in

16 Rekomendasi Destinasi Wisata di Kota Magelang

Wisata di Magelang – Magelang adalah sebuah kota di provinsi Jawa Tengah, Indonesia, yang memiliki banyak pesona dengan panorama alam yang luar biasa. Keindahan alam Kota Magelang membuatnya memiliki banyak tempat wisata yang indah, mulai dari situs bersejarah, situs budaya, air terjun, perbukitan, taman, dan lain sebagainya yang tentunya bisa memanjakan mata Anda.

Selama ini, Magelang lebih jarang terdengar sebagai destinasi wisata utama untuk berlibur, tetapi ternyata Magelang juga mempunyai banyak tempat-tempat wisata alam yang luar biasa dan tak kalah dengan wisata di Yogyakarta, Semarang, atau kota besar lainnya. Jadi, jangan khawatir jika Anda memiliki rencana untuk berlibur ke Magelang, karena Anda akan menemukan banyak objek wisata pilihan yang bisa Anda dikunjungi.

Destinasi wisata di Kota Magelang menawarkan keindahan alam dan tempat yang estetik. Jika merindukan nuansa alami yang menenangkan, Anda bisa mencoba wisata alam. Sementara, jika ingin singgah sejenak saja, Anda bisa memilih wisata ke tempat bersejarah, wisata di sekeliling kota, atau berkunjung ke kafe yang sedang hits.

Supaya Grameds tidak bingung ketika berkunjung ke Magelang, berikut ini telah dirangkum beberapa rekomendasi destinasi wisata di Magelang.

16 Rekomendasi Destinasi Wisata di Magelang

Sumber: pixabay.com/Joseph82

1. Candi Borobudur

Candi Borobudur adalah candi Buddha paling besar di dunia antara 780 hingga 840 Masehi, yang dibangun pada zaman Mataram Kuno. Bahkan, Candi Borobudur menjadi salah satu keajaiban dunia.

Maka itu, sangat disayangkan jika tidak mengunjungi Candi Borobudur ketika sedang berlibur di Magelang. Candi Borobudur berlokasi di Jalan Badrawati, Kawasan Candi Borobudur, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

2. Candi Mendut

Candi Mendut hanya berjarak sekitar 3 km dari Candi Borobudur, yang berlokasi di Jalan Mayor Kusen, Sumberrejo, Mendut, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang. Candi Mendut juga merupakan candi peninggalan agama Buddha.

Candi ini penuh dengan nilai sejarah dan memiliki makna kehidupan yang digambarkan dalam relief-relief di dinding candi. Selain sebagai wisata religi, Candi Mendut juga sangat cocok untuk dijadikan wisata keluarga dan untuk tujuan edukasi.

3. Candi Pawon 

Candi Pawon atau yang biasa disebut sebagai Candi Brajanalan adalah candi dengan corak agama Buddha. Candi Pawon juga berlokasi tidak jauh dari Candi Mendut, yakni di Brojonalan, Dusun 1, Wanurejo, Borobudur, Kabupaten Magelang.

Candi ini berukuran tidak terlalu besar dan terbuat dari batu yang dipenuhi relief pada dindingnya, layaknya Candi Borobudur. Walaupun berukuran kecil, kawasan candi ini dilengkapi dengan banyak fasilitas seperti area parkir, toilet, dan penjual makanan di sekitar candi.

The Architecture of Love | Di balik Pena

4. Candi Selogriyo

Destinasi wisata Magelang berupa candi berikutnya yang bisa menjadi pilihan adalah Candi Selogriyo. Candi Selogriyo berlokasi di lereng Gunung Sumbing, tepatnya di area terpencil di antara Bukit Condong, Bukit Giyanti, dan Bukit Malang. Candi ini ada di Desa Candisari, Kecamatan Windusari.

Candi Selogriyo adalah peninggalan masa lampau yang diperkirakan dibangun pada zaman Mataram Kuno, dan dianggap sebagai bukti perkembangan nilai-nilai agama Hindu. Oleh karena lokasinya yang berada di antara bukit-bukit, candi ini menawarkan pemandangan pegunungan yang indah, serta udara sejuk yang menenangkan.

5. Candi Umbul

Candi Umbul adalah situs purbakala yang berupa pemandian air panas. Pemandian air panas ini dipercaya merupakan tempat sang putri raja membersihkan diri. Pemandian Candi Umbul berlokasi di Desa Kartoharjo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang.

Tempatnya dekat dengan Curug Sekar dan Telaga Boleder. Destinasi wisata yang satu ini menawarkan pemandangan alam yang indah juga pengalaman yang menenangkan. Air hangat yang tersedia muncul dari dasar candi, dan dipercaya bisa membuat mereka yang berendam di sana menjadi awet muda, juga bisa menyembuhkan berbagai penyakit kulit.

6. Gereja Ayam atau Bukit Rhema

Grameds mungkin sudah tidak asing dengan destinasi wisata yang satu ini. Anda mungkin mengetahuinya dari film Ada Apa Dengan Cinta 2, yang menjadi tempat pertemuan kembali Rangga dan Cinta. Bangynan gereja terbengkalai yang berlokasi di perbukitan Borobudur ini memang mempunyai keistimewaan tersendiri.

Lokasi Gereja Ayam berada di puncak Bukit Rhema. Berkat keunikannya, destinasi wisata Magelang ini telah dikenal hingga kancah internasional, lho. Dari Gereja Ayam, Anda bisa melihat panorama pegunungan yang terlihat sangat asri.

Alamat Gereja Ayam, yakni di Dusun Gembong, Desa Kembanglimus, Kecamatan Borobudur, Magelang. Destinasi wisata ini buka mulai dari pukul 05.00 hingga 17.00 WIB.

7. Sendang Mudal

Telaga atau sendang Mudal menyuguhkan kejernihan air bagaikan kristal. Saking jernignya, pasir yang berada di dasar sendang ini dapat terlihat secara jelas. Padahal, kedalaman dari sendang ini mencapai sekitar pinggang orang dewasa.

Sumber air yang selalu mengalir membuat sirkulasi air pada sendang ini menjadi baik, sehingga kejernihan dari airnya juga sangat terjaga. Bagi Anda yang suka khawatir akan dasar perairan yang tajam, tenang saja, karena pasir di dasar Sendang Mudal merupakan pasir halus. Jadi, Anda bisa berenang dan berfoto dengan nyaman.

Sendang Mudal berlokasi di Dusun Butuh Kulon, Kecamatan Sawangan, Magelang. Destinasi wisata ini buka dari jam 07.00 sampai 18.00 WIB.

8. Silancur Highland 

Silancur Highland berlokasi di sebelah tenggara Gunung Sumbing, tepatnya di Desa Mangli, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang. Destinasi wisata ini menawarkan pemandangan pegunungan indah yang dikelilingi pepohonan hijau. Maka itu, Silancur Highland adalah pilihan yang cocok bagi Anda yang ingin bersantai dan menghilangkan penat setelah menghadapi kehidupan perkotaan yang padat.

Anda bisa melihat pemandangan matahari terbit yang hangat dan pemandangan Kota Magelang yang dipenuhi gemerlap cahaya malam dari Silancur Highland. Selain itu, di dekat loket masuk, ada juga kebun yang penuh dengan bunga berwarna-warni, yang cocok dijadikan spot foto. Di Silancur Highland juga terdapat wisata malam, seperti tempat nongkrong dan tempat camping.

9. Goa Slandak

Destinasi wisata Magelang lainnya yang direkomendasikan adalah Goa Slandak. Goa Slandak berlokasi di daerah perbukitan yang sejuk, tepatnya di Dusun Grogol, Desa Muneng Warangan, Kecamatan Pakis, Magelang. Sebelum memasuki Goa Slandak, Anda akan melewati hutan pinus terlebih dahulu.

Di sana, Anda juga bisa bertemu dengan gorilla dan landak. Tenang saja, karena hewan-hewan di sana ramah dan sudah terlatih untuk dapat diajak berfoto. Setelah melewati hutan pinus yang indah, Anda baru akan menemukan Goa Slandak yang berdampingan dengan air terjun.

10. Nepal Van Java (Dusun Butuh Kaliangkrik)

Nepal Van Java atau Dusun Butuh Kaliangkrik menjadi destinasi wisata Kota Magelang yang sedang populer dalam beberapa waktu ini. Destinasi wisata ini berlokasi di ketinggian 1.620 mdpl, tepatnya di bawah kaki Gunung Sumbing.

Secara sekilas, dusun ini mirip dengan Pegunungan Himalaya di Nepal. Dusun Butuh ini menyajikan panorama alam yang indah, dengan udara yang sejuk cenderung dingin. Pada saat pagi hari, Anda bisa menyaksikan matahari terbit dengan sangat jelas. Dan, pada malam hari akan terlihat jelas lautan bintang-bintang yang terhampar di langit.

Dusun ini populer dan viral di kalangan anak muda untuk dijadikan spot foto yang Instagrammable. Adapun spot foto yang disediakan khusus oleh pengelola desa berada di atas atap rumah warga, yang menyuguhkan pemandangan Dusun Butuh yang berjejeran dengan Gunung Sumbing yang megah.

11. Sendang Maren

Sendang Maren adalah wisata perairan yang airnya sangat jernih, sebening kristal. Saat Anda berfoto di Sendang Maren, Anda akan menemukan hasil seolah Anda sedang melayang, karena efek air yang sangat jernih.

Oleh karena itu, selalu ingat untuk senantiasa menjaga kebersihan sendang ini, supaya tetap lestari. Alasan lain, yaitu air Sendang Maren juga menjadi sumber mata air bagi warga sekitar. Sendang Maren berlokasi di Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

12. Air Terjun Kedung Kayang 

Air Terjun Kedung Kayang mengaliri air di antara kaki Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Tentunya, air terjun ini menawarkan pemandangan yang menakjubkan. Air Terjun Kedung Kayang berlokasi di Nagrong, Wonolelo, Sawangan, Kabupaten Magelang.

Di sana, Anda bisa bermain air atau sekadar berfoto-foto saja. Destinasi wisata ini juga dilengkapi dengan gardu pandang di atas pohon yang menawarkan view yang indah. Ansa bisa melihat pemandangan dari Air Terjun Kedung Kayang yang bergandengan dengan latar Gunung Merapi yang berdiri megah.

13. Balkondes Ngadiharjo

Balkondes Ngadiharjo merupakan destinasi wisata yang berlokasi di Desa Ngadiharjo. Destinasi wisata yang satu ini dijamin bisa membuat Anda jatuh cinta akan keindahan pesonanya sejak pertama kali melihat. Anda akan menemukan pilar-pilar bebatuan yang unik dan amfiteater mini ala romawi kuno, karena tempat ini juga digunakan untuk mengadakan pertunjukan.

Jadi, Anda tidak akan kehabisan spot untuk mengabadikan momen yang seru di area ini. Ditambah lagi dengan pemandangan gunung yang hijau dan indah, dijamin akan membuat fotomu semakin keren. Tak hanya itu saja, Anda juga bisa menemukan aneka kuliner dan aneka kerajinan yang berkualitas. Balkondes Ngadiharjo berlokasi di Desa Ngadiharjo, Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

14. Mangli Sky View

Mangli Sky View atau yang dikenal dengan sebutan wisata menembus awan juga menjadi destinasi wisata Magelang pilihan yang bisa Anda kunjungi. Mangli Sky View berada di sebelah timur Gunung Sumbing, pada ketinggian 1.570 meter di atas permukaan laut (mdpl), tepatnya di Desa Mangli, Kecamatan Kaliangkrik.

Destinasi wisata ini menyuguhkan pemandangan alam yang menawan, yakni hamparan awan yang membentang di langit yang indah. Pemandangan ini dilengkapi dengan latar sembilan gunung, yakni Gunung Merapi, Merbabu, Telomoyo, Andong, Tidar, Sumbing, Giyanti, dan Ungaran.

Tak hanya menawarkan pemandangan langit dan gunung, Mangli Sky View juga menyuguhkan hamparan kebun sayuran yang hijau serta kicauan burung yang menambah suasana asri di tempat ini. Pengunjung juga bisa menginap di area camping ground yang dilengkapi dengan fasilitas seperti toilet, mushola, warung, listrik, dan WIFI. Di sana juga ada tempat penyewaan alat kemah, seperti tenda, matras, sleeping bag, nesting, kompor, gas, dan lain sebagainya.

15. Punthuk Mongkrong

Destinasi wisata Magelang ini memiliki tempat untuk menyaksikan keindahan pemandangan Kota Magelang, juga pemandangan Candi Borobudur megah. Punthuk Mongkrong berlokasi tidak jauh dari Candi Borobudur, hanya sekitar 5 km. Spot yang menarik di sini, yaitu jembatan kayu berbentuk huruf V yang menjorok keluar.

Punthuk Mongkrong menawarkan lokasi paling tepat untuk menikmati pemandangan matahari terbenam yang jelas. Punthuk Mongkrong berlokasi di Dusun Kamal, Desa Giritengah, Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Destinasi wisata ini buka dari jam 07.00 hingga 18.00 WIB.

16. Punthuk Mangir Magelang

Mengadopsi dari tempat-tempat wisata kekinian, Punthuk Mangir Magelang mempunyai berbagai spot foto yang tidak kalah menarik dengan destinasi wisata lainnya di Magelang. Anda akan menemukan gardu pandang, banyak payung merah, dan juga sudut cantik hutan pinus di tempat ini.

Dekorasi dan view yang indah ini juga semakin lengkap dengan suasana alam yang masih terasa asri dan udara yang sejuk. Deretan pohon pinus dan kicauan burung liar menambah ketenangan bagi mereka yang datang ke sini. Punthuk Mangir Magelang berlokasi di Bulusari, Desa Bawang, Kecamatan Tempuran, Magelang.

Nah, itu dia Grameds 16 rekomendasi destinasi wisata di Kota Magelang yang bisa menjadi pilihan destinasi liburan Anda. Jadi, destinasi wisata mana yang ingin Grameds kunjungi? Bagi Grameds yang ingin mengetahui lebih banyak tentang destinasi wisata di Kota Magelang dan kota-kota lainnya, kalian bisa menemukan informasi dari berbagai buku yang tersedia di Gramedia.com. Yuk dapatkan bukunya sekarang!

Untuk mendukung Grameds dalam menambah wawasan, Gramedia selalu menyediakan buku-buku berkualitas dan original agar Grameds memiliki informasi #LebihDenganMembaca.

Penulis: Gabriel

Rujukan:

  • https://travel.kompas.com/read/2020/09/16/070700027/25-tempat-wisata-keren-di-magelang-pas-untuk-liburan?page=7
  • https://kelloggsnyc.com/wisata-magelang/#5_Bukit_Rhema_Gereja_Ayam

Rekomendasi Buku Terkait

Wisata Ziarah: 90 Destinasi Wisata Ziarah & Sejarah di Jogja, Solo, Magelang

 

Wisata ziarah memiliki potensi yang besar untuk menarik wisatawan domestik maupun wisatawan asing. Angka kunjungan turis dari Timur Tengah, Asia Tenggara, terutama Malaysia ke wisata ziarah di Indonesia meningkat setiap tahunnya. Buku Wisata Ziarah ini memuat 90 tempat wisata ziarah yang tersebar di Pulau Jawa, yang terbagi atas wilayah:

Jogja dan sekitarnya, antara lain:

Gua Maria Tritis Gua Maria Sendang Jatiningsih, Pantai Ngobaran, Klenteng Poncowinatan, Makam Raja-Raja Mataram Kotagede, Pojok Beteng Keraton Yogyakarta, Pasareyan Pajimatan Imogiri, Gua Santa Maria Lourdes Sendangsono, dan Vihara Budha Prabha.

Solo dan sekitarnya, antara lain:

Gua Cerme, Candi Sukuh, Astana Giribanngun, Astana Mangadeg, Makam Pujangga Ranggawarsito, Candi Cetho, Sendang Sriningsih, dan Makam Sunan Pandanaran (Sunan Bayat).

Magelang dan sekitarnya, antara lain:

Makam Gunung Pring, Vihara Mendut, Makam Romo Sanjaya, Gua Maria Kerep, dan Masjid Raya Payaman.

Semarang dan sekitarnya, antara lain:

Kelenteng Gedung Batu (Sam Po Kong), Makam Sunan Kalijaga, Makam Sunan Kudus, Makam Sunan Muria, Makam Sunan Geseng Grabag, Vihara Buddhagaya Watu Gong, Masjid Menara, Gunung Srandil, dan Padepokan Agung Shangyang Jati (Jambe 5).

Cirebon dan sekitarnya, antara lain:

Makam Dalem Cikundul, Makam Sunan Gunung Jati, Petilasan Prabu Siliwangi, Keraton Kanoman, Keraton Kasepuhan, Gua Sunyaragi, dan Masjid Kubah Mas Depok.

Explore Indonesia!

Traveling menjadi sebuah kebutuhan baru yang perlu dipenuhi di zaman yang super sibuk ini. Tidak jarang orang yang lebih memilih untuk berbondong-bondong ke luar negeri untuk mengunjungi tempat wisata. Padahal, di Indonesia juga terdapat banyak sekali pesona yang tidak kalah mengagumkan.

Buku Explore Indonesia hadir sebagai jendela wawasan mengenai banyak tempat di Indonesia yang cocok dijadikan tempat wisata, dari Sabang hingga Merauke. Buku ini akan membahas secara tuntas wisata alam, budaya, budaya, dan kuliner. Anda akan dipandu menuju banyak tempat yang indah, lengkap dengan jarak yang harus ditempuh, latar belakang budaya, dan makanan yang harus Anda coba. Jadi, selain berlibur, pengetahuan Anda juga akan semakin kaya.

12 Wisata Pusaka Budaya Nusantara

 

Pariwisata pusaka (Heritage Tourism) bisa dimaknai sebagai kegiatan wisata untuk menikmati benda-benda cagar budaya, berbagai adat istiadat lokal, dan alam beserta isinya di tempat asalnya, yang bertujuan memberikan pengetahuan dan pemahaman akan keanekaragaman budaya dan alam bagi para pengunjungnya. Dengan perkembangan kegiatan wisata, pariwisata pusaka menjadi semakin populer dan banyak diminati.

Indonesia sendiri sangat kaya akan potensi pariwisata pusaka. Setiap situs pariwisata pusaka juga mempunyai keunikannya tersendiri, dan merupakan rekam jejak perjalanan sejarah serta budaya bangsa Indonesia. Buku ini akan menyajikan 12 wisata pusaka budaya Nusantara secara menyeluruh.

 



ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Gabriela

Hai, saya Gabriel. Saya mengenal dunia tulis menulis sejak kecil, dan saya tahu tidak akan pernah lepas dari itu. Sebab, segala informasi yang kita dapat setiap hari, salah satunya berbentuk tulisan. Sebuah kebanggaan tersendiri bagi saya untuk bisa turut memberikan informasi melalui tulisan saya.

Membuat karya tulis akan selalu menyenangkan bagi saya, karena saya bisa terus belajar melalui kata-kata. Setiap kali menulis, saya akan terlebih dahulu membaca sumber untuk memperoleh informasi yang tepat. Keseluruhan proses merangkai kata tersebut adalah proses pembelajaran yang tak berkesudahan.

Saya suka menulis review buku, karena setiap buku menyajikan dunia yang baru dan memberikan banyak pengetahuan baru. Saya juga suka menulis tentang dunia kuliner dan trivia, karena ada banyak fakta unik, tips, dan juga trik yang bisa saya coba praktikkan.

Keahlian
Review buku
Kuliner
Trivia

Pendidikan
Universitas Multimedia Nusantara

Linkedin: Gabriela Estefania
Instagram: @gaby_tandean