Sastra

8 Perbedaan Cerpen dan Novel Dilihat Dari Berbagai Sisi

perbedaan cerpen dan novel
Written by Wida Kurniasih

Perbedaan Cerpen dan Novel – Grameds, apakah kamu adalah orang yang gemar membaca? Jika iya, cerpen dan novel pasti masuk ke dalam daftar bacaanmu. Akan tetapi, apakah kamu sudah tau kalau cerpen dan novel adalah jenis karya sastra yang berbeda? Banyak yang sulit membedakan antara cerpen dan novel. Padahal perbedaan dari kedua karya sastra ini cukup terlihat jelas. Artikel ini akan membahas mengenai perbedaan cerpen dan novel.

Pengertian Cerpen

Perbedaan Cerpen dan NovelCerpen adalah akronim dari cerita pendek. Cerpen adalah sebuah karya sastra yang hanya memiliki isi keseluruhan secara singkat atau pendek. Cerpen berbentuk karangan bebas dan dapat berupa karangan fiksi maupun non fiksi. Berdasarkan namanya yaitu cerita pendek, cerpen diceritakan secara lebih ringkas dan padat.

Meskipun cerita singkat, tetapi cerpen tetap memiliki struktur yang jelas. Meskipun tidak serumit karya sastra lain, tetapi cerpen tetap memiliki konflik yang jelas. Cerpen terbagi menjadi beberapa jenis. Ada cerpen pendek, cerpen sedang, dan cerpen panjang. Orang yang menggeluti cerpen disebut cerpenis.

Pengertian Novel

Perbedaan Cerpen dan NovelDalam KBBI, novel adalah sebuah karangan prosa yang panjang. Karangan tersebut mengandung rangkaian cerita kehidupan. Cerita yang dijabarkan terdiri dari satu dan beberapa orang yang ada di sekelilingnya. Novel akan menonjolkan sifat dan watak dari setiap pelaku yang ada dalam cerita tersebut.

Novel sudah ada sejak zaman dahulu. Maka dari itu, ada yang disebut novel angkatan. Orang-orang yang menggeluti novel disebut novelis. Selain itu, terdapat juga sastrawan. Sastrawan juga membuat novel. Biasanya novel-novel yang dibuat oleh sastrawan memiliki pengaruh besar terhadap masyarakat.

Perbedaan Cerpen dan Novel

1. Jumlah Kata

Perbedaan Cerpen dan NovelPerbedaan yang sangat jelas terlihat pertama yaitu terkait jumlah kata. Cerpen dan novel memiliki perbedaan yang cukup jauh dalam jumlah kata-kata. Rata-rata untuk jumlah kata dalam cerpen maksimal sekitar 10.000 kata.

Berbeda dengan cerpen, novel memiliki jumlah yang lebih panjang. Kata-kata dalam novel dapat mencapai 35.000 kata. Selain itu, halaman novel juga dapat mencapai ratusan halaman.

Jika seseorang yang membaca cerpen bisa sekali atau duka kali habis, tidak dengan novel. Jika ingin menghabiskan membaca satu buku novel, paling cepat seseorang akan menghabiskan waktu satu hari full. Akan tetapi, tidak ada perkiraan waktu pasti dalam membaca cerpen maupun novel. Semua tergantung pada jumlah kata yang ada pada kedua karya sastra tersebut.

2. Alur atau Plot

Perbedaan Cerpen dan NovelPerbedaan selanjutnya dalam dilihat dalam alur atau plot. Alur atau plot di dalam sebuah cerpen tentu berbeda dengan alur di dalam sebuah novel. Hal ini juga disebabkan karena perbedaan jumlah kata pada kedua karya sastra tersebut.

Cerpen memiliki jumlah kata yang sedikit. Maka dari itu, alur atau plot yang ada di dalam cerpen terbilang lebih sederhana. Ruang yang tersedia juga lebih terbatas. Biasaya alur dalam cerpen dapat terlihat jelas. Setelah memulai permulaan atau perkenalan, cerita akan mengarah ke konflik atau timbullah sebuah masalah. Kemudian setelah timbul konflik, akan terjadi penyelesaian. Jika disederhanakan, alur atau plot dalam cerpen adalah pengenalan-konflik-penyelesaian.

Novel memiliki jumlah kata yang lebih panjang dari cerpen. Hal itu menyebabkan alur atau plot di dalam novel lebih rumit. Tidak seperti cerpen yang memiliki alur jelas. Di dalam novel, alur atau plot dapat terjadi secara dinamis. Karena ruang di dalam cerita novel lebih terbuka, cerita yang ada dapat beragam. Sebelum mencapai tahap penyelesaian, konflik yang terdapat dalam cerita novel dapat berulang. Hal ini juga menyesuaikan dengan jumlah kata dalam novel.

3. Penokohan

Perbedaan Cerpen dan NovelTokoh juga dapat menjadi pembeda dari cerpen dan novel. Di dalam cerpen, hanya ada beberapa tokoh saja. Tidak banyak tokoh yang ditampilkan. Selain itu, tokoh yang paling ditonjolkan hanyalah tokoh utama. Tokoh lain hanya berperan sebagai pendukung.

Berbeda dengan cerpen, novel memiliki banyak tokoh. Tokoh yang ada di dalam novel memiliki perannya masing-masing. Meskipun ada yang hanya berperan sebagai tokoh tambahan, tetapi semua tokoh yang ada di dalam novel memiliki perannya masing-masing. Tokoh-tokoh tersebut memiliki bagian sendiri dari cerita dalam novel tersebut. Dengan kata lain, tokoh di dalam novel terbilang lebih kompleks.

4. Perwatakan

Perbedaan Cerpen dan NovelPerwatakan juga menjadi salah satu pembeda dari cerpen dan novel. Di dalam sebuah cerpen, watak seorang tokoh yang paling sering ditonjolkan adalah pemeran utama saja. Selain itu, watak tokoh akan langsung dijelaskan pada awal cerita. Sehingga pembaca sudah mengetahui bagaimana watak seorang tokoh tersebut. Watak yang dipakai dalam tokoh cerpen juga terbilang sederhana. Tokoh-tokoh dalam cerpen biasanya menggunakan watak hitam dan putih. Makna dari hitam dan putih tersebut yaitu baik dan buruk.

banner-promo-gramedia

Hal ini berbeda dalam novel. Di dalam novel, watak tokoh tidak langsung dijelaskan. Penjelasan mengenai watak tokoh juga tidak secara gamblang. Melainkan melalui kejadian-kejadian yang dialami tokoh tersebut. Meskipun novel memiliki banyak tokoh, setiap tokoh juga pasti akan dijelaskan. Watak tokoh yang ada di dalam novel juga lebih rumit. Tidak hanya berkaitan dengan perlakuan baik dan buruk. Contohnya seperti tokoh yang mengidap penyakit bipolar, bisa berubah-ubah sesuai dengan jalan cerita.

5. Tema

Perbedaan Cerpen dan NovelPerbedaan selanjutnya terletak pada tema. Tema antara cerpen dan novel juga memiliki perbedaan. Pada cerpen, tema yang diangkat sederhana. Hal tersebut akan berpengaruh kepada ceritanya. Karena tema yang diangkat sederhana, maka cerita yang ada dalam cerpen biasanya mudah ditebak. Tema yang diangkat dalam cerpen terbilang lebih umum.

Di dalam novel, tema yang diangkat terbilang lebih mengerucut. Tema yang digunakan novel tidak diambil secara umum. Secara singkat, jika tema yang digunakan oleh cerpen adalah pedesaan, maka novel mengambil tema sebuah keluarga miskin di desa tersebut. Hal ini membuktikan bahwa novel mengambil tema lebih dalam dari cerpen.

6. Konflik

Perbedaan Cerpen dan NovelKonflik cerita dari cerpen dan novel juga berbeda. Di dalam cerpen, konflik yang disajikan tidak bertele-tele. Konflik akan disuguhkan langsung dan hanya satu atau dua kali saja.

Hal tersebut tidak terjadi di dalam novel. Novel memiliki konflik yang lebih rumit. Konflik di dalam novel juga tidak terjadi hanya satu atau dua kali aja. Akan tetapi terjadi berkali-kali. Cerita di dalam novel juga memiliki bagian-bagian atau bab. Setiap bab dapat memiliki konflik sendiri. Maka dari itu, konflik yang terjadi di cerita novel lebih rumit dan kompleks.

7. Latar

Perbedaan Cerpen dan NovelLatar juga bisa menjadi pembeda antara cerpen dan novel. Latar terdiri dari latar tempat, latar waktu dan latar suasana. Di dalam cerpen, latar yang digunakan tidak banyak. Paling banyak hanya 10 latar. Berbeda dengan novel, novel menyajikan latar yang lebih banyak dan lebih luas.

8. Pemilihan Kata atau Bahasa

Perbedaan Cerpen dan NovelPerbedaan yang tidak terlalu jelas yaitu terkait pemilihan dan penggunaan kata atau bahasa. Cerpen dan novel akan berbeda dalam hal pemilihan kata atau bahasa. Dalam cerpen, pemilihan kata atau bahasa lebih sederhana. Banyak kata-kata yang bisa langsung dipahami oleh pembaca. Meskipun membaca sekilas atau pertama kali membaca, biasanya pembaca akan mengerti kata-kata dan bahasa yang digunakan.

Berbeda dengan cerpen, pemilihan kata dan bahasa di dalam novel lebih mendalam. Biasanya kata atau bahasa yang dipilih tergantung pada tema cerita yang diangkat. Sehingga tidak semua pembaca dapat langsung mengerti ketika membaca novel. Ada beberapa novel yang harus dibaca berulang untuk memahami maknanya. Selain itu, ada juga novel yang membutuhkan waktu khusus untuk berkonsenterasi ketika ingin membacanya.

6 Buku Yang Membuatmu Lebih Mengerti Tentang Cerpen

1. Kreatif Menggambar dan Menulis Cerita Pendek

8 Perbedaan Cerpen dan Novel Dilihat Dari Berbagai Sisi 1

beli sekarang

2. 13 Poin Menulis Cerita Pendek

Dalam memahami cara penulisan cerpen yang baik, Grameds dapat membaca buku 13 Poin Menulis Cerita Pendek, Dijamin Bisa Menulis Cerpen Dalam Waktu Singkat! oleh ImperiaLJathee.

8 Perbedaan Cerpen dan Novel Dilihat Dari Berbagai Sisi 2

beli sekarang

3. Di Tengah Kegelapan Inuvik KUMPULAN CERPEN

8 Perbedaan Cerpen dan Novel Dilihat Dari Berbagai Sisi 3

Beli Buku di Gramedia

4. Kumpulan Cerpen Cinta dan Sosial Media8 Perbedaan Cerpen dan Novel Dilihat Dari Berbagai Sisi 4

banner-promo-gramedia

beli sekarang

5. Easy and Fun with Cerpen-Gram

8 Perbedaan Cerpen dan Novel Dilihat Dari Berbagai Sisi 5

Beli Buku di Gramedia

6. Menulis Novel dengan Bahagia

Menulis Novel Dengan Bahagia

Menulis Novel Dengan Bahagia

Beli Buku di Gramedia

Buku ini adalah salah satu novel yang banyak disukai oleh pembaca. Novel karya Eka Kurniawan ini membahas mengenai bagaimana menjadi seorang perempuan. Melalui kata-kata dan bahasanya yang dalam, novel ini sangat cocok untuk menemani kamu ketika sedang bosan.

Kesimpulan

Cerpen dan novel adalah sebuah karya sastra yang menampilkan cerita fiksi maupun nonfiksi. Meskipun begitu, terdapat beberapa perbedaan yang ada di dalam cerpen dan novel. Berikut ini adalah kesimpulan singkat dari perbedaan cerpen dan novel

No. Cerpen Novel
1. 0 – 10.000 kata > 35.000 kata
2. Alur sederhana (pengenalan-konflik-penyelesaian) Alur lebih rumit dan kompleks
3. Menonjolkan 1 atau 2 tokoh saja Memiliki banyak tokoh dan dipaparkan semua
4. Penjelasan watak tokoh secara langsung Penjelasan watak tokoh bertahan, tidak dijelaskan secara langsung. Melainkan melalui perbuatan atau tindakan tokoh
5. Tema secara umum Tema lebih mendalam
6. Konflik sederhana dan tidak bertele-tele Konflik lebih rumit dan kompleks
7. Latar sedikit dan terbatas Latar lebih banyak dan lebih luas
8. Pemilihan kata dan bahasa sederhana Pemilihan kata dan bahasa lebih dalam tergantung pada tema cerita.

Itulah beberapa perbedaan mengenai cerpen dan novel. Temukan cerpen-cerpen dan novel menarik di www.gramedia.com. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas akan selalu merekomendasikan buku-buku menarik untuk para Grameds.

 

Buku ini akan membantu kamu untuk belajar bagaimana cara menulis novel. Melalui cara-cara yang menyenangkan, kamu bisa membaca sekaligus belajar dari buku ini.

Baca juga artikel terkait “Perbedaan Cerpen dan Novel” :

Sumber: dari berbagai sumber

banner-promo-gramedia

Penulis: Wida Kurniasih

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien