in

Review Novel Bibi Gill Karya Tere Liye yang Fenomenal

Review Novel Bibi Gill – Apakah Grameds pembaca karya-karya Tere Liye? Tepat sekali, para penggemar buku pasti sudah tidak asing dengan nama penulis tersebut. Untuk para penggemar Serial novel Bumi karya Tere Liye ini pasti selalu tidak sabar dengan kehadiran buku-buku berikutnya. Rasa penasaran para pembaca tersebut karena perjalanan tiada akhir sampai buku petualangan Raib, Seli dan Ali akan berakhir.

Jika berbicara tentang serial novel Bumi, pembaca akan selalu terikat dengan tiga karakter utama remaja pemberani yang berpetualangan di dunia paralel. Nah, Tere Liye baru saja menerbitkan versi simultan dari seri novel Bumi, Bibi Gill dan Sagaras pada 21 Februari 2022.

Bibi Gill adalah salah satu karya Tere Liye yang ditunggu-tunggu para pembacanya karena dianggap memiliki cerita yang tidak kalah seru dari seri- seri sebelumnya. Apakah Grameds juga penasaran dengan buku Bibi Gill ini? Berikut ini review novel Bibi Gill yang bisa kamu simak untuk akhirnya memantapkan untuk membaca habis buku ini:

Informasi Buku

Review Novel Bibi Gill

  • Judul Buku : Bibi Gill
  • Pengarang : Tere Liye
  • Tahun Terbit : 21 Februari 2022
  • Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
  • Jumlah Halaman : 500
  • Kategori : Fantasi

Novel Bibi Gill adalah novel ke-12 dari novel Tere Liye yang berjudul Bumi. Seperti dalam judulnya, novel ini tidak memberi tahu kelanjutan dari petualangan Raib, Seli m dan Ali, tetapi untuk melengkapi kisah latar belakang Bibi Gill. Jika kamu sudah membaca serial sebelumnya hingga tuntas pasti tahu bahwa Bibi Gill adalah salah satu pengajar dari Akademi Bayangan Tingkat Tinggi (ABTT) yang mengajar mata kuliah Malam dan Misterinya.

Selain itu Kamu mungkin tahu bahwa Bibi Gill adalah salah satu petarung hebat dan juga seorang pengintai yang baik. Tetapi di dibalik kehebatannya itu, Bibi Gill juga memiliki cerita yang begitu dramatis dan tragis. Latar belakang kehidupannya tersebut tertulis lengkap dalam buku ini.

Review Novel Bibi Gill

Sinopsis Novel Bibi Gill

Sebelum masuk review novel Bibi Gill, Grameds bisa pahami dulu jalan cerita singkat atau sinopsis dari buku ini. Gill adalah sapaan akrab dari keluarganya serta penduduk di Distrik Malam dan Misterinya. Dia merupakan satu-satunya anak perempuan yang paling kecil dari tujuh bersaudara. Dia seperti anak-anak pada umumnya, masih suka bermain dan bercanda. Namun yang membedakan dari rekan-rekannya, Gill memiliki kode genetik langka layaknya pemilik keturunan murni.

Kamu mungkin menganggap Gill sangat hebat karena memiliki kode genetik yang super langka. Tapi bagi Gill dan penduduk Distrik Malam dan Misterinya, memiliki kode genetik justru seperti kutukan. Dianggap demikian karena ketika Gill menggunakan kekuatan genetik langka itu, maka akan muncul Monster yang bengis dan jahat. Itulah sebabnya Gill tidak pernah benar-benar menggunakan kekuatan genetik langkanya itu.

Hingga satu hari, ketika usianya masih sembilan tahun, Gill harus untuk menggunakan kekuatannya untuk membantu ayahnya yang tenggelam saat memancing. Kemudian, dalam kegelapan muncul Monster dan menghancurkan Distrik Malam dan Misterinya. Semua warga tewas tidak meninggalkan jejak sama sekali, begitu pula dengan keluarga Gill. Sekarang, Distrik Malam dan Misterinya tampak menghilang dari peradaban Klan. Kemudian untuk mengingat dan menghormati tempat kelahirannya itu, Gill menggunakan nama tempat tersebut sebagai mata kuliah di ABTT.

Setelah hilang semuanya, Gill mencari sumber-sumber informasi di perpustakaan setempat. Tujuannya adalah untuk menemukan jawaban tentang Monster dan bagaimana melawannya. Selama bertahun-tahun, ia berusaha untuk bertahan di Distrik Malam dan Misteri, sebelum akhirnya memutuskan untuk berpetualang dan masuk ABTT.

Selama di ABTT, Gill tidak hanya belajar. Tapi di sepanjang lorong perpustakaan, ia sendiri mencari perkamen langka yang bisa menjadi sumber informasi di masa depan. Awalnya, hal itu dilakukan sendiri, yakni menjadi pengintai di malam hari. Tapi salah satu teman akrab Gill memutuskan untuk bergabung setelah mengetahui gelagat aneh Gill.

Dengan enam teman-temannya, Gill menemukan perkamen langka yang membuat mereka menemukan salah satu bangkai kapal dari Aldebaran. Mereka sangat senang bisa menemukan kapal dan data yang super canggih. Tapi kebahagiaan itu tidaklah lama. Monster-monster menyerang enam teman-temannya dan akhirnya meninggalkan Gill sendiri.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Gill tidak tahu apa yang harus dilakukan. Monster selalu datang semaunya sendiri hingga membuat Gill sangat marah dan menaruh dendam yang sangat besar. Meskipun demikian tidak membuat Gill berhenti. Sampai akhirnya Gill bertemu teman lamanya Bill. Dia adalah seorang pria yang sedikit lebih dewasa daripada Gill. Dia adalah tetangga di depan rumah saat masih di Distrik Malam dan Misterinya.

Teman lamanya itu bisa selamat karena ia pindah ke tempat lain sebelum peristiwa hebat itu terjadi. Pertemuan tersebut membuat Bill dan Gill sangat terharu. Sampai ketika Bill meminang Gill menjadi istrinya. Awalnya Gill menolak karena ia memiliki kutukan kode genetik. Selain itu, Gill mulai mengatakan semuanya, yakni pengalamannya mencari jawaban dan kekuatan untuk membalas dendam pada Monster terkutuk.

Demikian pula, cerita tragisnya dengan orang- orang terkasih Gill. Tapi Bill tidak peduli tentang masa lalu ini, ia meyakinkan Gill. Mereka akhirnya menikah dan dikaruniai dua anak laki-laki dan perempuan. Keluarga mereka sangat senang dan merasa begitu lengkap. Tapi monster lama tidak muncul lagi, datang tiba-tiba dan menyerang keluarga Gill. Gill akhirnya kembali ke sendirian, suami dan dua anaknya dibunuh oleh Monster tersebut.

Tiga peristiwa tragis tersebut semakin membuat Gill murka. Dia akhirnya memutuskan untuk mencari setiap jawaban dan kekuatan yang dimiliki Monster tersebut. Dalam petualangan ini, ia bertemu dengan seorang Kakek Tua yang duduk di kursi roda dan seekor kucing. Mereka bertiga kemudian berpetualang mencari seekor induk naga. Alasannya adalah Gill ingin menggunakan induk naga untuk mengalahkan Monster Kegelapan.

Pencarian Induk Naga ini tidak semudah yang dipikirkan Gill. Tapi akhirnya Gill berhasil menemukan sarang dan menaklukkan Induk Naga itu. Ketika Gill merasa dia siap untuk bertarung tiba-tiba, Monster itu datang dan tanpa peringatan untuk merenggut Induk Naga beserta kawanannya. Tapi kali ini bukan hanya sekawanan Naga itu saja, tetapi juga Kakek Tua yang pernah berpetualangan dengan Gill.

Gill sudah mengaku kalah dan memohon pada Monster agar tidak menyentuh kakek tua itu. Tetapi seolah-olah Monster mengejeknya. Di cengkraman Monster tersebut, beberapa kali Kakek Tua memberi tahu Gill untuk sadar, tetapi Gill justru tidak menghiraukannya. Kucing yang tampaknya memahami situasi tersebut dengan tergesa-gesa menegur Gill untuk mencoba menyadarinya. Gill secara bertahap menyadari, Monster itu hilang. Tapi Kakek Tua itu tidak bisa diselamatkan.

Kakek Tua itu bukanlah orang tua biasa. Ia mahir membaca isi pikiran orang lain, bahkan tanpa dipaksa. Seseorang yang menjadi lawan bicara Kakek Tua akan dengan senang hati menceritakan banyak hal. Nah, dalam kondisi genting ketika Monster itu muncul, Kakek Tua menyadari bahwa monster itu sebenarnya Gill sendiri.

Ternyata, usut punya usut Gill memiliki penyakit bipolar, yakni semacam kepribadian ganda, dimana saat Gill merasa sangat bahagia, maka sisi gelap itu akan muncul dan marah, yakni merasa iri dengan sisi putih Gill tersebut. Ketika Gill menyadari hal itu, membuatnya merasa sangat bersalah karena kekacauan yang selama ini terjadi dibuat oleh dirinya sendiri.

Dengan kata lain, sekarang Gill hanya perlu berjuang untuk sisi dirinya yang tidak terkendalikan. Seperti pesan dari Kakek Tua sebelum kematiannya, Gill harus belajar mengendalikan Monster yang ada dalam tubuhnya itu. Perjalan hidupnya yang panjang membuat Bibi Gill sekarang jadi petarung hebat.

Review Novel Bibi Gill

Review Novel Bibi Gill

Apakah kamu ingat karakter Bibi Gill muncul di serial novel mana saja? Untuk review novel Bibi Gill kita memang perlu flashback, karakter Bibi Gill ini muncul untuk pertama kalinya dalam buku Selena, salah satu dosen ABTT terbaik yang mengajar mata kuliah Malam dan Misterinya dan juga mengajar di Selena. Terus muncul di buku Si Putih, lebih tepatnya muncul hanya seperti cameo jika dalam istilah film.

Saat N-ou, Si Putih dan Pak Tua memulai perjalanan, saat itulah mereka bertemu Bibi Gill di ruang makan. Bibi Gill muncul beberapa kali dalam buku Selena. Di sana, Selena mengikuti jejak Bibi Gill untuk menjadi seorang pengintai. Setelah dinobatkan satu-satunya siswa Bibi Gill dalam mata kuliah “Malam dan Misteri”. Jadi cerita ini jauh sebelum trio petualang ada, Selena ada ketika Klan Bulan masih primitif.

Dalam buku ini, ceritakan kisah karakter Bibi Gill yang memiliki kepribadian ganda. Bibi Gill memiliki gen kutukan yang tentu membuatnya mampu mengendalikan kebahagiaan. Karena jika terlalu bahagia, kesedihan akan datang kepadanya. Kemudian Bibi Gill berpetualang dengan Si Putih dan Kakek Tua. Petualangan itu hanya untuk menghilangkan kutukan pada dirinya dan membalas kebahagiaan hidupnya masih hilang.

Kelebihan dari buku ini adalah kisah Tere Liye yang selalu terselip ilmu pengetahuan dan salah satu hal yang baru dan unik, Tere Liye menggambarkan karakter Bibi Gill yang memiliki dua kepribadian. Oleh karena itu, pembaca menjadi lebih belajar tentang perbedaan antara ego dan beberapa kepribadian.

Dari novel ini, dapat diambil pembelajaran bahwa menjadi manusia harus mampu mengendalikan diri karena pada dasarnya, setiap orang harus memiliki dua sisi dalam dirinya. Hanya saja, pada saat yang sama, baik dan sisi buruk dapat dikontrol dan dipilih oleh masing-masing dari kita yang ingin menjadi dominan. Dari kisah Bibi Gill ini memiliki pandangan rasa bersyukur, kita dapat memahami kehendak, kelemahan, kelebihan, bahkan hal-hal lain.

Selain itu menyadari untuk tidak mudah menjustifikasi orang lain atau mencari kesalahan orang lain. Mengenali diri sendiri memang menjadi fase sulit bagi setiap orang. Tapi jika sudah berhasil, kita bisa mensyukuri hidup untuk dijalani. Jadi jangan pernah menyerah, terutama untuk mengenal diri sendiri.

Review Novel Bibi Gill

Hal Unik Dari Novel Bibi Gill

1. Cover Buku yang Menarik

Semua desain buku seri Bumi memang bagus. Jika kamu memperhatikan bagian sampulnya, gambar yang ada mencerminkan isi dari rencana petualangan yang akan diadopsi oleh karakter utama.

2. Ada Cerita yang Berkaitan dengan Seri Tere Liye yang Lain

Bagi kamu yang penasaran dengan sosok misterius dari penjaga kantin di ABTT, gurunya Miss Selena, maka kamu harus membaca buku ini. Review Novel Bibi Gill memang tidak bisa lepas dari buku-buku Tere Liye sebelumnya. Setelah membaca buku Selena, pembaca akan dibuat benar-benar penasaran dengan sosok misterius Bibi Gill, yang menyimpan rahasia kehidupan yang tidak biasa.

3. Karakter-Karakter yang Menarik

Dalam buku ini, ada karakter dari Kakek Tua yang ternyata memiliki kekuatan langka yang baru bisa pembaca temukan di seri ini. Tidak kekuatan teknik berdentum, dan bukan juga kekuatan teknik menghilang dan berbagai teknik milik petarung di dunia paralel lainnya. Kekuatan Kakek Tua bahkan tidak dapat dikalahkan oleh salah satu pejuang terbaik di dunia paralel, sebuah kekuatan yang sangat istimewa.

Bahkan Bibi Gill tidak bisa menghindari dan mengalahkan kekuatan besar yang dimiliki oleh Kakek Tua tersebut. Berkat kekuatan dan teknik dari Kakek Tua ini juga kita bisa menemukan sisi brilian dan sisi gelap kehidupan Bibi Gill, yang benar-benar menguras emosi.

4. Bibi Gill Memiliki Tiga Masa Hidup yang Sangat Menyenangkan

Waktu Bibi Gill antara lain saat masa anak-anak, masa perguruan tinggi dan bertemu teman-teman terbaik di ABTT, dan masa bertemu dengan teman-teman masa kecil mereka, menikah dan memiliki anak. Sayangnya, ia bertemu dengan “Penguasa Kegelapan” yang merenggut hal-hal terbaik dalam hidupnya: Kakek Tua, saudara-saudara, sahabat, suami dan anak-anaknya. Dalam buku ini pembaca akan menemukan siapa Monster Kegelapan yang sebenarnya.

5. Menemukan Misteri

Dalam buku ini, kita tahu bahwa di Distrik Malam dan Misterinya adalah nama lingkungan di klan Bulan, di mana Bibi Gill telah datang, tetapi sekarang lingkungan itu telah hilang dari peta. Apa penyebabnya? Pembaca bisa menemukan jawabannya dalam buku ini.

6. Ada Banyak Pengetahuan yang Dapat Diperoleh

Misalnya, penjelasan klan, penjelasan hewan langka di dunia paralel, teknologi pangan dipegang oleh Bibi Gill, sampai penjelasan kepribadian Bibi Gill yang akan pembaca temukan dalam buku ini.

7. Berbeda dari Buku-Buku Sebelumnya

Review Novel Bibi Gill bisa dikatakan lebih gelap dari buku-buku sebelumnya. Tapi tenang, bahkan jika rasanya gelap, penulis selalu menyederhanakan cerita dengan cara yang menarik dan masuk akal, selalu terasa menyenangkan untuk dibaca. Banyak plot twist yang membuat novel Bibi Gill Buku tidak bisa dilewatkan untuk dibaca jika pembaca ingin menemukan hilangnya Raib, Seli, dan Ali di buku Sagaras.

8. Ada Bonus Cerita

Meskipun buku ini adalah kisah seratus persen dari Bibi Gill, tetapi kemudian pembaca mendapatkan bonus dari kisah Raib, Seli dan Ali yang akan membuat pembaca semakin penasaran dan harus bahagia karena ada kabar baik dari karakter yang menyertai petualangan Raib, Seli dan Ali ini.

9. Banyak Hal Unik dalam Sejarah Bibi

Tidak hanya sisi gelap, kesedihan yang bisa pembaca dapatkan, yakni hal-hal unik seperti ketika Bibi Gill tiba di daerah perumahan di Klan Polaris Minor yang memiliki sebutan unik. Mereka suka mendiskusikan gelar yang telah menjadi tradisi panjang di pemukiman tersebut. Misalnya Bibi Gill diberi gelar Manusia yang Datang Dari Langit. Sedangkan Si Putih memiliki banyak julukan, yakni: Yang Selalu Makan Banyak, Yang Imut dan Menggemaskan, yang selalu makan banyak, Si Pengeong Merdu Nan Indah, dan sebagainya.

10. Banyak Petualangan

Dalam semua petualangan dalam buku-buku seri Bumi, termasuk dua belas buku ini, kita akan bertemu penjahat, hewan-hewan kuno yang mau menyerang, dan kita akan berpetualang dengan Bibi Gill menemukan Induk Naga. Sehingga Bibi Gill bisa menjadi penghubung Dengan Naga yang ia cari delapan ratus tahun.

Petualangan itu membuat kekuatan Bibi Gill ini dapat mengatasi “monster” yang telah menghancurkan hidupnya dan mengklaim kebahagiaan orang-orang yang sangat penting dalam hidupnya. Pembaca akan dibuat terkejut ketika tiba di akhir cerita Bibi Gill.

Review Novel Bibi Gill

Nah, itulah review Novel Bibi Gill karya Tere Liye yang masuk dalam serial buku petualangannya yang fenomenal. Apakah Grameds tertarik membaca novel ini? Jika Grameds memang mengikuti petualangan serial Bumi, wajib untuk segera membaca buku ini. Jika belum membaca serial sebelumnya, Grameds bisa akses di koleksi buku Gramedia www.gramedia.com atau versi digitalnya di www.ebooksgramedia.com, selamat membaca. #SahabatTanpabatas

Written by Ananda