in ,

Daftar 15 Rekomendasi Taman di Jakarta yang Wajib Anda Kunjungi

Sumber: Pexels

Taman di Jakarta – Seluruh daerah di Indonesia saat ini sudah memiliki taman sebagai bentuk ruang terbuka serta membantu peningkatan ketersediaan udara bersih guna meningkatkan kesehatan dan keberlangsungan hidup manusia.

Karena hal tersebut, saat ini kita akan semakin mudah menemukan taman atau ruang terbuka yang bisa diakses dengan mudah. Salah satu kota yang memiliki banyak ruang terbuka atau taman adalah kota Jakarta.

Meski Jakarta memiliki gedung bertingkat yang begitu banyak. Namun, untuk kebutuhan udara bersih dan tempat terbuka bisa dibantu dengan keberadaan taman. Nah, bagi Anda yang tinggal di daerah Jakarta atau mungkin sedang berkunjung ke kota tersebut tentunya bisa banget mampir ke beberapa taman.

Rekomendasi Taman di Jakarta

Jika Anda masih bingung taman apa saja taman di Jakarta yang bisa dikunjungi, maka beberapa rekomendasi taman di Jakarta yang ada pada penjelasan di bawah ini bisa membantu.

1. Taman Tabebuya

Taman Tabebuya, Taman Terbaik di Jakarta Selatan? - Intisari
Sumber: intisari.grid.id

Rekomendasi taman di Jakarta yang pertama adalah Tabebuya. Dimana taman Tabebuya sendiri berada di Jalan Mohammad Kahfi No.1, RT.1/RW.2, Ciganjur, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan.
Penanaman taman Tabebuya bukan tanpa alasan, pasalnya terdapat pohon Tabebuya yang berasal dari Brasil hingga menjadikan taman tersebut memiliki nama yang sama dengan nama pohon tersebut. Tumbuhan Tabebuya sendiri memiliki bunga dengan warna merah mudah layaknya bunga Sakura.

Hal tersebut menjadikan taman Tabebuya terlihat lebih indah, apalagi adanya zona pedestrian yang cukup luas. Saat ini, taman Tabebuya sudah dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas umum, mulai dari toilet, area parkir, gazebo hingga area yang digunakan khusus untuk olahraga.
Dengan adanya kelengkapan fasilitas tersebut menjadikan taman Tabebuya selalu ramai kunjungi oleh masyarakat sekitar. Perlu diketahui jika taman Tabebuya memiliki luas sekitar 9.626 meter persegi.

2. Taman Menteng

Jakarta Tanggap Covid-19, Taman Menteng Ditutup Sementara
Sumber: foto.kompas.com

Selanjutnya, ada taman Menteng yang berada di Jl. HOS. Cokroaminoto, RT.3/RW.5, Menteng, Jakarta Pusat. Dimana taman tersebut memiliki luas area sekitar 30 hektar dan tentunya bisa Anda kunjungi ketika berada di Jakarta.

Taman Menteng memiliki sekitar 30 spesies koleksi tanaman yang berbeda-beda. Tak hanya itu saja, taman Menteng juga sudah memiliki berbagai macam fasilitas pendukung guna memberikan kenyamanan kepada para pengunjungnya.

Mulai dari area bermain khusus anak-anak, lapangan futsal, lapangan basket, track jogging, toilet, mushola, area parker, hingga adanya gedung serba guna seperti rumah kaca yang menjadi icon utama dari taman Menteng.

Di sisi lain, taman Menteng juga sudah dilengkapi dengan sumur resapan sebanyak 44 buah. Hal ini akan menjadikan taman Menteng tetap aman dari genangan air hujan ketika musim hujan tiba.

Kancil: Taman Seribu Matahari

https://www.gramedia.com/products/kancil-taman-seribu-matahari?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

3. Taman Cattleya

taman di Jakarta
Sumber: m.beritajakarta.id

Taman Cattleya adalah salah satu taman di Jakarta yang berikutnya yang tentunya bisa Anda kunjungi secara langsung. Keberadaan dari taman Cattleya adalah berlokasi di RT.15/RW.1, Kemanggisan, Palmerah, Jakarta Barat.

Atau lebih mudahnya taman Cattleya berada di depan Mal Taman Anggrek. Taman Cattleya sendiri memiliki luas area sekitar 31.000 meter persegi yang juga sudah ditumbuhi berbagai macam taman hias.

Tak hanya tanaman hias saja, pasalnya taman Cattleya juga ditumbuhi oleh pohon besar seperti pohon trembesi, beringin, kecrutan, yangliu serta glondongan tian. Sampai saat ini, sudah ada sekitar 948 pohon serta tanaman hias ada di dalam area taman Cattleya.

Keberadaan berbagai macam tumbuhan di area taman Cattleya menjadikan udara makin sejuk ketika Anda mengunjunginya. Bahkan, keberadaan dari taman Cattleya juga bisa mempercantik kota Jakarta di tengah gedung bertingkat tinggi.

Layaknya taman pada umumnya, taman Cattleya juga memiliki beberapa fasilitas umum yang disediakan. Mulai dari area parker, toilet, mushola, jogging track, arena bermain khusus anak, danau buatan serta taman bunga.

4. Taman Suropati

taman di Jakarta
Sumber: travelspromo.com

Taman Suropati yang berada di Jl. Taman Suropati No.5, RT.5/RW.5, Menteng, Jakarta Pusat adalah rekomendasi taman di Jakarta yang berikutnya. Taman Suropati sendiri memiliki luas area sekitar 16.328 meter persegi.

Memiliki luas area yang cukup besar menjadikan taman Suropati banyak ditamani beragam pohon dan taman yang ditata begitu rapi hingga menjadikan area taman sangat teduh, sejuk dan tentunya segar.

Lalu, pada bagian tengah taman Suropati terdapat kolam air mancur yang cukup besar. Selain itu, taman Suropati juga sudah dilengkapi dengan fasilitas umum seperti toilet, gazebo, bangku taman dan area pedestrian serta jogging track.

Meski tak ada area parker dan mushola, tetapi para pengunjung bisa parker di area Masjid Sunda Kelapa sekaligus bisa beribadah di masjid tersebut. Perlu diketahui jika keberadaan taman Suropati berada tepat di seberang masjid Sunda Kelapa.

5. Taman Situ Lembang

Asrinya Taman Situ Lembang di Jakarta Pusat, Bisa Jogging hingga Bersantai  Sambil Memandang Danau Halaman all - Kompas.com
Sumber: megapolitan.kompas.com

Selanjutnya, ada taman Situ Lembang yang juga merupakan salah satu taman di Jakarta. Dimana untuk lokasi dari taman Situ Lembang terletak di Jl. Lembang Terusan No.D-59, RT.6/RW.5, Menteng, Jakarta Pusat.

Taman Situ Lembang sendiri memiliki luas area sekitar 14.700 meter persegi dan Sebagian besar merupakan area danau. Keberadaan area danau di taman Situ Lembang biasanya digunakan untuk memancing serta penyejuk taman tersebut.

Selain itu, taman Situ Lembang juga ditumbuhi oleh pohon rimbun yang bisa memberikan suasana sejuk bagi para pengunjung. Layaknya taman kota pada umumnya, taman Situ Lembang juga sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas umum seperti mushola, toilet, tempat sampah hingga bangku taman yang sudah tersebar luas di area taman Situ Lembang.

Ide – Kreasi Taman Anthurium

https://www.gramedia.com/products/ide-kreasi-taman-anthurium-1?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

6. Taman Tribeca

Taman Hijau Tribeca Park, Keindahan Taman dalam Sebuah Mall - Jakarta  Traveller Media
Sumber: jakartatraveller.com

Taman Tribeca yang ada di Letjen S. Parman St No.28, RT.12/RW.6, Tanjung Duren, Grogol Petamburan, Jakarta Barat atau lebih tepatnya di area Central Park Mall adalah rekomendasi taman di Jakarta yang berikutnya.

Taman Tribeca sendiri memiliki luas area sekitar 1,5 hektar yang didalamnya menyediakan aneka jenis tanaman. Selain itu, taman Tribeca juga memiliki area kolam yang di dalamnya terdapat banyak ikan koi serta kura-kura jenis Brasil.

Meski taman Tribeca berada di dekat mall, tetapi keindahan dan kesejukan tetap mampu diberikan oleh taman tersebut. Taman Tribeca sendiri diklaim mampu memiliki kapasitas sekitar 7 ribu hingga 10 ribu pengunjung. Selain itu, taman Tribeca juga kerap digunakan sebagai tempat ngumpul para komunitas. Misalnya seperti komunitas dance, fotografi dan lainnya.

7. Taman Kalijodo

Berwisata ke Kalijodo, Ini Ragam Kegiatan yang Bisa Anda Coba Halaman all -  Kompas.com
Sumber: travel.kompas.com

Berikutnya, ada taman Kalijodo yang juga bisa Anda kunjungi ketika berada di Jakarta. Taman Kalijodo sendiri terletak di sebelah Sungai Krendang atau berada di jalan Pangeran Tubagus Angke Blok Siaga No.4, RT.4/RW.5, Angke, Tambora, Jakarta Barat.

Taman Kalijodo memiliki luas area sekitar 3,4 hektare serta awal diresmikan pada tahun 2017 lalu. Tak hanya bisa dijadikan sebagai ruang terbuka hijau saja. Namun, taman Kalijodo juga memberikan banyak fasilitas umum seperti area BMX dan Skateboard, area bermain anak serta spot foto pada batu monumen kecil yang berasal dari jerman dan juga seni mural.

Bahkan, taman Kalijodo juga sudah dilengkapi area perpustakaan umum dan ruang belajar. Setiap akhir pekan, taman Kalijodo kerap kali dijadikan sebagai stand bazar seperti bazar pakaian, makanan dan juga minuman.

8. Taman Ria Rio

Taman Waduk Ria Rio, Asyik Dikunjungi untuk Menyendiri maupun Berduaan  Halaman all - Kompas.com
Sumber: megapolitan.kompas.com

Taman Ria Rio yang berlokasi di Jalan Pulo Mas Utara Blok E No.1, Kayu Putih, Pulo Gadung, RT.7/RW.15, Kayu Putih, Pulo Gadung, Jakarta Timur adalah rekomendasi taman di Jakarta yang berikutnya. Taman Ria Rio memiliki ukuran luas sekitar 2,6 hektar.

Menariknya, taman Ria Rio juga memiliki icon tersendiri lho yaitu tanaman Baobab atau kerap disebut sebagai Ki Tambleg. Dimana tanaman Baobab memiliki tinggi sekitar 30 meter dengan diameter sekitar 7 hingga 11 meter. Dengan ukuran tersebut menjadikan tanaman Baobab sering kali disebut sebagai pohon raksasa.

Keberadaan dari taman Ria Rio saat ini kerap dimanfaatkan sebagai area kegiatan sosial maupun bersantai biasa. Tentunya taman Ria Rio juga memiliki banyak fasilitas pendukung. Misalnya seperti jogging track, amphitheater yang bisa digunakan sebagai area berkumpul hingga bangku taman di area waduk dan tempat parkir.

9. Museum Taman Prasasti

Museum Taman Prasasti - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sumber: id.wikipedia.org

Taman Prasasti bisa Anda jadikan tempat kunjungan berikutnya ketika berada di Jakarta. Taman Prasasti sendiri berada di Jl. Tanah Abang I No.1, RT.11/RW.8, Petojo Selatan, Gambir, Jakarta Pusat.

Lalu, untuk luas dari taman Prasasti sendiri adalah sekitar 1,2 hektar. Keberadaan dari teman Prasasti sering kali digunakan untuk menampilkan berbagai macam karya seni serta bisa juga digunakan untuk memamerkan kehebatan para pematung, kaligrafer, sastrawan serta pemahat.

Museum taman Prasasti sendiri adalah sebuah museum cagar budaya yang sudah ada sejak zaman kolonial Belanda yang juga mempunyai karya prasasti nisan kuno serta makam kolonial Belanda kurang lebih 862 jumlahnya.

Selain itu, taman Prasasti juga kerap dijadikan sebagai area spot foto unik. Tentunya, menjadi salah satu tempat umum yang sering dikunjungi banyak orang, taman Prasasti memiliki banyak fasilitas umum seperti toilet, musala, auditorium, dan tempat parker.

https://www.gramedia.com/products/42-desain-taman-air?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/42-desain-taman-air?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

10. Taman Ayodya

10 Foto Taman Ayodya Barito, Harga Tiket Masuk Lokasi Jakarta Selatan |  JejakPiknik
Sumber: jejakpiknik.com

Berikutnya, ada taman Ayodya yang berlokasi di Jl. Lamandau III No.RT.4, RT.4/RW.7, Kramat Pela, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Taman Ayodya sendiri memiliki luas area sekitar 7.500 meter persegi.

Tak hanya itu saja, pasalnya taman Ayodya juga memiliki area kolam buatan dengan luas 1.500 meter persegi pada bagian tengah taman. Kolam buatan di taman Ayodya banyak dihiasi oleh tumbuhan Teratai serta dekorasi lantai yang jika dilihat menyerupai bentuk gurita.

Untuk bisa menambah sisi keindahannya, taman Ayodya juga sudah dilengkapi dengan fasilitas air mancur. Selain itu, ada juga fasilitas, seperti track jogging, bangku, pendopo, gazebo dan toilet sudah ada di area taman Ayodya.

11. Taman Langsat

Sepi Pengunjung, Taman Langsat akan Direvitalisasi
Sumber: megapolitan.kompas.com

Selanjutnya, ada taman Langsat yang juga bisa jadi salah satu rekomendasi taman di Jakarta yang bisa Anda kunjungi. Taman Langsat sendiri berada di Jl. Barito, RT.1/RW.1, Kramat Pela, Kec. Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Meski terkadang beberapa orang setelah mendengar nama taman Langsat kerap kali menghubungkan dari sisi mistis, tetapi sebenarnya keberadaan taman Langsat sendiri sampai saat ini masih terus ramai dikunjungi.

Taman Langsat memiliki pohon besar nan rindang serta area rerumputan yang begitu luas. Menariknya, di area Langsat terdapat area penyuluhan yang memungkinkan Anda untuk semakin mudah mempelajari semua hal terkait dengan tanaman yang ada di area tersebut.

Tak hanya memiliki area rerumputan saja, pasalnya taman Langsat juga memiliki jogging track yang bisa Anda jadikan rena olahraga. Bahkan area bermain untuk anak-anak juga sudah tersedia di dalam taman Langsat.

Sampai saat ini, keberadaan dari taman Langsat sering kali digunakan untuk keperluan perayaan pesta pernikahan maupun acara lainnya. Tentunya taman Langsat juga sudah dilengkapi dengan dukungan beberapa fasilitas umum.

12. Taman Tebet

Sudah Diresmikan, Masyarakat Kini Bisa Main ke Tebet Eco Park Halaman all -  Kompas.com
Sumber: travel.kompas.com

Sebelum berubah nama menjadi taman Tebet, taman tersebut memiliki nama taman Honda. Taman Tebet sendiri berada di Jl. Tebet Timur Raya No.10, Jakarta Selatan.

Taman Tebet juga menjadi salah satu taman yang sampai saat ini selalu ramai dikunjungi masyarakat umum. Bahkan, banyak acara menarik dari berbagai macam komunitas diadakan pada taman Tebet.

Tak hanya itu saja, pasalnya taman Tebet juga menyediakan berbagai macam fasilitas umum, mulai dari area jogging track, toilet serta alat kebugaran. Selain itu, banyak tempat makan yang tersedia di area taman tebet. Hal ini akan menjadikan kemudahan bagi Anda yang tiba-tiba merasa lapar di area taman Tebet.

13.Taman Spathodea

Menikmati Keindahan Taman Spathodea di Jagakarsa... Halaman all - Kompas.com
Sumber: megapolitan.kompas.com

Taman Spathodea atau taman Miring adalah salah satu rekomendasi taman di Jakarta yang berikutnya. Dimana taman Spathodea terletak di Gg. Kriep No.13, RT.13/RW.5, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Banyak acara menarik yang ada di area taman Spathodea, salah satunya adalah adanya taman baca Spathodea yang hanya dibuka pada waktu hari minggu saja. Tentunya taman baca tersebut akan menyediakan banyak buku bacaan menarik.

Nama taman Spathodea sendiri diambil dari banyaknya bunga spathodea yang tumbuh di area taman tersebut. Tak hanya menyediakan fasilitas bermain untuk anak saja, tetapi taman Spathodea juga menyediakan fasilitas kebugaran serta adanya danau buatan yang di dalamnya dipenuhi dengan ikan.

Mulai dari ikan mas, mujair, gabus, patin hingga gurami bisa ditemukan di danau taman Spathodea. Meski diperbolehkan untuk memberi makan ikan di area danau taman Spathodea, tetapi Anda tidak diperbolehkan untuk melakukan kegiatan memancing di area danau taman Spathodea.

14. Taman Hutan Kota Srengseng

Menilik Hutan Kota Srengseng, Wisata Menikmati Alam di Jakarta Barat  Halaman all - Kompas.com
Sumber: megapolitan.kompas.com

Taman hutan kota Srengseng yang terletak di Jl. H. Kelik RT 8/ RW 6, Srengseng, Kec. Kembangan, Jakarta Barat merupakan salah satu rekomendasi taman di Jakarta yang bisa banget Anda kunjungi. Taman ini memiliki harga tiket dua ribu rupiah per orangnya.

Tak hanya memiliki pepohonan yang rimbun, taman hutan kota Srengseng juga menyediakan sebuah danau yang pada area tengahnya terdapat sebuah pulau kecil. Menariknya para pengunjung diperbolehkan untuk memancing di area danau taman Srengseng.

Selain menyediakan sarana tempat bermain anak, taman hutan kota Srengseng juga menyediakan sarana panjat dinding. Tak hanya itu saja, di taman tersebut juga ada perkumpulan Yoga Hutan Kota Srengseng atau HKS yang diadakan setiap hari Minggu pukul 07.00 waktu setempat.

15. Taman Dadap Merah

taman di Jakarta
Sumber: selatan.jakarta.go.id

Taman Dadap Merah berlokasi di Jl. Kebagusan Dalam, Kelurahan Kebagusan, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan adalah sebuah taman yang memiliki luas area 20,000 meter persegi.
Meski memiliki lokasi yang tersembunyi, namun taman Dadap Merah tetap ramai dikunjungi para pengunjung. Warga ibu kota biasanya akan mencari udara sejuk di antara pepohonan nan rimbun dengan mengunjungi taman Dadap Merah.

Selain itu, area tengah dari taman Dadap Merah terdapat sebuah sungai yang mengalir. Suara gemericik air akan memberikan suasana nyaman bagi para pengun taman Dadap Merah.
Tak hanya itu saja, pada hari Minggu biasa nya ada sejumlah relawan yang mengadakan taman baca gratis untuk anak-anak. Biasanya taman baca tersebut buka pada pukul 14.00 hingga 17.00 waktu setempat.

Penutup

Nah, itulah beberapa taman di Jakarta yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga, teman terdekat, pasangan atau bahkan sendiri. Setelah membaca artikel ini sampai habis, apakah kamu tertarik untuk datang ke taman di Jakarta?

Jika kamu ingin mencari buku tentang tempat wisata, maka bisa mendapatkannya di Gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Hendrik Nuryanto

Baca juga:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by M. Hardi