Sastra

Pengertian Seni Musik: Sejarah, Unsur, Jenis dan Fungsinya

pengertian seni musik
Written by Wida Kurniasih

Pengertian Seni Musik – Apakah teman-teman Grameds adalah penikmat seni musik? Saat ini kita memang akan sulit terhindar dari musik di segala aktivitas sehari-hari. Musik kemudian seolah-olah hidup berdampingan pada manusia sebagai pemanis, penghibur, dan mengindahkan suasana. Itulah sebabnya tidak heran jika banyak orang yang jatuh cinta pada seni musik.

Musik yang bisa kita nikmati sekarang tentu memiliki sejarah dan perjalanan panjang dari perkembangan musik itu sendiri. Bahkan sekarang kita bisa menemukan berbagai macam aliran seni, itulah sebabnya pengertian seni musik kemudian akan berikatan dengan banyak hal. Seperti instrumen, seniman, nyanyian, lagu-lagu, dan sebagainya. Seni musik yang merangkul banyak  komponen ini kemudian memiliki fungsi yang penting dalam kehidupan kita sehari.

Berikut ini penjelasan tentang pengertian seni musik, sejarah, unsur, jenis, dan Fungsinya yang perlu Grameds ketahui agar bisa memetik nilai-nilai positif dalam seni musik:

Pengertian Seni Musik: Sejarah, Unsur, Jenis dan Fungsinya 1Pengertian Seni Musik

pengertian seni musik

Two male musicians on a stage performing traditional flamenco music.

Pengertian seni musik secara bahasa terdiri dari dua kata, yakni “seni” dan “musik” yang masing-masing katanya memiliki arti masing-masing.

Seni adalah sebuah dimensi ciptaan atau rasa manusia yang dituangkan dalam media tertentu untuk menyalurkannya atau mengimplementasikannya kepada orang lain. Kemudian kata “musik” yang berasal dari kata mousikos artinya dalam bahasa Yunani adalah dewa keindahan yang memiliki kekuasaan pada bidang seni dan keilmuan.

Pengertian Seni Musik kemudian diartikan sebagai bidang keilmuan atau aliran seni yang menggunakan nada dan suara atau kombinasi hubungan temporal untuk menyampaikan ekspresi, pesan, atau nilai-nilai seni kepada orang lain dalam satu kesatuan dan kesinambungan.

Jadi pengertian seni musik adalah sebuah cabang seni yang lebih fokus mengutamakan penggunaan harmoni, melodi, irama, tempo, dan vokal sebagai sarana menyampaikan nilai-nilai seni itu sendiri dari seniman atau pembuat seni kepada orang lain atau penikmat seni.

Dalam mempelajari cabang seni ini yang seringkali dijadikan ilmu pembelajaran, buku Pendidikan Dan Seni Budaya Musik yang ada di bawah ini berisikan berbagai materi penting mengenai seni musik beserta latihan soal.

Pengertian Seni Musik: Sejarah, Unsur, Jenis dan Fungsinya 2

Beli Buku di Gramedia

Kepopuleran seni musik di berbagai penjuru dunia, membuat bidang ini memiliki banyak perspektif dari para ilmuwan. Itulah sebabnya tak heran jika banyak ilmuwan yang berpendapat tentang pengertian seni musik sesuai dengan pengalaman seni yang mereka rasakan. Berikut ini pengertian seni musik menurut para ahli yang perlu Grameds ketahui untuk memperluas perspektif tentang pengertian seni musik:

1. Aristoteles

Pengertian seni musik menurut Aristoteles adalah suatu karya musik dengan kemampuan dan tenaga pengembangan yang berasal dari sebuah rasa melalui deretan nada atau melodi yang memiliki warna dari penciptanya.

2. Sylado

Menurut Sylado pengertian seni musik adalah bentuk perwujudan yang hidup dari sebuah kumpulan ilusi dan lantunan suara penciptanya menggunakan alunan musik dengan nada yang berjiwa dan bisa menggerakan isi hati para pendengarnya.

3. Lexicographer

Pengertian seni musik menurut Lexicographer adalah sebuah bidang keilmuan seni yang memadukan unsur ritmis dan beberapa vokal, nada, dan instrumental yang melibatkan melodi dan harmoni untuk mengungkapkan sesuatu dari sang pencipta seni yang bersifat emosional.

banner-promo-gramedia

Jadi dapat disimpulkan bahwa pengertian seni musik adalah suatu bentuk karya seni dalam bidang keilmuan yang tertuang dalam sebuah kumpulan ilusi dan lantunan suara dengan ritme, vokal, dan instrumental yang berasal dari pengalaman rasa sang pencipta untuk disampaikan kepada pendengar atau penikmat seni secara emosional. Berikut ini rekomendasi buku dari Gramedia yang bisa Grameds baca tentang musik kaitannya dengan psikologi dan pemikiran.

Psikologi Musik

Psikologi Musik

Beli Buku di Gramedia

Sejarah Seni Musik

pengertian seni musik

A Vocal Music Performance

Keberadaan seni musik memiliki sejarah dan perjalanan yang panjang, bahkan sudah ada sejak zaman manusia lahir pertama kali di muka bumi. Seni musik ini kemudian berkembang pesat hingga populer sampai sekarang. Berikut ini sejarah perjalanan seni musik berkembang dari zaman sebelum masehi sampai sekarang:

1. Zaman Prasejarah

Sejarah ini dimuali dari adanya manusia Jomo Sapiens pada 180.000 sampai 100.000 tahun yang lalu dengan ditemukannya alat musik tertua, yakni flute dari bahan tulang beruang yang diberi lubang.

Alat itu kemudian digunakan untuk mengeluarkan bunyi-bunyian yang khas dan dimanfaatkan oleh manusia pada zaman itu untuk berbagai keperluan. Alat musik flute tersebut sudah berusia 40.000 tahun lebih.

2. Zaman Abad Pertengahan

Sekitar tahun 476 sampai 1572 masehi musik banyak digunakan untuk kepentingan acara agama kristen. Banyak muncul penemuan bidang baru membuat seni musik juga berkembang tidak hanya digunakan untuk kegiatan keagamaan saja.

3. Zaman Renaissance

Sekitar tahun 1500 sampai 1600 masehi seni musik berkembang menjadi musik percintaan dan perkawinan. Pada zaman renaissance musik gereja mengalami kemunduran, namun zaman ini alat musik piano dan organ tunggal ditemukan. Zaman ini juga mulai muncul seniman dan komposer musik seperti Leonin, Perotin, dan Guillaume de Machaut.

4. Zaman Barok Dan Rokoko

Zaman Barok dan Rokoko terjadi sekitar tahun 1600 sampai 1750 masehi dimana pengguna ornamen atau hiasan musik semakin banyak.

Musik Baru kemudian banyak digunakan secara serentak dan spontan dan penggunaan musik Rokoko diatur dan dicatat.

Johann Sebastian Bach, seorang pencipta musik koral khotbah gereja dan pencipta lagu instrumental ini adalah salah satu seniman yang terkenal pada zaman ini.

5. Zaman Klasik

Tahun 1750 sampai 1820, menjadi zaman kejayaan seni musik. Zaman ini kemudian disebut zaman klasik dimana permainan dinamika semakin lembut dan perubahan tempo dengan accelerando semakin cepat.

Selain itu lantunan ritardando juga semakin lembut, meskipun pada zaman ini ornamentik dibatasi. Komposer terkenal banyak muncul di zaman klasik ini seperti Wolfgang, Joseph Haydn, Ludwig Van Beethoven, dan Johan Christian Bach.

6. Zaman Romantik

Sekitar tahun 1810 sampai 1900 seni musik sangat mementingkan perasaan subjektif. Selain itu seni musik juga sangat kental dengan unsur dan romantisme atau perasaan. Itulah sebabnya di zaman romantika ini musik banyak menggunakan tempo dan dinamika.

7. Zaman Modern

Zaman modern terhitung terjadi setelah abad ke dua puluh sampai sekarang yang banyak menemukan platform atau media untuk mendengarkan musik. Musik tabg berkembanh di zaman modern ini lebih fokus pada suara, gaya, dan ritme.

Seni musik juga mengalami perubahan dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih seperti penemuan perekam suara dan alat edit musik yang memberikan genre baru pada musik klasik saat ini. Itulah sebabnya sekarang kita bisa mendengarkan berbagai musik dari genre apa saja.

Berikut ini rekomendasi koleksi buku di Gramedia yang bisa Grameds baca untuk mengetahui sejarah dan perkembang seni musik. Buku Musikpedia ini akan memberikan Grameds banyak referensi tentang musik dan seniman atau musisi siapa saja yang pernah populer di masanya dan menjadi sejarah seni musik dunia.

Ng Musikpedia

Ng Musikpedia

Beli Buku di Gramedia

Unsur-unsur Seni Musik

unsur seni musik

musical notes design element isolated on white background

Berdasarkan Perkembangannya, seni musik kemudian semakin sempurna dilihat dari unsur-unsurnya. Berikut ini unsur-unsur musik yang perlu Grameds ketahui agar lebih memahami tentang seni musik tersebut bisa tercipta:

banner-promo-gramedia

Pengertian Seni Musik: Sejarah, Unsur, Jenis dan Fungsinya 31. Irama

Irama kemudian lebih dikenal dengan sebutan ritme yang merupakan panjang-pendek dan tinggi-rendahnya sebuah nada yang membentuk melodi tertentu.

2. Melodi

Melodi adalah suatu bentuk susunan bunyi tertentu yang berurutan dari susunan dari tinggi ke rendahnya nada tertentu atau sebaliknya.

Seperti pada contoh alat musik gitar, dimana melodi dibuat berdasarkan naik turunnya nada, pola ritmik, serta nada dasar yang digunakan dalam sebuah lagu seperti yang dibahas pada buku Basic Mode Dan Skala Melodi Gitar Berdasarkan Akor.

Pengertian Seni Musik: Sejarah, Unsur, Jenis dan Fungsinya 4

Beli Buku di Gramedia

3. Birama

Birama adalah salah satu unsur yang berbentuk ketukan dalam musik dengan waktu dan tempo tertentu secara teratur.

4. Harmoni

Harmoni adalah bentuk kumpulan dari nada dan melodi yang sudah memiliki keteraturan sehingga menghasilkan lantunan musik yang enak didengarkan.

5. Tempo

Tempo adalah sebuah ukuran dari kecepatan birama dalam sebuah lantunan lagu tertentu. Lagu dengan birama yang cepat maka semakin cepat pula lagu dimainkan tempo.

6. Tangga Nada

Tangga nada adalah salah satu unsur musik yang terdiri atas nada-nada yang kemudian tersusun berjenjang mulai dari nada paling dasar hingga nada yang paling tinggi dalam lagu tertentu.

7. Dinamika

Dinamika adalah bentuk tanda yang berkaitan dengan volume untuk menaikan nada sehingga dapat menghasilkan musik yang enak didengarkan.

8. Timbre

Timbre adalah warna bunyi yang menunjukan kualitas dari musik itu sendiri. Timbre memiliki pengaruh yang berbeda-beda terhadap setiap alat musik.

Pengertian Seni Musik: Sejarah, Unsur, Jenis dan Fungsinya 5Jenis-jenis Seni Musik

pengertian seni musik

Music notes banner. Monochrome musical notes waves, sound backdrop. Vector illustration.

Sejarah perkembangan seni musik juga membuat jenis-jenis musik semakin beragam menyesuaikan penguasaan musik itu sendiri dan penikmatnya. Berikut ini jenis-jenis musik yang perlu Grameds ketahui agar memperoleh banyak referensi musik yang bisa didengarkan:

1. Musik Tradisional

Musik tradisional adalah jenis musik yang diwariskan dari nenek moyang secara turun temurun pada generasi tertentu yang masih menjaga orisinalitasnya. Musik tradisional juga masih menggunakan alat musik tradisional untuk menciptakan nada-nada tertentu. Contoh musik tradisional yang ada di indonesia adalah musik gending jawa yang menggunakan alat musik gamelan, saron, gong, dan sebagainya untuk menghasilkan instrumen musik karawitan jawa.

2. Musik Modern

Berdasarkan perkembangannya muncullah jenis musik modern yang lebih universal dan menggunakan banyak teknologi canggih dan budaya baru untuk membuat instrumentalnya. Contohnya jenis musik modern sekarang adalah musik EDM yang menggunakan alat DJ yang mengandalkan teknologi canggih untuk menghasilkan alunan musik tertentu.

3. Musik Kontemporer

banner-promo-gramedia

Musik kontemporer adalah jenis musik yang memiliki ciri khas dibandingkan musik tradisional dan musik modern. Musik klasik biasanya memiliki variasi nada yang lebih kompleks dengan jenis bunyi, ritme, tempo, dan warna musik yang sangat bervariasi. Bahkan musik klasik juga menggunakan bunyi-bunyi yang tidak hanya berasal dari alat musik instrumental saja.

Genre-genre Musik

pengertian seni musik

empty vintage seat in auditorium or theater with lights on stage.

Berkembanganya jenis-jenis musik kemudian juga berpengaruh pada genre seni musik itu sendiri. Berikut ini macam-macam genre musik yang bisa Grameds dengarkan:

Pengertian Seni Musik: Sejarah, Unsur, Jenis dan Fungsinya 61. Klasik

Cocok didengarkan untuk pengantar tidur karena dibawakan secara kalem dan lebih rileks saat mendengarkannya.

2. Jazz

Musik yang didominasi dengan piano, biola, gitar bass, terompet, dan memiliki lirik lagu yang dalam. Genre musik Jazz lahir pada abad ke 60 di Amerika.

Salah satu ciri musik jazz adalah prosi permainan improvisasi yang dapat memperkaya harmoni dan menambah keindahan nuansa musiknya. Grameds dapat mempelajari permainan gitar jazz melalui buku Mahir Nge-Jazz dengan Metode Gitar Blues, Jazz.

Pengertian Seni Musik: Sejarah, Unsur, Jenis dan Fungsinya 7

Beli Buku di Gramedia

3. Blues

Blues adalah genre musik yang dibuat berdasarkan konotasi perasaan frustasi dan melankolis dari penciptanya. Itulah sebabnya musik blues ini banyak dijadikan sebagai musik spiritual atau musik puji-pujian.

4. Funk

Musik Funk adalah gabungan dari musik blues, jazz, dan rythm yang memiliki dominasi nada gitar dan drum. Musik funk menghasilkan alunan yang enak didengar dan gembira, sehingga cocok digunakan untuk berdansa.

5. Hiphop

Hiphop adalah genre musik yang memadukan nada dan ritme unik yang ditambah dengan musik rap. Hingga saat ini hiphop menjadi genre musik yang memiliki banyak penikmat.

6. Reggae

Reggae adalah genre musik yang memiliki ritme back bear dan progresif kord mudah. Genre musik ini bisa digunakan oleh penciptanya untuk mengekspresikan jiwa muda, kebebasan, dan pemberontakan.

7. Pop

Musik pop adalah genre musik yang populer dan banyak memiliki pendengar atau penikmat. Musik genre ini kemudian banyak digunakan untuk berbagai macam kegiatan seperti mengiri tarian.

8. Rock

Rock adalah genre musik yang memadukan musik jazz, blues, country, dan ryth yang biasa menggunakan alat musik bass, drum, dan gitar.

9. Dangdut 

Dangdut adalah genre musik asli Indonesia yang memadukan musik khas India dan melayu dengan sentuhan tambahan dari musik campursari jawa. Musik dangdut ini kemudian juga semakin berkembang di Indonesia bahkan hingga dunia.

Buku Dangdut: Musik, Identitas, Dan Budaya Indonesia yang ada dibawah ini berisikan materi sumber musikologis yang orisinal dan baru, dalam bentuk wawancara dengan berbagai bintang dangdut, serta materi lainnya.

Pengertian Seni Musik: Sejarah, Unsur, Jenis dan Fungsinya 8

beli sekarang

Fungsi Seni Musik

pengertian seni musik

Contemporary dance theater performance.

Setelah mengetahui apa itu pengertian seni musik, sejarah, unsur, dan jenis-jenisnya maka Grameds perlu mengetahui tentang apa fungsi seni musik dalam kehidupan kita sehari-hari. Berdasarkan perkembangannya seni musik kian melekat dengan manusia dan memiliki manfaat dan fungsi penting berikut ini:

1. Sarana Mengekspresikan Diri

Musik dapat dijadikan ekspresi diri karena musik bisa jadi media yang tepat untuk mengungkapkan perasaan atau ide-ide sang penciptanya. Jadi tak heran jika banyak musisi yang menciptakan musik berdasarkan pengalaman hidupnya yang kemudian ia tuangkan dalam nada-nada yang enak didengar.

2. Saran Terapi

Musik sudah dijadikan sebagai  sarana terapi bahkan sejak zaman perang dunia ke dua dimana banyak orang depresi karena kejamnya kondisi perang saat itu. Musik kemudian menyelamatkan mereka yang mengalami trauma, gangguan mental dan beberapa kelumpuhan pada organ tubuh mereka.

3. Sarana Hiburan

Musik tentu berfungsi hiburan yang bisa menghadirkan perasaan bahagia atau memberikan sentuhan keindahan pada perasaan orang yang mendengarkannya.

4. Sarana Upacara

Musik banyak digunakan untuk kegiatan upacara-upacara baik yang sifatnya kebudayaan, keagamaan, ritual, atau upacara resmi atau formal. Musik dalam upacara ini kemudian mampu menambah kenikmatan dari upacara tersebut.

5. Sarana Tari

Musik memiliki peran penting untuk mengiri pertunjukan tari sehingga pertunjukan tersebut semakin hidup dan menambah nilai keindahan tari tersebut. Itulah sebabnya setiap ada pertunjukan tari maka ada kehadiran musik pula di pertunjukan tersebut

6. Sarana Komersial

Banyaknya minat dan ketertarikan pada musik membuat bidang ini menjadi sarana komersial yang besar. Banyaknya penikmat musik membuat para seniman dan musisi bisa memperoleh penghasilan dari karya-karyanya. Mulai dari penjualan rekaman musiknya atau pertunjukan musiknya di panggung-panggung konser musik.

Nah, itulah penjelasan tentang apa itu pengertian seni musik, sejarah, unsur,, jenis, dan fungsinya dalam kehidupan kita sehari-hari. Grameds pasti pernah mendengarkan musik bahkan bisa memiliki musik favorit sendiri.

Jadi sekarang tidak ada lagi alasan bagi teman-teman Grameds tidak mengerti apa itu pengertian seni musik, padahal setiap hari mendengarkan musik. Bagi setiap orang pasti memiliki pengalaman dan pemaknaan tersendiri terhadap musik. Bahkan bagi sebagian orang musik sangat berperan penting dalam hidupnya.

Baca juga artikel terkait “Pengertian Seni Musik” :

Teman-teman Grameds bisa mengunjungi koleksi buku Gramedia di www.gramedia.com untuk memperoleh buku-buku tentang musik.

Grameds bahkan bisa menemukan referensi buku tentang musik yang bisa dibaca oleh anak-anak untuk mengenalkan dunia musik kepadanya.

Koleksi buku Gramedia tentang musik juga ada yang memberikan referensi yang luas tentang musik, misalnya untuk keperluan penelitian atau pembelajaran bagi siswa. Berikut ini rekomendasi buku Gramedia yang bisa Grameds baca untuk lebih mengenal dan memahami tentang dunia musik: Selamat Belajar. #SahabatTanpabatas

Musik Dalam Perspektif Kumpulan Esai

Musik Dalam Perspektif Kumpulan Esai

Beli Buku di Gramedia

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien