Geografi

Mengenal Benua Australia dan Penyebab Terjadinya Gurun di Australia

Penyebab Terjadinya Gurun di Australia
Written by Ananda

Penyebab Terjadinya Gurun di Australia – Australia merupakan benua yang terkecil di dunia. Australia adalah negara yang berada di belahan selatan yang terdiri dari daratan utama benua Australia, Pulau Tasmania dan berbagai pulau kecil di Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Negara ini hanya memiliki satu negara yaitu Australia. Wilayah dari Australia terdiri dari berbagai bentang alam yang beragam, mulai dari pegunungan hingga gurun pasir. Australia sebagai negara yang maju dan makmur. Australia menjadi ekonomi terbesar ke-13 di dunia.

Selain itu Australia berperingkat tinggi dalam banyak perbandingan kinerja antar bangsa seperti halnya pembangunan, mutu kehidupan, perawatan kesehatan, harapan hidup, pendidikan umum, kebebasan sipil, dan juga hak-hak politik. Australia adalah anggota dari Perserikatan Bangsa-bangsa, G20 Ekonomi utama, Negara-negara Persemakmuran, ANZUS, AUKUS, Organisasi untuk Kerjasama dan Pengembangan Ekonomi, Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik, Forum Kepulauan Pasifik, dan Organisasi Perdagangan Dunia.

 

Seperti dilansir Geoscience Australia, Australia merupakan benua terkering di dunia. Sekitar 35 persen dari total benua ini hanya menerima sedikit hujan. Gurun Australia tersebar di seluruh dataran tinggi barat dan dataran rendah. Berdasarkan bersumber dari buku berjudul “Geografi Regional Dunia” pada tahun 2020 yang ditulis oleh Sulistinah dan Kuspriyanto, letak Benua Australia berada di sebelah Selatan benua Asia.

Secara astronomis benua ini terletak diantara kurang lebih 11°LS-44°LS dan kurang lebih 115°BT-153°BT. Luas Australia mencapai sekitar 7.682.300 km² atau hanya sekitar 5,2% wilayah daratan dunia. Australia memiliki garis pantai sepanjang 34.218 km (belum termasuk pulau-pulau di lepas pantai benua), dan pengakuan perluasan Zona Ekonomi Eksklusif seluas 8.148.250 km². Zona ekonomi eksklusif ini tidak termasuk Teritorial Antartika Australia. Tidak termasuk Pulau Macquarie, Australia terletak di antara 9° LS, dan 44° LS, dan 112° BT, dan 154° BT.

Iklim di Australia sangat dipengaruhi oleh arus Samudera, termasuk Dipol Samudra Hindia dan Osilasi El-Niño Selatan yang berkorelasi dengan kekeringan yang berkala dan sistem tekanan rendah tropis bermusim yang menghasilkan siklon di utara Australia. Faktor-faktor yang mengimbas curah hujan yang variatif dari tahun ke tahun. Sebagian besar utara negara ini memiliki iklim hujan musim panas dominan tropis atau monsoon.

Penyebab Terjadinya Gurun di Australia

Di bawah tiga per empat Australia terletak sebuah gurun atau zona kurang subur. Pojok Barat Daya Australia Barat memiliki iklim Mediterania. Banyak bagian di tenggara (termasuk Tasmania) yang beriklim sedang. Meskipun sebagian besar Australia tidak begitu subur dan bahkan berupa gurun. Tetapi Australia memiliki aneka ragam habitat mulai dari padang rumput beriklim alpen hingga ke hutan hujan tropika, dan diakui sebagai negara megadiversitas.

Karena umur benua yang tua, pola cuaca yang sangat variatif, dan keterpencilan geografis, sebagian besar biota Australia adalah unik, dan beraneka ragam. Kira-kira 85% tumbuhan berbunga, 84% mamalia, lebih daripada 45% burung, dan 89% di dekat pantai, ikan zona iklim sedang endemik. Australia memiliki sejumlah besar reptil negara lain, sebanyak 755 spesies. Hutan di Australia sebagian besar memiliki spesies yang selalu hijau, khususnya eukaliptus di kawasan yang subur, akasia menggantikan mereka di kawasan yang lebih kering, gurun sebagai spesies yang paling dominan.

Di antara fauna Australia adalah monotremata (platipus dan echidna), sejumlah marsupialia, kanguru, koala, wombat, dan burung (emu dan kookaburra).

Australia merupakan rumah bagi banyak binatang yang berbahaya termasuk beberapa ular yang paling mematikan di dunia. Dingo diperkenalkan oleh orang Austronesia yang berdagang dengan penduduk asli Australia kira-kira 3000 Masehi. Banyak spesies tumbuhan, dan hewan menjadi punah segera setelah pendudukan manusia pertama, termasuk megafauna Australia, yang lainnya hilang sejak pendudukan bangsa Eropa, diantaranya Harimau Tasmania.

Banyak ekoregion Australia, dan spesies di kawasan itu yang terancam oleh kegiatan manusia, dan spesies binatang atau tumbuhan yang diperkenalkan di Australia. Undang-Undang Federal Tahun 1999 tentang Perlindungan Lingkungan dan Cagar Keanekaragaman Hayati adalah kerangka hukum perlindungan hewan-hewan yang terancam. Banyak kawasan yang dilindungi telah dibuat menurut “Strategi Nasional untuk Perlindungan Keanekaragaman Hayati Australia” untuk melindungi, dan melestarikan berbagai macam ekosistem yang unik; 65 lahan basah didaftarkan di bawah Konvensi Ramsar, dan 15 Situs Warisan Dunia UNESCO alami telah didirikan. Australia menduduki peringkat ke-51 dari 163 negara di dunia pada Indeks Kinerja Lingkungan 2010.

Makanan Aborigin sangat dipengaruhi oleh kawasan di mana mereka berada. Sebagian besar kelompok kesukuan bergantung pada makanan Paleolitikum sederhana, memburu hewan darat atau ikan, dan mengumpulkan tumbuhan, dan buah-buahan endemik. Istilah umum bagi flora, dan fauna Australia yang digunakan sebagai sumber makanan adalah makanan semak. Pemukim perdana dari Eropa memperkenalkan makanan Britania ke benua ini dengan banyak jenis yang kini dianggap sebagai makanan lazim orang Australia, didasarkan pada Sunday roast, telah menjadi tradisi yang lestari bagi banyak orang Australia. Sejak awal abad ke-20, makanan di Australia menjadi semakin dipengaruhi oleh imigran, khususnya dari Eropa Selatan, dan budaya-budaya Asia.

Anggur Australia yang dibuat di 60 kawasan produksi yang berbeda, semuanya kira-kira sekitar 160.00 hektare, terutama di selatan, bagian negara yang lebih dingin. Kawasan anggur di tiap-tiap negara bagian ini menghasilkan gaya, dan varietas anggur yang berbeda-beda yang diuntungkan oleh kebaikan iklim, dan mutu tanah yang berbeda-beda pula. Varietas yang dominan adalah Syrah, Cabernet, Sauvignon, Chardonnay, Merlot, Sémillon, Pinot noir, Riesling dan Sauvignon blanc. Pada tahun 1995, anggur merah Australia, Penfolds Grange, memenangi penghargaan Wine Spectator sebagai Anggur Tahun Ini, kali pertama anggur dari luar Prancis atau California menerima penghargaan tersebut.

Batas-Batas Australia

Australia dibatasi dengan batas-batas wilayah sebagai berikut ini:

  • Sebelah Utara berbatasan dengan Laut Timor (timur Leste) dan laut Arafuru (Indonesia).
  • Sebelah Utara berbatasan dengan samudra Pasifik dan laut Tasman.
  • Sebelah barat dan selatan berbatasan dengan samudra Hindia.

Dikutip dari Australian Bureau of statistic (ABS), Australia merupakan benua terkering di dunia dan memiliki wilayah gurun terluas di belahan bumi selatan. Lebih dari sepertiga benua secara efektif merupakan gurun dan lebih dari dua pertiga benua diklasifikasikan sebagai kering atau semi kering.Gurun diartikan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) sebagai padang luas yang tandus atau Padang pasir.

Ekonomi Australia

Australia menganut sistem perekonomian pasar dengan PDB per kapita yang tinggi dan angka kemiskinan yang rendah. Dolar Australia adalah satuan mata uang negara ini, termasuk pulau Pulau Natal, Kepulauan Cocos (Keeling), dan Pulau Norfolk, juga negara-negara kepulauan Pasifik yang merdeka, yakni Kiribati, Nauru, dan Tuvalu. Setelah pada tahun 200y penggabungan Australian Stock Exchange dan Sydney Futures Exchanges, kini Bursa Efek Australia menjadi bursa saham terbesar ke-9 di dunia.

Dengan menempati peringkat ketiga dalam indeks Kebebasan Ekonomi tahun 2010. Australia adalah ekonomi terbesar ke-13 di dunia, dan juga memiliki PDB per kapita terbesar ke-9 di dunia, lebih tinggi daripada Britania Raya, Jerman, Prancis, Kanada, Jepang, dan Amerika Serikat. Australia juga menduduki peringkat kedua dalam hal Indeks Pembangunan Manusia PBB Tahun 2010, dan menduduki peringkat pertama dalam hal Indeks Kemakmuran yang diterbitkan oleh Legatum pada Tahun 2008.

Semua kota besar di Australia tidak lagi menjadi objek survei kelayak-hunian komparatif dunia, oleh karena telah melampaui syarat yang telah ditentukan; Melbourne mencapai tempat kedua dalam kriteria kota yang paling layak huni di dunia pada tahun 2008 menurut The Economist’, diikuti oleh Perth (ke-4), Adelaide (ke-7), dan Sydney (ke-9) Keseluruhan utang pemerintah di Australia adalah sebesar $ 190 miliar. Harga rumah di Australia adalah di antara yang termahal, sedangkan beberapa level utang rumah tangga adalah di antara yang terbesar di dunia.

Penguatan ekspor komoditas, melebihi barang-barang manufaktur telah mendukung kenaikan signifikan rasio perdagangan Australia sejak awal abad ini, karena naiknya harga komoditas. Australia memiliki neraca pembayaran yang lebih besar daripada 7% PDB negatif, dan memiliki defisit current account selama lebih daripada 50 tahun. Rerata pertumbuhan ekonomi tahunan Australia adalah sebesar 3,6% selama 15 tahun, perbandingannya adalah rerata tahunan OECD sebesar 2,5%. Terdapat opini yang berbeda-beda menurut bukti apakah Australia salah satu dari sedikit negara OECD yang terhindar dari kelesuan pada Krisis ekonomi 2008 ataukah tidak. Enam mitra dagang utama Australia mengalami kelesuan ekonomi yang pada gilirannya memengaruhi Australia, dan pertumbuhan ekonomi menghambat negara ini selama beberapa tahun.

Pada tahun sekitar 1980-an, Partai Buruh, dipimpin oleh Perdana Menteri Bob Hawke, dan Bendahara Paul Keating, memulai proses pemodernan ekonomi Australia dengan mengambangkan dolar.

Australia pada 1983, dan mengatur sistem keuangan. Sejak tahun 1996 pemerintahan Howard telah melanjutkan proses reformasi ekonomi mikro, termasuk deregulasi sebagian dari pasar tenaga kerja dan penswastaan BUMN, terutama industri telekomunikasi. Reformasi yang cukup dalam sistem pajak tak langsung dicapai pada Juli 2000 dengan diperkenalkannya pajak barang, dan jasa (goods and service tax; GST) sebesar 10% yang sedikit mengurangi ketergantungan terhadap pajak pemasukan pribadi, dan perusahaan yang masih melambangkan sistem pajak Australia.

Perekonomian Australia tidak mengalami resesi sejak awal tahun 1990. Pada Juli 2005, pengangguran masih dalam kisaran 5%. Sektor jasa, termasuk pariwisata, pendidikan dan jasa finansial membentuk 69% dari PDB. Pertanian, dan sumber daya alam hanya membentuk 3%, dan 5% dari PDB, tetapi cukup membantu banyak dalam ekspor Australia. Pasar ekspor Australia terbesar termasuk negara Jepang, Tiongkok, AS, Korea Selatan dan Selandia Baru. Hal yang menjadi perhatian para ekonomis termasuk defisit anggaran (current account deficit), dan juga tingkat hutang luar negeri bersih (net foreign debt) yang tinggi.

Pada Januari 2007, angka pengangguran mencapai 10.033.480 penduduk, dengan laju sebesar 5,1%. Angka pengangguran muda (15-24) menaik dari 8,7% sampai 9,7% pada 2008-2009. Pada dasawarsa lalu, inflasi berada pada kisaran 2–3%, dan suku bunga dasar 5–6%. Ekonomi sektor jasa, termasuk pariwisata, pendidikan, dan jasa keuangan, terhitung sebesar 70% PDB. Kendati pertanian, dan sumber daya alam terhitung hanya 3%, dan 5% PDB (masing-masing), mereka bersumbangsih bagi kinerja ekspor. Pasar ekspor terbesar Australia adalah Jepang, Tiongkok, Amerika Serikat, Korea Selatan, dan Selandia Baru. Australia adalah pengekspor minuman anggur terbesar ke-4 di dunia, dalam industri yang menyumbang $5,5 miliar per tahun bagi ekonomi nasional.

Penyebab Terjadinya Gurun di Australia

Politik Australia

Australia adalah monarki konstitusional dengan pembagian kekuasaan federatif. Pemerintah Australia menganut sistem parlementer dengan Ratu Elizabeth II sebagai puncak kepemimpinannya, yakni sebagai Ratu Australia, suatu peran yang berbeda dengan kedudukannya sebagai ratu bagi Dunia Persemakmuran lainnya. Ratu menetap di Britania Raya, dan dia diwakili oleh utusan yang menetap di Australia, (Gubernur Jenderal pada level federal, dan oleh Gubernur pada level negara bagian), yang menurut konvensi bertindak menurut nasihat menteri-menterinya.

Otoritas eksekutif tertinggi berada pada Konstitusi Australia, tetapi kekuasaan untuk menjalankannya diserahkan menurut konstitusi kepada Gubernur Jenderal. Pelaksanaan kekuasaan cadangan Gubernur Jenderal di luar permintaan Perdana Menteri adalah pembubaran Pemerintah Whitlam ketika terjadi krisis konstitusional 1975. Di Australia terdapat tiga cabang pemerintahan.

Legislatif Parlemen Australia yang terdiri dari Gubernur-Jenderal, Senat, dan Dewan Perwakilan. Eksekutif; Dewan Eksekutif Federal; prakteknya adalah Gubernur-Jenderal yang dinasehati oleh Perdana Menteri dan Menteri-menteri Negara. Judisial; Mahkamah Agung Australia, dan Pengadilan-pengadilan federal lainnya yang para hakimnya diangkat oleh Gubernur-Jenderal berdasarkan nasihat Dewan.

Australia mempunyai parlemen yang bikameral, masing-masing kamarnya adalah Senat, dan Dewan Perwakilan Rakyat. Di dalam Senat (majelis tinggi), terdapat 76 senator: yakni dari enam negara bagian masing-masing dikirimkan 12 wakil, sedangkan dari dua teritorial masing-masing dikirimkan dua wakil. DPR (majelis rendah) terdiri dari 150 anggota yang dipilih dari 150 elektoral, artinya dari satu elektoral dikirim hanya satu wakil. Elektoral (atau disebut juga kursi) dialokasikan ke negara-negara bagian menurut basis populasi, dengan ketentuan tiap-tiap negara bagian asli diberi jaminan untuk memperoleh minimal lima kursi.

Pemilihan untuk masing-masing kamar biasanya diselenggarakan setiap tiga tahun sekali secara serempak, para senator memiliki masa jabatan yang tumpang tindih selama enam tahun, kecuali yang berasal dari teritorial, yang masa jabatannya tidak ditetapkan tetapi terikat dengan daur pemilihan majelis rendah; dengan demikian hanya 40 dari 76 kursi di Senat dilibatkan ke dalam pemilihan kecuali jika daur pemilihan diganggu oleh pembubaran kembar.

Ada dua kelompok politik utama yang telah lazim membentuk pemerintahan, di level federal maupun negara bagian: Partai Buruh Australia, dan Koalisi yang merupakan pengelompokan resmi Partai Liberal Australia, dan mitra kecilnya, Partai Nasional Australia. Anggota-anggota independen, dan beberapa partai kecil, termasuk di antaranya Partai Hijau Australia, dan Partai Demokrat Australia memiliki wakilnya di parlemen Australia, terutama di majelis tinggi.

Setelah pemilihan kepemimpinan Partai Buruh Australia, tahun 2010, Julia Gillard menjadi Perdana Menteri perempuan pertama pada bulan Juni 2010. Pemilihan umum federal diselenggarakan pada 21 Agustus 2010, dan tidak ada partai yang menjadi mayoritas mutlak setelah 50 tahun terakhir. Gillard mampu membentuk pemerintahan Buruh minoritas dengan sokongan dari kaum independen.

Penyebab Terjadinya Gurun di Australia

Gurun di Australia

Pusat Iklim Nasional, Biro Meteorologi Australia, mencatat bahwa di seluruh dunia, terdapat sabuk tekanan tinggi di subtropis berdasarkan garis lintang sekitar 30° (Utara dan Selatan), yang menyebabkan kondisi kering di wilayah dekat garis lintang ini. Kondisi kering Australia juga terjadi pada aliran timur secara umum ke Utara sabuk bertekanan tinggi ini, kecuali di dekat pantai timur daratan Australia dimana aliran ini mengandung uap air dari samudera Pasifik.

Interior kontinental juga jauh, kesegala arah dari sumber potensial kelembaban.Sebagian besar Australia, tidak ada batas yang tegas antara daerah gersang dan daerah dengan kelembaban yang cukup. Tidak adanya uap air di daerah Australia, menyebabkan daerah menjadi kering. Posisi Australia tersebut itulah yang menjadikan Australia sebagai lokasi utama terjadinya gurun pasir. Berikut daftar gurun yang berada di Australia.

Wilayah gurun yang mendominasi daratan Benua Australia, diperkirakan luasnya sekitar 1.492.000 km2. Di bagian tengah berupa gurun dataran rendah meliputi:

  • Gurun Great Victoria (Australia Barat, Australia Selatan).
  • Gurun Tanami (Australia Barat, Northern Territory)
  • Gurun Great Sandy (Australia Barat )
  • Gurun Gibson (Australia Barat)
  • Gurun Simpson (Northern Territory, Queensland, Australia Selatan)
  • Gurun Tirari (Australia Selatan)
  • Gurun Strzelecki (Australia Selatan, Queensland, New South Wales)

Gurun Australia sering digambarkan sebagai tanah abadi. Selama 30 tahun terakhir, penelitian arkeologi dan sejarah lingkungan kuarter gurun Australia telah mengungkapkan, tidak hanya kekhasan mereka tetapi juga sejarah mereka yang kaya. Karena itu tidak heran jika banyak beragam tumbuhan dan hewan khas yang hanya ada di Australia dan tidak terdapat di bagian tempat lain di dunia.

Apakah Grameds tertarik untuk mendalami tentang negara Australia? Jika iya, Grameds bisa membaca buku sebagai tambahan informasi dan dapatkan bukunya yang tersedia di www.gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas kami selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik!

Rekomendasi Buku & Artikel Terkait

Penulis: Yufi Cantika Sukma Ilahiah

BACA JUGA:

  1. 7 Benua di Dunia, Kamu Harus Tahu Ini!
  2. Penemu Benua Australia dan Sejarah Singkatnya
  3. Iklim dan Persebaran Vegetasi 
  4. Pembagian Klasifikasi Iklim di Dunia
  5. Klasifikasi Iklim Matahari: Wilayah, Ciri-Ciri, Flora, dan Fauna 
  6. Iklim Subtropis: Ciri, Flora, Fauna, Negara Subtropis 

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien