in ,

Cara Hapus Akun Instagram: 6 Langkah yang Perlu Kamu Ketahui

Cara Hapus Akun Instagram – Dewasa ini, Instagram menjadi salah satu sosial media yang paling populer dan digemari oleh para muda-mudi di seluruh dunia. Mulai dari berbagi foto terbaru hingga update keseharian melalui fitur Instastory yang hanya bertahan selama 24 jam. Sayangnya, tidak banyak orang yang memiliki rasa percaya diri yang tinggi untuk mengupdate foto-foto mereka di sosial media ini. Bahkan tak jarang, keberadaan akun Instagram malah menjadi penyebab dirinya merasa takut dan cemas, tepatnya setelah mengunggah foto.

Maka dari itu saat ini juga ada cara efektif untuk menangani kecemasan tersebut, yakni berupa Social Media Detox. Dalam social media detox ini adalah adalah suatu kondisi dimana seseorang memutuskan untuk membatasi dirinya berinteraksi melalui media sosialnya. Upaya membatasi diri itu dapat dilakukan dengan menghapus akun sosial media yang sekiranya mampu membuat dirinya merasa takut dan cemas, salah satunya adalah Instagram. Lalu bagaimana sih cara hapus akun Instagram milik kita baik secara permanen atau hanya sementara waktu saja? Yuk simak ulasan berikut ini!

cara hapus akun instagram
https://www.pexels.com/

6 Cara Hapus Akun Instagram Secara Permanen Maupun Sementara

1. Cara Menghapus Akun Instagram Secara Permanen

Upaya hapus akun Instagram secara permanen ini maksudnya adalah akun tersebut selamanya tidak akan kembali. Nah, apabila pemilik akun hendak berkeinginan untuk memiliki akun Instagram kembali, maka dirinya harus membuat akun baru. Banyak orang yang benar-benar berinisiatif untuk menghapus akun Instagramnya secara permanen karena beberapa alasan. Mulai dari hendak menggantinya dengan akun baru hingga rasa cemas dari unggahan foto-fotonya. Apalagi jika akun Instagram tersebut memang telah diretas oleh pihak yang bertanggung jawab, maka sebaiknya memang dihapus saja akun tersebut supaya tidak membahayakan keamanan datanya. Lalu, bagaimana caranya? Yuk simak uraian berikut.

  • Buka website Instagram melalui browser yang telah terpasang di smartphone atau laptop milikmu.
  • Setelah itu, pada tab baru, cobalah untuk membuka link https://www.instagram.com/accounts/remove/request/permanent/
  • Selanjutnya, kamu pasti akan diminta memasukkan alasan mengapa hendak menghapus akun Instagram tersebut secara permanen. Masukkan saja alasanmu, tidak perlu ragu-ragu dari salah satu opsi yang telah ditampilkan.
  • Kemudian, masukkan password dari akun Instagram tersebut.
  • Klik opsi “Permanent Delete My Account
  • Nah, kini akun Instagram milikmu sudah terhapus selamanya dan tidak akan pernah kembali.

2. Cara Menghapus Akun Instagram Secara Sementara Waktu

Apabila Grameds tidak ingin akun Instagram terhapus secara permanen, melainkan hanya sementara waktu saja karena sayang dengan kenangan di dalamnya, maka dapat juga dihapus secara sementara waktu. Perlu diperhatikan juga, apabila akun Instagram milikmu ini dihapus secara sementara waktu, maka orang lain tidak akan bisa menemukan akunmu di kolom pencarian. Berbeda dengan menghapus akun Instagram secara permanen, dalam nonaktifkan akun untuk sementara waktu ini, kamu tetap bisa login kembali dengan username dan password-nya.

Nah, berikut adalah langkah-langkah menghapus akun Instagram secara sementara waktu:

  • Buka website Instagram melalui browser yang telah terpasang di smartphone atau laptop milikmu.
  • Login menggunakan akun Instagram yang hendak kamu nonaktifkan sementara itu. Lalu, klik menu “Profil” dan “edit profil
  • Selanjutnya, akan ada opsi “Temporarily Disable My Account” alias “Nonaktifkan Sementara Akun”. Biasanya opsi ini ada di bagian kanan bawah. Nah, segera klik opsi tersebut.
  • Nantinya kamu akan diminta memilih alasan mengapa hendak menghapus atau menonaktifkan akun Instagram tersebut untuk sementara waktu. Pilih salah satu opsi.
  • Kemudian, masukkan password atau kata sandi dari akun Instagram tersebut. Apabila kamu lupa akan password, maka dapat juga memilih opsi “Lupa Kata Sandi”.
  • Setelah itu, klik pilihan “Akun Dinonaktifkan Sementara”. Nah, maka akun Instagram milikmu akan hilang atau nonaktif selama sementara waktu hingga kamu mengaktifkannya kembali.

3. Cara Menghapus Akun Instagram yang Lupa Password

Saat ini, sosial media telah banyak sekali jenisnya dan bahkan tak jarang dalam satu sosial media saja kita dapat memiliki lebih dari satu akun. Hal itu tentu saja akan membuat kita sering lupa dengan password dari akun tersebut, kecuali kita memang telah mencatatnya di aplikasi Notes.

Lalu bagaimana jika kita hendak menghapus akun Instagram tetapi lupa password? Padahal dalam beberapa cara sebelumnya, diharuskan untuk memasukkan kata sandinya terlebih dahulu. Tenang saja, Grameds. Jangan panik karena ternyata ada juga cara menghapus akun Instagram yang telah lupa password itu. Yuk simak uraian berikut:

  • Buka website Instagram melalui browser yang telah terpasang di smartphone atau laptop milikmu. Pilih opsi “Get Help Logging
  • Masukkan username atau alamat email yang digunakan pada akun Instagram milikmu tersebut.
  • Tunggu beberapa saat, maka kamu akan mendapatkan kode verifikasi melalui email yang telah kamu masukkan sebelumnya.
  • Jika kode verifikasi telah masuk, maka kamu dapat login menggunakan kode tersebut.
  • Setelah berhasil masuk ke akun, atur password baru di bagian menu “Setting” dan pilih “Security”.
  • Masukkan password yang sekiranya mudah kamu ingat.
  • Kemudian, buka emailmu dan klik link yang telah dikirimkan oleh pihak Instagram untuk proses penggantian password.
  • Atur ulang password tersebut dan login kembali menggunakan password baru.
  • Hapus akun seperti cara sebelumnya, sesuai dengan keinginanmu apakah secara permanen atau sementara waktu saja.

cara hapus akun instagram

4. Cara Menonaktifkan Instagram

Perlu diketahui ya Grameds bahwa proses menghapus akun maupun menonaktifkan akun Instagram itu tidak bisa dilakukan melalui aplikasi ya… Hanya dapat dilakukan melalui website-nya saja. Nah berikut ini adalah cara menonaktifkan akun Instagram milik kita.

  • Buka website Instagram melalui browser yang telah terpasang di smartphone atau laptop milikmu.
  • Klik Log In di bagian bawah halaman. Kemudian, masukkan username (nama pengguna) dan kata sandi milikmu.
  • Klik ikon berbentuk kepala orang di bagian pojok kanan atas untuk mengakses profil.
  • Lalu, klik tombol edit profil, geserlah halaman hingga menemukan tautan “Temporarily Disable My Account” di bagian kanan bawah halaman Edit Profile.
  • Pilih opsi atau alasanmu mengapa hendak menonaktifkan akun dengan mencentang di salah satu kotak cek.
  • Masukkan password Instagram pada pilihan “To continue, please re-enter your password
  • Kemudian, klik tombol “Temporarily Disable Account” dan klik OK. Maka akun Instagram milikmu akan dinonaktifkan dan otomatis keluar dari Instagram di seluruh perangkat.

5. Cara Menghapus Akun Instagram Tanpa Password dengan Melaporkannya

Biasanya, upaya ini dilakukan untuk memberantas akun-akun palsu yang mengatasnamakan nama kita sehingga justru akan memberikan dampak kerugian bagi banyak orang, tidak hanya diri kita. Berhubung kita tidak memiliki password untuk masuk ke akun Instagram tersebut, tetapi kita tetap dapat kok menghapus akunnya dengan melaporkannya ke pihak Instagram. Berikut caranya:

  • Buka website Instagram melalui browser yang telah terpasang di smartphone atau laptop milikmu.
  • Cari akun Instagram yang hendak kamu laporkan untuk dihapus tersebut.
  • Ketuk ikon titik tiga di bagian pojok kanan atas dan pilih opsi “Laporkan” atau “Report
  • Pilih opsi “Saya yakin bahwa akun ini melanggar pedoman komunitas Instagram”
  • Pilih akun yang hendak kamu laporkan tersebut.
  • Kemudian, pilih opsi “Profil ini berpura-pura menjadi orang lain”.

Setelah itu, kamu pasti akan mendapatkan pemberitahuan bahwa laporanmu tengah diperiksa dan akan ditindak oleh pihak Instagram. Jika proses laporan atau report tersebut dilakukan secara bersama-sama dengan banyak akun, maka akun palsu tersebut akan cepat terhapus.

6. Cara Menghapus Akun Instagram dengan Meminta Pusat Bantuan Instagram

Upaya terakhir untuk menghapus akun Instagram adalah dengan menggunakan fitur Instagram Support Desk alias Pusat Bantuan Instagram. Melalui cara ini, tentu saja tidak memerlukan password atau kata sandi dari akun yang diinginkan terhapus tersebut. Berikut caranya:

  • Buka website Instagram melalui browser yang telah terpasang di smartphone atau laptop milikmu.
  • Masuk ke halaman “Perwakilan Layanan Pelanggan Instagram
  • Klik di sini untuk melanjutkan.
  • Ikuti petunjuk yang ada supaya akun Instagram tersebut dapat dihapus oleh pihak pusat.

 cara hapus akun instagram

Nah, itulah ulasan mengenai bagaimana cara menghapus akun Instagram milik kita maupun akun Instagram milik orang lain yang berpura-pura menjadi diri kita. Apakah Grameds sudah bersedia untuk menghapus akun Instagram dan melaksanakan social media detox supaya tidak mengalami gangguan kecemasan lagi? Namun perlu diketahui ya, jika Grameds memang selalu merasakan kecemasan, takut, dan gugup setiap kali membuka atau mengunggah foto di media sosial ini, maka segera konsultasikan ke psikolog. Jangan asal self-diagnose ya…

Bagaimana cara hapus akun di Instagram?

Buka instagram.com/accounts/remove/request/permanent pada browser laptop Anda. Anda bakal diminta memasukkan alasan menghapus akun Instagram secara permanen. Pilih salah satu dari opsi yang ada dan masukkan password dari akun Instagram Anda.

Apa yang terjadi jika kita menghapus aplikasi Instagram?

Apa yang terjadi ketika kamu hapus akun? Instagram akan menghapus profil, foto, video, komentar, like, dan informasi follower secara permanen. Kamu juga akan kehilangan username dan tidak bisa menggunakannya ke akun lain. Instagram tidak akan mengaktifkan ulang akun yang sudah dihapus.

Apakah hapus akun IG bisa kembali?

Setelah akun dihapus, kamu juga tidak bisa mendaftar kembali dengan nama pengguna yang sama atau menambahkan nama pengguna itu ke akun lain. Cara hapus akun IG secara permanen hanya bisa dilakukan dari browser web.

Berapa lama waktu menonaktifkan akun IG?

Umumnya, dibutuhkan waktu sekitar 1-7 hari bagi pihak Instagram untuk mengaktifkan kembali akun Instagram yang dinonaktifkan.

BACA JUGA:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rifda Arum