in ,

Tips Menghafal Al-Qur’an yang Bisa Kamu Terapkan

awsimages.detik.net

Tips Menghafal A-Qur’an – Salah satu amalan terbaik yang ingin diraih semua umat Islam adalah kemampuan untuk menghafal Al-Qur’an. Ada banyak keutamaan yang bisa diperoleh apabila seseorang menjadi penghafal Al-Qur’an. Keutamaan yang akan diperoleh, seperti ketika di surga akan diberikan derajat yang tinggi, penghafal Al-Qur’an bisa memberikan mahkota di Surga kepada orang tua, terbebas dari siksa neraka dan sebagainya.

Namun, menghafal Al-Qur’an bisa dibilang bukanlah pekerjaan yang mudah untuk dilakukan. Bahkan, untuk menghafal satu surat pun terkadang membutuhkan waktu yang sangat lama serta hanya bertahan tak lama untuk hafal di luar kepala. Jika tak pandai memanfaatkan waktu, maka menghafal Al-Qur’an yang kita lakukan hanya akan berakhir menjadi keinginan belaka. Meski begitu, bukan berarti menghafalkan Al-Qur’an menjadi hal yang mustahil untuk dilakukan.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas lebih lanjut tentang tips menghafal Al-Qur’an yang bisa kamu lakukan. Jadi, untuk lebih jelasnya, kamu bisa simak ulasan lengkapnya di bawah ini, Grameds.

Tips Menghafal Al-Qur’an

Tips Menghafal Al-Qur'an
pixabay.com

1. Meluruskan Niat Sebelum

Niat merupakan hal yang paling utama jika kamu ingin menghafal Al-Qur’an. Oleh karena itu, sebaiknya kamu niatkan menghafal Al-Qur’an untuk beribadah serta mndapatkan pahala terbaik di sisi Allah. Jangan sampai niat menghafal Al-Qur’an salah dan malah terjerumus pada riya’. Dengan niat yang lurus serta hati ikhlas, maka rasa lelah, malas, serta perasaan sulit tidak akan menjadi penghalang dalam menghafal Al-Qur’an.

2. Melaksanakan Sholat Hajat

Setelah meluruskan niat, maka cara menghafal Al-Qur’an selanjutnya adalah dengan melaksanakan sholat hajat. Sholat hajat bertujuan untuk memohon kepada Allah agar diberikan kemudahan saat proses menghafal Al-Qur’an. Hal ini karena pemilik Al-Qur’an adalah Allah, maka kita memohon kepada pemiliknya agar kemudian diberi kemudahan.

3. Meneguhkan Keyakinan

Tanamkanlah dalam diri bahwa menghafal Al-Qur’an merupakan hal yang sangat mudah, maka akan menjadi terasa mudah. Namun, jika kita menanamkan pikiran bahwa menghafal Al-Qur’an adalah hal yang sulit, maka ia akan terasa sulit. Jadi, selalu motivasi diri agar mengafal Al-Qur’an bisa dilakukan dengan semangat dan tidak menyerah.

4. Meminta Doa Kepada Orang Tua dan Guru

Meminta doa serta memohon restu kepada orang tua serta guru menjadi hal penting lainnya sebelum kamu menghafal Al-Qur’an. Ridho dari orang tua serta guru yang kita percaya akan memberikan kamu kemudahan dalam proses menghafal. Dukungan orang tua serta guru juga akan menambah rasa optimis serta semangat dalam menghafalkan Al-Qur’an.

5. Memperbaiki Bacaan

Tips Menghafal Al-Qur'an
pixabay.com

Menghafal Al-Qur’an juga memang memiliki keutamaan yang banyak, namun tetap harus dilakukan dengan cara yang baik dan benar. Oleh karena itu, sebelum memulai menghafal Al-Qur’an, sangat penting untuk mengecek kembali kualitas bacaan yang kita miliki.

Berikanlah sedikit waktu untuk memperbaiki bacaan Al-Qur’an agar nantinya hafalan menjadi lebih sempurna serta pahala yang didapatkan kemudian menjadi berlipat. Hal ini sendiri perlu dilakukan agar kita terhindar dari kesalahan dalam membaca serta membuat kekeliruan.

6. Menggunakan Satu Jenis Mushaf Al-Qur’an

Agar menghafal Al-Qur’an bisa dilakukan dengan lebih mudah, maka kamu perlu pastikan untuk selalu menggunakan mushaf Al-Qur’an yang sama. Menggunakan mushaf yang sama ini bisa memberikan kemudahan karena bisa mengetahui letak ayat yang telah dihafalkan.

Analogi menghafal Al-Qur’an sesungguhnya mirip dengan merekam gambar ke dalam memori. Oleh karena itu, bentuk mushaf ini bisa memberikan pengaruh terhadap struktur hafalan kita di dalam memori otak.

7. Menggunakan Metode Menghafal Al-Qur’an

Metode atau cara menghafal Al-Qur’an sebenarnya banyak sekali. Namun, sebaiknya pilih metode menghafal Al-Qur’an yang paling mudah untuk kamu lakukan. Setiap orang sangat mungkin untuk memiliki metode hafalan yang berbeda.

Setiap metode hafalan itu bisa dibilang perlu disesuaikan dengan karakter diri sendiri. Hal ini perlu dilakukan agar hafalan Al-Qur’an lebih mudah untuk dilakukan. Alangkah baiknya, kamu mencari referensi serta belajar melihat cara menghafal dari orang lain yang kemudian menentukan metode apa yang pas untuk dipraktikkan.

8. Sering Melakukan Murojaah (Mengulangi Bacaan)

Semakin sering kamu mengulangi satu ayat, maka akan lebih mudah lagi ayat tersebut melekat di dalam ingatan. Oleh sebab itu, hindari terburu-buru untuk menambah hafalan tanpa mengulang ayat-ayat yang sebelumnya berkali-kali. Hal ini sendiri berguna untuk mengurangi risiko hilangnya hafalan tersebut. Sangat disarankan agar kamu mengulang murojaah sesering mungkin agar ayat-ayat yang sudah kita dihafal bisa melekat di ingatan dalam waktu yang lama.

9. Pasang Target Menghafal Al-Qur’an

Tips Menghafal Al-Qur'an
pixabay.com

Sebelum menghafal Al-Qur’an, akan sangat baik jika kamu membuat target hafalan. Dengan memiliki target yang jelas, maka kamu akan lebih mudah dalam mendorong diri untuk terus semangat dalam menghafal.

Terkadang, di tengah menghafal Al-Qur’an, kamu akan mengalami beberapa kendala, seperti hafalan yang menjadi susah masuk atau malas menambah hafalan. Jika sudah seperti itu, biasanya semangat untuk menghafal Al-Qur’an akan berkurang, akan merasa bahwa Al-Qur’an susah untuk dihafalkan. Oleh karena itu, dengan adanya target akan sangat membantu dalam mendisiplinkan hafalan kita.

10. Menyetorkan Hafalan kepada Guru serta Mendengarkan Murotal

Menyetorkan hafalan kepada guru yang lebih kompeten. Untuk menghindari bacaan-bacaan yang salah, maka ayat atau halaman yang telah dihafal, sebaiknya diperdengarkan kepada orang lain. Hal ini bertujuan agar orang tersebut dapat mengoreksi atau membenarkan jika bacaan kita salah. Selain itu, dengan menyetorkan hafalan kepada orang lain, maka bisa menambah semangat seseorang dalam menghafal dengan rajin dan dengan sempurna.

11. Banyak Mendengarkan Murotal

Salah satu cara termudah dalam menghafal Al-Qur’an adalah dengan lebih sering mendengarkan murotal. Biasanya, kamu akan menjadi lebih mudah mengingat sebuah ayat ketika ayat ini dilantunkan dalam irama yang merdu serta didengarkan secara berulang-ulang. Dengan semakin sering mendengarkan murotal, maka semakin banyak pula ayat yang kita hafal dengan cepat.

12. Membuat Jadwal Hafalan dan Berkumpul dengan Orang Sholeh

Membuat jadwal secara rutin untuk menghafal Al-Qur’an juga menjadi hal yang sangat penting dilakukan agar kita dapat secara disiplin melakukan proses menghafal. Alangkah baiknya, untuk menyediakan satu waktu khusus untuk dapat menghafal Al-Qur’an setiap harinya. Terdapat beberapa waktu yang dianjurkan untuk menghafalkan Al-Qur’an, diantaranya di sepertiga malam terakhir, saat pertengahan siang hari, serta di pagi hari setelah waktu sholat subuh.

13. Berteman dengan Orang Sholeh

Selain disiplin pada diri sendiri, hal lain yang menjadi penting ketika sedang menghafal Al-Qur’an adalah berteman dengan orang-orang yang sholeh. Perbanyak berinteraksi serta berkumpul dengan orang-orang yang juga menghafal Al-Qur’an ataupun orang-orang yang bisa memberikan dukungan agar bisa menghafalkan Al-Qur’an. Jangan sampai hafalan ini kemudian berhenti karena kita disibukkan dengan lingkungan yang tak mendukung proses kita dalam menghafal Al-Qur’an.

14. Bersabar dengan Ujian

Jika kamu sudah memiliki niat dan berkomitmen untuk menghafal, maka kita harus bersiap memberikan seluruh usaha dan waktu yang kita punya untuk lebih sering menghafalkan Al-Qur’an. Bersabar merupakan kunci dalam setiap kesulitan yang kamu dapatkan selama proses menghafal. Dengan bersabar, kamu akan mendapatkan kemudahan yang lebih banyak dalam menghafalkan Al-Qur’an.

15. Istiqomah

Tips Menghafal Al-Qur'an
pixabay.com

Menjadi penghafal Al-Qur’an juga harus memiliki prinsip yang teguh serta selalu menjaga hafalan walau dalam keadaan serta situasi apapun. Sebab, tidak ada kesuksesan yang bisa diraih tanpa melakukan konsistensi yang kuat. Begitu juga saat menghafal ayat-ayat Al-Qur’an tak akan berhasil apabila tidak dilakukan secara konsisten. Oleh karena itu, untuk menjaga hafalan seorang yang menjadi penghafal Al-Qur’an harus konsisten dengan manajemen waktu serta murajaah yang telah ditetapkan.

16. Hafalkan Al-Qur’an di Pagi Hari

Waktu terbaik menghafal Al-Qur’an adalah di pagi hari tepat setelah sholat Subuh. Setelah melakukan sholat serta sebelum sarapan, luangkan waktu kurang lebih 30 hingga 50 menit untuk kemudian menghafal Al-Qur’an. Di waktu tersebut, pikiran tenang serta seseorang akan memiliki kemampuan yang tinggi untuk menyerap informasi pada saat menghafal Al-Qur’an.

17. Pertahankan Bacaan serta Pengucapan yang Benar

Alangkah baiknya, pertahankan bacan serta pengucapan ayat Al-Qur’an dengan benar lebih dulu. Hal ini tidak dapat dipenuhi kecuali jika kamu mendengarkan penghafal Al-Qur’an yang baik serta tepat. Jadi, jika kamu tahu cara membaca bahasa Arab, tetapi tidak dapat membaca Al-Qur’an sebagaimana mestinya, pertama-tama kamu harus mempelajari Al-Qur’an dengan tajwid.

18. Siapkan Jadwal yang Benar

Tetapkan tanggal di mana kamu ingin menyelesaikan hafiz Quran. Alangkah baiknya, tentukan jadwal yang benar menghafal Al-Qur’an, seperti bisa menghafal Al-Qur’an dalam hitungan tahun, bulan, dan sebagainya. Hal ini memudahkan kamu untuk mencapai tujuan, yaitu menghafal Al-Qur’an.

19. Konsistensi dan Komitmen pada Jadwal Menghafal

Konsisten dan berkomitmen pada jadwal menghafal dan jangan lewatkan satu hari pun kecuali ada suatu keadaan darurat. Jika kamu harus melewatkan satu hari karena hal-hal yang mendesak, gantilah waktu menghafal di hari berikutnya. Ingatlah bahwa ingatan itu seperti otot, sehingga semakin sering menghafal Al-Qur’an, maka ayat-ayat Al-Qur’an menjadi lebih mudah dihafalkan.

20. Ulangi Apa yang Telah Dihafal Lagi dan Lagi

Selalu awali tugas menghafal Al-Qur’an dengan bacaan serta pengulangan dari apa yang telah dihafal sebelumnya. Contohnya, sebelum menghafal bagian baru Al-Qur’an, hafalkan juga apa yang telah dihafal dari hari sebelumnya. Di akhir minggu, ucapkan semua yang telah kamu hafal dalam waktu seminggu sekaligus. Di akhir bulan, lakukan juga proses yang sama, dan seterusnya. Hal ini bisa dapat menyempurnakan hafalan Al-Qur’an dan kamu tidak mudah untuk melupakannya.

21. Memaknai Makna Ayat Al-Qur’an

Jika kamu tak memahami apa yang dibaca dengan baik, maka kamu juga tak dapat menghafalnya dengan baik. Sangat penting memahami arti dari ayat-ayat yang dihafal, serta mengetahui bagaimana ayat-ayat ini kemudian saling terhubung satu sama lain. Jadi, kamu harus membaca tafsir atau penjelasan dari ayat-ayat yang kamu hafalkan serta harus mengingat artinya saat membacanya.

Penutup

Demikian pembahasan tentang tips menghafal Al-Qur’an, setelah membahas tips-tipsnya dapat dikatakan bahwa mengahafal Al-Qur’an membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Oleh karena itu, harus tetap semangat dan jangan putus asa. Selain itu, sebaiknya orang tua mendukung anaknya agar bisa menghafal Al-Qur’an lebih mudah. Dengan dukungan orang tua, maka ia akan menjadi lebih semangat.

Buku-Buku Terkait

1. 60 Hari Hafal Al-Qur’an : Panduan Daurah Aplikatif

Tips Menghafal Al-Qur'an

Buku ini disusun oleh penulis untuk memudahkan bagi mereka yang mampu meluangkan waktu selama enam puluh hari untuk mengikuti dauroh intensif hafal Al-Qur’an. Namun, mereka yang tidak bisa mengikuti dauroh pun bisa mengambil manfaat dengan membaca dan menerapkan arahan serta metode yang ada di dalam buku ini. Oleh karena itu, meski harus menempuh waktu lebih dari enam puluh hari, cita-cita menjadi penghafal Al-Qur’an bisa diraih dengan mudah dan cepat, biidznillah.

2. Cerdas Baca Tulis Hafal Tajwid Al-Qur’an Jilid 3

Tips Menghafal Al-Qur'an

Ayo terus semangat untuk belajar memahami ?rman-?rman Allah Swt. dengan memantapkan diri untuk cerdas membaca, cerdas menulis, cerdas menghafal, dan cerdas tajwid! Lebih dari itu adalah cerdas mengamalkan kandungan Al-Qur’an dalam kehidupan keseharian, baik untuk beribadah maupun bermuamalah.

Sungguh dengan dapat membaca, menulis, menghafal, dan memahami tajwid atau kaidah-kaidah dalam membaca Al-Qur’an, selain menjadi amalan yang mendatangkan pahala dari Allah Swt., juga dapat meningkatkan kualitas keIslaman dan keimanan kita kepada Sang Khalik, serta kecintaan kita kepada Nabi Muhammad Saw., Sang Pembawa Risalah untuk semesta alam.

Ada banyak hikmah yang tak ternilai dengan ukuran materi dan nominal saat diri kita dapat membaca, menulis, menghafal, dan mengerti hukum bacaan Al-Qur’an. Setelah Anda sekalian dan putra-putri melewati proses pembelajaran dengan buku Cerdas Baca, Tulis, Hafalan, Tajwid Al-Qur’an jilid 1 dan 2, maka buku jilid 3 ini hadir ke hadapan Anda sekalian dan putra-putri sebagai kelanjutannya.

Berisi materi mengenai tajwid, yaitu kaidah-kaidah, tata cara, atau hukum-hukum dalam membaca Al-Qur’an. Memang mengenai tajwid sudah disinggung sebagai dasar di buku jilid 1 dan 2. Namun, di buku jilid 3 ini, Anda sekalian dan putra-putri dikenalkan dengan istilah-istilah dalam tajwid. Tujuannya adalah agar Anda sekalian dan putra-putri dapat membaca Al-Qur’an dengan kefasihan dan tartil.

3. Terobosan Terbaru Cepat Hafal Al-Qur’an

Tips Menghafal Al-Qur'an

Buku ini akan membimbing kita agar bisa mudah menghafal Al-Qur’an.Telah banyak orang yang menyerap manfaat dari buku ini; ratusan,ribuan,bahkan hingga jutaan orang untuk mempelajari kiat mudah hafizh Al- Qur’an.Dengan dilengkapi juz 28,29,30,karena biasanya 3 juz itulah yang pertama kali kita hafalkan sebelum menginjak ke juz-juz yang lainnya,menjadikan buku ini semakin lengkap sebagai buku pegangan Anda dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas hafalan Al-Qur’an.

4. Cerdas Baca Tulis Hafal Tajwid Al-Qur’an Jilid 1

Tips Menghafal Al-Qur'an

Kokohnya iman kita salah satunya apabila kita mampu membaca dan mengamal- kan perintah Allah Swt., yang termaktub di dalam Al-Qur’an. Tidak ada kata terlam- bat untuk belajar bagi Anda sekalian apalagi belajar membaca Kitabullah. Terlebih bagi Putra-putri Anda akan sangat bagus dan bermanfaat untuk menyiapkan kelan- jutan hidup mereka, jika sedari dini sudah mengenal Al-Qur’an dengan mulai belajar membaca, menulis, menghafal, dan memahami hukum-hukum baca Al-Qur’an.

5. Agar Anak Zaman Now Bisa Hafal Al-Qur’an

Tips Menghafal Al-Qur'an

Buku ini berisi tips-tips praktis agar anak “zaman now” mencintai dan bisa menghafal Al-Qur’an dengan mudah sejak dini. Setelah melakukan penelitian, penulis buku ini menyadari bahwasanya menghafal Al-Qur’an sejak dini sesungguhnya bukanlah hal yang sulit dan malah lebih mudah melakukannya. Oleh karena itu, amat disayangkan bila buku ini tidak dibagikan kepada masyarakat agar semua bisa membaca dan mengamalkannya. Sehingga, akan semakin banyak keluarga yang mampu menghafal Al-Qur’an. Selain untuk menjaga keutuhan Al-Qur’an, juga menjadi bentuk perwujudan cinta kepada Al-Qur’an.”

Jika kamu ingin mencari buku-buku tentang Islam, maka bisa mendapatkannya di gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Penulis: Sofyan

Sumber: dari berbagai sumber

BACA JUGA:

  1. Pengertian Al-Qur’an dan Hadits Beserta Sejarahnya
  2. 10 Manfaat Membca Al-Qur’an, Banyak Fadhilahnya! 
  3. 13 Ayat Al-Qur’an Tentang Rizki dan Pemahaman Mendalamnya 
  4. Pahami 5 Fungsi Hadits Terhadap Al-Qur’an 
  5. Al-Qur’an Surat At-Thariq, Terjemahan, Manfaat Hingga Kandungannya 


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Ananda