebuah pertolongan dari orang-orang yang sebelumnya tidak pernah diduga. Selain itu, mimpi tersebut juga bisa diartikan sebagai pertanda bahwa usaha yang dilakukan selama ini tidak sia-sia.

2. Sedang Merasakan Kesepian

Jika kamu mimpi bertemu orang meninggal, terutama ibu atau orang tua yang sudah meninggal dunia, maka itu artinya kamu sedang merasa kesepian atau bahkan merasa rindu dengan sosok mereka.

3. Minta untuk Didoakan

Apabila kamu bermimpi mengenai orang yang sudah meninggal dunia dan memimpikan orang tersebut lebih dari tiga kali, maka itu artinya orang tersebut sedang meminta untuk didoakan. Karena doa sendiri adalah wujud bentuk kasih sayang pada keluarga yang sudah meninggal dunia.

4. Ada Pesan yang Ingin Disampaikan

Saat kamu mimpi bertemu orang yang sudah meninggal dunia, namun cara orang tersebut meninggal secara mendadak, maka itu artinya ada sebuah pesan yang ingin mereka sampaikan kepada kamu.

5. Pertanda Sering Menyia-nyiakan

Apabila kamu bermimpi bertemu dengan orang meninggal, maka itu artinya selama orang tersebut masih hidup, kamu seringkali menyia-nyiakan kehadiran orang tersebut.

Arti Mimpi Bertemu Orang Meninggal Menurut Ilmu Pengetahuan

https://www.gramedia.com/products/sejarah-hikmah-dan-tabir-mimpi?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/sejarah-hikmah-dan-tabir-mimpi?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, bahwa selain secara spiritual, mimpi bertemu orang meninggal juga bisa ditafsirkan menurut ilmu pengetahuan. Jadi, menurut ilmu pengetahuan, mimpi adalah hasil dari impuls listrik otak yang bisa menarik pikiran dan citra acak dari ingatan seseorang.

Sebuah studi mengungkapkan bahwa mimpi disebut dengan oneirology. Mimpi tentang kematian kerap kali mengindikasikan mengenai akhir simbolis dari suatu hal, baik itu dari fase hubungan atau pekerjaan. Ilmuwan mempunyai pandangan bahwa emosi yang mendasari seseorang mempunyai peran besar dalam memimpikan orang-orang yang sudah meninggal dunia.

Mimpi mengenai seseorang, baik itu yang sudah meninggal ataupun belum juga menafsirkan bahwa seseorang mempunyai hubungan dekat dengan orang tersebut. Jadi, secara tidak sadar, kamu sedang mencoba mengingat tentang kenangan lama bersama mereka.

Berikut ini adalah beberapa tafsir mimpi bertemu orang meninggal menurut ilmu pengetahuan, antara lain:

1. Mimpi Berbicara dengan Orang yang Sudah Meninggal Dunia

Jika kamu pernah bermimpi tentang orang yang sudah meninggal dunia dan berbicaranya dengannya, maka itu artinya adalah sebuah peringatan yang berkaitan dengan situasi yang tidak mungkin kamu hadapi. Bermimpi mengenai hal tersebut juga bisa ditafsirkan bahwa kamu sebenarnya sedang dikelilingi oleh kekuatan negatif dalam hidup dan kamu perlu keluar dari situasi tersebut.

2. Mimpi Orang yang Sudah Meninggal Hidup Lagi

Tafsir dari mimpi ini adalah sebuah pertanda bahwa kamu masih belum bisa melupakan orang tersebut meski orang tersebut sudah meninggal cukup lama. Artinya, kamu masih merindukan orang itu. Terdapat beberapa contoh saat seseorang yang paling disayangi meninggal dunia, bahkan setelah mereka dirawat dengan baik dan memperoleh bantuan medis. Beberapa kehilangan nyawa akibat dari kecelakaan atau secara mendadak dan kenangan tersebut seolah menghantuinmu tanpa sadar.

3. Mimpi Bertemu Ibu yang Sudah Meninggal dan Hidup Kembali

Apabila kamu bermimpi bertemu dengan ibu yang sudah meninggal dunia dan hidup kembali, maka mimpi tersebut menunjukkan bahwa kamu sedang merindukan sosok ibu di dalam hidupmu. Di alam bawah sadar, kamu berbicara dan mendiskusikan mengenai banyak hal kepada ibu. Karakter dari ibu yang terus mendorong kamu untuk lebih dekat dengan dirinya, membuatmu secara tidak sadar juga ingin bertindak sebagai ibu.

Interpretasi lainnya yaitu pandangan bahwa ibu ingin melihat anaknya bahagia. Oleh karena itu, Ia mengunjungi anak-anaknya di dalam mimpi untuk menyampaikan bahwa Ia sudah beristirahat dengan tenang dan damai.

https://www.gramedia.com/products/tafsir-mimpi-menurut-al-quran-dan-sunnah?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/tafsir-mimpi-menurut-al-quran-dan-sunnah?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Penutup

Demikian pembahasan tentang mimpi melihat orang meninggal. Sebagai catatan, penjelasan di atas hanyalah sebagai penambah wawasan pembaca. Percaya atau tidaknya merupakan hak dari masing-masing pembaca.

Bagi Grameds yang ingin mengetahui secara lebih mendalam tentang tafsir mimpi lainnya dapat membaca buku-buku terkait dengan mengunjungi Gramedia.com.

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Humam

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by M. Hardi