in

Urutan Seri Film X-Men Menurut Kronologi Cerita dan Tahun Rilis

Urutan Seri Film X-Men – Seri film The X-Men adalah serangkaian film-film superhero yang berasal dari Amerika Serikat dan berdasarkan cerita fiksi kumpulan superhero dengan nama yang sama, yang awalnya muncul dalam serial buku komik yang diciptakan oleh Stan Lee dan Jack Kirby dan diterbitkan oleh Marvel Comics.

20th Century Fox memperoleh hak pembuatan film untuk seluruh karakter pada 1994, dan setelah banyak pemilihan konsep, Bryan Singer terpilih untuk menyutradarai X-Men (2000) dan sekuelnya, X2 (2003), sementara Brett Ratner yang menyutradarai X-Men: The Last Stand (2006).

Setelah masing-masing film memperoleh pendapatan box office yang lebih tinggi dari film pendahulunya, beberapa film sempalan mulai dirilis, X-Men Origins: Wolverine (2009), X-Men: First Class (2011) dan The Wolverine (2013). X-Men: Days of Future Past, sebuah sekuel untuk X-Men: The Last Stand dan X-Men: First Class, yang dirilis pada 2014, diikuti Deadpool dan X-Men: Apocalypsepada 2016.

 

 

X-Men, X2, X-Men: First Class, X-Men: Days of Future Past dan beberapa film sempalan The Wolverine dan Deadpool dimana semuanya mendapat review positif, dengan X-Men: Days of Future Past sebagai film mendapat penerimaan terbaik di dalam serial tersebut. Dalam kasus X-Men dan X2, para kritikus dengan khusus menyorot kesan realistis dan subteks kedua film tersebut, mengenai diskriminasi dan intoleransi, sementara Deadpool dikritik mengenai interpretasi yang “setia” dari sumber bahan dan untuk R rating film tersebut. X-Men: The Last Stand, X-Men Origins: Wolverine dan X-Men: Apocalypse menemui review yang beragam dari para kritikus.

Dengan sembilan film yang telah dirilis, seri film X-Men menempati urutan ketujuh waralaba film terlaris, dengan total pendapatan lebih dari US$4,3 miliar di seluruh dunia. Hal ini akan terus berlanjut dengan perilisan film Wolverine ketiga, berjudul Logan, pada 2017.

Daftar Urutan Seri Film X-Men

1. X-Men (2000)

Film ini memperkenalkan karakter Wolverine dan Rogue ke dalam konflik antara kelompok X-Men binaan Profesor Xavier dan Brotherhood of Mutants, yang dipimpin oleh Magneto. Magneto bermaksud untuk mengubah para pemimpin dunia di dalam sebuah konferensi PBB menjadi mutan dengan mesin yang telah ia ciptakan, agar tericipta penerimaan untuk kaum mutan, tapi Xavier menyadari bahwa mutasi dengan cara paksa ini hanya akan mengakibatkan kematian bagi mereka.

Pada 1994, 20th Century Fox dan produser Lauren Shuler Donner membeli hak pembuatan film untuk X-Men. Andrew Kevin Walker dipekerjakan untuk menulis naskah dan James Cameron menyatakan minatnya untuk menyutradarai.

Pada akhirnya, Bryan Singer dikontrak untuk menjadi sutradara pada Juli 1996. Meskipun dia bukan seorang penggemar buku komik, Singer terpesona oleh analogi dari prasangka dan diskriminasi yang X-Men tawarkan. John Logan, Joss Whedon, Ed Solomon, Christopher McQuarrie, dan David Hayter adalah orang-orang yang menulis naskahnya, dengan Hayter sebagai penerima kredit tunggal. Pengambilan gambar dasar dimulai pada September 1999 di Toronto, Kanada dan berakhir pada Maret 2000. Film ini akhirnya dirilis pada 14 Juli 2000.

2. X2 (2003)

Dalam film tersebut, Kolonel William Stryker mencuci otak dan mengintrogasi Magneto yang sedang berada di dalam penjara tentang alat pencari mutan milik Profesor Xavier, Cerebro. Stryker menyerang X-Mansion, dan mencuci otak Xavier untuk menentukan lokasi setiap mutan di planet ini agar dapat membunuh mereka semua. Para X-Men harus bekerjasama dengan Brotherhood untuk mencegah rencana genosida berskala dunia milik Stryker.

Hayter dan Zak Penn dipekerjakan untuk menulis naskah mereka sendiri untuk sekuel yang akan Singer pilih, dengan rencana agar film ini dapat dirilis pada Desember 2002. Michael Dougherty dan Dan Harris dikontrak untuk menulis ulang naskah pada Februari 2002, yang menghasilkan sekitar 26 draf dan 150 on-set Pengambilan gambar dasar dimulai pada Juni 2002 di Vancouver, Kanada dan berakhir pada November 2002. Film ini dirilis pada 2 Mei 2003.

3. X-Men: The Last Stand (2006)

Dalam film tersebut, sebuah perusahaan farmasi telah mengembangkan obat yang dapat menean gen mutan, yang menyulut kontroversi dalam komunitas para mutan. Magneto menyatakan perang pada manusia dan mengambil senjatanya sendiri: Phoenix, yang dibangkitkan dari mantan anggota X-Man, Jean Grey. Pertempuran akhir antara X-Men (sekarang dipimpin oleh Storm) dan Brotherhood akhirnya terjadi, dan Wolverine harus menerima bahwa untuk menghentikan Jean Grey, dia harus membunuhnya.

Singer awalnya diharapkan untuk meproduksi film ini berturut-turut dengan film keempat, meskipun akhirnya keluar pada 2004 untuk menyutradarai Superman Returns. Penn dan Simon Kinberg dikontrak pada bulan berikutnya. Salah satu cerita Astonishing X-Men milik Whedon “Gifted”, dan sebuah obat yang dapat menyembuhkan mutasi akhirnya disarankan sebagai alur cerita utama dalam film ini.

Matthew Vaughn ikut bergabung sebagai direktur pada Februari 2005, tetapi mengundurkan diri karena jadwal produksi yang dipercepat. Brett Ratner kemudian dikontrak sebagai direktur pada bulan Juni. Pengambilan gambar awal dimulai pada Agustus 2005 di Vancouver, Kanada, dan berakhir pada Januari 2006. Film ini dirilis pada 26 Mei 2006.

4. X-Men Origins: Wolverine (2009)

Film ini adalah prekuel dan sebuah spin-off yang berfokus kepada karakter Wolverine dan hubungan-nya dengan saudara tirinya Victor Creed, dan juga tentang saat-saat dia bergabung dengan Tim X milik Stryker, sebelum dan sesaat sesudah kerangka tubuhnya disatukan dengan logam adamantium yang tidak dapat dihancurkan.

David Benioff dipekerjakan untuk menulis skenario untuk film spin-off Wolverine pada Oktober 2004. Hugh Jackman menjadi produser serta pemeran, dan bekerja dengan Benioff untuk naskahnya. Ratner dinegosiasikan oleh studio untuk menjadi sutradara dalam Wolverine setelah menyutradarai X-Men: The Last Stand, tetapi tidak ada kesepakatan yang terjadi.

Pada Juli 2007, Gavin Hood dipekerjakan sebagai sutradara. Pengambilan gambar utama dimulai pada Januari 2008 di Queenstown, Selandia Baru dan selesai pada bulan Mei. Film ini dirilis pada 1 Mei 2009.

5. X-Men: First Class (2011)

Film ini adalah prekuel yang umumnya berlatar belakang pada 1962 selama Krisis Rudal Kuba, dan berfokus kepada hubungan antara Charles Xavier dan Erik Lehnsherr, dan asal-usul kelompok mereka masing-masing yaitu X-Men dan Brotherhood.

Pendapat awal Produser Lauren Shuler Donner tentang prekuel berdasar dari X-Men muda selama produksi X2, dan kemudian produser Kinberg menyarankan kepada 20th Century Fox sebuah adaptasi dari seri buku komik X-Men: First Class. Singer menandatangani kontrak untuk menyutradarai film pada bulan Desember 2009, tetapi pada Maret 2010 diumumkan bahwa Singer akan menjadi produser, alih-alih menjadi sutradara.

Vaughn, yang sebelumnya menyutradarai X-Men: The Last Stand, akhirnya menjadi sutradara, dan bekerjasama menulis naskah akhir dengan partner penulisnya Jane Goldman. Film ini menggantikan film X-Men Origins: Magneto yang sebelumnya direncanakan, dan Writer’s Guild of America arbitration masih memberikan apresiasi untuk penulis Magneto, Sheldon Turner untuk naskah film tersebut. Pengambilan gambar dimulai pada Agustus 2010 di London, Inggris, dan selesai pada bulan Desember. Film ini dirilis pada 3 Juni 2011.

6. The Wolverine (2013)

Berlatar belakang setelah peristiwa X-Men: The Last Stand, film ini menampilkan Wolverine yang sedang dalam perjalanan ke Jepang untuk bertemu kembali dengan seorang prajurit bernama Ichir? Yashida yang hidupnya ia selamatkan bertahun-tahun sebelumnya. Wolverine harus melindungi cucu Ichiro– Mariko Yashida dari segala macam ninja dan Yakuza pembunuh.

Christopher McQuarrie, yang akhirnya tidak mendapat kredit untuk karyanya pada X-Men, dipekerjakan untuk menulis skenario untuk film kedua Wolverine pada Agustus 2009. Darren Aronofsky terpilih untuk mengarahkan film ini, meskipun akhirnya mundur, dengan pernyataan bahwa proyek ini akan membuat dia pergi dari Amerika terlalu lama.

James Mangold kemudian dipilih untuk menyutradarai film ini. Mark Bomback kemudian disewa untuk menulis ulang naskah McQuarrie. Pengambilan gambar dimulai pada Agustus 2012 di Sydney, Australia dan berakhir pada bulan November. Film ini dirilis pada 26 Juli 2013.

7. X-Men: Days of Future Past (2014)

Berlatar belakang beberapa tahun setelah peristiwa The Wolverine, film ini menampilkan para pemeran asli trilogi X-Men, dan X-Men: First Class. Alur cerita terinspirasi dari komik X-Men “Days of Future Past” ciptaan Chris Claremont dan John Byrne, menceritakan tentang Wolverine yang pergi melintasi waktu kembali ke tahun 1973 untuk mencegah pembunuhan dimana, jika dilakukan, akan mengarah pada penciptaan sistem senjata baru yang disebut Sentinel yang mengancam keberadaan mutan — dan juga berpotensi untuk semua umat manusia.

Matthew Vaughn sudah siap untuk mengarahkan film, tetapi mundur pada Oktober 2012 untuk lebih berfokus pada film Kingsman: The Secret Service. Singer, yang mensutradarai dua film X-Men yang pertama dan memproduseri X-Men: First Class, menggantikan Vaughn selaku sutradara film tersebut. Dengan skenario ditulis oleh Kinberg. Pengambilan gambar dimulai pada April 2013 di Montreal, Kanada dan berakhir pada bulan Agustus. Film ini dirilis pada 23 Mei 2014.

8. Deadpool (2016)

Di dalam film ini, mantan mata-mata Pasukan Khusus Wade Wilson mengalami percobaan yang memberinya kemampuan baru. Dia mengadopsi alter ego Deadpool untuk memburu pria yang hampir menghancurkan hidupnya.

Pada Mei 2000, Marvel Studios berusaha untuk memproduksi film Deadpool sebagai bagian dari perjanjian distribusi dengan Artisan Entertainment. Namun, pada 2004, Marvel sedang mengembangkan film dengan New Line Cinema. David S. Goyer ditetapkan untuk menulis dan menjadi sutradara dan dia menginginkan aktor Ryan Reynolds sebagai pemeran utama, tetapi kehilangan minat dalam beberapa bulan untuk mendukung proyek-proyek lainnya.

20th Century Fox memperoleh hak pembuatan film Deadpool tahun berikutnya setelah New Line menjual hak film tersebut dalam perjanjian “Turnaround”, dan sedang dalam pertimbangkan film spin-off untuk pengembangan film X-Men Origins: Wolverine, dengan Reynolds sebagai pemeran.

Setelah kesuksesan pada pekan penayangan X-Men Origins: Wolverine pada Mei 2009, Fox meminjamkan Deadpool kepada penulis dengan Donner bertindak sebagai produser. Rhett Reese dan Paul Wernick disewa untuk menulis naskah pada januari 2010.

Robert Rodriguez dikirim rancangan skenario berikut juni, tapi tidak tertarik, dan Adam Berg muncul sebagai pesaing utama sebagai sutradara. Pada April 2011, spesialis efek visual Tim Miller terpilih sebagai sutradara. Pengambilan gambar dimulai pada Maret 2015 di Vancouver, Kanada dan selesai pada Mei. Film ini dirilis pada 12 Februari 2016 dengan kesuksesan kritik dan komersiil.

9. X-Men: Apocalypse (2016)

Di dalam film ini diceritakan, En Sabah Nur, mutan pertama dan terkuat terbangun setelah ribuan tahun. Merasa kecewa terhadap dunia ini, dia membentuk dan merekrut tim yang beranggotakan mutan-mutan sakti untuk melenyapkan umat manusia dan menciptakan sebuah tatanan dunia baru, dimana dia akan memerintah.

Saat nasib bumi diujung tanduk, Raven, dengan bantuan dari Profesor X, harus memimpin X-Men untuk menghentikan musuh bebuyutan mereka dan menyelamatkan umat manusia dari kehancuran.

Pada Desember 2013, Singer mengumumkan film X-men yang akan datang, sebuah film berjudul X-Men: Apocalypse, sekuel X-Men: Days of Future Past. Disutradarai oleh Singer dengan skenario yang ditulis oleh Simon Kinberg, Dan Harris, dan Michael Dougherty, alur cerita film ini diisukan akan lebih berfokus kepada asal-usul mutan.

Kinberg mengatakan bahwa film ini akan berlatar belakang pada tahun 1983 dan akan melengkapi trilogi yang dimulai oleh X-Men: First Class. Pengambilan gambar dimulai pada April 2015 di Montreal, Kanada dan selesai pada Agustus. Film ini dirilis pada 27 Mei 2016 di Amerika Utara.

10. Deadpool 2 (2018)

Pada satu momen, Wade Wilson alias Deadpool ingin menciptakan satu keluarga yang harmonis bersama kekasihnya Vanessa (Morena Baccarin). Takdir berkata lain, Wade Wilson alias Deadpool tidak bisa melakukannya bersama Vanessa. Sosok Deadpool yang awalnya jenaka dan penuh semangat, berganti menjadi sosok yang frustasi dan galau sehingga sesegera mungkin mengakhiri keabadiannya.

Colossus yang kini menjaga sekolah mutan milik Charles Xavier mencoba menyelamatkan Deadpool dari nasbnya yang tengah menyedihkan. Berbagai cara tetap dilakukan Colossus untuk mengajak Deadpool menjadi bagian dari X-Men. Namun, tetap saja Deadpool yang sedang tidak bersemangat enggan menerima ajakan dari Colossus dengan gaya nyelenehnya.

Deadpool akhirnya mau menerima ajakan Colossus ketika mereka menemukan Russell (Julian Dennison) mutant yang masih kecil, namun berbahaya karena tidak mampu mengontrol kekuatannya. Pada saat akan menyelamatkan Russell, Deadpool yang sedang galau, kehilangan kendali dan membuat dirinya harus masuk penjara bersama Russell karena dianggap sebagai mutant yang berbahaya.

Di lain tempat Nathan Summer alias Cable (Josh Brolin) datang dari masa depan. Misinya satu, mencari mutant yang telah menghabisi seluruh keluarganya. Misi itu tertuju pada salah satu mutant yang berada di penjara yang sama dengan Deadpool. Penjara bernama Ice Box, dirancang khusus untuk para mutant jahat.

Cable datang dan mencoba merusak demi mencapai misinya. Deadpool menjadi tidak nyaman dan berusaha memberontak serta melawan Cable. Sayangnya Deadpool tidak bisa melawan Cable sendirian. Meskipun mampu bebas dari penjara, ternyata sosok Cable yang datang dari masa depan, jauh memiliki senjata dan kemampuan bertarung yang lebih baik dari Deadpool.

Sampai pada akhirnya Deadpool membuka lowongan pekerjaan bagi siapa saja yang akan bergabung bersamanya untuk menghadang Cable. X-Force, nama tim baru yang berisikan karakter mutan bernama Domino (Zazie Beetz), Zeitgeist ( Bill Skarsgård), Bedlam (Terry Crews), Shatterstar (Lewis Tan) dan Vanisher (Brad Pitt) datang untuk menyelamatkan mutant dari incaran Cable.

Karakter X-Men dalam Pengembangan

1. X-Force

Pada bulan juli 2013, 20th Century Fox mempekerjakan Jeff Wadlow untuk menulis sebuah film adaptasi dari spin-off serial buku komik X-Men, X-Force, dengan Donner yang sudah terikat sebagai produser. Mark Millar, sang konsultan kreatif untuk film-film yang berasal dari komik-komik Marvel milik 20th Century Fox, menyatakan bahwa film ini akan menampilkan lima karakter sebagai protagonis.

Setelah perilisan Deadpool, Reynolds merasa bahwa Deadpool akan ikut serta dalam film X-Force, sementara Kinberg menyatakan bahwa akan ada potensi untuk film X-Force menjadi R-rated seperti Deadpool. Setelah itu, Kinberg telah dilaporkan sedang mengerjakan konsep lainnya untuk naskah film tersebut.

2. Gambit

Pada Oktober 2014, Josh Zetumer dipekerjakan untuk menulis skenario untuk sebuah film tentang karakter Remy LeBeau/Gambit didasarkan pada treatment dari penulis buku komik Chris Claremont. Pada bulan Juni 2015, Rupert Wyatt dipekerjakan untuk menjadi sutradara tetapi mundur pada bulan September karena jadwal yang terbentur.

Pada bulan November, Doug Liman sedang dalam proses akhir negosiasi untuk menjadi sutradara film tersebut. Film ini akan dibintangi Channing Tatum sebagai pemeran utama. Dengan Donner, Kinberg, Tatum dan Reid Carolin sebagai produsen.

Kinberg mengatakan bahwa ia berharap agar dapat memulai pengambilan gambar pada musim semi 2016. Pengambilan gambar dasar dijadwalkan akan dimulai pada akhir 2016, sementara proses pembuatan film dilaporkan akan dimulai pada awal musim Semi 2017. Pada bulan Agustus 2016, Liman meninggalkan proyek untuk mengarahkan film Dark Universe.

3. Para Mutan Baru

Pada Mei 2015, Josh Boone dikontrak untuk menyutradarai dan menulis sebuah film adaptasi dari serial buku komik New Mutants. Yang akan menjadi spin-off film X-Men, film ini akan ditulis oleh Boone dan Knate Gwaltney, sedangkan Donner dan Kinberg terikat sebagai produser.

Pada Mei 2016, Boone mengkonfirmasi karakter-karakter yang akan muncul dalam film ini adalah Illyana Rasputin/Magik, Rahne Sinclair/Wolfsbane, Danielle “Dani” Moonstar/Mirage, Samuel “Sam” Guthrie/Cannonball, Roberto da Costa/Sunspot, dan Warlock.

Kinberg telah menyatakan bahwa film ini akan sesuai dengan cerita di dalam komik-komiknya. Profesor X dikonfirmasi akan tampil di film ini, proses pembuatan film berpotensi dimulai pada awal 2017. Pada Agustus 2016, Scott Neustadter dan Michael H. Weber telah disewa untuk menulis naskah.

4. Untitled X-Men Sekuel

Pada Mei 2016, Kinberg mengatakan film X-Men berikutnya akan mengambil latar pada tahun 1990-an. Dia juga mengakui adanya kemungkinan pengadaptasian kembali “The Dark Phoenix Saga” sebagai alur waktu yang baru, yang awalnya pernah menjadi bagian dari film X-Men trilogi yang pertama.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait