Kesenian

Mengenal Tentang Srikandi Hingga Tauladan yang Perlu Kamu Ketahui

srikandi adalah
Written by Gaby

Srikandi adalah putri kedua Prabu Drupada. Meski ia adalah seorang perempuan, Srikandi sangat menyukai olah kanuragan (bela diri) dan dikenal memiliki berbagai keahlian dalam memanah. Visualisasi Srikandi seringkali digambarkan lengkap dengan panahnya, selalu menjadi sebutan bagi siapapun perempuan yang kemudian tampak kuat dan mandiri.

Srikandi bukan kisah dari negeri Barat dan ada banyak sifat yang dapat kamu teladani dari Srikandi. Untuk mengetahui lebih dalam tentang Srikandi, kamu bisa simak artikel ini sampai habis, Grameds.

Tentang Srikandi

Srikandi (Dewanagari: शिकण्ढी; IAST: Śikhaṇḍī) merupakan tokoh androgini dalam wiracarita dari India, yaitu Mahabharata. Dalam kisah ini, ia merupakan putri Raja Drupada dan Persati dari Kerajaan Panchala.

Dalam kitab Mahabharata bagian Adiparwa serta Udyogaparwa dijelaskan bahwa ia merupakan reinkarnasi putri kerajaan Kasi bernama Amba, yang meninggal dengan hati penuh dendam pada Bisma, pangeran Dinasti Kuru.

Kemudian, Amba juga terlahir kembali sebagai anak perempuan Drupada. Namun, dikarenakan sabda dewata, ia kemudian diasuh sebagai laki-laki. Versi lainnya kemudian menceritakan bahwa ia bertukar kelamin dengan yaksa atau seorang makhluk gaib.

Dalam versi pewayangan Jawa yang mengadaptasi Mahabharata terkandung juga cerita yang hampir sama. Namun, dalam pewayangan Jawa ini dikisahkan bahwa Srikandi kemudian menikahi Arjuna dan ini merupakan perbedaan yang sangat jauh jika dibandingkan dengan kisah Mahabharata versi India.

Etimologi nama Srikandi sendiri merupakan versi Indonesia dari Śikhaṇḍin dalam bahasa Sanskerta. Selain itu, merupakan bentuk feminin dari Śikhaṇḍinī. Secara harfiah, kata Śikhandin atau Śikhandini bermakna “memiliki rumbai-rumbai” atau “yang memiliki jambul”.

mahabarata kepahlawan bisma - srikandi adalah

https://www.gramedia.com/products/mahabarata-kepahlawanan-bisma-1?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

Kehidupan Sebelumnya

Dalam kitab Mahabharata sendiri pada kehidupan sebelumnya, Srikandi terlahir sebagai wanita bernama Amba. Kisah mengenai Amba ini kemudian dimuat dalam Mahabharata jilid pertama, yaitu Adiparwa, dan dalam Mahabharata jilid kelima, Udyoga Parwa.

Dalam Adiparwa ini diceritakan bahwa Bisma sebagai pangeran dari Hastinapura, ibukota Kerajaan Kuru kemudian memboyong Amba dari suatu sayembara dalam Kerajaan Kasi, untuk dinikahkan kepada Wicitrawirya, adik tirinya. Sesampainya di Hastinapura, Amba kemudian mengaku bahwa Ia sudah memilih Raja Salwa sebagai calon suaminya.

Karena Bisma tidak ingin Amba menikah secara terpaksa, maka ia kemudian memulangkan Amba agar dapat menikah dengan Raja Salwa.

Namun, Raja Salwa yang merasa harga dirinya terinjak oleh Bisma kemudian tidak mau menikahi Amba. Amba kembali kepada kediaman Bisma agar dinikahi, tetapi Bisma menolaknya karena telah bersumpah untuk hidup membujang selamanya.

Karena merasa terhina, Amba kemudian membujuk para kesatria di Bharatawarsha agar membantunya menundukkan Bisma, namun tidak ada seorang kesatria pun yang berani melakukannya. Amba kemudian memohon bantuan Parasurama, salah satu guru Bisma.

Namun, Parasurama tak mampu untuk memaksa Bisma menikahi Amba, walaupun menempuh jalur kekerasan sekalipun.

Akhirnya, Amba memutuskan untuk berdoa kepada para dewa agar kemudian memperoleh cara untuk membunuh Bisma. Begawan Narada yang menghentikan pertarungan antara Bisma melawan Parasurama, yang disebabkan karena Bisma menolak permintaan Parasurama untuk menikah dengan Amba.

Menurut Mahabharata yang ditulis ulang oleh C. Rajagopalachari, Dewa Subramanya kemudian memberikannya puspamala dan bersabda bahwa orang yang bersedia memakainya akan menjadi pembunuh Bisma. Amba pun mencari orang yang bersedia memakainya, namun tidak ada yang berani meskipun terdapat jaminan keberhasilan dari sang dewa.

Setelah ditolak berbagai kesatria, akhirnya Amba tibalah di istana Raja Drupada, dan mendapatkan hasil yang sama. Dengan putus asa, Amba kemudian melemparkan puspamala tersebut ke atas gerbang istana serta tak ada yang berani menyentuhnya. Dari istana Drupada, Amba kemudian pergi dan berdoa kepada Dewa Siwa dengan keinginan menjadi penyebab kematian Bisma.

Permohonan Amba dikabulkan oleh sang dewa. Namun, sebagai wanita yang tak pernah mengenyam pelatihan militer, Amba pun bertanya kepada dewa Siwa mengenai cara untuk membunuh Bisma. Dewa Siwa menjawab bahwa pembunuhan itu tidak terjadi pada kehidupan Amba saat itu, melainkan pada kehidupan Amba yang selanjutnya.

Sang dewa juga berkata bahwa Amba kemudian akan bereinkarnasi menjadi orang yang menyebabkan kematian Bisma. Setelah mendengar jawaban sang dewa, dengan percaya diri Amba kemudian mencabut nyawanya sendiri. Amba pun terlahir kembali sebagai Srikandi, anak Raja Drupada.

Gender

Dalam Mahabharata, Srikandi juga merupakan sosok yang bersifat androgini. Kisah tentang penentuan gendernya ini terjadi dalam berbagai versi. Dalam suatu versi dikisahkan bahwa saat Srikandi masih muda, Ia kemudian mendapatkan sebuah puspamala (pemberian Amba) itu tergantung di atas gerbang istananya.

Puspamala ini merupakan anugerah dewa yang kemudian membuat pemakainya menjadi penyebab kehancuran Bisma. Srikandi yang kini masih teringat akan reinkarnasinya pun mengalungkan puspamala tersebut di lehernya.

Melihat hal tersebut, Drupada cemas bahwa Srikandi kemudian akan menjadi musuh Bisma, sehingga Ia mengusir Srikandi agar kerajaannya tidak turut menjadi musuh Bisma. Di tengah hutan, Srikandi kemudian berdoa dan berganti jenis kelamin menjadi laki-laki.

Menurut versi lain, Ia kemudian kabur dari Pancala, lalu bertemu dengan seorang yaksa yang kemudian menukar jenis kelaminnya pada Srikandi. Dikisahkan bahwa saat sebelum dikaruniai keturunan, Raja Drupada melakukan pengembaraan ke dalam hutan. Di sana ia kemudian mendapati seorang bayi perempuan.

Saat dipungut, suara gaib menggema dari angkasa yang menyuruh agar Drupada turut mengasuh bayi tersebut selayaknya seorang laki-laki.

Anak tersebut pun diberi nama Srikandi. Saat dewasa, Srikandi kemudian dinikahkan dengan putri Raja Dasharna. Namun sang putri mengadu kepada ayahnya bahwa Srikandi yang Ia nikahi ternyata seorang wanita. Saat sang raja bertindak memastikan kebenarannya, Srikandi panik lalu kabur ke hutan.

Di sana, Ia bertemu yaksa yang bersedia bertukar jenis kelamin dengannya. Raja Yaksa pun mengetahui hal ini, lalu Ia mengutuk agar yaksa tersebut tetap menjadi perempuan hingga akhirnya Srikandi meninggal dunia.

Kematian

Dalam wiracarita Mahabharata ini dikisahkan bahwa Srikandi terus bertahan hingga perang diakhiri pada hari ke-18, yang kemudian ditandai dengan kekalahan Duryodana dalam perang tanding melawan Bima. Sebelum ia mati, Duryodana kemudian mengangkat Aswatama sebagai pemimpin sisa prajurit Korawa, untuk kemudian melancarkan serangan balas dendam ke kubu Pandawa.

Dalam kitab Sauptikaparwa ini diceritakan pula bahwa Aswatama melakukan gerilya pada saat laskar Pandawa sedang tertidur, dan berhasil membunuh banyak kesatria. Setelah Drestadyumna, Yudhamanyu, Utamoja, serta lima putra Dropadi terbunuh, Srikandi kemudian menyerang Aswatama dengan panah. Namun, Aswatama yang dianugerahi kekuatan oleh Siwa, kemudian mampu melakukan serangan balik, dan memotong tubuh Srikandi menjadi dua bagian dengan pedangnya. Menurut salah satu versi, setelah kematiannya, kejantanannya kemudian dikembalikan kepada yaksa.

mahabarata jawa - srikandi adalah

https://www.gramedia.com/products/conf-mahabarata?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasiPewayangan Jawa

Srikandi sebagai tokoh pewayangan dalam Jawa. Dalam lakon pewayangan Jawa yang mengadaptasi naskah Mahabharata, dikisahkan juga bahwa Srikandi lahir karena kedua orangtuanya, yaitu Prabu Drupada serta Dewi Gandawati yang menginginkan kelahiran seorang anak dengan normal. Kedua kakaknya yaitu Dewi Drupadi dan Drestadyumna dilahirkan melalui puja semadi.

Drupadi yang dilahirkan dari bara api pemujaan, sementara asap api itu kemudian menjelma menjadi Drestadyumna. Dewi Srikandi sangat gemar dalam olah keprajuritan serta mahir dalam mempergunakan senjata panah. Kepandaian ini didapatnya ketika berguru pada Arjuna, yang kemudian menjadi suaminya.

Dalam perkawinan ini, Ia tidak memperoleh seorang putra. Dewi Srikandi kemudian menjadi suri teladan prajurit wanita. Ia yang bertindak sebagai penanggung jawab keselamatan serta keamanan kesatrian Madukara dengan segala isinya.

Dalam perang Bharatayudha, Dewi Srikandi juga tampil sebagai senapati perang Pandawa yang menggantikan Resi Seta, kesatria Wirata yang telah gugur dalam menghadapi Bisma, senapati agung bala tentara Kurawa.

Dengan panah Hrusangkali, Dewi Srikandi juga dapat menewaskan Bisma, sesuai dengan kutukan Dewi Amba, putri Prabu Darmahambara, raja negara Giyantipura, yang kemudian dendam kepada Bisma. Dalam akhir riwayat Dewi Srikandi ini diceritakan bahwa Ia kemudian tewas dibunuh Aswatama yang menyelundup masuk ke keraton Astina setelah berakhirnya perang Bharatayuddha.

Teladan Srikandi

Mungkin kamu lebih mengetahui cerita Wonder Woman dibanding Srikandi. Srikandi merupakan putri kedua Prabu Drupada. Meski Ia seorang perempuan, tetapi Srikandi sangat menyukai olah ilmu bela diri dan juga ahli dalam hal memanah.

Sementara itu, Srikandi digambarkan sebagai seorang perempuan yang tampak kuat dan berani dalam menghadapi apapun terutama untuk mewujudkan keinginannya.

Srikandi juga bukan kisah dari negeri Barat dan ini sifat yang bisa kamu teladani darinya. Berikut beberapa teladan Srikandi atau yang disebut dengan Wonder Woman Indonesia yang perlu kamu ketahui.

Tampil Terbaik di Bidang yang Dikuasai Laki-laki

Ilmu-ilmu keprajuritan yang hampir tidak pernah diajarkan pada wanita seperti Srikandi namun semangatnya untuk belajar membuktikan bahwa kemampuan memanah Srikandi sangat sulit ditandingi oleh siapapun. Bahkan, Ia juga dipercaya sebagai penanggung jawab keselamatan serta keamanan kerajaan Madukara dan seisinya.

Ia juga membuktikan kepiawaiannya dengan membunuh Bisma. Meski kadang suatu bidang lebih dipercayakan kepada lelaki, bukan berarti kamu para Wanita kemudian harus langsung mundur. Jika memang kemampuanmu disitu maka buktikanlah dengan memberikan yang terbaik.

srikandi adalah

Sumber: tempo.co

Mengajarkan Kita untuk Tegas dan Berani dalam Segala Hal

Wayang Srikandi digambarkan dengan sosok yang mendongkak, sehingga menandakan bahwa ia adalah seorang yang tegas serta pemberani. Tak peduli kepada kaum lelaki ataupun kepada sesamanya, Srikandi juga dikenal selalu bersikap tegas serta berani dalam segala hal ibaratnya seperti Wonder Woman Indonesia.

Menjadi Perempuan Mandiri Diawali dengan Belajar

Srikandi dapat sekuat itu bukan tanpa usaha, semua orang tahu bahwa kepandaian Srikandi dalam memanah adalah hasil dari belajarnya yang tak mengenal waktu. Ia belajar pada Arjuna yang kemudian membuatnya menjadi jatuh cinta dan mereka akhirnya menikah meski tak dikaruniai putra.

Meski “Kuat” Srikandi Tetap Dapat Tampil Cantik Sebagai Perempuan

Dewi Wara Srikandi dalam penampakan wayang kulit kemudian dijelaskan sangat cantik dengan mata yang indah dan hidung yang lancip serta mulut yang seksi. Ia juga berhiaskan mahkota dan baju keputrian yang lengkap dengan aksesorisnya. Bukti bahwa Srikandi tampil sebagai sosok yang kuat dan Ia juga tetap menjaga kecantikannya, sehingga Ia dikenal sangat kenes dan sedap dipandang.

Buku-Buku Terkait

Psikologi Raos Dalam Wayang

psikologi raos dalam wayang - srikandi adalah

https://www.gramedia.com/products/psikologi-raos-dalam-wayang?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

Banyak rahasia yang berkaitan dengan raos di dalam tokoh-tokoh wayang. Wayang merupakan representasi psikologi raos. Raos, dapat dibedakan menjadi dua golongan, yaitu raos njaba dan raos njero. Raos njaba bersifat fisik, jasmaniah, yang memiliki tuntutan badaniah. Dalam lakon wayang seringkali terjadi perebutan negara, senjata, wahyu, dan peperangan. Seolah-olah mengatakan bahwa lakon wayang membangun konflik. Sedangkan raos njero lebih bersifat mistis, memiliki tuntutan spiritualistic.

Raos semacam ini diwujudkan oleh perbuatan tokoh-tokoh wayang yang ingin ngudi kasampurnan, artinya berupaya menemukan hakikat hidup. Contohnya tokoh Abimanyu yang berguru kebatinan kepada Begawan Abiyasa. Wejangan-wejangan dalam wayang, seperti Sastra Jendra Hayuningrat milik Begawan Wisrawa, anugerah para dewa, juga mewujudkan arah raos njero. Dari Kumbakarna, putra dari Begawan Wisrawa dan Dewi Sukesi, kita dapat belajar bahwa ada raksasa yang berbudi pekerti luhur. Sedangkan pelajaran yang dapat kita ambil dari tokoh Begawan Wisrawa dan Dewi Sukesi adalah supaya tidak putus berusaha, rela ber prihatin, bertapa dan semedi untuk menebus dosa, hingga lahirlah buah kesabaran mereka, yaitu Gunawan Wibisana yang sempurna.

Wayang Katolik: Cara Cerdas Berkatekesenian

https://www.gramedia.com/products/wayang-katolik-cara-cerdas-berkatekese?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/wayang-katolik-cara-cerdas-berkatekese?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

Wayang Katolik atau Wayang Wahyu sudah ada sejak tahun 1960, namun tidak banyak orang mengenalnya. Memang sudah ada beberapa orang yang menulis tentangnya, namun hanya terbatas di sekolah dan universitas sebagai karya tulis, skripsi, dan tesis. Buku ini merupakan usaha untuk memperkenalkan Wayang Wahyu kepada masyarakat luas.

Belakangan ini, Wayang Wahyu juga diperkenalkan dan dipublikasikan kembali melalui internet, koran, radio, televisi, dan lain-lain, namun sebagai sebuah referensi, belum terdengar ada yang membukanya. Itulah alasan lain ditulisnya buku tentang Wayang Wahyu ini. Semoga buku ini bermanfaat bagi para pembaca, terutama bagi pengembangan dan pelestarian budaya Nusantara. Bagi umat Katolik sendiri, semoga buku ini memberi contoh bagaimana berkatekese secara cerdas melalui kebudayaan lokal.

Dhalang, Wayang, dan Gamelan

https://www.gramedia.com/products/dhalang-wayang-dan-gamelan-1?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/dhalang-wayang-dan-gamelan-1?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

Dhalang, Wayang dan Gamelan Pada zaman dulu, peran dalang sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat. Dalang bukan hanya dianggap sebagai guru atau pendidik masyarakat, tetapi juga dianggap sebagai ‘wong sepuh‘. Makanya ia sangat dihormati dan dimuliakan oleh masyarakat.

Menurut Seno Sastroamidjojo (1964), seorang dalang yang baik dituntut memiliki kepiawaian dalam lima hal:

  1. Gendhing (menguasai lelagoning gendhing)
  2. Gandheng (mampu gerong atau kur paduan suara dalam mengiringi gendhing dan mampu mengayomi)
  3. Gandhung (percaya diri)
  4. Gendeng (‘gila’; menganggap diri paling benar)
  5. Gandhang (cetha lan seru, wijang wijiling wicara; suaranya jelas dan bagus)

Salah satu simbolisasi dalam pewayangan yang dikenal oleh ‘manusia Jawa’ secara turun-temurun hingga sekarang adalah pelajaran tauhid. Sang dalang merupakan simbol dari Tuhan, sedangkan wayang melambangkan semua umat manusia. Dalam kehidupan ini, manusia -sebagai wayang- diharapkan tidak membangkang dari perintah Tuhan, artinya, dari sudut pandang ini, sebenarnya peran dalang, wayang, dan gamelan mengisyaratkan mengenai konsep ‘Manunggaling kawula-Gusti’.

Kesimpulan

Banyak orang yang kemudian kagum pada Srikandi dan ingin menirunya dalam berbagai hal, tentang kemandiriannya serta kecantikannya di waktu yang sama. Ia juga berhasil menjadi teladan bukan hanya bagi para wanita tapi juga pria, tentang bagaimana menjadi kuat sekaligus menjadi lembut, serta menjadi mandiri tapi juga menghargai.

Pastinya beberapa teladan Srikandi ataupun Wonder Woman Indonesia di atas dapat menjadi panutan untukmu ya! Jadi tak harus berkiblat pada wanita-wanita Barat untuk jadi mandiri. Sekian ulasan tentang Srikandi, semoga semua pembahasan di atas bermanfaat ya!

Ingin mengetahui lebih dalam tentang budaya Jawa? Kamu bisa mencari tahunya dengan membaca buku. Buku tentang budaya Jawa, bisa kamu temukan di Gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Sofyan

Baca juga:

About the author

Gaby

Hai, saya Gabriel. Saya mengenal dunia tulis menulis sejak kecil, dan saya tahu tidak akan pernah lepas dari itu. Sebuah kebanggaan tersendiri bagi saya untuk bisa turut memberikan informasi melalui tulisan saya. Saya juga sangat menulis dengan tema kesenian. Dengan seni, hidup akan jadi lebih berwarna.

Kontak media sosial Instagram saya Gabriela