in

Penyebab Kedutan Mata Kiri Bawah dan Artinya Berdasarkan Primbon

Sumber: cloudfront.net

Kedutan mata kiri bawah – Selain alis, mata kerap mengalami kedutan. Salah satu bagian mata yang sering mengalami kedutan adalah mata kiri bagian bawah sendiri. Bukan hanya sering mengalami kedutan saja, tetapi kedutan di bagian mata kiri bawah ternyata memiliki banyak arti. Mulai dari tanda masalah kesehatan hingga pertanda sebuah mitos tertentu.

Jika kamu pernah mengalami kedutan pada kelopak mata dalam waktu yang lama, tentu hal ini rasanya tidak akan nyaman. Kedutan sendiri dapat terjadi pada bagian bawah mata ataupun atas mata. Bahkan, hal ini dapat datang secara tiba-tiba serta berlangsung selama beberapa menit, jam, hari, atau bahkan dalam jangka waktu yang lebih lama.

Penyebab kedutan mata kiri bawah itu sendiri tidak terjadi begitu saja, tetapi ada beberapa penyebabnya. Lalu, apa saja penyebab dari kedutan mata kiri bawah dan artinya menurut primbon itu apa? Untuk lebih jelasnya, kamu bisa simak ulasan ini, Grameds, selamat membaca.

Penyebab Kedutan Mata Kiri Bawah

kedutan mata kiri bawah
Sumber: Pixabay

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya jika kedutan mata kiri bawah disebabkan oleh beberapa hal. Berikut ini beberapa penyebab kedutan mata kiri bawah.

Mata Kering

Mata kering seringkali menjadi menjadi salah satu pemicu utama mata kiri bawah mengalami kedutan. Hal ini merupakan kondisi yang kerap terjadi ketika kita terlalu banyak menatap layar gadget atau komputer. Mengutip National Health Services, mata kering terjadi karena faktor usia. Dengan bertambahnya usia atau berumur 50 tahun ke atas akan lebih sering mengalami kedutan pada mata kiri bawah. Mata kering juga disebabkan oleh beberapa hal, di antaranya meliputi:

  • Lingkungan yang berangin dengan debu atau kotoran, dan debu
  • Meminum alkohol
  • Kebiasaan merokok
  • Efek samping obat-obatan (seperti diantaranya antidepresan dan obat penekan darah)
  • Penyakit tertentu Ini sendiri dapat diatasi dengan memakai obat tetes mata untuk menjaga kelembabannya.

Hemifacial Spasm

Hemifacial spasm atau kejang pada area wajah merupakan jenis mata kedutan yang jarang terjadi. Kondisi ini sendiri melibatkan otot di sekitar mulut serta area kelopak mata. Hemifacial spasm hanya akan mempengaruhi satu sisi wajah. Jenis mata kedutan ini sendiri sering disebabkan oleh pembuluh darah yang menekan saraf pada area wajah.

Mata Iritasi

Selain mata terasa kering, mata yang iritasi juga dapat menjadi penyebab mata bagian kiri bawah mengalami kedutan. Istilah iritasi mata ini mengacu pada terasa kering, gatal, nyeri, ataupun seperti terdapat ‘sesuatu’ di dalam mata. Mata manusia sendiri terbilang cukup ‘genius’ ketika terdapat sesuatu yang salah, sehingga ketika ada sesuatu yang masuk akan memberikan gejala.

Gejala mata iritasi ini dapat dirasakan ketika mata sudah mulai gatal, mata merah, dan adanya rasa nyeri pada mata. Oleh sebab itu, ketika sedang mengalami mata iritasi, sebaiknya segera memakai obat mata. Jika mata iritasi terus berkelanjutan, maka perlu melakukan konsultasikan ke dokter. Dengan begitu, mata iritasi dapat tertangani dengan cepat.

Alergi Musiman

Alergi sesungguhnya tak hanya menyerang kulit, tapi juga mata kita dan alergi ini bisa menjadi penyebab mata kiri bawah mengalami kedutan. Alergi mata sendiri terkadang menyebabkan ketidaknyamanan yang akan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Selain menjadi penyebab kedutan, ternyata alergi juga bisa menyebabkan beberapa gejala lainnya meliputi mata berair, iritasi, serta gatal. Bahkan, untuk kasus yang lebih parah, hal ini akan mempengaruhi penglihatan serta menyebabkan mata menjadi gatal tak terkendali.

Studi yang diterbitkan dalam Dove Press juga menjelaskan bahwa bagian terpenting dalam mengobati alergi mata seperti itu perlu mengetahui pemicunya. Adapun pemicu alergi mata, seperti antigen atau produk yang membuat tubuh alergi. Misalnya, alergi dengan debu, serbuk sari, ataupun zat iritan lainnya.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Konsumsi Kafein

Siapa sangka, ternyata arti mata kiri pada bagian bawah kedutan ini dapat terjadi karena makanan dan minuman yang kita konsumsi sehari-hari. Kafein sebagai stimulan ternyata dapat menyebabkan kejang pada kelopak mata ataupun kedutan.

Cara terbaik dalam mencegah kondisi ini sendiri diantaranya dengan membatasi asupan kafein ke dalam tubuh. Sejumlah minuman yang mengandung kafein sendiri, diantaranya kopi, teh, cokelat hitam, minuman berenergi, soda, dan teh hijau. Jadi, sebaiknya jangan minum minuman yang mengandung kafein secara berlebihan.

Kondisi Blefaritis

Salah satu penyebab mata kiri bawah kedutan yakni karena kondisi blefaritis. Blefaritis merupakan kondisi peradangan di sepanjang tepi kelopak mata. Kondisi ini umumnya menyebabkan kelopak mata menjadi merah serta sedikit berkerak.

Bukan hanya menjadi penyebab kedutan pada mata saja, tetapi kondisi blefaritis juga menjadi penyebab mata iritasi, gatal, dan mata seperti berminyak. Seringnya, mata kedutan yang disebabkan karena kondisi blefaritis biasanya akan terasa gatal saat di pagi hari. Blefaritis sendiri sangat umum terjadi pada anak-anak serta pada orang dewasa.

Kurang Istirahat

Kedutan mata kiri bawah juga disebabkan karena kamu kurang istirahat. Jika mata terasa lelah, gejala yang dirasakan diantaranya seperti mata kedutan, mata menjadi lebih sensitif terhadap cahaya. Selain itu, gejala lainnya yang dirasakan karena kurang istirahat adalah penglihatan yang mulai kabur.

American Academy of Sleep Medicine menjelaskan bahwa ketika tubuh kurang beristirahat akan menyebabkan masalah penglihatan yang serius, seperti diantaranya glaukoma. Glaukoma merupakan suatu kondisi mata yang dapat merusak saraf optik. Kerusakan ini sendiri sering disebabkan oleh tekanan tinggi yang tidak normal di dalam mata. Bahkan, glaukoma menjadi salah satu penyebab utama kebutaan bagi orang yang berusia di atas 60 tahun.

Selain beberapa penyebab mata kedutan pada bagian kiri bawah yang sudah dijelaskan di atas, tetapi mata kedutan itu sendiri juga dapat terjadi karena efek samping dari berbagai macam obat. Terlebih lagi, pada jenis-jenis obat yang digunakan dalam menangani psikosis ataupun epilepsi.

Arti Mata Kiri Bawah Kedutan Menurut Primbon

kedutan mata kiri bawah

Di era modern seperti sekarang ini, tak sedikit orang-orang yang masih mempercayai kebenaran dari suatu mitos, salah satunya adalah pada mitos mengenai kedutan. Setiap anggota tubuh yang mengalami kedutan ini dipercaya memiliki arti atau makna tersembunyi. Jika ditarik dari kitab Primbon Jawa, kedutan mata kiri bawah memiliki beberapa arti. Berikut ini beberapa arti mata kiri bawah kedutan menurut primbon.

Akan Kehilangan Sesuatu yang Berharga

Arti mata kiri bawah kedutan dari Primbon yang pertama yakni pertanda bahwa kamu akan kehilangan sesuatu. Menurut Primbon Jawa, hal ini berarti dalam waktu dekat kamu akan merasa sedih karena ditinggalkan. Dalam hal ini, yang dimaksud ditinggalkan bisa dalam bentuk benda berharga ataupun orang yang disayangi. Pengalaman buruk ini juga seringkali berurusan dengan sesuatu yang tidak kita sadari.

Pertanda akan Mendapatkan Musibah

Menurut Primbon, arti berikutnya dari mata kiri yang berkedut juga dapat menjadi pertanda akan mendapat cobaan hidup. Cobaan hidup ini dapat berupa suatu ‘musibah’ yang perlu dihadapi. Hal Ini juga berkaitan dengan cobaan berat yang belum pernah kita alami sebelumnya. Jadi, selalu persiapkan diri dalam segala kemungkinan buruk yang terjadi.

Tak hanya itu, arti mata kiri bawah mengalami kedutan lainnya berkaitan dengan orang lain. Hal ini juga dapat menjadi tanda kalau kamu akan berkelahi atau berurusan dengan orang lain. Perkelahian itu dapat dipicu dari masalah masa lampau atau tindakan-tindakan yang tidak disengaja. Selain itu, perkataan kasar juga tanpa disadari juga bisa menjadi pemicu perkelahian ini terjadi.

Keinginan Akan Terwujud

kedutan mata kiri bawah
Sumber: akamaized.net

Banyak yang percaya bahwa kedutan di bagian mata kiri bawah merupakan suatu pertanda baik. Sebab, keinginan serta cita-cita yang telah lama diimpikan akan terwujud dalam waktu dekat. Kabar baik ini juga menjadi hasil dari kerja keras dan usaha yang telah dilakukan selama ini. Tentunya, jangan lupa berdoa agar hal ini benar-benar terwujud.

Bertemu Kawan Lama atau Kerabat Dekat

Pertemuan dengan kawan lama serta kerabat seringkali menjadi hal yang ditunggu-tunggu. Jika kamu mengalami kedutan di bagian mata kiri bawah, kemungkinan kamu akan bertemu dengan seseorang, bisa jadi dia adalah kawan lama, atau kerabat yang telah lama tak bertemu. Pertemuan ini juga akan membawa kebahagiaan tersendiri bagimu.

Perasaan Kecewa dan Sedih

Adapun arti lainnya dari mata kiri bagian bawah yang mengalami kedutan adalah merasakan kekecewaan dalam waktu dekat. Kekecewaan yang terjadi bisa karena putus cinta dengan pasangan ataupun adanya sesuatu yang tak tercapai. Meski demikian, jangan sampai putus semangat dan hadapi dengan baik ya.

Mendapat Rezeki

Banyak yang percaya jika kedutan di bagian mata kiri bawah memiliki arti kalau kamu akan mendapatkan rezeki. Rezeki ini sendiri sesungguhnya datang dari hal-hal yang sebelumnya tidak pernah diduga. Tentu saja, rezeki ini membuatmu merasa bahagia. Selain itu, rezeki yang akan datang juga akan membantu kondisi perekonomian.

Cara Mengatasi Kedutan Mata

Apakah kemudian kedutan mata dapat diatasi? Tentu saja bisa. Berikut di bawah ini beberapa cara mengatasi kedutan mata yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Cegah Mata dari Kondisi Kering

Usahakan untuk selalu mencegah mata dari kondisi kering. Terutama setelah kamu menggunakan alat elektronik ataupun gadget dalam waktu yang terlalu lama. Sesekali jangan lupa regangkan pandangan dari layar smartphone atau laptop kamu.

Hindari Konsumsi Alkohol dan Kafein secara Berlebih

Kandungan kafein serta alkohol memiliki efek yang dapat membuat mata menjadi tegang. Sebaiknya, tingkatkan konsumsi air kelapa, karena efek air kelapa dapat membantu melemaskan otot mata.

Istirahat Cukup

Dalam skala normal, seseorang seharusnya beristirahat secukupnya yaitu selama 7-8 jam. Coba cari waktu sejenak untuk tidur agar mata dapat beristirahat. Hindari tidur terlalu malam karena kelopak mata akan mengalami beban yang berlebihan.

Buku-Buku Terkait

Membuat Mata Lebih Cantik Lengkap Aksesorisnya

https://www.gramedia.com/products/conf-membuat-mata-lebih-cantik-lengkap-aksesorisnya?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/conf-membuat-game-android-dengan-unity-3d?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Buku ini menyajikan informasi seputar rahasia membuat mata lebih cantik dan dilengkapi aksesorisnya. Diantara tips yang tersaji dalam buku ini adalah; Blefaroplasti, Cara Aman Mempercantik Mata; Menghilangkan Kantung Mata; Atasi Kelainan Medis; Mata Sahabat Proporsional; Persiapan Melakukan Blefaroplasti; Mata Cantik dengan Eyeliner Tepat; Beragam Eyeliner dan cara pemakaiannya;

Tips Membuat Keriting Bulu Mata Lentik; Solusi perawatan bulu mata; Bersihkan bulu mata; Sikatlah bulu mata; Tips Merapikan dan Merawat Alis Mata; Tips membuat mata sipit tampak menjadi lebih besar; Tips Mencegah Kerutan Halus Seputar Mata; Solusi Hilangkan Lingkar Hitam & Kantung Mata; Soft Laser Therapy; Tahap-Tahap Terapi; Tips Merawat Kesehatan Mata. Dapatkan segera buku ini dan temukan manfaatnya. Selamat membaca, semoga bermanfaat!!

Teknik Menghilangkan Stres dari Otak: Serotonin dan Air Mata Pengubah Hidup

https://www.gramedia.com/products/conf-membuat-game-android-dengan-unity-3d?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Arti sebenarnya “orang yang kuat menghadapi stres” bukanlah orang yang mengalahkan stres. Tapi, orang yang bisa menghindari rasa stres yang menghampirinya dengan baik dan mengontrolnya menjadi stres dengan tingkatan yang sesuai buat dirinya. Dan otak kita dilengkapi dengan fungsi untuk mengontrol stres pada otak. Pada dasarnya secara alamiah fungsi itu akan bekerja ketika manusia menjalani hidup dengan teratur sambil menjaga komunikasi antarmanusia dalam kehidupan sosialnya dengan baik.

Sayangnya, belakangan ini terjadi perubahan besar dalam kehidupan bermasyarakat akibat kehidupan yang tidak teratur, mulai hidup berkeluarga, pemakaian laptop dan ponsel, dan lain-lain. Hal itu menyebabkan semakin banyaknya orang dengan fungsi pengontrol stres otak yang tidak berjalan dengan baik. Dalam buku ini Anda akan mengetahui:

  1. Sebenarnya yang merasakan stres adalah otak.
  2. Stres fisik dan stres psikis dapat memicu penyakit.
  3. Orang lebih banyak lepas kendali pada malam hari.
  4. Manusia memiliki senjata rahasia alami yang ampuh untuk menyingkirkan stres.
  5. Otak Anda bisa dilatih untuk melepaskan stres hanya dalam 5 menit sehari.

Panduan Tes Buta Warna

https://www.gramedia.com/products/panduan-tes-buta-warna?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/conf-membuat-game-android-dengan-unity-3d?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Buta warna bisa diartikan sebagai kekurangmampuan dalam melihat warna atau ketidakmampuan dalam membedakan warna-warna tertentu. Hal ini dapat terjadi karena penyimpangan gen tertentu yang dapat diturunkan. Buta warna juga dapat diakibatkan oleh penyakit tertentu yang terjadi setelah dewasa. Kebanyakan penderita buta warna hanya buta warna terhadap warna-warna tertentu, misalnya buta warna hijau atau merah. Ada juga buta warna total yang hanya dapat melihat warna hitam, putih, dan keabu-abuan, walaupun ini sangat jarang terjadi.

Penting diketahui bahwa buta warna tidak ada hubungannya dengan gangguan penglihatan lain. Sehingga tidak terlalu bermasalah bagi seseorang untuk mendapatkan pekerjaan atau jabatan, kecuali untuk pekerjaan pada bidang tertentu, misalnya pilot, masinis, kereta api, dokter, ahli kimia, polisi, tentara, dan lain-lain. Buku ini penting dimiliki karena memuat cara melakukan tes buta warna secara sederhana dan dapat dilakukan sendiri di rumah.

Food Combining

https://www.gramedia.com/products/conf-food-combining?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/conf-membuat-game-android-dengan-unity-3d?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Buku mengenai kombinasi Makanan Serasi, atau lebih populer dengan nama Food Combining, telah ditulis oleh begitu banyak pengikutnya di seluruh dunia. Sebagian besar adalah mereka yang pernah mengalami sakit dan tidak dapat sembuh secara medis tapi sehat kembali setelah menerapkan pola makan ini.

Sayangnya, buku-buku yang ditulis mengenai pola makan ini selain berbahasa asing, petunjuk-petunjuknya lebih cocok untuk gaya hidup orang Barat. Disesuaikan dengan gaya hidup dan pola makan masyarakat Indonesia, buku tentang Kombinasi Makanan Serasi ini memberikan pengetahuan tentang pola makan yang benar, yang diselaraskan dengan siklus pencernaan tubuh. Di dalam juga dilengkapi dengan informasi kombinasi makanan yang serasi dan tidak serasi beserta contoh menu sehari-hari dan resep-resep masakannya, sehingga memudahkan para pemula menerapkan pola makan ini.

Itu dia, beberapa arti kedutan mata kiri bawah berdasarkan Primbon Jawa dan penyebab mata kedutan. Jadi, jangan lupa untuk menerapkan beberapa cara mengatasi kedutan mata ini, ya. Semoga informasi ini bermanfaat untukmu!

Jika ingin mencari berbagai macam buku yang berkaitan dengan mata, kamu bisa mencarinya di Gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Sofyan

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Arum Rifda

Menulis adalah cara terbaik untuk menyampaikan isi pemikiran, sekalipun dalam bentuk tulisan, bukan verbal.
Ada banyak hal yang bisa disampaikan kepada pembaca, terutama hal-hal yang saya sukai, seperti K-Pop, rekomendasi film, rekomendasi musik sedih mendayu-dayu, dan lain sebagainya.