in

12 Contoh Surat Pribadi Untuk Sahabat Beserta Cara Membuatnya!

kledo.com

Contoh Surat Pribadi untuk Sahabat – Menulis surat pribadi merupalan salah satu cara berkomunikasi yang banyak digunakan sejak dulu hingga masa kini meski telah ada internet. Jika pada zaman dulu menulis surat pasti menggunakan tulisan tangan sendiri, sekarang teknologi terbaru sudah bisa melaksanakan tugas tersebut.

Salah satu jenis surat yang sering kali dibuat ialah surat pribadi dengan berbagai keperluan. Berikut ini, Grameds akan mempelajari mengenai surat pribadi mulai dari pengertiannya, struktur, bagian surat, dan juga contoh-contohnya.

Pengertian Surat Pribadi

Surat merupakan sarana komunikasi yang berguna untuk menyampaikan informasi tertulis oleh suatu pihak kepada pihak yang lainnya. Dikutip dari Modul Mata Pelajaran Bahasa Indonesia oleh Tim Dosen Bahasa Indonesia Universitas Negeri Surabaya, kemampuan menulis surat masih sangat diperlukan hingga sekarang. Setiap orang diharapkan mampu menulis surat untuk bisa mengutarakan pikirannya dengan baik sekaligus mudah dipahami.

Sementara itu, menurut Ismail Kusmayadi dalam buku Be Smart Bahasa Indonesia, surat pribadi merupakan surat yang berisi masalah pribadi serta ditujukan kepada keluarga, teman, atau kenalan. Surat pribadi memiliki sifat yang lebih santai dan akrab apabila dibandingkan dengan surat resmi, sehingga biasanya menggunakan bahasa yang lebih tidak formal.

Meski demikian, penggunaan bahasa pada surat pribadi biasanya disesuaikan dengan orang yang akan dituju di dalam surat tersebut. Selain itu, bentuk dan isi surat juga ditentukan oleh kepada siapa Grameds akan mengirim surat pribadi tersebut. Surat yang ditujukan kepada orang tua pastinya akan berbeda dengan surat yang ditujukan kepada sahabat pena.

Sesuai namanya, surat pribadi ditulis untuk mewakili diri sendiri atau pribadi. Posisi sang penulis tak mewakili institusi atau lembaga mana pun dan tidak bersifat resmi.

Contoh Surat Pribadi untuk Sahabat yang Benar

Contoh Surat Pribadi untuk Sahabat
bobo.id

Sekarang waktunya berlatih membuat surat pribadi. Berikut contoh surat pribadi untuk Grameds.

Contoh Surat Pribadi untuk Sahabat 1

Untuk sahabatku

Linda

di tempat

 

Halo!

Apa kabar Linda? Semoga kamu dan keluarga sehat wal afiat. Reza di sini juga sehat. Begitu juga dengan orang tua dan kakakku.

 

Bagaimana dengan sekolah barumu? Apakah kamu sudah punya teman baru? Rasanya ingin sekali Reza bertemu, tetapi jarak memisahkan kita sehingga kita tak bisa bertatap muka secara langsung. Biarlah surat ini yang mewakili perjumpaan kita. Aku merindukan canda dan tawamu.

Linda, apakah kamu masih rajin latihan bola voli? bagaimana jika suatu saat nanti kita adakan pertandingan persahabatan? Pasti seru. Tim bola voliku jago-jago lho! Bahkan tim kami pernah juara favorit antarpelajar se-Cirebon. Hebat, bukan?

Linda, sebenarnya masih banyak yang ingin kuceritakan padamu, tetapi hari sudah malam dan aku harus istirahat. Lain kali disambung lagi, ya. Salam buat keluargamu. Jangan lupa balas suratku, ya!

 

Salam manis

 

Reza

Contoh Surat Pribadi untuk Sahabat 2

Yogyakarta, 13 Agustus 2022

 

Halo, Shania

Aku dengar dari Nabilah, kamu akan sekolah di Jogja dan sedang sibuk mencari tempat kos? Jika sempat, datanglah ke rumah. Sebelum kamu mendapatkan tempat yang cocok, kamu juga bisa tinggal di rumahku. Aku sudah bicara dengan Bapak dan Ibu di rumah. Mereka oke-oke saja. Bagaimana? Kita bisa main ke Malioboro lagi bersama-sama.

Sekian dulu, pikirkan ya tawaran saya ini. Saya tunggu jawabanmu secepatnya.

Sahabatmu,

 

Ayana

Contoh Surat Pribadi untuk Sahabat 3

Makassar, 20 Agustus 2022

 

Bagaimana kabarmu, teman? Semoga segala sesuatunya berjalan dengan lancar. Aku sedang berpikir bagaimana caranya untuk “sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui”. “Dayungnya” sudah ada. Aku sudah mendapatkan izin (juga uang saku tentunya) untuk liburan ke Jogja. “Pulau” yang kutuju rencananya ada dua, bertemu denganmu sekaligus menikmati pemandangan di Candi Prambanan.

JIka memungkinkan dan kamu tidak keberatan, aku ingin menginap di rumahmu, lima hari saja. Karena, aku tidak punya keluarga di Jogja. Tentu saja akan lebih menyenangkan jika kamu mau menemaniku ke Candi Prambanan.

Tolong ya. Oh ya, kamu mau kan membalas e-mail ini secepatnya supaya aku bisa mempersiapkan segala sesuatunya atau merancang rencana baru jika belum memungkinkan liburan ke Jogja.

 

Salam, Shania

 

Contoh Surat Pribadi untuk Sahabat 4

15 Juni 2022

 

Untuk sahabatku, Rendi

Senang sekali menerima suratmu, terutama tawaranmu untuk berakhir pekan di Bandungan. Kebetulan sekali aku sedang tak ada acara dan kangen bercandamu yang meriah. Jumat malam aku ke rumahmu, ya. Kita berangkat dari rumahmu. Betul kan ada pesta kebun di Sabtu sore? Bagaimana kalau aku membawa kue buatan Mama yang kamu suka? Eh, jangan lupa, harus ada jagung bakar. Sampai ketemu Jumat malam, ya.

Temanmu,

 

Kresno

 

Contoh Surat Pribadi untuk Sahabat 5

Karanggeneng, 15-01-2022

 

Assalamualaikum, wr. wb.,

Hai, Afifah, terima kasih ya atas undangan ulang tahunnya. Aku turut bahagia untukmu. Semoga kesejahteraan, keselamatan, dan kesuksesan selalu menyertaimu di tahun-tahun yang akan datang.

Pestamu pasti meriah. Aku sudah bisa membayangkannya. Rugi rasanya jika aku tidak datang.Tapi apa mau dikata, tanggal 19 Januari itu, aku harus berangkat ke Surabaya. Ada tes untuk beasiswa belajar di Unair. Maaf, ya. Tapi, aku pasti datang setelah pulang dari Surabaya. Mau oleh-oleh apa?contoh surat pribadi

Selamat ulang tahun ya, Fah. Semoga panjang umur. Sekali lagi, maaf, ya.

 

Sahabatmu,

 

Zahrina

Contoh Surat Pribadi untuk Sahabat 6

Purbalingga, 5 Maret 2022

 

Salam rindu!

Apa kabarmu, Freya?

Freya, aku dengar kotamu sedang dilanda bencana banjir. Aku khawatir akan keadaanmu. Apakah kamu baik-baik saja? Apakah kamu bisa belajar di sekolah tanpa terganggu banjir?

Liburan semester ini, ayahku akan memberikan penyuluhan program “Kota Bebas Banjir” di kotamu. Aku diajak oleh ayah agar dapat mengunjungimu. Apakah kamu ada kesibukan liburan semester ini? Jika tidak, aku akan sangat senang dapat mengunjungimu.

Sekian dariku, kutunggu balasanmu.

 

Sahabatmu,

 

 

Marsha

Contoh Surat Pribadi 7

Surabaya, 20 Juli 2022

 

Temanku Cindy

Jalan Melati 16

Jakarta

 

Assalamualaikum,

Ketika surat ini aku tulis, hujan turun cukup deras. Udara sangat dingin dan suasana sepi. Namun, aku belum dapat tidur. Maklum, masih pukul delapan malam. Tiba-tiba, aku ingat kamu, teman sepermainanku pada waktu SD dulu. Bagaimana keadaanmu di Banten? Semoga sehat-sehat saja seperti aku sekarang.

Hari Minggu yang lalu, aku pergi ke Taman Bungkul. Ya, tempat wisata di Kta Surabaya yang pernah kita datangi bersama dengan teman-teman satu kelas dulu. Wah, ramai sekali. Pengunjung berkerumumn di depan taman. Akan tetapi, keadaan di dalam masih cukup longgar. Aku bisa bersantai bersama dengan beberapa teman.

Lumayan, cari hiburan. Aku lumayan merasa senang. Lebih senang lagi karena bertemu dengan teman-teman lama yang sekarang bersekolah di luar kota. Melody Nurramdhani, Rica Leyona, dan Sendy Ariani kebetulan juga ada di sana. Ya, mereka tetap lucu, senang bergurau seperti dulu. Mereka juga membicarakan kamu. Kata mereka, kamu juga sering bercanda.

Taman Bungkul sekarang lebih bagus, lho. Kapan kamu pergi ke Surabaya? Aku tahu, kamu hobinya main ke taman sambil membeli siomay. Kapan-kapan saya antar ke Taman Bungkul. Pasti asyik.

Sekian, semoga temanmu di Banten juga banyak seperti di Surabaya.

Wasssalamualaikum,

 

Ochi

Contoh Surat Pribadi 8

Temanggung, 09 April 2022

 

Untuk Mbak Ningning

di Korea

 

Salam kangen,

Gimana kabarmu di Korea, Mbak? Semoga selalu dalam lindungan-Nya. Alhamdulillah kami sekeluarga di sini baik-baik aja. Hanya saja setahun belakangan ini seperti ada yang kurang tanpa kehadiran Mbak Ningning di rumah. Bagaimana dengan karirmu di sana, Mbak? Ibu ingin lihat perkembangannya.

Aku kirim surat ini juga untuk memberi kabar sama Mbak, akhir tahun ini Ibu dan Bapak akan berangkat umroh. Pasti bakalan sepi banget rumahnya cuma ada aku, Cahyo, dan Mbok Sooman. Liburan akhir tahun ini Mbak bisa pulang kah?

Oh ya, aku juga ingin minta pendapat Mbak Ningning. Setelah lulus SMA nanti aku ingin kuliah di Semarang, menurut Mas gimana? Aku hanya sedikit bingung karena kalau aku kuliah di luar kota nantinya cuma ada Mbok Sooman dan Cahyo yang menemani Ibu dan Baoak. Aku tunggu balasan suratmu, dan jangan lupa oleh-oleh dari Korea pas pulang nanti. Hehehe…

Adik tergantengmu,

 

Reyhan

Contoh Surat Pribadi 9

Semarang, 18 Agustus 2022

 

Untuk Kak Aiko Harumi

di tempat

 

Salam Pramuka!

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih, Kak Aiko karena telah menyampaikan rencana kegiatan persami melalui ketua regu. Namun, menurut saya kegiatan tersebut tetap sama saja seperti kegiatan tahun-tahun sebelumnya. Saya mewakili teman-teman mengusulkan alangkahebaiknya jenis kegiatan persami diganti dengan kegiatan yang lebih menarik.

Saya dan teman-teman mengusulkan untuk kegiatan persami dengan adanya pertunjukkan menampilkan bakat masing-masing kelompok atau anggota pramuka. Dengan begini, kami bisa berlatih tampil di depan umum sekaligus untuk mengasah rasa percaya diri danmenggali bakat kami masing-masing.

Demikian usul yang kami sampaikan. Semoga bisa menjadi pertimbangan Kak Pane untuk menggelar acara persami nanti. Tetap semangat!

 

Salam,

 

Erika Ebisawa

Contoh Surat Pribadi 10

Surabaya, 20 Juli 2022

 

Bapak Tom yang saya sayangi,

Bagaimana kabar Bapak? Semoga selalu sehat.

Sejak Bapak pindah ke Kota Gede, rasanya kelas menjadi sepi. Tiada lagi tawa canda Bapak yang menyejukkan. Tiada lagi nasihat-nasihat yang indah itu. Kami semua kangen Bapak. Kerinduan kami hanya bisa diungkapkan lewat doa untuk guru yang luar biasa seperti Bapak.

Saya yakin Bapak sudah mendapat murid-murid baru di Kota Gede. Meski sudah mendapat murid baru, tolong jangan lupakan kami yang di Kota Surabaya ini.

Semoga Bapak senantiasa sehat dan selalu dalam lindungan-Nya.

 

Salam,

Hendra

Contoh Surat Pribadi 11

Yogyakarta, 28 Januari 2021

 

Jumpa sahabatku, Nadse

di Kota Serasi

 

Hai, Nadse,

Gimana keadaanmu sekarang? Mudah-mudahan kamu selalu sehat dan tidak kurang suatu apa pun. Sudah lama kamu tidak memberi kabar padaku. Apakah kamu sudah lupa denganku? Wah, mentang-mentang sudah jadi ketua OSIS, ya! Sudah jadi orang keren sekarang!

Nadse sahabatku. Aku sekarang tinggal di pengungsian. Lahar Merapi melanda kotaku, kota kelahiran kita hingga kini keadaannya menjadi porak-poranda. Rumah, sawah, dan ternak milik keluargaku habis tak tersisa. Untunglah semua keluargaku selamat, walau rumah kami rata dengan tanah. Doakan ya, semoga keluargaku selalu tabah dalam menerima cobaan ini.

Itu saja dulu ya, kabar dariku. Salam hormatku untuk kedua orang tuamu dan salam manisku untuk Mas Indra. Sampai jumpa di liburan yang akan datang.

Sahabatmu,

 

Manda

 

Contoh Surat Pribadi 12

Jakarta, 7 April 2016

 

Angga Leindika

Jl. Sultan Trengginas No. 13 I / 1

Kalung, Tanjung Reja

Banda Aceh

 

Salam persahabatan,

Halo, Angga. Bagaimana kabar kamu? Aku berharap semoga kamu baik-baik saja ya! Alhamdulillah soalnya aku di sini juga sehat dan baik-baik saja.

Eh, Angga, tahun depan aku ingin ke rumah nenekku yang ada di Bandar Aceh. Jadi aku bisa mampir sekalian ke rumah kamu. Boleh kan aku main ke rumahmu? Pasti boleh lah, soalnya aku kanget parah sama kamu. Awas, kalau tidak boleh! Jangan marah lho, aku cuma bercanda kok. Hehe.

Ngga, gimana foto kenangan kita, masih disimpan, nggak? Soalnya punya aku hilang nggak tahu ke mana.

Ngga, cukup sampai di sini dulu ya surat dari aku. Jangan lupa dibalas ya, Ian. Aku tunggu lho balasan suratnya!

 

Dari temanmu,

 

Dian Sorowea

Bagian dan Struktur Surat Pribadi

tribunnews.com

Surat pribadi mempunyai bagian dan struktur yang khas. Dikutip dari Ismail Kusmayadi dalam buku Be Smart Bahasa Indonesia, surat pribadi memiliki bagian dan struktur sebagai berikut.

  1. Alamat pembuatan surat
  2. Tanggal pembuatan
  3. Salam pembukaan
  4. Isi surat yang terdiri dari:
  • Paragraf pembuka
  • Paragraf isi surat
  • Paragraf penutup
  1. Salam penutup
  2. Tanda tangan dan nama penulis

Ciri-ciri dan Jenis Surat Pribadi

Surat pribadi mempunyai beberapa ciri-ciri dan jenis. Dikutip dari Agus Trianto dalam Pasti Bisa Bahasa Indonesia untuk SMP dan MTs Kelas VII, berikut jenis surat pribadi.

1. Undangan

Surat pribadi ini bertujuan untuk mengundang atau mengajak seseorang melakukan sesuatu. Isinya berupa ungkapan atau tawaran untuk mengajak teman bermain atau pergi bersama ke suatu tempat.

2. Permohonan dan Permintaan Penjelasan

Surat pribadi ini bertujuan untuk memohon atau meminta seseorang untuk menjelaskan sesuatu kepada pengirim surat. Bagian atas surat perlu dibuka dengan pertanyaan apakah yang bersangkutan berkenan dan tidak keberatan menjelaskan sesuatu yang ditanyakan pengirim surat.

3. Penerimaan dan Penolakan

Surat pribadi ini bertujuan menjawab suatu ajakan atau tawaran yang sudah disampaikan sebelumnya. Surat berisi penerimaan atau penolakan sebaiknya tidak terlalu panjang atau terlalu pendek. Jika terlalu panjang, akan terkesan bertele-tele. Sebaliknya, jika terlalu pendek akan terkesan kurang sopan.

4. Ungkapan Perasaan

Surat pribadi ini bertujuan menyampaikan atau mencurahkan isi hari. Perasaan yang disampaikan bisa positif seperti senang, bahagia, terkejut, atau cinta. Bisa juga berbentuk negatif seperti marah, kecewa, tersinggung, dan khawatir.

Cara Membuat Surat Pribadi

Untuk membuat surat yang mewakili diri sendiri, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terutama oleh pengirim surat. Antara lain:

1. Siapa Penerima Surat

Penulis surat perlu memahami identitas dari penerima surat. Mulai dari usianya (lebih tua, sebaya, atau lebih muda), jenis kelaminnya (laki-laki atau perempuan), serta hubungan penulis dengan penerima (sangat akrab, tidak terlalu akrab, dan baru kenal).

2. Tujuan Penulisan Surat

Penulis surat harus menunjukkan dengan jelas tujuannya mengirim surat. Apakah dia akan mengundang, mengajukan permohonan (barang/informasi), menjawab undangan, merencanakan sesuatu, memohon maaf, mengucapkan selamat, mengucapkan simpati, atau mengucapkan terima kasih. Berbeda tujuan, berbeda pula bahasa dan kosakata yang digunakan.

Nah, demikian contoh surat pribadi, tujuan pembuatannya, serta bagaimana cara membuatnya. Mudah, bukan? Selamat berkirim surat, Grameds!



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien