in

10 Rekomendasi Film tentang Bencana Alam Paling Menegangkan

(Mike Doukas/Public domain USA).

Rekomendasi Film tentang Bencana Alam – Seperti yang kita ketahui bahwa akhir-akhir ini, banyak terjadi bencana alam di Indonesia, mulai dari gempa, banjir, angin topan, tanah longsor, gunung meletus, hingga tsunami. Hal tersebut harus membuat kita selalu waspada agar selalu berhati-hati.

Berbicara tentang bencana alam, ternyata ada beberapa film yang bertema tentang bencana alam. Film-film tersebut menampilkan adegan menegangkan dan juga mencekam. Selain itu, film tentang bencana alam biasanya juga menyatukan beberapa genre, mulai dari aksi, drama, romantis, hingga keseruan. Bagi kalian yang belum tahu, film tentang bencana alam disebut juga dengan disaster film.

Nah, apa saja film tentang bencana alam yang mampu membuat merinding, ngeri, dan tegang? Berikut beberapa rekomendasi film bertema bencana alam dari Gramedia.

Rekomendasi Film tentang Bencana Alam

1. 2012 (2009)

Film tentang Bencana Alam
Poster film 2012 (Columbia Pictures/Non-free movie poster).

Film 2012 merupakan film berdurasi 158 menit yang diproduksi oleh perusahaan produksi Centropolis Entertainment dan didistribusikan oleh Columbia Pictures. Film ini tayang pada 2012 dan sempat fenomenal saat itu. Syuting film tersebut dimulai pada Agustus 2008 di Vancouver, meskipun awalnya direncanakan dilakukan di Los Angeles.

Film ini diangkat dari isu yang banyak beredar saat itu, yaitu ramalan tentang terjadinya kiamat pada 2012. Prediksi bahwa akan terjadi bencana besar pada 2012 juga sama dengan asumsi suku Maya. Kalender penanggalan mereka selesai pada 21 Desember 2012.

Film 2012 bercerita tentang kehancuran seluruh penduduk bumi yang tidak menyadari bahwa waktu kiamat akan segera tiba. Bentuk kiamat yang mereka hadapi adalah bencana alam yang sangat besar dan tidak pernah mereka bayangkan sebelumnya.

Ilmuwan asal Amerika yang bernama Dr. Adrian memperingatkan akan datangnya bencana tersebut. Hingga para pemimpin dunia memulai persiapan rahasia untuk menyelamatkan kelangsungan hidup mereka semua.

Film 2012 diproduksi tahun 2009 dan disutradarai oleh Roland Emmerich bersama Harald Kloser. Film tersebut tayang perdana pada 13 November 2009. Selama penayangannya, Box Office Mojo mencatat pendapatan film 2012 lebih dari 769 juta dolar Amerika Serikat (AS). Sejumlah 603 juta dolar AS di antaranya berasal dari penayangan secara internasional.

Situs Rotten Tomatoes memberi skor 39%. Sementara itu, penonton memberikan skor 47%, sedangkan situs IMDb memberi skor 5,8 dari 10. Film 2012 juga memenangkan sejumlah penghargaan, antara lain Best Sound dan Best Visual Effects Satellite Awards.

Film ini dibintangi oleh John Cusack, Thandie Newton, Woody Harrelson, Amanda Peet, Liam James, Morgan Lily, Thomas McCarthy, Danny Glover, Chiwetel Ejiofor, Oliver Platt, Ng Chin Han, Zlatko Buric, dan masih banyak lagi.

2. The Day After Tomorrow (2004)

Film tentang Bencana Alam
Poster film The Day After Tomorrow (Twentieth Century Fox Film Corporation/Non-free movie poster).

Film The Day After Tomorrow ini merupakan film dari 20th Century Fox yang bergenre fiksi ilmiah dan tayang pada 2004. The Day After Tomorrow menceritakan tentang seorang ahli iklim dan cuaca bernama Jack Hall. Jack menemukan teori bahwa bumi sebentar lagi akan mengalami bencana akibat pemanasan global. Namun, teori tersebut dianggap hanya lelucon dan tidak bisa dibuktikan ketika disampaikan dalam konferensi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

The Architecture of Love | Di balik Pena

Sampai suatu ketika, teori tersebut akhirnya menjadi kenyataan. Cuaca menjadi sangat dingin dan terjadi badai salju yang sangat ekstrim. Cuaca tersebut semakin hari semakin meningkat hingga menjadikan benda yang berada di luar ruangan menjadi es karena dinginnya cuaca tersebut. Film ini juga diangkat dari isu yang tengah populer tentang pemanasan global yang dapat menyebabkan kerusakan bumi secara perlahan.

Film ini dibintangi oleh Dennis Quaid, Jake Gyllenhaal, Sela Ward, Emmy Rossum, Ian Holm, Arjay Smith, Austin Nichols, Dash Mihok, Jay O. Sanders, Kenneth Welsh, Perry King, Nestor Serrano, Tamlyn Tomita, Glenn Plummer, Adrian Lester, Richard McMillan, Sasha Roiz, Christopher Britton, Amy Sloan, Sheila McCarthy, Tom Rooney, Christian Tessier, Mimi Kuzyk, Jason Blicker, Ayana O’Shun, dan Marylou Belugou.

3. San Andreas (2015)

Film tentang Bencana Alam
Poster film San Andreas (Warner Bros Pictures/Non-free movie poster).

Film ini merupakan drama menegangkan dari Warner Bros yang dirilis pada 2015. San Andreas merupakan film tentang bencana alam gempa yang terjadi di Kota San Fransisco. Film ini menceritakan tentang pilot helikopter dari pemadam kebakaran yang bernama Ray (Dwayne Johnson).

Bencana alam gempa bumi ini terjadi di California dengan kekuatan yang sangat besar sampai 9 skala richter (SR). Ray bersama mantan istrinya mencoba melakukan perjalanan ke San Fransisco untuk menyelamatkan putrinya yang bernama Blake. Banyak halangan dan rintangan yang harus dihadapi bersama istrinya untuk menjemput anaknya.

Syuting film dimulai pada 22 April 2014 di Queensland, Australia dan selesai pada 27 Juli di San Francisco. Film ini dirilis di seluruh dunia dalam format 2D dan 3D pada 29 Mei 2015. Film ini disutradai oleh Brad Peyton dan ditulis oleh Carlton Cuse. Adapun kredit cerita adalah Andre Fabrizio dan Jeremy Passmore.

Film tersebut dibintangi oleh Dwayne Johnson, Carla Gugino, Alexandra Daddario, Ioan Gruffudd, Archie Panjabi, Paul Giamatti, Hugo Johnstone-Burt, Art Parkinson, Will Yun Lee, dan Kylie Minogue.

4. Into the Storm (2014)

Film tentang Bencana Alam
Poster film Into the Storm (Warner Bros Pictures/Non-free movie poster).

Film bencana yang dirilis tahun 2014 oleh New Line Cinema ini menceritakan tentang badai tornado terbesar yang belum pernah terjadi dalam sejarah. Film ini menceritakan sebuah Kota Sylverstone yang rusak parah karena badai dan tornado. Film ini sangat menegangkan dan penontonnya dapat merasakan angin tornado yang sangat besar merusak dan menghancurkan setiap benda yang dilewatinya.

Selain berkisah tentang tim pemburu tornado, film Into the Storm juga memberikan sudut pandang dari dua orang remaja, yaitu Trey dan Donnie yang ingin membuat video kapsul waktu, yang nantinya akan ditonton setelah 25 tahun.

Pada mulanya semua berjalan normal, mereka berdua merekam aktivitas dan acara kelulusan sekolah yang dikepalai oleh ayah mereka, yaitu SMA Silverton. Namun, pada akhirnya mereka terjebak dalam situasi mengerikan saat badai tornado menerjang kota mereka.

Film ini menyuguhkan berbagai adegan mencengangkan yang akan membuatnya seru untuk ditonton. Salah satunya dengan munculnya berbagai jenis tornado. Tim pemburu tornado di dalam film ini menemui berbagai jenis tornado seperti tornado level EF3 hingga tornado api. Into the Storm juga dapat menambah wawasan mengenai keragaman tornado ditinjau dari kelasnya, mulai dari yang paling ringan, yaitu EF-0 hingga yang paling merusak berjenis EF-5.

Film tersebut dibintangi oleh Richard Armitage, Sarah Wayne Callies, Matt Walsh, Max Deacon, Alycia Debnam-Carey, Nathan Kress, Arlen Escarpeta, Jeremy Sumpter, Lee Whittaker, Stephanie Koenig, Kyle Davis, Jon Reep, Scott Lawrence, David Drumm, Brandon Ruiter, Kron Moore, dan Patrick Sarniak.

5. Poseidon (2006)

Poster film Poseidon (Warner Bros Pictures/Non-free movie poster).

Film dari Warner Bros yang dirilis pada 2006 ini menceritakan tentang bencana alam yang berada di lautan, tepatnya di Samudra Atlantik. Film ini mengisahkan tentang sebuah kapal yang bernama Poseidon, kapal besar dan canggih yang mampu menampung banyak penumpang. Tidak pernah ada yang menyangka bahwa kapal Poseidon mengalami sebuah kecelakaan ketika sedang berada di laut.

Ketika berada di Samudra Atlantik, tiba-tiba kapal ini diterjang oleh gelombang ganas yang langsung membuat kapal tersebut menjadi terbalik. Film ini juga bisa dibilang sebagai survival film karena ini menceritakan sebagian penumpang menyelamatkan diri dari kapal yang telah terbalik dan semakin tenggelam.

Pengalaman menegangkan itu bisa kalian saksikan di film besutan sutradara terkenal Wolfgang Petersen ini. Poseidon diangkat dari novel berjudul The Poseidon Adventure karya Paul Gallico. Film tersebut dianggap yang paling mendekati dengan film terdahulunya yang tayang pada 1972. Sebab, ada beberapa film berjudul sama yang kadang membingungkan banyak penonton.

Kalau kamu memiliki claustrophobia, kami sarankan jangan menonton beberapa adegan yang ada di dalam film ini. Cukup awal dan akhir saja. Ini dikarenakan banyak adegan ketika semua tokoh harus melalui halang rintang di tempat yang tidak begitu luas.

Ingat, ada adegan ketika kapal dalam keadaan terbalik. Seseorang yang berjalan melaluinya saja susah, ditambah dengan puing-puing yang saling himpit. Belum lagi mayat yang ada tergeletak di mana-mana akan membuat kalian semakin bergidik ngeri. Salah satu adegan uji nyali untuk kalian para claustrophobia adalah waktu ketika mereka harus masuk ke dalam lubang ventilasi udara yang sempit dan terjebak di sana.

Film ini dibintangi oleh Josh Lucas, Kurt Russell, Richard Dreyfuss, Emmy Rossum, Jacinda Barrett, Mike Vogel, Mía Maestro, Kevin Dillon, Freddy Rodriguez, Jimmy Bennett, Stacy Ann Ferguson, dan Andre Braugher.

6. The Perfect Storm (2000)

Film tentang Bencana Alam
Poster film The Perfect Storm (Warner Bros Pictures/Non-free movie poster).

The Perfect Storm merupakan film dari Warner Bros dan rilis pada 30 Juni 2000. Film ini merupakan hasil adaptasi dari buku non fiksi dengan judul yang sama karangan Sebastian Junger. Film tersebut menceritakan tentang badai yang terjadi di lautan lepas.

Nama tokoh dan peristiwa karamnya kapal Andrea Gail di dalam film ini memang benar-benar ada. Pihak keluarga sendiri menggugat produser di pengadilan distrik federal di Florida dengan alasan nama pelaut itu digunakan tanpa izin dari mereka.

Film ini menceritakan tentang beberapa nelayan pencari ikan yang berlayar mengarungi lautan untuk mendapatkan tangkapan ikan yang banyak. Namun, ketika mereka sudah mendapat banyak tangkapan ikan, tiba-tiba mesin pendingin yang berada di kapal mereka mati. Sampai akhirnya, mereka mau tidak mau harus bergegas kembali ke pelabuhan, walaupun harus menerjang badai besar yang berbahaya.

Badai itu menghasilkan gelombang laut setinggi hingga 100 kaki (hampir 30 meter) dan ombak tersebut menghempaskan Kapal Andrea Gail dan keenam awak kapalnya di tengah laut sekitar Pulau Sable.

Tidak ada laporan dan pesan lebih lanjut mengenai suara terakhir sang kapten dan tidak ada kapal lain yang melaporkan mendengar panggilan kemalangan lainnya dari kapten Kapal Andrea Gail. Pada 30 Oktober 1991, kapal nelayan itu dinyatakan hilang dan karam.

Sebuah pencarian besar-besaran segera diadakan oleh 106th Rescue Wing dari New York Air National Guard, States Coast Guard dan Canadian Coast Guard. Luas kawasan pencarian oleh ketiga tim mencakup wilayah seluas 400.000 kilometer2. Pada 8 November 1991, emergency position-indicating radio beacon (EPIRB) dari Andrea Gail ditemukan terhanyut dan mendarat di pantai Pulau Sable.

Film ini dibintangi oleh George Clooney, Mark Wahlberg, John C. Reilly, Diane Lane, William Fichtner, John Hawkes, Allen Payne, Mary Elizabeth Mastrantonio, Karen Allen, Bob Gunton, Christopher McDonald, Dash Mihok, Josh Hopkins, Michael Ironside, Cherry Jones, Rusty Schwimmer, Janet Wright, dan Todd Kimsey.

7. Twister (1996)

Poster film Twister (Warner Bros Pictures/Non-free movie poster).

Twister merupakan film dari Warner Bros yang dirilis pada 1996, yang menceritakan tentang bencana angin tornado yang terkenal ganas dan berbahaya. Film ini mengisahkan tentang tim pemburu badai yang mencoba mengumpulkan data dan meneliti tentang kejadian alam seperti tornado.

Mereka bersaing dengan tim lain yang didanai oleh pemerintah dalam waktu yang bersamaan. Film tersebut juga mengisahkan sepasang suami istri yang hampir bercerai dan kembali bersama karena adanya bencana alam tersebut.

Film ini dibintangi oleh  Helen Hunt, Alexa Vega, Bill Paxton, Tom Hanks, Michael Keaton, Kurt Russell, Mel Gibson, Kevin Costner, Dennis Quaid, John Travolta, Richard Gere, John Cusack, Nicolas Cage, Bruce Willis, Val Kilmer, Cary Elwes, Alec Baldwin, Hugh Laurie, Christopher McDonald, Peter Greene, Jami Gertz, Mira Sorvino, Lois Smith, Alan Ruck, Philip Seymour Hoffman, Jeremy Davies, Todd Field, Zach Grenier, Nicholas Sadler, Abraham Benrubi, Jake Busey, Scott Thomson, Sean Whalen, Joey Slotnick, Wendle Josepher, Gregory Sporleder, Patrick Fischler, Ben Weber, Anthony Rapp, dan Eric LaRay Harvey.

8. The Wave (2015)

Film tentang Bencana Alam
Poster film The Wave (Magnolia Pictures/Non-free movie poster).

The Wave merupakan film yang didistribusikan oleh Nordisk Filmdistribusjon dan Magnolia Pictures pada 2015. Film ini berasal dari Norwegia dengan genre action drama dan thriller. The Wave bercerita tentang sebuah bencana menegangkan yang dialami oleh Christian, seorang ahli geologi yang tinggal di sebuah desa kecil.

Gelombang air pasang dengan tinggi lebih dari 80 meter telah menerjang apa saja yang telah dilaluinya dan akan segera tiba di desa kecil tersebut. Christian harus berjuang menyelamatkan istri dan kedua anaknya yang terpisah saat bencana terjadi.

9. Pompeii (2014)

Poster film Pompeii (Sony Pictures Releasing/Non-free movie poster).

Film bertema petualangan ini menceritakan tentang meletusnya Gunung Vesuvius yang menghancurkan kota Romawi Kuno, khususnya Kota Pompeii. Film itu diangkat dari kisah yang terjadi pada 79 Masehi, yang menceritakan seorang budak yang menjalin cinta dengan putri majikannya. Namun, perjalanan cintanya itu mengalami hadangan yang sangat berat.

Bukan saja karena perbedaan status, tetapi juga karena munculnya bencana yang sangat hebat saat itu. Gunung Vesuvius meletus dengan kekuatan 40 bom nuklir selama dua hari hingga menghancurleburkan Kota Pompeii dan membuatnya terkubur abu setinggi 4 sampai 6 meter. Film ini diangkat dari kisah nyata dan tayang pada 2014.

10. The Impossible (2012)

Film tentang Bencana Alam
Poster film The Impossible (Warner Bros Pictures/Non-free movie poster).

Film ini menceritakan tentang bencana tsunami yang diangkat dari kisah nyata pada Desember 2004 silam. Bencana ini mengguncang negara-negara di Samudra Hindia, termasuk Indonesia, yang menewaskan lebih dari 230.000 orang.

Film The Impossible menceritakan tentang sebuah keluarga yang sedang mengadakan liburan Natal di pantai yang berada di Thailand. Ketika mereka sedang bermain asyik dan bersantai di kolam renang, air laut tiba-tiba meluap dan memporak-porandakan seluruh bangunan yang berada di dekat pantai, termasuk kota yang mereka kunjungi. Cerita yang disajikan dalam film ini sangat dramatis dan sangat realistis. Film tersebut sangat sukses dan mendapatkan banyak penghargaan.

Itulah artikel terkait “10 Rekomendasi Film tentang Bencana Alam Paling Menegangkan” yang bisa kalian gunakan sebagai referensi menonton film. Sudahkah kalian menonton salah satunya?

Jika ada saran, pertanyaan, dan kritik, silakan tulis di kotak komentar bawah ini. Bagikan juga tulisan ini di akun media sosial supaya teman-teman kalian juga bisa mendapatkan manfaat yang sama.

Untuk mendapatkan lebih banyak informasi, Grameds juga bisa membaca buku yang tersedia di Gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas kami selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan dan pengetahuan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca. Semoga bermanfaat!

Rekomendasi Buku dan E-Book Terkait Film

1. Bikin Film, Yuk! Tutorial Asyik Bikin Film Kamu Sendiri

2. Bikin Film Itu Gampang: Edisi Smartphone

3. Create Your Film: Belajar Cepat Olah Video dengan Movie Maker dan Ulead

Film tentang Bencana Alam

4. Movie/Film: Why?

Film tentang Bencana Alam



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Arum Rifda

Menulis adalah cara terbaik untuk menyampaikan isi pemikiran, sekalipun dalam bentuk tulisan, bukan verbal.
Ada banyak hal yang bisa disampaikan kepada pembaca, terutama hal-hal yang saya sukai, seperti K-Pop, rekomendasi film, rekomendasi musik sedih mendayu-dayu, dan lain sebagainya.