in

Cara Membuat Linktree Lewat Website Resmi, Mau Coba?

https://spreadshop.com/

Cara Membuat Linktree – Apakah Grameds menyadari bahwa di era yang serba digital seperti saat ini, ada banyak content creator yang menempatkan link tertentu di bio akun sosial media mereka, baik itu Instagram maupun TikTok?

Biasanya, link tersebut ketika diklik akan memuat daftar bisnis-bisnis miliki sang content creator dan dapat berjumlah hingga ratusan banyaknya. Tentu saja kehadiran link tersebut mempermudah kita untuk menemukan bisnis-bisnis milik sang content creator ‘kan?

Contohnya, sang content creator ini bertujuan untuk me-review produk-produk dari program afiliasi e-commerce, maka di linktree yang ditempatkan di bio akun sosial medianya tersebut akan berisikan nama produk-produk yang telah di-review beserta link menuju tokonya. Mulai dari produk pakaian, sepatu, skincare, make up, aksesoris laptop, dan lain sebagainya.

Contoh lainnya, apabila sang content creator ini bertujuan untuk mengedukasi followers-nya terkait ilmu tertentu, maka di linktree yang ditempatkan di bio akun sosial medianya tersebut akan berisikan bab-bab pembelajaran edukasi tersebut.

Jika berkaitan dengan edukasi ilmu “Digital Marketing”, maka di linktree tersebut akan memuat link yang mengarah pada website yang memuat apa itu Digital Marketing, apa itu SEO, bagaimana cara menulis dengan ilmu copywriting, dan lainnya.

Namun ada juga kok beberapa orang yang menggunakan linktree sebatas untuk membuat daftar link yang mengarahkan followers-nya ke akun sosial media miliknya yang lain. Pokoknya, penggunaan linktree ini bergantung pada pemiliknya dan tidak dibatasi oleh bidang apapun. Wah, sangat menarik ya!

Lantas, bagaimana sih cara membuat linktree sehingga dapat Grameds pasang di bio akun sosial media baik Instagram maupun TikTok juga? Yuk, segera simak ulasannya berikut ini!

Cara Membuat Linktree Melalui Website Resmi

Cara membuat linktree tentu saja harus melalui website Linktree resmi yang tentunya tidak ada website abal-abal. Jangan khawatir dengan biaya pendaftarannya sebab untuk membuat akunnya saja itu gratis kok!

1. Buka Website Linktree

https://www.niagahoster.co.id
  • Buka terlebih dahulu website resmi Linktree di sini.
  • Pada halaman beranda, klik ‘Get Started For Free’ untuk membuat akun.

2. Isi Data Untuk Membuat Akun Linktree

https://www.niagahoster.co.id
  • Isilah data-data seperti username, email, dan password untuk proses pembuatan akun linktree.
  • Dalam menuliskan username, sebaiknya pilih nama yang mudah diingat. Apabila akun linktree ini hendak digunakan untuk bisnis pada online shop milikmu, berikan saja nama yang sama dengan nama tokomu tersebut.
  • Setelah semua data telah diisi, beri tanda ceklis pada bagian persetujuan Terms and Conditions.
  • Jika sudah, segera klik ‘Sign up with email’.

3. Isi Kategori Bisnis Pada Akunmu

https://www.niagahoster.co.id
  • Isi info mengenai akunmu. Mulai dari nama lengkapmu hingga kategori bisnis apa yang kamu miliki. Ada banyak kategori yang tersedia, sebut saja ‘Education’, ‘Entertainment’, ‘Fashion & Beauty’, dan lainnya, sesuaikan saja.
  • Jangan lupa untuk memberikan tanda ceklis saat menemukan kolom verifikasi captcha.
  • Klik tombol ‘Continue’ untuk lanjut ke cara membuat linktree selanjutnya.

4. Pilih Plan Pada Akunmu

https://www.niagahoster.co.id
  • Selanjutnya adalah memilih plan apa yang akan kamu berikan pada akunmu. Dapat dikatakan plan ini adalah fitur-fitur yang akan termuat pada akun linktree milikmu.
  • Ada 2 pilihan plan yakni gratis tanpa biaya sepeserpun dan Pro dengan biaya bulanan Rp49.000. Pilih plan sesuai dengan kebutuhanmu.
  • Jika ingin memilih akun linktree yang gratis, maka pilih Free $0, kemudian klik ‘Sign up for Free $0’.
  • Nantinya kamu akan mendapatkan pesan yang bertuliskan “Thanks for signing up” dan pemberitahuan verifikasi email.

5. Lakukan Verifikasi Email

https://www.niagahoster.co.id
  • Cara membuat linktree selanjutnya adalah dengan melakukan proses verifikasi email.
  • Buka email yang kamu gunakan untuk mendaftar akun linktree tadi dan periksa bagian kotak masuk email apakah sudah ada pesan dari pihak Linktree.
  • Jika sudah menemukan pesan masuk dari Linktree, segera buka pesan tersebut dan klik ‘Verify Email’ supaya akunmu terverifikasi.

6. Login Menggunakan Akun Linktree

https://www.niagahoster.co.id
  • Setelah proses verifikasi email, nantinya kamu akan diarahkan ke halaman login Linktree.
  • Masukkan saja username dan password yang digunakan dalam pembuatan akun Linktree sebelumnya.
  • Klik ‘Sign Up’.

7. Akses Halaman Utama Pada Akun Linktree Milikmu

https://www.niagahoster.co.id

Apabila sudah berhasil login, nantinya kamu akan melihat halaman utama (dashboard) sebagai tempat cara membuat Linktree. Nah, berikut ini beberapa penjelasan mengenai fitur-fitur yang terdapat di halaman utama (dashboard) Linktree tersebut.

  • Links: untuk menambah link baru.
  • Appearance: untuk mengubah tema dan profil akun Linktree milikmu.
  • Setting: untuk mengatur banner, social icons, integrasi email, maupun sensitive material lainnya.
  • PRO: pilihan jika kamu ingin mengupgrade akun menjadi plan PRO.

8. Tambahkan Link Baru

https://www.niagahoster.co.id
  • Jika ingin menambahkan link baru, klik saja ‘Add New Link’ yang terdapat pada fitur Links.
  • Setelah muncul kolom title dan url, isikan saja nama produkmu dan alamat website.
  • Jangan lupa aktifkan toggle menjadi ON supaya dapat menampilkan preview Linktree.

9. Tambahkan Link Baru Sesuai Dengan Website Online Shop

Apabila Grameds membaca artikel tentang cara membuat linktree ini untuk kebutuhan online shop di beberapa e-commerce, maka sertakan pula judul nama e-commerce tersebut. Misalnya website toko online milikmu, Shopee, Tokopedia, atau bahkan nomor WhatsApp toko milikmu.

  • Website toko online: (nama toko online milikmu).com
  • Shopee: shopee.co.id/(nama toko online milikmu)
  • Tokopedia: tokopedia.com/(nama toko online milikmu)
  • WhatsApp: wa.me/(kontak nomor WhatsApp toko milikmu, biasanya berupa WhatsApp Business)

10. Bagikan Linktree Milikmu Di Sosial Media

https://www.niagahoster.co.id

Jika linktree milikmu sudah selesai dibuat, jangan lupa untuk membagikannya di berbagai sosial media. Biasanya, linktree ini akan dipasang di bio akun sosial media. Namun jika tidak ingin memasangnya di bio, ada beberapa opsi untuk membagikan linktree tersebut yakni:

  • Add Linktree to Your Socials: dengan menambahkan URL Linktree ke profil akun sosial mediamu. Mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, hingga TikTok.
  • Share My Linktree To All Connections: dengan membagikan URL Linktree ke seluruh koneksimu yang ada di akun sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram, TikTok, hingga LinkedIn.
  • My Linktree QR Code: dengan membagikan QR Code (berupa kode barcode) yang mengarahkan ke URL Linktree milikmu.
  • Copy Linktree: dengan menyalin URL Linktree milikmu dan membagikannya secara manual. Cara ini biasanya digunakan untuk memasangnya di bio akun sosial media milikmu.

Apa Itu Linktree?

Pada dasarnya, linktree adalah sebuah website yang menyediakan berbagai URL link (tautan) dalam jumlah banyak sehingga dapat memudahkan para content creator maupun penjual di e-commerce. Nantinya, linktree ini hanya berupa satu URL link saja tetapi setelah diklik akan menampilkan berbagai link sesuai dengan produk yang terdaftar.

Saat ini, tentu saja linktree sangat populer di kalangan para content creator baik di bidang kecantikan, fashion, hingga edukasi sekalipun karena sangat memudahkan para followers-nya untuk mendapatkan informasi dari mereka. Biasanya, linktree ini akan disematkan di bio akun sosial media baik itu Instagram maupun TikTok.

Dilansir dari wikipedia, website linktree ini dikembangkan oleh Alex Zaccaria, Anthony Zaccaria, dan Nick Humphreys yang memiliki kantor pusat di Melbourne, Australia. Linktree telah dibangun sejak tahun 2016 dan memiliki fungsi utama sebagai website yang menyediakan seluruh tautan dari pengguna sosial media maupun perusahaan.

Usut punya usut, ternyata para pengembang Linktree ini mendapatkan ide karena mereka merasa kesal setelah beberapa sosial media tidak menyediakan kolom untuk hyperlink di bagian profil. FYI, pada tahun 2018 lalu bahkan Instagram pernah melarang kehadiran situs Linktree ini karena indikasi “spam”, tetapi setelah itu pihak Instagram mengeluarkan permintaan maaf.

Pada Maret 2021, jumlah pengguna situs Linktree ini mencapai 16 juta dan bahkan meningkat sebanyak 300% dibandingkan tahun sebelumnya. Pada tahun 2023 ini mungkin meningkat secara drastis karena kehadiran content creator dan program afiliasi dari berbagai e-commerce.

Sama halnya dengan aplikasi maupun website lainnya, Linktree ini pun juga menyediakan paket PRO dan gratis. Tentu saja paket PRO ini memudahkan para penggunanya untuk mendapatkan fitur-fitur yang lebih istimewa. Biaya untuk paket PRO dibayarkan secara bulanan dan dapat diupgrade melalui akun Linktree masing-masing, berupa:

  • Linktree Free – gratis tanpa biaya bulanan sepeserpun
  • Linktree Starter – biaya bulanan Rp39.000
  • Linktree Pro – biaya bulanan Rp75.000
  • Linktree Premium – biaya bulanan Rp220.000

5 Alternatif Website Selain Linktree

https://zapped.to/

Dilansir dari qwords.com, ternyata ada lho alternatif lain selain Linktree jikalau Grameds ternyata tidak cocok dengan fitur-fitur yang ditawarkan. Berikut ini beberapa alternatif website selain linktree yang sama-sama menyediakan website arahan untuk tautan dalam jumlah banyak.

1. LinkQ

Memiliki fitur-fitur yang mirip dengan Linktree berbayar tetapi di LinkQ ini malah justru gratis.

2. Shorby

Dapat digunakan untuk membuat tautan yang disematkan di bio Instagram. Biasanya untuk kebutuhan konten.

3. Milkshake

Tampilan situs website-nya lebih sederhana dan menarik.

4. Tap.Bio

Memiliki fitur yang memudahkan kita berinteraksi dengan pelanggan dan dapat digunakan untuk pemasaran di akun sosial media Instagram.

5. Campsite

Biasanya disematkan di Instagram dan secara gratis sekaligus tanpa batas jumlah URL link-nya.

Demikian ulasan tentang cara membuat Linktree. Semoga semua pembahasan di atas memudahkan Grameds dalam membuat Linktree.

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca. Jika ingin mencari buku seputar ekonomi digital, maka kalian bisa mendapatkannya di gramedia.com, atau bisa melihat rekomendasi buku di bawah ini, ya. 

Penulis: Rifda Arum

7 Rekomendasi Buku Terkait

1. Digital Marketing Di Era 4.0

Digital marketing dapat diartikan sebagai kegiatan pemasaran atau promosi suatu merek atau brand produk atau jasa yang dilakukan melalui media digital. Tujuan pemasaran ini adalah menjangkau sebanyak-banyaknya pelanggan dengan cara yang efisien, relevan, dan efisien. Jika pemasaran tradisional menggunakan media cetak sebagai sarananya, pemasaran digital banyak menggunakan media-media daring.

Digital marketing juga menawarkan kemudahan evaluasi data konversi dari strategi-strategi yang telah diterapkan dibandingkan metode pemasaran konvensional. Tidak hanya itu, biaya yang harus dikeluarkan untuk pemasaran digital relatif lebih murah ketimbang cara-cara tradisional. Nah, bagaimana? Menarik bukan digital marketing ini? Kamu bisa mempelajari hal ini di buku Digital Marketing Di Era 4.0 karya Riadhus Sholihin.

2. Mudah Membuat Aplikasi Pemasaran Digital 360 Derajat

Dalam buku “Mudah Membuat Aplikasi Pemasaran Digital 360 Derajat” ini, kita akan mempelajari teknik pemasaran digital yang mudah dan tidak membutuhkan pemahaman teknis yang tinggi dalam menerapkan strategi pemasaran digital 360 derajat.

Aplikasi berbasis Android yang dihasilkan juga bisa dikembangkan sendiri tanpa harus menjadi seorang programmer atau belajar pemrograman terlebih dahulu. Nantinya, setiap bisnis yang akan dikembangkan jadi dapat dilengkapi dengan aplikasi untuk digunakan di smartphone dan masyarakat yang menjadi target konsumennya.

Dengan langkah-langkah yang sistematis dan juga dilengkapi dengan gambar yang detail, buku ini akan menuntun para pembacanya dalam menghasilkan sebuah aplikasi yang berbasis Android, yang bisa terhubung dengan strategi pemasaran digital secara menyeluruh atau 360 derajat.

Buku ini juga bisa digunakan untuk mata kuliah Kewirausahaan Digital atau Kewirausahaan yang berbasis Teknologi Informasi, maupun menjadi pedoman dalam mengembangkan aplikasi pemasaran digital bagi bisnis, serta menjadi bagian dari pengembangan industri kreatif di Indonesia.

3. Bisnis Pertanian di Era Digital

Pertanian di era digital, menarik bukan? Bagaimana pertanian dapat berhubungan dengan digital? Buku yang satu ini akan menjawab pertanyaan tersebut melalui penjelasan-penjelasan yang ada di dalam buku ini mengenai salah satu platform digital yang membantu bisnis pertanian di Indonesia, iGrow.

Buku ini sendiri menjabarkan materi mengenai kiat mengelola usaha investasi pertanian melalui platform digital, yang ditulis oleh sebuah perusahaan yang sudah memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun dalam menjalankan usahanya ini, jadi informasi-informasi yang dijabarkan tidak perlu diragukan lagi.

Ditambah, perusahaan ini telah berhasil untuk menghimpun para investor untuk memanfaatkan lahan yang terbengkalai di berbagai daerah, sehingga bisa produktif sekaligus memberdayakan petani di sekitar lokasi budi daya.

4. Yuk, Mulai Pakai Digital Marketing!

Dulu, pemasaran mungkin bisa dilakukan dengan sistem door-to-door, menyebar pamflet, dan lainnya. Namun sekarang, strategi tersebut sudah tak lagi efektif. Perkembangan teknologi telah membawa kita ke era digital marketing yang lebih praktis, di mana terdapat dukungan teknologi digital dan internet. Dengan biaya lebih hemat, Anda bisa memasarkan produk ke konsumen yang lebih tepat, di mana pun target pasar Anda berada.

Pengguna internet yang mencapai lebih dari 204 juta di Indonesia, dan 4,95 miliar di dunia membuat potensi penjualan online dengan strategi digital marketing sangatlah besar. Buktinya, nilai transaksi dari e-commerce di Indonesia saja menembus angka Rp30,8 triliun per Februari 2022.

Tak ingin Anda ketinggalan informasi untuk mengembangkan bisnis lebih baik, buku ini hadir untuk mengajak Anda memanfaatkan seluruh potensi dari digital marketing. Tak hanya membahas 9 strategi digital marketing yang bisa diterapkan untuk berbagai jenis produk dan bisnis, buku ini juga memberikan berbagai tips untuk menjalankannya.

Strategi yang dibagikan kepada Anda meliputi SEO, SEM, social media marketing, e-mail marketing, blog untuk bisnis, dan masih banyak lagi. Selain itu, di buku ini Anda juga bisa belajar tentang copywriting dari berbagai contoh yang disediakan. Plus, akan dibagikan juga informasi tools digital marketing terbaik agar upaya digital marketing Anda menjadi jauh lebih simpel. Yuk, mulai pakai digital marketing yang kekinian agar bisnis Anda gampang cuan!

5. Marketing 4.0: Bergerak dari Tradisional ke Digital

“Dewasa ini, dunia teknologi bergerak begitu cepat sehingga setiap perubahan mempercepat perubahan berikutnya. Menjadi penting di lingkungan seperti itu untuk memiliki garis dasar dan titik referensi guna membantu pemasar menemukan jalan ke depan.

Marketing 4.0 menawarkan pengetahuan baru yang akan menjadi titik awal dan sumber daya yang berharga untuk semua orang yang mencoba menciptakan serta memahami masa depan digital dan mobile.” – Howard Tullman, CEO Chicagoland Entrepreneurial Center/1871.

“Internet dan IT mengubah pemasaran secara radikal. Buku ini adalah pembuka mata bagi pemasaran di era baru.” – Hermann Simon, Pendiri dan Ketua Simon-Kucher & Partners.

“Tidak ada orang yang sedemikian paham akan pemasaran seperti Philip Kotler. Kemampuannya untuk mengidentifikasi serta menafsirkan tren dan perkembangan pemasaran yang baru sungguh mencengangkan.

Sekali lagi, dengan Marketing 4.0, Kotler dan rekan penulisnya membantu melakukan sesuatu yang belum pernah dilakukan sebelumnya untuk kesuksesan pemasaran. Ini sudah pasti merupakan buku pemasaran yang HARUS Anda baca tahun ini.” – Kevin Lane Keller, E.B. Osborn Profesor Pemasaran, Tuck School of Business

Sumber:

https://www.niagahoster.co.id/blog/cara-membuat-linktree/

https://en.wikipedia.org/wiki/Linktree

Baca Juga!



Live Apakah Anda berminat jika disediakan fasilitas baca buku sepuasnya di Gramedia ?
  • Ya, tentu saja!
    90% 90% 56 / 62
  • Tidak
    9% 9% 6 / 62


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Arum Rifda

Menulis adalah cara terbaik untuk menyampaikan isi pemikiran, sekalipun dalam bentuk tulisan, bukan verbal.
Ada banyak hal yang bisa disampaikan kepada pembaca, terutama hal-hal yang saya sukai, seperti K-Pop, rekomendasi film, rekomendasi musik sedih mendayu-dayu, dan lain sebagainya.