Geografi

Pengaruh Letak Geografis Indonesia & Dampaknya

Pengaruh Letak Geografis Indonesia & Dampaknya 1
Written by Restu

Pengaruh Letak Geografis Indonesia – Berdirinya suatu wilayah tidak bisa dilepaskan dari yang namanya letak geografis. Dengan adanya letak geografis, maka letak atau posisi suatu wilayah akan terlihat sangat jelas. Jika sudah terlihat jelas akan ada banyak orang yang mengetahui wilayah tersebut. Letak geografis suatu wilayah dimulai dari yang terkecil seperti jalanan hingga yang terbesar seperti benua.

Oleh karena itu, letak geografis juga digunakan sebagai suatu cara untuk mengetahui dan mengenal suatu negara, termasuk Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).  Jika dilihat dari letak geografisnya, Indonesia diapit oleh dua benua yaitu benua Australia dan benua Asia. Selain diapit dua benua, Indonesia juga berada di antara Samudera Hindia dan Samudera Pasifik.

Grameds, ingin tahu lebih dalam tentang letak geografis Indonesia, pengaruh dari letak geografis Indonesia, hingga dampak positif dan dampak negatif letak geografis Indonesia? Simak ulasannya di bawah ini ya, Grameds.

Letak Geografis Indonesia

Indonesia selalu dikenal dengan negara kepulauan karena Indonesia memiliki banyak sekali pulau. Bahkan, berdasarkan sebuah catatan, Indonesia memiliki kurang lebih 17.500 pulau, banyak sekali bukan? Pulau-pulau tersebut bisa kita lihat, mulai dari Sabang hingga Merauke. Selain itu, Indonesia juga melewati garis Khatulistiwa.

Bisa dibayangkan berapa luas negara Indonesia jika pulaunya berjumlah sekitar 17.500. Luas daratan negara Indonesia sekitar 1,9 juta km2. Dari luas daratan itu, wilayah yang cukup luas akan dibagi lagi menjadi beberapa Provinsi.

Selain, daratan yang sangat luas, Indonesia juga memiliki garis pantai terpanjang kedua di dunia. Panjang garis pantai tersebut kurang lebih berkisar 95.181 kilometer serta luas dari perairan Indonesia kira-kira 5,8 kilometer persegi. Oleh karena itu, Indonesia dikenal sebagai negara maritim.

Pengaruh Letak Geografis Indonesia

Setiap letak geografis pada suatu negara, pasti akan memiliki pengaruh dari letak geografis tersebut. Pengaruh letak geografis Indonesia, yaitu keberagaman budaya, musim di Indonesia ada dua, letak yang sangat strategis, ada banyak sekali jenis ikan, rawan terjadi bencana, dan sumber daya alam yang sangat banyak.

1. Keberagaman Budaya

Indonesia yang berada di antara dua benua, yaitu benua Asia dan benua Australia membuat budaya-budaya yang masuk ke Indonesia sangat cepat. Terlebih lagi di zaman modern ini sangat mudah untuk mengenali atau bahkan meniru budaya lain sangatlah mudah.

Negara Korea Selatan yang berada di benua Asia bisa dikatakan sebagai salah satu budaya asing yang mudah diterima oleh bangsa Indonesia. Banyaknya masyarakat Indonesia yang mengenal budaya Korea Selatan, maka akan terjadi akulturasi dan asimilasi budaya. Maka dari itu, budaya Indonesia akan semakin beragam, seperti genre musik, genre film, dan sebagainya.

Meskipun, banyak masyarakat Indonesia yang menyukai budaya asing seperti Korea Selatan, tetapi dengan letak geografis Indonesia, budaya Indonesia juga dikenal oleh banyak negara, mulai dari makanan hingga kesenian. Misalnya, nasi goreng, kesenian Reog, kesenian Wayang, batik atau cara membatik, dan beberapa bahasa daerah.

Namun, agar makanan, kesenian, prestasi, dan sebagainya tetap terjaga, maka seluruh bangsa Indonesia harus saling bekerja sama dan bergotong royong dalam melestarikan kebudayaan-kebudayaan Indonesia.

Pengaruh Letak Geografis Indonesia & Dampaknya 2

Beli Buku di Gramedia

2. Musim Hujan dan Musim Kemarau

Tidak bisa dipungkiri bahwa letak Indonesia yang diapit antara dua benua dan dua Samudera serta melewati garis khatulistiwa. Ketiga hal tersebut membuat negara Indonesia dilewati oleh angin Muson Barat dan Angin Muson Timur. Kedua angin tersebut sangat memengaruhi kondisi musim di Indonesia.

Pergerakan angin Muson Barat akan melewati Samudera Hindia, kemudian menuju ke benua Australia. Dari pergerakkan itulah, angin Muson Barat akan membawa uap air dari daratan yang sangat banyak, sehingga akan menyebabkan terjadinya musim hujan di beberapa wilayah Indonesia.

banner-promo-gramedia

Sementara itu, pergerakan angin Muson Timur akan dimulai dari benua Australia menuju benua Asia. Udara kering dari gurun pasir yang ada di bagian utara Australia akan dibawa oleh angin Muson Timur melalui laut yang sangat sempit. Oleh sebab itu, angin Muson Timur akan menyebabkan musim kemarau terjadi di Indonesia.

Biasanya musim hujan di Indonesia terjadi pada bulan Oktober hingga bulan Maret. Sedangkan musim kemarau Indonesia biasanya terjadi pada bulan April hingga bulan September. Namun, karena adanya pemanasan global yang menyebabkan terjadinya kerusakan iklim, maka musim di Indonesia menjadi tidak menentu.

3. Letak yang Strategis

Tidak bisa dipungkiri bahwa letak geografis Indonesia sangatlah strategis karena terletak di antara jalur persimpangan lalu lintas perdagangan Internasional. Dengan kata lain, letak Indonesia dapat meningkatkan ekonomi perdagangan. Dalam hal ini, lalu linta yang dimaksud bisa berupa lalu lintas laut atau lalu lintas udara.

Bukan hanya itu, letak Indonesia yang strategis sangat cocok untuk menghubungkan negara-negara industri dengan negara-negara berkembang. Maka dari itu, Indonesia bisa dikatakan sebagai titik pertemuan dalam kegiatan ekonomi dunia. Contoh dari titik pertemuan bisa tersebut bisa dilihat ketika negara, seperti RRC, Korea Selatan, Jepang melakukan perdagangan ke beberapa negara di Afrika, Australia, dan Eropa.

Dengan demikian, sudah semestinya bagi Indonesia untuk memanfaatkan letak negara yang strategis untuk memajukan atau meningkatkan perekonomian negara melalui jalur perdagangan lintas dunia.

 

4. Memiliki Banyak Sekali Jenis Ikan Laut dan Biota Laut Lainnya

Indonesia yang diapit oleh Samudera Hindia dan Samudera Hindia dan Samudera Pasifik membuat perairan laut Indonesia cenderung hangat. Air laut yang cenderung hangat ini disebabkan karena terjadinya peristiwa Arlindo (Arus Lintas Indonesia). Peristiwa Arlindo bisa terjadi karena adanya perbedaan tekanan air laut dari Samudera Pasifik ke Samudera Hindia.

Perairan hangat membuat banyak ikan dan biota-biota laut untuk datang ke perairan Indonesia. Oleh sebab itu,sudah bukan hal asing lagi kalau Indonesia memiliki banyak sekali nelayan. Biota laut dan ikan yang melimpah sangat cocok untuk dijadikan sebagai pemasukan perekonomian negara.

Banyak sekali protein yang terkandung di dalam ikan, sehingga ikan sangat cocok untuk pertumbuhan masyarakat Indonesia. Hal yang lebih penting lagi, ikan dapat meningkatkan kecerdasan seseorang. Jadi, jangan pernah ragu untuk mengonsumsi ikan.

Pengaruh Letak Geografis Indonesia & Dampaknya 3

Beli Buku di Gramedia

5. Rawan Terjadi Bencana

Letak geografis Indonesia bisa memengaruhi terjadinya bencana alam. Bahkan, Indonesia termasuk ke dalam salah satu negara yang rawan terjadinya bencana. Hal ini disebabkan karena letak geografis Indonesia yang berada di jalur Lingkaran Api atau Ring of Fire Pasifik. Lingkaran api ini sering dikenal dengan sebutan Cincin Api Pasifik.

Jalur Cincin Api Pasifik membentang dari benua Amerika hingga benua Asia termasuk Indonesia. Jika diperkirakan kira-kira ada 40 negara yang dilalui oleh Cincin Api Pasifik dan panjang jalur tersebut sekitar 40.000 kilometer.

Jalur Cincin Api Pasifik ini bisa menyebabkan terjadinya gempa tektonik yang sangat besar, sehingga bisa mengeluarkan energi yang besar juga dari dalam perut bumi. Oleh karena itu, tidak jarang kalau gempa di Indonesia suka dipicu karena adanya aktivitas vulkanik dari sebuah gunung berapi. Bahkan, bisa dikatakan bahwa sekitar 90 persen gempa bumi yang terjadi di bumi berada di jalur Cincin Api Pasifik.

Di Indonesia tercatat bahwa ada 129 gunung api dan sekitar 70 gunung api yang masih aktif. Pulau Jawa menjadi pulau terbanyak di Indonesia yang memiliki gunung api yang masih aktif. Jika diperkirakan ada sekitar 35 gunung api aktif di pulau Jawa. Selain gunung yang meletus, Indonesia juga sering mengalami gempa dan terkadang ada beberapa bencana tsunami.

6. Sumber Daya Alam yang Sangat Banyak

Letak geografis Indonesia menjadikan Indonesia beriklim tropis. Suatu wilayah yang beriklim tropis biasanya akan ada banyak sekali tumbuh-tumbuhan dan hewan-hewan yang sangat beragama yang dapat bertahan hidup lebih lama.

Iklim tropis ini membuat negara Indonesia menghasilkan banyak sekali sumber daya alam yang melimpah. Sumber daya alam ini dapat dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia atau bisa juga diekspor ke berbagai negara.

Jadi, sudah seharusnya bagi seluruh masyarakat Indonesia untuk menjaga sumber daya alam yang melimpah ini supaya kebutuhan masyarakat Indonesia dapat dipenuhi tanpa harus melakukan impor suatu barang.

Keuntungan dari Letak Geografis Indonesia

Grameds, setelah membahas tentang pengaruh letak geografis Indonesia, rasanya kurang lengkap kalau tidak membahas tentang keuntungan dari letak geografis Indonesia. Berikut beberapa keuntungan yang bisa dirasakan oleh Indonesia karena letak geografisnya.

1. Banyaknya Wisata Alam yang Dapat Dikunjungi

Banyaknya pulau yang ada di Indonesia menandakan bahwa ada banyak sekali wisata alam yang dapat dikunjungi oleh para wisatawan lokal atau mancanegara. Adanya wisatawan dari mancanegara menunjukkan bahwa wisata alam Indonesia tidak kalah dengan wisata luar negeri atau bahkan lebih indah. Terbentuknya wisata alam di Indonesia tidak bisa dilepaskan dari letak geografis Indonesia.

Banyaknya para wisatawan yang datang ke destinasi wisata alam akan membuat perekonomian meningkat, baik itu perekonomian untuk warga-warga yang ada di sekitar wisata alam atau perekonomian negara.

Setiap pulau-pulau besar Indonesia selalu memiliki wisata alam yang sering sekali dikunjungi oleh banyak wisata terutama wisata alam yang sudah viral di media sosial, seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan lain-lain.

banner-promo-gramedia

2. Memudahkan Indonesia Untuk Melakukan Perdagangan Internasional

Perairan Indonesia sangatlah luas, sehingga Indonesia dikenal sebagai negara maritim. Jalur perairan ini sangat sering digunakan sebagai jalur perdagangan internasional. Dengan kata lain, kegiatan ekspor dan impor dapat dilakukan dengan mudah dan dapat meningkatkan perekonomian negara.

Adanya kegiatan ekspor dan impor di perairan Indonesia dikarenakan Indonesia merupakan tempat bertemunya perekonomian negara-negara maju dan negara-negara berkembang. Bahkan, Indonesia dapat dikatakan sebagai pusat dari perdagangan internasional terutama jalur pelayaran.

Di globalisasi ini, setiap negara tidak bisa dilepaskan dalam kegiatan ekspor dan impor terutama dalam mencukupi kebutuhan suatu negara. Dalam hal ini, Indonesia sangat diuntungkan karena sudah memiliki keuntungan dari letak geografis Indonesia.

3. Membantu dan Meningkatkan Ekonomi Masyarakat

Dengan letak geografis Indonesia yang sangat strategis, maka dapat membantu dan meningkatkan ekonomi masyarakat. Ekonomi masyarakat yang meningkat itu berarti menandakan bahwa kesejahteraan masyarakat meningkat juga. Negara bisa melakukan ekspor produk-produk lokal supaya dikenal dan laris di banyak negara. Tentunya produk-produk yang diekspor harus dengan kualitas terbaik.

Di samping meningkatkan kualitas ekspor, negara Indonesia perlu mengurangi kegiatan impor supaya terbiasa menggunakan produk-produk lokal. Kegiatan impor yang berkurang, maka pengeluaran kas negara juga berkurang, sehingga kas negara dapat dipergunakan untuk kebutuhan lainnya.

Dalam membantu dan meningkatkan ekonomi masyarakat diperlukan juga peran masyarakat itu sendiri. Hal ini dikarenakan yang dapat meningkatkan kualitas produk-produk lokal adalah masyarakat itu sendiri.

Pengaruh Letak Geografis Indonesia & Dampaknya 4

beli sekarang

4. Mempunyai Sumber Daya Alam yang Berlimpah

Berkat letak geografisnya, maka sumber daya alam Indonesia sangat berlimpah. Sumber daya alam yang berlimpah sangat bermanfaat untuk memenuhi setiap kebutuhan masyarakat. Kebutuhan masyarakat yang terpenuhi akan memunculkan rasa bahagia bagi masyarakat itu sendiri.

Selain untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, sumber daya alam yang melimpah dapat digunakan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat atau ekonomi negara Indonesia. Misalnya, masyarakat yang berprofesi sebagai petani dapat menjual hasil panennya, sehingga mendapatkan pemasukan untuk mencukupi kehidupan sehari-hari.

Namum, bagi beberapa sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui, sebaiknya jangan digunakan secara berlebihan. Jika sumber daya alam tersebut habis, maka Indonesia bisa kehilangan pemasukan kas negara atau bahkan Indonesia bisa mengalami defisit kas negara.

5. Memajukan Perkembangan Sosial Budaya

Letak geografis Indonesia bisa dijadikan sebagai suatu cara untuk memajukan perkembangan sosial budaya terutama dalam bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK). Perkembangan IPTEK yang semakin maju menandakan bahwa Indonesia sudah siap untuk menghadapi perkembangan teknologi di zaman modern ini.

Selain IPTEK yang semakin berkembang, penggunaan bahasa-bahasa asing memudahkan beberapa masyarakat Indonesia untuk menambah wawasan tentang ilmu pengetahuan. Memang tak bisa dipungkiri bahwa untuk mengembangakan ilmu pengetahuan harus bisa menggunakan bahasa asing, salah satunya bahasa Inggris.

Adanya perkembangan sosial budaya memunculkan akulturasi budaya, sehingga masyarakat Indonesia menjadi lebih dinamis dalam mengikuti perkembangan zaman. Salah perubahan yang dapat diikuti oleh masyarakat Indonesia adalah perubahan dalam berpakaian.

6. Ikan dan Biota Laut yang Melimpah

Keuntungan dari letak geografis Indonesia selanjutnya adalah ikan dan biota laut yang sangat melimpah, sehingga sangat bermanfaat bagi masyarakat dan negara Indonesia. Manfaat yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat adalah mengonsumsi ikan yang bisa meningkatkan kecerdasan otak.

banner-promo-gramedia

Ikan dan biota laut yang melimpah sangat cocok untuk dijadikan sebagai pemasukan perekonomian suatu negara. Dari ikan dan biota laut yang telah ditangkap atau telah dibudidaya dapat dilakukan ekspor ke negara lain.

Oleh sebab itu, masyarakat dan negara Indonesia sudah seharusnya untuk menjaga kualitas air laut supaya ikan dan biota laut selalu ingin datang ke perairan Indonesia.

Dampak Positif dari Letak Geografis Indonesia

Letak geografis Indonesia memiliki dampak positif. Simak dampak positif dari letak geografis Indonesia di bawah ini.

1. Hubungan komunikasi dengan warga negara asing berjalan dengan baik

2. Warga negara indonesia dengan warga negara asing sangat mudah terhubung

3. Terjadinya pertukaran dan percampuran budaya

4. Peningkatan ekonomi masyarakat dan negara

5. Wisata alam yang sangat banyak

Dampak Negatif dari Letak Geografis Indonesia

Letak geografis Indonesia memiliki dampak negatif. Simak dampak negatif dari letak geografis Indonesia di bawah ini.

1. Adanya perubahan perilaku yang tidak sesuai dengan karakteristik budaya indonesia

2. Perlahan-lahan bahasa daerah akan menghilang

3. Munculnya budaya yang jauh dari nilai budaya indonesia

4. Sumber daya alam bisa cepat habis

5. Sangat rawan terjadi bencana

Kesimpulan

Letak geografis Indonesia sangat strategis, baik itu dalam perdagangan internasional, berkembangnya kebudayaan, banyaknya wisata alam, dan sebagainya. Meskipun, letak geografis Indonesia strategis, tetapi Indonesia sangat rawan dengan bencana alam karena berada di Cincin Api Pasifik.

Pengaruh Letak Geografis Indonesia & Dampaknya 5

beli sekarang

Layanan Perpustakaan Digital B2B Dari Gramedia

ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah.

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien