in

Macam-macam sedekah: Pengertian, Keutamaan dan Manfaat

Macam-macam sedekah – Ada amalan atau ibadah yang harus dilakukan dan terlihat, amalan tersebut memiliki pahala yang besar. Namun, jangan lupa bahwa ada pula amalan yang sebaiknya untuk disembunyikan. Amalan tersebut adalah sedekah.

Sedekah adalah salah satu amalan yang ada di dalam agama Islam. Sedekah juga sebaiknya tidak diumbar-umbar. Meskipun akan membagi sebagian dari harta kita, tetapi melalui sedekah kita akan mendapat banyak manfaat.

Artikel ini akan membahas mengenai sedekah. Berupa macam-macam sedekah, serta keutamaan dan manfaat dari sedekah.

Pengertian Sedekah

Poor homeless man receiving money donation

Sedekah menurut KBBI memiliki arti pemberian sesuatu kepada fakir miskin atau seseorang yang berhak untuk menerimanya. Di luar kewajiban zakat dan zakat fitrah sesuai dengan kemampuan orang yang memberikannya.

Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda bahwa “Setiap orang berada di bawah naungan sedekahnya (pada hari kiamat) hingga diputuskan di antara manusia atau ia berkata: “Ditetapkan hukuman di antara manusia.” Yazid berkata: “Abul Khair tidak pernah melewati satu hari pun melainkan ia bersedekah kepadanya dengan sesuatu, walaupun hanya sepotong kue atau bawang merah atau seperti ini.” Diriwayatkan oleh Al-Baihaqi, Al-Hakim dan Ibnu Khuzaimah).

Di dalam Al-quran surat Al-Baqarah menjelaskan “Barang siapa meminjami Allah dengan pinjaman yang baik, maka Allah melipatgandakan ganti kepadanya dengan banyak. Allah menahan dan melapangkan rezeki dan kepada-Nyalah kamu dikembalikan”, pada ayat 245.

Dari Abu Hurairah RA Rasulullah SAW bersabda: “Tidak ada suatu hari pun ketika seorang hamba melewati paginya kecuali akan turun dua malaikat. Lalu salah satunya berkata, ‘Ya Allah berikanlah pengganti bagi siapa yang menafkahkan hartanya’, sedangkan yang satunya lagi berkata, ‘Ya Allah berikanlah kehancuran (kebinasaan) kepada orang yang menahan hartanya (bakhil).'”. di dalam hadits riwayat Al-Bukhari dan Muslim.

Jika Sedekah Menjadi Lifestyle
Jika Sedekah Menjadi Lifestyle

tombol beli buku

Buku ini ditulis dalam rangka pencerahan bagi umat Islam tentang pentingnya melaksanakan perintah Allah Swt. khususnya tentang “Ibadah Sosial” untuk mewujudkan arti hidup umat manusia khususnya muslim dengan mengacu kepada sabda Nabi Muhammad saw., yaitu: Sebaik-baik manusia adalah Manusia yang paling bermanfaat bagi sesama” (HR. Ahmad) Sebagaimana sabda Nabi Muhammad saw. tersebut di atas maka diharapkan setiap kaum muslimin dapat dengan cerdas memaknai hidupnya dengan sebenarnya dan menjadikan ibadah sosial seperti sedekah sebagai life style atau gaya hidupnya.

Macam-macam Sedekah

Food offerings to the Buddha, merit raising in Thailand.

1. Sedekah materi

Sedekah dapat dilakukan dalam bentuk materi. Macam-macam sedekah dalam bentuk materi adalah sebagai berikut:

a. Uang

Pertama, bersedekah dengan uang. Bersedekah dengan uang memang sering sekali dilakukan. Tidak perlu dalam jumlah yang banyak, sedekah dengan uang dapat dilakukan dalam jumlah berapapun.

Dalam sekolah-sekolah, para siswa diajarkan untuk bersedekah. Seperti setiap hari jumat, sekolah akan meminta uang amal kepada para siswanya. Hal ini adalah salah satu bentuk dari sedekah.

Selain itu, sedekah uang juga dapat dilakukan ketika sedang beribadah di masjid. Memasukkan uang ke dalam kotak amal adalah bagian dari sedekah dalam bentuk uang.

Contoh lain dari sedekah uang yang terkadang tidak disadari adalah membeli sesuatu. Ketika ada seorang penjual minuman di jalanan, kemudian kamu membelinya. Padahal kamu tidak membutuhkannya, itu juga termasuk salah satu bentuk sedekah dalam bentuk uang.

banner-promo-gramedia

b. Makanan

Sedekah makanan ini adalah sedekah yang juga lumayan sering dilakukan. Selain itu, sedekah dengan makanan juga hal yang tidak sulit. Tidak hanya memberikan sedekah pada orang-orang yang jauh di luar sana, tetapi sedekah dalam bentuk makanan juga bisa dilakukan di lingkungan sekitar. Pada para tetangga-tetangga terdekat.

Contohnya seperti ketika kamu mendapati tetangga kamu kurang beruntung dalam hal ekonomi. Tidak harus memberikan ia bantuan berupa uang. Kamu bisa memberikan sebagian makanan yang kamu punya. Hal itu tentu akan sangat membantu mereka.

Contoh lain ketika ada seorang tetangga kamu yang sedang berpuasa. Kamu juga bisa bersedekah melalui itu. Membuatkan makanan untuk berbuka puasa kepada tetangga kamu itu adalah salah satu bentuk sedekah.

Kamu bisa memberikan sebagian atau sedikit makanan yang kamu punya. Makanan tersebut juga tidak harus berupa makanan matang yang siap dimakan. Memberikan bahan-bahan makanan atau sayuran segar juga merupakan salah satu bentuk sedekah yang bisa dilakukan.

c. Barang

Sedekah materi selanjutnya bisa dilakukan dengan memberikan barang-barang. Semua barang yang dibutuhkan dan masih layak pakai bisa disedekahkan. Seperti baju, sepatu, bahkan alat-alat elektronik.

Seragam sekolah yang sudah tidak terpakai, kemudian diberikan kepada seseorang yang membutuhkan adalah contoh dari bersedekah dengan memberikan barang. Contoh lain seperti memberikan buku-buku yang sudah tidak dibutuhkan lagi kepada taman bacaan atau anak-anak yang membutuhkan. Meskipun banyak anak yang tidak sekolah, tetapi mereka tetap membutuhkan buku. Kamu bisa menemukan rekomendasi-rekomendasi buku menarik di www.gramedia.com.

Sedekah berupa barang elektronik juga bisa dilakukan. Seperti memberikan telepon seluler yang sudah tidak terpakai kepada orang lain. Telepon seluler adalah hal yang sangat penting di masa ini. Maka hal itu tentu akan sangat membantu bagi mereka yang belum memilikinya.

d. Memberi makan hewan

Bersedekah tidak hanya bisa dilakukan antar sesama manusia saja. Akan tetapi, bersedekah kepada hewan juga bisa dilakukan. Seperti memberi makanan pada hewan liar.

Jika disekitar rumah atau di jalan-jalan kamu bertemu seekor kucing yang kelaparan, kamu bisa memberikannya sedikit makanan. Itu adalah salah satu bentuk bersedekah kepada hewan.

Selain itu, kamu juga tidak perlu membuang nasi yang sudah berhari-hari. Berikanlah nasi itu pada ayam. Hal tersebut merupakan salah satu bentuk sedekah.

Jika manusia bisa mencari makanan sendiri, tidak begitu dengan hewan. Meskipun dapat mencari dan makan makanan liar, tetapi tetap membutuhkan bantuan manusia. Para hewan-hewan terutama hewan liar, juga membutuhkan bantuan manusia untuk menjalankan kehidupannya.

2. Sedekah non materi

Selain bersedekah dengan materi, sedekah juga bisa dilakukan dalam bentuk non materi. Seperti memberikan ilmu yang dimiliki, tenaga, bahkan hanya dengan sebuah senyuman.

a. Ilmu

Memberikan ilmu yang kita miliki adalah salah satu bentuk sedekah. Bahkan ini termasuk ke dalam sedekah jariyah. Artinya bahwa kamu akan selalu mendapatkan pahala dari ilmu yang sudah kamu sampaikan pada orang lain. Bahkan ketika kamu sudah meninggal, pahala dari ilmu itu tetap akan mengalir.

Selain itu, membagi ilmu yang dimiliki akan membuat kamu menjadi terus mengingat ilmu tersebut. Maksudnya bukan mengingat bahwa kita sudah membagi ilmu tersebut. Akan tetapi, kamu akan mengingat mengenai ilmunya. Jadi, selain kamu membantu orang lain melalui ilmu tersebut, secara tidak langsung kamu juga sudah membantu dirimu sendiri.

Ilmu adalah sesuatu yang tidak akan habis oleh waktu. Tidak hanya ilmu-ilmu penting mengenai suatu teori. Kamu bisa memberikan semua ilmu yang kamu miliki. Ilmu adalah hal yang sangat bermanfaat dan memberikan banyak pengaruh.

Bersedekah dengan ilmu tidak akan membuat kamu merasa rugi. Justru kamu akan menjadi bagian dari ilmu yang orang lain miliki. Jadi, jangan ragu untuk selalu memberikan ilmu yang kamu miliki.

b. Tenaga

Jangan menganggap remeh suatu tenaga. Jika kamu mengeluarkan tenaga untuk membantu orang lain, itu hal tersebut termasuk kegiatan sedekah. Contohnya seperti tetangga yang sedang renovasi rumah. Kemudian kamu ikut membantunya. Maka secara tidak langsung kamu sudah bersedekah. Selain membantu meringankan pekerjaan tetangga, kamu juga sudah sedekah tenaga.

Hal lain yang termasuk ke dalam sedekah tenaga adalah menolong orang lain. Contohnya ketika seorang nenek yang membutuhkan bantuan untuk membawa belanjaan atau ingin menyebrang. Ketika kamu membantunya, maka kamu sudah bersedekah melalui tenagamu kepada nenek tersebut.

c. Senyum

Tidak perlu khawatir jika tidak memiliki materi atau sesuatu non materi untuk bersedekah. Kamu tetap bisa melakukan sedekah. Caranya adalah dengan tersenyum. Cara yang sangat mudah dan ringan untuk dilakukan.

Rasulullah SAW pernah mengatakan, bahwa ketika kita tersenyum, maka kita memberikan sedekah kepada orang lain. Perkataan Rasulullah SAW tersebut berada dalam HR Tirmidzi dan Abu Dzar.

banner-promo-gramedia

Ketika kamu tersenyum, kamu akan memancarkan segala energi positif. Sehingga orang yang menerima senyum akan mendapatkan energi positif yang kamu pancarkan pula. Tidak hanya melakukan sedekah, kamu juga dapat memberikan kebahagian kepada seseorang melalui senyuman. Meskipun terbilang sederhana dan mudah dilakukan, tetapi banyak manfaat dari tersenyum yang bisa didapatkan.

Jadi, tidak ada lagi ya alasan kamu untuk tidak bersedekah. Jangan khawatir jika tidak memiliki sesuatu untuk disedekahkan, karena kamu tetap bisa sedekah jangan melalui sebuah senyuman.

Rezeki Deras & Berkah Dgn Salat Tahajud,Dhuha, Sedekah
Rezeki Deras & Berkah Dgn Salat Tahajud,Dhuha, Sedekah

tombol beli buku

Buku ini ditulis sebagai petunjuk praktis dan mudah agar kita bisa Kaya Raya,Sehat, dan Bahagia Dunia Akhirat. Hadirnya buku ini, semoga bisa membawa manfaat bagi kita semua, sehingga umat muslim bisa dituntaskan dari bahaya kemiskinan dan kefakiran.

Keutamaan dan Manfaat Sedekah

Young homeless man with cardboard sign receiving money donation

Ibadah sedekah tentu memiliki banyak keutamaan dan manfaat. Keutamaan serta dari sedekah tidak hanya dirasakan oleh orang yang diberi sedekah. Namun, orang yang memberi sedekah juga akan mendapat manfaat dari keutamaan bersedekah.

1. Harta akan bertambah

Sedekah adalah suatu perbuatan yang membuat kita mengeluarkan sebagian dari harta yang dimiliki. Itu berarti harta yang kita miliki akan berkurang. Akan tetapi, yang terjadi justru sebaliknya. Harta yang sudah dikeluarkan tersebut justru akan menjadi sebuah berkah untuk kita.

Semakin banyak jumlah sedekah yang dikeluarkan, maka akan semakin banyak pula berkah yang didapatkan. Selain mendapatkan berkah, pahala yang didapatkan akan dilipatgandakan. Jadi, tidak perlu khawatir bahwa harta kita akan berkurang. Jika dilihat secara langsung memang pada awalnya memang harta akan berkurang, karena dikeluarkan. Namun harta tersebut akan mendapatkan gantinya pada kemudian hari nanti. Bahkan mendapat yang lebih banyak.

2. Pahala mengalir

Jika istiqomah dalam melakukan sedekah, maka pahala akan terus mengalir kepada kita. Selain penerima sedekah yang merasakannya, orang yang sudah bersedekah juga akan merasakannya. Bersedekah adalah salah satu hal yang membuat kamu akan merasa bersyukur. Ketika kita bersyukur, maka hati menjadi lebih tenang dan merasa cukup. Namun di samping itu, Allah SWT akan memberikan ganti yang lebih baik dari apa yang sudah dikeluarkan.

“Bukanlah kewajibanmu (Muhammad) menjadikan mereka mendapat petunjuk, tetapi Allah-lah yang memberi petunjuk kepada siapa yang Dia kehendaki. Apapun harta yang kamu infakkan, maka kebaikannya untuk dirimu sendiri. Dan janganlah kamu berinfak melainkan karena mencari ridha Allah. Dan apapun harta yang kamu infakkan, niscaya kamu akan diberi pahala secara penuh dan kamu tidak akan dizalimi atau dirugikan.” QS. Al-Baqarah ayat 272.

3. Bentuk keimanan

Melalui apapun dan berapapun jumlah sedekah yang sudah dikeluarkan, itu tetap termasuk bentuk keimanan. Ketika kamu sudah bersedekah, kamu akan merasa bahagia. Alasannya adalah karena kamu sudah memberikan sebagian dari kebahagiaan yang kamu miliki kepada mereka yang menerimanya. Hal tersebut akan membuat kamu dan orang lain merasa bahagia.

“Kitab (Al-Quran) ini tidak ada keraguan padanya: petunjuk bagi mereka yang bertakwa, yaitu mereka yang beriman kepada yang ghaib, melaksanakan salat, dan menginfakkan sebagian sebagian rezeki yang Kami berikan kepada mereka.” QS Al-Baqarah ayat 2 dan 3.

4. Sarana mensucikan diri

Selain mendapat pahala, bersedekah juga sekaligus akan membantu kamu untuk mensucikan diri. Akan tetapi, hal itu juga harus dibarengi dengan taubat. Salah satu cara untuk menghapuskan dosa adalah dengan bersedekah. Bersedekah secara rutin akan membantu kamu dalam hal ini. Namun, tetap jangan lupa untuk melakukan amalan-amalan lainnya, terutama amalan wajib.

5. Amalan yang tidak putus.

Sedekah termasuk ke dalam salah satu amalan yang tidak akan terputus. Sedekah jufa amalan yang akan membantu kamu di dunia maupun di akhirat. Hal itu karena sedekah termasuk ke dalam amalan jariyah. Sehingga kamu tetap bisa merasakan pahalanya sampai kapanpun.

6. Mendapatkan syafaat

Orang yang rutin dan selalu menyempatkan diri untuk bersedekah adalah salah satu orang yang mendapat syafaat kelak di hari akhir nanti.

banner-promo-gramedia

Dalam HR Bukhari, Rasulullah SAW menjelaskan bahwa orang yang bersedekah menggunakan tangan kanannya, sampai tangan kirinya tidak mengetahui itu maka akan mendapat syafaat dihari akhir kelak.

Baca juga: Arti Istighfar

Cara Rutin Bersedekah

Young Asian Muslim man give alms to other muslim on Ramadan Kareem. It’s the best time to give alms to everyone need, isolated on yellow background

Sedekah memang amalan yang mudah untuk dilakukan. Akan tetapi, ternyata istiqomah dalam bersedekah juga tetap perlu dilakukan dengan usaha. Cara-cara berikut ini adalah cara yang bisa kamu coba untuk istiqomah supaya rutin melakukan ibadah sedekah.

  1. Selalu niat untuk melakukan sedekah
  2. Mengingat bahwa jika kita bersedekah, maka harta yang kita miliki tidak akan berkurang. Justru Allah SWT akan melipatgandakannya
  3. Memulai dengan hal biasa atau angka yang kecil dalam bersedekah bukanlah hal yang salah
  4. Berusaha untuk selalu ikhlas setelah bersedekah
  5. Yakin dan percaya, bersedekah akan membuka pintu rezeki dengan lebar
  6. Berusaha untuk menyisihkan uang untuk bersedekah.
  7. Mulai bersedekah dari orang-orang terdekat terlebih dahulu, seperti para tetangga
  8. Selalu mengingat orang yang berada dibawah kita
  9. Bersyukur

Itulah hal-hal mengenai sedekah. Setelah mengetahuinya, maka jangan sampai meninggalkan sedekah. Sedekah tidak harus dalam bentuk materi, oleh karena itu kamu tetap bisa bersedekah dalam bentuk apapun.

Temukan hal-hal lainnya mengenai sedekah di www.gramedia.com. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas akan selalu memberikan informasi dan rekomendasi buku-buku terbaik untuk para Grameds.

100% Sedekah Gas Poll!!
100% Sedekah Gas Poll!!

tombol beli buku

Buku ini akan mengulas lebih dalam tentang apa itu sedekah dan manfaatnya. Kapan sedekah harus dilakukan, bagaimana agar sedekah itu bisa memberikan dampak yang luar biasa bagi pelakunya dan penerima sedekah, dan masih banyak lagi, sehingga mampu mengikis keragu-raguan dalam bersedekah serta keragu-raguan terhadap keyakinan akan kebenaran janji-janji Allah Swt., dan juga hadis-hadis Nabi Muhammad saw., untuk orang-orang yang bersedekah.

Baca juga:

Penulis: Wida Kurniasih

Sumber: berbagai sumber

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Wida Kurniasih