in

Rekomendasi Destinasi Wisata Kota Kudus

Jawa Tengah terdiri dari berbagai macam daerah di dalamnya. Salah satu wilayah yang  ada di Jawa Tengah adalah Kabupaten Kudus. Kabupaten Kudus memiliki ibu kota yang terletak di Kecamatan Kudus Kota.

Banyak orang mengenal kota Kudus sebagai penghasil rokok terbesar di Jawa Tengah. Selain itu kota Kudus juga begitu popular dengan sebutan kota santri. Hal ini tak lain karena Kabupaten Kudus menjadi pusat perkembangan agama Islam di Jawa Tengah pada Abad pertengahan. Hal tersebut bisa kita lihat dari adanya tiga makam wali yang ada di wilayah tersebut.

Ada makam Sunan Kudus, Sunan Muria dan Sunan Kedu. Secara administrasi, kota Kudus memiliki batas wilayah. Dimana batas wilayah utara dari Kabupaten Kudus adalah Kabupaten Jepara, Timur adalah Kabupaten Pati, Selatan Kabupaten Grobogan dan Kabupaten Demak, lalu untuk batas barat kabupaten Kudus adalah Kabupaten Demak.

Secara umum wilayah yang ada di Kabupaten Kudus adalah dataran rendah. Namun untuk wilayah utara dari Kabupaten Kudus memiliki sebuah gunung bernama Gunung Muria dengan Puncak Saptorenggo di ketinggian 1.602 mdpl. Puncak Rahtawu dengan ukuran ketinggian 1.522 mdpl dan Puncak Argojembangan dengan ketinggian 1.410 mdpl.

Bisa dibilang jika Kudus adalah sebuah kabupaten dengan luas wilayah terkecil di Jawa Tengah. Namun siapa sangka jika Kudus adalah kabupaten terkaya yang ada di Jawa Tengah.

Berkunjung ke Kudus menjadi salah satu agenda banyak orang. Hal ini tak lain karena Kudus menawarkan berbagai macam jenis destinasi wisata. Banyak destinasi wisata alam hingga modern yang bisa kalian kunjungi ketika berada di Kabupaten Kudus.

Lalu, apa saja rekomendasi wisata Kudus? Nah agar kalian tak penasaran, yuk baca penjelasan mengenai rekomendasi wisata Kudus yang ada di bawah ini.

Rekomendasi Wisata Kudus

1. Air Terjun Gonggomino

Air terjun Gonggomino menjadi salah satu rekomendasi wisata di kota Kudus yang bisa kalian kunjungi. Tentunya air terjun Gonggomino menawarkan pesona alam yang begitu luar biasa. Setiap harinya, air terjun Gonggomino selalu ramai pengunjung  karena memang namanya sudah begitu terkenal bagi para wisatawan.

Meski begitu untuk bisa menikmati keindahan air terjun Gonggomino, kalian harus mengikuti sungai Rejenu terlebih dahulu. Bagi kalian yang suka banget berpetualang, maka air terjun Gonggomino menjadi salah satu destinasi yang begitu cocok untuk dikunjungi.

Harga tiket masuk ke dalam air terjun Gonggomino hanya berada di kisaran Rp5 ruban saja. Sedangkan untuk alamat detail dari air terjun Gonggomino adalah berada di Jl. Colo, Kec. Dawe, Kab. Kudus, Jawa Tengah.

2. Air Terjun Montel

Masih dengan tema wisata awal, kota kudus juga memiliki destinasi wisata air terjun lainnya dengan nama Montel. Dimana keberadaan dari air terjun Montel juga tak kalah ramai dikunjungi para pelancong dari dalam maupun di luar kota.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Menariknya air terjun Montel sudah menyediakan berbagai macam jenis fasilitas umum guna mendukung kenyamanan para pengunjung. Mulai dari tempat ibadah seperti mushola, tempat parkir luas, warung dengan berbagai macam jenis jajanan maupun makanan dan minuman hingga ke berbagai macam jenis cinderamata yang dijual di sekitaran lokasi air terjun Montel.

Letak wisata air terjun Montel juga tak begitu jauh dari makam Sunan Muria yaitu berada di sebelah utara. Tak hanya bisa menikmati keindahan air terjun Montel, namun para pengunjung juga bisa meminum air bersih dari lokasi tersebut.

Ketinggian dari air terjun Montel adalah 50 meter. Sedangkan  harga tiket masuk ke dalam lokai hanya Rp 5 ribu saja. Lokasi air terjun Montel terletak di Jl. Kajar, Dawe, Kab. Kudus, Jawa Tengah.

3. Waterboom Mulia Kudus

Tak jarang para wisatawan di kota kudus kerap mengunjungi waterboom Mulia Kudus bersama keluarga. Tentunya waterboom Mulia Kudus bisa menjadikan tempat liburan yang begitu bagi keluarga. Tak hanya itu saja, pasalnya waterboom Mulia Kudus menawarkan berbagai macam wahana yang seru di dalamnya.

Mulai dari arena memancing, ATV hingga kolam berarus ada di waterboom Mulia Kudus. Tiket masuk ke waterboom Mulia Kudus hanya Rp15 ribuan saja untuk per orang nya. Sedangkan lokasi dari waterboom Mulia Kudus adalah berada di  Jl. Raya Kudus – Colo, Lau, Dawe, Kab. Kudus, Jawa Tengah.

4. Air Terjun Kali Banteng

Desa Wisata Rahtawu memiliki air terjun Kali Banteng yang bisa banget kalian kunjungi. Tentunya pesona air terjun Kali Banteng tidak kalah cantik dengan destinasi wisata alam lainnya. Ketinggian dari air terjun Kali Banteng sendiri adalah 1627 mdpl yang ternyata masuk sebagai curug berundak.

Ketika mengunjungi air terjun Kali Banteng tentunya suasana asri bisa kalian rasakan sekaligus. Tak ada salahnya untuk selalu mengabadikan momen terbaik ketika mengunjungi destinasi wisata tersebut.

Meski begitu jumlah pengunjung akan meningkat ketika musim liburan hadir. Oleh karena itu untuk bisa ke air terjun Kali Banteng carilah hari yang tepat. Memiliki harga tiket Rp5 ribu saja menjadikan air terjun Kali Banteng masuk ke dalam daftar wisata alam Kudus yang cukup terjangkau harganya.

Lokasi dari air terjun Kali Banteng tak jauh dari desa wisata Rahtawu atau lebih tepatnya di Jl. Rahtawu, Kec. Gebog, Kab. Kudus, Jawa Tengah.

5. Museum Kretek

Berikung ke kota Kudus rasanya tidak lengkap jika tidak mengunjungi museum Kretek. Sama seperti namanya, museum Kretek yang ada di kota Kudus memiliki berbagai macam jenis koleksi peralatan mesin yang digunakan untuk membuat rokok pada zaman dahulu.

Kalian bisa melihat berbagai macam jenis kegiatan yang digunakan dalam proses pembuatan rokok, mulai dari penanaman tembakau hingga pembuatan rokok. Museum Kretek berada di Desa Getas Pejaten Kecamatan Jati Kudus atau berada di Jl. Getas Pejaten No. 155, Getas, Getas Pejaten, Kec. Jati, Kab. Kudus, Jawa Tengah. Sedangkan untuk tiket masuk dari museum Kretek hanya Rp2 ribu saja, sangat terjangkau bukan.

6. Menara Kudus

Menara Kudus menjadi salah satu destinasi wisata religi yang ada di kota Kudus yang bisa kalian kunjungi. Sampai saat ini keberadaan dari Menara Kudus begitu populer di kalangan para pelancong. Dilihat sekilas, bangunan Menara Kudus terbuat dari tumpukan batu bata dengan atap kayu berbentuk limas. Sedangkan pada bagian dinding Menara Kudus ada beberapa organmen piring logam yang menempel.

Konon katanya, piring tersebut didatangkan langsung dari China. Keberadaan dari Menara Kudus berada di depan Masjid Al Aqsa yang memiliki fungsi sebagai penanda masuknya waktu sholat. Di Sekitar Menara Kudus juga ada Makam Sunan Kudus yang kerap dijadikan tempat berziarah.

Harga tiket masuk ke dalam Menara Kudus adalah Rp5 ribu saja. Sedangkan lokasi tepat dari Menara Kudus adalah di Jl. Menara, Pejaten, Kauman, Kec. Kota Kudus, Kab. Kudus, Jawa Tengah.

7. Desa Wisata Rahtawu Kudus

Desa Wisata Rahtawu Kudus adalah salah satu rekomendasi wisata yang ada di kota Kudus. Dimana Desa Wisata Rahtawu Kudus ini memiliki ketinggian sekitar 1627 mdpl. Dengan ketinggian tersebut menjadikan Desa Wisata Rahtawu Kudus memiliki udara segar yang begitu sejuk.

Desa Wisata Rahtawu Kudus juga memiliki sungai yang begitu jernih dan bisa untuk bermain air ataupun mandi para pengunjung. Tak hanya dari segi pesona alamnya saja, namun Desa Wisata Rahtawu Kudus juga menawarkan berbagai macam bangunan pertapaan ketika menjelajahnya.

Letak desa Desa Wisata Rahtawu Kudus berada di lereng gunung muria. Atau lebih tepatnya kalian bisa mengunjungi Desa Wisata Rahtawu Kudus di Desa Rahtawu, Kec. Gebog, Kab. Kudus, Jawa Tengah.

Setiap wilayah akan memiliki cerita rayatnya sendiri. Hal ini juga berlaku di Jawa Tengah yang kaya akan cerita rakyat. Salah satunya adalah seperti cerita rakyat asal usul huruf Jawa yang ada di dalam buku dengan judul Buku Aktivitas Cerita Rakyat Jawa Tengah: Asal Usul Huruf Jawa.

8. Sumber Air Tiga Rasa Rejenu

Siapa sangka di kota Kudus juga memiliki destinasi wisata alam lain yang begitu cocok untuk dikunjungi. Salah satunya adalah sumber air Tiga Rasa Rejenu yang bisa masuk ke dalam list destinasi wisata wajib dikunjungi ketika berada di kota Kudus.

Masyarakat setempat percaya jika sumber air Tiga Rasa Rejenu memiliki kemampuan untuk memberikan khasiat bagi tubuh manusia. Sampai saat ini kepercayaan akan kekuatan dari sumber air Tiga Rasa Rejenu masih terus dipercaya hingga turun temurun.

Sama seperti namanya, masing-masing dari sumber air Tiga Rasa Rejenu memiliki rasa yang berbeda. Jika kalian memang  penasaran terhadap rasa dari sumber air Tiga Rasa Rejenu, maka kalian bisa mencobanya sendiri. Harga tiket masuk ke dalam lokasi sumber air Tiga Rasa Rejenu hanya Rp3 ribu saja. Sedangkan lokasi dari sumber air Tiga Rasa Rejenu adalah di Jl. Japan, Kec. Dawe, Kab. Kudus, Jawa Tengah.

9. Gray Canyon Kudus

Berikutnya ada Gray Canyon Kudus yang mirip dengan di Amerika. Adanya Gray Canyon Kudus adalah karena aktivitas penambangan bahan galian C. Gray Canyon Kudus adalah sebuah Kawasan perbukitan tersebut mirip dengan objek wisata Green Canyon yang ada di Amerika.

Tak bisa dipungkiri ketika mengunjungi Gray Canyon Kudus akan terasa seperti berada di objek wisata yang ada di luar negeri. Tentunya para wisatawan yang berkunjung ke Gray Canyon Kudus bisa mengabadikan setiap momen yang ada.

Harga tiket masuk ke lokasi Gray Canyon Kudus adalah Rp5 ribu saja. Sedangkan untuk lokasi tepat dari Gray Canyon Kudus adalah berada di Desa Tanjung Rejo, Kec. Jekulo, Kab. Kudus, Jawa Tengah.

10. Bumi Perkemahan dan Wana Wisata Kajar

Kota Kudus juga memiliki destinasi wisata dengan konsep outbound. Salah satunya adalah Bumi Perkemahan dan Wana Wisata Kajar. Dimana keberadaan dari Bumi Perkemahan dan Wana Wisata Kajar begitu terlihat berbeda karena menyajikan hutan pinus serta suasana yang begitu segar.

Para wisatawan bisa datang untuk merasakan bagaimana kesejukan yang ditawarkan oleh Bumi Perkemahan dan Wana Wisata Kajar. Bumi Perkemahan dan Wana Wisata Kajar berada di ketinggian 600 mdpl. Tak jarang keberadaan dari Bumi Perkemahan dan Wana Wisata Kajar kerap dijadikan sebagai pelatihan instansi atau organisasi.

Untuk bisa masuk ke dalam lokasi Bumi Perkemahan dan Wana Wisata Kajar hanya perlu membayar tiket sebesar Rp7 ribu saja. Sedangkan untuk lokasi Bumi Perkemahan dan Wana Wisata Kajar berada di Dersaya, Kajar, Dawe, Kab. Kudus, Jawa Tengah.

11. Taman Oasis

Taman Oasis kerap dijadikan sebagai tempat nongkrong para wisatawan yang datang ke kota Kudus. Selain itu para penduduk lokal juga kerap mengunjungi Taman Oasis. Dimana Taman Oasis sendiri dibangun oleh PT,. Djarum saat ini menjadi salah satu taman popular di kota Kudus.

Beberapa pohon juga ada di sekitar Taman Oasis dengan rumput yang sudah tertata rapi. Susana sejuk kerap menjadi salah satu daya tarik yang menjadikan banyak orang datang berkumpul di Taman Oasis.

Untuk bisa masuk ke dalam lokasi Taman Oasis tak perlu mengeluarkan uang karena gratis. Sedangkan lokasi dari Taman Oasis berada di Jl. Lkr. Utara No. 7, Bacin, Kec. Bae, Kab. Kudus, Jawa Tengah.

Kudus masuk ke dalam wilayah Jawa Tengah. Meski begitu Jawa Tengah juga memiliki berbagai macam keunikan lainnya. Buku Ensiklopedia Indonesia Provinsi Jawa Tengah akan  menjelaskan hal-hal penting yang ada di setiap provinsi dalam  wilayah Jawa Tengah.

12. Wisata Alam Selam Semliro

Wisata Alam Selam Semliro adalah destinasi yang berada di Kawasan Pegunungan Muria Kudus. Destinasi wisata ini akan menawarkan para pengunjung dengan pemandangan alam yang begitu memukau.

Tentunya para pengunjung akan bisa melepaskan rasa penat ketika berada di Wisata Alam Selam Semliro. Menawarkan keindahan yang begitu memukau menjadikan Wisata Alam Selam Semliro selalu ramai dikunjungi para wisatawan.

Kalian bisa menemukan berbagai macam spot foto di area Wisata Alam Selam Semliro. Misalnya adanya jembatan Pruntul, sebuah jembatan yang dibuat seolah-olah terpotong yang cocok banget dijadikan sebagai media foro.

Dipadukan dengan pemandangan hijau pegunungan menjadikan foto kalian akan begitu berkesan. Harga tiket masuk ke lokasi Wisata Alam Selam Semliro hanya Rp5 ribu saja. Lalu untuk lokasi Wisata Alam Selam Semliro berada di Jl. Semillero, Rahtawu, Kec.  Gebog, Kab. Kudus, Jawa Tengah.

13. Menara Pisang

Meskipun hanya sebuah menara, namun  banyak orang yang penasaran akan keberadaan dari objek wisata Menara Pisang di kota Kudus. Tak jarang objek wisata ini dijadikan tempat nongkrong para anak muda lokal di daerah tersebut

Karena banyak orang menyebarkan momen foto di media sosial, Menara Pisang menjadi ramai dikunjungi. Tak hanya itu saja, sebenarnya Menara Pisang juga bisa dijadikan sebagai destinasi wisata yang digunakan untuk menikmati pemandangan sekitar.

Tiket masuk ke dalam Menara Pisang hanya Rp25 ribu. Sedangkan untuk lokasi tepat dari Menara Pisang adalah di Pejaten, Kerjasan, Kec. Kota Kudus, Kab. Kudus, Jawa Tengah.

Demak menjadi salah satu kota yang paling dekat dengan kota Kudus. Jika dari Semarang, salah satu jalur untuk ke Kudus adalah melewati kota Demak. Tentunya banyak hal menarik yang bisa kita pelajari dari kota Demak seperti sejarah yang ada dalam penjelasanya dalam buku Demak Bintoro.

14. Air Terjun Pengantin

Memiliki nama yang cukup menarik dengan nuansa alam yang indah menjadikan daya tarik tersendiri dari Air Terjun Pengantin. Nama Air Terjun Pengantin karena pada bagian tengah air terjun terdapat sebuah batu yang membelah turunnya air hingga menjadi dua. Ada juga yang menyebutkan air terjun ini sebagai air terjun kembar.

Sama dengan jenis Air Terjun Pengantin lainnya, para pengunjung bisa dengan berbesar bermain air atau berenang di lokasi. Agar bisa masuk ke dalam lokasi Air Terjun Pengantin, kalian hanya perlu membayar sebesar Rp7 ribu saja.

Lalu untuk lokasi dari Air Terjun Pengantin berada di Puyoh, Kec. Dawe, Kab. Kudus, Jawa Tengah.

15. Goa Jepang Terban

Goa Jepang Terban bisa menjadi salah satu destinasi wisata sejarah di kota Kudus. Tetunya Goa Jepang Terban memiliki keindahan alam yang turut menjadikan lokasi begitu asri. Tiket masuk ke lokasi Goa Jepang Terban hanya Rp5 ribu saja. Sedangkan untuk lokasi dari Goa Jepang Terban berada di Terban, Kec. Jekulo, Kab. Kudus, Jawa Tengah.

Nah, itulah ulasan mengenai beberapa rekomendasi destinasi wisata Kudus yang bisa kalian kunjungi berasam orang terdekat. Selain beberapa destinasi wisata tersebut, kota Kudus masih menyimpan berbagai macam tempat wisata menarik lainnya. Jadi, tempat wisata Kudus mana yang akan kamu kunjungi?

Jika ingin mencari buku tentang tempat wisata, maka kalian bisa mendapatkannya di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Hendrik

Sumber:

25 Tempat Wisata di Kudus Terbaru & Terhits Dikunjungi

https://p2k.stekom.ac.id/ensiklopedia/Kabupaten_Kudus

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Gabriela

Hai, saya Gabriel. Saya mengenal dunia tulis menulis sejak kecil, dan saya tahu tidak akan pernah lepas dari itu. Sebab, segala informasi yang kita dapat setiap hari, salah satunya berbentuk tulisan. Sebuah kebanggaan tersendiri bagi saya untuk bisa turut memberikan informasi melalui tulisan saya.

Membuat karya tulis akan selalu menyenangkan bagi saya, karena saya bisa terus belajar melalui kata-kata. Setiap kali menulis, saya akan terlebih dahulu membaca sumber untuk memperoleh informasi yang tepat. Keseluruhan proses merangkai kata tersebut adalah proses pembelajaran yang tak berkesudahan.

Saya suka menulis review buku, karena setiap buku menyajikan dunia yang baru dan memberikan banyak pengetahuan baru. Saya juga suka menulis tentang dunia kuliner dan trivia, karena ada banyak fakta unik, tips, dan juga trik yang bisa saya coba praktikkan.

Keahlian
Review buku
Kuliner
Trivia

Pendidikan
Universitas Multimedia Nusantara

Linkedin: Gabriela Estefania
Instagram: @gaby_tandean