in

Wisata Di Malang yang Wajib Dikunjungi

Wisata di Malang – Pantai hingga pegunungan, dan lokasi bersejarah hingga spot selfie yang hits. Itulah berbagai pilihan destinasi wisata yang ditawarkan kota Malang saat berkunjung ke kota Apel ini.

Dikenal karena komoditas apelnya, kota Malang menawarkan berbagai pariwisata untuk semua kalangan. Suasana pedesaan alami maupun modern bisa kamu jumpai di kota ini.

Harga untuk masuk ke berbagai destinasi di kota Malang juga cukup murah-murah, bahkan gratis. Nah, buat kamu yang ada rencana mengunjungi kota Malang, pasti butuh rekomendasi destinasi wisata yang indah dan seru.

Kota Malang memiliki banyak lokasi wisata yang wajib kamu kunjungi. Selain itu, kota Malang juga memiliki berbagai macam kuliner dan pedagang kaki lima yang pastinya enak-enak dan memanjakan lidah.

Lalu, dimana saja rekomendasi lokasi wisata di kota Malang yang asik dan menyenangkan? Berikut ulasannya, simak ya.

Fakta Unik Kota Malang

Kota Malang adalah salah satu kota di Jawa Timur yang ramai dikunjungi wisatawan. banyaknya destinasi wisata di kota ini, hingga tempat-tempat kuliner yang populer di daerahnya. Menjadikan Malang sebagai Kota yang mendapat julukan sebagai surga wisata.

Selain itu, Malang juga disebut kota pendidikan. Banyak perguruan tinggi yang populer hingga mendunia. Misalnya, Universitas Negeri Malang, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Brawijaya, dan yang lainnya.

Jadi, banyak juga para wisatawan asing yang mengunjungi kota ini, bahkan hampir setiap hari. Selain itu, kota Malang juga memiliki beberapa fakta unik. Berikut ini beberapa fakta unik dari kota Malang.

1. Malang Sebagai Switzerland van Java (Swiss-nya Jawa)

Kota Malang memiliki julukan yang sama seperti kota Bandung, yaitu julukan Paris di Timur Jawab (Paris Van Oost Java). Kota Malang juga mendapat julukan Kota Swiss Eropa di Jawa (Switzerland van Java) yang sekaligus dimiliki kota Garut.

Bukan tanpa alasan, mengapa kota Malang dijuluki Switzerland van Java. diantaranya karena kota ini banyak dikelilingi gunung-gunung yang indah dan cantik, seperti Gunung Bromo, Gunung Semeru, Gunung Kawi, dan Gunung Arjuno. Selain itu, Malang bisa dikatakan mempunyai penataan lokasi yang indah mirip sekali dengan Swiss.

2. Dikenal Sebagai Kota Pendidikan

Kota Malang juga dikenal sebagai kota pendidikan. Pasalnya, kota ini memiliki banyak Universitas. Disamping itu, kota Malang juga mempunyai beberapa perguruan tinggi yang populer akan prestasinya.

Seperti prestasi yang diraih oleh Universitas Brawijaya Malang yang bisa kita lihat di kota ini. Kini, ada sedikitnya 45 lebih deretan universitas di Malang ini. Jadi, tak heran, banyaknya jumlah universitas di kota ini, dan juga kualitas perguruan tinggi tersebut. Kota Malang dijadikan tujuan belajar oleh mahasiswa dari seluruh dunia untuk mencari ilmu.

3. Dialek Terbalik Khas Malang

Jika kamu berkunjung di kota Malang tentunya akan menemukan berbagai macam bahasa dan dialek yang digunakan oleh masyarakat Malang. Seperti bahasa Indonesia, bahasa Madura, bahasa Jawa, dan bahasa daerah lainnya.

Tetapi jika kamu lihat, kamu akan menemukan dialek khas orang Malang yang mungkin tidak ada di kota-kota lain. Dialek yang dimaksud adalah dialek terbalik (walik-an). Cara penggunaan dialek ialah dengan membalik urutan huruf dari belakang ke depan.

4. Surganya Wisata di Indonesia

Tahukah Grameds kalau kota Malang ini adalah salah satu kota yang mempunyai beragam destinasi wisata, mulai dari destinasi wisata yang masih alami hingga destinasi wisata modern.

Selain itu, Malang juga mempunyai beberapa lokasi wisata yang sering dikunjungi para wisatawan dari luar negeri, seperti Gunung Bromo yang terkenal, air terjun coban pelangi, gunung Semeru, dan masih banyak lagi.

Dengan pemandangan yang indah dan udara yang sejuk, Malang dikelilingi banyak deretan gunung dan lembah. Jadi, tak heran, jika kota Malang dijadikan salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi, hingga dijuluki sebagai surganya wisata di Indonesia.

5. Surganya Kuliner Nusantara

Selain kota Malang mendapat julukan Surganya wisata di Indonesia. Kota ini juga dikenal surganya kuliner nusantara, sebab Malang memiliki aneka ragam kuliner yang terkenal dan enak. Berbagai makanan khas Malang ini seperti bakso, soto, rujak, rawon, sate dan masih banyak lagi.

Inilah alasan mengapa kota Malang mudah ditemui berbagai wisata kuliner yang khas. Di mana banyak juga perantau dari berbagai daerah yang memiliki keahlian khusus seperti membuat resep masakan khas asal daerahnya.

Jadi, tak heran, kalau kamu berkunjung ke kota Malang, di sini kamu akan menemukan berbagai kuliner makanan khas yang pastinya tak kalah enak dari asal daerahnya.

6. Termasuk Salah Satu Kota Sejarah

Kota Malang juga termasuk salah satu kota sejarah di Indonesia. Disini kamu bisa menemukan berbagai macam senjata kuno yang disimpan di museum fatahilah Jakarta, dan dokumen atau arsip-arsip di Museum Nasional Indonesia.

Jadi, kota Malang memiliki beberapa museum yang menyimpan banyak sejarah, yaitu ada peninggalan sejarah yang kini tersimpan di museum brawijaya.

Selain itu, museum juga menyimpan bukti sejarah yang lain, yaitu peninggalan beberapa kerajaan yang dulunya berdiri di kota Malang, seperti Kerajaan Singasari, Kerajaan Majapahit, Kerajaan kanjuruhan, dan yang lainnya. Dimana nama-nama kerajaan tersebut juga dipelajari di sekolah atau penelitian yang membahas topik nenek moyang indonesia.

Malang merupakan kota pendidikan, kamu bisa menuntut ilmu dan mempelajari sejarah di kota Malang ini. Salah satu universitas yang namanya sudah cukup dikenal oleh banyak orang adalah Universitas Negeri Malang. Lalu, bagaimana sejarah berdirinya universitas tersebut? Kamu bisa temukan jawabannya pada buku Museum Pembelajaran Universitas Negeri Malang

 

Kuliner Khas Kota Malang

Jika kamu jalan-jalan ke Malang, jangan lupa mampir dan cicip semua makanan enak di sini. Beberapa kuliner diantaranya telah legendaris, jadi wajib kamu coba.

Kota Malang juga terkenal akan keindahan dan kesejukan alamnya, selain itu kuliner khasnya pun enak-enak. Saat mampir ke Malang, jangan sampai terlewat nih mencicipi semua makanan khas Malang yang enak dan mampu menggoyang lidahmu.

Apa Grameds sudah tau semua kuliner khas Malang? Yuk, kita intip daftarnya!

  1. Bakso Malang
  2. Rawon dengkul
  3. Nasi pecel
  4. Tempe mendol
  5. Wedang ronde
  6. Bakso bakar
  7. Ketan
  8. Orem-orem
  9. Sate kelinci
  10. Cwie Mie
  11. Bakpao
  12. Sego Goreng Mawut
  13. Rujak Cingur
  14. Nasi Pecel Kawi
  15. Soto Geprak
  16. Nasi Jagung
  17. Nasi Bakmoy
  18. Tahu Campur
  19. Sop Sumsum
  20. Lumpia Malang
  21. Puthu Lanang
  22. Angsle Malang

Nah, itulah beberapa kuliner khas kota Malang yang wajib kamu coba. Kamu mau cicip yang mana nih?

Ingin tahu dimana saja pusat jajanan dan oleh-oleh khas Malang? Tenang, kamu bisa mencari oleh-oleh khas Malang, melalui buku Peta 50 Tempat Jajanan & Oleh-oleh Khas di Malang. Di dalam buku ini, pembaca akan jadi lebih mudah dalam mencari tempat oleh-oleh ketika berkunjung ke Malang.

Destinasi Wisata Di Kota Malang 

Kota Malang selain terkenal kota yang besar, yaitu Malang memang menjadi kota terbesar nomor dua setelah Kota Surabaya. Kota ini juga dikenal dengan daerahnya yang memiliki suasana yang indah dan sejuk.

Mulai dari pegunungan, pantainya yang indah, bentang alam dataran tinggi, serta wisata modern di pusat kota yang melimpah, semua destinasi ini ada disini. Baik wisata alam yang sangat indah maupun wisata urban yang modern, semua terpadukan dengan baik disini. Hal ini membuat Malang menjadi tujuan para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Penasaran apa saja destinasi wisata di kota Malang ini? Simak artikelnya sampai selesai ya!

1. Omah Kayu Paralayang

Salah satu destinasi yang wajib kamu coba adalah Omah Kayu Paralayang. Kamu bisa menikmati berbagai hal disini. Wisata ini menyediakan sekitar 6 rumah pohon yang nyaman dan indah, masing-masing rumah pohon mampu menampung 3 orang.

Suasana alam yang indah dan sejuk akan kamu rasakan, karena wisata ini memang bertempat di dalam hutan pinus, begitu juga dengan rumah pohonnya yang didirikan diatas pohon pinus.

Fasilitas dari tempat ini menyediakan kamar tidur yang lebar, serta peralatan makanan yang lengkap, selain itu ada juga kamar mandi dengan fasilitas air hangat di luar kamar. Ditambah lagi, adanya balkon yang bisa digunakan untuk bersantai dan memandang keindahan sekitar.

2. Eco Green Park

Wisata Malang yang lain ada Eco Green Park yang ramah anak. Wisata ini berada tepat di sebelah Batu Secret Zoo dan Jatim Park 2. Eco Green Park termasuk tempat wisata edukatif. Sebab, di sini, ada berbagai macam wisata, seperti wisata lingkungan, alam, seni dan kebudayaan yang unik juga edukatif.

Grameds dan keluarga bisa melihat area yang terdapat replika candi yang populer di Pulau Jawa. Ada juga insectarium yang berisikan macam-macam serangga yang telah diawetkan lengkap dengan penjelasannya. Dapat melihat macam-macam jenis burung, dan masih banyak lagi. Yang tentunya akan mendapat pengetahuan baru.

3. Lembah Tumpang Resort

Kamu bisa berkunjung ke Lembah Tumpang Resort jika ingin menikmati kota Malang dengan nuansa kerajaan Hindu Kuno. Wisata ini merupakan sebuah resort yang bertemakan kerajaan Hindu kuno.

Jika wisatawan berkunjung ke sini, akan dapat melihat arsitektur khas zaman kerajaan Hindu itu. Adanya replika candi raksasa yang megah, patung-patung, dan berbagai macam ornamen menjadikan tempat ini menambah kesan kuat era zaman tersebut.

Selain itu, kamu juga bisa menikmati pemandangan, berenang, dan bermain di kolam yang sekitarnya dikelilingi candi kuno.

4. Taman Kelinci 

Di Malang juga ada Taman Kelinci yang bisa kamu dan keluarga kunjungi loh. Taman ini baru dibuka pada 2016 lalu, tapi kini sudah ramai pengunjung. Sebenarnya nama taman Kelinci ini adalah Plaza Garden Wisata Edukasi Rabbit Field.

Disini juga kamu bisa berwisata sambil memetik strawberry dan menikmatinya. Ada juga pondok susu olahan yang bisa dinikmati oleh si kecil penggemar susu. Jika ingin beristirahat, kamu bisa mampir ke Cafe yang tersedia di dalam dan di tempat ini, kamu bisa bersantai dan menikmati hidangan dan minuman yang segar.

5. Jambuluwuk Resort

Pilihan destinasi wisata lainnya adalah dengan mengunjungi Jambuluwuk Resort. Disini sangat cocok untuk berlibur dan menikmati suasana pagi yang disambut dengan indahnya pegunungan.

Resort ini berada tepat di lereng gunung, jadi tentunya memiliki pemandangan yang hijau, gunung-gunung dan awan yang begitu indah, semua akan kamu lihat dengan jelas.

Selain itu, Resort ini memiliki kamar yang terbilang sangat estetik, yakni kamar disini berderet teratur dan cantik dengan arsitektur kayu. Disamping itu, Resort ini juga terdapat infinity pool yang menghadap langsung ke pegunungan dan lembah yang hijau.

6. Pinus Cafe Ledok Ombo

Buat Grameds yang suka nongkrong dan ngopi, bisa mengunjungi Pinus Cafe Ledok Ombo, disini kamu akan merasakan sensasi ngopi di tengah hutan. Tentu akan menjadi pengalaman menarik dibanding ngopi di tengah hiruk pikuk kota.

Cafe ini berada di kawasan hutan pinus yang sejuk. Nuansa sejuk dan rimbunnya pohon pinus, ditambah lagi dengan hangatnya berbagai hidangan makanan dan minuman seperti kopi, serta minuman hangat lainnya.

Selain itu, kamu juga bisa swafoto, sebab banyak spot foto yang indah dan menarik. Kamu juga tak perlu khawatir jika ingin berlama-lama disini, sebab wisata ini juga tersedia camping ground.

7. Hawai Waterpark

Destinasi wisata selanjutnya ada Hawai Waterpark. Wisata ini mengambil konsep dari kepulauan Samudera Pasifik, Hawai. Hawai Waterpark ini menawarkan suasana tropis yang ceria untuk keluarga. Aneka wahana seperti kolam renang, wahana seluncur, dan kolam permainan siap menghibur.

Selain itu, ada juga Open Spiral Slide yang akan membawa kamu meluncur di terowongan sepanjang 115 meter. Lalu ada Hula-Hula Slide yang cocok dimainkan berdua menggunakan ban pelampung. Ada juga Waikiki Beach (kolam ombak), Hawai Water House, dan Waimea Stream River (kolam arus) yang seru untuk keluarga.

8. Malang Night Paradise

Wisata Malang Night Paradise ini menyajikan keindahan lampu lampion sebagai daya tarik pengunjung.

Ada banyak area yang cantik di Malang Night Paradise. Beberapa contohnya adalah Taman Lampion, Magic Journey, dan Taman Dinosaurus.

Salah satu yang wajib kamu lihat yaitu Dancing Water Fountain. Disini pengunjung bisa melihat indahnya air mancur yang berkolaborasi dengan musik dan teknologi cahaya.

9. Sumber Maron

Destinasi wisata ini menampilkan air terjun dan sungai alami sebagai kegiatan rekreasi dan area pemandian. Airnya alami artinya berasal dari sumber mata air alami yang masih segar dan bersih. Didukung suasana alam pedesaan yang asri.

Daya tarik utama destinasi wisata Malang ini yaitu Air terjunnya yang setinggi kurang lebih 6 meter. Para pengunjung bisa duduk-duduk di atasnya atau berendam di bawah air terjun. Selain itu, ada juga wahana River Tubing bagi para pengunjung yang menyukai kegiatan menantang.

10. Coban Rais

Selain sumber maron, ada juga yang tak kalah populer dan menarik, yaitu coban Rais. Coban Rais adalah air terjun setinggi 20 meter. Menikmati kesegaran dan air terjun dapat  menjadi wahana yang mencari ketenangan. Deburan air terjun yang jatuh dan memercik menambah suasana sekitar makin sejuk.

Selain itu, di sekitar lokasi coban Rais juga memiliki keindahan untuk berfoto, karena banyak spot foto menarik, seperti ayunan yang tinggi, sepeda di udara, dan spot foto yang lain.

11. Pupuk Bawang Cafe & Dining

Grameds ingin menikmati makanan dan minuman dengan memandangi indahnya pegunungan, sawah, ladang, dan suasana hijau lainnya dengan mengunjungi Pupuk Bawang Cafe & Dining. Cafe ini terletak cukup jauh dari hiruk pikuk perkotaan, jadi sangat nyaman dan tenang jika berlibur kesini. Membuat cafe ini seperti wisata hidden gems.

Tempat ini menarik untuk dikunjungi, baik pagi, siang, sore, ataupun malam hari. Disini kamu akan diberikan pemandangan yang indah dan suasana yang sejuk dan dingin. Selain suasana yang begitu nyaman, kuliner disini pun beraneka ragam dan unik. Mulai dari Onion Ring, Classic Beef Burger, hingga Ayam Lima Rasa.

12. Wisata Paralayang

Buat kamu yang ingin mencoba paralayang, kamu bisa berkunjung ke kota batu. Disini ada alternatif wahana Paralayang yang menawarkan dengan landasan diatas bukit. Dari bukit ini, kamu bisa menikmati indahnya perbukitan sekitar dan panorama kota dari atas.

Pemandu yang sudah berpengalaman akan menemani kamu selama meluncur. Setelah selesai merasakan sensasi terbang sejenak, kamu akan mendapat sertifikat. Wisata ini juga menawarkan penginapan rumah kayu di area dekat hutan.

13. Lembah Indah

Ada juga Lembah Indah. Lembah ini menyajikan hamparan perkebunan di pegunungan, dan mengusung konsep resort edukasi. Daya tarik utamanya yaitu wisata edukasi seperti kegiatan berkebun. Pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas berkebun seperti mengenal berbagai jenis tanaman, bisa bercocok tanam, dan lain sebagainya.

Keunikan Lembah Indah ini ada pada akomodasi penginapan yang ditawarkan, yaitu berupa glamping di tenda yang berbentuk unik. Tenda-tenda keren ini berpagar dengan keindahan panorama lembah dan pegunungan yang menawan.

Grameds butuh referensi destinasi wisata favorit lainnya yang ada di Indonesia? Tak perlu bingung, karena di buku 17 Destinasi Favorit, pembaca akan tahu lebih banyak rekomendasi wisata yang harus dikunjungi.

 

Itulah beberapa informasi destinasi wisata di kota Malang yang bisa Grameds dan keluarga kunjungi. Mulai dari wisata alam hingga wisata edukasi, semua ada di kota Malang. Liburan Grameds dan keluarga pasti akan seru dan menyenangkan jika berkunjung ke Malang. Jangan lupa berkunjung ya!

Jika ingin mencari buku tentang destinasi wisata, maka kamu bisa mendapatkannya di gramedia.com.

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis : Veronika Novi

Rujukan:

  • https://www.google.com/amp/s/www.klook.com/id/blog/rekomendasi-tempat-wisata-di-Malang/amp/
  • https://www.google.com/amp/s/amp.kompas.com/travel/read/2022/05/22/073400027/32-tempat-wisata-Malang-raya-banyak-tempat-bernuansa-alam
  • https://www.nativeindonesia.com/tempat-wisata-di-Malang/
  • https://www.google.com/amp/s/www.idntimes.com/travel/destination/amp/reza-iqbal/tempat-wisata-di-Malang
  • https://m.traveloka.com/id-id/activities/indonesia/city/Malang-103760


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Nandy