Bahasa Indonesia

Review : Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis, dan Contohnya

Review 5
Written by Nandy

Review adalah – Grameds, apakah kamu masih bingung dan bertanya apakah review dan bagaimana cara membuatnya? Mungkin kata review ini sudah sering kalian dengar baik seperti review buku, film atau bahkan barang di ecommerce yang hendak dibeli pun dilihat terlebih dahulu review-nya. Namun, apakah grameds tahu mengenai pengertian review itu sendiri?

Secara singkat Review adalah ulasan singkat berdasarkan analisis dan fakta yang bermanfaat untuk diri sendiri, pemilik barang atau jasa dan masyarakat umum. Dengan perkembangan zaman sekarang ini sudah banyak yang memberikan konten tentang review mulai dari review makeup, review film atau buku dan masih banyak lagi.

Dengan perkembangan media yang begitu pesat, review bisa saja diberikan oleh siapapun melalui media sosial miliknya. Agar kalian tidak bingung, simak artikel dibawah ini mengenai review secara lengkap.

 

The Anthropocene Reviewed John Green The Anthropocene Reviewed

 

Pengertian Review

Review 5sumber : pixabay.com

Review sendiri adalah istilah yang berasal dari bahasa Inggris yang memiliki arti tinjauan atau ulasan. Secara pengertiannya, Review adalah kegiatan yang dilakukan seseorang untuk memberikan ulasan terhadap sesuatu hal yang sudah pernah mereka coba sebelumnya. Biasanya, review akan membahas mengenai kelebihan dan kekurangan dari suatu produk atau jasa.

Mereka yang memberikan review biasa disebut dengan reviewer, mereka akan memberikan informasi tentang pengalamannya menggunakan barang atau jasa itu. Review sangat penting bagi para pemilik usaha agar bisa membantu perkembangan bisnis usahanya.

Saat ini, kegiatan review sudah mulai dilirik oleh banyak pihak dan menjadi andalan untuk dijadikan profesi. Namun, agar bisa menjadi reviewer juga dibutuhkan pengalaman dan penguasaan yang benar-benar di bidang tersebut. Hal ini karena kritik dan saran berupa review tidak boleh sembarangan dilakukan.

Mereka melakukan review pasti akan berpegang pada prinsip analisis dan fakta bukan hanya opini sembarangan. Review berupa ringkasan singkat, tetapi hal ini bisa sangat berguna untuk berbagai bidang, baik pemasaran hingga seni.

Arif Yosodipuro, Dr. Arif Yosodiputro M.m Tenses Review

 

 

Review dengan Opini

Grameds, jangan samakan review dengan opini ya, karena ini adalah dua hal yang berbeda. Review akan lebih mengarah kepada ulasan berdasarkan fakta dengan sudut pandang tertentu. Review mungkin akan lebih tepat jika disamakan dengan kritik namun berbeda dengan kritik yang hanya mencari kesalahan dari fakta yang ada.

Review memiliki nilai lebih sendiri, tentunya karena kritik yang diberikan memiliki tujuan yang positif dan membangun. Jadi, review akan memberikan manfaat bagi masyarakat luas.

Ciri-Ciri Review

Ada pun ciri-ciri review yang bisa kamu pahami dan lihat, antara lain:

  • Fokus kepada nilai guna dari suatu produk atau jasa dan bidang lainnya
  • Ulasan yang diberikan cukup panjang dan juga kompleks
  • Memberikan informasi secara detail mengenai kelebihan dan kekurangan suatu produk atau jasa atau karya.

Kevindra P. Soemantri The Art Of Restaurant Review

Tujuan Review

Review 5sumber : pixabay.com

Tentunya, seseorang terutama reviewer dalam melakukan review memiliki maksud dan tujuan, karena tidak mungkin hanya akan asal memberikan ulasan. Tujuan utama melakukan review adalah untuk memberikan informasi dan gambaran dari sebuah produk atau karya.

Ulasan ini bisa berupa kelebihan dan kekurangan yang berupa kritikan yang juga memiliki manfaat tidak hanya bagi masyarakat atau calon pembeli namun juga bagi para produsen produk atau jasa tersebut.

Maka dari itu, reviewer tidak disarankan dengan sembarangan mengulas sesuatu karena memiliki pengaruh sangat besar terhadap respons dari pembaca maupun produk yang dinilai.

Jenis-Jenis Review

Review pun banyak memiliki jenis-jenisnya yang bisa kamu ketahui seperti:

1. Review Buku

Buku merupakan barang yang sering dan umum untuk di review oleh para reviewer buku. Saat ini bahkan sudah banyak media sosial yang sudah khusus memiliki forum untuk mengulas buku-buku. Melalui review buku, para pembaca akan lebih bisa menemukan buku yang menarik dan sesuai dengan yang dicari.

2. Review Gadget

Gadget merupakan kebutuhan yang penting untuk masyarakat. Hampir seluruh lapisan masyarakat pasti memiliki gadget. Sudah banyak produsen yang melakukan inovasi dan merilis produk terbarunya dengan berbagai macam keunggulan. Maka dari itu, banyak juga yang menjadi reviewer mengenai produk-produk tersebut, mulai dari membahas keunggulan dan kekurangannya agar bisa pas di pilihan masyarakat.

3. Review Film

Selain buku dan gadget, film juga merupakan sesuatu hal yang umum untuk di review oleh sejumlah orang yang bahkan bukan menjadi reviewer. Namun biasanya para reviewer akan mengulas lebih dalam mengenai hal-hal yang ada di dalam film tersebut mulai dari akting pemain, latar belakang cerita, suasana, alur, hingga teknik pengambilan dan editing video.

4. Review Makanan dan Minuman

Tidak hanya film yang sering diberikan ulasan oleh masyarakat umum, ternyata makanan juga sering diberikan ulasan atau review oleh masyarakat bukan hanya oleh pecinta kuliner atau makanan dan minuman. Hal ini karena aneka ragam bentuk serta rasa makanan yang menarik menjadi perhatian mata dan memanjakan lidah.

Untuk makanan dan minuman mungkin reviewer akan lebih menjaga alasannya karena kembali lagi kepada selera pada masing-masing orang yang tentunya berbeda. Biasanya, reviewer akan mengulas lebih dalam dan tidak hanya cita rasa yang akan diberikan review, tetapi akan memberikan informasi lainnya seperti aroma, harga, suasana lokasi, alamat dan lainnya.

5. Review Jurnal

Berbeda dengan review buku yang ditunjukkan kepada para calon pembaca sehingga ia bisa menemukan buku yang diinginkan. Namun review jurnal ini lebih ditunjukkan kepada pembaca dalam memahami inti dari penelitian yang telah dilakukan. Bagi sebagian orang memang membaca jurnal akan menjadi hal yang sangat membosankan. Maka dari itu saat ini sudah banyak orang yang mengulas jurnal untuk membantu masyarakat lain bisa memahami intisari jurnal tersebut.

6. Review Karyawan

Di dalam dunia kerja, akan ada namanya proses review karyawan yang biasanya dilakukan dalam periode waktu yang sudah ditentukan oleh perusahaan. Kegiatan ini memiliki tujuan agar perusahaan bisa mengetahui performa karyawan apakah kinerja karyawan itu sudah sesuai dengan kriteria perusahaan atau belum.

Namun, membuat review karyawan tidak semudah dengan review lainnya seperti review produk dan jasa. Hal ini karena komponen perlu diperhatikan lebih lanjut dan harus bersifat objektif dan sangat menyita waktu jika dikerjakan secara manual.

Dalam melakukan review karyawan bisa menggunakan beberapa cara agar lebih produktif dan efektif seperti:

  • Tidak menghubungkan antara review gaji dan review profesional. Hal ini karena keduanya berbeda. Review profesional untuk memantau kemampuan dan kekurangan karyawan sedangkan review kenaikan gaji memonitor kinerja karyawan selama satu tahun.
  • Buatlah indikator pencapaian atau keberhasilan karyawan dengan jelas
  • Jujur terhadap apapun hasil review yang ditemukan atau keadaan karyawan
  • Berikan kewajiban karyawan sendiri untuk di review.

7. Review MakeUp

Bagi wanita tentunya melihat ulasan mengenai makeup yang akan dibeli sangat penting dilakukan, hal ini karena tentu mereka menginginkan yang terbaik untuk wajahnya. Biasanya para review makeup akan memberikan ulasan mengenai kelebihan makeup itu sendiri apakah tahan air atau cepat hilang dan kekurangannya seperti mudah luntur terkena keringat dan lain-lain.

8. Review Aplikasi

Tak hanya gadget, namun aplikasi yang ada di dalamnya juga bisa dijadikan topik untuk melakukan review loh. Hal yang biasanya dibahas adalah seputar pengguna aplikasi tersebut. Pembahasannya akan mengarah mengenai apakah aplikasi tersebut cukup potensial dan mendukung aktivitas sehari-hari dan apakah aplikasi tersebut dapat dipercaya.

Struktur Review

Seorang reviewer dalam memberikan proses review tentunya memiliki struktur review yang menjadi patokan sehingga ulasan yang diberikan sesuai. Berikut adalah struktur review yang perlu kamu ketahui :

1. Pengenalan Produk

Pada bagian awal sebuah review maka reviewer harus memberikan pengenalan pada produk yang akan di review secara umum. Pengenalan produk bisa dimulai dari nama, latar belakang , pembuatannya dan sebagainya.

2. Evaluasi

Pada bagian evaluasi ini, reviewer akan memberi gambaran secara jelas apa saja hal-hal yang perlu diketahui oleh pembaca mengenai topik yang akan diulas.

3. Interpretasi

Pada bagian ini seorang reviewer akan memberikan penjelasan mengenai produk atau jasa mulai dari sudut pandangnya secara jujur. Informasi yang diberikan disini biasanya berupa kelebihan, kekurangan atau bisa juga membandingkan dengan produk atau jasa lainnya yang sejenis.

4. Kesimpulan

Pada bagian akhir dari struktur review maka akan ada kesimpulan. Kesimpulan ini berisi pemaparan hasil yang sudah diulas secara garis besar. Selain itu bisa juga ditambahkan pendapat dari reviewer apakah produk atau jasa tersebut layak untuk dibeli atau tidak.

Cara Melakukan Review

Agar grameds bisa memberikan ulasan kamu harus bisa mengetahui langkah-langkah yang perlu dilakukan hingga ulasan yang kamu berikan memiliki nilai dan berguna bagi orang lain. Berikut ini adalah cara melakukan review:

  1. Memilih barang atau karya yang akan diulas
  2. Memiliki wawasan atau menguasai tentang hal-hal yang berkaitan dengan barang yang ingin diulas
  3. Menuliskan informasi mengenai kelebihan dan kekurangan barang atau jasa tersebut
  4. Memberi penjelasan dari sudut pandang pemikiran kamu dan berikan rekomendasi tentang barang tersebut kepada pembaca atau penonton.

Contoh Review

Berikut adalah beberapa contoh review yang bisa kamu jadikan referensi jika ingin melakukan review terhadap beberapa produk atau jasa.

Produk Kecantikan

Review 5sumber : pixabay.com

MS Glow adalah salah satu produk skincare yang telah bersertifikat BPOM sehingga aman digunakan. Belakangan ini, produk asli Indonesia ini banyak diburu wanita karena terbukti memiliki kualitas yang bagus.

Asal brand: Indonesia
Jenis produk: kecantikan/ skincare

Contoh produk:

  • MS Glow Whitening Night Cream
  • MS Glow Whitening Day Cream
  • Glowing Toner MS Glow
  • MS Glow Whitening Facial Wash
  • MS Glow Radiance Gold Gel
  • MS GlowFlawless Glow Red Jelly
  • MS Glow Acne Premium Forte
  • Paket MS Glow Acne Basic
  • Ms Glow Paket Ultimate Basic

Kelebihan produk:

  • Aman digunakan karena telah bersertifikasi BPOM.
  • Harga terjangkau untuk semua lapisan ekonomi.
  • Mudah didapatkan.
  • Tersedia berbagai produk yang sesuai dengan permasalahan kulit masing-masing.
  • Kemasan menarik, mudah dipakai dan dibawa kemanapun.

 Review Jurnal

Review 5sumber : pixabay.com

Judul: Laporan Langsung Psychopathy dan Hubungan dengan Perbuatan Kriminal serta Antisosial Berdasarkan Sampel pada Lulusan S1 Universitas

Penulis: Saryani Rihati

Publikasi: Jurnal Ilmu Pengetahuan Perilaku Manusia

Latar Belakang Penelitian:

Psikopati adalah gangguan kepribadian kompleks yang gejalanya antara lain perilaku impulsif, kedangkalan, egosentrisme, dan kurangnya rasa bersalah serta penyesalan. Individu yang memiliki gangguan ini memiliki gejala berupa gangguan antisosial dan tingkah laku kriminal. Tinjauan ini melihat seseorang dengan gejala psikopat dari tua konteks, yakni non kriminal dan pidana. Ada beberapa teori yang berhubungan dengan faktor psikologis, biologis, serta faktor sosial.

Teori Utama:

Pada karya ilmiah ini, penulis menggunakan teori utama aliran psikoanalisis yang dicetuskan oleh Sigmund Freud. Teori ini merupakan teori pembentukan seorang individu.

Metode Penelitian:

Pada penelitiannya, jurnal ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Semua data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan metode analisis regresi menggunakan metode stepwise.

Sampel Penelitian:

Penelitian mengambil sampel sebanyak 300 mahasiswa dengan persentase gender 82% perempuan dan 18% laki-laki menggunakan teknik populatif di Universitas Panca Husada.

Hasil:

Penelitian berhasil menunjukkan hubungan antara sikap kriminal, psikopatik, dan kecenderungan yang mendorong sikap antisosial berdasarkan sampel mahasiswa. Rata-rata sebagian besar mahasiswa menunjukkan tidak ada kecenderungan ciri-ciri psikopat sebab mode berpikir mengarah ke perbuatan pidana hingga substantive criminal.

Sementara itu, untuk mereka yang menunjukkan adanya kecenderungan sikap kriminal dalam berpikir hingga adanya kognisi terhadap pelanggaran dan kecenderungan antisosial memiliki persentase rendah. Hal ini menunjukkan bahwa semakin meningkatnya jumlah pemikiran yang mengarah ke perbuatan kriminal serta sikap pelanggaran hukum, turut didukung oleh meningkatnya perilaku antisosial dan hasil responden.

Review Produk

Review 5sumber : pixabay.com

Humidifier

  • Merk: Taffware
  • Warna: Putih
  • Diameter: 13cm
  • Tinggi: 10cm
  • Material: Plastik
  • Panjang Kabel: 140cm
  • Volume Air: 300 ml
  • DC 24v 0.5A

Fitur:

  • Remote Control
  • 7 Warna LED
  • Timer
  • Pengaturan Uap Air

Harga: Rp 185,000 (belum termasuk ongkos kirim)

Beli di: Tokopedia

Kalau dari deskripsi produk di marketplace, barang ini merupakan pelembap udara sekaligus pewangi ruangan dengan fungsi ekstra penyebar aroma terapi. Berdasarkan usaha pemilihan produk, Taffware ini yang punya volume air cukup banyak (300ml). Tentunya, dia punya remote control, yang memungkinkan saya mengatur diffuser dari jarak jauh.

Menurut pantauan, diffuser model ini hadir dengan berbagai merek, kebetulan saja tempat saya beli mereknya Taffware, tapi kalau dilihat dari kardus tak ada merek spesifik di sana. Jadi kalau kamu tertarik bisa mencari diffuser ini di toko yang kamu percaya dengan berbagai merek, perhatikan juga ukuran daya tampung air dan apakah memiliki remote control dalam paketnya.

Sekali lagi, masih banyak pilihan bentuk diffuser lain, ukuran beragam, dan harga yang lebih bervariasi.

Diffuser ini punya banyak pengaturan dari remotenya. Bisa mengatur besar atau kecil uap yang dikeluarkan, berselang atau terus menerus uap yang keluar, warna lampu (pilihan terang atau pendar), hingga mengatur kapan diffuser mati.

Selama pemakaian, dengan mengisi air maksimal, menggunakan uap kecil, maka diffuser dapat bekerja hingga hampir 8 jam. Namun,i jika menggunakan pengaturan uap besar, biasanya hanya bertahan kurang lebih 6 jam.

Salah satu yang saya sukai dari diffuser ini ialah tak terlalu berisik saat bekerja. Selain itu bisa diatur lampu yang menyala hanya pendar, jadi tak terlalu terang saat kamar digelapkan. Untuk aroma yang keluar, sepertinya saya tak bisa bilang banyak karena tak ada perbandingan juga, namun ruangan saya bisa beraroma harum selama penggunaan.

Grameds, itulah penjelasan tentang review, mulai dari pengertian ciri-ciri. tujuan, hingga contohnya. Dari pembahasan di atas dapat dikatakan bahwa review adalah suatu kegiatan untuk memberikan ulasan terhadap suatu produk atau karya.

Setelah membaca artikel ini sampai selesai, apakah kamu tertarik untuk menjadi seorang reviewer? Jika grameds ingin menjadi seorang reviewer, maka grameds perlu memperhatikan beberapa hal di atas agar review yang kamu keluarkan memiliki nilai dan tidak sama dengan opini.

Jika grameds ingin membaca mengenai buku tentang review atau buku lainnya maka grameds bisa membaca dan membeli bukunya di Gramedia.com. Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis : Christin Devina



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien