in

Berbagai Cara Menghilangkan Bau Ketiak yang Mengganggu

Close-up asian woman with hyperhidrosis sweating. Young asia woman with sweat stain on her clothes against grey background. Healthcare concept.

Berbagai Cara Menghilangkan Bau Ketiak yang Mengganggu – Setiap orang memiliki aroma tubuh yang berbeda-beda. Salah satunya disebabkan oleh bau yang timbul dari ketiak. Tidak sedikit yang merasakan aroma tidak sedap pada ketiak. Sehingga beberapa orang menggunakan deodoran untuk mengatasinya. Namun selain memakai deodoran  masih ada beberapa cara menghilangkan bau ketiak yang lainnya. Nah, sebelum mengetahui caranya, ada baiknya Anda simak lebih dulu kenapa ketiak bisa menimbulkan bau yang tidak sedap berikut ini.

Mengapa Ketiak Berbau Tak Sedap

Tubuh manusia dilapisi dengan kulit yang mempunyai kelenjar keringat. Kelenjar ini terdiri dari apokrin dan ekrin. Adapun fungsinya adalah untuk menjaga suhu tubuh supaya tetap normal. Yang menutupi hampir sebagian kulit manusia adalah kelenjar ekrin. Lalu kelenjar apokrin biasa berada di bagian tubuh yang ditumbuhi rambut, seperti ketiak, selangkangan, dan sekitar payudara.

Jadi, saat suhu tubuh kita meningkat, maka kelenjar keringat akan mendinginkan tubuh dengan mengeluarkan keringat. Adapun keringat yang dikeluarkan ini mengandung lemak yang amat mudah diurai oleh bakteri jika dibandingkan dengan keringat yang dikeluarkan oleh kelenjar ekrin. Kelenjar ekrin mengeluarkan keringat yang berbasis air, bukan lemak. Itulah yang menyebabkan keringat pada area ketiak, selangkangan, dan juga sekitar payudara menimbulkan bau tidak sedap. Tak usah khawatir, ada banyak cara untuk menghindarkan diri dari bau ketiak. Simak artikel ini sampai selesai ya.

Cara Menghilangkan Bau Ketiak yang Tidak Sedap

Cara Menghilangkan Bau Ketiak yang Tidak Sedap
Shot of an attractive young woman smelling her armpits during her morning routine

Bau ketiak bisa menjadi halangan bagi setiap orang untuk beraktivitas. Selain karena malu dengan pakaian yang terkena bekas keringat, baunya yang tidak sedap juga bisa mengurangi kepercayaan diri saat hendak melakukan kegiatan.

Sebenarnya keringat yang keluar di ketiak adalah hal yang wajar. Artinya, tubuh sedang dalam keadaan menetralkan suhu seperti  yang telah dijelaskan di atas. Jadi bagi kalian yang mengalami masalah bau ketiak, berikut adalah cara menghilangkan bau ketiak yang mudah untuk dilakukan:

1. Pakai antiperspirant atau deodorant

Langkah mudah pertama adalah menggunakan antiperspirant atau deodoran. Sebab deodoran telah didesain memiliki bau wangi yang bisa menutupi bau tidak sedap dari ketiak. Selain itu, deodoran juga memiliki sifat asam yang dapat mencegah terjadinya penguraian keringat oleh bakteri.

Sehingga mengurangi bau yang ditimbulkan. Sudah ada banyak sekali jenis deodoran yang bisa kalian beli di supermarket terdekat. Mulai dari yang kemasan sachet sampai kemasan botol. Wanginya pun sangat beragam, bisa disesuaikan dengan selera masing-masing.

Selain deodoran, kalian juga bisa menggunakan antiperspiran. Antiperspiran ini bekerja dengan cara mengurangi produksi keringat oleh kelenjar apokrin. Dengan begitu jumlah keringat pun bisa lebih diminimalisir. Bau keringat juga akan berkurang. Ada pula produk yang kini telah menggabungkan kedua bahan tersebut. Sehingga dapat mencegah ketiak basah dan bau, serta mencegah ketiak menjadi hitam.

2. Rajin membersihkan tubuh

Langkah kedua untuk menghilangkan bau ketiak adalah dengan rajin-rajin membersihkan setiap anggota tubuh. Sebab jika tubuh kalian tidak bersih, bakteri akan terus menempel dan menimbulkan banyak sel kulit mati yang menumpuk. Kulit pun jadi kotor dan menimbulkan bau tidak sedap, terutama di bagian yang mengandung kelenjar apokrin, seperti ketiak, selangkangan, dan sekitar payudara.

Alat Kebersihan Tubuh: Yuk, Pakai Sabun
Alat Kebersihan Tubuh: Yuk, Pakai Sabun

tombol beli buku

Jadi, guna mencegah hal tersebut, kalian harus mandi setidaknya dua kali sehari. Kemudian pakailah sabun dan pasta gigi supaya membantu menghilangkan bakteri dan kotoran pada tubuh dan gigi. Setelah mandi pun pastikan kalian mengelap tubuh dengan kering, sebab jika masih lembab justru akan membuat bakteri lebih mudah berkembang.

3. Mencukur bulu ketiak secara rutin

Mencukur bulu ketiak juga dapat menjadi cara menghilangkan bau ketiak yang cukup ampuh . Hal tersebut telah disebutkan dalam sebuah studi, yang menyatakan bahwa mencukur bulu ketiak dapat mengurangi bau tak sedap. Karena bulu ketiak yang lebat dapat menjadi sarang bagi bakteri untuk berkembang biak. Apalagi jika terkena keringat, yang menyebabkan ketiak basah. Bakteri penyebab bau ketiak pun menjadi semakin banyak.

4. Memperhatikan makanan yang dikonsumsi

Cara menghilangkan bau ketiak keempat adalah dengan memperhatikan setiap makanan yang dikonsumsi. Mengapa? Karena beberapa makanan dapat menyebabkan bau ketiak semakin tidak sedap, seperti bawang, makanan yang panas dan pedas, juga alkohol. Jadi, jika kalian merasa sering mengonsumsi makanan di atas dan bau keringat menjadi tak sedap, sebaiknya hindari konsumsi makanan tersebut.

5. Hindari konsumsi obat-obatan tertentu

Adapun langkah atau cara kelima adalah dengan menghindari konsumsi obat-obatan tertentu. Ada beberapa orang yang mengalami hiperhidrosis, yaitu kondisi di mana jumlah keringat yang keluar lebih banyak dari biasanya atau berlebihan.

Penyebab hiperhidrosis ini adalah konsumsi obat-obatan tertentu, seperti antidepresan atau obat hipertensi. Jadi, ketika kalian merasa konsumsi obat tersebut membuat keringat yang keluar semakin banyak dan ketiak lebih bau, maka mintalah dokter untuk meresepkan obat lainnya. Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter tersebut apabila obat yang diberikan menyebabkan keringat yang keluar semakin banyak dan menimbulkan bau tak sedap.

6. Gunakan pakaian yang tepat

Selanjutnya, untuk menghilangkan bau ketiak tak sedap, Anda bisa memilih-milih jenis pakaian. Sebab kebersihan pakaian dan bahan yang digunakan juga bisa berpengaruh terhadap bau badan. Kalian harus memastikan bahwa pakaian dicuci dengan bersih menggunakan detergen, pewangi, dan dijemur di bawah terik matahari. Sehingga pakaian kering sempurna dan tidak menjadi sarang bakteri. Tempat penyimpanannya juga harus kering dan bersih.

Jika kalian adalah tipe orang yang mudah berkeringat, maka pilihlah pakaian yang berbahan serat alami seperti katun. Sebab bahan katun ini akan memberi kesempatan bagi kulit untuk bernapas. Bahannya juga dapat menyerap keringat lebih baik dibandingkan wol atau polyster. Terutama hindari pakaian basah dan lembab, sebab  bisa menjadi sarang bakteri.

7. Gunakan bahan-bahan alami

Kemudian, kalian juga bisa memakai bahan alami untuk mengurangi bau ketiak. Manfaatkan bahan-bahan alami yang ada di sekitar rumah untuk mengurangi bau tak sedap dari ketiak, seperti virgin coconut oil. Kandungan asam laurat yang ada pada minyak kelapa ini dapat mencegah perkembangan bakteri pada ketiak. Sehingga bau tidak sedap juga dapat dikurangi. Atau kalian juga bisa memakai tawas untuk deodoran alami.

Apa Saja Penyebab Bau Ketiak?

apa saja penyebab bau ketiak
Shot of a handsome young man smelling his armpits at home

Keringat yang berlebih memang bisa menimbulkan bau tak sedap pada tubuh. Bau tersebut terutama berasal dari bagian ketiak. Ketiak yang basah dan lembab membuat aroma badan menjadi ikut bau. Sebenarnya ada beberapa faktor lain pula yang menjadi biang dari bau badan atau bau ketiak. Nah, setelah mengetahui cara menghilangkan bau ketiak di atas, kalian juga perlu tahu apa saja yang biasanya menyebabkan ketiak menjadi bau. Berikut jawabannya:

1. Jumlah keringat yang berlebihan

Salah satu yang dialami oleh banyak orang dengan  keluhan bau ketiak adalah mereka yang memiliki keringat berlebih. Apalagi saat beraktivitas di bawah terik matahari, seperti berolahraga atau juga saat memasak, karena harus di depan api dalam jangka waktu cukup lama. Keringat berlebih yang dibiarkan begitu saja lama-lama akan menjadi sarang bakteri, sehingga menimbulkan bau tidak sedap. Maka dari itu, usai menjalani aktivitas yang membuat keringat keluar lebih banyak dari biasanya, rajin-rajin lah untuk membersihkan tubuh, terutama pada bagian yang memiliki kelenjar apokrin.

2. Penggunaan pakaian yang ketat

Penyebab kedua juga bisa karena penggunaan baju yang terlalu ketat. Karena ukuran baju yang terlalu sempit, akan membuat kalian lebih mudah berkeringat. Ditambah lagi saat keringat keluar, pasti akan menimbulkan bercak di pakaian dan membuatnya lembab. Akibatnya, bau ketiak juga akan ditambah dengan bau pakaian karena bakteri juga dapat berkembang biak lebih cepat pada pakaian yang lembab. Jadi, usahakan untuk menghindari pakaian yang terlalu ketat. Gunakan baju yang agak longgar supaya kulit dapat bernapas, dan tidak mudah berkeringat.

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

Jilbab, Pakaian Wanita Muslimah
Jilbab, Pakaian Wanita Muslimah

tombol beli buku

Selain itu, pemilihan bahan baju yang salah juga bisa membuat keringat semakin bau. Saat berpakaian di luar rumah, pilih bahan yang Nyaman dipakai dan  mudah menyerap keringat. Apabila cuaca di luar rumah sedang panas, hindari baju berbahan wol, fleece, flanel, atau corduroy. Sebaiknya, gunakan baju berbahan katun, linen, atau sutra.

3. Enggan menjaga kebersihan ketiak

Ketiak termasuk salah satu bagian yang ditumbuhi bulu. Sehingga kelenjar kulit yang ada di sana adalah kelenjar apokrin. Artinya, keringat di bagian ketiak akan lebih mudah berbau dibanding kulit lain. Kebersihan ketiak juga termasuk mencukur bulu ketiak yang sudah lebat. Jika kalian tidak rutin mencukur bulu ketiak, maka bakteri akan lebih senang untuk bersarang di sana. Akibatnya, saat keringat muncul, bakteri-bakteri tersebut akan menimbulkan bau yang tidak sedap.

4. Menggunakan pakaian yang tidak dicuci bersih

Keempat, pakaian yang tidak bersih juga menjadi sarang kuman dan bakteri. Jika terkena keringat, sudah tentu pakaian akan semakin bau. Begitu juga dengan ketiak, yang akan lebih banyak bakterinya. Hal ini terutama sering terjadi di musim penghujan. Lantaran baju yang dijemur biasanya tidak kering sempurna, dan masih lembab. Maka dari itu, pastikan kalian memakai berbagai cara supaya baju yang dicuci saat musim penghujan tetap bersih.

5. Terjadinya hot flashes

Selanjutnya penyebab bau ketiak kelima adalah terjadinya hot flashes, yaitu sensasi panas pada bagian leher, dada, dan wajah. Hal ini menimbulkan keringat berlebih, dan biasa dialami oleh para wanita yang akan memasuki masa menopause. Selain itu, hot flashes ini juga bisa muncul saat kalian sedang stress berat atau mengonsumsi makanan fast food atau yang kandungan gizinya kurang imbang. Sehingga menyebabkan bau ketiak. Beberapa makanan tersebut di antaranya juga ada bawang-bawangan, alkohol, kubis, keju, asparagus, dan lain sebagainya.

6. Berat badan berlebih

Orang dengan obesitas atau kelebihan berat badan ini bisa memproduksi keringat yang amat banyak. Jadi mereka juga lebih rentan mengalami bau ketiak. Sebab lipatan lemak yang banyak bisa membuat bakteri dan kotoran menempel dan tertahan pada permukaan kulit, akibatnya ketiak pun akan lebih bau dibanding orang dengan berat badan normal. Jadi, supaya orang dengan kelebihan berat badan tidak menimbulkan bau keringat berlebih, mereka harus jauh lebih rajin membersihkan tubuh.

Bahan-bahan Alami untuk Menghilangkan  Bau Ketiak

bahan alami menghilangkan ketiak
The man smells armpits near the woman on the white background

Selain beberapa tips dan cara di atas, ada pula beberapa bahan alami yang bisa kalian coba untuk menghilangkan bau ketiak. Apa saja bahan-bahan tersebut dan bagaimana cara memakainya? Berikut jawabannya:

1. Lemon

Lemon telah lama dikenal untuk menghilangkan bau badan. Kalian bisa mengiris-iris lemon, kemudian mengusapkannya pada bagian ketiak. Lakukan beberapa saat dan diamkan beberapa menit. Jika sudah, bilas dengan air. Anda juga bisa mencampur lemon ini dengan soda kue. Larutan keduanya dapat lebih ampuh untuk membunuh bakteri penyebab bau ketiak. Selain itu, lemon juga bisa memutihkan kulit ketiak yang hitam jika dipakai secara rutin.

BACA JUGA: 10 Manfaat Lemon untuk Wajah, Dapat Mencegah Penuaan Dini

2. Cuka apel

Bahan kedua adalah cuka apel. Bahan ini juga dikenal bisa menghilangkan bau tak sedap pada keringat. Caranya sangatlah mudah, oleskan saja cuka apel pada bagian ketiak. Kandungan dari cuka apel berupa antimikroba dan asam bisa membuat bakteri penyebab bau badan hancur.

3. Bubuk kayu cendana

Selanjutnya ada bubuk kayu cendana, yang juga efektif untuk menghilangkan bau ketiak. Solusi ini cukup efektif dicoba, sebab kayu cendana memiliki aroma menenangkan, dan dapat mencegah keringat yang berlebih serta bau yang tidak sedap.

4. Lobak

Barangkali kalian masih asing dengan bahan alami satu ini. Tapi nyatanya, lobak bisa menjadi solusi untuk bau ketiak kalian. Lobak bisa menjadi deodoran organik, sebab memiliki kandungan antibakteri. Jadi dapat berfungsi menghentikan produksi bakteri yang menyebabkan bau ketiak. Cara memakainya juga tidak sulit, cukup blender lobak, kemudian oles-oleskan pada kulit ketiak.

5. Minyak teh

Lalu masih ada pula minyak teh yang juga cukup efektif untuk menghilangkan bau badan. Sifat anti bakteri yang terkandung dalam minyak pohon teh ini bisa menjadi solusi bagi bau badan kalian. Karena mampu membunuh bakteri penyebab bau ketiak.

6. Kentang

Kemudian juga ada kentang yang bisa kalian pakai sebagai cara menghilangkan bau ketiak secara alami. Caranya, kalian iris-iris kentang, kemudian oles-oleskan pada bagian ketiak. Kentang ini dapat membantu menurunkan pH kulit dan mengendalikan keringat, sehingga bisa menjadi penghilang bakteri penyebab bau badan yang bersarang di ketiak.

7. Campuran tomat dan lemon

Bahan alami selanjutnya yang bisa kalian gunakan adalah tomat dan lemon. Campuran antara jus tomat dengan perasan lemon ternyata juga ampuh mereduksi bakteri yang bisa menyebabkan bau badan. Kalian bisa mencampurkan tomat yang telah dijus dengan perasan lemon. Setelah itu, oleskan pada bagian ketiak dan biarkan kira-kira 10 menit. Setelah 10 menit, kalian bisa membilasnya dengan air. Campuran kedua bahan ini bisa menjadi pembunuh bakteri penyebab bau ketiak dengan efektif.

BACA JUGA: 15 Manfaat Buah Tomat untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

8. Saltrock

Selanjutnya ada salt rock, yang juga bisa mengatasi bau ketiak. Garam dengan tekstur kasar ini dapat menjinakkan bau ketiak kalian jika rutin dipakai. Caranya, mandilah dengan air hangat yang telah diberi garam. Lalu saat mandi, gosok area ketiak kalian lebih sering dibanding bagian lain. Campuran garam ternyata bisa membunuh bakteri lebih kuat jika dibandingkan dengan sabun biasa. Namun bukan berarti kalian tidak perlu memakai sabun saat mandi dengan air garam ya.

9. Lidah buaya

Bahan alami terakhir yang juga bisa kalian pakai adalah lidah buaya.  Bahan ini termasuk yang sudah lama dan sering dipakai untuk mengatasi bau badan. Lidah buaya memiliki kandungan yang kaya antioksidan serta antibakteri. Maka dari itu, gel pada lidah buaya juga ampuh mengatasi bau keringat pada ketiak akibat bakteri.

BACA JUGA: 10 Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah yang Sayang Dilewatkan

Nah, itulah bahan-bahan alami beserta cara menghilangkan bau ketiak yang bisa kalian aplikasikan. Cara-cara yang telah disebutkan tidaklah sulit untuk diterapkan. Jadi, jika mengalami masalah dengan bau ketiak, segera lakukan pencegahan dan penanganan dengan cara-cara di atas ya. Supaya kalian lebih nyaman beraktivitas di tempat ramai dan juga di tempat yang cuacanya panas sekalipun. Jika ingin tahu khasiat buah-buahan selain lemon dan tomat,  simak buku berjudul 1001 Khasiat Buah-buahan atau dapatkan melalui

1001 Khasiat Buah-buahan/201318261
1001 Khasiat Buah-buahan/201318261

tombol beli buku

Judul: Khasiat Buah-buahan

BACA JUGA:

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Wida Kurniasih