in

Kenali Penyebab dan Cara Menghilangkan Bau Badan

Hello Sehat

Cara Menghilangkan Bau Badan – Bau badan merupakan suatu hal yang terkadang bisa mengganggu penciuman diri sendiri atau orang lain. Oleh sebab itu, setiap orang akan berusaha untuk mengetahui cara menghilangkan bau badan. Jika kamu belum mengetahui cara menghilangkan bau badan, maka bisa simak artikel ini, Grameds.

Mengenal Bau Badan

Kalau Anda sering merasa tidak percaya diri karena masalah bau badan, jangan khawatir sekarang ada jalan keluarnya. Memiliki masalah bau badan memang sangat mengganggu. Selain mengurangi rasa percaya diri, masalah ini juga bisa berdampak kurang baik pada kesehatan jika dibiarkan.

Itulah mengapa, kamu perlu mengetahui penyebab bau badan agar bisa menghindarinya dan ketahui juga beberapa cara menghilangkan bau badan yang ampuh dan mudah dilakukan ini agar dapat mengatasinya, baik itu secara alami maupun menggunakan metode medis.

Ada beberapa cara menghilangkan bau badan yang ampuh dan bisa Anda coba. Dengan hilangnya bau badan, Anda pun bisa beraktivitas dengan lebih nyaman dan kembali percaya diri. Bahkan, ketika dekat dengan orang lain, kamu tidak malu lagi karena bau badan sudah teratasi. Di tubuh manusia, terdapat jutaan bakteri tidak berbahaya yang berdiam di permukaan tubuh dan berfungsi membantu pertahanan alami kulit.

Dalam dunia medis, bau badan dikenal dengan istilah bromhidrosis. Munculnya aroma tubuh yang kurang sedap umumnya disebabkan pertumbuhan bakteri di permukaan kulit dan ketiak. Bakteri tersebut akan mengolah keringat menjadi zat asam, sehingga muncul bau yang kurang sedap. Inilah alasannya mengapa bau badan bisa lebih sering muncul ketika tubuh Anda sedang banyak berkeringat.

Penyebab Bau Badan

Keringat seringkali dituduh sebagai penyebab bau badan. Padahal, keringat sebenarnya merupakan cairan yang tidak berwarna dan berbau. Komposisi keringat terdiri atas air, garam, protein, dan minyak yang bukan merupakan zat-zat pemicu munculnya bau badan. Penyebab bau keringat, atau lebih sering dikenal dengan istilah bau badan, sebetulnya adalah bakteri dari luar cairan keringat itu sendiri.

Keringat dihasilkan oleh kelenjar keringat yang terdapat di kulit. Ada 2 kelenjar keringat utama di dalam kulit, yaitu kelenjar ekrin dan kelenjar apokrin. Kelenjar ekrin berada hampir di seluruh tubuh dan berada di daerah terbuka, sedangkan kelenjar apokrin berada di daerah yang berambut, seperti di selangkangan dan ketiak. Untuk bertahan hidup, bakteri memakan keringat manusia dan memprosesnya dalam sistem metabolisme mereka.

Proses metabolisme ini menghasilkan produk sampingan yang menyebabkan keringat berbau seperti cuka, keju, atau bawang. Kelenjar ekrin akan mengeluarkan keringat dengan komposisi air dan garam saat suhu tubuh meningkat. Sementara itu, kelenjar apokrin mengeluarkan cairan yang berlemak.

Tubuh seseorang akan lebih banyak mengeluarkan cairan dari kelenjar ini ketika sedang stres. Ketika bercampur dengan bakteri, cairan dari kelenjar keringat pun kemudian akan memicu terbentuknya bau badan.

Produksi keringat tubuh biasanya akan lebih banyak ketika suhu panas atau setelah berolahraga atau melakukan aktivitas fisik berat. Meski demikian, produksi keringat pada sebagian orang bisa terjadi secara berlebihan. Kondisi ini disebut hiperhidrosis. Penyebab terbentuknya keringat berlebih di tubuh bisa bermacam-macam, misalnya kondisi medis tertentu, seperti diabetes, penyakit ginjal, atau kelainan kelenjar tiroid, atau efek samping obat-obatan, seperti obat antidepresan.

Cara Menghilangkan Bau Badan

Bau badan adalah masalah yang cukup serius untuk diatasi karena bau badan yang tidak cepat diatasi akan lebih mengganggu untuk kita beraktivitas dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya dalam dunia kerja, kita harus berdampingan dengan orang lain, untuk lebih memaksimalkan kerja kita harus percaya diri dan bisa bergaul dengan teman kerja tanpa ada penghalang bau badan. Meskipun tidak berbahaya, bau badan sering menyebabkan seseorang kehilangan rasa percaya diri.

Jika Grameds sedang mengalami bau badan dan merasa terganggu karenanya, ada beberapa cara menghilangkan bau badan yang bisa dicoba, yaitu :

1. Mandi secara teratur

Cara Menghilangkan Bau Badan
pixabay.com

Mandi secara teratur minimal sekali dalam sehari adalah cara menghilangkan bau badan yang paling tepat dan mudah. Apalagi kalau mandi sehari dua kali akan lebih efektif untuk menghilangkan bau badan. Mandi dengan bersih tentunya juga jauh lebih baik.

Dengan cara ini, kulit Anda akan bebas dari bakteri, debu, dan kuman, yang dapat menimbulkan bau badan. Ketika mandi, pastikan untuk membersihkan bagian tubuh yang rawan berkeringat, seperti ketiak, selangkangan, leher, dan wajah, hingga benar-benar bersih. Tentunya bersih seluruh badan juga jauh lebih baik dan efisien.

2. Menggunakan sabun antibakteri

Untuk membasmi bakteri di kulit penyebab bau badan, Anda bisa menggunakan sabun yang mengandung zat antibakteri. Biasanya, sabun yang dipakai juga menggunakan mentol. Meski demikian, sabun jenis ini mungkin tidak cocok jika Anda memiliki kulit yang kering atau sensitif. Jika kulit Anda sering mengalami iritasi setelah menggunakan sabun tersebut, Anda bisa menggantinya dengan sabun yang mengandung pelembab dan tidak mengandung pewangi, misalnya sabun bayi.

3. Keringkan badan dengan benar

Cara Menghilangkan Bau Badan
pixabay.com

Cara menghilangkan bau badan selanjutnya adalah pastikan Anda selalu mengeringkan daerah penghasil keringat, seperti ketiak dan selangkangan. Jika bagian tersebut kering dan bersih, bakteri penyebab bau badan akan lebih susah berkembang biak.

4. Gunakan pakaian yang tepat

Untuk pakaian sehari-hari, Anda bisa memilih pakaian dari bahan yang nyaman dan dapat menyerap keringat dengan baik, misalnya kain katun. Untuk olahraga, Anda bisa memilih bahan yang lebih mudah menyerap keringat, seperti kain sintetis.

Selain itu, pastikan juga untuk selalu mengganti kaus kaki untuk menghindari munculnya bau di bagian kaki. Setelah menjalani aktivitas fisik atau olahraga yang membuat tubuh Anda banyak berkeringat, biasakan untuk sering mengeringkan tubuh Anda dan jangan lupa mandi.

5. Gunakan deodoran atau antiperspiran

Cara Menghilangkan Bau Badan
pixabay.com

Deodoran memang tidak mencegah keringat keluar, tetapi wanginya akan menghalangi bau badan yang muncul. Sementara itu, antiperspirant bisa mengurangi keringat yang keluar dari tubuh. Produk ini biasanya disarankan untuk orang yang sering memproduksi keringat berlebihan.

6. Perhatikan asupan makanan

Konsumsi makanan pedas atau berbau tajam, seperti bawang merah, bawang putih, bawang bombay, paprika, serta minuman berkafein dan minuman beralkohol bisa membuat seseorang memproduksi keringat lebih banyak dari biasanya. Menghindari atau mengurangi makanan dan minuman tersebut bisa membantu Anda mengurangi bau badan.

Jika berbagai cara menghilangkan bau badan di atas masih belum berhasil, ada baiknya Anda berkonsultasi ke dokter untuk menentukan penyebab bau badan dan mendapatkan perawatan yang tepat. Sebagai contoh, untuk membasmi bakteri di kulit penyebab bau badan, dokter mungkin akan menyarankan penggunaan sabun khusus atau obat antibakteri.

Selain itu, untuk mengurangi produksi keringat berlebihan, dokter juga mungkin akan melakukan suntik botoks. Fungsi botox adalah untuk mengurangi kemampuan kelenjar ekrin dalam memproduksi keringat. Jika cara tersebut tidak juga berhasil untuk mengobati bau badan Anda, dokter mungkin akan menganjurkan metode lain, yaitu operasi kelenjar keringat atau sedot lemak.

Cara Menghilangkan Bau Badan dengan Bahan Alami

Selalu ada cara untuk menghilangkan bau badan. Tak perlu bersusah-susah, beberapa bahan alami yang mudah kamu temui sehari-hari ternyata juga bisa membantumu mengatasi masalah bau badan. Berikut ini adalah sejumlah bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan bau badan tak sedap, antara lain:

1. Cuka Sari Apel

Cara Menghilangkan Bau Badan
pixabay.com

Sudah menjadi rahasia umum jika cuka sari apel dikenal memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan. Selain itu, cuka sari apel dapat menghilangkan bau badan secara cepat. Oleskan cuka sari apel ke ketiak dan lipatan-lipatan tubuh lainnya dan diamkan selama lima belas menit sebelum kamu mandi dengan sabun. Cara ini bisa kamu lakukan setiap sebelum mandi agar hasil yang didapatkan semakin maksimal.

2. Baking Soda

Cara menghilangkan bau badan secara alami yang selanjutnya bisa dilakukan dengan memakai baking soda. Bahan yang satu ini memiliki sifat yang dapat menetralkan asam dan basa, sehingga dapat menghilangkan bau badan secara alami. Kamu bisa mengaplikasikan baking soda langsung di bagian-bagian tubuh yang sering berkeringat.

3. Daun Beluntas

Cara menghilangkan bau badan yang selanjutnya dengan menggunakan daun beluntas. Daun beluntas sendiri adalah tanaman yang biasanya tumbuh di pinggir pantai. Daun beluntas memiliki kandungan senyawa yang bermanfaat bagi tubuh. Alkaloid, minyak atsiri, fosfor, kalsium, magnesium, lemak, natrium, flavonoid, tanin, asam amino, vitamin A, dan juga vitamin C bisa kita dapatkan melalui tanaman ini.

Cara menghilangkan bau badan menggunakan daun ini cukup mudah. Rebus daun beluntas hingga matang, kemudian minum air rebusan tersebut. Lakukan langkah ini sebanyak 2 kali dalam sehari secara rutin untuk mendapatkan manfaatnya.

4. Bunga Kecombrang

Cara menghilangkan bau badan yang selanjutnya dengan menggunakan bunga kecombrang. Tidak hanya daun sirih, bunga kecombrang juga memiliki kandungan antioksidan dan zat-zat lain yang bermanfaat bagi tubuh. Kita bisa mendapatkan nutrisi berupa saponin, fenolik, flavonoid, alkaloid, tanin, triterpenoid, glikosida, steroid, polifenol, antimikroba, vitamin, dan juga mineral.

Zat-zat tersebut tentunya berguna untuk menghilangkan bau badan tidak sedap. Cara memanfaatkan bunga kecombrang dengan menumbuk kasar bunga kecombrang dan batangnya. Lalu, gunakan hasil tumbukan itu sebagai sabun pada tubuh setiap kali Anda mandi.

5. Daun Sirih

Cara Menghilangkan Bau Badan
Hipwee.com

Cara menghilangkan bau badan yang selanjutnya dengan menggunakan daun sirih. Daun sirih mengandung antioksidan tinggi yang berguna untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Selain antioksidannya yang tinggi, daun sirih juga memiliki kandungan berupa vitamin C, thiamin, niacin, riboflavin, dan karoten. Dengan kandungan-kandungan tersebut, daun sirih diyakini efektif untuk menghilangkan bau badan dengan cepat.

Caranya: ambil beberapa lembar daun sirih, lalu rebus dengan 2 gelas air. Kemudian, campurkan pada bak air yang akan anda gunakan untuk mandi. Lalu, mandilah dengan menggunakan air rebusan tersebut. Lakukan hal tersebut secara rutin, maka bau badan anda akan segera menghilang.

6. Jeruk Nipis

Cara Menghilangkan Bau Badan
99.co

Cara menghilangkan bau badan yang keempat dengan jeruk nipis. Jeruk nipis kaya akan vitamin C dan flavonoid. Ditambah kandungan lainnya, seperti asam sitrat, besi, tembaga, kalium, kalsium, macronutrients, serat, dan kalori.

Cara mengaplikasikan jeruk nipis ini sebagai penghilang bau badan adalah dengan membelah jeruk nipis menjadi 2 bagian. Kemudian, oleskan pada ketiak Anda, sama seperti mengoleskan deodoran pada ketiak.

7. Daun Kemangi

Cara menghilangkan bau badan yang berikutnya dengan menggunakan daun kemangi. Daun kemangi memiliki kandungan minyak atsiri yang dipercaya dapat menghilangkan bau badan. Selain itu, kemangi juga dapat berfungsi sebagai antiseptik. Anda bisa mengonsumsi daun kemangi sebagai lalapan. Cukup ambil segenggam kemangi setiap pagi dan sore.

Namun, jika Anda tidak menyukai daun kemangi sebagai lalapan, Anda bisa mengolahnya menjadi teh dengan menjemur daun kemangi hingga kering. Kemudian, tumbuk hingga halus. Selesai ditumbuk, seduh dengan air panas lalu disaring. Minumlah teh tersebut sebanyak 2 kali sehari secara rutin.

8. Bawang Putih

Cara Menghilangkan Bau Badan
Secangkir Terapi

Cara menghilangkan bau badan yang berikutnya dengan menggunakan bawang putih. Seperti yang diketahui bahwa bawang putih memiliki bau menyengat yang mungkin tidak disukai oleh sebagian orang. Padahal, bawang putih kaya akan antioksidan yang membuatnya berguna sebagai anti bakteri. Sedangkan bau menyengat dari bawang putih sendiri disebabkan oleh kandungan senyawa sulfur di dalamnya yang disebut allicin.

Cara menggunakan bawang putih sebagai penghilang bau badan dengan menghaluskan 3 siung bawang putih, lalu oleskan pada ketiak anda. Diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

9. Temulawak

Cara menghilangkan bau badan yang berikutnya dengan temulawak. Tanaman temulawak ini juga mengandung minyak atsiri dan zat-zat lain, seperti dan flavonoid, yang dapat menghilangkan bau badan. Untuk menggunakannya yaitu memarut temulawak sampai halus. Kemudian, beri air sembari diperas dan tambahkan 1 sendok teh madu untuk menghilangkan baunya. Terakhir, minum air perasan temulawak tersebut.

10. Daun Jambu Biji

Cara menghilangkan bau badan yang berikutnya dengan menggunakan daun jambu biji. Tidak hanya buahnya saja yang bisa kita manfaatkan, daun pada tanaman jambu biji juga bisa bermanfaat sebagai penghilang bau badan. Kandungan mineral dan anti bakteri pada daun jambu biji akan membunuh kuman yang menyebabkan bau badan. Caranya dengan menumbuk halus 3 lembar daun jambu biji, kemudian oleskan pada ketiak anda. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air bersih.

Cara Mengatasi Bau Badan dengan Langkah Medis

Cara Menghilangkan Bau Badan
kompas.com

Apabila Kamu merasa cara-cara alami diatas terlalu merepotkan, masih ada beberapa cara lain yang lebih simpel dan mudah dilakukan. Berikut ini adalah beberapa medical treatment yang bisa kamu coba yaitu:

1. Pangkas Bulu Ketiak Secara Teratur

Memangkas bulu ketiak diklaim dapat mengatasi bau badan secara cepat. Pasalnya, rambut yang tumbuh di ketiak dapat menjadi sarang bakteri penyebab bau badan. Kamu bisa melakukan medical treatment seperti waxing rambut ketiak untuk mengurangi bau badan berlebih.

2. Pengangkatan Kelenjar Keringat

Karena keringat merupakan salah satu tempat perkembang biakan bakteri, Kamu juga bisa menghilangkau bau badan dengan mengangkat kelenjar keringat di ketiak. Dengan begitu, produksi keringat berkurang dan Kamu bisa terhindar dari risiko bau badan. Meski begitu, kamu harus berdiskusi dulu dengan dokters sebelum melakukannya.

3. Endoscopic Thoracic Sympathectomy

Hiperhidrosis adalah kondisi yang menyebabkan penderitanya berkeringat lebih banyak dari orang lain. Kondisi ini dapat menyebabkan bau badan tidak sedap. Medical treatment yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah operasi Endoscopic Thoracic Sympathectomy (ETS) yang merupakan prosedur melumpuhkan saraf pengontrol produksi keringat.

4. Alma Sweatx

Medical treatment yang berikut ini dilakukan dengan menggunakan sebuah mesin yang dapat menghasilkan panas untuk mencapai area kelenjar apokrin. Suhu panas yang tinggi menyebabkan kontraksi pada kelenjar apokrin dan dapat mengendalikan proses sekresi atau pengeluaran keringat yang terjadi.

5. Gunakan Deodoran dan Antiperspirant

Apabila beberapa langkah medis di atas dirasa ribet atau menghabiskan banyak biaya, ada satu lagi langkah mudah yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan bau badan. Cara praktis dan sederhana tersebut adalah dengan menggunakan deodoran yang mengandung antiperspirant.

Tidak hanya ampuh melawan bau badan, deodoran dengan antiperspirant juga efektif melawan keringat berlebih penyebab bau badan. Dalam hal ini, kamu bisa menjadikan produk-produk untuk ketiak sebagai pilihan.

Demikian, pembahasan tentang cara menghilangkan bau badan. Dari semua cara menghilangkan bau badan di atas, cara mana yang akan kamu pilih?

Grameds bisa mendapatkan lebih banyak informasi dengan membaca buku yang tersedia di gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas kami selalu berusaha memberikan yang terbaik. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Penulis: Yufi Cantika Sukma Ilahiah

BACA JUGA:

  1. Berbagai Cara Menghilangkan Bau Ketiak yang Mengganggu
  2. Menghilangkan Bau Ketiak Secara Efektif
  3. 10+ Cara Menjadi Cantik, Sehat, dan Menarik
  4. 10 Rekomendasi Parfum Pria Terbaik
  5. 20+ Rekomendasi Parfum Pria yang Disukai Wanita


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda