Sastra

Pengertian Poster: Ciri-ciri, Tujuan, Fungsi, Jenis, dan Cara Membuatnya!

pengertian poster
Written by Laeli Nur Azizah

Mungkin banyak dari kita yang seringkali melihat gambar-gambar yang dilengkapi dengan kata-kata yang ada di kertas ukuran besar yang ditempelkan ataupun dipasang ditempat-tempat ramai seperti mall, pasar, alun-alun, sekolahan, dan lainnya. Jadi, yang kita lihat itu adalah salah satu jenis poster. Lalu, apa sih pengertian poster dan bagaimana cara membuatnya? Untuk mengetahui informasi tersebut lebih lanjut, simak artikel ini hingga selesai ya.

Pengertian Poster

Pengertian poster adalah suatu pengumuman ataupun iklan dalam bentuk gambar ataupun tulisan yang berisi mengenai himbauan atau ajakan untuk melakukan sesuatu dan umumnya poster tersebut akan ditempelkan di dinding atau di tempat-tempat strategis yang kerap dilalui banyak orang dan juga mudah untuk dibaca.

Adapun pengertian lain dari poster yaitu media pemberitahuan suatu gagasan, ide, ataupun hal penting kepada khalayak umum. Poster adalah karya seni hasil desain grafis yang mengandung teks, gambar, atau keduanya yang bertujuan untuk memberikan pesan atau informasi pada masyarakat.

Umumnya, poster ditempel pada media datar seperti dinding ataupun permukaan yang datar. Poster tersebut berisi warna-warna dan juga gambar yang mencolok dan kalimat dalam bentuk slogan. Akan tetapi, tidak hanya berbentuk cetak, di zaman sekarang poster banyak yang dipakai dalam bentuk digital.

Pengertian Poster Menurut Para Ahli

Untuk lebih memahami arti dari poster itu sendiri, maka kita bisa merujuk pada beberapa pendapat yang berasal dari para ahli yang ada di bawah ini:

1. Pengertian Poster Menurut Arsyad

Menurut Arsyad, pengertian poster adalah suatu media visual dua dimensi berisi mengenai gambar dan pesan tulisan singkat, yang mana digunakan untuk menyampaikan pesan-pesan tertentu untuk mempengaruhi dan memotivasi banyak orang yang melihatnya.

2. Pengertian Poster Menurut Sri Anitah

Menurut Sri Anitah, pengertian poster adalah suatu gambar yang memadukan unsur-unsur visual seperti gambar, garis, dan juga kata-kata yang bertujuan untuk menarik perhatian dan mengkomunikasikan pesan secara singkat.

3. Pengertian Poster Menurut Nana Sudjana

Menurut Nana Sudjana, pengertian poster adalah perpaduan visual dari rancangan yang kuat, dengan warna, dan juga pesan. Dimana tujuan dari poster tersebut adalah untuk menangkap perhatian orang yang melihatnya dan bisa menanamkan gagasan di dalam ingatan orang-orang yang melihatnya.

4. Pengertian Poster Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Menurut Depdikbud, pengertian poster adalah suatu media yang terdiri dari simbol atau lambang kata yang sangat sederhana. Biasanya poster tersebut akan mengandung anjuran ataupun larangan.

Retorika Visual Fotografis dalam Iklan Koran Single Edition - pengertian poster

https://www.gramedia.com/products/mengendalikan-asam-urat?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

Ciri-ciri Poster

Sebagai media untuk menyampaikan sebuah pesan, poster mempunyai ciri khas tersendiri yang dapat dikenali. Terdapat beberapa ciri yang dapat kita kenali Grameds yang mengindikasikan sebuah poster. Berikut adalah ciri-cirinya:

1. Sederhana

Sebagai media satu arah, poster dibuat dengan menggunakan metode yang sederhana. Baik itu sederhana secara tampilan atau ornamen-ornamen yang ada di dalam poster. Apabila poster dibuat, akan tetapi sulit untuk dipahami, itu artinya termasuk ke dalam kategori gagal posternya dalam menyampaikan maksud pesan.

Ciri sederhana itulah yang nantinya akan membuat orang-orang yang sengaja ataupun tidak sengaja melihat, langsung paham dengan pesan yang ada di dalam poster. Selain itu, desain yang dibuat juga sederhana karena biasanya poster akan ditempelkan di tiang listrik atau tempat-tempat umum yang sering dilewati oleh orang-orang.

Oleh karena itu, hanya dengan selintas saja orang melihat poster tersebut, mereka akan langsung memahami pesan yang ada di dalamnya.

2. Menyajikan Ide dan Bertujuan Mencapai Satu Tujuan Pokok

Ciri-ciri poster berikutnya yaitu menyajikan satu ide. Jika satu ide tersebut sudah tersampaikan, maka tujuan pokok dari poster juga demikian.

Misalnya, untuk tujuan kesehatan supaya terhindar dari kuman. Maka, poster tersebut akan menampilkan orang yang sedang mencuci tangan, menggunakan sabun anti kuman, dan lainnya yang menggambarkan kebersihan. Ide dan tujuannya yaitu supaya orang-orang menerapkan hidup bersih.

3. Berwarna

Idealnya, penampilan poster selalu berwarna. Dimana dari warna-warna yang ada akan dipadukan secara kreatif. Sehingga orang-orang akan tertarik untuk melihatnya. Apabila melihat poster yang tidak berwarna, maka mungkin itu termasuk poster zaman dulu yang hanya berwarna hitam dan putih saja.

Selain itu, biasanya poster juga tidak memuat hanya satu warna. Itu artinya, sebuah poster bisa saja memuat berbagai warna yang kemudian dikombinasikan. Satu warna dengan yang lainnya saling menyeimbangkan dan melengkapi.

4. Ada Slogan

Poster biasanya mempunyai kata-kata pamungkas. Umumnya akan ditampilkan secara jelas melalui kata-kata. Kata-kata tersebutlah yang dinamakan slogan.

Akan terasa aneh jika sebuah poster tidak ada slogan di dalamnya. Sebab, slogan tersebut bersifat menegaskan pesan yang ingin disampaikan. Sehingga, dengan adanya slogan tersebut, pesan akan langsung sampai kepada para pembaca yang melihatnya.

5. Tulisannya Jelas

Kejelasan dari sebuah tulisan dalam poster wajib hukumnya. Karena saat tulisan tersebut tidak jelas, maka pesan yang akan disampaikan juga sulit untuk dipahami.

Oleh karena itu, penjelasan singkat juga sangat dibutuhkan di dalam poster. Selain bisa mempertegas, hal itu juga akan menjelaskan slogan yang ada di dalam poster tersebut. Umumnya, penjelasan tulisan juga didesain dengan semenarik mungkin dan mudah untuk dipahami.

6. Motif

Ada motif ataupun maksud yang ingin dicapai si pembuat poster. Pembuat desain poster secara tersurat ataupun tidak akan menampilkan pesan pada desain visual poster. Poster tidak akan mungkin dibuat tanpa adanya motif tertentu.

Motif tersebut akan muncul menjadi ide. Lalu saat sudah menjadi ide, akhirnya diwujudkan melalui pengembangan desain visual yang diinginkan.

7. Tulisannya Bervariasi

Ciri-ciri poster yang terakhir adalah adanya tulisan yang bervariasi. Di dalam satu desain visual poster, bisa saja lebih dari dua ataupun tiga jenis tulisan. Bahkan, ukuran tulisan yang ada di dalam satu poster juga bisa sangat bervariasi. Tulisan yang sangat variatif ini mempunyai estetikanya sendiri dan pastinya akan mudah untuk dipahami.

Iklan Layanan Masyarakat - pengertian poster

https://www.gramedia.com/products/mengendalikan-asam-urat?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

Fungsi Poster

Fungsi poster adalah untuk membuat para pembaca tertarik terhadap informasi yang ada di dalam poster tersebut. Dengan adanya poster yang dibuat dengan warna, gambar, dan juga kata yang dibuat semenarik mungkin, harapannya pembaca lebih peduli dengan isi yang disampaikan di dalam poster tersebut.

Membuat media promosi dengan menggunakan poster memang cenderung lebih murah dibandingkan dengan menggunakan media televisi atau radio. Selain itu, pembaca juga bisa lebih tertarget karena bisa diletakkan di tempat-tempat tertentu sesuai dengan target market. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa fungsi poster yang perlu dipahami:

a. Fungsi poster yang pertama adalah sebagai media untuk menyampaikan informasi.
b. Media promosi barang ataupun jasa.
c. Sarana untuk para desainer menuangkan kreativitasnya.

Tujuan Poster

Jika fungsi dari poster sendiri adalah sebagai media untuk menyampaikan informasi, maka tujuan poster yaitu untuk memastikan bahwa informasi yang disampaikan dipahami dengan baik oleh para pembacanya. Berikut ini adalah beberapa tujuan adanya poster, antara lain:

a. Masyarakat menjadi lebih tahu mengenai kegiatan ataupun acara yang akan dilaksanakan. Misalnya saja ada kegiatan bazar, peringatan kemerdekaan, dan juga donor darah.
b. Menjadikan jasa ataupun produk kita menjadi lebih dikenal dan juga digunakan oleh masyarakat luas.
c. Mengingatkan kepada masyarakat mengenai berbagai hal yang seharusnya dilakukan. Misalnya saja ajakan untuk menerapkan hidup sehat dan juga menjaga kebersihan lingkungan, menghemat air, dan lain sebagainya.
d. Mengingatkan kepada masyarakat untuk menghindari berbagai macam hal yang merugikan diri sendiri ataupun orang lain. Misalnya saja berhenti merokok, jangan membuang sampah sembarangan, dan lain sebagainya.

Jenis-jenis Poster

Poster sendiri mempunyai berbagai jenis yang bervariasi berdasarkan isi dan juga tujuan pembuatannya. Berikut ini adalah penjelasan mengenai jenis-jenis poster, antara lain:

1. Jenis Poster Berdasarkan Isinya

Jika dilihat berdasarkan isi yang ada di dalam poster, poster sendiri dibagi menjadi empat jenis, yakni poster kegiatan, poster pendidikan, poster niaga, dan poster layanan masyarakat. Berikut ini adalah penjelasan selengkapnya.

a. Poster Kegiatan

Poster kegiatan adalah poster yang berisi mengenai informasi pada suatu kegiatan yang akan diselenggarakan, agar kegiatan tersebut diketahui oleh banyak orang dengan harapan agar orang-orang tersebut ikut hadir dan meramaikan kegiatan tersebut.

b. Poster Pendidikan

Poster pendidikan adalah poster yang berisi mengenai informasi yang bisa memberikan pengarahan ataupun pendidikan kepada masyarakat.

c. Poster Niaga

Poster niaga adalah poster yang berisi mengenai penawaran atau promosi suatu produk atau jasa yang dijual oleh perusahaan.

d. Poster Layanan Masyarakat

Poster layanan masyarakat adalah poster yang berisi mengenai informasi tentang layanan-layanan kepada masyarakat, seperti misalnya poster layanan kesehatan atau kesejahteraan masyarakat.

e. Poster Karya Seni

Poster ini bersifat ekspresif dan belum tentu bisa diartikan sama antara satu orang dengan orang lainnya.

2. Poster Berdasarkan Tujuannya

Jika dilihat dari tujuannya, poster dibagi menjadi beberapa jenis, antara lain:

a. Poster Propaganda

Poster propaganda adalah salah satu poster yang bertujuan untuk memberikan semangat atau motivasi kepada masyarakat. Umumnya, hal itu bertujuan agar mereka tetap bersemangat dalam menjalani hidup dan lainnya, bisa dikatakan juga bahwa poster yang satu ini adalah poster yang bertujuan untuk mempengaruhi orang lain.

b. Poster Kampanye

Poster kampanye biasanya sering muncul pada saat masa-masa pemilu. Dimana poster ini bertujuan untuk meraih simpati masyarakat umum sebanyak mungkin supaya mereka memilih orang yang ada di dalam poster saat pemilu tiba.

c. Poster Afirmasi

Poster afirmasi adalah poster yang memiliki tujuan untuk memberikan motivasi kepada para pembaca dengan kalimat yang bisa mempengaruhi pikiran mereka.

d. Poster “Dicari”

Ini adalah poster yang dibuat dengan tujuan untuk mencari seseorang atau benda yang dibutuhkan. Misalnya saja, poster perusahaan yang mencari pekerja, poster yang menampilkan orang hilang, poster yang menampilkan barang hilang dan lain sebagainya.

e. Poster Film

Poster film adalah salah satu poster yang bertujuan untuk mempromosikan film terbaru yang akan tayang dengan maksud agar masyarakat tertarik untuk menontonnya.

f. Poster Komik

Poster komik adalah poster yang dibuat dengan tujuan untuk mempopulerkan komik-komik kepada masyarakat umum ataupun banyak orang agar tertarik untuk membacanya.

g. Poster “Cheesecake”

Ini adalah poster yang dibuat dengan tujuan untuk mencari perhatian masyarakat umum. Umumnya poster ini berisi gambar-gambar orang terkenal seperti penyanyi, artis, dan lain sebagainya yang bisa menarik perhatian orang banyak.

h. Poster Riset

Poster riset adalah poster yang dibuat dengan tujuan untuk memberikan informasi terkait kegiatan penelitian atau riset kepada banyak orang. Umumnya poster ini sering kita temui di sekolah atau kampus.

i. Poster Komersial

Poster komersial adalah jenis poster yang bertujuan untuk mempromosikan produk ataupun jasa yang ditawarkan oleh suatu perusahaan. Jenis poster ini seringkali disebut dengan poster niaga.

j. Poster Kelas

Poster kelas adalah poster yang dibuat dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan dan juga motivasi kepada para siswa. Seringkali poster jenis ini dapat kita lihat di dalam kelas yang ada di sekolah.

Membuat Berbagai Macam Layout Iklan Dengan CorelDraw X6 - pengertian poster

https://www.gramedia.com/products/mengendalikan-asam-urat?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

Cara Membuat Poster yang Baik

Setelah memahami pengertian poster dan berbagai macam jenisnya, alangkah lebih baik jika kita juga memahami bagaimana cara membuat poster yang baik dan benar supaya poster yang nantinya akan ditempelkan bisa menarik minat masyarakat umum. Berikut ini adalah beberapa cara yang tepat dalam membuat sebuah poster, antara lain:

1. Menentukan Tema dan Tujuan dari Poster

Tahap pertama yang harus dilakukan sebelum membuat poster adalah menentukan tema dan juga tujuan dari pembuatan poster tersebut. Apabila kamu bermaksud untuk membuat sebuah poster yang ditujukan untuk promosi barang atau jasa, maka lebih baik kamu harus melakukan pertimbangan yang maksimal. Tidak ada salahnya untuk riset terlebih dulu, termasuk meminta bantuan desainer poster. Pembuatan poster ini akan lebih matang dan menarik dibandingkan dengan poster yang bertujuan untuk sosialisasi saja.

2. Tentukan Kalimat yang Akan Ditulis di Dalam Poster

Disini, kamu harus pandai dalam menentukan kata-kata yang menggambarkan tujuan poster secara gamblang yaitu singkat, padat, dan jelas, serta mudah untuk dipahami. Informasi ataupun promosi yang terlalu panjang dan berbelit, justru akan membuat pembaca malas untuk membaca poster kamu sampai selesai. Oleh karena itu, tujuan dari poster kamu tidak akan tersampaikan dengan baik. Jadi, kamu harus memilih bahasa yang singkat supaya pesan yang disampaikan bisa dipahami dengan mudah. Sementara, bila kamu ingin membuat poster promosi, maka lebih baik pilih kata-kata yang bisa mensugesti pikiran pembaca.

3. Menggunakan Gambar yang Baik

Kamu harus bisa memadukan antara tulisan dan gambar secara baik supaya tampilan poster bisa menarik mata para pembacanya. Desain poster yang menarik bisa langsung memberikan efek visual. Proporsi antara gambar dan tulisan harus pas, supaya poster kamu bisa menarik pembaca.

4. Pilih Media Poster yang Tepat

Tentukan media pembuatan poster seperti kertas, kain, dan bahan lainnya yang mendukung. Memilih media pembuatan poster pastinya akan selalu berhubungan dengan tempat penempelan poster tersebut. Pastikan kamu memilih media yang tepat dengan lokasi ditempatkannya poster yang kamu buat.

Demikian penjelasan mengenai apa itu pengertian poster, tujuan, fungsi, dan juga jenis-jenisnya. Jika kamu ingin membuat sebuah poster, maka pastikan dulu untuk memahami apa itu poster dan berbagai jenis poster, serta cara membuat poster yang baik dan benar sesuai kebutuhanmu.

Selama kamu pandai menentukan desain yang tepat, maka maksud dan juga tujuan poster yang dibuat akan tersampaikan dengan baik kepada khalayak umum. Semoga artikel penjelasan di atas dapat memberikan manfaat bagi kamu yang ingin membuat poster.



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien