in

Daftar Danau di Bali yang Wajib Dikunjungi Ketika Berwisata

Danau di Bali – Bali merupakan salah satu pulau yang dikenal dengan objek wisatanya yang indah. Selain itu, Bali juga dikenal dengan keindahan pantai serta ombaknya yang cukup besar sehingga cocok dikunjungi oleh para surfers. Selain wisatawan lokal, ada banyak pula wisatawan mancanegara yang mengunjungi Bali untuk menikmati keindahan alamnya.

Selain pantainya yang indah, wisata alam di Bali yang patut dikunjungi sebagai objek wisata adalah danau di Bali. Ada banyak danau di Bali yang memiliki keindahan alam, air yang segar dan tentunya makanan yang lezat. Berikut daftar danau di Bali yang wajib Grameds kunjungi ketika berwisata di sana.

Tentang Bali

Sumber: innokurnia/Pixabay

Bali berada di antara pulau Jawa dan Lombok. Pulau ini memiliki ibu kota di Denpasar, yaitu bagian dari Kepulauan Sunda Kecil dengan panjang mencapai 253 km dan lebar sebesar 112 km, dan berjarak sekitar 3,2 km dari pulau Jawa. Secara keseluruhan, Bali memiliki luas sebesar 5.636,66 km2 atau 0,29 persen dari luas dari seluruh kepulauan di Indonesia.

Provinsi Bali terbagi menjadi delapan kabupaten serta satu kota yang meliputi Kabupaten Jembrana, Tabanan, Badung, Klungkung, Buleleng, Gianyar, Bangli, Karangasem dan Kota Denpasar.

Di bagian tengah dari pulau Bali terbentang sebuah pegunungan yang memanjang dari arah barat ke timur dan di antara pegunungan tersebut ada gugusan gunung api yaitu Gunung Agung yang menjadi titik paling tinggi di Bali.

Wilayah dari provinsi Bali juga terdiri dari beberapa pulau yang memiliki ukuran lebih kecil dari Bali yaitu Nusa Lembongan, Nusa Penida, Nusa Ceningan, Pulau Menjangan dan Pulau Serangan.

Di dunia, Bali dikenal sebagai salah satu tujuan wisata karena memiliki keunikan dengan berbagai macam hasil seni kebudayaannya, terkhususnya bagi para wisatawan asing dari Jepang serta Australia. Bali juga dikenal dengan julukan Pulau Dewata dan Pulau Seribu Pura.

Cek di Balik Pena : Beby Chaesara

Setiap daerah yang ada di Indonesia sangat dikenal dengan kuliner khasnya, begitu juga daerah Bali yang memiliki cita rasa kuliner yang khas. Bagi kamu yang sedang mencari referensi tentang makan daerah Bali, maka bisa mendapatkannya dalam buku Wisata Kuliner Makanan Daerah Khas Bali. Dalam buku ini, pembaca akan mengetahui Dalam buku seri Bali ini Anda bisa menemukan 25 resep masakan khas Bali yang menggugah selera

 

Daftar Danau di Bali 

Selama masa pandemi Covid-19, pariwisata di Bali memang mengalami penurunan atau bahkan dapat dikatakan memburuk. Hal ini dikarenakan para wisatawan mancanegara dan lokal tidak dapat keluar dan mengunjungi kota lain dikarenakan lockdown.

Akan tetapi, di tahun 2023 ini pariwisata di Bali telah kembali bangkit dan banyak tempat wisata mulai dibuka kembali. Grameds yang ingin menikmati liburan atau mungkin merindukan suasana Bali pada masa pandemi, sudah bisa mengunjungi Bali saat ini.

Untuk berganti suasana, Grameds bisa mencoba mengunjungi tempat wisata lain selain pantai seperti danau di Bali. Sebab, danau-danau di Bali pun tidak kalah indah dan menarik untuk dikunjungi.

  • Danau Buyan

Sumber: Suranegara88 – Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0 International. Wikicommons

https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Danau_Buyan.jpg

Danau Buyan, yang terletak di desa Pancasari, Sukasada, Buleleng, adalah salah satu tempat yang paling populer dan sering dikunjungi oleh para camper. Luas danau ini sekitar 490 ha dan merupakan danau terluas ketiga di Bali. Aksesibilitasnya yang baik dan lokasinya tidak jauh dari Jalan Raya Denpasar – Singaraja menjadi salah satu alasan mengapa banyak wisatawan yang berkunjung ke sini.

Danau Buyan di Desa Pancasari, Sukasada, Buleleng adalah salah satu tempat yang paling populer untuk berkemah. Luas danau ini sekitar 490 ha dan merupakan danau terluas ketiga di Bali. Akses mudah dan jarak yang dekat dari jalan raya Denpasar-Singaraja membuat danau ini sangat ramai dikunjungi.

Berkemah di sini sangat nyaman karena fasilitas yang mudah diakses dan banyak warga sekitar yang menyewakan toilet. Membeli kayu bakar dan bahan makanan juga sangat mudah karena dekat dengan Pasar Pancasari.

Selain berkemah, memancing juga menjadi aktivitas populer di danau ini. Warga lokal dan pengunjung dapat menyewa perahu atau sampan untuk memancing. Hutan Dasong di belakang danau juga menjadi spot menarik untuk dikunjungi.

Danau Buyan menyediakan berbagai spot untuk menikmati pemandangan danau yang indah. Camper biasanya memasuki area danau melalui jalan di dekat pasar Pancasari.

Ada juga yang masuk melalui Pura Ulun Danu Buyan, di mana terdapat tempat parkir yang luas dan sering digunakan untuk menyelenggarakan festival Twin Lake oleh Pemkab Buleleng.

Festival ini merupakan acara musik dan pameran produk UMKM yang diadakan di sekitar danau Buyan dan Tamblingan, diharapkan dapat mempromosikan kedua danau untuk dikenal lebih luas oleh wisatawan luar.

Selain keindahan dari Danau Buyan yang dapat Grameds nikmati, Grameds juga bisa mengunjungi tempat-tempat menarik di sekitarnya seperti berikut ini:

  • Kebun Strawberry

Tidak lengkap jika kunjungan ke daerah Pancasari tanpa menikmati buah stroberi. Wisata memetik dan menikmati stroberi secara langsung ditawarkan oleh banyak pemilik kebun stroberi di sekitar Danau Buyan.

Banyak warga yang memiliki kebun stroberi dan menawarkan pengalaman menjadi “petani” stroberi, meskipun hanya saat memetiknya saja. Dengan membayar sejumlah hasil petik buah stroberi, Grameds dapat menikmati sensasi memetik stroberi di kebun sendiri dan membawa hasilnya pulang.

  • Gerbang Bali Handara

Banyak orang menyebutnya sebagai “Gerbang Instagramable Kedua Bali” karena yang pertama adalah gerbang atau gapura di Pura Lempuyang. Bali Handara adalah sebuah resort dan area golf yang terkenal di daerah perbukitan di Pancasari.

Gapura yang sangat ikonik di bagian pintu masuk utama membuat tempat ini banyak dikunjungi, meskipun hanya untuk berfoto di depannya saja. Dulu, berfoto masih gratis karena masih dilihat sebagian mata oleh pengelola, bahkan antrian panjang.

Namun sekarang, karena banyak yang ingin berfoto di sana, pengelola menyediakan fasilitas tiket sehingga proses foto juga lebih teratur. Untuk berfoto, setiap orang harus membayar Rp. 20.000 dan bisa berfoto sepuasnya.

Ingin mengetahui tempat wisata di Bali yang unik dan keren? Tenang, lewat buku Happy Shopping Bali, pembaca akan mengetahui rekomendasi tempat wisata Bali yang tidak boleh dilewatkan. Bahkan, melalui buku ini, kamu juga mengetahui tempat berbelanja di Bali yang khas.

 

 

  • Danau Tamblingan

Walaupun tidak sebesar danau Buyan, danau Tamblingan memiliki keistimewaan tersendiri. Danau ini berukuran sekitar 160 ha dan berada di sisi sebelah danau Buyan yang dipisahkan oleh hutan. Karena posisinya yang berada di dalam, pengunjung akan merasakan suasana yang sepi dan alami dari hutan. Di malam hari, danau Tamblingan juga menimbulkan suasana yang menyeramkan seperti Gothic.

Danau Tamblingan memiliki keunikan yang berbeda dari danau Buyan. Meskipun luasnya lebih kecil, danau ini memiliki kesan yang lebih sepi dan hutan. Di sekitarnya terdapat beberapa pura yang memberikan kesan magis dan memberikan kesan zaman kuno.

Berkemah di sini memerlukan sedikit usaha lebih dibandingkan dengan danau Buyan, karena tidak ada warung yang selalu siap menyajikan kopi atau teh hangat dan jarak toilet jauh dari danau. Namun, bagi Grameds yang menyukai kesunyian, danau Tamblingan menjadi salah satu tempat favorit untuk berkemah.

Sama seperti Danau Buyan, kabut pada pagi dan sore hari membuat pemandangan Danau Tamblingan semakin indah. Ini sering digunakan sebagai waktu yang tepat untuk mengambil foto oleh para fotografer. Bahkan, banyak fotografer pernikahan yang menggunakan momen ini untuk membuat rangkaian foto pre-wedding yang indah.

Ketika berada di daerah Danau Buyan, Grameds bisa mengunjungi pula beberapa tempat wisata menarik lain di sekitar Danau Buyan seperti tempat berikut:

  • Air Terjun Munduk

Saat bermain atau berkemah di Danau Tamblingan, jangan lupa untuk singgah ke Air Terjun Munduk. Berlokasi tidak jauh dari danau, air terjun ini sangat indah. Air Terjun Munduk memiliki 3 aliran air terjun yang dikelilingi oleh hutan serta perkebunan kopi. Harga tiket masuk ke Air Terjun Munduk adalah Rp. 20.000 per orang.

  • Puncak Wanagiri

Akses menuju Danau Tamblingan melewati daerah puncak Wanagiri. Pemandangan dari puncak Wanagiri sangat indah. Dari sini, Grameds dapat melihat dua danau kembar yaitu Danau Buyan dan Danau Tamblingan pada waktu yang bersamaan. Udara yang dingin dan kabut menyambut kita sambil menikmati indahnya panorama hutan dan danau yang saling bersebelahan.

Tidak hanya itu, ada banyak spot foto yang dibuat oleh warga setempat dengan latar danau. Anyaman dari bambu dan rotan juga menjadi hiasan saat berfoto dengan latar belakang danau dan hutan.

Jangan lupa untuk mampir dan mencicipi kuliner sate babi khas Wanagiri yang terkenal dengan sambal merahnya yang dapat menghangatkan badan saat udara dingin. Selain sate, ada juga bakso serta camilan keripik yang dijual di sekitar daerah puncak Wanagiri.

  • Danau Beratan

Sumber: MadebyNastia/Pixabay

Danau Beratan di Bali sangat dikenal dan sering dikunjungi oleh wisatawan, baik lokal maupun asing. Aksesibilitas dan pengelolaan yang baik serta keberadaan Pura Ulun Danu Beratan membuat Danau Beratan menjadi tempat yang sangat populer.

Dengan latar perbukitan yang indah, danau ini sungguh menyajikan pemandangan yang menakjubkan. Grameds dapat menikmati pemandangan danau dengan menyewa perahu boat atau perahu kano.

Di sekitar danau juga terdapat banyak pedagang souvenir yang dapat dijadikan kenang-kenangan atau oleh-oleh. Selain itu, berbagai pilihan makanan khas Bali juga dapat ditemukan di sekitar danau Beratan.

Untuk dapat menikmati keindahan Danau Beratan, Grameds hanya perlu membayar biaya masuk sebesar Rp5000 untuk kendaraan sepeda motor dan Rp10.000 untuk kendaraan mobil.

Selain pintu masuk utama yang berada di area Pura, terdapat juga pintu masuk di bagian selatan yang menyediakan tempat beristirahat dengan pemandangan indah Danau Beratan dan perbukitan di sekitarnya.

Selain menyaksikan keindahan Danau Beratan, Grameds juga bisa mengunjungi tempat wisata menarik lain yang berada di sekitar danau seperti berikut ini:

  • Rumah Gemuk Bali

Rumah Gemuk Bali adalah salah satu tempat wisata yang paling populer saat ini yang berada di dekat Danau Beratan. Awalnya diperuntukkan sebagai tempat pernikahan, kini Rumah Gemuk menjadi restoran yang menyediakan dua jenis pelayanan, yaitu Table Service dan Picnic Dining Experience.

Bangunannya minimalis dengan dinding kaca, tangga unik, dan tanaman-tanaman yang indah membuat tempat ini sangat cocok untuk diabadikan di Instagram.

Restoran ini menyajikan berbagai jenis masakan, mulai dari masakan Barat hingga Indonesia. Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau, untuk Picnic Dining Experience seorang pasangan hanya perlu mengeluarkan 250rb dan untuk keluarga kecil 4 orang sekitar 480rb, sudah termasuk makanan dan minuman.

 

  • Danau Yeh Malet

Danau Yeh Malet adalah tempat penampungan air hujan yang terletak di Banjar Yeh Malet, Desa Antiga Kelod, Kecamatan Manggis, Karangasem. Danau ini menjadi populer belakangan ini karena suasananya yang mirip dengan negara-negara Eropa atau Jepang.

Tumbuhan eceng gondok yang tumbuh di sekitar danau ini berbunga dengan warna ungu dan putih sehingga membuat suasana di Danau Yeh Malet terlihat seperti di luar negeri.

Perjalanan dari Kota Denpasar ke Danau Yeh Malet memakan waktu 1-1.5 jam. Untuk dapat menikmati pemandangan danau dan bunga eceng gondok, Grameds hanya perlu membayar biaya parkir. Selain itu, untuk menyewa rakit kita harus membayar Rp. 15.000 per orang dan bisa menikmati view dan berfoto di Danau Yeh Malet.

Karena merupakan danau yang hanya diisi air saat musim hujan, maka saat musim kemarau danau ini terlihat kering dan tidak seperti sebuah danau. Namun, kunjungan saat musim hujan juga tidak salah. Selain itu, ada beberapa tempat menarik lainnya di Karangasem yang bisa dikunjungi.

  • Danau Batur 

Danau Batur, yang berada di bawah Gunung Batur, adalah danau terbesar di Bali. Dengan luas sekitar 1600 ha, danau ini memiliki banyak potensi. Penduduk sekitar danau, seperti Desa Songan, Desa Batur, Desa Trunyan, dan lainnya, terutama menggantungkan diri pada budidaya ikan mujair di Danau Batur.

Selain itu, air dari danau ini juga digunakan sebagai sumber utama irigasi untuk sektor pertanian di wilayah Kintamani, seperti Desa Songan.

Danau Batur juga merupakan danau kawah yang masih memiliki unsur vulkanis, sehingga terdapat sumber air panas di beberapa titik di sekitar danau. Oleh karena itu, jangan terkejut jika di sini terdapat banyak tempat mandi air panas, salah satunya yang paling terkenal adalah Toya Devasya.

Bahkan sumur-sumur penduduk setempat memiliki air yang bervariasi, ada yang airnya panas dan ada yang airnya dingin. Seru sekali bukan? Grameds tidak perlu repot lagi membuat air panas saat mandi.

Selain air panas, Danau Batur juga dikelilingi oleh indahnya panorama kaldera Gunung Batur yang sangat disayangkan jika tidak sempat diabadikan dalam foto atau video.

Batu-batu yang terbuat dari lahar dingin yang telah membeku dan ditumbuhi ilalang menciptakan pemandangan yang sangat indah di sekitar danau. Beberapa iklan, sinetron, dan video musik pernah difilmkan di daerah ini, seperti video klip “Sebuah Rahasia” dari Pee Wee Gaskins, iklan minyak wangi Axe yang dibintangi oleh Keenan Pierce, dan masih banyak sinetron lainnya.

Selain itu, dari Danau Batur, Grameds juga dapat melakukan perjalanan ke Desa Trunyan, sebuah desa yang memiliki tradisi unik dalam prosesi kematian di mana mayat seseorang yang meninggal diletakkan di bawah pohon Taru Menyan dan mayat tersebut tentunya tidak memiliki bau sama sekali. Trunyan juga menjadi salah satu objek wisata yang sangat populer bagi mereka yang memiliki minat pada sejarah dan budaya.

Dari Danau Batur, Grameds juga dapat melihat dua gunung sekaligus, yaitu Gunung Batur dan Gunung Abang. Gunung Batur sudah dikenal sejak lama, sementara Gunung Abang menjadi salah satu tujuan yang banyak dikunjungi karena memiliki tantangan yang berbeda dari Gunung Batur.

Demikianlah daftar danau di Bali yang menarik dikunjungi ketika pergi berwisata. Tertarik dengan travelling di Bali? Dapatkan informasi menarik tentang wisata Bali dengan membaca buku.

Sebagai #SahabatTanpaBatas, gramedia.com menyediakan berbagai macam buku berkualitas dan tentunya bermanfaat untuk Grameds. Membaca banyak buku dan artikel tidak akan pernah merugikan kalian, karena Grameds akan mendapatkan informasi dan pengetahuan #LebihDenganMembaca.

Penulis: Khansa

Rujukan:

  • https://www.jalanmelali.com/danau-di-bali/


ePerpus adalah layanan perpustakaan digital masa kini yang mengusung konsep B2B. Kami hadir untuk memudahkan dalam mengelola perpustakaan digital Anda. Klien B2B Perpustakaan digital kami meliputi sekolah, universitas, korporat, sampai tempat ibadah."

logo eperpus

  • Custom log
  • Akses ke ribuan buku dari penerbit berkualitas
  • Kemudahan dalam mengakses dan mengontrol perpustakaan Anda
  • Tersedia dalam platform Android dan IOS
  • Tersedia fitur admin dashboard untuk melihat laporan analisis
  • Laporan statistik lengkap
  • Aplikasi aman, praktis, dan efisien

Written by Gabriela

Hai, saya Gabriel. Saya mengenal dunia tulis menulis sejak kecil, dan saya tahu tidak akan pernah lepas dari itu. Sebab, segala informasi yang kita dapat setiap hari, salah satunya berbentuk tulisan. Sebuah kebanggaan tersendiri bagi saya untuk bisa turut memberikan informasi melalui tulisan saya.

Membuat karya tulis akan selalu menyenangkan bagi saya, karena saya bisa terus belajar melalui kata-kata. Setiap kali menulis, saya akan terlebih dahulu membaca sumber untuk memperoleh informasi yang tepat. Keseluruhan proses merangkai kata tersebut adalah proses pembelajaran yang tak berkesudahan.

Saya suka menulis review buku, karena setiap buku menyajikan dunia yang baru dan memberikan banyak pengetahuan baru. Saya juga suka menulis tentang dunia kuliner dan trivia, karena ada banyak fakta unik, tips, dan juga trik yang bisa saya coba praktikkan.

Keahlian
Review buku
Kuliner
Trivia

Pendidikan
Universitas Multimedia Nusantara

Linkedin: Gabriela Estefania
Instagram: @gaby_tandean