Sains dan Teknologi

7 Benua di Dunia, Kamu Harus Tahu Ini!

daftar benua di dunia
Written by Ricky

7 Benua di Dunia – Benua merupakan dataran luas serta dikelilingi lautan dan letaknya berada di bumi. Bumi pada masa sekarang memiliki 7 benua yang memiliki karakteristiknya masing-masing. Setiap benua tersebut juga memiliki beberapa negara di dalamnya.

Benua dalam KBBI adalah bagian bumi berupa tanah atau daratan yang sangat luas yang mengakibatkan bagian tengah benua tidak terpengaruh pada angin laut. Beberapa benua yang ada di bumi yaitu, Benua Asia, Afrika, Amerika Utara, Amerika Selatan, Antartika, Eropa, dan Australia.

beli sekarang

Born to Travel adalah buku karya bersama yang ditorehkan oleh sejumlah pejalan yang sepakat beranggapan bahwa ruang sempit bernama “dunia kerja” tidak berhak membatasi hasrat untuk menjelajah setiap sudut kolong langit. Born to Travel akan mengajak pembaca mengunjungi sebelas negara melalui sebelas perjalanan yang luar biasa.

Benua-benua tersebut memiliki luasnya masing-masing. Dalam artikel ini akan dijelaskan benua-benua mulai dari yang memiliki luas terbesar hingga terkecil. Untuk tahu lebih lanjut mengenai 7 benua terbesar di dunia, mari simak ulasan berikut.

1. Benua Asia

benua asia

Benua Asia merupakan benua yang terbesar di dunia. Luas daratannya mencapai 44.579.000 kilometer persegi atau sekitar 29,5% dari luas bumi. Karena benua ini sangat luas, benua ini memiliki penduduk sekitar 4.164.252.000 jiwa atau sekitar 60% dari total populasi manusia di bumi serta terdapat 45 negara di dalam Benua Asia.

Beberapa ahli sejarah mengatakan bahwa Benua Asia dikenal sebagai benua “Timur”. Benua Asia namanya diambil dari bahasa Fenisia/Suria/Yunani Kuno yang artinya timur. Hal ini dikarenakan Benua Asia terletak di sebelah timur dari kerajaan Yunani. Benua Asia juga dibagi menjadi beberapa wilayah yang meliputi, Asia Tengah, Asia Timur, Asia Barat, Asia Tenggara, dan Asia Selatan.

Jika dilihat secara astronomis, Benua Asia terletak di antara 26 derajat Bujur Timur – 170 derajat Bujur Timur dan 11 derajat Lintang Selatan – 80 derajat Lintang Selatan. Sedangkan dari letak geografisnya Benua Asia terletak di antara tiga benua, yaitu Benua Eropa. Benua Australia, dan Benua Amerika. Selain itu letak geografisnya, benua ini juga terletak di antara beberapa samudera yang mengelilinginya, yaitu Samudra Hindia, Samudra Atlantik, dan Samudra Arktik.

Benua Asia memiliki beberapa karakter. Tentunya berbeda dengan benua-benua lain. Karakter Benua Asia meliputi.

  • Benua dengan penghasil minyak bumi terbesar, yaitu di negara Arab Saudi;
  • Benua yang memiliki luas laut terbesar yaitu, Laut Cina Selatan;
  • Benua Asia merupakan tempat lahirnya beberapa agama seperti, agama Islam, Kristen, Hindu, Buddha, dan Kong Hu Chu;
  • Banyak terdapat bangunan yang masuk ke dalam tujuh keajaiban dunia yang meliputi, Tembok Raksasa di China, Candi Borobudur di Indonesia, Ka’bah di Saudi Arabia, dan Taj Mahal di India.
  • Terdapat beberapa pegunungan tertinggi di dunia yang meliputi, Pengunungan Himalaya, Gunung Everest, dan dataran tinggi Tibet. Puncak tertinggi berada di Gunung Everest yang memiliki ketinggian sekitar 8.848 meter di atas permukaan laut.
  • Terdapat beberapa negara yang memiliki jumlah penduduk yang besar seperti, Jepang, India, Indonesia, Tiongkok, Pakistan, dan Bangladesh.

2. Benua Afrika

benua afrika

Benua Afrika merupakan benua kedua terbesar di dunia. Benua ini memiliki luas sekitar 30.370.000 kilometer persegi atau sekitar 20,4% dari luas bumi. Benua ini memiliki populasi penduduk dengan jumlah 1,020.201.229 jiwa di mana termasuk 15% dari populasi manusia di bumi.

Benua ini membentang 8.000 kilometer dari utara ke selatan dan 7.400 kilometer dari timur ke barat. Titik utara yang ada di Benua Afrika berada di kota Al-Ghiran, Tunisia. Lalu titik yang paling selatan berada di kota Tanjung Agulhas Gwardafuy, Somalia. Kemudian titik paling barat berada di kota Almadi Point, Tanjung Verde, Senegal.

Benua Afrika dapat dikatakan sebagai benua “Ibu”. Hal ini dikarenakan Afrika menjadi benua tertua yang telah dihuni. Nenek moyang dari manusia telah hidup di Afrika selama 5.000.000 tahun yang lalu.

Dilihat dari garis astronomisnya, letak dari Benua Afrika berada di 37 derajat Lintang Utara – 34 derajat Lintang Selatan dan 17 derajat Bujur Barat – 51 derajat Bujur Timur.

Beberapa negara yang ada di Afrika dilewati oleh meridian utama yang telah digunakan secara internasional,  yaitu garis bujur Greenwich yang berawal dari Kutub Utara yang melewati Kota Greenwich, Inggris.

Benua Afrika juga memiliki karakteristiknya tersendiri. Berikut adalah karakteristik yang perlu diketahui.

  • Benua yang dikenal sebagai Benua “Hitam” karena mayoritas penduduk di Benua Afrika memiliki kulit berwarna hitam.
  • Memiliki gurun terluas di dunia, yaitu Gurun Sahara yang memiliki lua 8.400.000 kilometer persegi. Gurun ini membentang dari barat yaitu Senegal ke sebelah timur yaitu Kenya.
  • Memiliki sungai terpanjang di dunia, yaitu Sungai Nil yang memiliki panjang 6.690 kilometer.
  • Terdapat banyak piramida yang merupakan makam dari raja-raja Mesir. Piramida tersebut juga termasuk ke dalam keajaiban dunia.

3. Benua Amerika Utara

benua amerika utara

Benua Amerika Utara merupakan salah satu bagian dari Benua Amerika, namun benua ini terpecah menjadi dua bagian. Benua ini memiliki luas sekitar 24.490.000 kilometer persegi. Populasi manusia pada benua ini juga memiliki jumlah sebanyak 542.056.000 jiwa di mana hanya 16,5% dari keseluruhan populasi manusia di bumi. Terdapat sebanyak 23 negara yang termasuk ke dalam wilayah Benua Amerika Utara.

Benua ini merupakan benua terbesar di dunia pada urutan ketiga setelah Benua Asia dan Afrika. Selain itu, benua ini menduduki urutan keempat dengan jumlah populasi terbanyak setelah Benua Asia, Afrika, dan Eropa.

gramedia digital

gramedia digital

Berlangganan Gramedia Digital

Baca SEMUA koleksi buku, novel terbaru, majalah dan koran yang ada di Gramedia Digital SEPUASNYA. Konten dapat diakses melalui 2 perangkat yang berbeda.

Rp. 89.000 / Bulan

gramedia digital

Beberapa orang Eropa mengatakan bahwa Amerika Utara dan Amerika Selatan dijuluki sebagai Amerigo Vespucci yang artinya tidak sama dengan Hindia Timur. Hal tersebut dikatakan oleh orang Eropa pertama yang menemukan Benua Amerika.

Benua Amerika Utara memiliki hubungan tanah dengan tanah genting Panama. Hubungan ini hanya berdasarkan geopolitik, area seluruh Panama termasuk bagian timur terusan Panama telah dianggap sebagai bagian dari Amerika Utara juga. Namun, beberapa pakar mengatakan bahwa tanah dari Amerika Utara tidak berawal dari tanah genting Panama, tetapi di tanah genting Tehuantepec dengan daerah yang menghalangi maka dianggap sebagai Amerika Tengah yang bersandar pada lempengan Karibia.

Banyak orang yang menganggap daerah Amerika Tengah sebagai Amerika Utara karena wilayah tersebut terlalu kecil untuk menjadi benua sendiri. Sedangkan Greenland yang merupakan bagian dari Amerika Utara, bahkan secara geografis dan lempeng tektoniknya sama tidak dianggap sebagai bagian dari wilayah Amerika Utara secara politis.

Baca juga: 5 Samudra di Dunia

4. Benua Amerika Selatan

benua amerika selatan

Benua Amerika Selatan merupakan benua terbesar di dunia yang masuk pada urutan keempat. Benua ini memiliki luas daratan sekitar 17.840.000 kilometer persegi. Populasi manusia dalam benua tersebut sebanyak 392.555.000 jiwa atau sekitar 6% dari jumlah penduduk di dunia. Benua ini juga memiliki beberapa negara di dalamnya, yaitu sekitar 12 negara saja.

Secara geografis benua ini berada di antara Samudra Pasifik dan Samudra Atlantik yang  menyambung dari Amerika Utara melalui Tanah Genting Panama. Benua ini dilintasi oleh garis khatulistiwa, dan sebagian daratannya merupakan bagian bumi bagian selatan. Oleh karena itu iklim yang ada di benua ini cenderung iklim tropis dan subtropis.

banner-promo-gramedia-ilana-tan

Pada bagian barat benua ini merupakan pegunungan Andes yang berdiri dari utara hingga selatan. Sedangkan pada bagian timurnya adalah dataran rendah dan sebagian besar merupakan basin Sungai Amazon dengan hutan tropis yang sangat lebat.

Amerika Selatan ini diduga telah didiami oleh manusia pada pertama kali berasal dari imigrasi rakyat Asia yang melewati Tanah Genting Bering yang sekarang bernama Selat Bering, mereka menuju ke Amerika Utara dan Selatan. Dugaan lain adalah melalui bagian selatan dari Samudra Pasifik dan Kepulauan Oseania.

beli sekarang

Di dalam buku ini terdapat 10 kisah bersejarah tentang perjalanan para penjelajah dunia yang menemukan benua baru, didukung foto asli dan ilustrasi 3 dimensi.

5. Benua Antartika

benua antartika

Benua Antartika merupakan benua terbesar yang menempati urutan kelima. Benua ini memiliki luas daratan sekitar 13.720.000 kilometer persegi. Populasi penduduk yang ada di benua ini hanya sekitar 4.490 jiwa saja. Jumlah populasi penduduk di benua ini merupakan jumlah paling sedikit dari benua lainnya. Bahkan tidak ada satu pun negara yang ada di benua ini, hanya benuanya saja.

Sejak Benua Antartika ditemukan pada tahun 1820, benua ini merupakan benua yang sama sekali tidak memiliki penduduk asli. Karena tidak memiliki penduduk asli, beberapa negara pun mengklaim bahwa Antartika merupakan bagian dari wilayah mereka.

Namun semua itu sudah diatasi dengan adanya Perjanjian Antartika pada tahun 1959 yang ditandatangani oleh 12 negara. Kesepakatannya adalah benua ini dijadikan sebagai perdamaian dan penelitian ilmu pengetahuan. Sejak saat itu, menyusul 41 negara lainnya ikut menandatangani perjanjian tersebut.

Selain itu ada beberapa faktu unik yang dimiliki oleh benua ini. Berikut adalah beberapa fakta unik dari Benua Antartika.

  • Tidak adanya zona waktu di Antartika. Di Kutub Selatan memiliki zona waktu yang sangat berbeda dari belahan bumi lain, semua titik bertemu menjadi satu. Bahkan para ilmuwan yang bekerja menggunakan zona waktu pada negaranya masing-masing.
  • Semenanjung Antartika merupakan salah satu daerah yang mudah panas di bumi. Dalam waktu 50 tahun, suhu rata-rata yang ada di Semenanjung Antartika naik 3 derajat celcius, atau lima kali lipat daripada peningkatan suhu di belahan bumi lainnya.
  • Sebanyak 60% – 90% air tawar yang ada di bumi semuanya membeku di Benua Antartika. Lapisan es yang dimiliki Antartika adalah lapisan es terbesar di bumi. Jika semua es tersebut mencair maka dapat diperkirakan lautan yang ada di bumi akan naik sampai 60 meter.
  • Antartika sebenarnya adalah gurun. Gurun tidak harus panas, melainkan tidak mendapatkan curah hujan tahunan. Pada benua ini hanya mendapatkan curah hujan tahunan yang terjadi selama 30 tahun dengan rata-rata 10 milimeter saja. Oleh karena itu, Antartika disebut sebagai gurun kutub.

6. Benua Eropa

benua eropa

Benua Eropa merupakan benua terbesar di dunia pada urutan keenam. Benua ini memiliki luas daratan sekitar 10.180.000 kilometer persegi. Benua ini memiliki populasi penduduk berjumlah 738.199.000 jiwa, yang artinya 11% dari seluruh populasi penduduk di dunia. Jumlah negara yang ada di benua ini ada 45 negara.

Secara astronomis, benua ini terletak di 36 derajat Lintang Utara – 71 derajat Lintang Selatan dan 9 derajat Bujur Barat – 66 derajat Bujur Timur. Benua ini membujur dari bagian barat ke timur sejauh 5.300 kilometer dan melintang sejauh 3.950 kilometer.

Benua ini sering dijuluki sebagai benua “Biru” dan “Putih”, hal ini dikarenakan penduduknya mayoritas memiliki mata biru dan memiliki kulit putih. Di dalam peta geografis juga disebutkan bahwa ada beberapa negara di Eropa yang menyatu dengan beberapa negara di Asia, hal tersebut disebut dengan Eurasia.

Flora dan fauna yang ada di Benua Eropa sangat dipengaruhi oleh keberadaan manusia. Masyarakat bersama flora dan fauna telah hidup berdampingan selama ribuan tahun dari masa bercocok tanam. Kecuali pada daerah Skandinavia dan Rusia yang merupakan hutan lindung, daerahnya sama sekali belum terjamah oleh manusia.

Hutan di Eropa dulu sangat banyak, yakni sekitar 80% – 90% area di Eropa merupakan hutan. Hutan ini menyebar dari Laut Mediterania hingga Samudra Arktik. Meski awalnya banyak, namun lama-lama sudah hilang setengahnya dari zaman kolonial yang telah terjadi selama berabad-abad. Pada saat ini Benua Eropa hanya memiliki seperempat dari hutan dunia, yaitu Hutan Skandinavia, hutan pinus di Rusia, hutan hujan di Chestnut Kaukasus, dan Hutan Oak Cork di Mediterania.\

Penebangan hutan yang terjadi di Eropa sudah dihentikan, lalu dilakukan reboisasi secara menyeluruh. Di Benua Eropa negara yang memiliki hutan paling sedikit adalah negara Irlandia dengan hutan sebanyak 8%, lalu hutan terluas ada di negara Finlandia dengan luas wilayah mencapai 72%.

7.  Benua Australia

benua australia

Benua Australia merupakan benua terbesar pada urutan ketujuh. Benua ini memiliki luas sekitar 9.008.500 kilometer persegi. populasi penduduk yang ada di benua ini mencapai 29.127.000 jiwa, atau sekitar 0,4% dari populasi keseluruhan yang ada di dunia. Negara yang ada di benua ini berjumlah 14 negara.

Secara astronomis, benua ini terletak pada 113 derajat Bujur Timur – 115 derajat Bujur Timur dan 10 derajat Lintang Selatan – 43 derajat Lintang Selatan. Sedangkan secara geografis, benua ini terletak di bagian selatan dari wilayah Indonesia. Benua ini pun menyendiri di bagian belahan bumi selatan. Topografi yang dimiliki juga rata daripada benua lain.

Benua Australi terkenal dengan luasnya gurun yang dimilikinya. Bahkan, sepertiga dari area benua ini merupakan gurun. Yang merupakan salah satu faktor mengapa banyak gurun di benua ini adalah karena letak benua ini berada pada zona turunnya massa udara. Dalam astronomi terletak pada 30 derajat Lintang Utara dan 30 derajat Lintang Selatan.

Lalu benua ini memiliki dataran di sebalah barat yang terbentuk karena sesar batuan yang ada di sekitar barat benua. Kemudian, ada juga dataran tinggi pantai timur yang membuat area di sekitar pantai menjadi lebih sempit. Selanjutnya, di sebelah timur benua, tepatnya di Queensland memiliki kawasan dengan terumbu karang yang besar dan juga luas. Terumbu karang tersebut merupakan terumbu karang terbesar dan terluas dan dijuluki dengan Great Barrier Reaf.

Baca juga:

Grameds, demikianlah pemaparan artikel mengenai 7 benua terbesar di dunia. Tentunya kamu juga tidak asing dengan nama-nama benua yang telah disebutkan. Dengan adanya artikel ini, semoga kamu mendapatkan ilmu yang sebelumnya kamu dapatkan.

Jika kamu ingin mempelajari lebih lanjut mengenai karakteristik pada masing-masing benua, kamu bisa membeli dan membaca buku dari Gramedia. Gramedia sebagai #SahabatTanpaBatas menyediakan buku-buku berkualitas untuk menambah pengetahuanmu. Yuk Grameds, beli bukunya sekarang juga!

beli sekarang

Buku terbaru ini mengenalkan kalian pada bidang geografi, mulai dari bebatuan dan pembentukannya ; sistem tata surya; cuaca dan iklim; samudra; hingga kependudukan manuasia, populasi terkini, macam -macam ekosistem dan keprihatinan lingkungan. Buku ini juga berisi foto yang memesona dari alam, diagram yang detail mengenai proses geografi dan geologi, dan catatan tentang penduduk dan anak tiap benua

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien