in

Cara Download Lagu di YouTube dengan Aplikasi dan Melalui Situs Gratis

Cara download lagu di Youtube – YouTube adalah salah satu platform yang terkenal di seluruh dunia, di mana setiap orang dapat menonton video dengan berbagai macam konten seperti live streaming, tutorial, berita, dan lain-lain. Selain itu, ada banyak kreator dan pencipta lagu yang mengunggah karyanya melalui akun YouTube. Oleh karena itu, tidak jarang banyak orang mendengarkan musik melalui YouTube.


Pengguna YouTube yang suka mendengarkan lagu melalui platform ini biasanya juga suka melihat Music Video atau lirik lagu pada layar. Sayangnya, lagu yang diunggah di YouTube tidak dapat didengarkan secara
offline. Jadi, pengguna yang ingin mendengarkan lagu melalui YouTube tanpa kuota harus mengunduh lagu tersebut terlebih dahulu.


Jika Grameds ingin mendengarkan lagu dari video musik di YouTube tanpa perlu terhubung dengan internet, Grameds dapat mengubah format video musik tersebut menjadi format MP3 dan mengunduhnya. Bagaimana caranya? Pelajari langkah-langkahnya di bawah ini.

Fitur-Fitur Pada YouTube

Sebelum mengetahui bagaimana cara download lagu dari YouTube dengan mudah, Grameds perlu mengetahui apa YouTube lebih dahulu. Oleh sebab itu, Grameds lebih mengenal fitur-fitur yang ada pada YouTube. Berikut penjelasannya.


YouTube merupakan sebuah platform berbagi video yang didirikan pada Februari 2005 oleh tiga mantan karyawan PayPal. Situs web ini memfasilitasi pengguna untuk mengunggah, menonton, dan membagikan video. Pengguna yang tidak terdaftar di situs ini dapat menonton video, sedangkan pengguna yang terdaftar dapat mengunggah video tanpa batasan jumlah.


Video yang dianggap mengandung konten yang tidak pantas hanya dapat ditonton oleh pengguna terdaftar yang berusia 18 tahun atau lebih. Saat ini, YouTube telah mengalami banyak perkembangan dalam hal fitur-fiturnya.

Tujuan dari pengembangan fitur-fitur di YouTube adalah untuk membuat pengunjung merasa lebih nyaman dan mudah mengakses konten yang dibutuhkan.

Bisa dikatakan bahwa saat ini YouTube telah membawa perubahan besar dalam gaya hidup manusia. Dengan banyaknya fitur yang semakin lengkap dan mudah digunakan, YouTube pun semakin memanjakan pengunjung. Beberapa fitur unik yang dimiliki oleh YouTube saat ini antara lain adalah sebagai berikut:

Cek di Balik Pena : Baby Chaesara

 

  • Video Anotasi 

Fitur pertama dari YouTube bernama video anotasi, yaitu jenis video di mana terdapat elemen yang dapat di-klik di atas atau di samping video yang sedang diputar. Biasanya, video anotasi masih terkait dengan video yang sedang diputar. Fitur ini sering digunakan oleh pembuat video agar lebih banyak orang menonton video mereka.

Namun, terkadang fitur ini dianggap mengganggu oleh pengunjung YouTube. Untuk mengatasi perbedaan preferensi ini, YouTube memperbolehkan pengunjung untuk menonaktifkan video anotasi melalui pengaturan di sudut kanan atas layar video. Caranya hanyalah dengan mengklik tombol pemutaran video, kemudian hilangkan tanda centang pada opsi anotasi video.

 

  • Autoplay Video

Autoplay adalah salah satu fitur baru yang diperkenalkan oleh YouTube. Setelah seseorang menyelesaikan menonton video, algoritma YouTube akan menampilkan video selanjutnya yang terkait dengan tema video yang ditonton sebelumnya.

Fitur autoplay dapat diaktifkan atau dinonaktifkan melalui menu di sebelah kanan layar. Di atas opsi video yang akan ditonton, ada opsi autoplay dengan tanda centang di sebelahnya. Grameds hanya perlu mencentang atau menghapus tanda centang untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fitur ini.

Ingin tahu sejarah dari terbentuknya YouTube? Kamu bisa mengetahui akan hal itu lewa buku buku “YouTube” yang berisi tentang kisah inspiratif dari ketiga pendiri YouTube dan berhasil membuat situs satu ini menjadi sukses hingga diakuisisi oleh Google. Beli bukunya dengan klik gambar buku di bawah ini, ya. .

 

  • Mengatur Kecepatan Video

YouTube memiliki fitur untuk mempercepat atau memperlambat video yang sedang diputar sesuai dengan preferensi masing-masing pengguna. Caranya menggunakannya dengan mencari ikon pengaturan di sudut kanan bawah video, lalu klik dan pilih opsi kecepatan dan sesuaikan kecepatan video sesuai dengan keinginan.

Opsi kecepatan di atas kata “normal” menunjukkan peningkatan kecepatan, sedangkan opsi kecepatan di bawah kata “normal” menunjukkan perlambatan kecepatan video yang diputar. Fitur ini sangat berguna, terutama bagi penikmat konten YouTube yang terbiasa kesulitan mengikuti jalannya video.

 

  • Mengunduh Video

Penambahan fitur baru yang memungkinkan pengguna YouTube untuk mengunduh video sangat bermanfaat. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan video dan menontonnya kembali di waktu yang lain.

Selain itu, pengguna juga  dapat memanfaatkan fitur tonton offline di YouTube, meskipun video hanya dapat diputar melalui aplikasi YouTube. Meskipun begitu, fitur download video ini hanya tersedia untuk jenis konten tertentu. Pada umumnya, konten musik video yang diunggah langsung oleh musisi atau channel resmi tidak dapat diunduh. Namun, Grameds tidak perlu khawatir, karena ada cara lain untuk download video dan lagu di YouTube.

Ingin tahu caranya? Simak penjelasannya di bawah ini.

Saat ini, sudah banyak orang yang memiliki keinginan untuk menjadi seorang Youtuber, apakah kamu salah satunya? Bagi Grameds yang tertarik menjadi YouTuber pemula dan ingin belajar cara menjadi Youtuber yang menarik dan sukses, maka kamu bisa membaca buku Aku Ingin Menjadi Youtuber yang bisa dibeli di gramedia.com.

Cara Download Lagu di YouTube Tanpa Menggunakan Aplikasi Tambahan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa YouTube sebenarnya memang memiliki fitur unduh video. Akan tetapi, fitur ini hanya dapat digunakan pada konten tertentu.

Pada umumnya, musisi yang mengunggah karyanya di YouTube menonaktifkan fitur unduh video, sehingga pengguna tidak dapat mendengarkan dan melihat lagu tersebut dalam keadaan offline.

Kekurangan lain dari fitur unduh video bawaan dari YouTube adalah video tersebut hanya dapat diputar pada aplikasi YouTube. Artinya, Grameds tidak dapat memutar atau menggunakan aplikasi lain ketika sedang menyaksikan video tersebut.

Agar Grameds bisa mendengarkan lagu dari YouTube secara offline dan membuka aplikasi lain secara bersamaan, berikut beberapa cara download lagu di YouTube tanpa aplikasi tambahan.

 

  • Ytmp3

Ytmp3 adalah sebuah situs yang dapat digunakan untuk mengunduh video dari Youtube dan mengkonversinya menjadi file suara.

Selain dapat mengunduh file suara dengan format MP3, Grameds juga dapat mengunduh video secara lengkap dan menyimpannya di galeri smartphone atau laptop.

Dengan menggunakan situs ini, Grameds dapat memilih format file yang ingin diunduh dengan bebas dan secara gratis. Berikut cara download lagu dari YouTube dengan situs Ytmp3:

  • Untuk mengunduh video dari Youtube, pertama-tama buka Youtube dan cari video yang ingin diunduh.
  • Setelah itu, salin tautan video tersebut.
  • Selanjutnya, buka tab baru dan ketikkan link https://ytmp3.cc di mesin pencarian.
  • Setelah halaman Ytmp3 muncul, paste tautan video yang telah Grameds salin sebelumnya.
  • Kemudian, situs tersebut akan memproses tautan yang Grameds klik dan dalam waktu singkat akan muncul beberapa pilihan format file yang dapat Grameds pilih untuk unduh.
  • Pilihlah format file yang diinginkan dan tunggu hingga proses pengunduhan selesai.

 

  • YT5s

YT5s adalah sebuah situs yang menyediakan layanan download video YouTube secara gratis dan tanpa batas. Pengguna dapat memilih format MP4 atau MP3, serta kualitas video atau musik yang ingin diunduh sesuai dengan preferensi masing-masing.

YT5s memungkinkan pengguna untuk mengunduh video dari YouTube dengan cara yang mudah dan praktis.Tampilan situs ini juga sederhana sehingga mudah diakses.

Bagi Grameds yang ingin mengunduh video dari YouTube dengan format MP4 atau MP3, Grameds dapat mengunjungi situs YT5s tanpa perlu login terlebih dahulu. Berikut caranya:

  • Buka aplikasi YouTube di perangkat milik Grameds.
  • Pilih video yang ingin diunduh.
  • Pilih Bagikan dan salin tautan video.
  • Buka browser di perangkat kalian dan kunjungi situs https://yt5s.com/.
  • Tempelkan tautan video yang telah disalin sebelumnya di kotak yang tersedia di situs tersebut.
  • Klik tombol Mulai / Start.
  • Pilih format file MP4 atau MP3, serta kualitas video yang diinginkan.
  • Klik tombol Get Link.
  • Tunggu proses konversi selesai, lalu klik Unduh.
  • Setelah proses download selesai, file unduhan akan tersimpan di memori ponsel dan dapat diputar kapan saja tanpa memerlukan koneksi internet.

 

  • Y2Mate

Y2Mate adalah sebuah situs yang dapat digunakan untuk mengunduh berbagai konten dari media sosial. Salah satu kegunaannya yang paling populer adalah untuk mengunduh video dari YouTube dan mengkonversikannya menjadi format MP3 atau MP4.

Dibandingkan situs download lagu di YouTube lainnya, situs Y2Mate memiliki beberapa keunggulan seperti proses download yang cepat, download video dari berbagai sosial media dan tentunya gratis. Grameds bisa menggunakan situs Y2Mate untuk download lagu dari YouTube ada dua cara yang bisa Grameds coba, berikut caranya:

Cara Umum atau Biasa:

  • Kunjungi situs Y2mate.com
  • Ketik judul video yang ingin diunduh di kolom pencarian, atau salin tautan video yang ingin diunduh dan tempelkan ke kolom pencarian.
  • Klik tombol “Mulai” untuk memulai proses konversi.
  • Pilih format video atau audio yang ingin diunduh, kemudian klik tombol “Unduh”.

Cara Cepat:

  • Buka situs Y2mate.com
  • Di kolom pencarian, tempelkan tautan video yang ingin diunduh dan tambahkan “pp” setelah kata “Youtube”.
  • Klik tombol “Start” untuk memulai proses konversi.
  • Pilih format video atau audio yang ingin diunduh, kemudian klik tombol “Download”.

Khawatir anak terlalu banyak bermain gadget dan terpaku melihat video yang ada di YouTube? Grameds bisa mengubah kekhawatiran tersebut dengan memanfaatkan internet dan YouTube. Tips-tipsnya ada pada buku “Sarjana Youtube” yang bisa Grameds beli di gramedia.com

  • Download4.cc

Download4.cc merupakan sebuah situs web yang dapat digunakan untuk mengunduh video secara online dari berbagai situs berbagi video dan musik seperti YouTube, Facebook, Instagram, Twitter, dan lainnya.

Selama 5 tahun terakhir, download4.cc telah membantu banyak pengguna dalam mengunduh video secara mudah dan cepat. Caranya, pengguna hanya perlu menyalin link video yang ingin diunduh, kemudian kunjungi situs download4.cc.

Dalam waktu beberapa detik saja, layanan online dari situs tersebut akan membantu pengguna dalam mengunduh video yang diinginkan. Agar lebih jelas, berikut cara menggunakan situs ini:

  • Kunjungi situs YouTube dan salinlah URL video yang ingin diunduh.
  • Selanjutnya, buka situs download4.cc dan paste-kan URL video tersebut pada kolom yang telah disediakan.
  • Setelah itu, klik tombol “Unduh”.
  • Selanjutnya, pilih format unduhan yang diinginkan seperti MP3, MP4 atau format lainnya.
  • Setelah itu, klik kanan pada tombol unduh dan pilih “Simpan tautan sebagai” untuk menyimpan hasil unduhan tersebut di lokasi yang Grameds inginkan.
  • Terakhir, klik “Simpan” untuk menyelesaikan proses download.

 

  • Savefrom.net

Savefrom.net adalah sebuah situs pengunduh video online yang dapat digunakan untuk mengunduh video atau musik secara gratis dan cepat. Situs ini sangat mudah digunakan karena dapat mengunduh video dari Facebook, Instagram atau bahkan YouTube melalui browser.

Pengguna tidak perlu mengunduh aplikasi apapun untuk mengunduh video di Facebook atau Instagram (IG), cukup menyalin tautan video yang ingin diunduh, lalu tempel di kolom, dan unduh. Proses ini sangat sederhana dan mudah dilakukan.

Berikut cara menggunakan situs Savefrom.net untuk download lagu dari YouTube dengan gratis dan mudah:

  • Salin atau duplikat tautan video yang ingin diunduh.
  • Masuk ke situs savefrom.net dan tempelkan tautan video yang sudah disalin tadi.
  • Setelah itu, pilih format MP3 dan klik tombol unduh. Tunggu sampai proses pengunduhan selesai.

Cara Download Lagu di YouTube dengan Aplikasi Tambahan

Selain menggunakan beberapa situs gratis di atas, Grameds juga dapat download lagu dari YouTube dengan menggunakan aplikasi tambahan. Apabila menggunakan aplikasi, maka langkah pertama yang harus Grameds lakukan adalah download dan install aplikasi tambahannya lebih dahulu.

Berikut adalah rekomendasi aplikasi download lagu dari YouTube yang bisa Grameds gunakan serta cara menggunakannya:

  • Any Converter Free

Ada banyak aplikasi download lagu dan convert video ke file MP3. Akan tetapi, jika Grameds adalah pengguna PC maka Grameds dapat menginstall aplikasi Any Converter Free atau Any Video Converter untuk download lagu di YouTube.

Setelah melakukan proses install dari aplikasi selesai, Grameds bisa menggunakan aplikasi ini dengan mengikuti cara berikut:

  • Kunjungi situs unduh aplikasi Any Video Converter Free dan klik pada opsi “Free download”.
  • Tunggu beberapa saat hingga muncul jendela untuk menentukan folder penyimpanan dan klik tombol “Simpan” untuk menyimpan file setup dengan ukuran sekitar 60 MB.
  • Setelah proses unduh selesai, buka file setup dengan mengkliknya dan klik “Yes” jika muncul jendela “User Account Access” (UAC).
  • Setelah jendela instalasi terbuka, klik tombol “Install Now” untuk melanjutkan dan tunggu beberapa saat hingga proses instalasi selesai.
  • Setelah itu, klik “Start Now” untuk menjalankan program Any Video Converter.
  • Pilih format yang diinginkan dengan mengklik bagian nomor 1 dan simbol musik, kemudian pilih format output menjadi MP3.
  • Siapkan URL video YouTube yang ingin diunduh dalam format MP3, klik tombol “Add URL”, simbol tanda plus, dan tempelkan URL video YouTube di kolom yang tersedia.
  • Terakhir, klik “Start Download” untuk memulai proses unduh video. Setelah video selesai diunduh, klik tombol “Convert Now”.

Itulah cara download lagu dari YouTube dengan gratis. Apabila dilihat dari kedua cara di atas, cara paling mudah dan praktis memang menggunakan situs downloader dan converter. Sebab, Grameds tidak perlu download aplikasi tambahan yang dapat berisiko menyebarkan virus. Sebagai #SahabatTanpaBatas, gramedia.com menyediakan buku tentang tips-tips menggunakan YouTube atau menjadi YouTuber.

Bagi Grameds yang tertarik, Grameds bisa langsung membeli bukunya di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Khansa

Rujukan:
https://www.download4.cc/guide/how-to-download-video.html
https://mlipir.republika.co.id/posts/197055/ytmp3-cara-gampang-download-lagu-dari-youtube-dan-video-di-tiktok
https://mlipir.republika.co.id/posts/196360/ini-cara-download-lagu-di-youtube-secara-gratis-melalui-ytmp3

Pengertian Youtube


https://katadata.co.id/agung/lifestyle/63a2c26dd55cf/2-cara-download-lagu-di-youtube-agar-bisa-didengarkan-kapan-saja
Blogs.itb.ac.id

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ratih

Menekuni dunia SEO writing selama 6 tahun dengan minat terhadap dunia parenting, kuliner, dan gaya hidup. Berlatarbelakang pendidikan Ilmu Komunikasi, saya mendapatkan insight terkait berbagai jenis penulisan serta diperkaya dengan teknik SEO agar bisa mengembangkan tulisan ke arah digital.