in

15 Rekomendasi Anime Romance Terbaik, Dijamin Bikin Baper!

https://kiminonawa.fandom.com/

Anime Romance – Kisah cinta yang diwarnai adegan romantis dapat mejadi daya tarik tersendiri bagi pecinta anime. Terutama bagi orang yang memang kerap berburu rekomendasi anime romance dengan rating tinggi. Grameds dapat menontonnya sendiri atau pun mengajak orang terdekat, seperti pacar.

Rekomendasi anime romance kali ini akan membawa Grameds untuk masuk ke dalam kisah yang roller coaster. Romantis tidak selalu berisi mengenai cinta dan kebahagiaan, tetapi juga mengajarkan tentang perjuangan, bahkan kesedihan.

Grameds dapat memilih tontonan yang sesuai dengan mencermati sinopsis yang telah disertakan. Dengan cerita yang menyentuh hati, tak mengherankan jika beberapa anime romance dengan rating tinggi ini menjadi sangat populer.

Untuk Grameds yang masih bingung untuk menonton anime romance, maka tak perlu bingung, karena di artikel ini akan diulas rekomendasi anime romance yang pastinya seru. Jadi, tetap simak ulasan ini sampai, selesai, Grameds. 

Rekomendasi Anime Romance

Nah, bagi Grameds yang sudah tidak sabar untuk baper, senang, dan bahkan nangis sendiri, simak rekomendasi anime romance berikut ini!

1. Ijiranaide, Nagatoro-San (2021)

anime romance
imdb.com

Kisah romantis dalam Ijiranaide, Nagatoro-San akan Grameds lihat dalam sosok pria pemalu dan gadis pemberani dalam menunjukkan rasa ketertarikannya. Bila Grameds penasaran dengan tokoh perempuan yang berani untuk mengejar laki-laki idamannya, Ijiranaide, Nagatoro-San adalah pilihan yang tepat.

Grameds akan melihat betapa terganggunya kehidupan Naoto Hachioji setelah bertemu dengan Hayase Nagatoro. Seyogyanya, kisah romantis, Naoto Hachioji seiring dengan berjalannya waktu menjadi semakin terbiasa dan malah merasa bahagia atas kehadiran gadis tersebut.

2. Hige Wo Soru. Soshite Joshikousei Wo Hirou (2021)

anime romance
imdb.com

Anime ini berkisah mengenai seorang pegawai kantoran biasa bernama Yoshida yang sedang menuju ke rumah dalam keadaan setengah sadar. Pada keesokan paginya, secara tiba-tiba ia menemukan seorang gadis SMA bernama Sayu Ogiwara yang menginap di apartemennya. Ternyata, gadis tersebut sedang kabur dari rumah.

Pada mulanya, Hige Wo Soru. Soshite Joshikousei Wo Hirou sempat mendapat kritikan pedas karena menampilkan cerita cinta antara pria dewasa dengan gadis SMA. Walau demikian, kisah pengembangan diri yang dialami oleh tokoh dalam anime ini menjadi sangat menarik untuk dijadikan sebagai fokus utama dan menjadikan anime romance yang satu ini wajib Grameds saksikan.

3. Shigatsu Wa Kimi No Uso/Your Lie In April (2014)

anime romance
imdb.com

Shigatsu Wa Kimi No Uso adalah serial manga Jepang yang memiliki alur cukup ringan. Manga yang dibuat oleh Naoshi Arakawa ini tidak sekadar menawarkan kisah romantis, tetapi juga banyak disisipi dengan selipan humor.

Anime ini mengisahkan perihal seorang pianis bernama Kousei Arima yang setelah kematian ibunya, ia tidak lagi tertarik dengan piano. Meski begitu, seorang pemain biola bernama Kaori Miyazono membantunya untuk bangkit dan menemukan cinta. Serial ini memiliki 24 episode dan sangat layak untuk ditonton.

Filosofi: Bentuk Refleksi diri Natasha Rizky melalui buku “Kamu Tidak Istimewa”

4. Nisekoi (2014)

anime romance
imdb.com

Nisekoi adalah anak dari yakuza yang memiliki keinginan untuk hidup normal bersama dengan gadis idamannya. Walau begitu, keinginaan tersebut tidak dapat terwujud dengan mulus begitu saja. Kisah romantis ini diwarnai dengan kericuhan ketika Nisekoi mendapat serangan dari gangster asal Amerika.

Pada akhirnya, Nisekoi harus tetap berusaha mencari solusi supaya yakuza dan gangster dapat berdamai. Dengan plot yang anti-mainstream, Nisekoi menjadi anime romance yang menarik untuk disaksikan.

5. Kanojo, Okarishimasu (2020)

anime romance
imdb.com

Apabila Grameds tengah mencari anime romance yang bisa menyentuh hati, Kanojo, Okarishimasu adalaj jawaban yang tepat. Anime ini bercerita mengenai kisah cinta Kazuya, seorang mahasiswa yang patah hati karena diputuskan pacarnya tanpa alasan yang jelas. Akhirnya, ia memutuskan untuk mencari pacar dengan menyewanya melalui aplikasi.

Melalui aplikasi tersebut, ia bertemu dengan gadis cantik bernama Chizuru. Gadis tersebut benar-benar dapat dikatakan sebagai obat patah hati terbaik. Meski demikian, Kazuya juga menyadari bahwa rasa cinta mereka hanyalah sementara.

6. Kaguya-Sama: Love Is War (2019)

anime romance
imdb.com

Anime romance yang satu ini sungguh sangat sesuai dengan judulnya. Kisah cinta antara Miyuki Shirogane dengan Kaguya Shinomiya tidak berjalan layaknya cerita romantis seoerti biasanya. Mereka merupakan rival yang sama-sama enggan dan tidak mau menyatakan rasa cintanya.

Padahal sudah terlihat sangat jelas, bahwa mereka berdua sama-sama memiliki ketertarikan. Rasa cinta tersebut seakan harus disembunyikan karena keduanya merasa bahwa mereka akan tampak lemah jika menyatakan perasaannya terlebih dulu. Grameds dapat membayangkan bagaimana complicated-nya cerita dalam Kaguya-Sama: Love Is War, bukan?

7. ReLife (2016)

anime romance
imdb.com

Bagi Grameds yang senang dengen genre slice of life, ReLife menjadi anime romance yang layak untuk ditonton. Mengisahkan perihal Arata Kaizaki, seorang pemuda berusa 27 tahun yang hidup dipenuhi dengan penyesalan sebagai pengangguran setelah ia resign dari tempat kerja.

Kehidupannya tiba-tiba berubah saat dia bertemu dengan gadis bernama Ryou Yoake dari perusahaan ReLife. Ia menawarkan kesempatan bagi Kaizaki untuk mengulangi hidupnya saat masa SMA. Setelah mengonsumsi pil misterius, secara ajaib Kaizaki pun kembali menjadi siswa SMA.

Ia menjalani kehidupannya sebagai subjek penelitian dari ReLife. Dalam perjalanannya tersebut, Kaizaki kembali menemukan arti kehidupan, persahabatan, dan cinta sebagai siswa SMA.

8. Kimi No Nawa/Your Name (2016)

anime romance
imdb.com

Anime romance yang satu ini tidak boleh Grameds lewatkan. Banyak kisah yang menyedihkan, membingungkan, sekaligus romantis yang daoat ditemukan dalam Kimi No Nawa. Bermula dari pertemuan gadis bernama Mitsuha Miyamizu dengan pria bernama Taki Tachibana yang tidak saling mengenal, tetapi secara ajaib, mereka bertukar tubuh, dan membuat bertumbuhnya benih-benih cinta di antara mereka. Anime buatan Makoto Shinkai ini berhasil memberikan dampak emosional yang luar biasa bagi para penontonnya.

9. Weathering With You (2019)

anime romance
imdb.com

Weathering With You merupakan salah satu anime romance terbaik pada tahun 2019. Ketika perilisannya, anime ini telah menuai banyak atensi serta ulasan positif. Hal tersebu dikarenakan, Weathering With You disutradarai oleh sutradara yang sama dengan film Kimi No Na Wa yang meraih kesuksesan pada tahun 2016. Setelah penayangannya, terbukti Weathering With You menyajikan kisah yang tidak kalah menarik.

Weathering With You berkisah mengenai dua tokoh bernama Hodaka dan Hina. Hodaka adalah seorang pekerja di sebuah majalah kecil, sedangkan Hina adalah gadis yang terlihat biasa saja, tetapi ternyata mempunyai kekuatan ajaib yang luar biasa.

Hina dapat membuat cuaca menjadi cerah dan menurunkan hujan. Setelah saling bertemu dan mengenal, mereka melakukan kesepakatan untuk memanfaatkan kemampuan Hina supaya memperoleh apa yang mereka inginkan. Grameds penasaran dengan keinginan mereka?

10. Koe No Katachi/Silent Voice (2016)

anime romance
imdb.com

Berikutnya, ada anime berjudul Koe No Katachi atau Silent Voice. Anime ini menyajikan kisah asmara yang sangat emosional. Sesuai dengan judulnya, Koe No Katachi atau Silent Voice menceritakan mengenai kisah kasih seorang gadis tuli bernama Nishimiya Shouko. Di sekolah barunya, Nishimiya memperoleh perlakuan yang tidak menyenangkan dari seorang siswa laki-laki bernama Ishida Shouya.

Sampai suatu saat, terjadi suatu hal besar yang membuat Ishida Shouya seorang perundung yang jahil tiba-tiba menjadi manis dan baik hati. Setelah beranjak dewasa dan menjalani kehidupan yang terpisah, Ishida memutuskan untuk mencari Nishimiya karena ia ingin memperbaiki perbuatannya di masa lalu.

11. 5 Centimeters Per Second (2007)

anime romance
imdb.com

5 Centimeters Per Second juga menjadi salah satu anime romance yang tidak boleh Grameds lewatkan. Tidak hanya tentang cinta, 5 Centimeters Per Second juga menyajikan kisah mengenai persahabatan yang penuh arti dan sangat menyentuh. 5 Centimeters Per Second mengisahkan mengenai dua tokoh, yakni Toono Takaki dan Shinohara Akari.

Kedua tokoh tersebut sudah lama menjalin hubungan. Akan tetapi, mereka harus berpisah karena Akari harus ikut orangtuanya untuk berpindah rumah. Kepindahan Akari tidak secara langsung memutuskan hubungan mereka. Kedua sejoli yang saling mencintai ini pada mulanya masih tetap ingin menjalin komunikasi melalui surat. Sayangnya, jarak serta rasa rindu tetap menjadi penghalang dalam hubungan mereka.

12. Hotarubi No Mori E (2011)

anime romance
imdb.com

Apabila Grameds mencari anime romance yang diwarnai dengan kisah fantasi, Hotarubi No Mori E dapat dijadikan sebagai salah satu pilihan yang tepat. Hal tersebut dikarenakan anime ini mempunyai cerita yang unik, yakni tentang hubungan asmara antara manusia dengan roh penjaga hutan.

Cerita ini bermula saat ketika seorang anak perempuan berusia 6 tahun bernama Hotaru yang tersesat di sebuah hutan. Pada perjalanannya itulah, ia bertemu dengan roh hutan yang menolongnya untuk pulang, bernama Gin.

Sejak pertemuan tersebut, Hotaru selalu pergi ke hutan saat musim panas tiba. Hotaru berharap dapat bertemu dengan Gin. Sayangnya, sebagai roh hutan Gin tidak dapat bersentuhan secara langsung dengan manusia. Kendati demikian, keduanya tetap saling mencintai dan menjalin hubungan hingga beranjak dewasa.

13. Tamako Love Story (2014)

anime romance
imdb.com

Tamako Love Story, sesuai judulnya anime ini mengisahkan tentang sebuah cerita cinta. Dikisahkan, Tamako Kitashirakawa seorang gadis manis yang bercita-cita dapat tampil memukau dalam sebuah acara festival. Sayangnya, setelah Tamako mempersiapkan diri dengan sangat matang, ternyata festival tersebut malah dibatalkan.

Selain itu, ada tokoh lain bernama Mochizou. Dia adalah anak laki-laki yang telah lama memendam rasa tertarik pada Tamako. Meski begitu, Mochizou yang merupakan seorang pemalu tidak pernah berani untuk mengungkapkan rasa cintanya.

Alhasil, Mochizou untuk memilih memendam serta mencintai Tamako dalam diam. Meski begitu, terdapat banyak interaksi manis yang terjadi antara Mochizou dan Tamako. Momen-momen romantis itulah yang akan membuat Grameds menjadi baper dan senyum-senyum sendiri ketika menyaksikannya.

14. Kamisama Kiss

anime romance
imdb.com

Anime romance berikutnya, berjudul Kamisama Kiss. Anime ini mengisahkan mengenai seorang murid SMA bernama Nanami Momozono yang semua masalahnya seolah datang bersamaan. Dimulai dari hilangnya ayah saat keluarga mereka terlilit hutang dan membuatnya harus keluar dari tempat tinggalnya sendiri.

Pada suatu hari, Nanami membantu seorang laki-laki yang tengah diserang oleh seekor anjing. Sebagai tanda terima kasihnya, laki-laki tersebut menawarkan sebuah rumah untuk Nanami.

Kendati demikian, ternyata rumah yang ditawarkan tersebut bukanlah rumah sembarangan, karena ternyata bangunan tersebut merupakan sebuah kuil kumuh. Dalam kuil tersebut, Nanami bertemu dengan dua roh kuil dan satu ekor rubah. Kisah cinta yang tak biasa ini memberikan dinamika tersendiri bagi kehidupan Nanami dan membuatnya merasakan apa yang belum pernah ia rasakan.

15. Monthly Girls’ Nozaki-Kun

anime romance
imdb.com

Monthly Girls’ Nozaki-Kun juga merupakan salah satu anime romance yang sayang sekali untuk Grameds lewatkan. Ya, anime Monthly Girls’ Nozaki-Kun ini menyajikan lebih banyak kisah komedi apabila dibandingkan dengan kisah romansanya, sehingga cocok banget bagi Grameds yang membutuhkan hiburan.

Anime ini mengisahkan tentang seorang gadis bernama Chiyo Sakura yang tengah menyampaikan rasa sukanya kepada Umetarou Nozaki. Karena merasa bingung, Nozaki justru malah memberikan tandatangannya.

Ternyata, Nozaki merupakan seorang shoujo mangaka dengan nama pena Sakiko Yumneno. Kesalahpahaman tersebut malah membuat Sakura menjadi salah satu asisten dari Nozaki dan dari situlah kisah lucu ini dimulai.

Itu dia 15 rekomendasi anime romance beserta sinopssinya yang wajib Grameds tonton, siap menonton semuanya?

Anime merupakan animasi yang berasal dari Jepang dan ceritanya biasanya diangkat dari manga atau komik Jepang. Bagi Grameds yang ingin mencari komik Jepang, maka bisa mendapatkannya di gramedia.com.

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Rekomendasi Buku Terkait

1. Yotsuba &! 15

Deskripsi Buku

Yotsuba, Ena, Miura, dan ayah menuju ke pantai untuk mencari sebuah batu. Batu yang dicari harus sesuai dengan keinginan Yotsuba dan membuat mereka harus pergi naik mobil hingga ke kota sebelah. Apakah petualangan mereka akan berhasil? Batu seperti apa yang diinginkan oleh Yotsuba?

2. Sakamoto Days 01

Deskripsi Buku

Sakamoto Days mengisahkan tentang Tarou Sakamoto, seorang pembunuh bayaran yang terkenal dan legendaris. Ia ditakuti oleh penjahat sekaligus dikagumi oleh para pembunuh bayaran lainnya. Meski begitu, suatu hari, Sakamoto jatuh cinta, pensiun, menikah, menjadi ayah, dan membuatnya menjadi semakin gemuk.

Sakamoto sekarang ini bekerja sebagai pemilik toko swalayan yang baik dan rendah hati, tetapi kehidupan pembunuh bayaran masih seakan terus memburunya. Sakamoto bersama dengan kedua karyawannya terus berusaha untuk melindungi keluarga tercinta dan kehidupan tenangnya.

Cara penulis untuk menciptakan karakter Sakamoto melalui tindakan dan reaksinya, tanpa perlu berbicara sepatah kata pun, membuat komik ini sangat menyenangkan untuk dibaca. Bab 1 terlihat mengisahkan kembali dari one-shot 2019 yang mendasari seri ini. Yuk, baca dan beli komik ini di Gramedia!

3. AKASHA : Wotakoi : Love is Hard for Otaku 1

Deskripsi Buku

Komik ini menyajikan kisah cinta yang sangat rumit antara dua karakterm yakni seorang otaku sekaligus maniak game bernama Narumi Momose dengan seorang gadis cantik bernama Hirotaka Nifuji. Komik ini memiliki alur cerita yang dapat membuat para pembacanya turut mengalir dengan kisah yang ditampilkan, pembaca akan merasakan keseruan yang berbeda.

Komik ini juga memakai gaya bahasa yang mudah dimengerti, sehingga pembaca tak akan merasa bingung dengan kisah yang disampaikan. Konflik cerita yang disajikan oleh penulis dalam komik ini juga tersusun dengan rapi dan terstruktur, sehingga pembaca bisa merasakan beragam emosi. Selain itu, ilustrasi visual yang ciamik juga turut mewarnai kisahnya, bisa memberikan kesan yang menakjubkan, dan mampu memanjakan mata dari para pembacanya dengan sangat baik. Bagi para penggemar komik, khususnya komik yang bertema romance, Wotakoi : Love is Hard for Otaku tak boleh untuk Grameds lewatkan!

Rujukan:

Baca juga: