in

19 Rekomendasi Tempat Wisata Sukabumi yang Wajib Dikunjungi!

Wisata Sukabumi – Sukabumi merupakan sebuah wilayah yang terletak di provinsi Jawa Barat, yang mana mempunyai sejuta pesona. Akan tetapi, tidak banyak orang yang tahu tentang tempat wisata Sukabumi atau dapat dikatakan masih banyak tempat wisata yang masih tersembunyi dari masyarakat luar daerah.

Dilansir dari website resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Kabupaten Sukabumi adalah salah satu kabupaten terluas kedua di Pulau Jawa, tetapi Kota Sukabumi sendiri merupakan salah satu kota terkecil yang ada di Provinsi Jawa Barat.

Wilayah Sukabumi sudah dihuni sejak abad ke-9 Masehi. Ketika masa penjajahan Belanda, Karesidenan Priangan membawahi kota tersebut melalui pembentukan Kepatihan Tjikole, yang mana hal tersebut menjadi awal mula kota Sukabumi. Lalu, pada awal abad ke-20, secara administratif Sukabumi dibagi menjadi Kota Sukabumi dan juga Kabupaten Sukabumi.

https://www.gramedia.com/products/buku-ayo-mewarnai-objek-wisata-indonesia?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/buku-ayo-mewarnai-objek-wisata-indonesia?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Rekomendasi Tempat Wisata Sukabumi

Sejak zaman kolonial Belanda, Sukabumi adalah salah satu kota yang ada di Jawa Barat yang menjadi tujuan wisata serta peristirahatan terbaik. Kota perkebunan yang dikelilingi oleh bentang alam, mulai dari pantai, curug, bukit, sampai hutan juga tergolong sangat dekat dengan kota besar seperti Jakarta dan Bandung.

Apakah kamu tertarik untuk mengunjungi Sukabumi? Berikut ini adalah beberapa rekomendasi tempat wisata Sukabumi terbaik dan terseru.

1. Jembatan Situ Gunung

wisata Sukabumi
Sumber: saintd.com

Tempat wisata Sukabumi terbaru dan sangat hits pada tahun 2021 ini memang banyak diincar oleh para pelancong. Nama dari tempat wisata yang satu ini adalah Jembatan Situ Gunung. Di tahun 2019, tempat wisata hits di Sukabumi yang terletak di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango dinobatkan sebagai jembatan gantung terpanjang yang ada di Asia Tenggara.

Jembatan ini mempunyai panjang hingga 243 meter dengan lebar mencapai 1,2 meter dan ketinggiannya berada di 107 meter dari permukaan tanah. Akan tetapi, kamu tidak perlu khawatir, sebab keamanan dan keselamatan juga sudah dipastikan untuk para pengunjung.

Sebelum masuk ke area jembatan, petugas akan memasangkan sabuk pengaman untuk para pengunjung. Sabuk tersebut nantinya akan dikaitkan dengan ram yang ada di tepi jembatan supaya kamu bisa berdiri dengan seimbang apabila sewaktu-waktu terjadi guncangan atau angin yang kencang.

Setelah dari jembatan ini, kamu juga bisa melanjutkan perjalanan ke Curug Sawer yang dapat ditempuh dengan berjalan kaki sekitar 30 menit dari jembatan situ gunung. Selain itu, kamu juga bisa mencoba untuk berkunjung ke danau Situ Gunung, pemandangan Gunung Gede Pangrango, mampir ke restoran De’Balonce Resto, dan juga ke area glamping yang menjadikannya sebagai tempat wisata Sukabumi terbaru.

Jika berlibur dengan si kecil, kamu tidak perlu khawatir, karena ada juga resort yang mengusung tema back to nature dan menawarkan pengalaman menginap di hotel yang berbentuk seperti tree house unik. Selain itu,tempat wisata Sukabumi ini juga menawarkan fasilitas glamping.

Kemudian, para orang tua juga bisa menikmati berbagai macam fasilitas yang ada di theme park seluas 12 hektar milik Sparks Forest Adventure. Pilihannya sendiri bervariasi, mulai dari berenang dan bermain air di Waterpark, naik sky bike, mencoba flying fox di Outbound Area, sampai berwisata ke Bird Park and Animals Feeding.

2. Santa Sea Waterpark

wisata Sukabumi
Sumber: radarsukabumi.com

Tempat wisata Sukabumi yang satu ini sudah pasti akan menjadi salah satu destinasi yang digemari oleh anak-anak. Kamu bisa menikmati aktivitas berenang dengan berbagai fasilitas yang menarik seperti kolam ombak, seluncuran ekstrim, ember tumpah, mandi busa, dan sebagaimana fasilitas tempat wisata air pada umumnya.

Selain itu, kamu juga bisa berjalan-jalan mengelilingi taman yang terletak di dalam kawasan ini yang sudah didekorasi dengan berbagai macam tema seperti Forest Jungle dengan koleksi wisata satwa khas Indonesia dan juga American Cowboy dengan tema yang bernuansa koboi dan Indian.

3. Geopark Ciletuh

wisata Sukabumi
Sumber: travel.kompas.com

Geopark Ciletuh menjadi salah satu tempat wisata Sukabumi yang diumumkan sebagai Global Geopark yang baru. Kawasan yang satu ini sudah mempunyai luas lahan sekitar 128.000 hektar dan mencakup 74 desa. Meskipun luas, wilayah ini sangat terawat dari segi kebersihannya dan juga alamnya.

Alangkah lebih baik, kamu harus menyiapkan waktu yang cukup banyak untuk bisa mengeksplor kawasan ini. Sebab, tempat wisata Sukabumi ini sangatlah bervariasi. Beberapa diantaranya yaitu Vihara Dewi Kwan Im, Curug Awang, Puncak Darma, dan lain sebagainya.

4. Masjid Agung Sukabumi

wisata Sukabumi
Sumber: radarsukabumi.com

Masjid yang satu ini terletak di daerah yang sangat strategis karena dekat dengan Jalan Ahmad Yani dan Odeon. Tempatnya sendiri cukup luas, fasilitas toiletnya juga cukup bersih dan terawat, serta ada tempat sholat yang bersih dan terawat.

Wisata yang satu ini juga menjadi salah satu destinasi wisata yang paling dekat dengan stasiun. Dapat dikatakan bahwa masjid Agung ini adalah salah satu masjid kebanggan warga Sukabumi. Di sekitar masjid, ada banyak jajanan dan tempat makan, karena memang lokasi masjid berada di samping Alun-alun Sukabumi.

5. Rumah Fantasi

wisata Sukabumi
Sumber: kompasiana.com

Tempat wisata di Sukabumi berikutnya adalah Rumah Fantasi. Objek wisata Sukabumi yang satu ini didirikan pada tahun 2018. Terdapat banyak sekali permainan yang dapat kamu coba. Rumah Fantasi ini terletak di Ruko Bounty Blok G&H – Maxone Hotel Jalan Siliwangi No. 90, Kota Sukabumi, Jawa Barat. Disini, ada banyak sekali spot-spot yang keren yang bisa kamu jadikan sebagai objek untuk berfoto.

6. Curug Cikaso

wisata Sukabumi
Sumber: sikidang.com

Jika berkunjung ke Sukabumi, kamu juga akan direkomendasikan untuk mengunjungi tempat wisata Curug Cikaso atau air terjun Cikaso. Air terjun ini merupakan salah satu air terjun yang sangat populer di Sukabumi. Dimana aliran air terjun di curug Cikaso ini sangat deras.

Jadi, bisa dipastikan jika kamu berkunjung ke curug ini, maka harus membawa baju ganti untuk jaga-jaga. Di kawasan Sukabumi sendiri masih banyak air terjun lain yang tidak kalah keren seperti air terjun Cigangsa dan juga air terjun Luhur.

7. Gua Buniayu

wisata Sukabumi
Sumber: nativeindonesia.com

Untuk kamu yang suka dengan pemandangan alam dan wisata adrenalin, maka kamu harus mencoba untuk berkunjung ke goa Buniayu yang berada di Desa Kerta Angsana, yakni hanya sekitar 150 km dari Jakarta. Wisata goa Buniayu ini menawarkan wisata alam yang seru. Untuk caving, kita hanya membutuhkan waktu sekitar 5 jam. Oleh sebab itu, kamu harus mempersiapkan fisik terlebih dulu sebelum berniat untuk berpetualang ke gua yang satu ini.

8. Desa Ciptagelar

wisata Sukabumi
Sumber: bappeda.jabarprov.com

Desa Ciptagelar atau yang juga disebut dengan nama kampung Kasepuhan Ciptagelar adalah kampung adat yang unik dan terletak di Sukabumi. Kampung Ciptagelar ini berada di wilayah kampung Sukamulya, kampung Sirnaresmi, kecamatan Cisolok. Kampung Ciptagelar ini mempunyai ciri khas dan juga tradisi yang masih dipegang teguh oleh penduduk desa dengan ketat.

9. Kawah Ratu

wisata Sukabumi
Sumber: javatravel.net

Kawah Ratu merupakan kawah aktif yang berada di lereng gunung Salak. Untuk bisa sampai di lokasi kawah tersebut, kita harus mendaki dengan waktu tempuh sekitar tiga jam. Lokasi yang satu ini sangat cocok untuk kamu pecinta alam dan pendaki.

https://www.gramedia.com/products/jelajah-wisata-nusantara?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

https://www.gramedia.com/products/jelajah-wisata-nusantara?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

10. Caldera Adventure di River Resort Citarik

wisata Sukabumi
Sumber: agoda.com

Tempat wisata Sukabumi terbaru selanjutnya adalah Caldera Adventure di River Resort Citarik. Kamu yang memiliki jiwa petualang dan suka jenis olahraga menantang pasti akan suka dengan tempat wisata yang satu ini. Caldera Adventure di River Resort Citarik ini menyediakan berbagai macam kegiatan outdoor seru, seperti rafting atau arung jeram di Sungai Citarik dan juga flying fox.

Ada beberapa lintasan rafting yang dapat kamu coba. Mulai dari lintasan dengan panjang 1 km yang cocok untuk pemula, sampai lintasan 5 km dan juga 9 km untuk pengalaman lebih mendebarkan. Kamu bisa mengajak keluarga, teman, ataupun rekan kerja untuk menghabiskan waktu bersama sambil beraktivitas seru disini.

11. Taman Nasional Gunung Halimun Salak

wisata Sukabumi
Sumber: kabarposnews.co.id

Gunung Halimun Salak ini mempunyai luas sekitar 113.357 hektar, dimana kawasan gunung tersebut dijadikan hutan lindung. Wisata alam Taman Nasional Gunung Halimun Salak terletak di Jalan Raya Cipanas. Untuk kamu yang suka dengan suasana pegunungan yang sejuk dan menenangkan, maka kamu wajib untuk mengunjungi lokasi yang satu ini. Ada banyak pepohonan tinggi dan rindang.

Tak hanya pemandangan hutan saja, di Taman Nasional Gunung Halimun Salak ini juga mempunyai air terjun yang cukup indah karena masih alami dan asri. Kamu bisa melakukan banyak sekali kegiatan di Taman Nasional ini seperti berkemah, kegiatan outbound, atau hanya berkeliling menikmati udara segar.

12. Curug Cimarinjung

wisata Sukabumi
Sumber: travel.kompas.com

Curug Cimarinjung ini merupakan salah satu curug yang mempunyai pemandangan yang indah di Sukabumi. Ada banyak sekali pepohonan yang rindang yang berada di sekitar tebing. Pepohonan tersebut membuat suasana menjadi teduh dan nyaman.

Selain itu, tempat wisata ini juga dihiasi oleh air terjun yang tingginya mencapai 45 meter yang menambah kesan suasana damai di sekitarnya. Untuk kamu yang ingin mengunjungi curug ini, lokasinya berada di Kampung Cimarinjung, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. Untuk harga tiket masuknya masih tergolong murah, yaitu hanya Rp3.000 saja per orang.

13. Rafting Citarik

wisata Sukabumi
Sumber: jejakpiknik.com

Masih dengan tempat wisata alam, Sukabumi juga mempunyai destinasi wisata sungai yang digunakan khusus untuk rafting. Salah satu sungai yang menawarkan kegiatan rafting di Sukabumi yaitu Sungai Citarik. Kegiatan arum jeram disini dapat kamu nikmati sepanjang 44 km. Sungai ini memang terkenal sebagai tempat yang sering dikunjungi oleh pecinta olahraga air. Untuk lokasinya sendiri berada di Jalan Raya Pelabuhan Ratu.

14. Pantai Pangumbahan

wisata Sukabumi
Sumber: jejakpiknik.com

Lokasi Pantai Pangumbahan ini berada di Desa Gunungbatu, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. Pemandangan yang ada di pantai ini sangatlah cantik dan juga indah. Di pantai ini, terdapat penangkaran penyu, dimana anak-anak dari hasil penangkaran penyu tersebut biasanya akan dilepas ke Samudera pada jam 5 sore.

Para pengunjung yang berkunjung ke pantai ini biasanya hanya ingin melihat anak-anak penyu yang lucu dan menggemaskan dilepas ke lautan. Untuk kamu yang suka berselancar, ombak yang ada di pantai ini juga sangat cocok untuk berselancar. Harga tiket masuknya juga sangat murah, yaitu hanya Rp5.000-an saja.

15 Pantai Citepus

wisata Sukabumi
Sumber: travelspromo.com

Menikmati suara deburan ombak yang menenangkan memang menjadi salah satu pilihan untuk menghabiskan liburan yang menyenangkan. Saat kamu berada di Sukabumi, kamu wajib mengunjungi beberapa pantai indah yang ada di Sukabumi, salah satunya adalah Pantai Citepus. Pantai yang satu ini berada Jalan Raya Cisolok. Pasirnya yang sedikit keras menjadi daya tarik tersendiri.

Selain itu, di pantai ini juga mempunyai ombak yang cukup besar. Sehingga pengunjung tidak dianjurkan untuk berenang, terlebih untuk anak-anak. Akan sangat bahaya jika tetap memaksa untuk berenang ke lautan. Kamu bisa menikmati suara deburan ombaknya saja dari pinggir pantai dengan berkemah atau bakar-bakar. Tempat wisata Sukabumi ini sangat cocok untuk dijadikan tempat liburan bersama keluarga.

16. Pantai Cipanarikan

wisata Sukabumi
Sumber: pantaipedia.com

Masih dengan keindahan pantainya, Pantai Cipanarikan merupakan salah satu destinasi alam yang wajib kamu kunjungi saat berada di Sukabumi. Tempat yang satu ini akan terlihat sangat indah ketika menjelang senja. Tak heran jika banyak yang berkemah di pantai ini untuk menunggu senja dan menikmati malam.

Kamu bisa menginap di pinggir pantai dengan membangun tenda. Pastinya akan sangat menyenangkan jika bersama teman-teman. Tak hanya pemandangannya saja yang indah, tetapi pantai ini juga mempunyai pasir yang berwarna putih yang bersih dan lembut.

Pengunjung juga akan sangat puas berjalan-jalan di pinggir pantai karena pantai yang satu ini mempunyai daerah yang cukup luas. Di sekitar kawasan pantai, ada juga sungai kecil yang mempunyai banyak pohon bakau. Airnya sendiri cukup jernih dan sangat menyegarkan mata.

17. Pantai Amanda Ratu

pantai amanda ratu
Sumber: nativeindonesia.com

Pantai Amanda Ratu menawarkan pemandangan alam yang indah dan asri. Dimana pantai ini sangat cocok untuk pengunjung yang ingin menenangkan pikiran. Selain itu, pantai ini juga mempunyai keindahan batu karang yang berbentuk seperti pulau-pulau kecil. Hal itu membuat pesona pantai ini sangat terkenal dan populer di Sukabumi. Banyak pasangan yang menghabiskan waktu disini.

Tak hanya itu saja, pantai yang satu ini juga sudah difasilitasi dengan penginapan untuk para pengunjung. Sehingga, untuk kamu yang ingin menikmati suasana malam hari di pantai, maka kamu bisa memesan penginapan disini.

18. Pantai Cikembang

pantai cikembang
Sumber: pantainesia.com

Sukabumi memang mempunyai tempat wisata yang sangat banyak. Rekomendasi tempat wisata alam berikutnya yang ada di Sukabumi adalah Pantai Cikembang. Pantai yang satu ini berada di Pasir Baru. Memang masih tergolong baru, tak heran jika pantai ini masih terasa asri dan alami. Tidak banyak orang yang mengetahui pantai ini.

Jadi, suasana yang ada di Pantai Cikembang tidak seramai pantai lainnya. Jika kamu ingin berkunjung ke tempat ini, akses jalannya masih tergolong sulit. Pembangunan fasilitas wisata di pantai ini tidak banyak dilakukan seperti halnya di pantai-pantai lain yang ada di Sukabumi. Namun, jika kamu termasuk pecinta alam, kamu bisa mengunjungi tempat ini. Sebab, suasananya masih terasa alami dan sepi.

19. Curug Cigangsa

curug cigangsa
Sumber: nativeindonesia.com

Keindahan tebing dan air terjun yang mempesona membuat banyak orang ingin berkunjung ke Curug Cigangsa. Curug yang berada di Desa Pasiripis ini mempunyai pesona yang sangat indah. Kecantikan alamnya menjadi background foto para pengunjung. Tidak heran jika tempat ini cukup populer di sosial media.

Saat kamu ingin mengunjungi destinasi ini, alangkah lebih baik untuk cek cuaca terlebih dulu. Sebab, para pengunjung dianjurkan untuk datang ke curug ini saat cuaca cerah dan menghindari ketika hujan. Hal itu disebabkan karena akses jalan menuju curug menjadi sangat licin saat cuaca hujan.

https://www.gramedia.com/products/12-wisata-pusaka-budaya-nusantara-1?utm_source=bestseller&utm_medium=bestsellerbuku&utm_campaign=seo&utm_content=BestSellerRekomendasi

Demikian penjelasan mengenai berbagai rekomendasi tempat wisata Sukabumi yang bisa kamu kunjungi.

Bagi Grameds yang ingin mengetahui tentang wisata Sukabumi dan berbagai wisata menarik lainnya di Indonesia dapat membaca buku-buku terkait dengan mengunjungi Gramedia.com agar kamu memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Humam

Baca juga:

Written by M. Hardi