in

10 Tempat Nongkrong Hits di Semarang yang Wajib Kamu Coba

Hai, Grameds! Kalian penasaran nggak, kenapa sih tempat nongkrong di kota Semarang ini semakin hits dan ramai dikunjungi? Nongkrong sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari gaya hidup anak muda masa kini. Selain sebagai tempat bersantai, nongkrong juga menjadi ajang bertemu teman, bertukar ide, hingga tempat kerja yang asik. Yuk, simak artikel ini untuk menemukan 10 tempat nongkrong hits di Semarang yang wajib kamu coba!

Asal Usul Budaya Nongkrong di Indonesia

Budaya nongkrong yang kini sangat populer di kalangan anak muda Indonesia memiliki sejarah panjang dan menarik. Nongkrong bukan sekadar aktivitas modern, tetapi telah menjadi bagian dari kehidupan sosial masyarakat Indonesia sejak zaman dahulu.

Untuk memahami lebih dalam tentang asal usul dan perkembangan budaya nongkrong di Indonesia, mari kita telusuri sejarahnya berikut ini:

Sejarah Nongkrong

Nongkrong berasal dari kata “kongkow” yang berarti berkumpul atau bercengkerama bersama. Pada masa lalu, masyarakat Indonesia sudah terbiasa berkumpul di tempat-tempat seperti warung kopi, balai desa, atau di bawah pohon besar untuk berbincang dan bertukar cerita. Tempat-tempat ini menjadi pusat interaksi sosial di mana masyarakat saling berkomunikasi dan membangun hubungan sosial.

Peran Warung Kopi

Warung kopi memiliki peran penting dalam perkembangan budaya nongkrong di Indonesia. Sejak zaman kolonial, warung kopi telah menjadi tempat favorit untuk berkumpul. Di warung kopi, masyarakat dari berbagai kalangan bisa berkumpul, berdiskusi tentang berbagai hal, dari urusan pribadi hingga isu-isu politik dan sosial. Tradisi ini berlanjut hingga kini, dengan kafe modern yang menawarkan suasana yang lebih nyaman dan fasilitas lengkap.

Perubahan dan Pembaruan

Seiring dengan berjalannya waktu, budaya nongkrong juga mengalami perubahan. Dari warung kopi sederhana, kini tempat nongkrong berkembang menjadi kafe, restoran, dan rooftop bar dengan desain yang menarik dan konsep yang unik. Media sosial turut berperan besar dalam perubahan ini, di mana tempat-tempat nongkrong yang instagramable menjadi daya tarik tersendiri. Nongkrong kini bukan hanya tentang berkumpul, tetapi juga tentang gaya hidup dan identitas sosial.

Budaya nongkrong di Indonesia memiliki akar yang dalam dalam sejarah sosial masyarakat. Dari warung kopi tradisional hingga cafe modern, nongkrong terus berkembang dan beradaptasi dengan perubahan zaman. Meskipun bentuk dan tempatnya berubah, esensi dari nongkrong sebagai sarana interaksi sosial tetap sama. Dengan demikian, nongkrong tidak hanya menjadi aktivitas favorit, tetapi juga bagian integral dari budaya dan identitas masyarakat Indonesia.

Fenomena Nongkrong di Kalangan Anak Muda Semarang

Nongkrong bukan sekadar duduk-duduk sambil minum kopi atau makan camilan. Bagi anak muda Semarang, nongkrong adalah bagian penting dari kehidupan sosial mereka. Tempat-tempat nongkrong menjadi ruang bagi mereka untuk berinteraksi, berbagi cerita, dan membangun jaringan pertemanan yang lebih luas. Fenomena ini tidak hanya terjadi di Semarang, tetapi juga di berbagai kota besar di Indonesia.

Nongkrong telah berkembang menjadi budaya yang tak terpisahkan dari kehidupan anak muda di Indonesia, termasuk di Semarang. Dari warung kopi sederhana hingga kafe-kafe modern, tempat nongkrong menawarkan berbagai suasana dan pengalaman yang membuatnya semakin digemari. Gramin akan membahas lima alasan utama mengapa nongkrong menjadi populer atau digemari oleh anak muda di Semarang, berikut pembahasannya:

1.     Sarana Bersosialisasi dan Bersantai:

Tempat nongkrong menyediakan lingkungan yang nyaman untuk bertemu dan berinteraksi dengan teman-teman. Selain itu, setelah seharian beraktivitas, anak muda mencari tempat untuk bersantai dan melepas penat. Nongkrong menjadi kesempatan untuk memperluas jaringan pertemanan dan bertukar cerita dalam suasana yang rileks.

2.     Akses Internet dan Tempat Belajar/Bekerja:

Banyak tempat nongkrong menyediakan WiFi gratis, yang menarik bagi anak muda yang ingin tetap terhubung dengan dunia digital, baik untuk bekerja, belajar, atau sekadar berselancar di internet. Suasana yang nyaman dan fasilitas lengkap membuat tempat nongkrong ideal sebagai tempat belajar atau bekerja.

Di Balik Pena: dr. Andreas Kurniawan Berbagi Tutorial Melalui Duka dan Mencuci Piring

3.     Spot Foto Instagramable dan Event Menarik:

Desain interior yang menarik dan unik membuat tempat nongkrong menjadi spot foto yang populer di media sosial. Banyak tempat nongkrong juga mengadakan event atau live music yang memberikan hiburan tambahan dan pengalaman yang menyenangkan, serta meningkatkan daya tarik tempat tersebut.

4.     Menu Makanan dan Minuman yang Beragam:

Tempat nongkrong menawarkan berbagai pilihan makanan dan minuman yang menggugah selera. Keunikan dan inovasi dalam menu menjadi daya tarik tersendiri, membuat anak muda tertarik untuk mencoba dan kembali lagi.

5.     Budaya dan Fleksibilitas Waktu:

Nongkrong telah menjadi bagian dari budaya dan tren di kalangan anak muda. Banyak tempat nongkrong yang buka hingga larut malam, memberikan fleksibilitas waktu bagi anak muda untuk mengunjungi kapan saja sesuai dengan jadwal mereka. Ikut nongkrong berarti ikut dalam arus pergaulan dan gaya hidup masa kini.

Fenomena nongkrong di kalangan anak muda Semarang menunjukkan bagaimana gaya hidup dan budaya terus berkembang seiring dengan perubahan zaman. Tempat nongkrong bukan hanya sekadar lokasi untuk berkumpul, tetapi juga menjadi ruang bagi anak muda untuk bersosialisasi, bersantai, dan mengekspresikan diri.

 

10 Tempat Nongkrong Hits di Semarang yang Wajib Kamu Coba

sumber: pexels

Semarang memiliki banyak tempat nongkrong yang menarik untuk dikunjungi. Dari kafe dengan desain unik hingga restoran dengan menu lezat, kota ini menawarkan berbagai pilihan tempat untuk bersantai dan menikmati waktu bersama teman-teman. Berikut adalah 10 tempat nongkrong hits di Semarang yang wajib kamu coba!

1.     BSB Sport Club and Lakers’ Resto

Terletak di tepi danau, tempat ini menawarkan pemandangan indah dan suasana yang tenang. Sangat cocok untuk nongkrong sambil menikmati pemandangan alam yang menenangkan.

Menu Favorit di sini adalah pizza, pasta, dan minuman segar. Pizza mereka dengan topping beragam dan pasta yang al dente menjadi pilihan favorit. Harga berkisar antara Rp30.000 – Rp100.000.

Beralamat di Jalan RM Hadi Subeno Sasrowardoyo, Pesantren, Kec. Mijen, Kota Semarang, Jawa Tengah 50212.

2.     Strada Coffee

Kafe dengan tema vintage dan nuansa homey yang nyaman. Tempat ini sering menjadi pilihan untuk nongkrong santai dan obrolan panjang.

Menu Favorit di sini adalah cold brew, cappuccino, dan banana bread. Cold brew mereka terkenal segar dan menyegarkan. Harga berkisar antara Rp20.000 – Rp60.000.

Beralamat di Jl. Letnan Jenderal S. Parman No.47A, Gajahmungkur, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50232.

3.    Tekodeko Koffiehuis

Berlokasi di kawasan Kota Lama, kafe ini menawarkan nuansa sejarah dengan dekorasi klasik dan suasana yang tenang.

Menu Favorit di sini adalah kopi tubruk, latte, dan Dutch pie. Kopi tubruk mereka menyajikan cita rasa otentik Indonesia. Harga berkisar antara Rp20.000 – Rp60.000.

Beralamat di Jl. Kepodang No.64, Kota Lama, Purwodinatan, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50137.

  1.     Eastman Coffee House

Kafe dengan desain modern dan interior yang stylish. Tempat ini sering menjadi pilihan untuk bekerja atau mengadakan pertemuan kecil.

Menu Favorit di sini adalah nitro coffee, flat white, dan bagel. Nitro coffee mereka memiliki rasa yang unik dan menyegarkan. Harga berkisar antara Rp30.000 – Rp90.000.

Beralamat di Jl. Ahmad Yani No.140, Karangkidul, Kec. Semarang Tengah, Semarng, Jawa Tengah 50136.

  1.     KoenoKoeni Cafe Gallery

Keunikan dan Suasana: Mengusung tema galeri seni dengan dekorasi antik dan barang-barang koleksi. Tempat ini menawarkan suasana yang unik dan penuh inspirasi.

Menu Favorit di sini adalah kopi luwak, iced latte, dan pancake. Kopi luwak mereka adalah salah satu yang terbaik di kota. Harga berkisar antara Rp40.000 – Rp120.000.

Beralamat di Jl.Tabanan No.4, Tegalsari, Kec. Candisari, Kota Semarang, Jawa Tengah 50614.

6.     Blue Lotus Coffee House

Keunikan dan Suasana: Coffee shop dengan konsep garden yang menawarkan suasana hijau dan asri. Cocok untuk menikmati kopi sambil bersantai di taman.

Menu Favorit di sini adalah single origin coffee, cold brew, dan avocado toast. Cold brew mereka sangat segar dan cocok untuk hari yang panas. Harga berkisar antara Rp30.000 – Rp90.000.

Berlamat di Jl. Ahmad Yani No.197, Wonodri, Kec. Semarang Sel., Kota Semarang, Jawa Tengah 50241.

7.    Kedai Kopi Oma atau sekarang Tune In Coffee

Kafe dengan nuansa tradisional yang menghadirkan suasana homy dan nyaman, seperti di rumah nenek.

Menu Favorit di sini adalah kopi tubruk, es kopi susu, dan pisang goreng. Kopi tubruk mereka memiliki cita rasa khas Indonesia yang kuat. Harga berkisar antara Rp20.000 – Rp60.000.

Berlamat di Jl. Rinjani No.21, Bendungan, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50231.

8.     Anak Panah Kopi

Coffee shop dengan desain minimalis dan suasana yang tenang. Tempat ini cocok untuk mereka yang mencari ketenangan sambil menikmati secangkir kopi.

Menu Favorit di sini adalah Latte, cold brew, dan cheesecake. Latte mereka terkenal dengan art latte yang indah dan cita rasa yang lembut. Harga berkisar antara Rp25.000 – Rp80.000.

Beralamat di Jl. MT. Haryono No.681, Wonodri, Kec. Semarang Sel., Kota Semarang, Jawa Tengah 50242.

9.    Sora Kafe

Coffeeshop ini memiliki konsep minimalis dan menyenangkan, menciptakan suasana nyaman untuk bekerja atau berkumpul. Mempunyai fasilitas seperti WiFi, meja bersama, area indoor AC dan smoking, ruang meeting, dan mushola yang bersih.

Beralamat di Jl. Prof. Dr. Hamka Perum BPI No.A 9, Tambakaji, Kec. Ngaliyan, Kota Semarang, Jawa Tengah 50185.

10.    Keizai Coffee & Garden

Coffee shop bernuansa Jepang ini terletak di Gunungpati, Semarang. Sebuah hidden gem yang berada cukup jauh dari pusat kota, tetapi dekat dengan area kampus Unnes. Tempat ini cozy dan luas, cocok untuk nongkrong dengan teman atau mengerjakan tugas berkat suasananya yang tenang dan banyak colokan. Harganya juga terjangkau.

Dengan berbagai pilihan coffee shop unik dan menu beragam, Semarang menjadi destinasi menarik untuk menikmati waktu santai. Dari kafe bertema pantai hingga tempat dengan pemandangan perbukitan, ada banyak tempat yang bisa kamu coba. Ajak teman-teman kamu yuk, Grameds!

Kesimpulan

Budaya nongkrong telah menjadi bagian penting dari gaya hidup anak muda Semarang, dengan tempat-tempat menarik yang menyediakan suasana cozy, akses internet, dan menu beragam. Budaya nongkrong di Indonesia sendiri memiliki akar sejarah panjang, berkembang dari warung kopi tradisional menjadi kafe modern. Semarang menawarkan banyak pilihan coffee shop dengan konsep unik, dari tema pantai hingga pemandangan perbukitan.

Semoga artikel ini membantu kamu menemukan tempat nongkrong ideal di Semarang. Selamat menikmati waktu santai dan semoga informasi ini bermanfaat! Sampai jumpa di artikel berikutnya!

Penulis: Hafizh

 

Rekomendasi Buku Terkait 

Semarang Culinary dan Nongkrong Recommended

Semarang Culinary dan Nongkrong Recommended

button cek gramedia com

Buku yang berjudul Semarang Culinary & Nongkrong Recommended ini merupakan buku referensi kuliner yang dibuat oleh Raffendie dan Ika Puspita. Buku ini diterbitkan oleh penerbit Event Book Communities pada Juni tahun 2019. Anda pecinta kuliner dan suka menjelajah ke berbagai kota? Jika iya, buku kuliner ini akan memandu Anda untuk menjelajahi kota di Indonesia. Buku ini akan sangat bermanfaat untuk Anda! Pada buku ini, kamu akan di ajak melihat berbagai tempat kuliner recommended dan favorit, khususnya di setiap sudut kota Semarang, Jawa Tengah. Semarang sebagai destinasi wisata dengan keindahan kota yang menarik, juga menyimpan banyak tempat-tempat kuliner yang harus Anda kunjungi! Di dalam buku ini berisi informasi tentang banyak referensi spot tempat nongkrong yang bagus dan seru untuk dikunjungi, dan tentunya menyajikan menu kuliner yang enak. Di dalamnya juga gratis voucher belanja di beberapa tempat yang tentunya sangat menguntungkan untuk Anda! Buku ini akan membuat Anda tergoda untuk datang ke Semarang, mencicipi aneka masakan khas kota ini yang tidak terdapat di kota lain. Berwisata kuliner di Semarang akan membuat Anda terpuaskan karena cita rasa yang tak terlupakan. Begitu banyak pilihan, rasa yang lezat, dengan porsi mengenyangkan, dan harga relatif murah. Bagi pencinta wisata kuliner, jangan ke Semarang sebelum memiliki buku ini. Tunggu apa lagi, yuk segera miliki bukunya!

 

A to Z Memulai dan Mengelola Usaha Kedai Kopi

A to Z Memulai dan Mengelola Usaha Kedai Kopi

button cek gramedia com

Pesatnya perkembangan usaha kedai kopi saat ini dilirik oleh para pemilik usaha kedai kopi sukses dan berpengalaman untuk melebarkan sayap usahanya melalui sistem waralaba. Keberhasilan mengelola usaha sendiri selama bertahun-tahun membuat para pemilik kedai ini yakin untuk menggaet mitra usaha. Calon pemilik kedai kopi memiliki pilihan untuk memulai usaha kedai kopi sendiri dengan merk sendiri atau bergabung ke salah satu waralaba kedai kopi lokal yang ada di dalam negeri. Kata kunci keberhasilan bergabung dengan waralaba kedai kopi adalah tepat memilih waralaba kedai kopi yang memiliki pengalaman panjang, sistem usaha yang teruji, reputasi yang bersih, serta kedai mitra waralaba yang sudah berkembang.

Ngopi Yuk! – Bisnis dan Sajian Kopi Ala Kafe

Ngopi Yuk! - Bisnis dan Sajian Kopi Ala Kafe

button cek gramedia com

Menikmati kopi menjadi suatu tradisi bagi masyarakat Indonesia mulai dari masyarakat pedesaan hingga perkotaan. Budaya minum kopi dimulai dari kalangan remaja, mahasiswa, pegawai kantoran, pekerja berat dan lain-lain. Hal inilah yang tentunya membuka peluang bisnis kopi untuk Anda. Untuk memulai bisnis kopi Anda bisa memulainya dengan membuka coffee shop. Meski terlihat sepele kedai kopi bisa menghasilkan omzet yang luar biasa.

Seperti yang telah Anda ketahui, bisnis coffee shop ini memiliki pasar yang sangat luas. Dimana, semua kalangan dari kelas bawah hingga atas, usia remaja hingga dewasa, dapat dipastikan menyukai kopi. Hal inilah yang membuat bisnis ini dapat meraih keuntungan besar. Namun, untuk meraup untung yang besar, Anda juga harus menyediakan kopi yang nikmat dan memilih tempat yang nyaman, harga terjangkau, serta pelayanan yang baik.

Di buku ini akan kami jelaskan beberapa alasan memulai bisnis kopi ala kafe! Buku ini menyajikan persiapan usaha untuk mendirikan kafe kopi minimalis, mulai dari modal sampai perlengkapan yang dibutuhkan. Disajikan juga penghitungan omzet dan laba yang diperoleh. Melalui buku ini pun Anda diberikan referensi aneka sajian kopi ala kafe yang paling banyak dicari. Step by step metode penyajian dilengkapi foto yang jelas sehingga mudah dipraktikkan. Semua metode penyajian tersebut telah dipelajari oleh penulis selama menekuni profesi sebagai seorang barista profesional. Tak ketinggalan disertakan juga peralatan apa saja yang diperlukan dalam penyeduhan kopi. Selamat menikmati lezatnya bisnis dan sajian kopi ala kafe.



Live Apakah Anda berminat jika disediakan fasilitas baca buku sepuasnya di Gramedia ?
  • Ya, tentu saja!
    93% 93% 1.2k / 1.2k
  • Tidak
    6% 6% 84 / 1.2k


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Adila V M