in

Contoh Surat Pribadi untuk Guru

https://www.pexels.com

Contoh Surat Pribadi untuk Guru – Seiring dengan kecanggihan teknologi dan perkembangan zaman, penggunaan media surat sebagai alat komunikasi juga turut berkurang dan banyak ditinggalkan oleh masyarakat modern. Masyarakat modern pada umumnya lebih memilih untuk menggunakan media komunikasi yang modern juga, seperti chatting, e-mail, dan juga berbagai media sosial lainnya.

https://www.pexels.com

Hal ini memanglah wajar, mengingat kemudahan dan kepraktisan yang diberikan oleh media komunikasi di masa sekarang telah jauh apabila dibandingkan dengan media surat. Meski demikian, untuk urusan yang bersifat resmi, penggunaan surat masih tetap dipertahankan dan menjadi suatu kewajiban bagi instansi pemerintahan, perusahaan, lembaga, organisasi, dan berbagai kelompok lainnya.

Contoh Surat Pribadi untuk Guru

Mungkin saja Grameds ingin mengucapkan kata terimakasih bagi guru, maka Grameds dapat mengirimkan surat pribadi. Ataupun ketika Grameds pernah melakukan kesalahan dan ingin meminta maaf kepada guru, tetapi Grameds tak memiliki keberanian untuk meminta maaf secara langsung, maka penggunaan media surat pribadi akan banyak membantu.

Menulis surat pribadi untuk guru bukanlah sebuah perkara yang sulit. Walau begitu Grameds tetap harus menggunakan bahasa yang sopan, mengingat bahwa guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa bagi kita. Berikut, adalah beberapa contoh surat pribadi untuk guru yang dapat menjadi bahan referensi bagi Grameds.

1. Contoh Surat Pribadi untuk Guru Menceritakan Diri

Sebagai seorang siswa, memang telah sepantasnya kita selalu mengingat guru yang telah mendidik kita, sekalipun kita sudah lulus dan melanjutkan ke sekolah lain untuk meneruskan pendidikan ke jenjang yang berikutnya. Nah, apabila Grameds ingin menceritakan keadaan diri pada saat sekarang ini, maka Grameds dapat mengirimkan surat pribadi untuk guru Grameds.

Solo, 24 Juni 2018

Kepada Ibu Guru Tersayang
Ibu Retno
Jalan. Merpati No.51

Assalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh

Cek di Balik Pena : Baby Chaesara

Ibu Retno bagaimana kabarnya? Alhamdulillah saya di Solo baik-baik saja. Semoga Ibu Retno disana sehat selalu ya, dan tambah semangat mengajar para siswa di sekolah.

Alhamdulillah ibu, Indah sekarang sudah dapat melanjutkan sekolah sesuai keinginan Indah . Indah sekarang sekolah di MAN 2 Solo bu, seperti yang telah ibu katakan dulu ketika di sekolah “Apabila kita memiliki keinginan, kita harus mengejarnya hingga tercapai”.  Kalimat tersebut terus INdah ingat higga sekarang. 2 minggu lagi Indah akan mengikuti lomba fisika yang diadakan oleh Universitas Sebelas Maret. Indah minta doanya bu supaya bisa menang serta nanti semog bisa kuliah di sana dengan mengambil jurusan fisika.

Indah sangat berterimakasih kepada ibu, berkat kerja keras ibu dalam mengajar berbagai rumus fisika, meskipun dulu Indah sangat sulit ketika diajarin. Akan tetapi, Indah sekarang makin cinta dengan pelajaran ini. Buku yang ibu berikan selalu Indah pelajari dan sekarang saya memiliki berbagai macam koleksi buku fisika

Indah ingat selalu, dulu ibu selalu mengingatkan Indah ketika mulai malas, dan menyemangati Indah untuk selalu tidak bosan dalam belajar. Karena dengan belajar tak ada yang sia-sia, dan semuanya akan ada hasilnya.

Terima kasih Ibu Retno, Indah sekarang telah membuktikan bahwa memang dengan belajar yang sungguh-sungguh Indah dapat menaklukkan berbagao pelajaran yang Indah anggap sulit.

Cukup sekian surat dari Indah, mohon restunya untuk lomba fisika nanti ya, Bu. INdah tidak meminta surat ini untuk dibalas, karena apabila ibu telah membacanya saja, Indah sudah senang sekali. Sebenarnya Indah sangat rindu dengan ibu. Apabila nanti Indah kembali pulang, ibu tidak keberatan kan apabila Indah bersilaturahmi ke rumah ibu?

Sekali lagi, terima kasih Ibu Retno, semoga Allah selalu memberikan kesehatan supaya ibu terus dapat membagikan semangat kepada para siswa.

Wassalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh

Salam rindu,

Indah Citra Arumi

2. Contoh Surat Pribadi untuk Guru dari Luar Negeri

Setelah tamat sekolah, mungkin saja Grameds pindah ke luar negeri karena beberapa hal. Mungkin saja karena Grameds ingin melanjutkan pendidikan di sana ataupun karena harus bekerja. Nah, apabila Grameds merasa rindu dengan  guru, maka Grameds dapat mengirimkan mereka sepucuk surat yang berguna sebagai pelepas rindu.

Thailand, 24 April 2018

Teruntuk Ibu Guruku

Assalamualaikum wr. wb. ,

Halo Ibu, bagaimana kabarnya? Saya berharap Ibu selalu diberikan kesehatan serta berada di dalam lindungan Allah SWT. Ibu masih ingat kah dengan saya? Saya adalah Doni, murid ibu yang selalu membuat Ibu jengkel saat di SMA.

Saya masih mengingatnya Bu, kejadan pada enam tahun lalu yang menjadi sebuah titik balik di dalam kehidupan saya. Kejadian yang menyadarkan saya perihal betapa bodoh dan sia – sianya diri saya pada masa itu. Ibu masih mengingatny? Ketika saya sedang bolos dari sekolah lalu Ibu menghampiri saya di warnet. Ibu menarik kuping ini dengan sangat keras hingga semua orang yang ada di sana tertawa.

Hingga masa kini pun saya masih mengingat perkataan itu pada waktu itu. Ibu berkata,”Jika kamu sekolah hanya untuk bermain-main, berhenti saja dari sekolah. Kasihan dengan orang tua mu.” perkataan itu lah yang menjadi terngiang – ngiang dalam kepala saya. Mungkin saja apabila Ibu tak datang dan menarik telinga saya pada hari itu, Saya masih menjadi orang yang tidak jelas.

Saya sangat ingin untuk bertemu dengan ibu dan mengucapkan rasa terima kasih dengan secara langsung. Meski demikian, sepertinya keadaan masih belum memungkinkan karena saya masih menjalani tanggung jawab saya sebagai duta besar Indonesia di Thailand.

Maka dari itu, melalui surat ini, saya mengucapkan rasa terimakasih yang sangat besar kepada Ibu. Surat ini pasti tidak sebanding dengan apa yang telah Ibu lakukan terhadap saya. Yang dapat saya lakukan sekarang hanyalah berdoa semoga ibu dan keluarga selalu sehat dan berada di dalam lindungan Allah SWT.

Tak ada yang abadi di dunia ini, tetapi jasa dan pengabdianmu akan terus hidup sepanjang masa. Terima kasih ibu guruku.

Dengan Penuh Cinta,

Doni Gilang Ramadhan

3. Contoh Surat Pribadi untuk Guru yang Pindah Sekolah

Ketika salah satu dari guru Grameds harus pindah sekolah untuk mengajar di sekolah yang baru, mungkin saja akan membut Grameds merindukannya. Terlebih lagi apabila Grameds mempunyai kenangan yang menyenangkan bersama guru tersebut, maka rasa rindu yang Grameds rasakan tentuakan  semakin besar. Maka dari itu, Grameds dapat mengirimkan sepucuk surat sebagai pereda rindu dari yang sedang Grameds rasakan.

Trenggalek, 24 April 2018

Assalamualaikum wr.wb.

Halo Pak Asep, apa kabar Bapak di sekolah yang baru? Saya harap semoga sama menyenangkannya seperti saat bapak mengajar di SMA Negeri 7 Bandung dulu. Kami semua sangat merindukan bapak. Bagaimana tidak, cara mengajar bapak yang santai, menyenangkan, tetapi penyampaian materi tetap jelas membuat kami merasa sangat kehilangan. Meskipun pengganti bapak untuk mengajar akuntansi sudah cukup baik, tetapi kami tetap saja merindukan bapak ketika mengajar di kelas kami.

Apakah bapak memiliki rencana untuk berkunjung ke SMA Negeri 7 Bandung lagi? Kami berharap Bapak tak lupa kepada kami dan mau memaafkan segala kenakalan yang telah kami lakukan dulu. Kami menunggu berita kedatangan Bapak ke sekolah.

Sekian dulu surat dari saya Pak. Kami sangat menunggu balasan dari Bapak. Terima kasih.

Salam dari muridmu,

Silmi Dea Agustin

4. Contoh Surat Pribadi untuk Guru dan Keinginan Bertemu

Ketika Grameds telah bekerja di kota lain dan jauh dari kota tempat Grameds bersekolah, mungkin saja Grameds akan merasakan kerinduan kepada para guru yang dulu telah bersusah payah dalam mengajari serta mendidik Grameds. Oleh karena itu, Grameds dapat mengirimkannya sepucuk surat untuk mengatakan keinginan Grameds supaya bisa bertemu dengannya.

Papua, 24 April 2018

Kepada Pak Susilo
Guru Terbaikku

Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh

Pak Susilo bagaimana kabarnya? semoga bapak selalu diberikan kesehatan serta selalu berada dalam lindungan Allah SWT ya. Sebenarnya saya sudah sangat lama pak ingin mengirimkan surat ini untuk bapak, tetapi baru sekarang dapat tercapai. Saya Dessy, semoga bapak masih ingat dengan saya. Semasa di SMA saya adalah siswa yang paling nakal pak dan selalu mendapatkan nasihat dari bapak. Saya yakin bapak masih mengingat saya tentunya karena semua kenakalan saya.

Sudah 9 tahun ini pak saya lulus dari SMA dan sudah 9 tahun pula terakhir kali bapak menceramahi saya. Sejujurnya tujuan saya saat mengirimkan surat ini ialah untuk mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada bapak karena berkat semua nasihat bapak saya sekarang bisa sampai di titik ini. Saya sekarang bekerja di PT. Freeport di Papua. Sungguh bapak pasti sangat bangga dengan apa yang telah saya capai, setelah melihat semua kelakuan saya semasa SMA.

Sesungguhnya saya sangat ingin sekali bertemu dengan bapak untuk bersilaturahmi dan mengucapkan terima kasih, tetapi apa daya kesempatan yang sampai saat ini masih membatasi saya karena tanggung jawab pekerjaan dan jarak yang cukup jauh. Insyaallah, pada akhir tahun 2019 saya baru bisa pulang ke Banjarnegara dan ketika saya pulang saya harap bapak selalu diberi kesehatan dan tak kurang satu apapun seperti ketika saya masih bersekolah.

Mungkin hanya itu pak yang dapat saya sampaikan melalui surat ini. Semoga bapak selalu berada di dalam lindungan Allah SWT supaya bapak dapat terus mengajar dan menginspirasi seluruh anak bangsa.

Salam Hormat,

Dessy Nur Handayani

5. Contoh Surat Pribadi untuk Guru yang Sudah Lama Berpisah

Di dunia ini memang tak ada yang abadi. Ketika dulu pada masa sekolah Grameds dapat bertemu setiap hari dengan guru Grameds, maka mungkin saja keadaannya tidak sama dengan masa sekarang. Jika Grameds mempunyai pekerjaan dan kesibukan di kota atau pun di negara lain, bukan tak mungkin Grameds akan berpisah dengan orang-orang yang berada di sekitar termasuk guru Grameds hingga bertahun – tahun lamanya dan terasa sulit untuk bertemu. Maka dari itu, Grameds dapat mengirimkan sepucuk surat untuk pelepas rindu.

Jerman, 24 April 2018

Teruntuk ibu Guruku tercinta Ibu Nur Hidayah.

Asalamualaikum WR. WB

Halo ibu, bagaimana kabar ibu di sana? Semoga ibu di sana selalu sehat wal afiat, baik-baik saja, dan selalu beada di dalam lindungan Allah SWT ya, aamin ya rabbal al amin. Saya Putri Bintang ibu, siswa Ibu semasa SD dulu.

Mungkin ibu sudah lupa dengan wajah saya karena lama sekali kita tak bertemu, kira-kira sudah 14 tahun lamanya. Meski demikian, saya berusaha untuk mengingatkan kembali kepada ibu bahwa saya adalah murid perempuan yang paling bandel, nekat, cengeng dan mudah ngambek.

Entah mengapa, pada hari ini saya sangat kangen sekali kepada ibu, ingin sekali rasanya untuk bertemu, tetapi sayangnya saya tidak bisa karena saya berada di Negara Jerman untuk melanjutkan pendidikan saya ke jenjang yang lebih lanjut. Ada hal yang membuat saya ingat tentang ibu, yaitu dosen saya. Sosok perempuan yang sikap dan sifatnya hampir sama dengan ibu penyayang, penyabar, dan selalu memberi memberikan motivas di waktu saya merasa malas dulu.

Saat ini saya sedang melanjutkan study master di Jerman. Saya mendapatkan beasiswa prestasi bu, sehingga saya tak perlu meminta biaya dari orang tua dengan sepeser pun.

Kini sedikit perjalanan sudah bisa saya dapatkan dengan sempurna, saya mampu menjadi seorang siswa yang bisa ibu banggakan. Terimakasih ibu, sungguh semua ini berkat didikan serta bimbingan ibu yang begitu sabar pada kala itu.

Sekian dulu surat dari saya untuk ibu, lain waktu dapat kita sambung kembali.

Hormat Saya,

Putri Bintang Aditya

6. Contoh Surat Pribadi untuk Guru Ucapan Terima Kasih

Sebagai seorang manusia, sudah sepantasnya bagi kita untuk mengucapkan terima kasih kepada orang – orang yang telah berjasa di dalam hidup kita. Salah satu contohnya ialah guru – guru yang sudah berusaha untuk mengajari dan juga mendidik kita. Maka dari itu, Grameds dapat mengirimkan sepucuk surat dan mengucapkan terimakasih untuk guru Grameds.

Semarang, 24 Juni 2019

Kepada Yth. Ibu Sri Sumirah
di SMA Cahaya Asia
Sulawesi Tenggara

Assalamualaikum wr.wb.

Apa kabar Ibu Sri? Masih ingatkah dengan saya? Saya yakin pasti ibu tidak bisa melupakan saya. Bagaimana tidak, saya selalu merepotkan ibu pada masa sekolah dulu, seperti berurusan dengan Pak Herry dan guru BK. Walau begitu, ibu selalu dengan sabar membantu masalah saya, ibu memang wali kelas yang paling baik sepanjang masa.

Ibu, saya juga ingin mengucapkan terima kasih, atas segala ilmu, bimbingan, serta ajaran yang telah ibu berikan kepada saya dan juga teman – teman. Jikalau tidak, saya mungkin tidak akan sampai pada titik ini. Saya ingat sekali saat saya meceritakan permasalahan ekonomi yang terjadi pada keluarga saya dan ibu memberikan informasi mengenai adanya informasi bantuan pemerintah untuk anak- anak yang merasa kurang mampu.

Saya mencoba untuk mengikuti saran dari Ibu untuk mengirimkan aplikasi, dan alhamdulillah saya lolos untuk masuk ke dalam daftar anak yang menerima bantuan. Saya senang sekali, sehingga pada masa SMA beban biaya orang tua saya menjadi sangat berkurang. Kemudian saat akan masuk ke perkuliahan, Ibu melihat saya tak ikut mendaftar jalur yang diberikan oleh universitas untuk mendaftar.

Saya menjelaskan kepada ibu semua harapan saya, di satu sisi saya sangat ingin melanjutkan study, tetapi di sisi yang lain perekonomian keluarga sangat tidak mendukung. Sehingga pada saat itu juga, dengan bantuan dari guru BK pula, Ibu memberitahu saya bahwa ada jalur khusus bagi anak- anak yang kurang mampu untuk melanjutkan study ke perguruan tinggi.

Mungkin cukup ini saja yang ingin saya sampaikan melalui surat, selanjutnya Insya Allah kita dapat mengatur pertemuan ya bu. Terimakasih Ibu Sri Sumirah.

Salam hormat dari muridmu,

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Ratna Ayu Ajeng

BACA JUGA:



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Arum Rifda

Menulis adalah cara terbaik untuk menyampaikan isi pemikiran, sekalipun dalam bentuk tulisan, bukan verbal.
Ada banyak hal yang bisa disampaikan kepada pembaca, terutama hal-hal yang saya sukai, seperti K-Pop, rekomendasi film, rekomendasi musik sedih mendayu-dayu, dan lain sebagainya.