in

5 Manfaat Bengkuang Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Bengkuang Bagi Kesehatan Tubuh – Bengkuang atau yang biasa disebut dengan bengkoang merupakan salah satu jenis buah atau umbi-umbian yang berasal dari Amerika Selatan dan Amerika Tengah dengan nama latin pachyrrhizus erosus. Akan tetapi, bengkuang ini juga cukup populer loh di Indonesia.

Bengkuang sudah tidak asing dalam jenis buah-buahan yang biasa dikonsumsi sehari-hari oleh masyarakat Indonesia. Beraneka ragam jenis olahan yang menggunakan bengkuang di dalamnya sudah banyak kita temukan, seperti asinan, rujak, jus, sop buah, dodol buah, es krim buah, salad buah, puding buah, cake buah, dan lain sebagainya.

Olahan bengkuang sudah biasa dikonsumsi sehari-hari oleh masyarakat Indonesia sebagai dessert, camilan, penambah asupan makanan atau bahan masakan hingga digunakan sebagai masker yang memiliki manfaat dapat mencerahkan kulit wajah.

Tidak hanya itu, bengkuang juga memiliki banyak sekali kandungan gizi di dalamnya, seperti 85,1 gram air, 59 kalori, 1,4 gram protein, 0,2 gram lemak, 12,8 gram karbohidrat, 1 gram serat, 0,5 gram abu, 15 mg kalsium, 18 mg fosfor, 0,6 mg zat besi, 2 mg natrium, 244,3 mg kalium, 0,1 mg tembaga, 0,3 mg seng (zinc), 0,04 mg vitamin B1, 0,1 mg vitamin B2, 0,2 mg niacin, dan 20 mg vitamin C.

Selain beberapa kandungan gizi yang telah disebutkan di atas, bengkuang juga memiliki beberapa kandungan jenis vitamin dan mineral yang lain, seperti mangan, selenium, folat, magnesium, vitamin E, vitamin B5, vitamin B6, tiamin, asam pantotenat, dan riboflavin.

Adapun, kandungan gizi penting lainnya yang terdapat pada bengkuang, yakni fitonutrien atau phytonutrient yang dihasilkan dari tanaman dengan manfaat yang dimilikinya dapat menjaga kesehatan tubuh hingga menyembuhkan suatu penyakit. Fitonutrien juga diketahui memiliki kandungan antioksidan yang baik bagi kesehatan di dalam tubuh kamu.

Nah, grameds telah mengetahui beberapa informasi tentang bengkuang dan kandungan gizi, nutrisi, mineral, dan jenis-jenis vitamin yang terkandung di dalamnya melalui ulasan pada artikel di atas. Selanjutnya yang tidak kalah penting lainnya, yaitu beberapa manfaat bengkuang bagi kesehatan tubuh kamu.

Apa saja beragam manfaat bengkuang bagi kesehatan di dalam tubuh yang sudah biasa dikonsumsi sehari-hari oleh masyarakat Indonesia ya?

Simak hingga akhir artikel di bawah ini ya grameds!

Berikut ini adalah 5 manfaat bengkuang bagi kesehatan tubuh yang belum kamu ketahui, antara lain sebagai berikut.

1. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Bengkuang memiliki kandungan vitamin C sekitar 40 persen pada setiap 100 gram buah bengkuang yang baik bagi kesehatan tubuh. Asupan vitamin C di dalam tubuh dapat memiliki peran yang penting dalam menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh kamu. Apabila sistem imun atau kekebalan tubuh semakin meningkat, maka tubuh tidak akan mudah terserang oleh virus, bakteri, ataupun jamur yang dapat mengakibatkan suatu penyakit.

Tidak hanya itu, vitamin C yang terdapat di dalam kandungan bengkuang juga memiliki zat antioksidan alami yang mampu dalam memerangi radikal bebas yang merupakan suatu akar dari adanya berbagai penyakit kronis.

Di dalam buku ini kamu akan menemukan berbagai nutrisi yang kita butuhkan untuk menambah kekuatan imunostimulan, digabung dengan makanan dan pengaturan diet yang tepat. Selain itu, disertai dengan olahraga yang dapat kamu lakukan di rumah sehingga dapat mengelola tingkat pada stres menjadi lebih baik. Jika tingkat stres dapat dikelola dengan baik, maka sistem kekebalan tubuh atau imunitas akan meningkat sehingga semakin rentan terkena patogen (virus, bakteri, parasit, dan jamur) yang menyerang pada tubuh.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Bengkuang memiliki manfaat bagi kesehatan jantung dalam berbagai cara dalam menanganinya. Kandungan antioksidan yang terdapat di dalam jenis buah atau umbi-umbian satu ini ternyata dipercaya dapat melawan adanya radikal bebas dan mengurangi peradangan, termasuk di dalamnya yaitu penyakit jantung.

Selain itu, kandungan serat yang ada di dalam bengkuang juga dapat membantu dalam menurunkan peradangan, seperti tekanan darah atau kadar kolesterol jahat (LDL).

Adapun, kandungan kalium di dalam bengkuang yang juga dapat mengontrol tekanan darah tersebut. Dengan begitu, beberapa kandungan bengkuang tersebut dapat membantu dalam menjaga kesehatan penyakit jantung yang sedang kamu alami.

3. Menurunkan Risiko Kanker

Beberapa kandungan di dalam bengkuang, seperti selenium, vitamin C, antioksidan, vitamin E, dan senyawa lainnya juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh dalam menurunkan atau mencegah adanya risiko pada penyakit kanker. Seperti diketahui bahwa kandungan antioksidan dapat memerangi atau menangkal adanya radikal bebas serta mencegah kerusakan pada sel yang mengakibatkan adanya beberapa penyakit kronis.

Dengan demikian, beberapa kandungan tersebut dapat juga membantu dalam menghambat proses pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh. Selain itu, terdapat juga kandungan inulin di dalam bengkuang yang dapat berperan dalam mengurangi jenis risiko kanker tertentu, utamanya kanker usus besar.

4. Meningkatkan Sistem Saluran Pencernaan

Tidak hanya sayur-sayuran yang memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh, mengkonsumsi buah bengkuang juga bisa membantu dalam meningkatkan proses pada sistem saluran pencernaan karena memiliki kandungan gizi yang kaya akan serat. Diketahui bahwa kandungan serat di dalam bengkuang cukup tinggi. Bahkan salah satu sumber penelitian menyatakan bahwa dengan mengkonsumsi satu buah bengkoang dapat membantu dalam memenuhi seperempat kebutuhan serat harian.

Adapun, kandungan serat di dalam bengkuang telah terbukti secara baik dalam membantu proses pada sistem saluran pencernaan di dalam tubuh. Kandungan ini dapat meningkatkan proses pada massa feses hingga melembutkannya sehingga kamu akan terhindar dari suatu penyakit, seperti sembelit.

Kamu tidak perlu khawatir ya grameds jika mengalami masalah pada sistem saluran pencernaan di dalam tubuh. Karena salah satu rekomendasi buku yang satu ini akan memberikan informasi bagaimana langkah pertama dalam mengatasi masalah pencernaan tersebut. Jadi tidak perlu lagi bingung apabila bengkuang belum dapat mengatasi permasalahan pada proses di dalam sistem saluran pencernaan.

5. Menurunkan Berat Badan

Bengkuang merupakan salah satu jenis buah-buahan yang memiliki kandungan akan rendah kalori. Maka dari itu, bengkuang dapat dikonsumsi sehari-hari sebagai salah satu solusi dalam menurunkan berat badan pada tubuh kamu.

Selain itu, kandungan serat di dalam bengkuang juga bisa meningkatkan adanya rasa kenyang sehingga hal ini dapat membantu dalam menjaga asupan pola makan kamu agar tidak berlebihan. Dengan begitu, bengkuang dapat dijadikan sebagai salah satu cemilan pilihan sekaligus solusi dalam menurunkan berat badan tubuh kamu.

Kamu juga bisa mencoba gaya hidup sehat dengan membaca salah satu rekomendasi buku yang satu ini tentang bagaimana “gaya hidup enak menurunkan berat badan langsung langsing” karya Dr. Hans Tandra, Sppd-Kemd.

Nah, itulah pembahasan pada satu artikel ini tentang beberapa manfaat bengkuang yang baik bagi kesehatan tubuh. Kamu dapat terus mengkonsumsi bengkuang sebagai salah satu pilihan atau solusi setiap harinya secara rutin agar terhindar dari beberapa penyakit di atas.

Baca Juga:

Seperti diketahui bahwa bengkuang memiliki beragam kandungan di dalamnya yang dapat menjaga kesehatan tubuh agar tidak mudah terserang suatu penyakit. Semoga setelah membaca artikel ini grameds bisa mendapatkan wawasan dan pengetahuan lebih tentang manfaat bengkuang yang baik bagi kesehatan tubuh yang belum kamu ketahui.

Jika grameds memiliki ketertarikan untuk mencari manfaat bengkuang atau jenis buah-buahan lainnya yang baik bagi kesehatan tubuh kamu bisa mencari referensi buku-buku terkait yang hanya tersedia di website Gramedia.com yang siap menjadi #SahabatTanpaBatas dalam menemani kamu dalam berkembang dan melangkah maju setiap harinya. Selamat belajar dan semoga bermanfaat ya!

Penulis: Elsya Islamay



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Elsya Islamay