in

Urutan Novel Tere Liye Serial Bumi: Petualangan Dunia Paralel

Urutan Novel Tere Liye Serial Bumi – Bagi yang menggeluti pernovelan dalam negeri, tentu tak asing dengan nama Tere Liye. Ia adalah seorang penulis ternama yang berhasil memikat orang-orang untuk membaca karyanya lagi dan lagi. Berbagai karya novelnya yang best seller menjadi bukti yang tidak terelakkan bahwa karyanya diminati oleh pembaca dari berbagai kalangan.

Tidak hanya itu, hal tersebut juga dibuktikan bahwa pada tahun 2017, karya novelnya berhasil mencapai 25.000 hingga 130.000-an eksemplar per judul dan 20 sampai 40 cetak per judulnya. Bisa dibayangkan, betapa luar biasanya pria kelahiran Sumatra ini sukses menyihir para pembacanya dengan berbagai karya tulisnya.

Salah satu karya novel best seller-nya yang banyak diminati oleh masyarakat, khususnya kalangan remaja, yakni Serial Bumi yang merupakan seri petualangan di dunia paralel

Serial Bumi ini terdiri dari 11 novel yang berurutan. Setiap novelnya mempunyai ceritanya masing-masing yang tentunya menakjubkan. Serial novel bergenrekan fantasi ini wajib kalian miliki sebab kalian akan diajak untuk berjelajah dan berpetualang ke dunia paralel bersama ketiga sahabat, yakni Raib, Ali, dan Seli.

Meski novel ini bertemakan fantasi, Tere Liye selaku penulis pun tak lupa untuk menyiratkan berbagai pesan sederhana, seperti makna dari persahabatan, niat yang tulus, membantu terhadap sesama, dan berbagai kebaikan lainnya.

Nah, bagi kalian yang tertarik dan hendak membaca novel dari serial Bumi atau merasa bingung terkait urutan ke-11 novel dari serial ini, berikut dijabarkan urutan novel Tere Liye serial Bumi agar memudahkan kalian dalam membacanya. Simak artikel ini hingga akhir!

1. Bumi (2014)

BUMI
BUMI

tombol beli buku

Novel Bumi adalah buku pertama dari serial Bumi yang diterbitkan pertama kali oleh Penerbit Gramedia Pustaka Utama pada tahun 2014 lalu. Di novel pertama ini tentang awal dari kisah seorang gadis remaja SMA bernama Raib dapat bertemu dengan sosok kurus tinggi, yakni Tamus.

Pada saat itu, makhluk kurus dan tinggi itu tiba-tiba hadir di dalam cermin kamar Raib. Tak hanya itu, banyak berbagai keanehan yang ia alami, sampai akhirnya Raib pun merasakan dan menyadari bahwa dirinya mempunyai kemampuan yang istimewa.

Beberapa peristiwa atau kejadian aneh itu diawali dengan kasus robohnya tower listrik yang berada di belakang sekolahnya, sampai pertemuannya dengan makhluk tidak terduga yang kemudian membawanya ke klan Bulan, yaitu dunia paralel yang kehidupan di dalamnya berdampingan dengan klan Bumi.

Selain itu, memang secara keseluruhan, novel pertama dari serial Bumi ini menceritakan awal pertemuan Raib, Seli, dan Ali yang mana hingga akhirnya mereka bertiga menjadi sahabat yang akan berjelajah dan berpetualang di dunia paralel

Hebatnya, novel Bumi ini tersedia dalam versi bahasa Inggris yang bertajuk Earth.

Penasaran bagaimana awal mula kisah mereka bertiga dapat menjelajahi dunia paralel? Baca novel Bumi dan berpetualang bersama Raib, Seli, dan Ali ke dunia paralel.

2. Bulan (2015)

BULAN
BULAN

tombol beli buku

banner-promo-gramedia

Novel kedua dari serial Bumi, yaitu Bulan. Novel ini pertama kali diterbitkan pada tahun 2015 oleh Penerbit Gramedia Pustaka Utama. Novel setebal 440 halaman ini, kembali mengisahkan terkait pengalaman dari 3 sahabat, yaitu Raib, Seli, dan Ali yang berpetualang dan menjelajahi klan lain, yaitu klan Matahari. Mereka bertiga pergi ke klan Matahari guna menyatukan klan Matahari dengan klan Bulan.

Penjelajahan mereka pada novel kedua serial Bumi ini bermula dari tujuan mereka untuk mempersatukan antara klan Bulan dan klan Matahari. Pada awalnya, penjelajahan mereka semacam perjalanan politik. Akan tetapi, siapa yang mengira bahwa Ali, Seli, dan Raib justru dilibatkan dengan perburuan bunga. Bunga tersebut dapat mengabulkan permintaan orang yang berhasil mendapatkannya saat pertama kali bunga itu mekar.

Penjelajahan mereka amatlah panjang, hingga membawa mereka, yaitu Ali, Raib, dan Seli berjumpa dengan banyak tokoh baru dan berbagai pertarungan yang terjadi antara mereka bertiga dan berbagai tokoh tersebut. Hal itu menjadi sebuah penjelajahan dan petualangan politik menakjubkan yang dilalui oleh mereka.

Sama seperti novel pertama dari serial Bumi, novel kedua juga bisa kalian jumpai dengan versi bahasa Inggris, berjudul Moon. 

Ingin ikut berjelajah ke dunia paralel bersama ketiga sahabat sejati ini? Yuk, baca novel Bulan sekarang juga!

3. Matahari (2016)

MATAHARI
MATAHARI

tombol beli buku

Berikutnya, Matahari merupakan novel ketiga dari serial Bumi yang pertama kali terbit pada tahun 2016 oleh Penerbit Gramedia Pustaka Utama. Novel dengan tebal 390 halaman ini, bukan lagi mengisahkan terkait penjelajahan di klan Matahari, melainkan mengisahkan rasa penasaran Ali terhadap berjelajah ke rahim Bumi sehingga mendapati eksistensi klan lain, yaitu klan Bintang.

Awalnya, Ali hanya penasaran, kemudian membawa kedua sahabatnya, yaitu Raib dan Seli untuk mewujudkan rasa penasaran Ali dengan mengajak mereka berjelajah ke rahim atau perut Bumi. Sampai akhirnya, mereka berhasil menemukan terkait eksistensi klan Bintang.

Novel ini diterbitkan pula ke dalam versi bahasa Inggris, berjudul Sun. 

Tertarik dengan novel ini dan ingin ikut bersama Ali, Raib, dan Seli untuk berjelajah ke klan Bintang? Beli dan baca novel Matahari sekarang juga!

4. Bintang (2017)

BINTANG
BINTANG

tombol beli buku

Novel Tere Liye dari serial Bumi yang keempat ialah berjudul Bintang. Novel dengan tebal 392 halaman ini, pertama kali diterbitkan oleh Penerbit Gramedia Pustaka Utama pada tahun 2017.

Pada novel ini, Ali, Raib, dan Seli masih melanjutkan misinya di klan Bintang. Apa misi yang akan mereka lakukan? Misi yang hendak mereka kerjakan adalah mencoba untuk menyelamatkan manusia yang berada di klan Bumi.

Akan tetapi, yang menjadi permasalahan mereka, yaitu mereka bertiga harus mendapatkan dan melakukan pencegahan pada pasak klan Bumi yang akan segera meledak. Dalam memenuhi tujuan dan misi tersebut, Ali, Raib, dan Seli dihadapkan pada berbagai macam pertarungan dan rintangan yang rumit.

Penasaran dengan pertarungan yang hendak mereka hadapi bersama? Apakah mereka berhasil menemukan pasak dari klan tersebut? Temukan jawabannya dalam novel Bintang!

5. Ceros dan Batozar (2018)

CEROS DAN BATOZAR
CEROS DAN BATOZAR

tombol beli buku

Novel Ceros dan Batozar merupakan novel ke-4 ½ dari serial Bumi. Bisa dikatakan bahwa novel ini adalah spin-off sebelum masuk ke konflik utama. Ceros dan Batozar terbit pada Mei tahun 2018 dengan tebal 376 halaman. Meski masih di dalam seri yang sama, novel Ceros dan Batozar menceritakan kisah yang cenderung berbeda dari sebelumnya. Hal itu karena bukan lagi mengisahkan penjelajahan ketiga sahabat, yakni Raib, Ali, dan Seli di klan Bumi, klan Bulan, maupun klan Matahari. Akan tetapi, mengisahkan dua makhluk berbeda yang sempat mereka jumpai di dalam petualangan di dunia paralel.

Ceros dan Batozar adalah dua part yang berbeda. Ceros merupakan dua makhluk raksasa yang bersembunyi di bawah pada suatu monumen yang cukup terkenal akan historinya. Kedua makhluk itu secara tidak sengaja ditemukan oleh Ali, Raib, dan Seli saat sekolah mereka sedang melakukan tour ke salah satu situs kuno, yaitu Bor-O-Bdur.

Sementara Batozar adalah makhluk kriminal berasal dari klan bulan yang berada dan bersembunyi di klan Bumi. Perjalanan dan petualangan Ali, Seli, dan Raib kali ini, nantinya akan membawa mereka untuk mempelajari metode bertarung yang baru dari Master B alias Batozar.

Penasaran akan pertemuan Ali, Raib, dan Seli dengan Ceros dan Batozar? Baca dan miliki novel ke-4 ½ dari serial Bumi ini dan ikuti petualangan ketiga sahabat di dunia paralel.

banner-promo-gramedia

6. Komet (2018)

KOMET
KOMET

tombol beli buku

Komet adalah novel kelima dari serial Bumi, terbit pada tahun Mei 2018 lalu oleh Penerbit Gramedia Pustaka Utama. Novel dengan tebal 384 halaman ini, masih melanjutkan kisah petualangan dan perjalan ketiga sahabat, yaitu Ali, Raib, dan Seli. Mereka bertiga mendapati sebuah pulau dengan berbagai tumbuhan aneh.

Pulau itu mempunyai nama berdasarkan nama hari, mulai dari hari senin, selasa, rabu, sampai hari minggu. Di sana pula, mereka bersua dengan orang berwajah sama, tetapi berbeda nama pada setiap pulaunya. Aneh bukan? 

Penasaran dengan pulau unik yang mereka bertiga jumpai? Apakah ada pertarungan di dalamnya? Ikuti perjalanan mereka di pulau tersebut tentunya dengan membaca novel Komet ini.

7. Komet Minor (2019)

KOMET MINOR
KOMET MINOR

tombol beli buku

Novel keenam dari serial Bumi, yakni bertajuk Komet Minor. Novel dengan tebal 376 halaman ini, pertama kali diterbitkan pada tahun 2019 lalu. Buku keenam serial Bumi ini mengisahkan petualangan dan perjalanan Raib, Seli, serta Ali dalam menghadapi tokoh antagonis utama, yakni si Tanpa Mahkota di dunia paralel.

Ketika novel Komet Minor ini terbit, banyak pembaca setia yang beranggapan bahwa novel ini merupakan akhir dari serial Bumi. Namun, siapa sangka bahwa cerita di dalam novel ini masih memuat banyak misteri dan teka-teki yang perlu diselesaikan di novel selanjutnya. Terlebih, selepas pertarungan mereka dengan si Tanpa Mahkota.

8. Selena (2020)

SELENA
SELENA

tombol beli buku

Urutan novel ketujuh dari serial Bumi, yakni Selena. Buku setebal 368 halaman ini, berhasil diterbitkan pada Maret tahun 2020 lalu. Bagi kalian yang sudah membaca novel serial Bumi ini, tentu kerap menemui dan tidak asing dengan nama ini. Yap, Miss Selena atau Miss Keriting.

Pada novel ini, tidak mengisahkan perjalanan Ali, Seli, dan Raib. Sesuai dengan judulnya maka novel ini hendak menceritakan terkait Miss Selena yang merupakan guru Matematika di sekolah mereka.

Akan tetapi, ternyata Miss Selena atau Miss Keriting ini juga seorang petarung hebat yang berasal dari klan Bulan. Di dalamnya menceritakan awal mula perjalanan hidup Miss Selena, mulai dari masa remaja sampai berhasil masuk dan lolos Akademi Bayangan Tingkat Tinggi (ABTT). Hingga kemudian dirinya bertemu dengan Mata dan Tazk.

Mata dan Tazk adalah dua orang yang sudah ditakdirkan untuk menjadi sahabat sejati Miss Selena. Mata merupakan teman sekamar Miss Selena yang berasal dari kawasan sungai jauh dan mempunyai teknik bertarung yang luar biasa. Ia juga seorang putri keturunan murni. Sementara Tazk merupakan mantan boyband yang mempunyai kebolehan dalam memimpin dengan baik. Mereka bertiga bagaikan tiga serangkai yang sukar untuk dipisahkan.

Penasaran akan berbagai perjalanan hidup yang dihadapi Miss Selena hingga lolos Akademi Bayangan Tingkat Tinggi dan bertemu kedua sahabatnya itu? 

Baca kisah Miss Selena selengkapnya, tentu di novel ketujuh dari serial Bumi yang bertajuk Selena ini.

9. Nebula (2020)

NEBULA
NEBULA
banner-promo-gramedia

tombol beli buku

Nebula adalah novel kedelapan dari serial dunia paralel yang memang terbit berbarengan dengan novel Selena, yakni pada tahun Mei 2020 lalu. Novel ini mengisahkan kehidupan Miss Selena selama berada di Akademi Bayangan Tingkat Tinggi (ABTT). Selena tidak sendiri, di dalam novel ini akan ada Mata dan Tazk yang andil dalam kisah Selena.

Kemudian, di dalam novel ini, Selena harus mencari petunjuk dan mengunjungi ke berbagai lokasi untuk menemukan segala jawaban atas misi yang diberikan oleh makhluk jahat yang kerap mengancamnya.

Hingga Selena berjelajah ke klan Nebula guna mencari Cawan Abadi yang diperintahkan Tamus, yakni makhluk jahat yang sering mengancam Selena. Di dalam novel Nebula juga akan terkuak mengenai misteri siapa sesungguhnya orang tua dari Raib.

Tak hanya itu, di novel ini persahabatan mereka bertiga, yakni Selena, Tazk, dan Mata akan diuji.

Lantas, Bagaimakah kisah antara persahabatan mereka? Apakah yang sebenarnya terjadi? Bagaimana Selena memecahkan teka-teki dari Cawan Abadi? Lalu, bagaimana kehidupan di klan Nebula dan apa istimewanya klan ini?

Temukan berbagai pergolakan yang terjadi di klan ini dengan membaca novel Nebula.

10. Si Putih (2021)

SI PUTIH
SI PUTIH

tombol beli buku

Novel urutan kesembilan dari serial Dunia Paralel, yakni bertajuk Si Putih. Novel ini berhasil diterbitkan pada tahun 2021. Bagi pecinta serial Bumi dan mengikuti dari buku pertama, pastinya kalian tahu dengan hewan kesayangan milik Raib, yakni Si Putih.

Sesuai dengan judulnya, novel ini tentu akan membahas Si Putih, kucing kesayangan Raib. Kucing yang pada saat itu berada di depan pintu rumahnya sebagai hadiah hari kelahiran Raib. Akan tetapi, siapa yang mengira bahwa Si Putih mempunyai ceritanya tersendiri akan masa lalunya yang tak kalah menarik.

Selain itu, di novel ini pun akan ada petualangan di klan baru bersama berbagai tokoh yang baru pula. Kemudian, akan diketahui pandemi yang merepotkan penduduk di klan-klan jauh.

Penasaran akan kilas balik dari Si Putih? Apa sebenarnya yang terjadi pada Si Putih dengan masa lalunya? Baca novel Si Putih dan ikut berpetualang di klan baru bersama tokoh-tokoh baru.

11. Lumpu (2021)

LUMPU
LUMPU

tombol beli buku

Lumpu merupakan novel urutan kesepuluh dari serial Bumi Dunia Paralel. Novel ini terbit pertama kali pada bulan tahun 2021 oleh penerbit Gramedia Pustaka Utama. Novel ini menceritakan terkait kehidupan musuh dari masa lalu, rumornya makhluk itu telah menyimpan dendam pada Miss Selena selama kurang lebih 17 tahun.

Kemudian, ada hal yang menjadi awal petualangan bagi Raib, Ali, dan Seli ke berbagai tempat, seperti klan Bulan, klan Matahari, klan Bintang, situs Bor-O-Bdur, klan Komet, serta klan Komet Minor.

Dalam novel Lumpu ini, mereka hendak berpetualang kembali dengan kapsul terbang, yakni ILY yang telah diciptakan oleh Ali si genius. Tujuannya adalah mereka akan mengunjungi klan Nebula guna menyelamatkan Miss Selena dari Lumpu.

Lalu, kabarnya, klan Nebula adalah gerbang menuju klan Aldebaran, yakni tempat berasalnya orang-orang yang memiliki kekuatan. Tempat tersebut yang akan memulai peradaban manusia.

Bagaimana perjuangan Raib, Ali, dan Seli dalam menyelamatkan Miss Selena? Apakah mereka mampu menaklukkan kekuatan dari Lumpu? Sebenarnya, apa yang terjadi antara Miss Selena dan Lumpu di masa lalu? Baca kisah selengkapnya tentunya di novel Lumpu

Itulah Urutan Novel Tere Liye Serial Bumi. Apabila Grameds tertarik dan ingin mencari novel karya Tere Liye lainnya ataupun mencari buku pengetahuan, tentu kalian bisa temukan, beli, dan baca bukunya di Gramedia.com dan Gramedia Digital karena Gramedia senantiasa menjadi #SahabatTanpaBatas bagi kalian yang ingin menimba ilmu.

Semoga artikel ini bisa menambah wawasan kalian, ya!

Penulis: Tasya Talitha Nur Aurellia

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Tasya Talitha