Geografi

Urutan Planet Tata Surya

urutan planet tata surya
Written by Nandy

Urutan Planet Tata Surya – Tata surya adalah susunan benda langit yang bergerak mengelilingi matahari karena matahari sebagai pusat dari tata surya. Tata surya yang dalam bahasa Inggris dinamakan Solar System. Mengapa dinamakan Solar atau surya? Karena sistem di tata surya mengorbit bintang induk, yaitu matahari. Kata Solar sendiri berasal dari bahasa Latin yaitu Sol yang berarti matahari. Dengan kata lain, segala sesuatu yang berhubungan dengan matahari disebut Solar.

Tata surya berkeliling pada orbitnya untuk pusat Galaksi Bima Sakti dengan kecepatan ±515.000 mph. Dengan kata lain, 230 juta tahun adalah waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan satu orbit galaksi.

Planet adalah benda langit yang tidak mengeluarkan panas atau cahaya dan bergerak mengelilingi matahari secara bertahap dan terus-menerus. Benda-benda langit yang berada di tata surya bukan hanya planet, tetapi ada komet, meteor, asteroid, satelit, bintang, dan galaksi.

Delapan planet dalam tata surya mengelilingi matahari disebut dengan revolusi. Setiap revolusi yang dibutuhkan setiap planet berbeda-beda, semakin jauh dari matahari, maka waktu revolusi setiap planet akan semakin lama. Planet-planet yang mengelilingi matahari bergerak sesuai dengan garis orbit yang sudah ditentukan. Sedangkan, planet-planet yang berputar pada lingkarannya disebut dengan rotasi. Berikut lama waktu yang dibutuhkan setiap planet ketika rotasi dan revolusi.

URUTAN PLANET-PLANET TATA SURYA

Merkurius

merkurius

Gambar oleh skeeze dari Pixabay

Planet ini merupakan planet yang terdekat dari matahari. Jarak planet Merkurius ke matahari 57,9 juta KM. Lama waktu yang dibutuhkan planet ini untuk berotasi adalah 59 hari. Sedangkan waktu yang dibutuhkan untuk berevolusi adalah 88 hari. Jadi beda waktu rotasi dan revolusi planet ini adalah 29 hari.

Venus

venus

Creative commons/Pablo Carlos Budassi

Planet kedua yang jaraknya terdekat dari matahari yaitu planet Venus. Planet ini mempunyai jarak 108,2 juta KM. Rotasi yang dilakukan planet ini membutuhkan waktu 243 hari. Waktu yang dibutuhkan untuk revolusi pada planet Venus adalah 225 hari. Perbedaan waktu antara rotasi dan revolusi pada planet Venus yaitu 18 hari.

Bumi

bumi

Gambar oleh PIRO4D dari Pixabay

Planet ketiga yang terdekat dari matahari. Jarak antara planet Bumi dan matahari adalah 149,7 juta KM. 24 jam adalah waktu untuk bumi berotasi. Sedangkan waktu yang dibutuhkan untuk revolusi planet ini memerlukan waktu sekitar 365 atau 366 hari. Jarak waktu antara waktu rotasi dan revolusi sangatlah jauh.

Mars

mars

Pixabay

Planet keempat yang terdekat dari matahari adalah planet Mars. 228 juta KM adalah jarak antara Mars dan matahari. Waktu rotasi planet ini hanya berselisih satu jam dari planet Bumi yaitu 25 jam. Sementara, waktu yang diperlukan planet ini untuk berevolusi yaitu 687 hari.

Jupiter

jupiter

pixabay/GustavoAckles

Planet kelima yang terdekat dari matahari adalah Jupiter. Jarak antara planet Jupiter dan matahari adalah 778,8 juta KM. Rotasi yang dibutuhkan planet ini adalah 10 jam. Sedangkan waktu yang diperlukan revolusi pada planet ini adalah 12 tahun.

Saturnus

Saturnus

NASA

Planet Saturnus merupakan planet keenam yang terdekat dari matahari. Planet Saturnus memiliki jarak ke matahari yaitu 1.430,2 juta KM. Rotasi yang diperlukan oleh planet Saturnus adalah 10 jam dan waktu yang dibutuhkan untuk revolusi ialah 29 tahun.

Uranus

Uranus

Gambar oleh 95C dari Pixabay

Planet Uranus adalah planet kedua terjauh dari matahari dan memiliki jarak ke matahari 2.876,6 juta KM. Jarak antara planet Rotasi pada planet ini membutuhkan waktu 11 jam. Sedangkan waktu revolusi yang diperlukan adalah 165 tahun.

 

banner-promo-gramedia

Neptunus

Neptunus

Gambar oleh 95C dari Pixabay

Planet Neptunus adalah planet pertama yang paling jauh dari matahari atau planet terakhir yang ada di  tata surya. Planet ini mempunyai jarak ke matahari 5.957,3 juta KM. Waktu yang dibutuhkan untuk berotasi adalah 6 hari. Sedangkan waktu yang diperlukan dalam berevolusi yaitu 284 tahun.

 

Kenali ciri-ciri dari setiap planet agar mengetahui ciri khas dari planet Merkurius hingga Neptunus. Berikut ciri-ciri planet-planet yang ada di tata surya.

 

CIRI-CIRI PLANET-PLANET TATA SURYA

urutan planet tata surya 1

gambar dari Pixabay/Valera268268

Merkurius

  • Merkurius adalah planet yang terletak paling dekat dengan matahari dengan suhu permukaan hingga 4300C dan pada malam hari -1700C
  • Planet Merkurius tidak mempunyai satelit.

Venus

  • Venus adalah planet yang letaknya paling dekat dengan Bumi.
  • Planet Venus memiliki beberapa sebutan, di antaranya: 
    • Bintang Timur, karena ketika pagi tiba mulai terlihat di sebelah timur,
    • Bintang Barat atau Bintang Senja, karena pada sore hari tampak di sebelah barat,
    • Bintang Kejora, karena Venus tampak sangat indah,
    • Bintang Kembar, karena ukurannya hampir sama dengan Bumi;
  • Planet Venus tidak mempunyai satelit.

Bumi

  • Bumi merupakan satu-satunya planet yang mempunyai kehidupan, yaitu terdapat manusia, tumbuhan, dan hewan, karena terdapat cukup oksigen.
  • Bumi diselimuti atmosfer, yang terdiri dari: 1. Nitrogen sebesar 78%, 2. Oksigen 21%, 3. Karbondioksida dan gas-gas lain sebesar 1%; Atmosfer berfungsi melindungi Bumi dari panas matahari.
  • Bumi mempunyai satu satelit yaitu bulan.

Mars

  • Planet Mars biasa dikenal dengan sebutan planet merah karena memiliki warna yang kemerah-merahan.
  • Planet Mars mempunyai dua satelit yaitu Phobos dan Deimos.

Jupiter

  • Jupiter adalah planet terbesar di tata surya dan besarnya adalah 1.300 kali lebih besar dari Bumi.
  • Jupiter memiliki 79 satelit dengan satelit terbesarnya adakah Ganymede.

Saturnus

  • Saturnus adalah planet yang terindah di tata surya karena mempunyai lingkaran yang berbentuk seperti cincin dan lingkaran itu berwarna kekuning-kuningan.
  • Bongkahan es atau batu kerikil yang dilapisi es menjadi materi terbentuknya lingkaran seperti cincin yang melingkari Saturnus
  • Besar planet Saturnus adalah 150 kali lebih besar dari Bumi.
  • Planet ini mempunyai 82 satelit dan yang terbesar bernama Titan.

Uranus

  • Penemu planet Uranus pertama kali adalah Wilhelm Herschell dari Inggris.
  • Besar planet Uranus adalah 50 kali lebih besar dari Bumi.
  • Planet Uranus mempunyai 27 satelit dan yang terbesar adalah Ariel.

Neptunus

  • Planet Neptunus disebut-sebut kembaran planet Uranus karena memiliki besar yang hampir sama.
  • Keberadaan planet ini ditemukan oleh ilmuwan dari Inggris yang bernama John Loweh Adam dan ilmuwan dari Perancis bernama Joseph Le Verrier.
  • Planet Neptunus mempunyai 14 satelit dan salah satu yang terbesar bernama Triton.

 

SATELIT-SATELIT PLANET DI TATA SURYA

Satelit merupakan benda langit yang mengelilingi planet. Hanya ada dua planet yang tidak memiliki satelit yaitu planet Merkurius dan Venus. Berikut penjelasan tentang satelit-satelit yang ada di planet.

Bumi

Planet yang yang memiliki kehidupan ini hanya mempunyai satu satelit yaitu bulan. Bulan terbentuk dari pecahan puing-puing tabrakan Bumi dengan benda-benda langit yang ada di tata surya. Puing-puing itu memiliki ukuran yang hampir sama dengan planet Mars.

Mars

Planet Mars mempunyai dua satelit yaitu Phobos dan Deimos, kedua satelit itu berbentuk lonjong dan tidak beraturan.

Jupiter

Satelit yang dimiliki oleh planet Jupiter cukup banyak yaitu 79 satelit alami, 53 diantaranya sudah dikonfirmasi sedangkan 26 lainnya masih dalam tahap penelitian dan dipelajari oleh para ilmuwan.

Dilansir dari Nasa Solar System Exploration bahwa 4 bulan pertama Jupiter yang ditemukan oleh Galileo Galilei dan diberi nama lo, Europa, Ganymede, dan Callisto.

Adapun beberapa satelit lainnya yang diberi nama Thebe, Leda, Metis, Amalthea, Adrastea, Himalia, Themisto, Lysithea, Dia, Carpo, Euanthe, Orthosie, Lacoste, Thelxinoe, Euporie, Herse, Ananke, Thyone, Kale, Eurydome, Pasithee, dan beberapa satelit lainnya.

Saturnus

Dilansir dari Nasa Solar System Exploration bahwa planet Saturnus mempunyai 82 satelit, 53 diantaranya sudah dikonfirmasi dan 29 lainnya masih diteliti oleh para ilmuwan. Dengan jumlah 82 satelit, planet ini memiliki gelar satelit terbanyak di tata surya.

Ukuran dan warna satelit yang ada pada planet Saturnus sangat bermacam-macam. Beberapa satelit yang ada di planet Saturnus di antaranya, Titan, Mimas, Enceladus, Tethys, Dione, Rhea, Hyperion, Lapetus, Phoebe, Epimetheus, Telesto, Calypso, Atlas, Ymir, Bergelmir, Fenrir, dan beberapa satelit lainnya.

Uranus

Uranus memiliki lima satelit utama yaitu Miranda, Ariel, Umbriel, Oberon, dan Titania. Total keseluruhan satelit yang di Uranus adalah 27 satelit alami.

Satelit lainnya diberi nama antara lain, Cordelia, Ophelia, Cressida, Desdemona, Julier, Bianca, Rosalind, Belinda, Caliban, Puck, Portia, Prospero, Francisco, Trinculo, Cupid, Mad, dan beberapa satelit lainnya.

Neptunus

Planet Neptunus mempunyai 14 satelit yang mengorbit planetnya. Dilansir dari kompas.com, bulan Neptunus dari yang terdekat ke yang terjauh adalah Naiad, Thalassa, Despina, Galatea, Larissa, S/2004N1, Proteus, Triton, Nereid, Halimede, Sao, Laomedeia, Psamathe, Neso, dan beberapa planet lainnya.

 

TABEL SATELIT-SATELIT PLANET TATA SURYA

satelit-planet-tatasuryaPenamaan dan kelompok satelit pada setiap planet akan mudah untuk dipelajari. Berikut tabel satelit-satelit planet tata surya.

banner-promo-gramedia

 

Planet Satelit
Bumi Bulan
Mars Phobos dan Deimos
Jupiter lo, Europa, Ganymede, Callisto, Thebe, Leda, Metis, Amalthea, Adrastea, Himalia, Themisto, Lisithea, Dia, Carpo, Euanthe, Orthosie, Locaste, Thelxinoe, Euporie, Herse, Ananke, Thyone, Kale, Eurydome, Pasithee, dan beberapa satelit lainnya.
Saturnus Titan, Mimas, Enceladus, Tethys, Dione, Rhea, Hyperion, Lapetus, Phoebe, Epimetheus, Talesto, Calypso, Atlas, Ymir, Bergelmir, Fenrir, dan beberapa satelit lainnya.
Uranus Miranda, Ariel, Umbriel, Oberon, Titania, Cordelia, Ophelia, Cressida, Desdemona, Julier, Bianca, Rosalind, Belinda, Caliban, Puck, Portia, Prospero, Francisco, Trinculo, Cupid, Mad, dan beberapa satelit lainnya.
Neptunus Naiad, Thalassa, Despina, Galatea, Larissa, S/2004N1, Proteus, Triton, Nereid, Halimede, Sao, Lomedeia, Psamathe, Neso, dan beberapa planet lainnya.

 

BENDA-BENDA LANGIT TATA SURYA SELAIN PLANET

Matahari

Matahari merupakan pusat dari tata surya. Matahari adalah bola gas yang bercahaya dengan suhu permukaan ± 6.0000C, sedangkan suhu dalamnya ± 15 juta0C. Bintang yang letaknya paling dekat dengan Bumi adalah matahari, jarak yang dimiliki adalah 150 juta KM.

Komet

Komet adalah benda langit di tata surya yang terdiri dari debu dan gas yang membeku. Komet biasa dikenal dengan sebutan bintang berekor. Panjang ekor komet bisa mencapai jutaan kilometer dan ekor komet bergerak menjauhi matahari.

Bintang

Bintang adalah benda langit tata surya yang memancarkan sinarnya dari pantulan benda lain dan biasanya berisi hidrogen, helium, dan beberapa elemen lainnya.

Galaksi

Galaksi merupakan sekelompok bintang debu antariksa, gas, dan materi gelap yang sangat luas dan ditahan oleh gaya gravitasi. Galaksi biasanya terdiri dari beratus-ratus biliun bintang.

Meteor

Meteor adalah batuan di tata surya yang bergerak bebas dengan kecepatan tinggi, meteor juga berpijar karena bergesekan dengan Bumi. Meteor disebut juga dengan bintang jatuh atau bintang beralih karena tampak di langit bergerak dengan kecepatan tinggi dan berpijar.

Asteroid

Asteroid merupakan benda langit di tata surya yang terdiri dari batuan, logam, dan bahan organik. Diameter asteroid sekitar satu kilometer.

 

PLANET-PLANET TATA SURYA DAN ASTRONAUT

Banyak hal-hal yang menarik dan belum diketahui oleh banyak orang tentang planet-planet di tata surya. Kita bisa saja melihat keadaan planet-planet melalui website Nasa, tetapi kita hanya bisa membayangkan bagaimana rasanya berada di tata surya dan menjalani aktivitas tanpa adanya gaya gravitasi.

Salah satu cara untuk melihat tata surya dan melakukan aktivitas tanpa gaya gravitasi adalah menjadi antariksawan atau biasa kita sebut dan dengar astronaut. Astronaut itu sendiri berarti seseorang yang menjalankan pesawat antariksa untuk pergi ke antariksa. Biasanya para astronaut diberi tugas untuk memeriksa dan menyimpan hasil pemeriksaan dalam bentuk video atau foto. Hasil dari dokumentasi yang sudah dilakukan dibawa kembali ke Bumi dan digunakan untuk penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan.

Syarat-syarat menjadi astronot sangat tidak mudah dibutuhkan kepintaran, semangat yang tinggi, pantang menyerah, kondisi fisik yang baik, dan mampu bekerja sama dengan tim. Setelah memiliki semua hal itu, tahap selanjutnya adalah berbagai macam tes yang dilakukan oleh Nasa. Bahkan sebelum mengikuti tes harus mengikuti seleksi yang sangat ketat dengan peserta dari berbagai macam negara. Oleh karena itu, jika ingin menjadi astronot perlu persiapan bertahun-tahun supaya bisa lulus seleksi dan berbagai macam tes.

Buku Terkait Urutan Planet Tata Surya dan Luar Angkasa

Jika kita mempunyai anak-anak yang ingin menjadi astronot kita dapat mengajarkan dan mengenalkan beberapa sistem tata surya kepada anak-anak melalui buku-buku anak bercerita tentang tata surya.



Seperti buku Seri Smart Science: Sistem tata surya-Aku ingin menjadi penjelajah luar angkasa yang dimana buku itu berisi tentang cita-cita seorang anak yang ingin astronaut. Dengan buku ini anak-anak akan lebih mudah memahami sistem tata surya.

Seri Smart Science : Sistem Tata Surya – Aku Ingin Menjadi Penjelajah Luar Angkasa

Sistem Tata Surya: Definisi, Teori, Hingga Sistem Penyusunnya 5

https://www.gramedia.com/products/ensiklopedia-saintis-junior-bumi?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasiHamin dan Yeol telah menempuh perjalanan panjang di luar angkasa. Mereka menjelajahi Planet Mars dengan menggunakan pesawat luar angkasa. Mereka pun sudah menyimpan beberapa foto untuk mengikuti Kontes Foto Planet Sistem Tata Surya.

Ternyata, anak-anak yang membawa foto paling bagus, akan diberi hadiah bintang tim ekspedisi. Lalu, apakah mereka bisa memenangkan kontes foto tersebut? Seri Smart Science merupakan buku cerita dengan konten sains menarik yang dapat diakses melalui ponsel pintar. Anak akan mendapat pengalaman baru dalam belajar sains melalui cerita, video percobaan, animasi, dan aplikasi seru.

Si Genius Sains #5 : Mengelilingi Tata Surya

Sistem Tata Surya: Definisi, Teori, Hingga Sistem Penyusunnya 6

https://www.gramedia.com/products/ensiklopedia-saintis-junior-bumi?utm_source=literasi&utm_medium=literasibuku&utm_campaign=seo&utm_content=LiterasiRekomendasi

Jong Shin dan teman-temannya kali ini berkesempatan menjelajahi Tata Surya. Mereka mengunjungi Matahari dan semua planet yang mengitarinya. Saat sampai di Mars, Jong Gu sangat ingin memberikan hadiah kepada penghuni Mars. Padahal, keberadaan makhluk hidup di Mars masih misteri. Apakah usahanya berhasil? Apakah dai bertemu dengan makhluk hidup?

Ayo, belajar sains dengan cara menyenangkan bersama Si Genius Sains! Komik ini mengangkat pertanyaan dasar tentang sains dalam kehidupan sehari-hari. Anak dapat memahami sains melalui cerita sehari-hari Jong Shin, keluarganya, dan teman-temannya yang melakukan hal-hal menakjubkan dan tidak biasa dalam memecahkan rasa ingin tahu terhadap segalanya yang ada di kehidupan sehari-hari. Buku ini sangat cocok bagi anak-anak untuk belajar sains dengan menyenangkan, dan sangat direkomendasikan untuk anak-anak yang tertarik dengan sains.

Kesimpulan

Tata surya adalah susunan benda langit yang bergerak mengelilingi matahari karena matahari sebagai pusat dari tata surya. Tata surya dalam bahasa Inggris ialah Solar System. Kata Solar sendiri berasal dari bahasa Latin yaitu Sol yang berarti matahari. Dengan kata lain, segala sesuatu yang berhubungan dengan matahari disebut Solar.

Tata surya terdiri dari berbagai macam benda-benda langit, seperti matahari, planet, meteor, asteroid, bintang, dan lain-lain. Semua benda-benda langit itu menjadi sebuah sistem tata surya yang dimana matahari menjadi pusat dari sistem tata surya.

Setiap planet di tata surya memiliki waktu rotasi dan revolusi yang berbeda-beda. Waktu revolusi terlama dimiliki oleh planet Neptunus. Hanya ada dua planet yang tidak memiliki satelit dan planet yang memiliki satelit terbanyak adalah Saturnus.

Astronot adalah seseorang yang menjalani pesawat luar angkasa untuk melakukan tugas di tata surya. Perlu banyak hal yang harus dilakukan untuk menjadi astronot. Jika ada anak-anak yang bercita-cita menjadi astronot dapat mengenalkan sistem tata surya melalui buku-buku.

Artikel Terkait Urutan Planet Tata Surya

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien