in

25 Ide Nama Kucing Betina Islam yang Baik Beserta Artinya

Nama Kucing Betina Islam – Kucing (dalam hal ini disebut dengan kucing rumah atau domestik) memiliki nama ilmiah, yaitu Felis catus atau Felis silvestris catus, merupakan mamalia karnivora yang berasal dari keluarga Felidae. Kata “kucing” sering kali merujuk kepada kucing yang telah jinak, tetapi dapat juga merujuk kepada “kucing besar”, yaitu harimau dan singa.

Kucing telah bercampur dengan kehidupan sehari-hari manusia paling tidak sejak 5.000 tahun Sebelum Masehi (SM), dengan adanya penemuan kerangka kucing yang berada di Pulau Siprus. Sementara itu, orang Mesir Kuno telah memakai kucing untuk menghalau hewan pengerat dari lumbung panen sejak 3.500 SM.

Saat ini, kucing merupakan hewan peliharaan paling populer di dunia. Kucing pure breed (memiliki garis keturunan asli) adalah siam, persia, sphinx, dan manx. Pengembangbiakan kucing-kucing tersebut sering kali dilakukan di tempat pemeliharaan hewan resmi. Jumlah kucing ras hanyalah 1% dari seluruh kucing di seluruh dunia, sedangkan sisanya merupakan kucing dengan keturunan campuran seperti kucing kampung dan liar.

Karakteristik Kucing

Nama Kucing Betina Islam
Sumber: Pixabay

Kucing rumah atau peliharaan merupakan salah satu predator terhebat di dunia. Kucing tersebut bisa membunuh maupun memakan beberapa ribu spesies, sedangkan kucing besar hanya kurang dari 100.

Namun, dikarenakan ukurannya yang relatif kecil, kucing tidak terlalu berbahaya bagi manusia. Satu-satunya bahaya yang dapat muncul adalah kemungkinan terjadinya infeksi rabies yang diakibatkan oleh gigitan kucing atau cakaran dari kuku kucing yang sangat tajam dan menyakitkan.

Keberadaan kucing dapat berakibat fatal bagi suatu ekosistem yang bukan tempat tinggal naturalnya. Kucing dalam beberapa kasus berperan dan mengakibatkan kepunahan spesies lain. Kucing menyerang dan melumpuhkan mangsanya dengan cara yang serupa dengan harimau dan singa, yaitu menggigit leher mangsanya dengan menggunakan gigi taring yang tajam, sehingga melukai saraf tulang belakang atau mengakibatkan mangsanya kehabisan napas.

Kucing juga dapat dianggap sebagai “karnivora yang sempurna” karena memiliki gigi dan saluran pencernaan khusus. Gigi premolar dan molar pertama di mulutnya dapat menciptakan sepasang taring yang bekerja efektif seperti halnya gunting untuk menyayat daging. Ciri khas itu sebenarnya juga dimiliki oleh famili Canidae atau anjing, tetapi berkembang lebih baik di kucing.

Kucing peliharaan yang berada di dalam rumah harus diberikan kotak kotoran yang berisi pasir atau bahan spesifik yang dijual di berbagai toko hewan peliharaan. Selain itu, hewan ini juga memerlukan tempat khusus untuk mencakar agar kukunya tetap tajam dan terjaga kesehatannya. Tidak adanya tempat khusus tersebut akan mengakibatkan kucing merusak banyak perabotan rumah tangga.

Kucing sering kali memperlihatkan perilaku khas ketika memilih makanan. Hal tersebut disebabkan mereka mempunyai organ penciuman khusus yang berada di langit-langit mulutnya, yang disebut dengan organ vomeronasal atau Jacobson. Ketika organ tersebut terstimulasi oleh suatu tipe makanan tertentu, kucing akan menolak selain makanan itu.

Kucing bisa melihat dalam cahaya yang sangat terang. Mereka memiliki selaput pelangi atau iris yang membentuk celah di matanya dan akan menyempit. Namun demikian, penyempitan tersebut juga dapat mengurangi bidang penglihatannya.

Sementara itu, kucing yang berada di lingkungan dengan sedikit cahaya memiliki suatu organ yang disebut dengan tapetum lucidum. Organ ini yang mengakibatkan mata kucing berwarna-warni ketika difoto dengan menggunakan blitz.

The Architecture of Love | Di balik Pena

Seperti predator lainnya, kedua mata kucing menghadap ke depan yang menghasilkan persepsi jarak dan mengurangi intensitas bidang pandang. Namun, mata kucing mempunyai persepsi trikomatik yang lemah. Ketika cahaya yang ada terlalu sedikit untuk melihat, kucing akan memakai “kumis” atau misainya untuk membantunya dalam menentukan arah dan menjadi alat indra tambahan.

Suara kucing dalam ditulis dengan “meong” (bahasa Indonesia), “miaow” (bahasa Inggris), “miaow” (bahasa Prancis), dan “miau” (bahasa Jerman). Suara “meong” kucing mempunyai berbagai pengertian tergantung dari pengucapan si kucing. Kucing juga bisa mengeluarkan suara seperti dengkuran yang disukai oleh manusia. Inilah yang menyebabkannya dapat mengeluarkan dengkuran dan mengeong bersamaan karena bukanlah suara vokal.

Umumnya, semua daun telinga yang dimiliki kucing berbentuk tegak. Tidak seperti anjing, kucing yang memiliki telinga terlipat sangat jarang ditemukan. Salah satu tipe kucing dengan mutasi genetik yang langka ini adalah Jenis Scottish Fold.

Ketika sedang marah atau takut, daun telinga kucing tipe ini akan terlipat ke bagian belakang dan si kucing mengeluarkan suara mendesis atau menggeram. Saat mendengar suatu suara, daun telinganya akan bergerak ke arah sumber suara; dapat mengarah ke depan, samping, dan seolah menoleh ke belakang.

Kucing tergolong ke dalam hewan yang bersih. Mereka merawat diri dengan cara menjilati rambutnya. Saliva yang ada di dalam mulutnya merupakan pembersih yang baik, tetapi dapat mengakibatkan alergi pada manusia. Kucing kadang kala memuntahkan gulungan rambut yang terkumpul di dalam perutnya.

Kucing menyimpan energinya dengan cara lebih sering tidur dibandingkan hewan lainnya. Durasi tidur kucing bermacam-macam, yaitu antara 12–16 jam per hari dengan angka rata-rata sekitar 13–14 jam, tetapi tidak jarang dijumpai kucing yang tidur hingga 20 jam dalam sehari.

Kumpulan Nama Kucing Betina Islam

Nama Kucing Betina Islam
Sumber: Pixabay.

Memelihara kucing memang mengasyikkan. Ketika kalian hendak memelihara kucing, pastinya memberikan nama merupakan salah satu hal yang perlu dilakukan. Bagi kalian yang bosan memanggilnya dengan nama-nama yang itu saja, ada bermacam-macam nama unik dan antimainstream yang cocok untuk kucing kesayangan.

Nah, bagi kalian yang sedang mencari inspirasi nama untuk kucing betinamu, nama bernuansa Islam-Arab bisa dijadikan sebagai pertimbangan. Berikut ini daftar nama kucing betina Islam-Arab dan artinya, unik dan antimaintsream, serta bisa menjadi pertimbangan.

1. Asha

Asha merupakan nama yang berasal dari bahasa Arab, yang memiliki pengertian “kehidupan”. Kucing yang diberikan nama ini diharapkan agar selalu sehat dan berusia panjang.

2. Abia

Abia merupakan nama yang dapat dipakai untuk kucing betina. Arti kata Abia adalah “hebat” atau “agung”.

3. Ambreen

Ambreen merupakan nama Islami yang sangat lucu dan menggemaskan jika digunakan untuk kucing kesayanganmu. Arti dari nama Ambreen adalah “langit”.

4. Annesa

Nama Annesa juga bisa menjadi alternatif untuk memberikan nama kucing betina Islam. Nama tersebut mengandung kesan manis dikarenakan mempunyai pengertian “teman yang baik”.

5. Inaya

Nama kucing betina Islami berikutnya adalah Inaya. Arti dari nama tersebut, yaitu “kepedulian” dan “perhatian”.

6. Jarrah

Jarrah memiliki arti yang unik, yaitu “kapal”. Nama tersebut sangat tepat dipakai untuk kucing yang bertubuh besar.

7. Alzan

Nama kucing betina Islami yang berikutnya adalah Alzan. Nama ini mengandung arti “wanita”, sehingga dapat dijadikan sebagai identitas untuk kucing betinamu.

8. Izaan

Izaan merupakan nama kucing betina Islami yang mempunyai pengertian “ketaatan”. Dengan memberikan nama ini, diharapkan kucing kesayanganmu akan menjadi lebih penurut.

9. Nada

Nama Nada di sini tidak berkaitan dengan suara, tetapi memiliki pengertian “harapan”. Nama ini dapat menjadi atribut penyemangat untuk si kucing dalam menjalani kehidupannya.

10. Talia

Talia dalam bahasa Arab memiliki pengertian “embun surga”. Kucing betina yang mempunyai nama tersebut diharapkan menjadi penghibur bagi pemiliknya ketika sedang dilanda kesedihan.

11. Saina

Saina merupakan nama kucing betina Islami yang memiliki pengertian “feminin”. Saina cocok dipakai untuk kucing yang mempunyai aura anggun dan cantik.

12. Zara

Zara memiliki pengertian “luar biasa” atau “berkedudukan tinggi”. Zara juga mengandung pengertian terang seperti fajar.

13. Matina

Matina merupakan nama kucing betina Islam yang mengandung pengertian baik. Arti dari Matina itu sendiri adalah “kuat”. Nama tersebut cocok disematkan kepada kucing yang sering aktif bergerak.

14. Mauza

Nama kucing Islami yang berikutnya adalah Mauza. Mauza memiliki pengertian “kebaikan”, sehingga nama tersebut dapat menjadi doa agar kucing betinamu memiliki kepribadian yang baik.

15. Kaia

Jika kucing betina milikmu memiliki sifat tenang atau tidak agresif, Kaia dapat dijadikan sebagai nama alternatif untuk kucing tersebut. Kaia itu sendiri mempunyai pengertian “laut”.

16. Rashiqa

Rashiqa mempunyai pengertian “anggun”. Jika kucing betinamu tidak begitu aktif, nama ini bisa dijadikan pilihan yang tepat untuk digunakan.

17. Muthi’ah

Apakah kucing betina di rumahmu mempunyai sifat penurut? Jika demikian, Muthi’ah merupakan nama yang cocok untuk diberikan. Lebih dari itu, Muthi’ah juga menjadi doa tersendiri bagi si kucing agar mempunyai sifat penurut kepada pemiliknya.

18. Latifah

Latifah berarti “lembut”. Nama tersebut bisa dijadikan inspirasi jika si kucing mempunyai bulu-bulu yang halus dan lembut.

19. Aleaza’

Bagi sebagian besar pemiliknya, kucing merupakan hewan peliharaan yang dapat memperbaiki suasana hati dan perasaan. Hal itu sesuai dengan nama Aleaza’ yang memiliki pengertian “pelipur lara”.

20. Nashita

Nashita cocok diberikan kepada kucing betina yang bergerak aktif. Sesuai dengan artinya, Nashita bermakna “aktif”. Nama tersebut sesuai untuk kucing yang tidak dapat diam.

21. Mahira

Selain penurut, sebagian kucing juga membuat kagum para pemiliknya dengan kepintarannya. Bukan dalam hal intelektualitas layaknya manusia, kepintaran kucing sering kali ditunjukkan melalui tingkah laku yang menggemaskan. Inilah yang membuat nama Mahira menjadi pilihan untuk kucing yang mempunyai gelagat pintar.

22. Asdiqa

Tak jarang, pemilik juga beranggapan jika kucing merupakan teman, bahkan menjadi bagian dari keluarga. Dengan demikian, nama Asdiqa cocok diberikan kepada kucing betina peliharaan. Ini dikarenakan nama Asdiqa berarti “teman”.

23. Mudhika

Mudhika mempunyai pengertian “lucu”. Nama tersebut sesuai dengan sifat kucing yang lucu dan menggemaskan.

24. Qatan

Qatan menjadi nama yang sesuai untuk merepresentasikan bulu kucing yang lembut seperti kapas. Ini dikarenakan Qatan berarti “kapas”.

25. Dafi

Selain dapat memperbaiki suasana hati, kucing juga dapat menghangatkan hati pemiliknya. Untuk itulah, nama Dafi cocok digunakan karena memiliki pengertian “menghangatkan”.

Demikian pembahasan kita tentang karakteristik kucing hingga nama kucing betina Islam. Jika ingin mengetahui lebih banyak tentang kucing, maka kamu bisa membaca buku tentang kucing yang bisa didapatkan di gramedia.com.

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Rekomendasi Buku dan E-Book Terkait Nama Kucing Betina Islam

1. Panduan Lapangan Kucing-Kucing Liar di Indonesia

Nama Kucing Betina Islam

Kucing rumah yang telah menjadi binatang domestik merupakan hewan yang sangat dekat dengan manusia. Dia bisa masuk ke kamar kita dan dengan mudah berinteraksi dengan manusia. Namun, bagaimana dengan kucing liar di Indonesia? Indonesia telah kehilangan dua subspesies kucing besar yang ada di alam, yaitu harimau jawa dan harimau bali. Keadaan ini mengindikasikan kurangnya perhatian kita dalam konservasi satwa liar yang rentan akan kepunahan tersebut.

Mengapa? Minimnya pengetahuan dan informasi juga turut andil dalam berkurangnya atau  punahnya kucing-kucing liar di Indonesia. Tidak dipungkiri, banyak orang hanya mengenal beberapa jenis saja, padahal masih terdapat jenis-jenis kucing liar lainnya, seperti macan dahan, kucing emas, dan kucing hutan. Buku ini menjelaskan tentang berbagai jenis kucing liar yang hidup dan tersebar di beberapa pulau di Indonesia.

2. Kucing Keren Zaman Now!

Cara Membedakan Kucing Jantan dan Betina

Kucing merupakan satu di antara hewan piaraan yang populer di masyarakat. Memelihara hewan ini merupakan hal yang cukup mengasyikan karena memiliki sifat mudah bersahabat dengan manusia. Ada banyak ras kucing yang dijadikan hewan piaraan, seperti Persia, Angora, British Shorthair, Scottish Fold, Munchkin, dan lainnya. Kebanyakan orang memelihara kucing hanya sekadar hobi untuk mengisi waktu luang. Namun, ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari memelihara kucing di rumah, baik secara fisik maupun mental.

Kucing bisa membuat kalian lebih aktif di rumah dan tidak sekadar bermalas-malasan. Pada pagi hari, kalian tidak hanya menyiapkan sarapan untuk diri sendiri, tetapi juga untuk kucing peliharaan. Belum lagi jika kalian harus membersihkan kotoran atau kekacauan yang dibuat hewan imut ini di dalam rumah. Kadang menyebalkan, tetapi kehadiran kucing peliharan juga membuat kalian menjadi lebih rileks dan gembira ketika berada di rumah.

Buku yang berjudul Kucing Keren Zaman Now! karya Eny Pujiastuti ini membahas tentang ragam kucing ras dan teknik perawatannya, serta prospek bisnis perawatan, makanan, dan semua aksesoris untuk kucing. Tren kucing ras di tanah air kian meningkat. Itu terlihat dari tumbuhnya cattery (tempat penangkaran kucing) dan maraknya kontes kucing ras di berbagai kota. Dalam kurun 2005 hingga 2016, sudah ada lebih dari 10 kucing ras introduksi selain persia beredar di kalangan penghobi. Masing-masing jenis kucing ras itu memiliki keunikan dan karakter tersendiri.

3. Solusi Permasalahan Kucing

Memelihara kucing itu dapat dikatakan gampang-gampang susah, terlebih saat harus menghadapi berbagai persoalan dalam perawatannya, seperti penyakit kulit, hama kutu, bulu yang rontok, serta  masalah birahi dan beranak.

Buku berjudul Solusi Permasalahan Kucing ini membahas mengenai tip pemeliharaan kucing sesuai dengan konsep animal welfare (cara memilih, merawat, dan melatih kucing), memahami bahasa tubuh kucing, pemberian pakan yang tepat, dan tip mempersiapkan kelahiran atau membiakkan dan mengikutkan ke kontes.

Buku ini juga dapat dijadikan sebagai pegangan bagi pemula untuk mengenal lebih jauh tentang kucing. Memelihara kucing sangat baik bagi anak-anak untuk melatih merespons dan tanggung jawabnya. Memelihara kucing sangat baik bagi orang tua untuk menemani agar tidak merasa kesepian. Kucing paling suka diajak bermain dan bercanda. Oleh karena itu, kucing banyak dipilih sebagai sahabat di rumah. Sosoknya yang ramah, cerdas, dan bersahabat menjadikan kucing sebagai hewan peliharaan yang menyenangkan.

Tampilan dan perilakunya memang menggemaskan. Hampir semua orang menggemari hewan yang lucu ini. Ditambah lagi, memelihara kucing sudah menjadi bagian dari gaya hidup modern. Namun, sudah siapkah kalian menjadi pemilik kucing yang bertanggung jawab? Sudah idealkah lingkungan kalian sebagai rumah baru bagi kucing?

Buku ini menawarkan panduan ideal mengenai semua hal yang diperlukan oleh kucing kalian, terutama untuk pemula, mulai dari rahasia bahasa tubuh kucing, tip perawatan, sampai tip kunjungan ke dokter hewan dibahas secara rinci.

Kalian juga dipersiapkan untuk mampu menangani proses kelahiran kucing. Ini dikarenakan kucing ras yang bersertifikat maupun adopsi dari jalanan membutuhkan kasih sayang dan ketelatenan dalam pemeliharaannya agar dapat menjalani hidup dengan sehat, cantik, dan bahagia.



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Novi Veronika

Saya semakin mencintai dunia menulis ini karena membuat saya semakin bisa mengembangkan ide dan kreativitas, serta menyalurkan hobi saya ini. Selain hal umum, saya juga menyukai tulisan tentang pendidikan dan juga administrasi perkantoran.