in

Deretan Aplikasi Untuk Menabung: Lebih Mudah Kelola Keuangan

Haii, Grameds! Pasti kalian pernah mendengar istilah hemat pangkal kaya kan? Istilah ini cukup terkenal di kalangan masyarakat Indonesia dan memiliki arti sebuah ajakan kepada orang-orang untuk memiliki gaya hidup yang hemat agar bisa menjadi kaya. Istilah ini juga bisa menjadi pengingat kita untuk tidak boros dalam mengelola keuangan. Salah satu cara untuk tetap hemat adalah dengan menabung!

Siapa di antara kalian yang masih menabung menggunakan celengan di rumah? Ya nggak salah sih, tapi zaman sekarang teknologi sudah berkembang begitu pesat. Kalian bisa menabung secara digital tanpa harus bingung menyimpan fisik uang tersebut, karena menyimpan uang secara digital relatif lebih aman tanpa khawatir uang tersebut akan hilang. Artikel ini akan membahas mengenai menabung secara digital, manfaat, tips, hingga rekomendasi aplikasi untuk menabung terbaik. Pastikan Grameds menyimak baik-baik ya! Langsung saja kita mulai!

Pengertian Menabung Secara Digital

Sebelum membahas lebih jauh mengenai aplikasi menabung, kita harus mengetahui hal yang paling dasar dulu mengenai pengertian dari menabung secara digital. Menabung secara digital adalah proses menyimpan uang dalam bentuk elektronik, biasanya melalui aplikasi perbankan atau platform keuangan digital. Menabung secara digital memungkinkan seseorang untuk menyimpan dan mengelola uang kita melalui teknologi, seperti melalui smartphone atau komputer. Hal ini lebih praktis dan efisien daripada menyimpan uang secara fisik di bank yang harus membawa uang tunai. Ini memungkinkan akses yang lebih mudah, transaksi yang lebih cepat, fleksibel, dan mendapat keuntungan tambahan seperti bunga yang lebih tinggi atau fitur pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Manfaat Menggunakan Aplikasi Menabung

Aplikasi menabung telah menjadi jalan keluar yang populer bagi banyak orang untuk mengelola keuangan dan mencapai tujuan finansial mereka. Berikut 10 manfaat utama menggunakan aplikasi menabung:

1.     Akses yang Mudah

Manfaat pertama dalam menggunakan aplikasi menabung adalah memungkinkan kita untuk mengakses rekening tabungan kita kapan saja dan di mana saja dengan mudah hanya melalui smartphone yang kita miliki. Kita tidak perlu lagi pergi ke bank atau mesin ATM jika ingin melakukan transaksi.

2.     Mengelola Keuangan Menjadi Lebih Baik

Dengan fitur pengelolaan keuangan yang disediakan oleh aplikasi menabung, kamu dapat membuat anggaran, mengatur tujuan keuangan, dan memantau pengeluaran kamu secara lebih terstruktur dan teratur.

3.     Pemantauan Transaksi Lebih Akurat

Aplikasi menabung menyediakan fitur pemantauan transaksi atau yang biasa disebut dengan mutasi. Dengan mutasi transaksi, memungkinkan kita untuk melacak setiap transaksi yang terjadi di rekening tabungan yang kamu miliki. Grameds dapat dengan mudah melihat semua transaksi yang dilakukan, termasuk setoran, penarikan, dan pembayaran.

4.     Otomatisasi Tabungan

Grameds juga bisa menggunakan salah satu fitur dari sebuah aplikasi yakni otomatisasi tabungan. Fitur ini memungkinkan kamu untuk melakukan transfer secara otomatis dari rekening gaji kamu ke tabungan setiap bulan atau pada interval waktu yang kamu tentukan. Ini membantu kamu untuk secara konsisten menabung tanpa harus melakukannya secara manual.

5.     Memiliki Target Tabungan yang Jelas

Menggunakan aplikasi untuk menabung memungkinkan Grameds untuk memiliki target tabungan yang lebih jelas. Dengan fitur aplikasi menabung, kamu dapat menetapkan tujuan tabunganmu menjadi beberapa bagian, seperti dana pendidikan, dana darurat, dan juga dana liburan sehingga dana pada tabunganmu lebih terstruktur.

6.     Keamanan Lebih Terjamin

Aplikasi menabung sering dilengkapi dengan fitur keamanan tinggi, seperti otentikasi dua faktor dan enkripsi data. Ini membuatnya lebih sulit bagi pihak yang tidak yang tidak dikenal untuk mengakses tabungan kamu atau melakukan transaksi tanpa izin kamu.

7.     Meningkatkan Kedisiplinan Finansial

Menggunakan aplikasi untuk menabung dengan bantuan fitur-fitur canggih yang terdapat pada aplikasi tersebut membantu kamu lebih disiplin dalam mengelola finansial milikmu. Fitur pada aplikasi tersebut juga membantumu dalam melacak pengeluaran dan progres tabunganmu secara real time.

Di Balik Pena: dr. Andreas Kurniawan Berbagi Tutorial Melalui Duka dan Mencuci Piring

8.     Pembayaran Tagihan yang Mudah

Beberapa aplikasi menabung memungkinkan kamu untuk membayar tagihan langsung dari aplikasi tersebut. Grameds dapat mengatur pembayaran tagihan secara otomatis atau melakukan pembayaran manual dengan mudah dan cepat.

9.     Hemat Waktu dan Tenaga

Manfaat lain dalam menggunakan aplikasi untuk menabung adalah hemat waktu dan juga tenaga. Grameds tidak perlu pergi ke bank hanya untuk menabung atau saat ingin melakukan transaksi. Semua transaksi dapat dilakukan hanya melalui smartphone yang kita miliki.

10.  Bonus atau Hadiah

Sebagai bentuk apresiasi telah menggunakan aplikasi menabung, beberapa aplikasi memberikan bonus atau hadiah kepada penggunanya. Ini bisa berupa bunga yang lebih tinggi atas tabungan kamu, cashback atas pembelian tertentu, atau hadiah lainnya seperti voucher diskon sebagai imbalan atas penggunaan atau mencapai tujuan tertentu dalam menabung.

Aplikasi menabung menawarkan berbagai manfaat yang dapat membantu kamu mencapai tujuan keuangan, mengelola keuangan dengan lebih baik, dan meningkatkan disiplin finansial. Pilihlah aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi kamu untuk memulai mengelola finansial menjadi lebih baik.

Tips Memilih Aplikasi Menabung yang Tepat

Memilih aplikasi menabung yang tepat dapat membantu kamu mencapai tujuan keuangan dan mengelola keuangan dengan lebih baik. Sebelum memutuskan untuk memilih aplikasi untuk menabung, kamu dapat pertimbangkan hal ini. Berikut 5 tips memilih aplikasi untuk menabung yang tepat:

1.     Pastikan Aplikasi Tersebut Aman

Grameds perlu pastikan aplikasi menabung yang kamu pilih memiliki standar keamanan yang tinggi. Periksa apakah aplikasi tersebut menggunakan enkripsi data yang kuat dan menyediakan fitur keamanan tambahan seperti autentikasi dua faktor untuk melindungi informasi keuangan kamu.

2.     Penggunaan yang Mudah

Pilihlah aplikasi untuk menabung yang memiliki antarmuka pengguna yang simpel dan mudah digunakan. Grameds harus dapat dengan mudah mengakses fitur-fitur utama, melakukan transaksi, dan melacak informasi keuangan kamu tanpa mengalami kesulitan maupun merasakan kebingungan.

3.     Fitur yang Tersedia

Grameds juga perlu pertimbangkan fitur yang tersedia dari aplikasi tersebut dan pastikan sesuai dengan kebutuhan kamu ya. Misalnya, aplikasi tersebut memiliki fitur otomatisasi tabungan, pemantauan pengeluaran, terintegrasi dengan pembayaran tagihan, lebih menguntungkan jika ada voucher atau diskon tertentu jika sering bertransaksi.

4.     Kenali Kebutuhan dan Tujuan Menabung

Langkah selanjutnya adalah pertimbangkan kebutuhan dan tujuan menabung kamu. Apakah kamu ingin menabung untuk dana darurat, liburan, atau pendidikan? Tidak semua aplikasi memiliki fitur yang dapat membantu tujuan menabung kamu.

5.     Perhatikan Ulasan dan Reputasi Aplikasi Tersebut

Langkah terakhir yang dapat Grameds lakukan adalah perhatikan ulasan dan reputasi aplikasi tersebut. Sebelum memutuskan untuk mengunduh dan menggunakan aplikasi menabung tertentu, baca ulasan dari pengguna lain dan periksa reputasi aplikasi tersebut. Tinjau apakah aplikasi tersebut memiliki catatan yang baik dalam hal keamanan, keandalan, dan layanan pelanggan. Ulasan dari pengguna lain dapat memberikan pengalaman dalam menggunakan aplikasi tersebut secara langsung.

Dengan mengikuti tips di atas, Grameds dapat memilih aplikasi menabung yang tepat untuk membantu kamu mencapai tujuan keuangan dan mengelola keuangan dengan lebih baik. Perlu diingat bahwa tidak ada aplikasi menabung yang sempurna untuk semua orang. Pilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi kamu ya!

Rekomendasi Aplikasi Untuk Menabung Terbaik

Setelah Grameds mengikuti tips-tips di atas, kamu dapat mulai memutuskan aplikasi untuk menabung apa yang sekiranya kamu butuhkan ya! Gramin punya rekomendasi aplikasi untuk menabung terbaik, berikut daftarnya:

1.     GoPay

Grameds pasti tidak asing dengan aplikasi yang satu ini. GoPay awalnya dikenal sebagai dompet digital untuk pembayaran secara online, tetapi kini GoPay telah mengembangkan fitur menabung. Dengan GoPay, pengguna dapat menyimpan dan mengelola uang mereka secara digital. Fitur ini memberikan kemudahan akses dan fleksibilitas dalam mengatur keuangan.

2.     DANA

Dana merupakan aplikasi keuangan yang menawarkan berbagai fitur, termasuk tabungan dan investasi yang disebut dengan Dana Goals. Melalui Dana Goals, pengguna dapat membuka tabungan dengan bunga yang kompetitif dan juga berbagai opsi investasi yang tersedia.

3.     Ovo

Selain sebagai platform pembayaran digital, Ovo juga memiliki fitur “OVO Invest” yang memungkinkan pengguna untuk menabung dan berinvestasi dalam produk reksa dana. Pengguna dapat menabung secara digital dengan mudah melalui OVO.

4.     Jenius

Jenius memiliki fitur bernama “dream saver” yang memungkinkan penggunanya menabung sehingga dapat mencapai target mereka. Jenius dikenal sebagai aplikasi perbankan digital yang menyediakan berbagai jenis tabungan dan fitur pengelolaan keuangan yang canggih.

5.     Pluang

Pluang awalnya dikenal sebagai aplikasi investasi emas, tetapi juga memiliki fitur menabung. Pengguna dapat menabung dalam bentuk emas dengan mudah dan aman melalui Pluang. Fitur ini memberikan alternatif menarik untuk berinvestasi dalam bentuk yang stabil dan berharga.

6.     Aplikasi Mobile Banking

Aplikasi mobile banking dari bank-bank konvensional, seperti BCA Mobile, Mandiri Online, dan BRI Mobile, menyediakan fitur menabung yang memungkinkan nasabah untuk mengakses dan mengelola rekening tabungan mereka dengan mudah melalui perangkat seluler. Pengguna dapat melakukan berbagai transaksi, seperti transfer, pembayaran tagihan, dan menabung, dengan cepat dan aman melalui aplikasi ini.

Itulah beberapa aplikasi untuk menabung yang bisa kamu pilih. Dengan banyaknya pilihan yang ada, Grameds dapat memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan dan tujuan menabungmu. Setiap aplikasi memiliki kelebihan dan fitur tertentu yang dapat membantumu mengelola keuangan lebih baik.

Kesimpulan

Nah itu dia Grameds pembahasan mengenai aplikasi untuk menabung. Menabung kini menjadi lebih mudah dengan banyaknya pilihan aplikasi yang tersedia. Beberapa aplikasi di atas juga memiliki fitur-fitur canggih yang dapat membantumu mencapai tujuan menabungmu dengan lebih mudah. Pilihlah aplikasi yang sesuai dengan seleramu ya! Semoga artikel ini dapat membantu kamu lebih giat menabung. Selamat menabung Grameds!

Gramin juga sudah menyiapkan buku-buku terkait di bawah ini, lho. Yuk langsung saja dapatkan bukunya hanya di Gramedia.com! Sebagai #SahabatTanpaBatas, kami selalu siap memberikan informasi dan produk terbaik untuk kamu.

Penulis: Hafizh

 

Rekomendasi Buku Terkait

Psychology of Money

The Psychology of Money

button cek gramedia com

Kesuksesan dalam mengelola uang tidak selalu tentang apa yang Anda ketahui. Ini tentang bagaimana Anda berperilaku. Dan perilaku sulit untuk diajarkan, bahkan kepada orang yang sangat pintar sekalipun. Seorang genius yang kehilangan kendali atas emosinya bisa mengalami bencana keuangan. Sebaliknya, orang biasa tanpa pendidikan finansial bisa kaya jika mereka punya sejumlah keahlian terkait perilaku yang tidak berhubungan dengan ukuran kecerdasan formal. Uang, investasi, keuangan pribadi, dan keputusan bisnis biasanya diajarkan sebagai bidang berbasis matematika dengan data dan rumus memberi tahu kita apa yang harus dilakukan. Namun, di dunia nyata orang tidak membuat keputusan finansial di spreadsheet. Mereka membuatnya di meja makan, atau di ruang rapat, di mana sejarah pribadi, pandangan unik Anda tentang dunia, ego, kebanggaan, pemasaran, dan berbagai insentif bercampur. Dalam The Psychology of Money, penulis pemenang penghargaan, Morgan Housel membagikan 19 cerita pendek yang mengeksplorasi cara-cara aneh orang berpikir tentang uang dan mengajari Anda cara memahami salah satu topik terpenting dalam hidup dengan lebih baik. Morgan membuat cerita pendek tersebut dengan menggunakan sudut pandang perilaku manusia sehingga setelah selesai membaca buku ini, pembaca akan menemukan sudut pandang baru dalam menyikapi duit yang dimiliki. Nah, supaya kamu mengetahui cara-cara untuk mengelola keuangan dengan baik, yuk baca buku The Psychology of Money.

Gaya Bokek: Nabung Saham Ala Mahasiswa

Gaya Bokek Nabung Saham ala Mahasiswa

button cek gramedia com

“Boro-Boro Investasi, Buat Sehari-Hari Aja Pas-Pasan.” Buku Gaya Bokek Nabung Saham ala Mahasiswa ini bisa membalikkan penyangkalanmu. Saat ini, pasar modal semakin terbuka untuk masyarakat. Dengan membeli saham di pasar modal, berarti kamu mengantongi kepemilikan sebuah perusahaan. Dengan uang Rp100.000,00 saja, kamu bisa mendapatkan 1 lot. Bahkan penulis Dimas Raka Prayudha menceritakan bagaimana dia yang tanpa modal mencari cara untuk menghasilkan tambahan uang jajan dari saham sejak masih kuliah. Terinspirasi dari bacaan tentang saham dan investasi ditambah dengan pengalamannya sendiri, penulis menyusun buku ini yang memuat banyak mengalami kegagalan dari berbagai percobaan. Ia belajar untuk menemukan strategi dan memperdalam kemampuannya menganalisis saham di pasar modal. Setelah kerja keras tersebut, penghasilannya dari investasi saham akhirnya bisa membantu perekonomian keluarga.

Yuk Belajar Saham Untuk Pemula Nabung Saham Itu Asik

YukBelajarSaham untuk Pemula: Nabung Saham Itu Asik

button cek gramedia com

Sebenarnya saham merupakan suatu hal yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, hanya saja masyarakat belum banyak tahu atau menyadari keberadaan salah satu instrumen investasi yang satu ini. Banyak orang yang beranggapan bahwa saham itu judi, saham itu haram, dan lain sebagainya. Kurangnya wawasan mengenai saham inilah yang akhirnya membuat banyak orang menjadi skeptis bahkan takut untuk berinvestasi saham. #YukBelajarSaham untuk Pemula adalah buku yang memberikan wawasan dan ajakan yang bersifat praktikal untuk seluruh masyarakat Indonesia, baik yang belum maupun yang sudah tertarik untuk berinvestasi saham, yang belum memiliki banyak wawasan dan tidak tahu dari mana harus memulainya. Anda akan memelajari kenapa harus berinvestasi saham, bagaimana menjadi pemilik sebuah perusahaan daripada hanya menjadi konsumen produknya, mengetahui bagaimana prosedur mengikuti Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS), mengetahui bagaimana aksi korporasi bisa memengaruhi harga saham, pilihan untuk menjadi investor atau trader, dan juga memahami apa yang dinamakan saham “supermarket”.



Live Apakah Anda berminat jika disediakan fasilitas baca buku sepuasnya di Gramedia ?
  • Ya, tentu saja!
    93% 93% 1.2k / 1.2k
  • Tidak
    6% 6% 84 / 1.2k


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Adila V M