in

Tempat Camping di Bandung yang Memiliki Pemandangan Menarik

Tempat Camping di Bandung – Camping jadi salah satu solusi terbaik buat kamu yang lagi penat dengan kebisingan di kota besar, dan membutuhkan healing. Selain lebih murah ketimbang traveling ke luar kota, camping juga bisa dilakukan dalam waktu singkat.

Pasalnya, beda dengan traveling ke luar kota yang memakan waktu perjalanan selama berhari-hari, perjalanan menuju lokasi camping biasanya hanya membutuhkan waktu beberapa jam saja. Kok bisa gitu?

Ini karena setiap kota biasanya memiliki lokasi camping yang terletak di pinggiran kota. Mayoritas, lokasi camping terdapat di daerah pegunungan yang memiliki udara sejuk dengan alam yang masih terjaga. Meski begitu, di beberapa kota juga terdapat pantai yang memberikan akses kepada pengunjung untuk camping.

Membahas soal camping, beberapa kota di Indonesia terkenal memiliki lokasi kemping terbaik, dan Bandung adalah salah satunya. Bisa dibilang, Bandung memang memiliki segalanya untuk menjadi surganya para penggemar camping dan aktifitas yang berhubungan dengan alam.

Pertama, berbeda dengan kebanyakan kota tetangganya yang punya suhu panas, Bandung khususnya daerah dataran tinggi seperti Dago memiliki suhu yang sejuk bahkan cenderung dingin.

Selain itu, kota ini juga memiliki banyak lokasi camping dengan pemandangan alam yang memikat. Buat kamu yang punya rencana liburan ke Bandung dalam waktu dekat, kamu bisa nih menghabiskan liburan kali ini dengan camping. Biar lebih seru, perginya jangan sendiri, tapi juga mengajak teman-teman.

Memperkenalkan istilah camping kepada si kecil, pastinya akan sangat seru. Bagi Grameds yang ingin memperkenalkan camping, maka bisa melalui komik Kecil-Kecil Punya Karya : Fun Camping. Jenis cerita dalam seri KKPK pun beragam, mulai dari persahabatan, misteri, petualangan, fashion, keluarga, dan sebagainya.

 

Nah, supaya kamu tidak bingung memilih lokasi camping yang ada di Bandung, berikut rekomendasi 5 tempat camping di Bandung yang memiliki pemandangan menarik!

5 Tempat Camping di Bandung yang Memiliki Pemandangan Menarik

Bukan rahasia lagi kalau Bandung terkenal dengan alamnya yang indah. Di dalam kotanya, Bandung memang sama seperti kebanyakan kota di Indonesia, padat dan penuh kendaraan. Akan tetapi, begitu kamu keluar dari wilayah kota, dan memasuki kabupatennya, kamu akan disuguhi alam dengan pemandangan yang indah.

Kabar baiknya, kamu bukan cuma bisa melihatnya sekilas dari balik jendela mobil. Lebih dari itu, kamu bisa mendapatkan kesempatan untuk memasang tenda dan menginap disana semalaman.

Bandung memang punya banyak tempat camping yang seru. Beberapa tempat terletak di areal kebun teh yang hijau dan sejuk. Buat kamu yang tertarik untuk camping Minggu ini, berikut beberapa rekomendasi tempat camping di Bandung yang memiliki pemandangan menarik!

The Architecture of Love | Di balik Pena

1. Ranca Upas

Kalau kamu orang Bandung dan suka camping, maka kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan Ranca Upas. Di Bandung, Ranca Upas merupakan salah satu lokasi camping favorit semua orang. Awalnya, Ranca Upas ini bukanlah tempat untuk camping.

Alih-alih tempat mendirikan tenda, Ranca Upas sebenarnya merupakan tempat penangkaran rusa. Makanya tidak heran kalau di beberapa tempat, kamu bisa menyaksikan kawanan rusa yang sedang merumput atau berkeliaran bebas.

Namun karena pemandangan di Ranca Upas ini luar biasa indah, lama-kelamaan, ada banyak wisatawan yang datang dan akhirnya mendirikan tenda di sini. Saat ini, fasilitas di Ranca Upas sudah sempurna, termasuk adanya tempat penyewaan tenda yang bisa kamu datangi jika tidak membawa tenda.

Selain menginap di tenda selama yang kamu suka, di Ranca Upas kamu juga bisa puas bermain dengan kawanan rusa. Ada juga beberapa fasilitas seru seperti kolam air hangat untuk berendam, outbond, atau bermain dengan rusa. Oh ya, jangan lupa bangun lebih pagi ya, supaya kamu bisa menyaksikan indahnya matahari terbit di Ranca Upas!

Alamat: Jl. Raya Ciwidey – Patengan No.KM. 11, Patengan, Kec. Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40973

2. Bukit Moko

Kalau kamu suka menikmati indahnya citylights, maka Bukit Moko di daerah Cimenyan bisa jadi pilihan tempat yang tepat untuk camping. Pasalnya di Bukit Moko, kamu bukan hanya bisa mendirikan tenda dan menginap semalaman.

Lebih dari itu, kamu juga bisa menyaksikan indahnya Kota Bandung di malam hari dari ketinggian dengan latar belakang langit gelap bertabur bintang.

Memang sih, untuk bisa melihat itu semua, kamu harus melakukan trekking menuju Bukit Bintang yang berada sejauh 200 meter. Puas menyaksikan indahnya malam Kota Bandung, di pagi atau sore hari, kamu bisa trekkdding di hutan Pinus dengan pemandangan yang tidak kalah indah.

Sama seperti Ranca Upas, Bukit Moko adalah tempat camping favorit di Bandung, makanya tidak aneh kalau fasilitas di sini juga lengkap. Kamu bisa ke toilet, mushola, hingga mengisi perut di beberapa warung makan yang tersedia.

Alamat: Cimenyan, Kec. Cimenyan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40197

3. Gunung Putri

Buat kamu yang mau camping tapi ogah jalan jauh-jauh dengan track yang mudah, maka kamu harus camping di Gunung Putri yang berada di daerah Lembang. Berbeda dengan kebanyakan tempat camping yang harus ditempuh dengan berjalan kaki berkilo-kilo, Gunung Putri di Lembang justru hanya butuh waktu sekitar setengah jam untuk sampai ke lokasi perkemahan.

Selain cepat, track menuju tempat caping juga sangat mudah dilalui, bahkan oleh oleh pemula seperti kita. Camping di Gunung Putri, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan berupa pegunungan biru. Saat malam tiba, kamu juga bisa menikmati ribuan lampu kota yang indah.

Alamat: Jl. Gunung Putri No.184, Jayagiri, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat

4. Ranca Cangkuang

Rekomendasi tempat camping di Bandung lainnya yang wajib kamu kunjungi adalah Ranca Cangkuang. Lagi-lagi, lokasinya berada di daerah Lembang. Sama seperti kebanyakan tempat camping lainnya, Ranca Cangkuang memiliki fasilitas lengkap dengan tempat penyewaan tenda.

Kamu juga bahkan bisa memilih jenis tenda yang akan digunakan. Bukan cuma fasilitas penunjang yang bikin pengunjung nyaman, Ranca Cangkuang juga punya pemandangan yang tidak kalah memukau.

Mengingat lokasinya yang ada di Lembang, di Ranca Cangkuang, kamu tidak akan disuguhi pemandangan berupa kawanan rusa, melainkan perkebunan teh yang hijau sejauh mata memandang dan juga aliran sungai. Ditambah udara sejuk dengan suasana yang tenang, Ranca Cangkuang cocok buat kamu yang butuh healing atau sekedar menenangkan diri.

Alamat: Desa Mekarsari, Kec. Pasirjambu, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40972

5. Pine Forest Camp

Pine Forest Camp juga jadi tempat camping favorit banyak warga Bandung. Tidak seperti tempat lain yang menyediakan fasilitas berupa tenda, bahkan membantu mendirikan tenda, di Pine Forest Camp, kamu justru harus membawa tenda dan peralatan camping kamu sendiri.

Selain harus bawa peralatan, kamu juga harus mendirikan tenda sendiri. Meski kesannya repot, hal ini justru akan membuat acara camping jadi benar-benar terasa vibesnya.

Sesuai dengan namanya, Pine Forest Camp dikelilingi oleh hutan pinus yang menjulang tinggi. Selain bisa tracking keliling hutan, di Pine Forest Camp juga terdapat danau yang sering digunakan pengunjung untuk memancing. Kalau kamu suka kegiatan yang memacu adrenalin, disini juga tersedia wisata offroad lengkap dengan jalur yang menantang.

Alamat: Suntenjaya, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391

Selain tempat-tempat camping di atas, masih ada banyak tempat camping lain yang bisa kamu kunjungi di Bandung. Menariknya, hampir setiap lokasi menawarkan pemandangan dan suasana yang berbeda sehingga pengunjung tidak akan merasa bosan untuk kembali.

Misalnya saja, Ranca Upas yang menawarkan sensasi camping di antara kawanan rusa liar atau Ranca Cangkuang yang punya hamparan padang rumput hijau dan kebun teh. Kedua tempat ini, meski sama-sama merupakan tempat untuk camping, namun tetap saja akan memberikan suasana serta pengalaman yang berbeda.

Bicara soal Bandung, tidak hanya dikenal tempat wisata yang menarik saja, tetapi juga dikenal beberapa makanan khasnya. Lalu, apakah kamu sudah mengetahui rekomendasi tempat wisata dan makanan khas Bandung? Tak perlu khawatir, karena di dalam buku Wisata Kuliner Makanan Daerah Khas Bandung, kamu akan mengetahuinya.

 

Tips-Tips Camping untuk Pemula yang Wajib Diketahui

pixabay.com/StockSnap

Camping memang seru, terutama buat mereka yang baru pertama kali melakukannya. Mendirikan tenda dan sensasi tidur di alam terbuka seringkali membuat banyak orang kecanduan untuk melakukannya lagi.

Meskipun camping itu pada dasarnya menyenangkan, tetapi acara yang seharusnya seru bisa jadi berantakan kalau kamu tidak mempersiapkan segalanya dengan baik. Buat kamu yang baru pertama kali camping, berikut tips camping untuk pemula yang wajib diketahui, dicatat baik-baik, ya!

1. Pilih lokasi yang tepat

Bisa dibilang, di hampir setiap kota memiliki lokasi untuk camping. Meski begitu, kamu harus pintar-pintar memilih lokasi yang tepat. Lokasi camping yang tepat bukan hanya soal pemandangannya yang indah.

Lebih dari itu, kamu juga harus memastikan bahwa lokasi tersebut aman untuk camping. Baik itu, aman dari serangan binatang liar yang berasal dari hutan disekitar lokasi, atau aman dari gangguan lainnya.

Selain aman, syarat selanjutnya adalah pastikan lokasi yang kamu pilih punya fasilitas yang lengkap. Mulai dari ketersediaan air, kontur tanah, hingga lokasinya yang bersih dan bebas dari tanah. Setelah beberapa syarat di atas terpenuhi, kamu juga harus mencari tahu aturan yang berlaku.

Cari tahu juga, apakah mereka memiliki tempat penyewaan tenda dan peralatan lainnya. Hal ini penting agar kamu bisa mempersiapkan diri dengan baik. Kan tidak lucu, sudah jauh-jauh datang eh malah tidak bisa kemping karena tidak ada tenda.

2. Buat rencana sedetail mungkin

Banyak orang hanya memperhatikan hal-hal besar, sampai lupa dengan detail. Padahal, kadang apa yang kita anggap sepele, justru merupakan hal yang sangat penting. Begitupun saat kamu mau camping ke suatu tempat.

Setelah menentukan lokasi camping, langkah selanjutnya adalah membuat rencana atau jadwal sedetail mungkin. Kamu bukan hanya harus mencatat kapan dan berapa lama mau tinggal, tapi juga mencakup apa saja yang akan kamu lakukan di sana. Hal ini penting, supaya acara camping kamu dengan teman-teman tetap berjalan menyenangkan.

3. Kondisi cuaca 

Dibandingkan dengan orang-orang dari negara lain yang sangat mempercayai ramalan cuaca, orang Indonesia justru kurang peduli pada hal-hal tersebut. Apalagi yang namanya ramalan cuaca tidak selalu tepat.

Makin malas saja kita untuk melihatnya. Meski di hari-hari biasa kamu tidak pernah mencari tahu ramalan cuaca, namun kamu harus melakukannya saat akan pergi camping.

Kamu harus tahu apakah selama kamu camping akan turun hujan atau cerah. Kalau hujan, setidaknya kamu bisa membawa peralatan seperti terpal untuk melindungi tenda dari guyuran hujan, payung, pakaian hangat, selimut double, dan juga jas hujan.

Meski begitu, musim hujan sebenarnya bukan musim yang disarankan untuk camping apalagi kalau campingnya di hutan yang jauh dari pemukiman. Selain membuat suhu jadi lebih menggigil, dan membuat aktivitas jadi terbatas, camping di musim hujan juga membuat pemandangan indah yang seharusnya bisa kamu lihat jadi tertutupi awan atau kabut.

4. Siapkan semua peralatan

Banyak orang yang pergi camping hanya fokus pada tenda, selimut atau pakaian. Padahal, agar acara camping bisa tetap berjalan menyenangkan, kamu memerlukan lebih dari sekedar tenda dan selimut. Keduanya memang penting, tapi kamu juga harus membawa peralatan lain seperti kompor portable, kantong sampah, sleeping bag untuk tidur, lampu portabel, senter, lilin, power bank, kamera, sampai baju untuk ganti.

Jangan lupa membawa bahan makanan lengkap dengan peralatannya, peralatan untuk mandi, dan barang-barang lainnya yang sifatnya penting. Supaya kamu tidak kelupaan, jangan lupa untuk mencatat semua barang yang akan kamu bawa.

5. Jangan melupakan obat-obatan 

Selain printilan seperti kompor portabel dan peralatan mandi, orang-orang juga seringkali lupa membawa obat-obatan saat camping. Dipikirnya, toh camping hanya dua tiga hari, tidak mungkin lah mereka jatuh sakit hanya dalam waktu tiga hari. Padahal, kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Jangankan masa depan, kondisi kita besok saja kita tidak pernah tahu.

Obat-obatan adalah salah satu barang yang tidak boleh kamu lupakan saat berpergian kemana-mana, termasuk saat camping dua tiga hari sekalipun. Apalagi kalau kamu menderita atau memiliki riwayat penyakit tertentu.

Selain membawa obat-obatan untuk diri sendiri, kamu juga harus membawa obat-obatan dasar seperti obat merah, pereda rasa sakit, obat sakit kepala, obat diare, alergi, minyak kayu putih, vitamin harian, dan beberapa obat dasar lainnya.

6. Siapkan makanan

Meski lokasi camping kamu tidak jauh dari pemukiman, namun tetap saja, kamu harus selalu menyediakan makanan. Makanan ini bisa terdiri dari bahan makanan dan juga makanan yang sudah jadi. Bagaimanapun, namanya camping tidak lengkap kalau tidak masak-masak bersama.

Sedangkan makanan yang sudah jadi  terdiri dari makanan kering seperti abon, roti, dan lauk pauk yang sudah jadi. Hal ini bagaimanapun akan memudahkan kamu. Jika terjadi sesuatu atau kamu terlalu capek untuk masak, kamu bisa langsung memakannya.

7. Bawa stok air dan botol minum cadangan

Lagi dan lagi, kamu memang tidak benar-benar camping di hutan belantara dan kebanyakan tempat camping juga biasanya sudah menyediakan pasokan air, atau paling tidak berlokasi di dekat sumber mata air. Namun tetap saja, kamu tidak boleh datang tanpa persiapan air minum sama sekali.

Apalagi, kegiatan seperti camping pasti akan melibatkan banyak aktivitas fisik yang menguras tenaga. Selain makanan, kamu juga akan lebih mudah merasa haus. Bukan hanya membawa air minum dari rumah, ada baiknya kalau kamu membawa botol kosong untuk mengambil air yang akan dimasak.

Keempat orang bersahabat dari kecil. Di masa SMA mereka mulai saling jatuh cinta tanpa pernah tersampaikan. Retno dua kali menolak Francis padahal sebenarnya Farah memendam cinta pada pria itu. Menambah masalah jadi pelik, Jusuf juga sebenarnya menyayangi Farah.

Bagaimana akhir cerita dari novel Travelers’ Tale: Belok Kanan, Barcelona! (Kisah Wisatawan)?  Tunggu apalagi,  segera dapatkan bukunya di gramedia.com.

 

Penutup

Camping, apalagi kalau perginya ke tempat camping di Bandung dan bersama teman-teman pasti akan sangat seru. Tapi kamu jangan cuma mengingat bagian yang seru-serunya saja. Ingat, agar semuanya berjalan lancar, kamu juga harus mempersiapkan segalanya.

Persiapan fisik, barang-barang pribadi, sampai peralatan camping tidak boleh ada yang tertinggal. Jangan lupa juga, sebelum pergi cari informasi sebanyak mungkin tentang tempat yang akan kamu tuju. Selamat berlibur!

Untuk Grameds yang sedang mencari buku tentang wisata di Indonesia lainnya, kamu bisa mengunjungi gramedia.com. Sebagai #SahabatTanpaBatas, kami selalu berusaha untuk menyediakan produk terbaik dan terbaru untuk Grameds, supaya kamu memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Siti Marliah

Rujukan:

  • https://m.traveloka.com/id-id/explore/destination/tempat-camping-di-bandung-untuk-liburan-keluarga-acc/113266
  • https://www.tripzilla.id/tempat-camping-di-bandung/39197/amp
  • https://www.sehataqua.co.id/tips-camping/


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Gabriela

Hai, saya Gabriel. Saya mengenal dunia tulis menulis sejak kecil, dan saya tahu tidak akan pernah lepas dari itu. Sebab, segala informasi yang kita dapat setiap hari, salah satunya berbentuk tulisan. Sebuah kebanggaan tersendiri bagi saya untuk bisa turut memberikan informasi melalui tulisan saya.

Membuat karya tulis akan selalu menyenangkan bagi saya, karena saya bisa terus belajar melalui kata-kata. Setiap kali menulis, saya akan terlebih dahulu membaca sumber untuk memperoleh informasi yang tepat. Keseluruhan proses merangkai kata tersebut adalah proses pembelajaran yang tak berkesudahan.

Saya suka menulis review buku, karena setiap buku menyajikan dunia yang baru dan memberikan banyak pengetahuan baru. Saya juga suka menulis tentang dunia kuliner dan trivia, karena ada banyak fakta unik, tips, dan juga trik yang bisa saya coba praktikkan.

Keahlian
Review buku
Kuliner
Trivia

Pendidikan
Universitas Multimedia Nusantara

Linkedin: Gabriela Estefania
Instagram: @gaby_tandean