in

Ide Dekorasi Ulang Tahun Remaja Kekinian Saat Pandemi

Juliescribbles.

Dekorasi Ulang Tahun Remaja Kekinian – Ulang tahun adalah hari kelahiran seseorang yang menandai hari dimulainya kehidupan di luar rahim. Dalam beberapa kebudayaan, memperingati ulang tahun seseorang biasanya dirayakan dengan mengadakan pesta ulang tahun bersama keluarga dan/atau teman. Hadiah sering diberikan kepada orang yang merayakan ulang tahun. Pada saat seseorang ulang tahun, sudah menjadi kebiasaan untuk memperlakukan seseorang secara istimewa pada hari ulang tahunnya.

Secara harfiah, ulang tahun adalah pertambahan usia. Tidak hanya bertambah secara angka, sifat dan kepribadian juga harus seirama. Walau kedewasaan seseorang tidak ditentukan dengan angka, tetapi sudah seharusnya untuk belajar dari pengalaman sebelumnya. Dengan demikian, ulang tahun tidak hanya soal angka yang bertambah satu, tetapi diiringi juga dengan bertambahnya kebijaksanaan, kedewasaan, dan pengendalian diri.

Ulang tahun pada masa remaja sepertinya menjadi salah satu pengalaman tak terlupakan, apalagi ketika mereka menginjak usia 17 tahun atau dikenal dengan sweet seventeen. Untuk itulah, mencari tahu ide dekorasi ulang tahun remaja yang kekinian tidaklah mudah. Hal ini disebabkan karena usia mereka sedang menuju dewasa. Tentu saja cara berpikirnya juga agak sedikit sulit.

Sebagai orang tua kita perlu memahami sesuatu yang diinginkannya, terutama jika anak perempuan biasanya lebih detail terhadap keperluan untuk ulang tahun, mulai dari penentuan warna dekorasi, busana ulang tahun, menu makanan, lokasi acara, serta tamu undangan. Berbanding terbalik dengan anak laki-laki yang umumnya menyukai sesuatu yang simpel dan praktis.

Nah, bagi kalian yang sedang mencari ide dekorasi ulang tahun remaja kekinian, simak beberapa ide yang diberikan oleh Gramedia di bawah ini!

Ide Dekorasi Ulang Tahun Remaja Kekinian

Dekorasi biasanya menjadi hal yang paling utama jika kita ingin memberikan kejutan kepada sang anak pada hari ulang tahunnya. Tidak perlu dekorasi yang mewah, asalkan cukup memberikan desain yang sederhana akan memberikan makna yang mendalam bagi dirinya. Selain itu, penting juga perencanaan dekorasi tersebut tidak membuat kita kesulitan dalam membagi waktu untuk mengurus konsumsi, kue, kado, dan masih banyak lagi.

Penting pula untuk diketahui bahwa kita tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk menyewa lokasi acara ulang tahun, bahkan bisa dari rumah saja, apalagi alangkah lebih aman dan nyaman menyelenggarakan acara di rumah saja pada masa pandemi COVID-19 seperti ini.

Ada begitu banyak ide pesta ulang tahun remaja menyenangkan yang praktis dan tentu nuansa kemeriahannya juga masih terasa. Yuk, coba intip dekorasi ulang tahun remaja kekinian berikut.

1. Membuat Pesta Daring

Juliescribbles

Dapatkan pengalaman ulang tahun tak terlupakan pada masa pandemi COVID-19. Meskipun masih berada di dalam nuansa pandemi, dekorasi ulang tahun remaja bisa dikreasikan dalam bentuk daring.

Buatlah acara berbasis daring, termasuk undangan bertema digital dan menyiapkan platform digital untuk berkumpul. Dengan demikian, anak masih bisa bertemu dan merayakan ulang tahun dengan banyak orang. Tentunya lebih aman dan nyaman di rumah saja, bukan?

Pastikan platform daring yang dipilih mampu menampung tamu undangan dengan tak terbatas. Waktu acara juga perlu diperhatikan agar sesuai dengan rundown ulang tahun. Pilihlah waktu weekend yang sedikit longgar.

2. Mengadakan Permainan Virtual

Eden O’Leary

Ide dekorasi ulang tahun remaja selanjutnya adalah dengan memperhatikan permainan virtual. Umumnya, permainan yang disukai anak remaja adalah permainan lagu favorit, menebak tarian, dan teka-teki suku kata. Kalian bisa mendiskusikan ini dengan anak agar paham yang diinginkannya. Sejumlah kuis terkait acara ulang tahun juga menjadi favorit bagi para remaja. Bukankah terlihat lebih menantang ide ini?

3. Tema Era Tahun 70-an

orami.co.id

Tema tentu menjadi salah satu yang diperhatikan dalam dekorasi ulang tahun para remaja. Bagaimana dengan mengambil tema dekorasi tahun 1970-an? Biasanya, tahun ini identik dengan pesta yang meriah dan kilauan bola disko kerlap-kerlip yang diiringi dengan soundtrack dari film ikonik era itu, misalnya Boogie Wonderland.

Buatlah acara kecil-kecilan di rumah dengan anggota keluarga layaknya di sebuah pesta besar. Tema ini bisa jadi ide untuk untuk anak remaja dalam pesta ulang tahun yang unik dan tidak pasaran. Pastikan juga para tamu undangan memakai celana cutbray, sepatu platform, dan pakaian warna-warni.

4. Tema Glamor

orami.co.id

Keinginan anak remaja tentu tak akan habis. Bagaimana dengan dekorasi ulang tahun remaja dengan tema glamor? Tak perlu harus mewah dan mahal, dekorasi ini bisa dikreasikan dengan mudah di rumah, misalnya dengan memakai barang-barang yang telah ada seperti balon, hiasan pita warna-warni, topi ulang tahun, dan disediakan latar foto.

Biasanya, warna tema glamor yang mendominasi adalah hitam, silver, emas, atau merah. Sajikan pula makanan dan minuman yang disukai oleh sang anak untuk membuat suasana layaknya di pesta mewah. Pasang lagu yang mendukung dan pesta anak remaja siap dijalankan.

5. Tema Pesta Pantai

orami.co.id

Ini merupakan ide dekorasi remaja ulang tahun kekinian berikutnya. Pesta bertema pantai atau mengusung Hawaii model selalu populer di kalangan remaja. Bosan karena tak bisa pergi liburan di kala pandemi? Yuk, kita pindahkan “pantai” ini ke dalam rumah kita.

Buatlah dekorasi pantai dengan menghias pohon palem buatan, balon warna-warni, pasir buatan, balon flamingo, dan papan seluncur. Sajikan mocktail buah tropis yang segar dan piza untuk camilan ulang tahun sang anak remaja. Jangan lupa untuk memakai busana kemeja bunga-bunga agar nuansa pantai semakin terasa.

6. Home Theatre Party

orami.co.id

Jika kalian memiliki lahan rumah yang cukup luas, manfaatkan untuk membuat home theatre party. Tak selalu memakai proyektor besar, saat ini sudah banyak di toko daring yang menjual mini proyektor. Dekorasi ulang tahun remaja ini cocok untuk anak berusia 15–18 tahun yang menyukai acara ulang tahun lebih intim.

Pilihlah film untuk ditonton dan ciptakan dekorasi yang menarik mungkin. Selain itu, sajikan juga menu kue, popcorn, minuman soda, makanan manis lainnya. Siapkan suvenir pesta di halaman sekitar rumah agar suasana semakin meriah. Tentu ini menjadi pengalaman ulang tahun yang tak bisa terlupakan.

7. Princess Party

orami.co.id

Tak jarang anak remaja juga menyukai tema princess party. Dekorasi ulang tahun remaja kekinian ini bisa disesuaikan dengan karakter putri kesukaan anak, mulai dari Sleeping Beauty, Cinderella, Ariel, atau Maleficient. Buatlah pesta kecil-kecilan di rumah dengan hiasan warna-warni layaknya di istana kerajaan. Busana atau kostum ulang tahun ini menjadi salah satu hal yang paling utama. Sebab, kostum princess memiliki berbagai rupa, warna, dan jenis. Tentunya ide ini akan membuat alur acara semakin seru.

8. Pesta Mistikal

orami.co.id

Anak remaja kekinian sepertinya juga menyukai suatu hal yang berbau ramalan, tarot, atau sulap. Nah, untuk itulah kita bisa mencoba dekorasi ulang tahun anak dengan tema mistik, yaitu dengan nuansa hitam dan hiasan yang mendukung seperti kartu tarot, topi penyihir, lilin ulang tahun, bola kristal, dan banyak lagi.

Saat ini, paranormal profesional juga sudah banyak yang bisa dihubungi secara daring. Jadi, pesta virtual bisa diramaikan dengan menghadirkan peramal. Buat juga kue ulang tahun dengan tanda zodiak anak dan buatlah acara ini pada malam hari agar semakin seru.

9. Splash Art Party

pinterest.com

Sepertinya, kita semua pernah melihat permainan anak satu ini, yaitu “pertarungan”. Ini bisa jadi dekorasi ulang tahun remaja anak berikutnya yang tak kalah menarik. Pesta ulang tahun kekinian ini cocok diadakan di luar rumah.

Siapkan cat atau tinta warna-warni agar anak bisa bermain dengan puas pada saat hari ulang tahunnya. Pakailah pakaian berwarna putih agar tinta yang dipakai nanti terlihat lebih bagus saat “tertempel” di pakaian anak. Selamat bermain “kotor-kotoran”!

10. Pesta Lomba Memasak

asmallsnipper.com

Bagaimana jika pada hari spesial anak kita membuat pesta lomba memasak? Ini ide kekinian dekorasi ulang tahun berikutnya yang patut dicoba. Selain untuk merayakan ulang tahunnya, ide ini juga bisa melatih anak dalam memasak. Berikan kepercayaan diri mereka dengan membuat masakan sesukanya. Dengan demikian, hari ulang tahun yang dirayakannya cukup intim bersaama keluarga. Kalian bisa menemari mereka dengan mengawasi setiap langkahnya dalam memasak.

11. Dekorasi Ulang Tahun dengan Perpaduan Warna Magenta, Pink, dan Putih

lamudi.co.id

Rekomendasi dekorasi ulang tahun remaja kekinian selanjutnya adalah perpaduan warna magenta, pink, dan putih. Adapun di bagian backdrop-nya terdapat tulisan neon berwarna putih terang yang bertuliskan “Happy Birthday”. Dekorasi ini pun bisa menjadi spot foto bagi para tamu undangan yang datang.

12. Dekorasi Ulang Tahun dengan Nuansa Ungu

lamudi.co.id

Dekorasi ulang tahun dengan nuansa ungu ini tampak begitu anggun dan elegan. Mirip dengan dekorasi sebelumnya, yaitu terdapat tulisan neon yang sama persis “Happy Birthday”. Namun, tulisan tersebut terlihat lebih pop out, sebab warna dekorasi lainnya cenderung lebih gelap, sehingga tulisan tersebut dapat terlihat lebih jelas.

13. Dekorasi Ulang Tahun dengan Perpaduan Warna Magenta dan Putih

lamudi.co.id

Hampir mirip dengan nomor 11, dekorasi ulang tahun ini juga memadukan warna pink dan putih, serta dengan sentuhan sedikit warna emas. Namun, yang membuatnya berbeda adalah tulisan neon di bagian backdrop bukanlah tulisan “Happy Birthday”, melainkan angka usia yang sedang berulang tahun, misalnya “18”.

14. Dekorasi Ulang Tahun dengan Perpaduan Warna Hitam dan Emas

lamudi.co.id

Elegan, dewasa, dan anggun. Itulah kesan yang dimunculkan oleh dekorasi ulang tahun remaja kekinian ini. Perpaduan warna hitam dan emas berhasil memunculkan kesan tersebut. Ditambah dengan unsur dekoratif daun-daun kering, dekorasi sederhana ini pasti cocok untuk anak remaja yang menyukai hal simpel.

15. Dekorasi Ulang Tahun dengan Nuansa Warna Biru dan Putih

lamudi.co.id

Selanjutnya, dekorasi dengan nuansa warna biru dan putih untuk memeriahkan acara ulang tahun sang remaja. Berbeda dengan backdrop dekorasi-dekorasi sebelumnya, terdapat kursi untuk tempat berfoto di dekorasi ini. Bentuk kursinya pun unik, yaitu berbentuk lingkaran besar dengan hiasan bulu-bulu, balon, dan konfeti.

16. Lampu Tumbler dan Balon

tribunnews.com

Dekorasi kamar saat ulang tahun menggunakan lampu tumbler dengan tambahan balon adalah suatu kegemaran anak remaja yang akan membuatnya terkejut. Dekorasi menggunakan balon memang sangat sederhana karena kita bisa mengubah bentuknya sesuai dengan yang kita inginkan. Balon yang dilingkarkan dengan lampu tumbler akan menciptakan warna-warni yang indah seperti warna kehidupan.

17. Lampu Tumbler dan Benda-Benda

tribunnews.com

Dekorasi dengan benda bisa kita desain sesuaikan dengan kegemaran dari anak yang berulang tahun, misalnya topi. Jika mereka mempunyai kegemaran dalam mengoleksi atau menyukai barang itu, kamu bisa menjadikannya sebagai objek untuk dilingkarkan di lampu tumbler Saat melihat dekorasi itu, tentunya dia akan kaget dan bahagia karena sahabat dan keluarnya mengetahui sesuatu yang dia inginkan.

18. Lampu Tumbler dan Foto

tribunnews.com

Dekorasi menggunakan foto adalah desain yang sangat simpel. Namun, kamu harus bisa mengumpulkan foto dari masa kecilnya dan beberapa foto saat momen terindah lainnya. Ini akan membuat dia merasa terharu dan bahagia. Gantungkan foto dengan posisi yang kalian inginkan, kemudian sesuaikan dengan lingkaran lampu tumbler yang sudah kalian buat. Saat lampunya dinyalakan, semua foto itu akan terlihat lebih cantik lagi.

19. Lampu Tumbler dan Gambar Love

Ed g2s

Desain yang menggunakan bunga bergambar love ditambah lampu tumbler yang menyala-nyala mengelilinginya akan terlihat sangat romantis. Dekorasi ini sangat cocok untuk remaja yang sedang dilanda asmara. Dijamin dia akan semakin berbunga-bunga.

20. Lampu Tumbler Ditambah Lukisan

tribunnews.com

Ini adalah desain yang lumayan susah, tetapi hasilnya sangatlah bagus. Desain ini memang membutuhkan ketelitian dalam membuat gambar dan menaruh gambar, ditambah dengan penempatan lampu tumbler. Kamar dan suasana ulang tahun akan terasa sangat menyenangkan karena ditambah dengan gambar unik dan cantik, apalagi yang sesuai dengan kegemarannya. Rasanya, dia akan betah di dalam kamar saja.


Itulah sejumlah ide terkait dekorasi ulang tahun anak remaja kekinian yang bisa dicoba ketika pandemi COVID-19 ini. Semoga dapat sukses dicoba!

Kata-Kata Ucapan Ulang Tahun

  1. Kamu akan memiliki satu tahun lagi kedahsyatan murni. Selamat ulang tahun.
  2. Kata-kata hampir tidak dapat menggambarkan cinta, kegembiraan, dan kebahagiaan yang kamu bawa ke dalam hidupku. Semoga kamu mendapatkan semua itu dan lebih banyak lagi pada hari istimewamu!
  3. Ulang tahunmu melebihi 364 hari lainnya. Selamat ulang tahun!
  4. Kita telah berbagi begitu banyak ulang tahun bersama dan setiap tahun berikutnya menjadi lebih baik dari yang terakhir. Semangat untukmu selamanya!
  5. Semakin kamu memuji dan merayakan hidup, semakin banyak yang ada dalam hidup untuk dirayakan.
  6. Satu tahun lagi mengelilingi matahari dan kamu melakukan lebih baik dari sebelumnya. Sangat senang merayakan ulang tahun lagi dengan sahabatku!
  7. Hari ini, kamu tidak hanya satu tahun lebih tua, tetapi juga menjadi sedikit lebih bijaksana. Selamat ulang tahun untukmu.
  8. Semoga hidup benar-benar memanjakanmu dengan cinta dan kebahagiaan. Semoga tahun ini menjadi yang terbaik untukmu!
  9. Aku harap hari ini akan menjadi ulang tahun terbaikmu. Tetaplah tersenyum!
  10. Aku sangat bersyukur dan senang bahwa kita adalah teman baik. Selamat ulang tahun untuk sahabatku!
  11. Selamat ulang tahun. Kamu adalah tipe teman yang membuat setiap hari layak untuk dirayakan!
  12. Teman sepertimu lebih berharga dari berlian terindah. Kamu baik dan bijaksana. Ulang tahunmu adalah kesempatan sempurna untuk menunjukkan betapa aku peduli dan betapa bersyukurnya aku memilikimu dalam hidupku. Selamat ulang tahun!
  13. Setiap orang seharusnya cukup beruntung memiliki teman yang luar biasa sepertimu. Selamat ulang tahun!
  14. Terima kasih untuk satu tahun lagi menjadi teman yang luar biasa. Selamat ulang tahun, teman tersayang!
  15. Selamat ulang tahun! Kamu adalah tipe teman yang bisa menerangi hari semua orang dengan senyuman. Semoga kamu mendapatkan tahun yang indah di depan.

Rekomendasi Buku dan Ebook

1. Teknik Menghias 22 Kreasi Cake Ulang Tahun

Teknik Menghias 22 Kreasi Cake Ulang Tahun

2. Persembahan di Hari Ulang Tahun

3. Himitsu: Rahasia Hadiah Ulang Tahun

4. Cake, Cookies, and Pudding



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien