Pendidikan

Rekomendasi Buku Tentang Pendidikan

Written by Restu

Rekomendasi Buku tentang Pendidikan – Berbicara tentang pendidikan ini akan selalu berkaitan dengan siswa dan guru yang di mana kedua hal itu tak akan bisa dipisahkan. Bagi para guru, mengajar bisa dikatakan sebagai hal yang menyenangkan karena bisa membagikan ilmunya kepada para siswa. Selain itu, para siswa akan merasa senang ketika mendapatkan ilmu pengetahuan atau informasi baru. Suatu ilmu pengetahuan atau informasi akan mudah diterima oleh para siswa, jika seorang guru mampu menjalankan perannya dengan baik. Dalam hal ini, peran yang baik dapat diartikan sebagai mengajar dan mendidik yang tidak membuat para siswa bosan.

Maka dari itu, dalam dunia pendidikan peran guru ini bisa dibilang cukup krusial karena bisa memengaruhi kecerdasan dan kepribadian bagi para siswanya. Meskipun, sangat krusial dan harus memerhatikan berbagai macam aspek, tetapi menjadi guru bisa dikatakan sebagai salah satu profesi yang mulia. Akan tetapi, jika ingin menjadi guru tidak semudah yang ada di dalam bayangan kita. Dengan kata lain, untuk menjadi guru dibutuhkan beberapa kualifikasi atau persyaratan yang memenuhi untuk menjadi guru. Syarat perlu untuk dipenuhi agar menghasilkan guru-guru yang berkualitas.

Hingga saat ini, sudah banyak perguruan tinggi swasta atau perguruan tinggi negeri yang menyediakan ilmu pendidikan untuk menjadi guru, ketika lulus mereka akan mendapatkan gelar sarjana pendidikan. Selain dari lembaga pendidikan, untuk menjadi guru kita juga harus belajar dari berbagai macam hal, salah satunya dari buku.

Dengan membaca buku-buku tentang dunia pendidikan, maka seseorang yang ingin menjadi guru akan bertambah wawasannya, sehingga ketika mengajar dan mendidik dapat dilakukan dengan optimal. Proses kegiatan belajar dan mengajar yang optimal akan membuat para siswa menjadi senang dan tidak bosan. Hal ini perlu dilakukan agar ilmu pengetahuan dan informasi yang diberikan mudah diterima oleh para siswa.

Jika, berbicara tentang buku-buku tentang dunia pendidikan memang sangat banyak dan terkadang membuat bingung para calon guru karena harus memilih buku yang mana. Supaya para calon guru tidak bingung dalam memilih buku tentang dunia pendidikan, maka bisa membaca buku-buku rekomendasi di bawah ini.

Rekomendasi Buku Pendidikan

Di bawah ini akan diberikan rekomendasi buku-buku tentang dunia pendidikan serta buku-buku tentang pendidik.

1. Menjadi Guru Hebat Di Era Revolusi Industri 4.0

beli sekarangHampir semua guru akan merasa senang dan bangga ketika dirinya dijuluki sebagai “guru hebat”. Dalam hal ini, “guru hebat” dapat diartikan sebagai seorang guru yang memiliki keinginan untuk terus belajar dan mengembangkan dirinya dimanapun dan kapanpun. Bahkan, guru yang hebat bisa belajar dari kegiatan belajar mengajar berlangsung. Selain itu, guru hebat bisa juga menciptakan suasana belajar mengajar yang menyenangkan.

Terlebih lagi, perkembangan zaman yang terus bergerak maju dan modern, sehingga menuntut para “guru hebat” agar bisa mengikuti proses belajar mengajar menggunakan teknologi agar tidak ketinggalan zaman. Seorang guru yang menggunakan teknologi menandakan bahwa kualitas guru itu mengalami peningkatan. Maka dari itu, mau tidak mau, suka tidak suka seorang guru harus bisa mengikuti revolusi industri 4.0.

Buku yang bisa dijadikan sebagai panduan agar bisa menjadi seorang guru yang hebat di era revolusi industri 4.0 adalah buku yang ditulis oleh Non Syafriafdi dengan judul Menjadi Guru Hebat Di Era Revolusi Industri 4.0. Setelah membaca buku ini, maka pembaca terutama para guru dan calon guru akan menemukan cara-cara untuk menjadi guru hebat di era digital. Oleh karena itu, segera dapatkan buku ini agar bisa menerapkan cara-cara untuk menjadi guru yang hebat di mata para siswa.

2. Menjadi Guru Hebat Zaman Now

beli sekarangKemajuan zaman membuat berbagai sektor mengalami kemajuan juga, seperti ilmu pengetahuan, teknologi, dan tingkat kecerdasan para siswa yang semakin tinggi. Semakin tinggi tingkat kecerdasan para siswa, maka semakin besar tugas yang ditanggung oleh seorang guru atau pendidik. Supaya bisa menyampaikan informasi dan ilmu pengetahuan menggunakan teknologi yang semakin modern, maka seorang guru perlu belajar untuk mengembangkan dirinya agar bisa dikenal sebagai “guru hebat”.

Apakah bisa menjadi “guru hebat” di zaman now? Pertanyaan seperti itu kemungkinan besar akan muncul dari dalam diri seorang guru. Pada dasarnya setiap guru pasti bisa menjadi “guru hebat” selama ia selalu ingin terus belajar untuk memahami metode-metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik para siswa zaman now. Dengan cara seperti itulah, para siswa akan mudah menerima informasi dan ilmu pengetahuan dari seorang guru yang hebat di zaman now.

Buku yang sangat cocok untuk dijadikan sebagai pedoman agar bisa menjadi “guru hebat” di zaman now adalah buku Menjadi Guru Hebat Zaman Now. Buku ini ditulis oleh Robert Bala dengan menggunakan bahasa yang sederhana dan hanya membagi 3 pembahasan penting, mulai dari memahami dan membuat sebuah konsep belajar, hingga mengevaluasi diri.

3. Materi Pendidikan Karakter: Pegangan Praktis Guru dan Orangtua

beli sekarangPendidikan karakter ini perlu diterapkan disetiap lembaga pendidikan karena akan menghasilkan siswa-siswa yang berkualitas. Dengan pendidikan karakter, seorang siswa akan bisa memilih mana hal yang baik mana hal buruk untuk dirinya, sehingga dikemudian hari nanti seorang siswa dapat menentukan jalan hidupnya dengan penuh keyakinan dan tanpa rasa ragu.

Pendidikan karakter ini tidak akan bisa diwujudkan, jika tak ada perang guru. Sudah semestinya bagi para guru untuk menerapkan pendidikan karakter dalam proses kegiatan belajar mengajar. Oleh sebab itu, para guru perlu membuat materi-materi pembelajaran yang berkaitan dengan pendidikan karakter. Memang tidak mudah bagi para guru untuk membuat materi pendidikan karakter, maka diperlukan dalam membuat materi tersebut.

Salah satu panduan yang dapat digunakan adalah Buku yang berjudul Materi Pendidikan: Karakter Pegangan Praktis Guru dan Orangtua karya A.M. Mangunhardjana. Buku ini terdiri dari 7 bagian yang di mana setiap bagiannya selalu berkaitan dengan kepribadian.

4. Menjadi Guru Profesional

beli sekarangSeorang guru harus memiliki sikap profesional karena dengan sikap itu seorang guru bisa bertanggung jawab terhadap tugas-tugasnya. Untuk menjadi seorang guru yang profesional memang membutuhkan proses, sehingga tak bisa langsung jadi seorang guru profesional. Salah satu cara untuk menjadi guru profesional adalah menambah wawasan dengan membaca buku.

Buku Menjadi Guru Profesional karya Muhammad Anwar sangat cocok dijadikan sebagai referensi untuk menambahkan wawasan tentang keprofesionalan guru. Keistimewaan dari buku ini terletak pada isinya yang di mana terdapat berbagai macam cara untuk meningkatkan kompetensi guru supaya dapat memberikan informasi dan ilmu pengetahuan dengan baik.

Alangkah baiknya, jang menunda-nunda untuk menjadi seorang guru yang profesional supaya informasi dan ilmu pengetahuan dapat diberikan dengan optimal. Jadi, segera dapatkan buku ini di toko buku digital Gramedia.

5. Sukses Uji Kompetensi Guru (UKG)

beli sekarangSeperti yang sudah diketahui oleh banyak orang bahwa seorang guru harus memiliki kompetensi yang dapat menunjang proses belajar mengajar di sekolah, sehingga bisa berperan aktif dalam dunia pendidikan. Kompetensi yang memadai ini dapat dinilai melalui Uji Kompetensi Guru (UKG). Di Indonesia, diterapkannya UKG ini berdasarkan Peraturan Pemerintah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2015 Tentang Uji Kompetensi Guru atau Pendidik Lainnya dan Tenaga Kependidikan.

Oleh sebab itu, bagi para guru dan calon guru perlu mempelajari materi-materi yang akan keluar di Uji Kompetensi Guru (UKG). Dengan mempelajari setiap materi UKG, maka para guru akan mudah untuk mengerjakan dan menyelesaikan soal-soal UKG, sehingga memperoleh sertifikasi kompetensi guru. Salah satu buku yang ditulis oleh Zainal Aqib dengan judul Sukses Uji Kompetensi Guru (UKG) sangat cocok untuk dijadikan panduan dalam mengerjakan soal UKG.

Kelebihan dari buku ini adalah bukan hanya materi-materi UKG saja yang ada didalamnya, tetapi terdapat contoh-contoh soal UKG. Para pembaca akan mudah untuk memahami materi-materi UKG karena di dalam buku tersebut terdapat contoh soal dari Uji Kompetensi Guru dari tahun-tahun sebelumya. Jadi, jangan pernah ragu untuk membeli buku ini dan membacanya sebelumnya Uji Kompetensi Guru (UKG) dimulai.

6. Komunikasi Pendidikan

beli sekarangDalam dunia pendidikan, komunikasi itu memegang peranan penting karena bisa menjaga hubungan antara guru dan murid agar saling terjaga, sehingga tidak ada kesalahpahaman. Selain itu, komunikasi yang baik bisa menghasilkan penyampaian materi pembelajaran yang baik juga.

Oleh karena itu, bagi para guru sudah seharusnya menerapkan teori komunikasi dalam kegiatan pembelajaran. Dengan membaca buku Komunikasi Pendidikan yang ditulis oleh Nofrion, maka para guru bisa menentukan jenis komunikasi seperti apa yang sesuai dengan kegiatan pembelajaran.

Buku yang ditulis menggunakan bahasa semi formal ini membuat para pembaca seperti membaca sebuah penelitian, sehingga isi dari dalam buku ini bisa diterapkan oleh para guru. Apabila kita membacanya dengan sungguh-sungguh, maka ilmu yang ada di dalam buku ini bisa kita serap untuk diaplikasikan di kegiatan belajar mengajar.

7. Daring Duraring Belajar dari Rumah

beli sekarangSelama masa pandemi covid-19, hampir setiap kegiatan belajar mengajar dilakukan secara online atau dalam jaringan (daring). Kegiatan belajar mengajar ini bisa dikatakan sebagai suatu hal yang baru, sehingga banyak orang, mulai dari guru, orang tua murid, dan murid untuk beradaptasi dengan kebiasaan baru ini. Oleh sebab itu, tak jarang terdapat beberapa kendala ketika mengikuti kegiatan belajar mengajar, seperti internet yang sedang mati, seorang murid yang sulit untuk bangun pagi, dan masih banyak lagi.

Setiap kendala dalam kegiatan belajar secara daring ini menghasilkan berbagai macam cerita yang menarik. Selain itu, kegiatan belajar mengajar secara daring bisa menjadi suatu terobosan baru di dunia pendidikan. Supaya para orang tua, guru, dan siswa tidak kesulitan dalam melakukan proses belajar mengajar secara daring, maka dibutuhkan sebuah informasi yang bisa memberikan tips untuk mengatasi masalah atau kendala saat belajar mengajar secara daring.

Buku dengan judul Daring Duraring Belajar dari Rumah  karya Momon Sudarma sangat cocok untuk dijadikan sebagai referensi agar permasalahan dan kendala-kendala saat belajar daring dapat teratasi. Meskipun buku ini, memiliki sub bab yang cukup banyak, tetapi tidak mengurangi poin-poin penting untuk mengatasi permasalahan belajar daring.

8. Strategi Belajar Mengajar: Untuk Menjadi Guru yang Profesional

beli sekarangSudah seharusnya bagi seorang guru untuk bersikap profesional dalam menjalankan pekerjaannya supaya para siswa bisa memperoleh informasi dan ilmu pengetahuan melalui suasana belajar yang menyenangkan dan berkualitas. Selain itu, sikap profesional guru juga ditunjukkan dengan adanya strategi belajar mengajar yang baik. Sebuah strategi belajar perlu dibuat agar proses belajar mengajar menjadi lebih terarah. Sehingga informasi dan ilmu pengetahuan tersampaikan dengan baik.

Buku dengan judul Strategi Belajar Mengajar: Untuk Menjadi Guru yang Profesional yang ditulis oleh Rahmah Johar dan Latifah Harum bisa dijadikan sebagai panduan untuk membuat strategi belajar mengajar. Tidak hanya itu, buku ini juga berisi tentang banyak hal yang mencakup proses pembelajaran hingga cara melakukan remedial dan pengayaan. Singkatnya, buku ini bisa memudahkan para guru untuk membangun suasana belajar mengajar yang menyenangkan.

Pastinya para guru sangat berharap bisa membangun suasana kelas yang menyenangkan, maka untuk mewujudkan hal itu diperlukan strategi pembelajaran yang matang. Jadi, untuk para guru dan calon guru yang ingin mengetahui banyak hal tentang strategi belajar mengajar cocok untuk memiliki buku ini. Buku Strategi Belajar Mengajar: Untuk Menjadi Guru yang Profesional bisa kamu dapatkan di toko buku digital Gramedia.

9. Menjadi Guru Kreatif: Praktik-Praktik Pembelajaran

beli sekarangGuru yang kreatif sangat diidam-idamkan oleh para siswa karena penyampaian pembelajarannya akan out of the box, sehingga para siswa akan merasa senang dan bahagia ketika mengikuti kegiatan belajar mengajar. Di tangan guru kreatif, materi pembelajaran dapat terlihat menarik, sehingga para siswa akan betah untuk berlama-lama berada di ruang kelas. Adanya guru kreatif bisa menandakan bahwa ilmu pengetahuan dan informasi yang diberikan akan mudah diterima oleh para siswa.

Guru kreatif bukan hanya diidam-idamkan di sekolah biasa saja, tetapi di sekolah inklusif sangat membutuhkan kehadiran guru kreatif. Dengan kehadiran guru kreatif, maka para siswa di sekolah inklusif akan merasa nyaman ketika mengikuti kegiatan belajar mengajar. Selain itu, guru kreatif juga bisa memberikan motivasi bagi para siswa berkebutuhan khusus.

Meskipun memiliki kreativitas yang tinggi, tetapi kegiatan belajar mengajar di sekolah inklusif berbeda dengan sekolah-sekolah pada umumnya. Oleh karena itu, bagi para calon guru yang ingin mengajar di sekolah inklusif, sebaiknya membaca buku yang berisi tentang sekolah inklusif. Salah satu rekomendasi buku tentang menjadi guru kreatif di sekolah inklusif adalah buku Menjadi Guru Kreatif: Praktik-praktik Pembelajaran karya Admila Rosada, dkk.

10. Menjadi Guru yang Dicintai Siswa

beli sekarangBerhasil atau tidaknya suatu proses belajar mengajar sangat bergantung terhadap kemampuan yang dimiliki oleh seorang guru atau pendidik. Kemampuan ini bisa diartikan sebagai kreativitas, memberi motivasi, dan menyampaikan suatu materi pembelajaran dengan mudah, sehingga para siswa akan mudah menerima ilmu pengetahuan dan informasi karena suasana belajar mengajar sangat nyaman. Seorang guru yang sudah memiliki kemampuan yang cukup baik, maka akan dicintai atau disenangi oleh para siswa, sehingga tingkat keberhasilan proses belajar mengajar semakin besar.

Kemampuan seorang guru untuk menghidupkan suasana kelas sangatlah tidak mudah, sehingga sudah seharusnya bagi para guru untuk mengasah kemampuan itu. Bagi para guru atau calon guru bisa membaca buku Menjadi Guru yang Dicintai Siswa karya Muhammad Syukur Salman agar bisa menjadi seorang guru yang dicintai oleh para siswa. Semakin banyak yang mencintai seorang guru, maka dapat diartikan bahwa guru tersebut memiliki cara mengajar yang menyenangkan, sehingga materi-materi pembelajaran dapat diterima dengan baik oleh para siswa.

Buku ini terdiri dari banyak bab yang di mana setiap babnya selalu berkaitan dengan cara agar seorang guru dapat dicintai oleh para siswa. Ketika membaca buku yang ditulis oleh Muhammad Syukur Salman, pembaca akan merasa seperti  membaca essai yang isinya bermanfaat bagi para guru.

Itulah beberapa buku yang berkaitan dengan dunia pendidikan terutama bagi para guru dan calon guru yang di mana memegang peran yang sangat penting dalam dunia pendidikan. Selain itu, guru bisa membentuk karakter dan kecerdasan para siswa, sehingga bisa mencerdaskan generasi berikutnya.

Baca Review Buku