in

5 Rekomendasi Vitamin Kucing Agar Gemuk dan Bulu Lebat Terbaik

vitamin kucing agar gemuk dan bulu lebat
Sumber: Pixabay.com/susannp4

Vitamin kucing agar gemuk dan bulu lebat – Sebagai pemilik hewan peliharaan, kita harus membekali diri dengan pengetahuan tentang kebutuhan hewan peliharaan kita. Sama seperti manusia, kucing juga membutuhkan vitamin untuk menjaga kesehatan tubuhnya.

Vitamin kucing diperlukan untuk menjaga kesehatan kucing. Adapun jenis vitamin tersebut juga bermacam-macam, mulai dari vitamin untuk menghindari kucing dari berbagai penyakit, menambah nafsu makan, menggemukkan badan, hingga menperindag bulunya.

Lalu, apa saja vitamin kucing yang bagus dan bagaimana cara memilihnya? Supaya Grameds lebih paham mengenai berbagai vitamin kucing, di bawah ini telah dirangkum cara memilih vitamin kucing dan beberapa rekomendasi vitamin untuk menggemukan badan kucing dan memperindah bulunya. Simak penjelasannya di bawah ini!

Cara Memilih Vitamin untuk Kucing

vitamin kucing agar gemuk dan bulu lebat
Sumber: Pexels.com/Anna Shvets

Vitamin kucing bisa dikategorikan berdasarkan usia dan kondisi tubuh kucing. Oleh karena itu, Anda harus memastikan bahwa produk pilihan cocok dengan peliharaan kesayangan Anda di rumah.

1. Periksa komposisi vitamin

Produk dalam vitamin kucing tentunya mempunyai komposisi yang berbeda-beda, baik dari segi manfaat dan juga target usianya. Oleh karena itu, Anda harus memilih vitamin yang mengandung komposisi tepat dan sesuai dengan kebutuhan anak bulu Anda.

a. Protein untuk meningkatkan kekebalan tubuh kucing

Protein mempunyai manfaat yang baik bagi antibodi, kulit, bulu, dan kuku kucing. Selain itu, asam amino yang ada dalam protein bisa diubah menjadi glukosa yang penting bagi fungsi otak, sel darah merah, dan juga ginjal.

Mengutip dari lama my-best.id, drh. Tito Prayoga mengungkapkan bahwa kucing membutuhkan asam amino sebagai prekursor pembentukan protein. Molekul protein ini kemudian akan menjadi antibodi yang memiliki peran melawan agen asing yang masuk ke dalam tubuh. Kebutuhan asam amino atau protein yang tercukupi akan membuat tubuh siap membentuk antibodi jika ada agen patogen masuk. Dengan begitu, sistem imunitas tubuh kucing akan meningkat.

Protein juga berguna untuk menghasilkan energi supaya kucing bisa beraktivitas. Namun, protein juga memiliki efek samping, yaitu menyebabkan masalah pencernaan pada kucing. Hal ini bisa terjadi saat kucing sulit atau tak dapat mencerna protein, atau alergi terhadap protein. Untuk mencegah kasus seperti ini, Anda bisa memilih protein yang mudah dicerna.

Dengan begitu, kucing Anda bisa menyerap nutrisi protein yang dibutuhkannya. Anda juga bisa memilih produk seperti protein terhidrolisis yang menggunakan sumber protein tunggal. Protein terhidrolisis sendiri adalah protein yang sudah dipecah menjadi bentuk protein yang lebih kecil, sehingga lebih mudah dikonsumsi.

b. Vitamin A dan B untuk menjaga kesehatan mata kucing

Menurut drh. Tito Suprayoga, vitamin merupakan senyawa organik yang berperan dalam berbagai aktivitas metabolisme. Kekurangan atau defisiensi vitamin bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Sama seperti manusia, vitamin A juga memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan mata kucing.

Selain menjaga mata supaya bisa berfungsi normal, vitamin A juga bisa melindungi kucing dari berbagai penyakit dan mempercepat kesembuhan mata kucing yang sakit. Tidak hanya vitamin A, vitamin B juga bisa menjaga kesehatan mata kucing.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Kedua vitamin ini memiliki manfaat supaya pandangan kucing menjadi lebih tajam. Adapun fungsi utama vitamin A untuk tubuh kucing, yaitu menjaga kesehatan mata, menjaga kekebalan tubuh, menunjang pertumbuhan, dan membantu perkembangan janin.

Namun, kelebihan vitamin A juga bisa menimbulkan masalah kesehatan, terutama pada anak kucing yang sedang dalam masa pertumbuhan. Salah satunya contohnya ialah hipervitaminosis A, yakni sebuah kondisi yang ditandai dengan berbagai lesu tulang. Maka itu, berikan vitamin A sesuai takaran yang tercantum pada kemasan atau konsultasi terlebih dahulu dengan dokter hewan.

c. Vitamin E, lemak omega 3, dan omega 6 untuk bulu yang indah

Vitamin E, lemak omega 3, dan omega 6 adalah nutrisi yang berperan penting dalam menjaga kesehatan bulu kucing. Lemak omega 3 dan omega 6 pada dasarnya bermanfaat untuk menjaga kucing supaya tidak mudah terserang masalah peradangan. Jika terhindar dari masalah kulit tersebut, bulu kucing juga akan tumbuh dengan sehat dan indah.

Kemudian, vitamin E juga memiliki manfaat untuk meningkatkan kesehatan kulit. Vitamin E bisa mencegah terjadinya sejumlah masalah pada kulit kucing. Drh. Tito Prayoga juga mengatakan bahwa vitamin E berperan sebagai antioksidan yang mencegah penyebaran reaksi radikal bebas pada kulit.

Asam lemak omega 3 dan omega 6 juga penting dalam menjaga rambut tetap berkilau dan mencegah kerontokan. Kedua nutrisi itu juga bisa berfungsi untuk melindungi sistem kekebalan tubuh, otak, hati, mata, dan persendian kucing. Namun, perlu diperhatikan juga untuk memenuhi ketiga nutrisi ini sesuai anjuran.

2. Pilihlah vitamin yang sesuai dengan usia dan kondisi kucing 

Pilih vitamin kucing yang sesuai dengan usia dan kondisi kesehatannya. Jangan memaksa memberikan vitamin yang tidak sesuai kebutuhan, karena hal itu bisa membahayakan kesehatan kucing.

a. Mengombinasikan vitamin A, B, C, dan E dengan minyak ikan untuk penggemuk kucing

Tidak hanya dengan memberikan makanan penuh nutrisi, vitamin juga dibutuhkan supaya kucing tetap sehat dan gemuk. Vitamin sebaiknya dikonsumsi secara rutin dan tak hanya diberikan sesekali saja, supaya manfaatnya lebih terlihat.

Vitamin yang bermanfaat untuk menggemukkan tubuh kucing adalah vitamin A, B, C, dan E yang dikombinasikan dengan minyak ikan. Kombinasi keempat jenis vitamin dengan minyak ikan ini bertujuan untuk meningkatkan nafsu makan kucing. Lalu, bila nafsu makan meningkat, kucing pun akan mudah gemuk, dan kulit serta bulunya juga cenderung akan lebih sehat.

Drh. Tito Prayoga menjelaskan bahwa kucing dapat mengalami malnutrisi. Dan salah satu cara untuk mengembalikan bobot tubuh kucing kembali menjadi ideal adalah dengan memberikan vitamin A, B, C, dan E.

Perlu diingat, pemberian vitamin untuk meningkatkan nafsu makan sebaiknya dibatasi jika berat kucing sudah melebihi batas maksimal. Dengan begitu, pemberian vitamin ini tak akan menimbulkan permasalahan kesehatan di kemudian hari.

b. Vitamin A, B, D, E, dan K untuk membantu pertumbuhan anak kucing

Jika anak kucing sudah berusia tujuh atau delapan minggu, maka sudah saatnya kitten disapih dari induknya. Dalam masa sapih ini, anak kucing membutuhkan nutrisi tambahan, dan salah satunya adalah vitamin. Vitamin bermanfaat untuk membantu pertumbuhan dan menjaga imunitas tubuhnya.

Anak kucing memerlukan kelengkapan nutrisi optimal pada masa pertumbuhannya. Kebutuhan nutrisi itu bisa diperoleh melalui susu induk, susu tambahan, atau pakan tambahan. Selain nutrisi pokok seperti karbohidrat, lemak, dan protein, vitamin dan mineral juga dibutuhkan untuk membantu pertumbuhan anak kucing.

Vitamin A dibutuhkan untuk mendorong pertumbuhan anak kucing. Vitamin B atau thiamin mempunyai fungsi yang sangat kompleks. Vitamin B1 berperan dalam metabolisme karbohidrat, vitamin B6 berperan dalam regulasi hormon. Kemudian, vitamin B12 berfungsi dalam mengatur fungsi enzim.

Vitamin D membantu dalam proses penyerapan dan mengatur kalsium serta fosfor yang penting dalam pembentukan tulang, gigi, dan kulit yang kuat. Vitamin E dibutuhkan sebagai antioksidan untuk membantu mengembangkan sistem imunitas. Dan, vitamin K berfungsi untuk mengaktivasi faktor pembekuan darah.

Anak kucing akan memerlukan seluruh vitamin tersebut. Selain vitamin A, B, D, E, dan K, Anda juga memerlukan tambahan minyak ikan untuk mendorong nafsu makannya. Dengan begitu, anak kucing Anda akan mendapatkan nutrisi yang lengkap untuk tumbuh sehat.

c. Persiapkan kucing hamil dengan vitamin A, D, dan E

Sama seperti manusia, kucing yang sedang hamil juga wajib mengonsumsi vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh sang induk sekaligus suplemen bagi janin di dalam kandungannya. Vitamin utama yang harus diberikan kepada kucing hamil adalah vitamin A, D, E, K, C, dan B kompleks. Kebutuhan vitamin-vitamin tersebut harus diperhitungkan sebelum, selama kehamilan, dan selama kucing menyusui.

Vitamin A sangat penting untuk diferensiasi sel normal, juga mengatur perkembangan organ pada janin. Vitamin A dalam jumlah yang cukup juga dibutuhkan untuk mencegah kelainan bentuk anak kucing. Selain itu, vitamin A juga dibutuhkan untuk mendukung perkembangan normal pada anak kucing selama masa menyusui.

Vitamin D bekerja secara sinergis dengan vitamin A dengan berperan dalam proses penyerapan kalsium dan fosfor. Sedangkan, vitamin E dapat membantu mengurangi risiko stres oksidatif yang bisa mengganggu tumbuh kembang janin. Produk yang mengandung vitamin A, D, dan E bisa memenuhi nutrisi untuk induk kucing sekaligus janinnya.

3. Pilih bentuk dan tekstur vitamin cocok untuk kucing

Vitamin kucing tersedia dalam bentuk dan tekstur yang bermacam-macam, mulai dari cair, bubuk, gel, dan juga tablet. Pilihlah produk vitamin dengan mempertimbangkan kebiasaan makan kucing. Hal ini bertujuan untuk membantu kucing lebih mudah dalam mengonsumsi vitamin.

Pemberian vitamin sendiri bisa secara langsung atau dicampurkan dengan makanan kesukaan kucing. Pemilihan bentuk vitamin juga harus disesuaikan dengan kondisi kucing, baik dalam kondisi sehat ataupun sakit. Anda juga perlu mempertimbangkan usia dan bentuk tubuh kucing.

Adapun beberapa jenis bentuk vitamin kucing, yakni sebagai berikut.

1. Vitamin kucing jenis cair

Vitamin jenis ini paling mudah dikonsumsi oleh kucing. Anda cukup meneteskannya langsung ke mulut kucing atau mencampurkannya ke dalam minuman kucing.

2. Vitamin kucing jenis bubuk

Vitamin jenis ini tidak sulit dikonsumsi kucing, karena hanya perlu dicampur dengan makanan atau air. Anda bisa memberikan vitamin jenis ini melalui makanan atau minuman kucing.

3. Vitamin kucing jenis gel

Vitamin yang satu ini harus diberikan langsung ke mulut kucing, sehingga Anda mungkin lebih sulit untuk memberikannya. Namun, vitamin jenis ini juga hadir dalam bentuk snack yang bisa mempermudah proses pemberiannya.

4. Vitamin kucing jenis tablet

Vitamin jenis ini paling sulit dikonsumsi, karena tidak semua kucing bisa menelannya. Maka itu, Anda harus membelah menjadi bagian kecil atau bahkan menumbuk vitamin ini terlebih dahulu hingga lembut. Anda juga bisa menyisipkannya dengan makanan atau snack kucing.

Rekomendasi Vitamin Kucing agar Gemuk dan Bulu Lebat

vitamin kucing agar gemuk dan bulu lebat
Sumber: Pixabay.com/webandi

1. Minyak Ikan Fish O Plus 

Minyak Ikan Fish O Plus menjadi salah satu vitamin kucing agar gemuk dan bulu lebat yang direkomendasikan, karena minyak ikan memang salah satu nutrisi yang dibutuhkan kucing. Minyak ikan diketahui memiliki manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan jantung kucing.

Kandungan omega 3 yang ada di dalamnya bisa membantu meningkatkan kesehatan jantung untuk membuat detak jantung yang tidak teratur menjadi normal.

Dilansir dari Journal of Veterinary Internal Medicine, asam lemak omega 3 dalam minyak ikan, terutama asam eicosapentaenoic dan asam docosahexaenoic, biasa digunakan dalam beberapa pengobatan penyakit pada hewan.

Vitamin kucing yang satu ini memiliki manfaat untuk membantu menumbuhkan bulu kucing, melebatkan, dan membuat bulu terlihat mengkilatkan.

2. Virbac Nutri Plus Gel 

Produk vitamin kucing selanjutnya yang direkomendasikan adalah Virbac Nutri Plus Gel. Virbac Nutri Plus Gel adalah suplemen nutrisi untuk kucing atau anjing yang mengandung mineral dan elemen lainnya yang penting bagi kesehatan anabul.

Vitamin kucing yang satu ini bermanfaat untuk menambah nafsu makan kucing, mempercepat pertumbuhan kucing, dan menjaga kesehatan kulit dan bulunya. Virbac Nutri Plus Gel juga bisa membantu melancarkan pencernaan kucing. Sesuai dengan namanya, bentuk dari vitamin ini adalah gel yang bisa diberikan langsung kepada kucing.

3. Kitzyme Conditioning Tablets

Kitzyme Conditioning Tablets adalah salah satu vitamin kucing yang direkomendasikan, karena mengandung seluruh nutrisi yang dibutuhkan kucing. Produk ini mengandung vitamin B kompleks dan mineral yang penting bagi kesehatan kulit dan bulu kucing, terutama kucing yang sedang hamil.

Vitamin ini bermanfaat untuk merawat kulit kucing supaya tetap sehat dan bulu terlihat mengkilat. Selain itu, Kitzyme Conditioning Tablets juga bermanfaat untuk menjaga sistem imunitas pada kucing, terutama ketika sakit, masa kehamilan, dan stress. Suplemen ini bebas lemak dan bisa dicampur dengan makanan kesukaan kucing Anda.

4. NuPro 

Vitamin kucing selanjutnya yang direkomendasikan adalah NuPro. Vitamin ini mengandung bahan-bahan alami dan memiliki rasa yang disukai oleh kucing. NuPro kaya akan mineral, seperti yodium yang dibutuhkan untuk menjaga fungsi kelenjar dan metabolisme tubuh kucing.

NuPro juga mengandung asam lemak omega yang esensial, yakni asam lemak nabati yang paling mudah diserap untuk kucing. Kandungan vitamin B di dalamnya juga membantu kucing untuk mempertahankan kondisi bulu tetap halus, mengkilat, dan kulit tetap sehat.

5. The Missing Link 

The Missing Link adalah vitamin kucing yang direkomendasikan, karena cocok untuk semua jenis kucing. Manfaat utama produk ini, yaitu untuk menambah nafsu makan dan memperkuat daya tahan tubuh kucing. Vitamin ini mengandung omega 3 dan 6 yang baik bagi sistem metabolisme tubuh kucing.

The Missing Link berbentuk bubuk, sehingga mudah untuk dicampur dengan makanan atau minuman kucing. Vitamin ini boleh diberikan secara rutin kepada kucing sehari sekali. Bila kucing dalam kondisi sakit, vitamin ini boleh diberikan dua kali sehari.

Nah, itu dia Grameds cara memilih vitamin kucing dan 5 rekomendasi vitamin untuk menggemukan dan memperindah bulu kucing. Semoga artikel ini bisa membantu Anda yang sedang bingung dalam memilih vitamin untuk anak bulu kesayangan Anda. Sebagai #SahabatTanpaBatas, Gramedia selalu siap memberikan informasi terlengkap bagi Anda.

Ingin mencari buku seputar kucing? Tenang, kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com atau bisa melihat beberapa rekomendasi buku terkait di bawah ini, ya. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

 

Rekomendasi Buku Terkait vitamin kucing agar gemuk dan bulu lebat

1. Kucingpedia

vitamin kucing agar gemuk dan bulu lebat

Apakah Anda menganggap kucing sebagai hewan yang paling lucu? Apakah Anda ingin memelihara kucing, tapi tidak tahu bagaimana caranya? Jika Anda merasa begitu, buku ini cocok untuk Anda baca.

Apakah Anda tahu ada berapa ras kucing di dunia? Mana ras kucing yang paling Anda suka? Buku Kucingpedia akan menampilkan berbagai kucing ras, beserta deskripsi, foto, dan cara memeliharanya. Di dalamnya juga ada banyak cerita dan informasi menarik tentang kucing dan kerabatnya.

Live Tertarik untuk mendapatkan rekomendasi produk ini?
  • Tertarik
    73% 516 / 698
  • Belum
    18% 128 / 698
  • Masukkan keranjang
    7% 54 / 698

2. Seri Aku Sayang Binatang : Aku Pandai Merawat Kucing

Seri Aku Sayang Binatang ini memberikan sebuah bacaan mengenai bagaimana manusia memperlakukan hewan peliharaan seperti kita hendak merawat keluarga sendiri. Seri Aku Sayang Binatang menjadi buku anak yang menarik dengan ilustrasi yang mudah dipahami.

Buku Seri Aku Sayang Binatang : Aku Pandai Merawat Kucing ini sangat cocok untuk anak-anak yang duduk di bangku TK, supaya bisa belajar mengenal hewan kucing dan mempelajari cara merawat kucing yang baik. Dengan harapan ke depannya, semoga anak-anak bisa merawat kucing yang baik dan benar, dan semakin sayang kepada para kucing.

3. 101+ Fakta Aneh tentang Hewan-Hewan

vitamin kucing agar gemuk dan bulu lebat

Sesuai dengan judulnya, buku Och & Eddie ini akan memberikan pengetahuan baru tentang hewan. Di dalam buku ini, Anda akan menemukan lebih dari 101 fakta aneh tentang hewan-hewan. Selamat membaca!

Live Tertarik untuk mendapatkan rekomendasi produk ini?
  • Tertarik
    73% 516 / 698
  • Belum
    18% 128 / 698
  • Masukkan keranjang
    7% 54 / 698

Penulis: Gabriel

Rujukan:

https://my-best.id/136433

https://www.orami.co.id/magazine/vitamin-kucing-yang-bagus

Baca juga terkait vitamin kucing agar gemuk dan bulu lebat:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Novi Veronika

Saya semakin mencintai dunia menulis ini karena membuat saya semakin bisa mengembangkan ide dan kreativitas, serta menyalurkan hobi saya ini. Selain hal umum, saya juga menyukai tulisan tentang pendidikan dan juga administrasi perkantoran.