Sastra

10 Jenis Novel, Mana Favoritmu?

Intip 10 Jenis Novel Ini Sebelum Mulai Menulis! Ada Jenis Novel Favoritmu?
Written by Wida Kurniasih

10 Jenis Novel, Mana Favoritmu? – Sebagai pecinta novel, terkadang kita menjadi begitu menghayati dan juga begitu jatuh cinta pada kisahnya. Hal ini juga membuat sebagian penyuka baca menjadi ingin ikut menulis kisah mereka sendiri dengan berkaca dari novel-novel favoritnya. Namun, sebelum mulai menulis apakah kamu sudah tahu apa saja jenis novel yang ada?

Saat membaca sebuah buku kamu pasti menemukan jenis-jenis novel serupa yang biasanya kamu sukai. Misalnya kamu begitu menyukai satu novel Love, Hate, Hocus-Pocus milik Karla M. Nashar yang membahas kehidupan wanita karir tapi dibalut berbagai humor menarik. Kemudian rupanya kamu juga menyukai novel serupa yang lucu dan berhubungan dengan kisah kantoran seperti Resign! Milik Almira Bastari.

Dari sana kamu bisa menarik kesimpulan bahwa novel-novel favoritmu adalah novel yang berada di genre metropop yang dikemas dengan humor. Dengan begitu tidak heran jika kamu akan timbul keinginan menulis kisah yang serupa atau terinspirasi dari apa yang telah kamu baca.

Oleh karena itu, penting bagi calon penulis atau pecinta baca seperti kamu untuk mengetahui apa saja jenis novel yang ada. Ulasan berikut akan menjelaskan tentang jenis-jenis berdasarkan beberapa aspek.

Baca Juga: Cerpen vs Novel, Apa Bedanya?

Jenis Novel Berdasarkan Genre Cerita

Jenis Novel Berdasarkan Genre CeritaSebenarnya ada banyak jenis novel yang ada, namun terkadang ‘saking’ banyaknya jenis dan cerita kita sering kesulitan caranya membedakan jenis novel yang telah dibaca. Sebab, beberapa genre cerita terkadang tampak mirip meskipun sesungguhnya berbeda. Berikut jenis novel yang dikelompokkan berdasarkan genre ceritanya.

1. Romantis

Novel jenis ini merupakan genre klasik yang telah digandrungi seluruh masyarakat dari jaman dahulu kala hingga saat ini. Sesuai namanya novel romantis merupakan novel yang mengisahkan tentang percintaan dan kasih sayang. Baik kisah asmara antara lelaki dan perempuan ataupun kasih sayang terhadap keluarga dan lainnya.

Sebut saja satu novel legendaris dengan genre romantis sepanjang masa seperti Romeo & Juliet karya Shakespeare. Siapa yang tidak tahu kisah cinta keduanya yang melegenda. Sebagai salah satu karya sastra besar, genre romantis ini telah mengambil begitu banyak andil di dunia penulisan novel dari dahulu hingga sekarang.

Apalagi kisah-kisah percintaan saat ini sudah berkembang menjadi berbagai warna kisah baru yang digemari banyak pembaca. Namun, kisah romantis atau percintaan juga bukan berarti selalu indah dan bahagia. Ada banyak genre cerita romantis yang berakhir sedih dan menyakitkan yang dianggap menjadi bagian dari romantisme dan seni itu sendiri.

Jenis novel ini juga mulai berkembang sesuai budaya dan keresahan yang ada di masyarakat. Beberapa novel romantis terkadang juga dibawakan dengan humor, ringan, atau asmara yang tidak terlalu pelik. Umumnya jenis kisah romantis seperti ini hadir di novel-novel metropop dan chicklit.

Beberapa novel romantis seperti The Architecture of Love miliki Ika Natassa, Pride Prejudice milik Jane Austen, Rona Hidup Rona karya Mia Arsjad, Surprise Me karya Sophie Kinsella dan masih banyak lagi.

The Architecture Of Love (English)

The Architecture Of Love (English)

Beli Buku di Gramedia2. Komedi

Novel dengan genre komedi merupakan novel yang ditulis dengan kisah yang penuh kelucuan atau kekonyolan atau kisah sederhana dengan gaya penulisan yang humoris. Jenis novel ini bertujuan untuk membuat pembacanya masuk kedalam kisah-kisah lucu hingga membuat tertawa.

Kisah yang dituliskan di genre in kebanyakan memiliki jalan cerita yang relatif sederhana, tidak begitu rumit dan hanya fokus terhadap keresahan si karakter utama. Akan tetapi perlu dipahami bahwa lucu atau tidaknya sebuah novel itu juga tergantung oleh selera humor tiap pembacanya.

banner-promo-gramedia

Hal inilah yang terkadang membuat novel-novel komedi kadang terasa tidak begitu lucu atau menarik untuk sebagian orang. Namun jika kamu berhasil menemukan novel komedi yang sesuai dengan seleramu, kamu mungkin akan langsung terbahak-bahak setiap membacanya.

Jenis-jenis humor yang ditawarkan pada setiap novel komedi pun beragam. Sama seperti novel romantis, novel komedi juga memiliki banyak warna serta tipe penulisan yang berbeda-beda.

Beberapa novel komedi merupakan sarkasme penulis dalam mengkritik suatu permasalahan, yang pada akhirnya tetap menghibur dan dapat menyampaikan maksud dari sudut pandang sang penulis.

Beberapa contoh karya di genre ini yang bisa kamu baca seperti Kambing Jantan milik Raditya Dika, Ngenest karya Ernest Prakasa, Jomblo: Sebuah Komedi Cinta karya Adhitya Mulya serta masih banyak lagi.

3. Horor

Jenis novel horor ini merupakan salah satu genre novel yang semakin banyak peminatnya. Kisah yang dituliskan dalam novel horor biasanya menceritakan mengenai kisah atau pengalaman supernatural yang mencekam dan sadis.

Jika dalam film kita dapat mendengarkan backsound mengerikan untuk menambah ketegangan, dalam novel horor penulis akan menggunakan detail yang berhubungan dengan panca indera sehingga pembaca seolah dapat merasakan ketegangan yang sama.

Novel jenis ini juga terbagi menjadi dua jenis yaitu kisah fiksi yang merupakan buatan sang penulisnya, serta berdasarkan kisah nyata yang pernah dialami penulis maupun orang lain. Beberapa novel horor yang tengah populer seperti Wingit miliki Sara Wijayanto, Journal of Terror: Titisan karya Sweta Kartika, The Child Man karya C.J Tudor dan lainnya.

4. Misteri

Dalam genre novel misteri ini hampir sebagian besar memiliki kisah dan permasalahan yang sama tentang cara menguak sebuah kasus atau memecahkan sebuah misteri. Dalam jenis novel ini penulis cenderung fokus terhadap satu permasalahan atau misteri untuk dipecahkan. Namun beberapa kisah juga memberikan beberapa rangkaian kasus yang berbeda dalam setiap Babnya tapi tetap mengarah pada satu benang merah yang sama, yang akhirnya menjawab semua misteri di novel itu.

Karena inti ceritanya adalah mengungkapkan sebuah misteri, maka tidak heran jika sebagian besar cerita yang ada pada novel misteri ini berhubungan dengan kriminalitas, pembunuhan, teka-teki dan kadang juga dikaitkan dengan mistis.

Layaknya novel horor, penulis juga mampu menciptakan ketegangan melalui berbagai detail tulisan yang dicurahkan dalam novel. Supaya dapat memicu adrenalin pembacanya dan membuat orang semakin penasaran dengan kelanjutan misterinya. Tidak jarang yang membaca juga ikut menerka-nerka bagaimana akhirnya, siapa pembunuh aslinya dan sebagainya.

Novel-novel dalam genre ini sudah jauh lebih dulu populer di luar negeri dan kemudian masuk ke Indonesia. Saat ini ada banyak novel misteri terkenal sepanjang masa seperti novel-novel seperti Silence of The Lambs karya Thomas Harris, Shutter Island miliki Dennis Lehane, The Da Vinci Code karya Dan Brown, Dua Dini Hari karya Chandra Bientang.

The Mystery of the Blue Train

The Mystery of the Blue Train

Beli Buku di Gramedia5. Sejarah

Jenis novel sejarah ini merupakan novel yang ceritanya memiliki plot di tempo dulu atau bahkan kisah-kisah sejarah maupun kerajaan. Pada umumnya novel sejarah lebih fokus terhadap satu orang tokoh terkemuka pada jamannya. Namun ada pula kisahnya menceritakan cerita fiksi yang mengambil latar zaman dulu. Cerita ini juga biasanya berkaitan dengan sejarah, sebuah peristiwa, atau sebuah tempat bersejarah.

Novel jenis ini juga memiliki daya tarik tersendiri bagi pembaca yang menyukai cerita fiksi klasik seperti roman percintaan di tempo dulu. Dengan latar, gaya penulisan, diksi serta detail-detail kecil yang dituangkan penulis novel sejarah ke dalam novel mampu menarik mundur pembacanya ke masa lampau. Hal ini menjadi nilai tersendiri yang membuat tulisan pada novel sejarah menjadi lebih khas.

Salah satu sastrawan berbakat yang buku-bukunya berhasil menduduki jajaran best seller di genre ini yaitu Pramoedya Ananta Toer, dengan berbagai novel sejarah dan percintaan yang masih hangat di hati pembacanya.

Novel sejarah memiliki khasnya sendiri yang sulit untuk diungkapkan, ketika membacanya kita dapat merasakan suasana yang unik. Penulis yang menuliskan karyanya pada genre ini pun seolah pernah mengalaminya atau sempat bersinggungan dengan orang-orang terkait cerita tersebut.

Beberapa novel sejarah yang menarik untuk dibaca seperti Gadis Pantai karya Pramoedya Ananta Toer, Laut Bercerita karya Leila S. Chudori, Amba milik Laksmi Pamuntjak dan masih banyak lagi.

6. Inspiratif

Sesuai namanya, novel inspiratif ini memiliki tujuan untuk memotivasi ataupun untuk menginspirasi pembacanya. Pada genre ini novel inspiratif juga memiliki jenis cerita fiksi dan non-fiksi. Kisah fiksi pada novel inspiratif dapat berupa rangkaian cerita yang memiliki banyak amanat serta membangun motivasi pembacanya.

Novel-novel seperti Laskar Pelang miliki Andrea Hirata, atau novel milik Tere Liye juga dapat digolongkan dalam genre ini. Sebab memiliki kisah tokoh utama yang menginspirasi dan membuat pembacanya tergugah untuk melakukan kebaikan yang sama.

Novel non-fiksi pada jenis ini pada umumnya merupakan rangkaian kisah seorang tokoh publik atau biografi seseorang yang dianggap dapat menginspirasi dan membawa pengaruh yang baik bagi pembaca. Beberapa contoh novel biografi yang menginspirasi seperti Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar, Buya Hamka, dan juga Kartini.

banner-promo-gramedia

7. Keagamaan

Jenis novel berdasarkan genre cerita selanjutnya yaitu novel keagamaan, atau novel yang berhubungan dengan sebuah agama. Dalam genre novel ini terdapat banyak karya yang juga memiliki peminatnya tersendiri.

Sebagian orang lebih menyukai kisah inspirasi yang berlandaskan keagamaan seperti novel islami ataupun novel rohani. Genre novel ini pada umumnya menceritakan kisah fiksi atau kisah yang berdasarkan kisah nyata seorang tokoh agama.

Selain itu dalam setiap alur cerita dalam novel ini juga berlandaskan atas dasar nilai-nilai keagamaan, yang dapat membuat pembaca memahami nilai tersebut. Terdapat beberapa novel islami yang juga masih menjadi best seller di Indonesia, sebagian bahkan berhasil ditayangkan di layar lebar seperti Ayat-Ayat Cinta karya Habiburrahman El Shirazy, Negeri 5 Menara milik Ahmad Fuadi, Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck karya Hamka.

8. Sci-Fi

Jika biasanya kita tertarik dengan genre science fiction dalam film karena kecanggihan buatan, berbagai visual out of the box dari hasil CGI yang tinggi maka dalam novel sebuah tulisan pun dapat memiliki kekuatan yang sama.

Jenis novel ini juga banyak disukai pembaca novel saat ini. Sama layaknya sebuah film, novel bertemakan science fiction ini menceritakan kisah fiksi yang berhubungan dengan teknologi, artificial intelligence serta kemampuan-kemampuan supranatural tanpa batas.

Ketika membaca kisah-kisah dari novel science fiction ini, kamu akan merasakan kecanggihan teknologi dari berbagai detail yang dituliskan. Terlebih lagi novel genre ini tidak jarang membuat pengetahuan seputar teknologi kita semakin luas lagi.

Kisah-kisah sci-fi juga begitu luas untuk terus dikembangkan, berbagai kisah-kisah populer mengenai robot, perjalanan lintas waktu atau dimensi, perjalanan luar angkasa, monster dan alien. Tertarik? beberapa novel science fiction yang wajib kamu baca sebagai pecinta science fiction yaitu The Martian, Ender’s Game, Ready Player One dan Contact.

9. Fan-Fic

Pernah mendengar istilah Fan Fiction? Istilah ini semakin luas sejak adanya Korean Wave, namun bukan berarti genre ini hanya tentang Korea saja, novel yang berada di genre ini bisa jadi dari negara mana saja seperti Jepang, Cina, bahkan Amerika.

Genre fan fiction ini merupakan novel yang mengisahkan sebuah cerita fiksi dengan menggunakan tokoh nyata di dalam ceritanya. Tokoh nyata disini biasanya merupakan seseorang yang terkenal di kehidupan nyata seperti selebriti, aktor, aktris, penyanyi dan public figure lainnya.

Novel ini pada umumnya dibuat oleh penggemar dari tokoh tersebut, namun seringkali sifat dan karakter dari tokoh tersebut dibuat untuk menyesuaikan dengan cerita yang dibuat penulis. Sehingga terkadang beberapa novel fan fic ini juga memiliki genre yang bervariasi seperti horor, petualangan, romance hingga komedi.

Jenis Novel Berdasarkan Isi

Jenis Novel Berdasarkan Isi1. Teenlit

Teenlit merupakan sebuah novel yang mengedepankan kisah-kisah khas remaja yang ditujukan untuk para remaja itu sendiri. Sehingga gaya penulisannya dan diksinya pun tidak jarang menggunakan bahasa gaul, atau istilah-istilah yang sedang tren.

Novel teenlit ini kebanyakan merupakan kisah percintaan, persahabatan dan keresahan-keresahan remaja yang dianggap related dengan anak muda saat ini. dalam novel teenlit, para tokoh ceritanya juga seringkali menggunakan karakter atau latar sekolahan. Beberapa contoh novel teenlit populer seperti Me vs High Heels, Mariposa, Jingga dan Senja serta High School Paradise.

2. Chicklit

Jika teenlit lebih sering menggunakan karakter anak SMA dalam ceritanya, kisah di chicklit setingkat lebih dewasa dan juga konfliknya lebih pelik lagi. Novel chicklit ini juga kadang menggunakan penokohan dimana si karakter utama sudah bekerja, atau dalam dunia perkuliahan. Kisah yang dituangkan dalam chicklit juga sebagian besar mengenai kisah percintaan, sehingga genre ini juga sering menjadi favorit di kalangan pembaca.

Contoh novel chicklit yang dapat kamu baca yaitu Confession of Shopaholic karya Sophie Kinsella, Bellamore dan Ti Amo Tia Amoria karya Karla M. Nashar.

3. Metropop

banner-promo-gramedia

Novel metropop merupakan jenis novel yang rata-rata mengisahkan tentang perjalanan wanita karir, kisah kehidupan metropolitan ibukota, percintaan. Dalam genre metropolitan cenderung menceritakan seorang tokoh utama di usia pertengahan 20 hingga akhir  40an, sehingga tidak heran jika beberapa novel cenderung mengangkat permasalahan yang pelik atau keresahan-keresahan di usia tersebut.

Maka dari itu, novel metropolitan ini lebih ditujukan untuk orang dewasa di usia kerja dan bukan anak sekolah. Kisah-kisah metropo ini juga dianggap lebih realistis dengan kehidupan nyata. Beberapa novel metropop ternama seperti In a Blue Moon milik Ilana Tan, Crash Into You karya aliaZalea, Rapi Jali karya Dee Lestari dan Ganjil Genap karya Almira Bastari.

Temukan Jenis Novel Favoritmu!

Temukan Jenis Novel Favoritmu!Setelah mengetahui berbagai jenis novel, kamu pasti sudah punya gambaran novel favoritmu masuk genre yang mana. Jika sudah menentukan pilihan, maka akan lebih mudah untuk kamu mulai menulis karyamu sendiri. Berikut buku-buku yang dapat kamu jadikan referensi untuk mulai menulis karyamu. Temukan juga novel favorit lainnya di Gramedia.

101 Hari Menulis & Menerbitkan Novel Manual Bagi (Calon) Penulis

101 Hari Menulis & Menerbitkan Novel Manual Bagi (Calon) Penulis

101 Hari Menulis & Menerbitkan Novel Manual Bagi (Calon) Penulis

Beli Buku di Gramedia

Baca Juga:

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien