in

2 Cara Membatalkan Pesanan Di Tiktok Shop dan Tips Berbelanja Online

Cara Membatalkan Pesanan Di Tiktok Shop – Di zaman yang serba canggih ini, segala kegiatan dapat dilakukan hanya melalui smartphone dan jaringan internet saja. Mulai dari kegiatan belajar hingga berbelanja pun sekarang dapat dilakukan melalui aplikasi tertentu saja.

Bahkan platform sosial media sekaligus video musik seperti TikTok pun saat ini sudah melebarkan sayapnya menjadi e-commerce. Yap, aplikasi TikTok sekarang ini tidak hanya berisikan konten challenge atau video musik jedag-jedug saja, tetapi juga ada fitur TikTok Shop untuk berbelanja secara online. Bahkan banyak orang yang beralih ke TikTok Shop ini karena voucher gratis ongkir dan promosi yang ditawarkan tidak main-main, sehingga produk yang dibeli menjadi lebih murah harganya.

Sama halnya dengan e-commerce lain, TikTok Shop tentunya memiliki fitur pembatalan pesanan. Mengingat membatalkan pesanan itu merupakan hal lumrah dalam sistem jual beli. Banyak alasan yang membuat pelanggan berniat membatalkan pesanannya, seperti kesalahan pada input alamat tujuan, kesalahan ketika memilih warna dan ukuran produk, hingga kesalahan memilih sistem pembayarannya.

Sayangnya, tidak semua orang paham dan tahu cara membatalkan pesanan di TikTok Shop ini. Memangnya, bagaimana sih cara membatalkan pesanan di TikTok Shop itu? Yuk, simak ulasan berikut ini supaya Grameds lebih memahaminya!

Cara Membatalkan Pesanan Di Tiktok Shop
https://pandaily.com/

2 Cara Membatalkan Pesanan Di TikTok Shop Secara Cepat dan Mudah

1. Cara Membatalkan Pesanan di TikTok Shop yang Belum Dibayarkan

  • Buka aplikasi TikTok dan klik pada fitur TikTok Shop.
  • Klik pada menu “Pesanan” yang terletak di sebelah kiri atas.
Cara Membatalkan Pesanan Di Tiktok Shop
https://www.musdeoranje.net/
  • Pada bagian “Semua”, carilah pesanan yang belum dibayarkan. Setelah itu, klik pesanan tersebut.
Cara Membatalkan Pesanan Di Tiktok Shop
https://www.musdeoranje.net/
  • Klik tombol “Batal” yang terletak di bagian bawah.
https://www.musdeoranje.net/
  • Setelah muncul laman “Beritahu kami alasan Anda membatalkan pesanan”, pilih alasan apa saja yang sekiranya cocok dengan alasanmu membatalkan pesanan tersebut. Mulai dari metode pembayaran yang diinginkan tidak tersedia, informasi pengiriman salah, pesanan dibuat secara tidak sengaja, ada harga yang lebih baik, maupun produk sudah tidak diperlukan lagi. 
  • Jika alasan sudah dipilih, klik “Kirimkan” yang terletak di bagian bawah.
https://www.musdeoranje.net/
  • Apabila ada tampilan seperti di bawah ini, itu berarti pesananmu di TikTok Shop sudah dibatalkan oleh pusat.
Cara Membatalkan Pesanan Di Tiktok Shop
https://www.musdeoranje.net/

2. Cara Membatalkan Pesanan di TikTok Shop Sistem COD yang Belum Dikirimkan Oleh Penjual

Saat ini, aplikasi TikTok terutama pada fitur TikTok Shop sudah memenuhi sistem pembayaran COD (Cash On Delivery) alias bayar di tempat. Sistem [pembayaran ini lebih disukai terutama bagi mereka yang tidak memiliki kartu kredit maupun saldo uang digital lainnya. Cara ini dapat dilakukan dengan chat langsung pada pihak penjual. Nah, berikut ini adalah cara membatalkan pesanan di TikTok Shop yang menggunakan sistem COD dan belum dikirimkan oleh pihak seller.

  • Buka aplikasi TikTok di smartphone milikmu.
  • Buka fitur TikTok Shop dengan menu “Belanja” di bagian bawah.
Cara Membatalkan Pesanan Di Tiktok Shop
https://www.musdeoranje.net/
  • Klik menu “Pesanan” yang ada di sebelah kiri atas.
Cara Membatalkan Pesanan Di Tiktok Shop
https://www.musdeoranje.net/
  • Cari pesanan yang hendak dibatalkan tersebut.
https://www.musdeoranje.net/
  • Klik pilihan “Hubungi Penjual” yang terletak di bagian bawah.
https://www.musdeoranje.net/
  • Supaya dapat melakukan chat dengan pihak penjual klik “Kirim Pesan”.
Cara Membatalkan Pesanan Di Tiktok Shop
https://www.musdeoranje.net/
  • Tuliskan pesan kepada pihak penjual untuk memintanya membatalkan pengiriman pesanan. Tunggu hingga penjual menyetujui permintaanmu.
  • Apabila pihak penjual sudah setuju untuk membatalkan pengiriman pesanan, maka tampilannya akan terlihat seperti berikut ini.
https://www.musdeoranje.net/
  • Pada bagian menu “Lacak Paket” akan terlihat bahwa pesanan milikmu sudah dibatalkan sehingga pengantaran paket pun juga pasti batal.
https://www.musdeoranje.net/

Solusi Lain Membatalkan Pesanan di TikTok Shop

Solusi lain untuk membatalkan pesanan di TikTok Shop terutama yang belum dibayarkan adalah dengan membiarkannya hingga batas pembayaran habis. Biasanya, batas pembayaran ini harus dilakukan selama 1×24 jam. Apabila lebih dari itu dan pembayaran belum dilakukan, maka pihak TikTok Shop akan membatalkan pesanan secara otomatis.

Lantas, bagaimana jika pesanan di TikTok Shop sudah dibayarkan tetapi kita tetap ingin membatalkannya? Jawabannya adalah tidak bisa. Yap, aplikasi ini belum menyediakan fitur membatalkan pesanan di TikTok Shop yang sudah dibayarkan. Meskipun ada, itu pun harus melalui proses menghubungi pihak seller dan pihak TikTok untuk alasan yang jelas. Memang sedikit ribet ya, jadi sebelum berbelanja di TikTok Shop, tentunya harus membaca deskripsi produk dan ulasan pelanggan ya… 

Cara Membatalkan Pesanan Di Tiktok Shop

Tips Menghindari Kesalahan Saat Berbelanja Online?

Pengalaman berbelanja online tentu saja akan sangat berbeda dengan berbelanja secara offline alias di tokonya secara langsung. Dilansir dari store.sirclo, ada banyak sekali kesalahan yang sering dilakukan oleh pembeli, di antaranya adalah tidak memperhatikan kebijakan pembatalan maupun pengembalian barang. Yap, tidak semua aplikasi e-commerce menyediakan fitur pembatalan dan pengembalian barang, apalagi yang sudah dibayarkan. Nah, untuk menghindari kesalahan-kesalahan ketika berbelanja secara online, yuk simak tips berikut ini!

1. Baca Deskripsi Produk Secara Teliti

Sebenarnya, tips ini harus tetap dilakukan sekalipun tengah berbelanja secara langsung di tokonya. Yap, membaca deskripsi produk secara teliti adalah langkah utama sebelum berbelanja produk apapun. Sayangnya, ketika berbelanja online, tidak semua membaca deskripsi tersebut dan tanpa basa-basi langsung checkout.

Padahal, di aplikasi e-commerce apapun, pasti akan menyediakan bagian untuk menuliskan deskripsi produk secara lengkap. Mulai dari jenis produk, bahan, ukuran, kelengkapan, cara penggunaan, kelebihan, dan lainnya. Nah, kita sebagai konsumen tentunya harus teliti dan mempertimbangkan secara baik sebelum membelinya.

2. Baca Ulasan Pelanggan Tentang Produknya

Hal utama yang harus dilakukan ketika membeli barang secara online adalah dengan memperhatikan ulasan-ulasan dari pelanggan yang telah membeli produk tersebut. Baca ulasan-ulasan tersebut secara detail tentang apa saja kekurangan dan kelebihan dari produk tersebut. Tak jarang, pelanggan sebelumnya akan menyertakan kondisi barang dalam bentuk foto sehingga Grameds dapat menilai bagaimana rupa produk aslinya. Mengingat foto produk yang ditampilkan di toko online dan aslinya itu tak jarang pasti berbeda.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Ulasan-ulasan dari pelanggan sebelumnya itu dapat dijadikan sebagai referensi supaya tidak mengalami kesalahan saat membeli barang secara online dan tidak terjadi pembatalan pesanan.

3. Perhatikan Bagaimana Kebijakan Pengiriman Pesanan

Setiap platform e-commerce pastilah memiliki kebijakan dalam pemesanan maupun pengiriman barang. Nah, sebelum melakukan transaksi pembayaran. baca dan pahami terlebih dahulu kebijakan tersebut secara detail. Contohnya di fitur TikTok Shop ini yang tidak menyediakan pembatalan pesanan pada barang yang sudah dibayar, sehingga mau tidak mau pihak pembeli pun harus menerima pesanan tersebut.

4. Jangan Ragu Untuk Bertanya Kepada Pihak Penjual

Terutama bagi Grameds yang pemalu, tidak perlu sungkan untuk bertanya kepada pihak penjual jika ada informasi produk yang memang kurang lengkap. Apalagi jika hendak memastikan stok barangnya, tentu saja tinggal manfaatkan saja fitur chat kepada penjual. Tunggu sampai pihak penjual membalas pertanyaan itu.

Cara Membatalkan Pesanan Di Tiktok Shop

Nah, itulah ulasan mengenai bagaimana cara membatalkan pesanan di TikTok Shop dan tips sebelum melakukan pemesanan barang secara online melalui platform e-commerce. Apakah Grameds masih ingin membatalkan pesanan atau justru siap melakukan transaksi pembayaran?

Sumber:

https://voi.id/

https://www.musdeoranje.net/

https://www.thelastsurvivors.org/

https://store.sirclo.com/

Baca Juga!



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Rifda Arum

Perkembangan dunia industri kreatif berkembang dengan pesat. Kpop, Kdrama, dan Kfilm sudah tersebar dan disukai oleh banyak orang, salah satunya saya yang suka dengan kebudayaan Korea.